TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Memahami dan mengenal Pribadi YAHWE dan Yahwe JURUSELAMAT(Yesus KRISTUS)....


http://www.facebook.com/note.php?saved&&note_id=442370912450294Memahami dan mengenal Pribadi ADONAY/KURIOS(YOH 13:13;14 =>AKULAH(YESUSLAH)ADONAY/KURIOS)....
Ditulis oleh TRANSFORMASI INDONESIA terinspirasi oleh ROH KUDUS....(22 July 2012) 

Ayat ACUAN :
Yes 33:22 Sebab TUHAN(ADONAY/KURIOS) ialah Hakim kitaTUHAN(ADONAY/KURIOS) ialah yang memberi hukum bagi kitaTUHAN(ADONAY/KURIOS) ialah Raja kitaDia(ADONAY/KURIOS) akan menyelamatkan kit`.

Ada 4 point dalam YES 33:22 :
1. TUHAN(ADONAY/KURIOS) ialah Hakim kita =>Dialah HAKIM MANUSIA
2. TUHAN(ADONAY/KURIOS) ialah yang memberi hukum bagi kita =>Dialah PEMBERI HUKUM bagi KITA
3. TUHAN(ADONAY/KURIOS) ialah Raja kita =>Dialah RAJA/ADONAY atas MANUSIA
4. Dia(ADONAY/KURIOS) akan menyelamatkan kita=>Dialah JURUSELAMAT satu-satunya atas MANUSIA(Yes 43:11)

>>>>Pembahasan Point 1 : ADONAY/KURIOS adalah HAKIM kita(Dialah HAKIM MANUSIA)....

Mzm. 7:11 (7-12) Allah adalah Hakim yang adil...

Mzm. 50:6 Langit memberitakan keadilan-Nya, sebab Allah sendirilah Hakim.(HANYA ALLAH sendiri(SEORANG DIRI)adalah HAKIM atas MANUSIA,tidak akan ada 2 hakim atas manusia....hanya 1 HAKIM dan DIALAH ALLAH itu sendiri....)(Al-Anaam [6:114]  Maka patutkah aku mencari hakimselain daripada Allah..=>tidak ada HAKIM selain dari ALLAH sendiri)

Mzm. 75:7 (75-8) tetapi Allah adalah Hakim: direndahkan-Nya yang satu dan ditinggikan-Nya yang lain.

Dialah(YAHWE) GEMBALA AGUNG kita manusia.....dan menjadi HAKIM di antara kita...
Yeh. 34:17 Dan hai kamu domba-domba-Ku, beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba(menjadi HAKIM sesama Umat-Nya), dan di antara domba jantan dan kambing jantan.(Dia menjadi HAKIM antara Umat-Nya...dengan manusia yang lain)

TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRI-NYA GEMBALA MANUSIA,KONFIRMASI AYAT DIBAWAH INI....
Yoh. 10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
Yoh. 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
TIDAK ADA 2 GEMBALA ATAS MANUSIA....HANYA ADA 1 YAITU ALLAH SENDIRI.....=>Mzm 23:1=> TUHAN(YAHWE)adalah gembalaku...

SIAPAKAH YANG DIGEMBALAKAN TUHAN YESUS?

YOH 10:16 Ada lagi pada-Ku DOMBA-DOMBA LAIN, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
(ADA LAGI PADA-KU DOMBA-DOMBA LAIN...SIAPAKAH DOMBA LAIN YANG DIMAKSUD????DOMBA YANG BUKAN DARI KANDANG INI...BERARTI DOMBA ITU BUKAN DARI BANGSA ISRAEL BUKAN???NAH ITULAH YANG DIMAKSUD BAHWA ISA DATANG BUKAN HANYA UNTUK BANGSA ISRAEL...TETAPI UNTUK SEMUA MANUSIA...)

Konfirmasi ayat Yeh 34:17 :

Mat. 25:32    Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,dst....baca ayat-ayat selanjutnya....

Pemahaman ISLAM :
Allah adalah HAKIM...

Al-Araf [7:87].....Dia(ALLAH) adalah HAKIM yang sebaik-baiknya.

At-Tin [95:8]  Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?

Al-Anaam [6:114]  Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah..=>tidak ada HAKIM selain dari ALLAH sendiri

 "Akan seperti apa keadaan kalian ketika putra Maryam (Isa) diturunkan  di-tengah kalian dan mengadili orang2". (Ringkasan Shahih Bukhari hal  591, No: 1440)

 YANG TERAKHIR DATANG ISA ANAK MARYAM SEBAGAI HAKIM YANG ADIL
 Muhammad berkata: Isa anak Maryam akan datang lagi sebagai  Hakim yang Adil (Hadits Shahih Muslim I no 104 halaman 100).

Akidah ISLAM TIDAK PERNAH BERKATA AKAN ADA 2 HAKIM ATAS MANUSIA...HANYA ada 1 HAKIM yakni ALLAH itu sendiri...dan TUHAN YESUS itu adalah HAKIM atas SEMUA manusia....

Dan SIAPAKAH HAKIM atas MANUSIA?Yoh. 5:22    Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkantelah menyerahkan penghakiman itu SELURUHNYA KEPADA ANAK(TUHAN YESUS),...

KONFIRMASI...

WAHYU 20:12-15 =
20:11    Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

20:12    Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

20:13    Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

20:14    Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

20:15    Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

JADI CUKUP JELAS HAKIM ATAS MANUSIA ADALAH ALLAH;Dan DIALAH TUHAN YESUS KRISTUS....

>>>>>Pembahasan Point 2 : ADONAY/KURIOS adalah yang memberi hukum bagi kita.(Dialah PEMBERI HUKUM bagi KITA)...

DALAM MENURUNKAN HUKUM-HUKUM-Nya ALLAH tidak pernah menggunakan perantaraan....Ia sampaikan kepada HAMBA-HAMBA-Nya...para nabi...

Di perjanjian lama yakni HUKUM Taurat diturunkan dengan JARI TANGAN ALLAH sendiri....kepada MUSA(MEWAKILI  MANUSIA dihadapan-Nya...)....

Kel. 31:18    Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah.

Pertama-tama HUKUM ALLAH TURUNKAN secara langsung....sifatnya mengikat/MENGATUR dari LUAR ke DALAM....tetapi karena manusia itu FANA(TELAH JATUH DALAM DOSA...MAKA KECENDERUNGAN HATI ADALAH MELAKUKAN KEJAHATAN SEMATA=>KEJADIAN 6:5....)...dan HUKUM ALLAH terlalu sempurna(Mzm. 19:7    (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna...)
Maka tidak ada seorangpun dapat melakukan TAURAT tersebut...(Yer 31:32....perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari,...Yer 11:10 ....Kaum Israel dan kaum Yehuda telah mengingkari perjanjian-Ku yang telah Kuikat dengan nenek moyang mereka....Konfirm dengan pernyataan TUHAN YESUS Yoh 7:19 .....Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu.....)

Maka dari itu ALLAH berinisiatif MENEGUHKAN HUKUM yang telah IA turunkan dengan SUATU PERJANJIAN BARU....yakni HUKUM KASIH KARUNIA ALLAH(Yoh 1:17)....

Ia sangat berhasrat membuat SUATU PERJANJIAN BARU.....Yer 31:31-34 sangat jelas dituliskan.....

Yer 31:31-34
31:31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku(TUHAN) AKAN MENGADAKAN "PERJANJIAN BARU" dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,

PERJANJIAN BARU TERSEBUT BUKAN SEPERTI YANG TERDAHULU....YAKNI BUKAN SUATU HUKUM YANG BERISIKAN JANGAN A,B,C(BUKAN SEPERTI 613 HUKUM TAURAT TERSEBUT)...ADA PERUBAHAN SUBSTANSI DI DALAM PERJANJIAN BARU...DIMANA BERISIKAN HAL YANG MENEGUHKAN PERJANJIAN LAMA...
31:32 BUKAN SEPERTI PERJANJIAN YANG TELAH KUADAKAN DENGAN NENEK MOYANG MEREKA pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.

BENTUK PERJANJIAN BARU ADALAH SBB:
31:33 Tetapi BEGINILAH PERJANJIAN YANG KUADAKAN dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: AKU AKAN MENARUH TAURAT-KU DALAM BATIN MEREKA dan MENULISKANNYA DALAM HATI MEREKA; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.=>MENARUH HUKUM-NYA PADA HATI/BATIN MANUSIA DENGAN MENGUKIRKAN HUKUM TERSEBUT....APA YANG DIUKIRKAN??HUKUM YANG TERUTAMA DALAM TAURAT...YAKNI HUKUM KASIH....=>HUKUM KASIH berbeda dengan HUKUM yang terdahulu....pendekatan HUKUM KASIH terletak pada PENGENALAN PRIBADI AKAN TUHAN ALLAH....sedang HUKUM terdahulu pendekatannya terletak pada TATA CARA IBADAH kepada ALLAH itu yang ditonjolkan....hal itu konfirm dengan ayat selanjutnya...Yer 31:34....

