http://mimi-syifa.blogspot.com/2012/07/trinitas-tidak-pernah-ada-dalam-alkitab.html
____________
Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal menjawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada mereka itu, datang kepada-Nya dan bertanya: “Hukum apakah yang paling utama?” Jawab Yesus : “Hukum yang terutama ialah : Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.” (Markus 12:28-29).
Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35
Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4
_________
Jawab :
CUKUP JELAS MIMI SYIFA TIDAK PAHAM BAHWA KATA ESA DALAM ALKITAB TERTULIS ECHAD....BUKAN YAKHID....
PERBEDAAN KATA ECHAD DAN YAKHID...
ECHAD => Ibrani אחד - 'EKHAD atau kata Arab 'AHAD (Esa).=>εν - HEN yang netral senantiasa berhubungan dengan hakekat, natura, tidak pernah merujuk kepada satu oknum atau satu pribadi.
HEN => EKHAD=>AHAD=>yang netral senantiasa berhubungan dengan hakekat, natura, tidak pernah merujuk kepada satu oknum atau satu pribadi.
YAKHID => kata Ibrani יחיד - YAKHID atau kata Arab WAHID. =>SEBANDING DENGAN Kata εις - HEIS yang maskulin dan μια - MIA yang feminin.MIA=>HEIS=>YAKHID=>JUMLAH 1...
SEHINGGA MEMBENTUK KATA BILANGAN...
Kata bilangan satu, dua, tiga, dan seterusnya menggunakan bentuk maskulin, HEIS, DUO, TREIS, TETTARES, PENTE, dan seterusnya.
Jika ada nomina yang feminin, maka akan digunakan MIA, DUO, TRIA, TETTARA, tetapi tidak digunakan untuk menghitung secara berurutan, melainkan menerangkan kuantitas nomina yang feminin. Baik bentuk maskulin maupun feminin dapat diadakan operasi penambahan dan pengurangan.
MENANGGAPI TUDUHAN BOS MIMI...
Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35
http://interlinearbible.org/deuteronomy/4-35.htm =>Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia. =>TIDAK ADA TUHAN ALLAH KECUALI DIA...
KARENA TUHAN ALLAH SENDIRI BERKATA...AKULAH DIA(ANI HU)...
Ul. 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA(ANI HU). Tidak ada Allah kecuali Aku.
Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4 =>
CUKUP JELAS KATA ESA YANG DIGUNAKAN ADALAH ECHAD...DAN KATA ECHAD ITU SENDIRI BERMAKNA =>senantiasa berhubungan dengan hakekat, natura, tidak pernah merujuk kepada satu oknum atau satu pribadi.=>MEMILIKI KORELASI DENGAN HEIN...
JADI ECHAD DALAM UL 6:4 =>DALAM PEMAHAMAN HEIN...
TERLIHAT DALAM Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu=>Interlinear, egô {Aku} ka i{dan} ho patêr {Bapa itu} hen {satu} esmen {kami adalah}
Bahasa Yunani Perjanjian Baru menggunakan tiga kata yang diterjemahkan dengan satu yaitu εις - HEIS (maskulin), μια - MIA (feminin), dan εν - HEN (netral).
TERLIHAT JUGA DALAM YOH 17:22 => Yohanes 17:22
LAI TB, Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:TR, και εγω την δοξαν ην δεδωκας μοι δεδωκα αυτοις ινα ωσιν εν καθως ημεις εν εσμεν
Interlinear, kai {dan} egô {Aku} tên doxan {kemuliaan} hên {yang} dedôkas {Engkau telah memberikan} moi {kepadaKu} dedôka {telah memberikan} autois {kepada mereka} hina {supaya} ôsin {mereka menjadi} hen {satu} kathôs {sama seperti} hêmeis {kita} hen {satu} esmen {kita adalah}
> YOh 17:22 => "hêmeis hen esmen : "kita - satu - kita adalah (fakta). "=>kalimat FAKTA....
