TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Menjawab FITNAH RASUL PAULUS meniadakan TAURAT....


FITNAH BERLANJUT....PENJAGA KITABULLAH BERKATA...BAHWA PAULUSLAH YANG MENGHAPUSKAN TAURAT...

HUKUM TAURAT, YESUS DAN PAULUS

PAULUS MALAH MENGHAPUSKANNYA =>(Cukup jelas dalam FITNAH Umat Islam KAMBING HITAM selalu RASUL PAULUS...mereka berpandangan RASUL PAULUS meniadakan TAURAT...)

Galatia 5

(4) Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

YESUS BERKATA

Ibrani 10:28

Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.

Matius 5

17) "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi.
Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

DAN BILA KAMU DAPATKAN AYAT2 JOROK, YG MENGHINAKAN NABI2 DAN MENGHINAKAN TUHANMU, PERCAYALAH ITU BERASAL DARI ORANG ATAU SETAN YG MEMBENCI AGAMA YG DIBAWA YESUS DULU...=>SEJAK KAPAN DAN MANA AYATNYA DI ALKITAB BAHWA TUHAN YESUS MENDIRIKAN AGAMA?ADAKAH DALAM TAURAT ALLAH PERNAH MENDIRIKAN AGAMA?DARI HONGKONG BOS?

____________
Jawab : Apakah RASUL PAULUS meniadakan TAURAT?

Berikut pengakuan RASUL PAULUS...

HUKUM TAURAT ITU BENAR,KUDUS,BAIK...

ROMA 7:12 Jadi hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah kudus, benar dan baik.


SHG HUKUM TAURAT DAPAT MEMBENARKAN MANUSIA.....

ROMA 2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi ORANG YANG MELAKUKAN HUKUM TAURATLAH yang akan dibenarkan.

MAKA DARI ITU AJARAN RASUL PAULUS MENEGUHKAN TAURAT.......RASUL PAULUS TIDAK PERNAH MENYALAHKAN TAURAT....SEBAB TAURAT ITU SEMPURNA ADANYA(Mzm. 19:7 (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna...=>HUKUM KASIH ADA DI TAURAT=>UL 6:5;IM 19:18=>INILAH INTI SEMUA TAURAT DAN KITAB PARA NABI....)

Rm. 3:31 Jika demikian, ADAKAH KAMI(RASUL PAULUS TERMASUK) MEMBATALKAN HUKUM TAURAT karena iman? SAMA SEKALI TIDAK! Sebaliknya,  KAMI(=RASUL PAULUS TERMASUK) MENEGUHKANNYA.

RASUL PAULUS MENEGUHKAN TAURAT....SPT APA PENEGUHAN RASUL PAULUS...MARI KITA LIHAT PENJELASAN DIBAWAH INI...

 Hal HUKUM TAURAT....

APAKAH QURAN MELAKUKAN HUKUM TAURAT? http://tindonesia.blogspot.com/2012/07/613-hukum-taurat.html =>Apakah HUKUM QURAN melakukan 613 HUKUM TAURAT tersebut?Tentu tidak....justru ISLAM memilih/MENGAMBIL SEBAGIAN SAJA dari HUKUM-HUKUM tersebut....CUKUP JELAS DITULISKAN....PELANGGARAN TERHADAP 1 HUKUM SAJA BERARTI MELANGGAR TERHADAP SEMUANYA(YAK 2:10)...BERARTI SUATU ANGAN-ANGAN YANG SIA-SIA JIKA DIKATAKAN UMAT ISLAM MENGANUT SEBAGIAN SAJA HUKUM TERSEBUT....

Kitab Taurat adalah 5 Kitab-kitab Musa (Kejadian s/d Ulangan). Dan peraturan Taurat, oleh para Rabbi Yahudi diperinci jumlahnya 613 peraturan. Peraturan-peraturan ini disebut dengan MITSVOT. 
Dan Hukum TAURAT itu rumit, ada 613 perintah yang harus sempurna dilaksanakan. Sehingga pantaslah jika Yesus menyebut orang yang memikul Kuk ini menjadi letih lesu dan berbeban berat. Manusia (siapapun) tidak sanggup memikul kuk Taurat itu secara sempuna, karena dalam pelaksanaan Taurat bersalah terhadap satu bersalah kepada semuanya : 

Yakobus 2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

Siapakah yang berinisiatif MENEGUHKAN TAURAT dengan SUATU HUKUM PENGGENAPAN TAURAT?ALLAH sendiri...Ia sangat berhasrat membuat SUATU PERJANJIAN BARU.....Yer 31:31-34 sangat jelas dituliskan.....