UNTUK APA PERJANJIAN BARU???AGAR KITA LEBIH DALAM LAGI DALAM PENGENALAN AKAN TUHAN....SEBAB ...tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! ...Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku...(YER 31:34)=>JADI TARGET PERJANJIAN BARU BUKANLAH SUATU HUKUM SPT 613 HUKUM...TETAPI DITITIK BERATKAN PADA PENGENALAN DAN PEMAHAMAN AKAN ALLAH....SAAT KITA MENGENAL DAN MEMAHAMI ALLAH BERLAKU KASIH KARUNIA....=> sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka." =>INILAH YANG DISEBUTKAN KASIH KARUNIA...DIMANA DOSA DAN PELANGGARAN KITA TIDAK DIINGAT-INGAT LAGI....DIHAPUSKAN...(YES 1:18 =>Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.)
31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

DAN KASIH KARUNIA ITU DATANG MELALUI TUHAN YESUS...(YOH 1:17 => sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.)

JADI HUKUM PERJANJIAN BARU YANG DIMAKSUDKAN ADALAH HUKUM KASIH KARUNIA TUHAN YESUS....HUKUM KASIH KARUNIA JAUH BERBEDA DENGAN HUKUM PERJANJIAN LAMA...TETAPI INTINYA ADALAH PENGGENAPAN TERHADAP HUKUM PERJANJIAN LAMA....YANG MANA MANUSIA TIDAK ADA SATUPUN DAPAT MELAKUKAN TAURAT...(YER 31:32=>MANUSIA INGKAR TERHADAP TAURAT;YOH 7:19 =>TIDAK ADA SEORANGPUN DAPAT MELAKUKAN TAURAT)...SEHINGGA PERLU ADANYA PENGHAPUSAN DOSA DAN PELANGGARAN TERHADAP HUKUM TERSEBUT....DENGAN DIAWALI OLEH HUKUM-HUKUM-NYA DIUKIR DIHATI DAN BATIN MANUSIA(2 KOR 3:3=ROH ALLAH YANG MENGUKIRKAN HK.KASIH KARUNIA DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA)....OLEH ROH ALLAH ITU SENDIRI....SEHINGGA MENJADI SURAT KRISTUS....ITULAH INTI PERJANJIAN BARU...BUKAN SEBUAH KITAB YANG FANA....TETAPI KEHIDUPAN ANDA DAN SAYA YANG DIPENUHI DENGAN PEMAHAMAN DAN PENGENALAN AKAN ALLAH....MELALUI TUNTUNAN ROH ALLAH ITU SENDIRI....(ROMA 8:14 =>ORANG KRISTEN WAJIB DITUNTUN OLEH ROH ALLAH;Yoh. 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran...=>ROH KEBENARAN/ROH KUDUS/ROH ALLAH ITU AKAN MENUNTUN MANUSIA PADA SELURUH KEBENARAN....SEHINGGA MANUSIA KRISTEN MENJADI SURAT KRISTUS...)

HUKUM PERJANJI@N BARU juga diturunkan dari ALLAH sendiri melalui PRIBADI ALLAH Yakni PERTAMA-TAMA TUHAN YESUS....kepada para MURID-Nya...

Berikut adalah RANGKAIAN KEGENAPAN TAURAT ...

Mat. 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk MENGGENAPINYA.


BIS "Janganlah menganggap bahwa Aku datang untuk menghapuskan hukum Musa dan ajaran nabi-nabi. Aku datang bukan untuk menghapuskannya, tetapi untuk menunjukkan arti yang sesungguhnya.(=Mat 5:17)
MENUNJUKKAN ARTI YANG SESUNGGUHNYA => ADALAH =>MELAKUKAN SECARA PENUH SETIAP HUKUM TAURAT...TIDAK MISS 1 IOTAPUN....


(Mat. 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, SATU IOTA atau SATU TITIKPUN TIDAK AKAN DITIADAKAN dari hukum Taurat, SEBELUM SEMUANYA TERJADI.)=>SATU TITIKPUN TIDAK AKAN DITIADAKAN SEBELUM SEMUANYA TERJADI.....DAN....ANGKATAN TUHAN YESUS TIDAK AKAN BERLALU SEBELUM SEMUANYA ITU TERJADI....APA ITU?PENGGENAPAN HUKUM TAURAT....


MAT 24:34 LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum SEMUANYA INI TERJADI.=>SEMUANYA AKAN TERJADI SEBELUM ANGKATAN INI BERLALU...ARTINYA SELURUH HUKUM TAURAT AKAN DIGENAPI SEMUANYA SEBELUM ANGKATAN TUHAN YESUS ITU BERLALU....DAN SAAT SEMUANYA TELAH TERJADI MAKA HUKUM TERSEBUT DAPAT DIGANTIKAN OLEH SUATU PERJANJIAN BARU....YAKNI HUKUM KASIH KRISTUS....


ARTINYA KRISTUS ADALAH SOSOK YANG MENJADI PENGGENAP TAURAT....DENGAN DEMIKIAN APABILA SELURUH ISI TAURAT TERGENAPI tidak MISS 1 IOTAPUN....MAKA HUKUM TERSEBUT DAPAT BERAKHIR.....


SHG DITULISKAN...


Lukas 16:16 
LAI TB, Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes...


Mengapa?Hukum Taurat berlaku hanya sampai kepada zaman Yohanes?Karena HUKUM itu telah digenapi oleh Yesus....Mat 5:17 =>Ia datang untuk menggenapi TAURAT....


SEHINGGA  saat Ia disalib berkata....SUDAH SELESAI..(Yoh 19:30)=>artinya SUDAH GENAPLAH TAURAT....karena sejak hidup sampai mati-Nya...Tuhan Yesus tidak berbuat DOSA.....tidak pernah MISS 1 HUKUMPUN....BERARTI SEMUANYA TELAH TERJADI...MAKA BERAKHIRLAH HUKUM TAURAT....DIMULAILAH ERA PERJANJIAN BARU....KARENA DARAH TUHAN YESUS ADALAH MATERAI PERJANJIAN BARU....1Kor. 11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku;...

Matius 11:28-30 
11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 
11:29 Pikullah KUK yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." 

Kuk Hukum Kasih :

* Matius 22:37-40
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. (ULANGAN 6:5..Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu...)
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (IMAMAT 19:18 =>.. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri )
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." 

Hukum Kasih juga dikenal dengan istilah Hukum Kristus.PENEKANAN HUKUM KRISTUS ADALAH HUKUM TERUTAMA DALAM TAURAT...YAKNI UL 6:5;IM 19:18...DENGAN JENIS KASIH AGAPE....

DAN HAL ITU DIBENARKAN OLEH AHLI TAURAT...

Mrk. 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu....=>AHLI TAURAT MEMBENARKAN HUKUM KASIH KRISTUS ADALAH HUKUM YANG TERUTAMA DALAM TAURAT...DENGAN MENGAMALKAN KASIH MANUSIA TELAH MENGGENAPI TAURAT....

Sehingga RASUL PAULUS mengajarkan HAL YANG SAMA seperti KRISTUS AJARKAN...

Ef. 5:2    dan HIDUPLAH DI DALAM KASIH, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

Karena KRISTUS dan KASIH itu sendiri adalah KEGENAPAN dari TAURAT....

Rm. 10:4 Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat.....

Rm. 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu KASIH ADALAH KEGENAPAN HUKUM TAURAT.

Sehingga RASUL PAULUS MENGATAKAN ...

Rm. 3:31 Jika demikian, ADAKAH KAMI(RASUL PAULUS TERMASUK) MEMBATALKAN HUKUM TAURAT karena iman? SAMA SEKALI TIDAK! Sebaliknya,  KAMI(=RASUL PAULUS TERMASUK) MENEGUHKANNYA.

INTI PERJANJIAN BARU ADALAH :
YER 31:32 ....BUKAN SEPERTI PERJANJIAN YANG TELAH KUADAKAN DENGAN NENEK MOYANG MEREKA...

TETAPI ALLAH SENDIRI YANG MENGUKIRKAN HUKUM-HUKUM-NYA DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA ...
YER 31:33 Tetapi BEGINILAH PERJANJIAN YANG KUADAKAN dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: AKU AKAN MENARUH TAURAT-KU DALAM BATIN MEREKA dan MENULISKANNYA DALAM HATI MEREKA...