JADI TUHAN YESUS DAN ALLAH ECHAD....SATU KESATUAN DIMENSI MULTI KOMPLEKS....ECHAD BUKAN BERMAKNA BILANGAN 1,2,3,4....
_______
SIAPAKAH DIA YANG DIMAKSUD DALAM...
Matius, 4:10 "Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada DIA sajalah engkau berbakti
(32)Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: “Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. .(Matius 12)
_____________
JAWAB :
TUHAN ALLAH SENDIRI BERKATA...AKULAH DIA(ANI HU)...
Ul. 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA(ANI HU). Tidak ada Allah kecuali Aku.
DAN DALAM BEBERAPA AYAT DALAM ALKITAB CUKUP JELAS TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRINYA ANI HU ITU SENDIRI...
Yoh. 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia(ANI HU)...
BARANG SIAPA TIDAK PERCAYA AKULAH DIA(ANI HU) MAKA MANUSIA AKAN MATI DALAM DOSANYA...
Yoh. 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa AKULAH DIA(ANI HU), kamu akan mati dalam dosamu."
SUATU SAAT MANUSIA AKAN MENINGGIKAN TUHAN YESUS...SAAT ITULAH MANUSIA TAHU BAHWA DIALAH ANI HU ITU SENDIRI...
Yoh. 8:28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu(MANUSIA) telah MENINGGIKAN Anak Manusia(TUHAN YESUS), barulah kamu(MANUSIA) tahu, bahwa Akulah Dia(ANI HU)....
SAAT SEMUA YANG DIKATAKAN TUHAN YESUS TERJADI SEMUANYA MAKA MANUSIA AKAN TAHU BAHWA DIALAH ANI HU ITU SENDIRI....
Yoh. 13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia(ANI HU).
Yoh. 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia(ANI HU),...
Yoh. 18:8 Jawab Yesus: "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia(ANI HU).
"Akulah" (Inggris : "I AM", Yunani : "εγω ειμι - EGÔ EIMI", Ibrani : אֲנִי־הוּא - "ANI HU" , harfiah : Aku ada, Akulah Dia) .Ungkapan Ibrani, "אֲנִי־הוּא - ANI HU" dalam Perjanjian Lama hanya digunakan oleh TUHAN Allah, tidak pernah digunakan oleh manusia.
Dr. Leon Morris dengan tepat berkata,
"Yesus secara tegas menggunakan kata-kata 'AKULAH' untuk menggarisbawahi pengajaran yang penting tentang diri-Nya. .=>DIRI-NYA ADALAH ANI HU ITU SENDIRI...
- ________
ADA PENAMBAHAN AYAT PALSU : Hugh J. Schonfield, nominator pemenang Hadiah Nobel tahun 1959, dalam bukunya The Original New Testament, hal 124:
Ayat ini (Matius 28:15) nampak sebagai penutup injil (Matius). Dengan demikian, ayat-ayat selanjutnya (Matius 28:16-20), dari kandungan isinya, nampak sebagai (ayat-ayat) yang baru ditambahkan kemudian.
Robert Funk, Professor Ilmu Perjanjian Baru, Universitas Harvards, dalam bukunya The Five Gospels, mengomentari ayat-ayat tambahan ini sebagai berikut :
Perintah utama dalam Matius 28:18-20....diciptakan oleh para penginjil....memperlihatkan ide untuk menyebarkan ajaran Kristen ke seluruh dunia. Yesus sangat mungkin tidak memiliki ide untuk menganjarkan ajarannya ke seluruh dunia dan (Yesus) sudah pasti bukan pendiri lembaga ini (agama Kristen). Ayat ini tidak menggambarkan perintah yang diucapkan Yesus.
_________________
Jawab :
Sebaliknya, bagaimana tanggapan teman2 Muslim jika ada yang mengatakan : "Kelompok Zaid bin Tsabit membakar lembaran-lembaran Al~Qur'an (baca: firman Allah) yang mula-mula, sehingga yg ada selanjutnya bukan yang asli lagi…."? Teman2 Muslim tentu akan ber-apology, sebagaimana juga yang kami lakukan terhadap Kitab Suci yang kami imani.