Yer 31:31-34
31:31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku(TUHAN) AKAN MENGADAKAN "PERJANJIAN BARU" dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,

PERJANJIAN BARU TERSEBUT BUKAN SEPERTI YANG TERDAHULU....YAKNI BUKAN SUATU HUKUM YANG BERISIKAN JANGAN A,B,C(BUKAN SEPERTI 613 HUKUM TAURAT TERSEBUT)...ADA PERUBAHAN SUBSTANSI DI DALAM PERJANJIAN BARU...DIMANA BERISIKAN HAL YANG MENEGUHKAN PERJANJIAN LAMA...
31:32 BUKAN SEPERTI PERJANJIAN YANG TELAH KUADAKAN DENGAN NENEK MOYANG MEREKA pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.


BENTUK PERJANJIAN BARU ADALAH SBB:
31:33 Tetapi BEGINILAH PERJANJIAN YANG KUADAKAN dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: AKU AKAN MENARUH TAURAT-KU DALAM BATIN MEREKA dan MENULISKANNYA DALAM HATI MEREKA; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.=>MENARUH HUKUM-NYA PADA HATI/BATIN MANUSIA DENGAN MENGUKIRKAN HUKUM TERSEBUT....APA YANG DIUKIRKAN??HUKUM YANG TERUTAMA DALAM TAURAT...YAKNI HUKUM KASIH....=>HUKUM KASIH berbeda dengan HUKUM yang terdahulu....pendekatan HUKUM KASIH terletak pada PENGENALAN PRIBADI AKAN TUHAN ALLAH....sedang HUKUM terdahulu pendekatannya terletak pada TATA CARA IBADAH kepada ALLAH itu yang ditonjolkan....hal itu konfirm dengan ayat selanjutnya...Yer 31:34....

UNTUK APA PERJANJIAN BARU???AGAR KITA LEBIH DALAM LAGI DALAM PENGENALAN AKAN TUHAN....SEBAB ...tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! ...Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku...(YER 31:34)=>JADI TARGET PERJANJIAN BARU BUKANLAH SUATU HUKUM SPT 613 HUKUM...TETAPI DITITIK BERATKAN PADA PENGENALAN DAN PEMAHAMAN AKAN ALLAH....SAAT KITA MENGENAL DAN MEMAHAMI ALLAH BERLAKU KASIH KARUNIA....=> sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka." =>INILAH YANG DISEBUTKAN KASIH KARUNIA...DIMANA DOSA DAN PELANGGARAN KITA TIDAK DIINGAT-INGAT LAGI....DIHAPUSKAN...(YES 1:18 =>Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.)
31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

DAN KASIH KARUNIA ITU DATANG MELALUI TUHAN YESUS...(YOH 1:17 => sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.)

JADI HUKUM PERJANJIAN BARU YANG DIMAKSUDKAN ADALAH HUKUM KASIH KARUNIA TUHAN YESUS....HUKUM KASIH KARUNIA JAUH BERBEDA DENGAN HUKUM PERJANJIAN LAMA...TETAPI INTINYA ADALAH PENGGENAPAN TERHADAP HUKUM PERJANJIAN LAMA....YANG MANA MANUSIA TIDAK ADA SATUPUN DAPAT MELAKUKAN TAURAT...(YER 31:32=>MANUSIA INGKAR TERHADAP TAURAT;YOH 7:19 =>TIDAK ADA SEORANGPUN DAPAT MELAKUKAN TAURAT)...SEHINGGA PERLU ADANYA PENGHAPUSAN DOSA DAN PELANGGARAN TERHADAP HUKUM TERSEBUT....DENGAN DIAWALI OLEH HUKUM-HUKUM-NYA DIUKIR DIHATI DAN BATIN MANUSIA(2 KOR 3:3=ROH ALLAH YANG MENGUKIRKAN HK.KASIH KARUNIA DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA)....OLEH ROH ALLAH ITU SENDIRI....SEHINGGA MENJADI SURAT KRISTUS....ITULAH INTI PERJANJIAN BARU...BUKAN SEBUAH KITAB YANG FANA....TETAPI KEHIDUPAN ANDA DAN SAYA YANG DIPENUHI DENGAN PEMAHAMAN DAN PENGENALAN AKAN ALLAH....MELALUI TUNTUNAN ROH ALLAH ITU SENDIRI....(ROMA 8:14 =>ORANG KRISTEN WAJIB DITUNTUN OLEH ROH ALLAH;Yoh. 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran...=>ROH KEBENARAN/ROH KUDUS/ROH ALLAH ITU AKAN MENUNTUN MANUSIA PADA SELURUH KEBENARAN....SEHINGGA MANUSIA KRISTEN MENJADI SURAT KRISTUS...)