SEHINGGA MANUSIA MENJADI SURAT KRISTUS...

2 KOR 3:3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tintatetapi dengan Roh dari Allah yang hidupbukan pada loh-loh batumelainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

HATI MANUSIA ADALAH TEMPAT ROH ALLAH BERSEMAYAM SEJAK PADA MULANYA....

Yeh 36:27 ROH-KU akan Kuberikan diam di dalam batinmu ....=>Roh Allah akan tinggal dalam batin manusia...


Yes 63:11 ....Dia yang menaruh ROH KUDUS-NYA dalam hati mereka;=>Dia(TUHAN)menaruh ROH KUDUS-Nya dalam hati mereka....jadi yang dimaksud disini RUACH QODESH itu ROH ALLAH....


Konfirm dengan Ef 3:16 => .....Roh-Nya di dalam batinmu,....

ROH ALLAH TERSEBUT YANG AKAN MENUNTUN KITA KE DALAM SELURUH KEBENARAN...

Yoh. 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran(ROH KUDUS), Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

PERJANJIAN LAMA =>ALLAH MENGUKIRKAN HUKUM-NYA PADA LOH BATU...IA SENDIRI MENURUNKAN HUKUM-NYA KEPADA MUSA(WAKIL MANUSIA)....DAN PERATURAN TERSEBUT MENGATUR DARI LUAR KE DALAM...TETAPI KARENA MANUSIA TELAH DIKANDUNG DALAM DOSA(Mzm. 51:5 (51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, DALAM DOSA aku dikandung ibuku.)...MAKA SULIT BAGI DIRINYA UNTUK DAPAT TAAT KEPADA HUKUM ALLAH YANG SEMPURNA....SEHINGGA HUKUM-HUKUM ALLAH SIFATNYA MENGURUNG MANUSIA DALAM KETIDAK TAATAN...(Rm. 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.=>Gal. 3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.)

PERJANJIAN BARU(=>INISIATIF DARI ALLAH SENDIRI=>YER 31:31-34) =>ALLAH MENGUKIRKAN HUKUM-NYA PADA LOH-LOH DAGING YAKNI HATI DAN BATIN MANUSIA(KUK HUKUM KASIH KRISTUS YANG DIUKIRKAN OLEH ROH ALLAH AGAR MANUSIA HIDUP DALAM KASIH...TERHADAP ALLAH DAN SESAMA...SEBAB DI DALAM KASIH TERSEBUT MANUSIA TIDAK BERHASRAT LAGI BERBUAT JAHAT KEPADA ALLAH DAN SESAMA....)...DIMULAI DENGAN PERNYATAAN DARI TUHAN YESUS...BAHWA DIRI-NYA ADALAH PRIBADI PERJANJIAN BARU.....PEMBUKA MOMENTUM AWAL PERJANJIAN BARU ANTARA ALLAH DAN MANUSIA(ALLAH DAN MANUSIA DIPERDAMAIKAN TERLEBIH DAHULU LEWAT TUHAN YESUS KRISTUS(Rm. 5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!)...DLM KEJADIAN 6:3=>ROH ALLAH SEMPAT UNDUR DARI MANUSIA....KARENA KECENDERUNGAN HATI MANUSIA ADALAH MELAKUKAN KEJAHATAN SEMATA=>KEJADIAN 6:5....MAKA DARI ITU PERLU ADA PENDAMAIAN ANTARA ALLAH DAN MANUSIA...AGAR ROH-NYA DAPAT LAGI BERSEMAYAM DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA...).....DAN DARAH TUHAN YESUS ADALAH MATERAI PERJANJIAN BARU....1Kor. 11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku;...

SUDAHKAH ROH ALLAH MENGUKIRKAN HUKUM-HUKUM-NYA PADA HATI DAN BATIN ANDA??JIKA BELUM BERARTI ANDA BELUM HIDUP DALAM PERJANJIAN BARU....HIDUP HARI DEMI HARI DIBAWAH PIMPINAN ROH ALLAH MENJADIKAN KITA DISEBUT ANAK ALLAH YANG HIDUP(ROMA 8:14)....
Umat Islam sering kali berpandangan bahwa ISA hanya untuk ISRAEL....padahal Hukum yang Ia turunkan adalah untuk BANGSA-BANGSA...sampai ke UJUNG BUMI...(ALLAH dalam menurunkan HUKUM selalu berlaku UNIVERSAL...ente mau terima atau kagak terserah ente...)


Mat. 12:18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia(TUHAN YESUS) akan memaklumkan hukum KEPADA BANGSA-BANGSA.(=>Yes. 42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.)

PERHATIKAN ... yang Kukasihi,.....kepada-Nya jiwa-Ku berkenan...MAT 12:18...

BAPA SENDIRI BERKATA...

Mat. 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku YANG KUKASIHI, kepada-Nyalah Aku(ALLAH)  BERKENAN."

Mrk. 1:11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku  YANG KUKASIHI, kepada-Mulah Aku(ALLAH)  BERKENAN."

Luk. 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku  YANG KUKASIHI, kepada-Mulah Aku(ALLAH) BERKENAN."

JELAS SEKALI TUHAN YESUS ADALAH SOSOK YANG DIKASIHI DAN DIPERKENAN OLEH ALLAH....

 BAPA BERKATA...DENGARKANLAH DIA....

Mrk. 9:7 Maka datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara: "Inilah Anak yang Kukasihi,  DENGARKANLAH DIA ."

Luk. 9:35 Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kupilih,  DENGARKANLAH DIA ."

JADI SOSOK TUHAN YESUS ADALAH SOSOK YANG DIKASIHI OLEH ALLAH DIPERKENAN OLEH ALLAH SEPENUHNYA...YANG AKAN MEMAKLUMKAN HUKUM KEPADA BANGSA-BANGSA....SEKARANG MANA DALILNYA BAHWA TUHAN YESUS HANYA MENURUNKAN HUKUM KEPADA BANGSA ISRAEL SAJA??


ALLAH SAAT MENURUNKAN HUKUM SIFATNYA SELALU UNIVERSAL.....TERMASUK HUKUM TAURAT...


UL 29:14-15 TERTULIS....BAHWA HUKUM TAURAT DIIKATKAN KEPADA SEMUA YANG HADIR DAN TIDAK HADIR PADA MASA ITU...


UL 29:14 Bukan HANYA DENGAN KAMU SAJA aku mengikat perjanjian dan sumpah janji ini,
UL 29:15 tetapi dengan setiap orang yang ada di sini pada hari ini bersama-sama dengan kita, yang berdiri di hadapan TUHAN, Allah kita, dan juga dengan SETIAP ORANG YANG TIDAK ADA DI SINI PADA HARI INI bersama-sama dengan kita.=>JADI TAURAT DIIKATKAN PADA SEMUA MANUSIA YANG HADIR MAUPUN YANG TIDAK HADIR....


JADI CUKUP JELAS DALAM MENURUNKAN HUKUM-HUKUMNYA IA SECARA LANGSUNG MENURUNKAN KEPADA MANUSIA.....(PERJANJIAN LAMA DAN BARU TERLIHAT JELAS ALLAH MENURUNKAN HUKUM-NYA SENDIRI KEPADA MANUSIA....)...dan HUKUM ALLAH berlaku UNIVERSAL....anda mau terima atau tidak itu tidak dapat mempengaruhi ALLAH.....jika anda tidak menerima HUKUM TERSEBUT berakibat FATAL....

MOHON MAAF SEDALAM-DALAMNYA....JIKA ADA AGAMA YANG MENGAJARKAN BAHWA ALLAH MENURUNKAN HUKUM DENGAN PERANTARAAN(JIBRIL)....BERARTI ITU TIDAK SESUAI DENGAN KETETAPAN ALLAH SENDIRI....MAAF AJARAN TERSEBUT TELAH MENGUBAH AKIDAH YANG TELAH DITETAPKAN OLEH ALLAH....KETETAPAN YAHWE adalah DIRI-NYA yang memberi hukum bagi kita......DIAWALI DARI HUKUM TAURAT....SAMPAI PERJANJIAN BARU...
PARA NABI(UTUSAN ALLAH) DI PERJANJIAN LAMA ITU DIUTUS UNTUK MENEGUHKAN DAN MENGOKOHKAN HUKUM TAURAT...TIDAK DITURUNKAN HUKUM BARU SELAIN TAURAT DI PERJANJIAN LAMA....DAN PARA NABI(UTUSAN ALLAH) DI PERJANJIAN BARU UNTUK MENEGUHKAN / MENGOKOHKAN KUK HUKUM KASIH KRISTUS YANG TELAH DICANANGKAN(=>DI ISTILAH KRISTEN DIKENAL SEBAGAI=>THE GREAT COMMANDMENT)

>>>>>Pembahasan Point 3 : ADONAY/KURIOS adalah RAJA kita(Dialah RAJA/ADONAY atas MANUSIA)...
TUHAN(YAHWE) itu RAJA/ADONAY/TUAN diatas segala TUAN....