Apa yang dikemukakan di atas dan dikutip oleh si penuduh adalah opini dari orang yang "katanya" ahli Alkitab, dan ini bukan merupakan fakta. Jadi harus dibedakan atara opini dan fakta. Dalam mayoritas teks/naskah Alkitab PB bahasa asli Yunani, ayat-ayat tersebut ada :
Matius 28:16-20 Naskah Textus Receptus
28:16 οι δε ενδεκα μαθηται επορευθησαν εις την γαλιλαιαν εις το ορος ου εταξατο αυτοις ο ιησους
28:17 και ιδοντες αυτον προσεκυνησαν αυτω οι δε εδιστασαν
28:18 και προσελθων ο ιησους ελαλησεν αυτοις λεγων εδοθη μοι πασα εξουσια εν ουρανω και επι γης
28:19 πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
28:20 διδασκοντες αυτους τηρειν παντα οσα ενετειλαμην υμιν και ιδου εγω μεθ υμων ειμι πασας τας ημερας εως της συντελειας του αιωνος αμην
Translit :
28:16 hoi de endeka mathêtai eporeuthêsan eis tên galilaian eis to oros hou etaxato autois ho iêsous
28:17 kai idontes auton prosekunêsan autô hoi de edistasan
28:18 kai proselthôn ho iêsous elalêsen autois legôn edothê moi pasa exousia en ouranô kai epi gês
28:19 poreuthentes oun mathêteusate panta ta ethnê baptizontes autous eis to onoma tou patros kai tou huiou kai tou hagiou pneumatos
28:20 didaskontes autous têrein panta hosa eneteilamên humin kai idou egô meth humôn eimi pasas tas hêmeras heôs tês sunteleias tou aiônos amên
bandingkan :
Matius 28:16-20 Naskah Bizantium
28:16 οι δε ενδεκα μαθηται επορευθησαν εις την γαλιλαιαν εις το ορος ου εταξατο αυτοις ο ιησους
28:17 και ιδοντες αυτον προσεκυνησαν αυτω οι δε εδιστασαν
28:18 και προσελθων ο ιησους ελαλησεν αυτοις λεγων εδοθη μοι πασα εξουσια εν ουρανω και επι γης
28:19 πορευθεντες μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
28:20 διδασκοντες αυτου τηρειν παντα οσα ενετειλαμην υμιν και ιδου εγω μεθ υμων ειμι πασας τας ημερας εως της συντελειας του αιωνος αμην
Matius 28:16-20 Naskah Tischendorf
28:16 οι δε ενδεκα μαθηται επορευθησαν εις την γαλιλαιαν εις το ορος ου εταξατο αυτοις ο ιησους
28:17 και ιδοντες αυτον προσεκυνησαν οι δε εδιστασαν
28:18 και προσελθων ο ιησους ελαλησεν αυτοις λεγων εδοθη μοι πασα εξουσια εν ουρανω και επι γης
28:19 πορευθεντες μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
28:20 διδασκοντες αυτους τηρειν παντα οσα ενετειλαμην υμιν και ιδου εγω μεθ υμων ειμι πασας τας ημερας εως της συντελειας του αιωνοςοι δε πορευθεντες ησφαλισαντο τον ταφον σφραγισαντες τον λιθον μετα της κουστωδιας
Bahkan pada naskah yang paling kritis, seperti Wescott & Hort yang biasa digunakan para sarjana Alkitab kalangan liberal untuk menyerang Alkitab pun memuat ayat-ayat tsb yang dipersoalkan sbb :
Matius 28:16-20 Naskah Wescott & Hort
28:16 οι δε ενδεκα μαθηται επορευθησαν εις την γαλιλαιαν εις το ορος ου εταξατο αυτοις ο ιησους
28:17 και ιδοντες αυτον προσεκυνησαν οι δε εδιστασαν
28:18 και προσελθων ο ιησους ελαλησεν αυτοις λεγων εδοθη μοι πασα εξουσια εν ουρανω και επι [της] γης
28:19 πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
28:20 διδασκοντες αυτους τηρειν παντα οσα ενετειλαμην υμιν και ιδου εγω μεθ υμων ειμι πασας τας ημερας εως της συντελειας του αιωνος
Lihat Terjemahan NIV, yang berdasarkan naskah UBS yang berbasis WH, di : http://www.biblegateway.com/passage/?se ... version=31
__________
A.N.Wilson dalam bukunya Jesus A Life, 1992, hal XVI mengatakan:
Saya harus mengakui bahwa memang tidak mungkin untuk mempercayai bahwa orang suci dari Galelia abad I (Yesus) pernah sekali saja dalam hidupnya merasa dirinya sebagai oknum kedua dari Trinitas.
Buku encyclopedia of Religion mengakui:
Buku encyclopedia of Religion mengakui:
Para ilmuwan Kristen saat ini sepakat bahwa ajaran Trinitas tidak ada dalam Alkitab bahasa Ibrani /Perjanjian Lama.
Selanjutnya buku New Catholic Encyclopedia juga mengatakan:
Ajaran Trinitas tidak pernah diajarkan dalam Perjanjian Lama
_________
JAWAB :
TRINITAS BUKAN BERARTI ALLAH ITU 3 OKNUM YANG BERBEDA....TETAPI KESATUAN DIMENSI MULTI KOMPLEKS....
Matius 28:19
LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,
Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan Muslim dipandang sebagai politeisme (3 allah).
Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan 'ONOMA' bentuk tunggal, bukan dengan 'ONOMATA' bentuk jamak.
Text bahasa aslinya adalah demikian :
Textus Receptus (TR) : πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
Translit, poreuthentes oun mathêteusate panta ta ethnê baptizontes autous eis to onoma tou patros kai tou huiou kai tou hagiou pneumatos
Perubahan bentuk kata "ονομα - ONOMA" :
Tunggal:
Nominatif, 'ONOMA'
Genitif, 'ONOMATOS'
Datif, 'ONOMATI'
Akusatif, 'ONOMA'
Jamak:
Nominatif, 'ONOMATA'
Genitif, 'ONOMATON'
Datif, 'ONOMASIN'
Akusatif, 'ONOMATA'
Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah "nama".=>JADI TRINITAS TIDAK BERBICARA 3 OKNUM YANG BERBEDA....
Konsep ini tidak bertentangan dengan TANAKH IBRANI :
Salah satu contoh ayat :
* Kejadian 1:1 LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.KJV, In the beginning God created :the heaven and the earth.Hebrew,
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃Translit, BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}"[/b]
Kata Allah dalam bahasa Ibrani " אלהים - 'ELOHÎM" menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : " ברא- BARA'", hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.
LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,
Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan Muslim dipandang sebagai politeisme (3 allah).
Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan 'ONOMA' bentuk tunggal, bukan dengan 'ONOMATA' bentuk jamak.
Text bahasa aslinya adalah demikian :
Textus Receptus (TR) : πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
Translit, poreuthentes oun mathêteusate panta ta ethnê baptizontes autous eis to onoma tou patros kai tou huiou kai tou hagiou pneumatos
Perubahan bentuk kata "ονομα - ONOMA" :
Tunggal:
Nominatif, 'ONOMA'
Genitif, 'ONOMATOS'
Datif, 'ONOMATI'
Akusatif, 'ONOMA'
Jamak:
Nominatif, 'ONOMATA'
Genitif, 'ONOMATON'
Datif, 'ONOMASIN'
Akusatif, 'ONOMATA'
Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah "nama".=>JADI TRINITAS TIDAK BERBICARA 3 OKNUM YANG BERBEDA....
Konsep ini tidak bertentangan dengan TANAKH IBRANI :
Salah satu contoh ayat :
* Kejadian 1:1 LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.KJV, In the beginning God created :the heaven and the earth.Hebrew,
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃Translit, BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}"[/b]
Kata Allah dalam bahasa Ibrani " אלהים - 'ELOHÎM" menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : " ברא- BARA'", hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.
KESAMAAN KEILAHIAN BAPA,PUTERA,ROH KUDUS :
Bapa :
- Maha Tahu (1 Yohanes 3:20)
- Pencipta (Yesaya 64:8; 44:24)
- Ada dimana-mana (1 Raja 8:27)
- Kekal (Mazmur 90:2)
- Pemberi hidup (Kejadian 2:7)
- Menguduskan (1 Tesalonika 5:23)
- Kasih (Yohanes 3:16)
Putera :
- Maha Tahu (Yohanes 16:30)
- Pencipta (Yohanes 1:3; Kolose 1:15-17)
- Ada dimana-mana (Matius 28:20)
- Kekal (Mikha 5:1-2)
- Pemberi hidup (Yohanes 1:3; 5:21)
- Menguduskan (Ibrani 2:11)
- Kasih (Efesus 5:25)
Roh Kudus :
- Maha Tahu (1 Korintus 2:10-11)
- Pencipta (Ayub 33:4; 26:13)
- Ada dimana-mana (Mazmur 139:7-10)
- Kekal (Roma 8:11)
- Pemberi hidup (2 Korintus 3:6-8 )
- Menguduskan (1 Petrus 1:2)
- Kasih (Roma 15:30)
- Maha Tahu (1 Yohanes 3:20)
- Pencipta (Yesaya 64:8; 44:24)
- Ada dimana-mana (1 Raja 8:27)
- Kekal (Mazmur 90:2)
- Pemberi hidup (Kejadian 2:7)
- Menguduskan (1 Tesalonika 5:23)
- Kasih (Yohanes 3:16)
Putera :
- Maha Tahu (Yohanes 16:30)
- Pencipta (Yohanes 1:3; Kolose 1:15-17)
- Ada dimana-mana (Matius 28:20)
- Kekal (Mikha 5:1-2)
- Pemberi hidup (Yohanes 1:3; 5:21)
- Menguduskan (Ibrani 2:11)
- Kasih (Efesus 5:25)
Roh Kudus :
- Maha Tahu (1 Korintus 2:10-11)
- Pencipta (Ayub 33:4; 26:13)
- Ada dimana-mana (Mazmur 139:7-10)
- Kekal (Roma 8:11)
- Pemberi hidup (2 Korintus 3:6-8 )
- Menguduskan (1 Petrus 1:2)
- Kasih (Roma 15:30)
PERTANYAAN BALIK...
"Ahli kitab (Kristen dan Yahudi) manakah yang dituduh menyembah TUHAN ITU TIGA? Siapakah tuhan-tuhan yang tiga itu? Dan Allah manakah yang dituduh ber-anak dan ber-istri?.
____________
Sejarawan Arthur Weigall dalam bukunya Paganism in Our Chrisrianity mengatakan :
Yesus Kristus tidak pernah menyinggung tentang fenomena seperti itu (Trinitas), dan kata Trinitas tidak di temukan dimana pun dalam kitab Perjanjian Baru. Ide ini baru dianut Gereja tiga ratus tahun setelah Yesus tiada
____________
JAWAB :
JAWAB :
SAAT TUHAN YESUS DIBAPTIS....TRINITAS ITU ADA...
Mat. 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat ROH ALLAH seperti burung merpati turun ke atas-Nya,=>ROH ALLAH(ROH KUDUS) TURUN....
Mat. 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat ROH ALLAH seperti burung merpati turun ke atas-Nya,=>ROH ALLAH(ROH KUDUS) TURUN....
Luk. 3:22 dan turunlah ROH KUDUS dalam rupa burung merpati ke atas-Nya.
MAT 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." =>SUARA ALLAH YANG MENGGUNTUR...(Ayb. 37:5 Allah mengguntur dengan suara-Nya yang mengagumkan....Mzm. 18:13 (18-14) Maka TUHAN mengguntur di langit, Yang Mahatinggi memperdengarkan suara-Nya.)
JADI CUKUP JELAS BAHWA SAAT TUHAN YESUS ADA TRINITAS ITU SUDAH ADA.... SEMUANYA ITU ECHAD ADANYA....
___________
Mal.2:15 Bukankah Allah yang Esa(ECHAD) menjadikan mereka daging dan roh?
1Kor. 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan TIDAK ADA ALLAH LAIN dari pada ALLAH YANG ESA."
I Yoh 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
Yud. 1:25 ALLAH YANG ESA(monō...μόνῳ...to [the] only), Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.
1 Tim. 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
___________
PARA ILMUAN PENGKAJI ALKITAB SEPAKAT DALAM HAL INI..Encyclopedia of Religion and Ethics menjelaskan berikut ini :
Pada mulanya keimanan Kristen bukan Trinitas....Tidak ada ajaran Trinitas di zaman murid-murid Yesus maupun sesudahnya, sebagaimana yang dapat dilihat dalam (Kitab Perjanjian Baru) maupun karya para penulis Kristen (saat itu).
__________
JAWAB :
AJARAN PARA MURID TETAP SAMA MENGAJARKAN ALLAH ITU ECHAD(=HEIN)....
JAWAB :
AJARAN PARA MURID TETAP SAMA MENGAJARKAN ALLAH ITU ECHAD(=HEIN)....
Alkitab selalu Konsisten Ajarkan THEOS itu ESA....
Taurat Ajarkan =>
Ul. 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa(ECHAD)!
Mal.2:15 Bukankah Allah yang Esa(ECHAD) menjadikan mereka daging dan roh?
Isa Ajarkan =>
Mrk. 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
Yoh. 5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
Rasul Paulus Ajarkan =>
1Kor. 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan TIDAK ADA ALLAH LAIN dari pada ALLAH YANG ESA."
Rasul Paulus jelas berkata => ...tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa....
Rasul Yohanes ajarkan =>
I Yoh 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
I Yoh 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.
(Penjabaran/penjelasan thd ajaran Rasul Yohanes ada dibawah....)
Yudas ajarkan =>
Yud. 1:25 ALLAH YANG ESA(monō...μόνῳ...to [the] only), Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.
Bahkan diperjelas didalam penjelasan berikut...
1 Tim. 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
PENGAKUAN TANAKH IBRANI DIMENSI SERBA KOMPLEKS DARI ALLAH ITU SENDIRI...
Kejadian 1:1 LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.KJV, In the beginning God created the heaven and the earth.Hebrew,
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃Translit, BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}"
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃Translit, BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}"
Kata Allah dalam bahasa Ibrani " אלהים - 'ELOHÎM" menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : " ברא - BARA'", hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.
JIKA MENURUT MIMI BAHWA TUHAN ORANG KRISTEN ITU 3...JAWAB PERTANYAAN BERIKUT...
"Ahli kitab (Kristen dan Yahudi) manakah yang dituduh menyembah TUHAN ITU TIGA? Siapakah tuhan-tuhan yang tiga itu? Dan Allah manakah yang dituduh ber-anak dan ber-istri?.
JADI TRINITAS BUKAN HAL(TIDAK PERNAH MENYATAKAN) TUHAN ITU 3(POLYTHEISME)...TETAPI ALLAH YANG ECHAD(MONOTHEISME)....
3 komentar:
Bantahan TUntas bagi Tukang oot dan ngeles http://www.facebook.com/mimi.syifa1/posts/448794825143920
Jawab saya (TI)..
http://tindonesia.blogspot.com/2012/07/menanggapi-tulisan-mimi-syifa.html
AKU dalam semua KONTEKS diatas yang dimaksudkan adalah Tuhan Bapa atau ALLAH sendiri dan BUKAN Yesus repeat BUKAN Yesus dan silahkan jangan DIPLESETKAN, lagi pula kata kata TRINITY atawa TRINITAS itu TIDAK PERNAH secara LETTERLIJK dijumpai dalam BIBLE
Posting Komentar