APA YANG MELATAR BELAKANGI HAL TERSEBUT?
>> MANUSIA PADA UMUMNYA LEBIH MENYUKAI MELAKUKAN IBADAH...DARIPADA PENGENALAN + PEMAHAMAN AKAN ALLAH...

Yes. 1:11 "Untuk apa itu korbanmu yang BANYAK-BANYAK?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu gemukan; darah lembu jantan dan domba-domba dan kambing jantan tidak Kusukai.=>KORBAN BANYAK-BANYAK MENANDAKAN MANUSIA LEBIH SUKA PADA PRIBADATAN KEPADA ALLAH SAJA LEBIH DARI PENGENALAN AKAN ALLAH....JUSTRU TUHAN ALLAH KITA BERKEBALIKAN DENGAN POLA PIKIR MANUSIA....ALLAH KITA LEBIH SUKA PADA PENGENALAN AKAN DIA DIBANDINGKAN IBADAH KITA KEPADA-NYA...


SEBAB....IA LEBIH MENYUKAI PENGENALAN AKAN ALLAH DARI KORBAN-KORBAN BAKARAN....

Hos. 6:6 Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.

DAN PENGENALAN + PEMAHAMAN AKAN ALLAH DAPAT MENJADIKAN MANUSIA PRIBADI YANG DISUKAI OLEH ALLAH...

Yer. 9:24 tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia MEMAHAMI DAN MENGENAL Aku(TUHAN), bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, SEMUANYA ITU KUSUKAI, demikianlah firman TUHAN."

MENGAPA DEMIKIAN?

KARENA IA TERLEBIH DAHULU....MENGASIHI MANUSIA ....

1Yoh. 4:19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

DENGAN KASIH YANG KEKAL....

YER 31:3....Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu....

APA BUKTI ALLAH MENGASIHI MANUSIA DENGAN KASIH YANG KEKAL?(=TIDAK ADA SEORANGPUN DIDUNIA DAPAT MELUKISKAN KASIH YANG KEKAL DARI ALLAH KITA SECARA TEPAT...KARENA BEGITU DALAM DAN LUASNYA KASIH ALLAH....KEPADA MANUSIA...Ef. 3:18 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus(TUHAN ALLAH KITA),)

>> APAPUN YANG TERJADI ATAS PRIBADI YANG DIKASIHI-NYA ITU BUKAN TANPA ALASAN...

YEH 14:23 =>…. Kamu(MANUSIA) AKAN mengetahui bahwa BUKAN TANPA ALASAN Kuperbuat segala sesuatu yang Kuperbuat….=> YER 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaiturancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. =>TUHAN SELALU BERHASRAT UNTUK MEMBERIKAN HARI DEPAN YANG PENUH HARAPAN KEPADA YANG DIKASIHI-NYA...

>>TUHAN SELALU MENGAMAT-AMATI MANUSIA 
CONTOH : DALAM HAL MEMBERI NAMA CIPTAAN-NYA…=> KEJADIAN 2:19 ….Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk MELIHAT(MENGAMAT-AMATI), bagaimana ia(MANUSIA) menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. =>TUHAN MENGENANG BAGAIMANA MANUSIA ITU MENAMAI CIPTAAN-NYA…(JIKA ANDA MENCINTAI AMAT DALAM PADA SESEORANG ANDA PASTI AKAN TERUS MENGAMAT-AMATI ORANG YANG ANDA SANGAT CINTAI....DAN ITULAH TUHAN ALLAH KITA....)

BERULANG KALI ALLAH MENGAMAT-AMATI MANUSIA....

Ezr. 5:5 Tetapi mata Allah MENGAMAT-AMATI para tua-tua orang Yahudi....

DAN DIA SELALU MENGAMAT-AMATI MANUSIA YANG SANGAT DICINTAI-NYA...

Mzm. 11:4 TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya MENGAMAT-AMATI, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia.

KARENA TERLALU CINTA-NYA KEPADA MANUSIA MAKA...

Yer. 16:17 Sebab Aku MENGAMAT-AMATI segala tingkah langkah mereka; semuanya itu tidak tersembunyi dari pandangan-Ku, dan kesalahan merekapun tidak terlindung di depan mata-Ku. =>SEGALA TINGKAH LANGKAH MANUSIA TIDAK TERSEMBUNYI DIHADAPAN-NYA....SELALU IA AMAT-AMATI TINGKAH LANGKAH MANUSIA...MENGAPA?KARENA IA JATUH HATI KEPADA KITA.....(UL 7:7...maka hati TUHAN TERPIKAT olehmu...)....DARI SINI DAPAT KITA PELAJARI BAHWA TUHAN PADA HAKEKATNYA TERPIKAT DENGAN MANUSIA…

Maka dari itu...Ia mengenal betul siapakah manusia...

2Tim. 2:19...."Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya"....

Dan Allah selalu ingin mengenal manusia...

1Kor. 8:3 Tetapi orang yang mengasihi Allah, ia DIKENAL OLEH ALLAH.

Ia tahu siapakah manusia....

Wahyu 3:8b.... Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.....=>KEKUATAN MANUSIA SANGAT TERBATAS DALAM MELAKUKAN KETETAPAN HUKUM ALLAH YANG SEMPURNA....SEHINGGA MANUSIA SANGAT MEMBUTUHKAN KASIH KARUNIA ALLAH AGAR DAPAT DISELAMATKAN DARI DOSA DAN PELANGGARAN YANG MANUSIA LAKUKAN....

DAN....

Kis. 15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia....=>ALLAH MENGENAL TEPAT HATI MANUSIA....

SETIAP SAAT TUHAN BERHASRAT UNTUK DEKAT DENGAN MANUSIA…BACA Mzm. 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia….

JADI SUBSTANSI PERJANJIAN BARU SERUPA DENGAN YANG LAMA...TETAPI BUKAN SEPERTI YANG LAMA....BUKAN BERISIKAN HUKUM JANGAN A,B,C...DST....TETAPI BERISIKAN HUKUM KASIH KRISTUS.....HUKUM YANG TERUTAMA DALAM TAURAT....DAN HUKUM TERSEBUT MENGUTAMAKAN PENGENALAN DAN PEMAHAMAN AKAN ALLAH....SEHINGGA DIKATAKAN ORANG KRISTEN HARUS SELALU HIDUP DIBAWAH PIMPINAN ROH ALLAH(ROMA 8:14)....

Penggenapan apakah yang Tuhan YESUS lakukan??
Sebanyak 613 perintah yang sempurna itulah dilaksanakan/DIGENAPI SECARA TUNTAS oleh TUHAN YESUS....=>TIDAK MISS 1 HUKUMPUN....

Mat. 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk MENGGENAPINYA.


BIS"Janganlah menganggap bahwa Aku datang untuk menghapuskan hukum Musa dan ajaran nabi-nabi. Aku datang bukan untuk menghapuskannya, tetapi untuk menunjukkan arti yang sesungguhnya.(=Mat 5:17)

MENUNJUKKAN ARTI YANG SESUNGGUHNYA => ADALAH =>MELAKUKAN SECARA PENUH SETIAP HUKUM TAURAT...TIDAK MISS 1 IOTAPUN....

(Mat. 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, SATU IOTA atau SATU TITIKPUN TIDAK AKAN DITIADAKAN dari hukum Taurat, SEBELUM SEMUANYA TERJADI.)=>SATU TITIKPUN TIDAK AKAN DITIADAKAN SEBELUM SEMUANYA TERJADI.....DAN....ANGKATAN TUHAN YESUS TIDAK AKAN BERLALU SEBELUM SEMUANYA ITU TERJADI....APA ITU?PENGGENAPAN HUKUM TAURAT....

MAT 24:34 LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum SEMUANYA INI TERJADI.=>SEMUANYA AKAN TERJADI SEBELUM ANGKATAN INI BERLALU...ARTINYA SELURUH HUKUM TAURAT AKAN DIGENAPI SEMUANYA SEBELUM ANGKATAN TUHAN YESUS ITU BERLALU....DAN SAAT SEMUANYA TELAH TERJADI MAKA HUKUM TERSEBUT DAPAT DIGANTIKAN OLEH SUATU PERJANJIAN BARU....YAKNI HUKUM KASIH KRISTUS....

ARTINYA KRISTUS ADALAH SOSOK YANG MENJADI PENGGENAP TAURAT....DENGAN DEMIKIAN APABILA SELURUH ISI TAURAT TERGENAPI tidak MISS 1 IOTAPUN....MAKA HUKUM TERSEBUT DAPAT BERAKHIR.....

SHG DITULISKAN...

Lukas 16:16 
LAI TB, Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes...

Mengapa?Hukum Taurat berlaku hanya sampai kepada zaman Yohanes?Karena HUKUM itu telah digenapi oleh Yesus....Mat 5:17 =>Ia datang untuk menggenapi TAURAT....

SEHINGGA  saat Ia disalib berkata....SUDAH SELESAI..(Yoh 19:30)=>artinya SUDAH GENAPLAH TAURAT....karena sejak hidup sampai mati-Nya...Tuhan Yesus tidak berbuat DOSA.....tidak pernah MISS 1 HUKUMPUN....BERARTI SEMUANYA TELAH TERJADI...MAKA BERAKHIRLAH HUKUM TAURAT....DIMULAILAH ERA PERJANJIAN BARU....KARENA DARAH TUHAN YESUS ADALAH MATERAI PERJANJIAN BARU....1Kor. 11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku;...

Hukum Taurat (Perjanjian Lama) adalah firman Allah yang diilhamkan sepenuhnya "bagi" umat Kristen masa kini, namun bukanlah sebagai perintah Allah yang langsung "kepada" umat Kristen :

Ibrani 8:7
"Sebab, sekiranya perjanjian yang pertama itu tidak bercacat, tidak akan dicari lagi tempat untuk yang kedua." 

Ibrani 8:13
"Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya."

Atas kasihNya maka Ia sendirilah yang memikulnya, bahkan Ia menjadi penggenap dari Hukum itu, yaitu menjadi Ia sendiri yang menjadi Domba Tebusan yang darahnya tercurah untuk pengampunan Dosa.

Roma 10:4
LAI TB, Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya. 

Sehingga...

 Efesus 2:15LAI TB, "sebab dengan mati-Nya sebagai manusia IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,"

IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT, καταργησας - katargêsas, aorist aktif partisip nominatif tunggal maskulin dari kata kerja καταργεω - katargeô

Kata Yunani καταργεω - katargeô berasal dari gabungan partikel κατα - kata yang berarti menurut, sesuai dengan, dan kata kerja αργεω - argeônon-aktif, tidak berfungsi

Kata Yunani καταργεω - katargeô bermakna : membinasakan, membatalkan, menghilangkan, menyebabkan tidak bekerja lagi, tidak beroperasi lagi, tidak aktif, berakhir, dan makna-makna lain yang sejenis. 

Yesus Kristus dengan kematianNya di kayu Salib telah menggenapi secara penuh Hukum Taurat, inilah yang dimaksud dengan "sebelum semuanya terjadi" dan "Ia dengan kematianNya" memenuhi Taurat dan mengakhiri Taurat itu sendiri.



Perlu kita sadari bahwa, pembatalan Taurat tidak menjadikan orang Kristen menjadi "TANPA HUKUM" (ανομος – ANOMOS), Tuhan kita Yesus Kristus sudah memberikan dasar kepada para murid suatu HUKUM yang BARU sebelum kematianNya di Kayu Salib itu "membatalkan Taurat":

Sebab ALLAH sendiri berhasrat MENGGANTIKAN HUKUM TAURAT dengan SUATU PERJANJIAN BARU(Yer 31:31-34)

* Matius 11:28-30 
11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 
11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." 

Kuk Hukum Kasih :

* Matius 22:37-40
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. (ULANGAN 6:5..Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu...)
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (IMAMAT 19:18 =>.. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri )
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." 


Konfirm Hosea 11:4 =>  Aku(ALLAH) menarik mereka dengan TALI KESETIAAN, dengan IKATAN KASIH(=HUKUM KASIH INILAH YANG DIUTAMAKAN). Bagi mereka Aku seperti orang yang MENGANGKAT KUK dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan. 
Hukum Kasih juga dikenal dengan istilah Hukum Kristus KARENA ALLAH SENDIRI BERHASRAT MENARIK MANUSIA DENGAN TALI KESETIAAN DENGAN IKATAN KASIH.PENEKANAN HUKUM KRISTUS ADALAH HUKUM TERUTAMA DALAM TAURAT...YAKNI UL 6:5;IM 19:18...DENGAN JENIS KASIH AGAPE....

MAKA DARI ITU IA MENYATAKAN MENURUNKAN HUKUM YANG BARU...
Yoh. 13:34 Aku memberikan PERINTAH BARU kepada kamu, yaitu supaya KAMU SALING MENGASIHI; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.(=>BUKTI PENGGENAPAN HOSEA 11:4...YANG MANA ALLAH SENDIRI MENARIK MANUSIA DENGAN TALI KESETIAAN DENGAN IKATAN KASIH....SALING KASIH MENGASIHI....JALINAN INILAH YANG DIUTAMAKAN DALAM HUKUM YOH 13:34....SHG TEPAT YOH 1:17 ....Kristus mendatangkan KASIH KARUNIA ALLAH....)
DAN HAL ITU DIBENARKAN OLEH AHLI TAURAT...

Mrk. 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu....=>AHLI TAURAT MEMBENARKAN HUKUM KASIH KRISTUS ADALAH HUKUM YANG TERUTAMA DALAM TAURAT...DENGAN MENGAMALKAN KASIH MANUSIA TELAH MENGGENAPI TAURAT....

Kembali kepada pertanyaan: Kalau hukum Taurat "batal", apakah yang dulunya dilarang berzinah boleh berzinah? Dan yang dulunya dilarang membunuh boleh membunuh?

Perlu kita ketahui Firman ke-7 : "Jangan Berzinah" itu dijelaskan lebih lanjut dalam kitab Taurat misalnya Imamat 18:20 dan masih banyak lagi. Tidak ada satu pun ajaran Taurat seperti yang diajarkan oleh Yesus Kristus bahwa setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Inilah yang sering saya kutip bahwa Yesus Kristus merombak habis-habisan hukum Taurat Perjanjian Lama.

Firman ke-6 : "Jangan Membunuh", bandingkan dengan Hukum balas-dendam {Lex Talionis): Mata ganti mata. Jika perintah itu diubah menjadi mata beri mata, apakah hal ini berarti menjelaskan arti yang sebenarnya? Bagi saya, itu artinya membalikkan hukum Taurat seratus delapan puluh derajat. Hukum balas-dendam yang "permissive" terhadap pembunuhan, juga dirombak habis-habisan.

Kalau Hukum Taurat mengenai pembunuhan itu terbatas pada hilangnya nyawa. Dan Perzinahan terbatas pada perbuatan kontak seksual fisik. Hukum Kristus lebih lagi, lihat Artikel : "YESUS MEMURNIKAN HUKUM PEMBUNUHAN DAN PERZINAHAN DARI FISIKAL MENJADI MORAL-SPIRITUAL"


Demikianlah perbuatan-perbuatan dosa yang dalam Taurat hanya disorot secara Fisik, dalam Hukum Kristus disorot secara Moral-Spiritual. Dan Hukum Taurat yang termasuk 10 Firman di dalamnya pun sudah digenapi oleh Tuhan kita Yesus Kristus. Dengan 2 macam hukum saja, Kasih kepada Allah dan Kasih kepada manusia. Yesus Kristus telah menetapkan HUKUM BARU yaitu HUKUM KASIH, karena KASIH adalah kegenapan hukum Taurat(Roma 13:10)=>HUKUM KASIH KARUNIA ALLAH INILAH HUKUM PERJANJIAN BARU YANG DIJANJIKAN OLEH ALLAH SENDIRI(YER 31:31-34)...



HUKUM KASIH INILAH YANG DIUKIRKAN DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA...SEHINGGA MANUSIA MENJADI SURAT KRISTUS...

2 KOR 3:3 Karena telah ternyata, bahwa KAMU(ORANG KRISTEN) adalah SURAT KRISTUS, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.=>ROH ALLAH MENGUKIRKAN HUKUM KASIH KRISTUS PADA HATI DAN BATIN MANUSIA YANG MEMBAWA MANUSIA PADA PENGENALAN DAN PEMAHAMAN AKAN ALLAH....ITULAH PERJANJIAN BARU YANG DIMAKSUD.....TIDAK SEPERTI HUKUM YANG TERDAHULU YANG TERIKAT OLEH PERATURAN-PERATURAN YANG DIHAFALKAN....TETAPI HATI MANUSIA MENJAUH DARI ALLAH...

KONFIRM AYAT DIBAWAH INI.....

Yes. 29:13 Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

KARENA ISINYA PERINTAH PERJANJIAN LAMA ADALAH PERINTAH YANG DIHAFALKAN MAKA IBADAH MANUSIA SEBATAS RUTINITAS/FISIK SAJA....PADAHAL HATINYA MENJAUH DARI ALLAH...


Mat. 15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.

Mrk. 7:6 Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.


APAKAH TUHAN ALLAH MEMBUAT QURAN?TENTU TIDAK...KARENA TUHAN TAHU BAHWA TAURAT ITU SUDAH SEMPURNA(Mzm. 19:7 (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna,..=>mengapa dikatkaan SUDAH SEMPURNA?karena HUKUM KASIH juga telah ada di dalam TAURAT=>Ul 6:5;Imamat 19:18....).....TETAPI KARENA TERLALU SEMPURNA MAKA MANUSIA TIDAK MAMPU MELAKUKAN HUKUM SEMPURNA TERSEBUT....LALU APAKAH DENGAN DIKURANGI MENJADI QURAN MAKA MANUSIA BISA MELAKUKAN HUKUM-HUKUMNYA?TENTU TIDAK....1 HUKUM SAJA WAKTU ITU ADAM INGKAR....APALAGI BERKURANG SEDIKIT....TENTU MANUSIA TIDAK DAPAT ...KARENA HUKUM HANYA MENGURUNG MANUSIA PADA KETIDAK TAATAN(Rm. 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.=>TETAPI ALLAH BERKEHENDAK DEMIKIAN UNTUK MENYATAKAN CINTA-NYA YANG KEKAL KEPADA MANUSIA....=>YER 31:3;YOH 3:16)....KARENA HUKUM PASTI MENGURUNG MANUSIA PADA KETIDAK TAATAN.....KARENA MANUSIA DIKANDUNG DALAM DOSA.....Mzm. 51:5 (51-7)...dalam DOSA aku DIKANDUNG ibuku.=>DOSA WARIS DARI ADAM TELAH MENGAKAR DALAM DARAH DAN DAGING MANUSIA...SEHINGGA HAL-HAL YANG MANUSIA KERJAKAN ADALAH KEJAHATAN SEMATA-MATA(KEJ 6:5)(HADIS ISLAM BERKATA...SEMUA ANAK ADAM PEMBUAT KESALAHAN...MAKA TIDAK MUNGKIN DAPAT DIPANDANG BENAR OLEH HUKUM AGAMA APAPUN PERBUATAN MANUSIA TERSEBUT...)...MAKA ROH ALLAH UNDUR(KEJADIAN 6:3)...MAKA DARI ITU MANUSIA PERLU BERDAMAI DENGAN ALLAH....MELALUI TUHAN YESUS....AGAR CITRA ANAK ALLAH YANG DAHULU ADA PADA MASA ADAM BELUM JATUH DALAM DOSA...DIKEMBALIKAN KEMBALI....ROMA 8:14 =>MANUSIA YANG DIPIMPIN OLEH ROH ALLAH DIKATAKAN ANAK ALLAH....SEHINGGA CITRA ADAM SEMULA YANG ADALAH ANAK ALLAH POSISINYA KEMBALI DIPULIHKAN MELALUI KASIH KARUNIA ALLAH SEMATA...BUKAN HASIL USAHA KITA....TETAPI PEMBERIAN ALLAH SEMATA-MATA...SHG TIDAK BOLEH ADA MANUSIA YANG MEMEGAHKAN DIRI...=>(EF 2:8-9)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Slendro mengatakan...

Satu hal yg kita pegang bahwa kalo Tuhan mengucapkan sesuatu maka sampai kiamatpun ucapan tersebut tidak akan berubah. Kalo ucapan tersebut berubah, berarti Tuhan tsb mencla mencle dan tidak layak dipercaya. BUKTI: Didalam PL (taurat) sudah jelas diharamkan makan babi, akan tetapi kenapa di PB kok makan babi dihalalkan. Apa bukan mencla mencle namanya. Apa masih layak untuk disembah kalo ucapannya tdk bs dipegang.

Poskan Komentar