II Taw 16:31 Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah orang berkata di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja!"

Mzm 96:10 Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja!"....

AKIDAH ISLAM JUGA SAMA : ADONAY ITU RAJA...

Q114:1=> Qul aAAoothu birabbi alnnasi=> Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
Q 114 : 2 [Transliteration] Maliki alnnasi => Raja manusia. => The King of mankind...

Bagaimana dengan Pribadi TUHAN YESUS?

Lukas 22:30 bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam "Kerajaan-Ku"

Dimanakah Kerajaan Isa??
Yoh 18:36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi "Kerajaan-Ku" bukan dari sini."

Spt apakah ISA/YESUS itu?
Ia adalah SOSOK yang NUZUL/TURUN dari SORGA....

Yoh  8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, AKU DARI ATAS; kamu dari dunia ini, AKU BUKAN DARI DUNIA INI.[ISA DATANG DARI ATAS...DARI SURGA...=>YOH 6:38]

YOH 6:38 Sebab AKU[ISA] TELAH TURUN DARI SORGA …
  
Yohanes 8:42
Kata Yesus jepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab AKU KELUAR(NUZUL) DAN DATANG DARI ALLAH. [AKU KELUAR DARI ALLAHBERARTI ISA ITU KARNASI KE DUNIA BERASAL DARI ALLAH SENDIRI]


SPT APAKAH ISA NUZUL KE DALAM DUNIA?

MEMAHAMI PERNYATAAN NABI MUHAMMAD DALAM HADIS ANAS BIN MALIK HAL 72. ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU yang melekat dalam diri ISA....
BUKTI ONLINE http://125.164.221.44/hadisonline/hadis9/ HADIS SHAHIH BUKHARI NO.6956....عَلَيْكُمْ بِعِيسَى فَإِنَّهُ رُوحُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ  =>....IA(ISA) adalah Roh Allah(ROHULLAH) dan kalimah-Nya(KALIMATUHU)....' 


>> ROHULLAH(GELAR ROH ALLAH yang melekat dalam diri ISA dari MUHAMMAD sbb:)

Mat 1:20 cukup jelas...
Translit interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.} =>NUZUL/OF HOLY SPIRIT...CUKUP JELAS....(HOLY SPIRIT=THEOS)

An-Nisa 171 =>Isa berasal dari TIUPAN RUH daripadaNya...bukan ROH CIPTAANNYA....RUH-NYA SENDIRI YANG MENUZULKAN ISA....
Konfirmasi Isa adalah berasal dari ROH ALLAH berdasar ayat dibawah ini...

Bahkan dalam Q 66:12 => Wamaryama ibnata AAimrana allatee ahsanatfarjaha fanafakhna feehi min roohinawasaddaqat bikalimati rabbiha wakutubihi wakanatmina alqaniteen =>tidak ada kata JIBRIL....

Sehingga dituliskan...Q 66:12 => ....Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari Ruh Kami,...=>Tidak mungjin ALLAH meniupkan JIBRIL KE RAHIM MARIA karena JIBRIL tetap ADA semasa ISA ADA....

Tidak mungkin ALLAH meniupkan JIBRIL ke RAHIM MARIA...karena SEMASA ISA hidup...JIBRIL bukan ISA...dan ISA BUKAN JIBRIL....

TIDAK ADA 1 KATAPUN YANG MENUNJUKKAN JIBRIL ITU ROHULLAH....Jadi JIBRIL tidak bergelar ROHULLAH...tidak ada tertulis JIBRIL itu ROHULLAH...tetapi GELAR ROHULLAH yang melekat dalal diri ISA adalah SBB :

Q 21:91 =>
Terjemahan INDONESIA => Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya Ruh dari Kami ..(Konfirm An Nisa 171 =>tiupan RUH DARIPADA-Nya...bukan RUH ciptaan-Nya...)

Terjemahan MALAYSIA => Dan (sebutkanlah peristiwa) perempuan(MARYAM( yang telah menjaga kehormatan dan kesuciannya; lalu Kami tiupkan padanya dari Roh Kami....

KAMI =>ALLAH.....
ROH KAMI =>ROH ALLAH....

Apakah ALLAH tidak dapat meniupkan RUH-Nya?Baca Konfirmasi ayat dibawah ini...

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh-Nya..(Al Ahqaf : 9) =>ALLAH dapat meniupkan ROH-Nya kepada MANUSIA....maka dari itu MALAIKAT dan IBLIS diperintahkan untuk SUJUD menghormati ADAM...karena ada ROH ALLAH yang dihembuskan dalam diri ADAM....

Tetapi MANUSIA ADAM tidak dapat dikatakan ROHULLAH...mengapa?karena SUBSTANSI ADAM dari SARIPATI TANAH(DEBU TANAH)...bukan berSUBSTANSI ROH ALLAH.....

RUH KAMI/RUH Nya/RUH ALLAH/RUH KUDUS itu lebih bersifat menunjukkan KESUCIAN dan "GEN" QUALITY ALLAH pada Ruh tsb.

>> KALIMATULLAH(GELAR FIRMAN ALLAH yang melekat dalam diri ISA dari MUHAMMAD SBB:)

Yoh 1:1 =>Firman itu ADALAH ALLAH....dan FIRMAN itu menjadi manusia(Yoh 1:14)=>Sehingga dikatakan ISA KALIMATULLAH....

sebuah hadis berkata....Kata Ibnu ‘Abbas r.a berkata.....‘Isa sebagai Firman Allah.

An-Nisa 171:

" .... KalimahNya yang Ia BERIKAN KEPADA MARYAM DENGAN TIUPAN RUH DARIPADANYA .... "
Kata "Al Qoha Ila Maryam" yang diartikan dengan Meniupkannya ke dalam rahim Maryam susunan kalimatnya berbentuk kata kerja transitif (fi'il muta'addi), yaitu kata kerja yang membutuhkan obyek penderita.

Pada ayat ini, subyeknya adalah "Allah".Kata kerjanya ialah "alqo" (melemparkan). Obyek penderitanya ialah "ha" (Kalimah).

Tepatnya: Allah [God] adalah Subject - Alqo adalah Verb - Kalimatullah adalah Object. Kalimatullah itu dijelmakan dalam Kemanusiaan Yesus, tapi Kalimatullah itu tetap melekat [Qodim] dalam diri Allah. Inilah KeMaha-Hadiran dan KeMaha-Kuasaan Allah. Umat Kristen menamakan Bayi Mesias itu Immanuel [Allah beserta kita].=>CUKUP JELAS KELAHIRAN ISA ADALAH PROSES NUZUL ROH ALLAH DAN FIRMAN ALLAH KE RAHIM MARIA....JIKA ADA YANG MAU NYANGKAL SILAHKAN...

bandingkan dengan konteks penciptaan Adam, siapapun dengan mudah akan mengerti bahwa ini adalah penciptaan, BUKAN inkarnasi. yg dibuat dari bahan tanah (debu) dan dihembuskan (diberikan) nafas.

dalam An-Nisa 171=>tidak dituliskan ROH CIPTAAN-Nya...tetapi ROH DARIPADANYA....sehingga karena ISA adalah berasal dari ROH-NYA...maka dikatakan ISA ZAKIYAH selamanya....dan jasadNya ada diatas ARSY(Q 3:55;Q 4:158)....sehingga hanya ISA saja yang terkemuka DUNIA dan AKHIRAT....(Q 3:45)....DAN DIALAH ALLAH itu sendiri yang menjadi HAKIM atas semua manusia....AMIN...

Jadi MUHAMMAD berkata ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU bukan ISENG...dan sampai detik ini umat ISLAM mengakui gelar ISA ADALAH ROH ALLAH dan FIRMAN ALLAH..yakni ALLAH itu sendiri..... 


Hal tersebut juga terbukti oleh hal dibawah ini....
Q 2:117 ...Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "JADILAH!" Lalu JADILAH ia.(KUN FAYA KUN)...=>KALIMATULLAH (KUN FAYA KUN) MELEKAT DALAM DIRI ISA.....BUKAN HASIL MINTA IZIN SIAPA-SIAPA....

Isa fa innahu Rohullah wa kalimatuhu, “Sesungguhnya Isa itu Rohullah dan KalimatNya”. Kuasa “kun faya kun” (jadilah, maka jadi!) yang melekat dalam diri Isa — bukan hasil minta izin siapa-siapa –jelas-jelas diperlihatkan Yesus secara detail dalam Injil, lihat misalnya Matius 8:2-3, dimana Yesus sendiri yang mau bermujizat dan “Jadilah!”:
Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “AKU MAU, JADILAH (!) ENGKAU TAHIR(=>MAKA JADILAH SI KUSTA TAHIR).” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. 
Isa adalah Kalimatullah (Sang Firman), The Word incarnated, Firman Allah yang Ilahi turun (nuzul) masuk ke dunia menjadi manusia Yesus. Itu sebabnya setiap kalimat yang diucapkan Yesus adalah selalu Firman. Ia tidak usah menunggu, dan tidak pernah perlu mendengar bisikan firman dari Jibril atau siapapun, karena Ia sendiri adalah Sang Firman itu.

Karena Ia adalah SOSOK ALLAH yang NUZUL maka akan kembali ke tempat Ia berasal...
Yoh 6:62 Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

Dimana itu?TAHTA BAPA...itulah ASAL dari TUHAN YESUS....

Why 3:21b....sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atastakhta-Nya.
(TIDAK ADA SEORANGPUN manusia(CIPTAAN) DUDUK DIATAS TAHTA BAPA...)

Maka dari itu SEGALA KUASA di SURGA dan BUMI ADA pada TUHAN YESUS....SEGALA MILIK BAPA adalah MILIK TUHAN YESUS...

Yoh 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya....

Yoh. 17:10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku...

Mat 28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan SEGALA KUASA di sorga dan di bumi.

Sehingga dikatakan....DIALAH TUAN DIATAS SEGALA TUAN(TUHAN/ADONAY)....

1Tim. 6:15 yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.

Why. 17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja.

DIALAH SANG FIRMAN(YOH 1:1-3;YOH 1:14) TUAN DIATAS SEGALA TUAN DAN RAJA DIATAS SEGALA RAJA...DIALAH ADONAY....

WAHYU 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."

Why. 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

APAKAH BENAR SOSOK ISA/YESUS ADALAH TUAN DIATAS SEGELA TUAN =>TERKEMUKA DUNIA DAN AKHIRAT DALAM AKIDAH ISLAM?JAWABNYA YA...

SILAHKAN BACA Q 3:45 =>
"Idz qalatil malaikatu yaa Maryama innallaaha yubasyiruki bi kalimatim minhus muhul masihu 'isabnu Maryama wajihan fiddun-yaa wal akhirati wa minal muqarrabiin."
Ketika malaikat berkata, hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan Kalimah daripadaNya(KALIMATULLAH/SANG FIRMAN ITU TUHAN YESUS) namannya Al Masih putra Maryam, terkemuka di dunia dan di akhirat dan orang yang paling dekat pada Allah.
(Al Imran, 3:45)

MENGAPA DEMIKIAN?KARENA ISA DIANGKAT ALLAH DIATAS ARSY/HADIRAT-NYA...(Q 3:55;Q 4:158)....=>ISA KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL...(YOH 6:62)....
Q 3:55
Sahih International
[Mention] when Allah said, "O Jesus, indeed I will take you and RAISE YOU(ISA) TO MYSELF....

KONFIRM AYAT DIBAWAH INI...

Q 4:158
Sahih International
Rather, Allah RAISED HIM(ISA) TO HIMSELF.....

SEHINGGA DIKATAKAN BAHWA....

KOLOSE 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung...

KOLOSE 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu(YOH 1:3 =>Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.), yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

IBRANI 1:3 Ia(TUHAN YESUS) adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah...
Sehingga TUHAN YESUS berkata 3x diulang...berarti hal ini sangat penting....

Yoh 10:38 ....bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."...

Yoh 14:10....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku....

Yoh 14:11....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;...

Sehingga BAPA dipermuliakan HANYA di dalam ANAK....

Yoh 14:13....Bapa dipermuliakan di dalam Anak......

Karena BAPA di dalam ANAK(Saat TUHAN YESUS Nuzul ke dunia) dan ANAK di dalam BAPA(Saat TUHAN YESUS kembali ke tempat Ia berasal)....Maka dari itu dijelaskan pula bahwa.....

1. Nama Tuhan YESUS = NAMA BAPA(Yoh 17:11;Yoh 17:12 => ..nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku..)

2. MILIK TUHAN YESUS = MILIK BAPA(Yoh 16:15 =>SEGALA SESUATU yang Bapa punya, adalah Aku punya;KONFIRM YOH 17:10=>SEGALA milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku...)

3.Sifat TUHAN YESUS=BAPA(Yoh 14:7=>Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.;Yoh 8:19=>...Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."....)

4.Wujud TUHAN YESUS=BAPA(Yoh 14:9...Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;...;Yoh 14:7 => Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah MELIHAT DIA(BAPA).")

5.JIWA TUHAN YESUS=BAPA(YOH 14:10=>Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. =>KARENA YOH 10:38;YOH 14:10;YOH 14:11 =>bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.)



SEHINGGA TUHAN ALLAH MENGACU PADA 1 PRIBADI....YAKNI TUHAN YESUS...DALIL...

2 KOR 4:4 => yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

KOL 1:15 => Ia(TUHAN YESUS) adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

KOL 1:19 => Karena SELURUH kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia(TUHAN YESUS),

KOL 2:9 =>Sebab dalam Dialah(TUHAN YESUS) berdiam secara jasmaniah SELURUH kepenuhan ke-Allahan,

IBR 1:3 => Ia(TUHAN YESUS) adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah...

2 Kor 5:19 => NKJV that is, that GOD was in Christ reconciling the world to HIMSELF,...(KONFIRM YOH 14:10;YOH 14:11;YOH 10:38...bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa....)

Siapakah BAPA?Bapa adalah ALLAH YANG ECHAD(Ul 6:4)...

BAPA adalah FIGUR yang menciptakan....dan itu JUGA ADALAH FIGUR TUHAN YESUS....sebab segala sesuatu diciptakan dengan FIRMAN(Maz 33:6-9)...

Ul 32:6 Demikianlah engkau mengadakan pembalasan terhadap TUHAN, hai bangsa yang bebal dan tidak bijaksana? Bukankah Ia(ALLAH) Bapamu yang mencipta engkau, yang menjadikan dan menegakkan engkau?

Mal 2:10 Bukankah kita sekalian mempunyai satu(ECHAD) bapa? Bukankah satu(ECHAD) Allah menciptakan kita? Lalu mengapa kita berkhianat satu sama lain dan dengan demikian menajiskan perjanjian nenek moyang kita?

Ia membentangkan segala-Nya seorang diri...

Yes. 44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? -- =>TIDAK ADA YANG MENDAMPINGI-Nya....

Alkitab mencatat ALLAH sebagai BAPA karena kerinduan HATI ALLAH memiliki HUBUNGAN KEKERABATAN dengan MANUSIA...terlihat dalam HOSEA 1:10 => Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."

Mal. 2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi!

Kis. 17:29 Karena kita berasal dari keturunan Allah,....

JADI Sebutan BAPA pada diri ALLAH adalah MENYATAKAN DIRI SEBAGAI HUBUNGAN ANTARA ORANG TUA BAGI MANUSIA...

APAKAH YESUS ADALAH BAPA?YA...

YES 9:6 (9-5) Sebab seorang ANAK TELAH LAHIR untuk kita, seorang PUTERA telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. =>ANAK(SANG PUTRA) TERSEBUT DISEBUTKAN DISEBUTKAN BAPA YANG KEKAL....

KONFIRM YES 63:8-9;
YES 63:16 => Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami"(YHVH SANG PENEBUS/JURUSELAMAT) sejak dahulu kala.
 
JADI CUKUP JELAS.....TUHAN YESUS ADALAH YAHWE ITU YANG ADALAH RAJA/ADONAY ...SEBAB POSISI KEBERADAAN SEMULA IA BERASAL DARI ALLAH ITU SENDIRI YANG NUZUL.....DAN IA KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL.....YAKNI TAHTA BAPA(WHY 3:21b;Q 3:55;Q 4:158)...Apakah yang duduk diatas TAHTA 2 orang atau 1 orang??Baca WAHYU 4:2 => Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, SEBUAH TAKHTA TERDIRI di SORGA, dan di TAKHTA itu DUDUK SEORANG.
JADI BUKAN KANAN ATAU KIRI....TETAPI HANYA SEORANG YANG DUDUK DIATAS TAHTA...JADI HANYA ADA 1 PENGUASA JAGAD RAYA YAKNI TUHAN YESUS(YUDAS 1:4)....


>>>>>PEMBAHASAN POINT 4: Dia(ADONAY/KURIOS) akan menyelamatkan kita(Dialah JURUSELAMAT satu-satunya atas MANUSIA(Yes 43:11))...

Yes. 43:11Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Yes. 45:21 .....Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan JURUSELAMAT, tidak ada yang lain kecuali Aku!

Hos. 13:4Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada JURUSELAMAT selain dari Aku(TUHAN).

MARI KITA LIHAT PADA PRIBADI TUHAN YESUS...

SAAT AKAN NUZUL KE DUNIA DIKATAKAN DIALAH TUHAN JURUSELAMAT....

Luk. 2:11Hari ini telah lahir bagimu JURUSELAMAT, yaitu Kristus(MESIAS/YANG DIURAPI), Tuhan, di kota Daud.

MEMAHAMI KORELASI ANTARA MESIAS(YANG DIURAPI) DENGAN JURUSELAMAT.....

PELAHAMAN MESIAS....
"Mesias", Ibrani מריח - MASYIAKH , Arab "MASIH" artinya "yang diurapi".

Isa Al-Masih menunjukkan bahwa Isa itu "Yang Diurapi" dalam urutan nabi-nabi dalam agama samawi lainnya, hanya Isa yang mempunyai gelar "Al-Masih". Kitab Suci umat Muslim memberi gelar mulis "Al-Masih" (Mesias/ Kristus) kepada sosok anak Mariam.

Saya membandingkan kata משיח - MASYIAKH dengan Al-Masih karena berasal dari rumpun bahasa yang sama.

Sebagai Anak Allah, Yesus Kristus adalah "Mesias" (Ibrani: משיח - MASYIAKH, "yang diurapi")

Matius 16:16, 
LAI TB, Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias(khristos {MESIAS}), Anak Allah yang hidup!" 

Mesias dalam arti umum, adalah gelar yang diberikan kepada raja-raja Israel, juga kepada para imal-imam. Kata "Sang Mesias" (Ibrani, המשיח - HAMASYIAKH, dialek Asykenazik 'HAMOSTYIAKH') adalah HAMOSYIA'(Sang Penyelamat) atau "MOSYA'AH" (keselamatan).

GELAR MESIAS BAGI YESUS :

ישוע המשיח ; YESYUA HAMASYIAKH
ιησους χριστος - IÊSOUS KHRISTOS

Kata "Mesias" dalam bahasa Ibrani adalah משיח - MASYIAKH , bahasa Aram 'MESIHA' dan bahasa Arab'MASIH', artinya "YANG DIURAPI". 

Kata ini "Mesias" ditulis χριστος - khristos dalam bahasa Yunani, dari kata kerja χριω - khriô, "mengurapi". Kata ini adalah merupakan asal-muasal bentuk Indonesia 'Kristus'. 

Maka, nama "Kristus" adalah persamaan "Mesias" dalam bahasa Yunani, sehingga nama Yesus Kristus sungguh berarth "Yesus Sang Mesias", atau "Yesus yang Diurapi". 
Yesus memperkenalkan diriNya sebagai Mesias, yaitu sosok "Yang Diurapi" sekaligus menjelaskan apa maksud dari gelar Mesias tersebut. Melebihi nabi/rasul dan raja yang diurapi dengan minyak. Yesus diurapi dengan Roh Kudus! Ia mendemonstrasikanNya ketika Ia membaca Kitab Nabi Yesaya di dalam Rumah Ibadah Disitu Yesus memilih membaca Yesaya pasal 61 dimana terdapat ayat-ayat istimewa yang menubuatkan tentang diriNya!.

YES 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah MENGURAPI AKU(MESIAS); Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

YES 61:2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

YES 61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.

KONFIRM DENGAN AYAT DIBAWAH INI...

 Lukas 4:16-21
4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah MENGURAPI AKU(MESIAS/YANG DIURAPI), untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan PEMBEBASAN kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan oranf-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kep`da-Nya.
4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." 

Disini gelar dan peran Sang Mesias dijelaskan sebagai pembebasan dosa manusia dengan semua akibat-akibatnya.SEJAK LAHIR TUHAN YESUR TELAH DITETAPKAN MENJADI PEMBEBAS BAGI UMAT-NYA DARI DOSA-DOSA DAN PELANGGARAN...

PERNYATAAAN MALAIKAT GABRIEL :
MAT 1:21 => Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan MENYELAMATKAN UMAT-NYA DARI DOSA MEREKA." 

YOH 1:29 =>..."Lihatlah Anak domba(TUHAN YESUS) Allah, yang menghapus dosa dunia.=>SEHINGGA DIA ADALAH PENGHAPUS DOSA DUNIA...

SEHINGGA DIKATAKAN BAHWA DIALAH JURUSELAMAT DUNIA...
AKULAH DIA DALAM KONTEKS YOH 4:25-26 ADALAH DALAM KONTEKS DIALAH JURUSELAMAT DUNIA....BACA SELANJUTNYA YOH 4:42....ORANG-ORANG SAMARIA ATAS PENGAKUAN DARI PEREMPUAN SAMARIA DALAM YOH 4:25-26 MEREKA SEMUA MENYATAKAN TUHAN YESUSLAH JURUSELAMAT DUNIA...

YOH 4:42 =>...Dialah(YESUSLAH) benar-benar Juruselamat dunia."

HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DI DUNIA INI....DIALAH ALLAH ITU SENDIRI(YES 43:11=>Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT selain dari pada-Ku.)

SEHINGGA TEPATLAH YOH 8:24;YOH 8:34-36 DITULISKAN...

SIAPA YANG TIDAK MEMPERCAYAI TUHAN YESUS ADALAH ANI HU....AKAN MATI DALAM DOSANYA...
YOH 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu." 


YOH 8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya SETIAP ORANG YANG BERBUAT DOSA, ADALAH HAMBA DOSA.

HANYA TUHAN YESUSLAH PEMERDEKA MANUSIA DARI PERHAMBAAN DOSA...

YOH 8:36 Jadi apabila Anak(TUHAN YESUS) itu MEMERDEKAKAN KAMU, KAMUPUN BENAR-BENAR MERDEKA."

DAN DALAM KONSEP PENEBUSAN DOSA TUHAN ALLAH TIDAK PERNAH MENGUTUS DUTA/UTUSAN..SEBAB CIPTAAN TIDAK DAPAT MENANGGUNG DOSA SESAMANYA(YEH 18:20;IBR 10:4)

KONSEP PENEBUSAN DOSA ADA DI DALAM PERJANJIAN LAMA…PENEBUSAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..


Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,


Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]


Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….


BERARTI HANYA TUHAN YANG BERKUASA MENEBUS DOSA MANUSIA…..


KONFIRM...

YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSA pemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. 

YEREMIA 33:8 AKU[ALLAH/THEOS] AKAN MENTAHIRKAN MEREKA DARI SEGALA KESALAHAN YANG MEREKA LAKUKAN DENGAN BERDOSA TERHADAP AKU[ALLAH/THEOS], dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," 
maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka 

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN(BUKAN CIPTAAN), melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAH yang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.
[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]


KARENA HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DUNIA INI...YAKNI ALLAH ITU SENDIRI...(YES 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DARI PADA-Ku.(TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DIA[TUHAN]);HOSEA 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN dari AKU[TUHAN].)

MENGAPA DEMIKIAN?KARENA CIPTAAN TIDAK MUNGKIN DAPAT MEMERDEKAKAN SESAMANYA DARI PERHAMBAAN DOSA(YEH 18:20;IBRANI 10:4)

JADI PEMAHAMAN BAHWA TUHAN YESUS ADALAH MESIAS YANG DIURAPI OLEH ALLAH ADALAH IA DATANG SEBAGAI JURUSELAMAT....PENEBUS...PEMBEBAS UMAT-NYA DARI DOSA DAN PELANGGARAN .....ITULAH INTI DARI INJIL KRISTUS....MENYAMPAIKAN KABAR BAIK......ADA PEMBEBASAN ATAS DOSA DAN PELANGGARAN UMAT-NYA...MELALUI TUHAN YESUS...

HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DI JAGAD RAYA INI DIALAH ALLAH ITU SENDIRI....YES 43:11;HOS 13:4....
TIDAK PERNAH ADA 2 JURUSELAMAT DI JAGAD RAYA INI...HANYA ADA 1 YAKNI ALLAH ITU SENDIRI....

SEHINGGA TEPAT SEKALI MISI-NYA(MISI TUHAN YESUS) DATANG KE DUNIA ADALAH SBB :
Mat. 20:28 sama seperti Anak Manusia  datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk 
memberikan NYAWA-NYA menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."

Mrk. 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk
memberikan NYAWA-NYA menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."

Luk. 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan MENYELAMATKAN YANG HILANG."

Mat. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk PENGAMPUNAN DOSA.

MAKA DARI ITU DIKATAKAN OLEH TUHAN YESUS BAHWA DIRI-NYA DATANG BUKAN UNTUK MENGHAKIMI DUNIA TETAPI MENYELAMATKAN DUNIA INI...

Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam DUNIA bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Yoh 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya.

DENGAN JELAS DITULISKAN 2X.....AKU DATANG BUKAN UNTUK MENGHAKIMI DUNIA...MELAINKAN UNTUK MENYELAMATKANNYA...MENYELAMATKAN SIAPA??DUNIA INI..

SEBAB KESELAMATAN YANG DARI ALLAH HARUS SAMPAI KE UJUNG BUMI....

LANDASAN ALKITAB :
1. Yes 49:6 .....supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."...

2. MZM 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan KESELAMATAN-Mu di antara SEGALA BANGSA.

3. Yes 56:6 Dan ORANG-ORANG ASING(NON ISRAEL) yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku, YES 56:7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA.

KONFIRM :

LUK 13:29 Dan orang akan datang dari TIMUR dan BARAT dan dari UTARA dan SELATAN dan mereka akan dudtk makan di dalam Kerajaan Allah.(BANGSA-BANGSA DARI TIMUR,BARAT,UTARA,SELATAN...DUDUN MAKAN DI DALAM KERAJAAN ALLAH...) 

LUK 13:30 Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir." 

Wahyu 19:5. Maka kedengaranlah suatu suara dari takhta itu: "Pujilah Allah kita, hai kamu semua hamba-Nya, kamu yang takut akan Dia, baik kecil maupun besar!" 

Wahyu 19:6 Lalu aku mendengar seperti suara HIMPUNAN BESAR ORANG(=MANUSIA) BANYAK, seperti DESAU AIR BAH dan seperti DERU GURUH, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita,Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

JADI KESELAMATAN JUGA UNTUK BANGSA-BANGSA LAIN....SEGALA BANGSA BISA MENERIMA KESELAMATAN DARIPADA-NYA....KARENA ALLAH KITA BUKAN SOSOK PILIH KASIH/MEMBEDAKAN ORANG...

KIS 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa ALLAH TIDAK MEMBEDAKAN ORANG.

KIS 10:35 Setiap ORANG DARI BANGSA MANAPUN yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.

JADI LEWAT 4 POINT DIATAS.....CUKUP JELAS TUHAN YESUS DAN YAHWE ADALAH PRIBADI YANG SAMA.....

HAL ITU JUGA TERLIHAT DALAM HAL DIBAWAH INI JUGA....

TUHAN ALLAH SENDIRI BERKATA...AKULAH DIA(ANI HU)...

Ul. 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA(ANI HU). Tidak ada Allah kecuali Aku.

DAN DALAM BEBERAPA AYAT DALAM ALKITAB CUKUP JELAS TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRINYA ANI HU ITU SENDIRI...

Mrk. 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia(ANI HU)....=>DIALAH MESIAS(YANG DIURAPI)

Yoh. 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia(ANI HU)...=>DIALAH ALLAH JURUSELAMAT DUNIA....(YOH 4:42)....

Sudah saya bahas KORELASI MESIAS(YANG DIURAPI) dan JURUSELAMAT pada tulisan di atas.......

BARANG SIAPA TIDAK PERCAYA AKULAH DIA(ANI HU) MAKA MANUSIA AKAN MATI DALAM DOSANYA...

Yoh. 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa AKULAH DIA(ANI HU), kamu akan mati dalam dosamu."

SUATU SAAT MANUSIA AKAN MENINGGIKAN TUHAN YESUS...SAAT ITULAH MANUSIA TAHU BAHWA DIALAH ANI HU ITU SENDIRI...

Yoh. 8:28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu(MANUSIA) telah MENINGGIKAN Anak Manusia(TUHAN YESUS), barulah kamu(MANUSIA) tahu, bahwa Akulah Dia(ANI HU)....

SAAT SEMUA YANG DIKATAKAN TUHAN YESUS TERJADI SEMUANYA MAKA MANUSIA AKAN TAHU BAHWA DIALAH ANI HU ITU SENDIRI....

Yoh. 13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia(ANI HU).

Yoh. 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia(ANI HU),...

Yoh. 18:8 Jawab Yesus: "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia(ANI HU).

"Akulah" (Inggris : "I AM", Yunani : "εγω ειμι - EGÔ EIMI", Ibrani : אֲנִי־הוּא - "ANI HU" , harfiah : Aku ada, Akulah Dia) .Ungkapan Ibrani, "אֲנִי־הוּא - ANI HU" dalam Perjanjian Lama hanya digunakan oleh TUHAN Allah, tidak pernah digunakan oleh manusia.

Dr. Leon Morris dengan tepat berkata, 

"Yesus secara tegas menggunakan kata-kata 'AKULAH' untuk menggarisbawahi pengajaran yang penting tentang diri-Nya. .=>DIRI-NYA ADALAH ANI HU ITU SENDIRI...
TRINITAS BUKAN BERARTI ALLAH ITU 3 OKNUM YANG BERBEDA....TETAPI KESATUAN DIMENSI MULTI KOMPLEKS....

 Matius 28:19
LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 
KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,

Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan Muslim dipandang sebagai politeisme (3 allah). 
Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan 'ONOMA' bentuk tunggal, bukan dengan 'ONOMATA' bentuk jamak.

Text bahasa aslinya adalah demikian :

Textus Receptus (TR) : πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
Translit, poreuthentes oun mathêteusate panta ta ethnê baptizontes autous eis to onoma tou patros kai tou huiou kai tou hagiou pneumatos


Perubahan bentuk kata "ονομα - ONOMA" : 

Tunggal: 
Nominatif, 'ONOMA' 
Genitif, 'ONOMATOS' 
Datif, 'ONOMATI' 
Akusatif, 'ONOMA' 

Jamak: 
Nominatif, 'ONOMATA' 
Genitif, 'ONOMATON' 
Datif, 'ONOMASIN' 
Akusatif, 'ONOMATA' 

Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah "nama".=>JADI TRINITAS TIDAK BERBICARA 3 OKNUM YANG BERBEDA....

Konsep ini tidak bertentangan dengan TANAKH IBRANI :

 Salah satu contoh ayat :

 * Kejadian 1:1 LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.KJV, In the beginning God created :the heaven and the earth.Hebrew, 
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃Translit, BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}"[/b]

Kata Allah dalam bahasa Ibrani " אלהים - 'ELOHÎM" menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : " ברא- BARA'", hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.

Sehingga tertulis...Yud. 1:25 ALLAH YANG ESA(monō...μόνῳ...to [the] only), Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Sebab TUHAN YESUSLAH PENGUASA TUNGGAL JAGAD RAYA ini Yudas 1:4 => ...satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.....Sebab SEGALA KUASA di SURGA dan di BUMI telah ada di tangan TUHAN YESUS(Mat 28:18)...

HAL DIATAS TERSEMBUNYI BAGI ORANG BIJAK DAN PANDAI (LUK 10:21-22)...
Luk 10:21:

Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.....

NB : Dari tulisan saya ini saya berharap anda akan belajar bahwa TUHAN YESUS dan YAHWE adalah PRIBADI yang sama....orang KRISTEN benar-benar menyembah ALLAH yang ECHAD....KIRANYA TULISAN SAYA MENJADI BERKAT BAGI ANDA SEMUA....ADA SOLUSI ATAS SEMUA DOSA ANDA....YAKNI DI DALAM TUHAN YESUS KRISTUS....DIALAH SOLUSI DAN JAWABAN ATAS SEMUA HAL DALAM HIDUP KITA.....

SEMOGA TULISAN SAYA MEMBERKATI KITA SEMUA...AMIN....


Beberapa perkataan Yesus yang menarik dipelajari:

• Yesus mengatakan, ' Akulah gembala yang baik'(Yohanes 10:11), sedangkan Perjanjian Lama mengatakan, 'TUHAN (YHVH) adalah gembalaku' (Mazmur 23:1; Yehezkiel 34:31). 

* Yohanes 10:11 
LAI TB, Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; 
KJV, I am the good shepherd: the good shepherd giveth his life for the sheep. 
TR, εγω ειμι ο ποιμην ο καλος ο ποιμην ο καλος την ψυχην αυτου τιθησιν υπερ των προβατων
Translit, egô eimi ho poimên ho kalos ho poimên ho kalos tên psukhên autou tithêsin huper tôn probatôn

Bandingkan dengan :

* Yehezkiel 34:31 
LAI TB, Kamu adalah domba-domba-Ku, domba gembalaan-Ku, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH (YHVH)." 
KJV, And ye my flock, the flock of my pasture, are men, and I am your God, saith the Lord GOD. 
ASV, And ye my sheep, the sheep of my pasture, are men, and I am your God, saith the Lord Jehovah.
Hebrew, 
וְאַתֵּן צֹאנִי צֹאן מַרְעִיתִי אָדָם אַתֶּם אֲנִי אֱלֹהֵיכֶם נְאֻם אֲדֹנָי יְהוִה׃ פ
Translit, VE'ATEN TSONI TSON MARITI 'ADAM 'ATEM 'ANI 'ELOHEIKHEM NE'UM ADONAY YEHOVIH (dibaca: 'Elohim)

* Mazmur 23:1
LAI TB, Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
KJV, The LORD is my shepherd; I shall not want.
ASV, Jehovah is my shepherd; I shall not want.
Hebrew, 
מִזְמֹור לְדָוִד יְהוָה רֹעִי לֹא אֶחְסָר׃
Translit, MIZMOR LEDAVID YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) RO'I LO EKHSAR


• Yesus menyatakan Dia adalah hakim atas segala bangsa (Yohanes 5:27; Matius 25:31), Perjanjian Lama mengatakan TUHAN (YHVH) adalah hakim segala bangsa (Yoel 3:12). 

* Yohanes 5:27
LAI TB, Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. 
KJV, And hath given him authority to execute judgment also, because he is the Son of man. 
TR, και εξουσιαν εδωκεν αυτω και κρισιν ποιειν οτι υιος ανθρωπου εστιν
Translit, kai exousian edôken autô kai krisin poiein hoti huios anthrôpou estin

* Matius 25:31
LAI TB, "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya
KJV, When the Son of man shall come in his glory, and all the holy angels with him, then shall he sit upon the throne of his glory: 
TR, οταν δε ελθη ο υιος του ανθρωπου εν τη δοξη αυτου και παντες οι αγιοι αγγελοι μετ αυτου τοτε καθισει επι θρονου δοξης αυτου
Translit, hotan de elthê ho huios tou anthrôpou en tê doxê autou kai pantes hoi hagioi aggeloi met autou tote kathisei epi thronou doxês autou

Bandingkan dengan :

* Yoel 3:12
LAI TB, Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru. 
KJV, Let the heathen be wakened, and come up to the valley of Jehoshaphat: for there will I sit to judge all the heathen round about. 
Hebrew, 
יֵעֹורוּ וְיַעֲלוּ הַגֹּויִם אֶל־עֵמֶק יְהֹושָׁפָט כִּי שָׁם אֵשֵׁב לִשְׁפֹּט אֶת־כָּל־הַגֹּויִם מִסָּבִיב׃
Translit, YE'ORU VEYA'ALU HAGOYIM 'EL-'EMEK YEHOSYAFAT KI SYAM 'ESYEV LISYPOT 'ET-KOL-HAGOYIM MISAVIV 
Note: Kata "Aku" merujuk kepada YHVH (lihat ayat 11 sebelumnya)


• Yesus mengatakan, 'Akulah terang dunia' (Yohanes 8:12), Perjanjian Lama mengatakan ''TUHAN (YHVH) akan menjadi penerang abadi bagimu" (Yesaya 60:19). 

* Yohanes 8:12
LAI TB, Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." 
KJV, Then spake Jesus again unto them, saying, I am the light of the world: he that followeth me shall not walk in darkness, but shall have the light of life. 
TR, παλιν ουν ο ιησους αυτοις ελαλησεν λεγων εγω ειμι το φως του κοσμου ο ακολουθων εμοι ου μη περιπατησει εν τη σκοτια αλλ εξει το φως της ζωης
Translit, palin oun autois ho iêsous autois elalêsen legôn egô eimi to phôs tou kosmou ho akolouthôn hemoi ou mê peripatêsei en tê skotia all exei to phôs tês zôês

bandingkan dengan :

* Yesaya 60:19
LAI TB, Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.
ASV, The sun shall be no more thy light by day; neither for brightness shall the moon give light unto thee: but Jehovah will be unto thee an everlasting light, and thy God thy glory.
KJV, The sun shall be no more thy light by day; neither for brightness shall the moon give light unto thee: but the LORD shall be unto thee an everlasting light, and thy God thy glory. 
Hebrew, 
לֹא־יִהְיֶה־לָּךְ עֹוד הַשֶּׁמֶשׁ לְאֹור יֹומָם וּלְנֹגַהּ הַיָּרֵחַ לֹא־יָאִיר לָךְ וְהָיָה־לָךְ יְהוָה לְאֹור עֹולָם וֵאלֹהַיִךְ לְתִפְאַרְתֵּךְ׃
Translit, LO-YIHYEH-LAKH 'OD HASYEMESY LE'OR YOMAM 'ULENOGA HAYARE'AKH LO-YA'IR LAKH VEHAYAH-LAKH YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) LE'OR OLAM VELOHAYIKH LETIFARTEKH


• Yesus mengatakan Dia adalah yang pertama dan yang akhir (Wahyu 1:17), sama seperti YHVH dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6). 

* Wahyu 1:17 
LAI TB, Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: 'Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,'" 
KJV, And when I saw him, I fell at his feet as dead. And he laid his right hand upon me, saying unto me, Fear not; I am the first and the last: 
TR, και οτε ειδον αυτον επεσα προς τους ποδας αυτου ως νεκρος και επεθηκεν την δεξιαν αυτου χειρα επ εμε λεγων μοι μη φοβου εγω ειμι ο πρωτος και ο εσχατος 
Interlinear, kai {lalu} hote {ketika} eidon {aku melihat} auton {Dia} epesa pros {aku jatuh didepan} tous podas {kaki-kaki} autou {Nya} hôs {seperti} nekros {(orang) yang mati} kai {dan} epethêken {Ia meletakkan} tên dexian {kanan} autou {Nya} kheira {tangan} ep {diatas} eme {ku} legôn {berkata} moi {kepadaKu} mê {janganlah} phobou {merasa takut} egô {Aku} eimi {Adalah} ho prôtos {Yang Awal} kai {dan} ho eskhatos {Yang Akhir}

Bandingkan dengan :

* Yesaya 44:6 
LAI TB, Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: 'Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.' 
KJV, Thus saith the LORD the King of Israel, and his redeemer the LORD of hosts; I am the first, and I am the last; and beside me there is no God. 
ASV, Thus saith Jehovah, the King of Israel, and his Redeemer, Jehovah of hosts: I am the first, and I am the last; and besides me there is no God.
Hebrew, 
כֹּה־אָמַר יְהוָה מֶלֶךְ־יִשְׂרָאֵל וְגֹאֲלֹו יְהוָה צְבָאֹות אֲנִי רִאשֹׁון וַאֲנִי אַחֲרֹון וּמִבַּלְעָדַי אֵין אֱלֹהִים׃
Translit , KOH-'AMAR YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) MELEKH-YISRA'EL VEGO'ALO YEHOVAH TSEVA'OT 'ANI RI'SYON VA'ANI 'AKHARON 'UMIBAL'ADAI 'EIN 'ELOHIM.

* Yesaya 48:12 
LAI TB, "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!" 
KJV, Hearken unto me, O Jacob and Israel, my called; I am he; I am the first, I also am the last. 
Hebrew, 
שְׁמַע אֵלַי יַעֲקֹב וְיִשְׂרָאֵל מְקֹרָאִי אֲנִי־הוּא אֲנִי רִאשֹׁון אַף אֲנִי אַחֲרֹון׃
Translit, SYEMA' 'ELAY YA'AKOV VEYISRA'EL MEKORA'I ANI-HU 'ANI RI'SYON 'AF 'ANI 'AKHARON" 

Jelas sekali, Tuhan kita Yesus Kristus tanpa meninggalkan keraguan, menyatakan diri-Nya adalah YHVH dalam Perjanjian Lama. Dan pernyataan-pernyataan yang dikutip dalam ayat-ayat diatas menunjukkan bahwa Yesus Kristus menyatakan diriNya adalah YHVH sendiri. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar