TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Menjawab salah paham....



Crow Dimmu8:32pm Jul 12


Kalau Anda mengatakan PERBEDAAN itu SINKRON...
Bagaimana dengan yang ini,


Ni Kata YESUS :


Yohanes 17


3. "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.


Dan ini KATA PAULUS :


Roma 10


9. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.


KATA2 SIAPA YANG ANDA PILIH??? YESUS atau PAULUS???
__________________
Jawab :

Memahami Yoh 17:3 ...

MARI KITA CERMATI DENGAN DETAIL YOH 17:3...


Yohanes 17:3. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 


PERTAMA DIKATAKAN INILAH HIDUP YANG KEKAL ITU....APAKAH HIDUP YANG KEKAL ITU??ADA 2 POINT DALAM YOH 17:3...


1.MEREKA MENGENAL ENGKAU,SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR


2.DAN MENGENAL YESUS KRISTUS YANG TELAH ENGKAU UTUS.


YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA UNTUK UMAT ISLAM...JIKA YESUS KRISTUS ITU UTUSAN BIASA....SPT MUSA...
MENGAPA KOK PENGENALAN AKAN YESUS KRISTUS DIKATEGORIKAN SEBAGAI JALAN MENUJU HIDUP YANG KEKAL??
JELAS SEKALI POINT KE 2 DIKATAKAN...MENGENAL YESUS KRISUS YANG TELAH ENGKAU UTUS....


JAWABANNYA HANYA 1 ..YAKNI YESUS KRISTUS ITU SEHAKEKAT DENGAN ALLAH ITU SENDIRI...BANYAK BUKTI DI ALKITAB YESUS SELALU MENGKAITKAN PENGENALAN AKAN @LLAH
ITU SAMA DENGAN PENGENALAN AKAN DIRINYA.....BUKTI...


>> YOH 16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.(MEREKA TIDAK MENGENAL BAIK BAPA MAUPUN AKU)


>> MAT 11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 
(TIDAK SEORANGPUN MENGENAL ANAK SELAIN BAPA,DAN TIDAK SEORANGPUN MENGENAL BAPA SELAIN ANAK...DAN ORANG YANG KEPADANYA ANAK ITU BERKENAN MENYATAKANNYA..)


FLASH BACK SEBENTAR APAKAH YANG DIKEHENDAKI OLEH ALLAH SEBENARNYA???YAKNI PENGENALAN AKAN DIA...


Hos. 4:6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau
(UMAT-KU BINASA KARENA TIDAK MENGENAL ALLAH...)


Hos. 6:6 Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.
(IA[THEOS] LEBIH SUKA MANUSIA MELAKUKAN PENGENALAN AKAN DIRI-NYA DIBANDINGKAN DENGAN KORBAN BAKARAN...)


JADI PENGENALAN AKAN TUHAN ITU HAL YANG UTAMA MELEBIHI KORBAN BAKARAN...DAN UMAT-NYA BINASA KARENA TIDAK MENGENAL ALLAH....


MENURUT RASUL PAULUS ALLAH ITU ESA...[I KOR 8:4 => ...tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."...]


DAN MENURUT RASUL PAULUS ALLAH ITU TAK NAMPAK...DIMENSINYA TIDAK KASAT MATA...KRN ALLAH ITU ROH[YOH 4:24=THEOS O PNEUMA..]...


1Tim. 1:17 ... Allah yang kekal, yang TAK NAMPAK, YANG ESA! Amin.[ALLAH YANG ESA...DAN TAK NAMPAK...MENGAPA KRN ALLAH ITU ROH{THEOS O PNEUMA=YOH 4:24}]


KOLOSE 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan,...[IA ADALAH GAMBAR ALLAH YANG TIDAK KELIHATAN..]


BAGAIMANA MANUSIA BISA MENGENAL SUATU PRIBADI YANG TAK NAMPAK DENGAN BENAR??MENGENAL TEMEN DEKETNYA SENDIRI TERKADANG SUSAH...APALAGI MENGENAL YANG TIDAK KASAT MATA???


MAKANYA ITU JALAN SATU-SATUNYA...SOLUSINYA ADALAH...IA DATANG SENDIRI...MENJELMA MENJADI MANUSIA MENEBUS UMAT MANUSIA DARI PEMBERONTAKAN TERHADAP DIRINYA....[YES 63:8-9]


TEORI KE-SE-HAKEKATAN INILAH YANG DAPAT MEMBANTU MANUSIA MENGENAL THEOS DENGAN BENAR....SHG TUHAN YESUS BERKATA...


YOH 8:19 =>.. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."...=>ADAKAH MUHAMMAD/MUSA BERKATA...JIKA KAMU MENGENAL AKU(MUSA/MUHAMMAD) MAKA KAMU MENGENAL JUGA ALLAH?ADAKAH?


KONFIRM JUGA 


YOH 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." 
(SEKIRANYA KAMU MENGENAL AKU,PASTI KAMU JUGA MENGENAL BAPA-KU...)


TANTANGAN:
>>ADAKAH MANUSIA SPT MUSA/MUHAMMAD BERKATA...JIKA KAMU MENGENAL AKU...KAMU KENAL JUGA DIA[THEOS]???


JADI YOH 17:3 => HIDUP YANG KEKAL ITU MENGENAL ALLAH,DAN MENGENAL YESUS....[YESUS YANG ADALAH UTUSAN....TETAPI SEHAKEKAT DENGAN ALLAH...YOH 12:45=YG DIUTUS SAMA DENGAN YG MENGUTUS]
[SEKIRANYA MENGENAL ALLAH YANG TIDAK KASAT MATA TERLALU SULIT KRN ALLAH ITU ROH{YOH 4:24}....MAKA KITA DAPAT MENGENAL DIA MELALUI YESUS YANG ADALAH PERWUJUDAN ALLAH YANG KASAT MATA....]


IBRANI 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah =>YESUS ADALAH GAMBAR DAN WUJUD ALLAH...


KOLOSE 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan,...[IA ADALAH GAMBAR ALLAH YANG TIDAK KELIHATAN..]


ISA BERKATA...


[YOH 14:7...Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia...]


JADI PENGENALAN AKAN TUHAN YESUS ITU SAMA DENGAN PENGENALAN AKAN ALLAH DAPAT MEMBAWA MANUSIA KEPADA HIDUP YANG KEKAL...BARANGSIAPA TELAH MENGENAL TUHAN YESUS MAKA IA TELAH MENGENAL ALLAH ITU SENDIRI...JADI PERKATAAN RASUL PAULUS ROMA 9:10 TIDAK SALAH...KARENA SAAT TOMAS BERKATA(YOH 20:28 =>) HO KURIOS MOU KAI HO THEOS MOU=>YA TUHANKU DAN ALLAHKU....RESPON TUHAN YESUS TIDAK MENYALAHKAN TOMAS JUSTRU MENGAMININYA(YOH 20:29)...JADI TUHAN YESUS SENDIRI SEMASA HIDUP TIDAK MENYALAHKAN TOMAS JUSTRU MENGAMININYA....MASAK TUHAN YESUS AKAN MENYALAHKAN RASUL PAULUS?




_________




Shahil Talib6:17am Jul 13
HASBUNALLAHWANI'MALWAKIIL WARA'AITUUHUMLIISAAJIDIIN INSYA'ALLAH.


Suka saya tegaskan, terjemah bukan tafsir. Tidak sama terjemah dengan tafsir. Terjemah adalah traslate tetapi tafsir adalah maksud menurut asbun dan sudut bahasa, yang ditopang dengan ayat2 yang lain.


Apa itu roh? Roh ialah materi jasad. Anda itu siapa? Apakah anda hanya jasad? Tidak, anda punya materi dalaman iaitu roh. Roh itulah yang merasa sedih, gembira, sakit.


Apakah roh? gimana rupanya? anda tahu? Saya udah mencari diseluruh Bible bagaimana rupa roh tetapi gak ada, gak ada tuntas. Jadi anda tidak akan bisa menjelaskan kepada muslim apakah sebenarnya roh.


Al-Quran telah menyatakan bermaksud "Dan apabila ditanyakan tenang roh, katakanlah: Ia adalah urusan Tuhanku. Kamu hanya diberitahu sedikit sahaja". Kenapa Tuhan megatakan ia urusanNya? Kerana dari dahulu sampe ssekarangg rupa roh tidak pernah diketahui. Maka oleh kerana roh itu urusan dan rahsiaNya, maka ALLah menisbahkan roh itu kepada diriNya. Dan dalam Quran ALLah tidak pernah mengatakan "Roh Adam itu adalah Aku juga", tidak pernah.


Maka kristen tidak pernah bisa menyatakan definisi atau rupa roh.


Namun Muslim masih bisa memberikan definia roh. Roh ialah satu jisim yang halus dan seni yang menjadi rahsia Tuhan. Kenapa rahsia? Kerana Tuhan telah mengatakan ia adalah urusanNya dan tidak ada siapapun yang tahu rupa roh. Dan Muslim mengatakan roh ibarat asap menyerap ke dalam ruang, air menyerap di dalam daun yang menjadi materi kessegaran daun. Muslim masih mampu memberikan definisi roh kerana "Kamu diberikan sedikit ilmu tentangnya"


Anda tidak berubah. Anda gagal menjawab secara fair. Seharusnya sebagai debater, anda harus menjawab setiap soalan lawan.


Oh roh anda adalah roh ALLah? Bagus anda sudah menjawab. Namun saya tanyakan anda, apakah anda ALLah? Anda berkuasakah seperti ALLah yang mencipta? Kemana roh anda selepas anda mati? Apakah bersatu dengan ALLah? Coba anda jawab.


Jangan anda mendusatakan ALLah dengan menyamakan ALLah dengan diri anda.
__________________
Apa itu roh?


Sumber: 
"The Complete WordStudy Dictionary New Testament", edited by Spiros Zodhiates, Th. D., © 1992 AMG International, Inc.
πνευμα – PNEUMA, Ibrani: רוח – RÛAKH, nomina netral dari πνεω – PNEÔmenghembus, meniup.



Perubahan bentuk:

Tunggal
Nominatif: πνευμα - PNEUMA
Genitif: πνευματος - PNEUMATOS
Datif: πνευματι - PNEUMATI
Akusatif: πνευμα - PNEUMA

Jamak
Nominatif: πνευματα - PNEUMATA
Genitif: πνευματων - PNEUMATÔN
Datif: πνευμασιν - PNEUMASIN
Akusatif: πνευματα - PNEUMATA



KATA ROH/PNEUMA TERDAPAT DALAM SBB:
Dari mulut atau lobang hidung, nafas, tiupan


 2 Tesalonika 2:8LAI TB, pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan NAFAS ('PNEUMA') mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali." 


Yesaya 11:4 LAI TB, Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan 'NAFAS' (RÛAKH, PNEUMA) mulutnya ia akan membunuh orang fasik.


Nafas vital bagi kehidupan
Kejadian 6:17 LAI TB, Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan 'bernyawa' (memiliki 'RUAKH KHAYÎM', 'PNEUMA ZÔÊS') di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa."


Kejadian 7:15 LAI TB, dari segala yang hidup dan bernyawa (memiliki 'RÛAKH KHAYÎM', 'PNEUMA ZÔÊS') datanglah sepasang mendapatkan Nuh ke dalam bahtera itu.


Kejadian 7:22 LAI TB, Matilah segala yang ada NAFAS ('RÛAKH', 'PNEUMA') hidup dalam hidungnya, segala yang ada di darat.


Mazmur 33:6LAI TB, Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh 'NAFAS' ('RÛAKH', 'PNEUMA') dari mulut-Nya segala tentaranya.


ROH SEPERTI =>Angin, udara dalam gerakan


Yohanes 3:8 LAI TB, Angin ('PNEUMA') bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.


Rujukan dalam Tanakh Ibrani:
Kejadian 8:1 LAI TB, Maka Allah mengingat Nuh dan segala binatang liar dan segala ternak, yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu, dan Allah membuat 'angin'(RUAKH/PNEUMA) menghembus melalui bumi, sehingga air itu turun."



Yesaya 7:2LAI TB, Lalu diberitahukanlah kepada keluarga Daud: "Aram telah berkemah di wilayah Efraim," maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup 'angin'(RUAKH/PNEUMA).


Roh atau kehidupan vital, prinsip kehidupan manusia. Nafas dihembuskan oleh allah ke dalam manusia dan kembali kepada Allah, kesatuan spiritual dalam manusia. 


Kejadian 2:7LAI TB, ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan 'NAFAS' hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.


Mazmur 104:29 LAI TB, Apabila Engkau menyembunyikan wajah-Mu, mereka terkejut; apabila Engkau mengambil 'roh'(RUAKH/PNEUMA) mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu.


Pengkhotbah 12:7 LAI TB, dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan 'roh'(RUAKH/PNEUMA) kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.


Roh itu merupakan bagian yang dapat hidup secara bebas terpisah dari tubuh. 
Matius 27:50 LAI TB, Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan 'nyawa'-Nya.


Lukas 23:46LAI TB, Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: 'Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan 'nyawa'-Ku.' Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.


Yohanes 19:30LAI TB, Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan 'nyawa'-Nya.


Rujukan dalam Tanakh Ibrani: 
 Mazmur 31:5 LAI TB, Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan 'nyawaku'; Engkau membebaskan aku, ya TUHAN, Allah yang setia."



Kisah Para Rasul 7:59 LAI TB, Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: 'Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku.'


 Lukas 8:55 LAI TB, Maka kembalilah 'roh' anak itu dan seketika itu juga ia bangkit berdiri. Lalu Yesus menyuruh mereka memberi anak itu makan.


Yakobus 2:26 LAI TB, Sebab seperti tubuh tanpa 'roh' adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.


Wahyu 13:15LAI TB, Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan 'nyawa' kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

BANDINGKAN DENGAN ROH KUDUS...


Roh Kudus (dalam bahasa Ibrani רוח הקודש - RUAKH HAQODESY). 

Alkitab menyebutnya Roh Kudus adalah Roh AllahRoh KebenaranRoh TuhanRoh YesusRoh Penghibur.
Roh Kudus juga dilambangkan dengan nafas, angin, merpati, Jari Allah, Api. Kepelbagaian lambang ini membantu untuk menerangkan indentitas dan kerja Roh.



Yohanes 4:24 LAI TB, Allah itu Roh...


KARENA ALLAH ITU ROH...MAKA ROH ALLAH YANG PERTAMA ADA SEBELUM PENCIPTAAN...


Kejadian 1:2LAI TB, Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan ROH ALLAH melayang-layang di atas permukaan air. 


ROH ALLAH TERSEBUT MEMBUAT MANUSIA...DAN MEMBERIKAN MANUSIA ROH/NAFAS....


 Kejadian 2:7LAI TB, ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan NAFAS(NISYMAT) hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.=>DALAM MAZ 33:6 KATA NAFAS BERASAL DARI KATA RUACH(ROH)....JADI ALLAH MENGKARUNIAKAN ROH KEPADA MANUSIA....


 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar