TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KUPAS TUNTAS TRINITAS DALAM AKIDAH ISLAM DAN KRISTEN...


Kupas TUNTAS TRINITAS dalam AKIDAH ISLAM dan KRISTEN....

>Rangkuman pandangan KRISTEN Soal TRINITAS....

"KUPAS TUNTAS TRINITAS DALAM PANDANGAN ISLAM DAN KRISTEN"(ditulis Mulai tgl 29-07-2012-......)
Written By Transformasi Indonesia(Rangkuman dari artikel Bpk.Pdt Prof DR Abuna Yusuf Roni=>Pakar THEOLOGIA;Pdt BP(Sarapanpagi BIBLIKA);http://www.youtube.com/watch?v=oy2bC_uRzvg&feature=related yang akan terkolaborasi oleh inspirasi ROH KUDUS...)

Pada Bab ini adalah berisi KUPAS TUNTAS TRINITAS dalam pandangan ALKITABIAH...berdasar pendapat para PAKAR THEOLOGIA....bukan pendapat saya seorang....tetapi ada tulisan para pakar yang saya angkat dan jabarkan lebih mendalam....

Pendahuluan :

Perlu dipahami kita bersama ECHAD dan YAKHID yang ada dalam diri ALLAH....

'EKHAD DAN YAKHID, AHAD DAN WAHID, ESA DAN TUNGGAL

Baik kata Ibrani " אחד - 'EKHAD", "esa", "pertama", "satu", maupun " יחיד - YAKHID" "tunggal", "satu-satunya(UNIK)", "tunggal", "saja", "hanya", "sendiri", berasal dari akar kata induk " ח - KHET" dan " ד -DALET". Aksara KHET dalam tulisan proto-sinaistik -- Ibrani Kuno -- merupakan gambar "tembok" atau "dinding"; sedangkan aksara DALET, Ibrani Kuno: DAL, merupakan gambar "pintu".

Gabungan kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan". Tembok atau dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah. Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar dan bagian dalam dipersatukan oleh pintu.

Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu " חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi "satu".

Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD) sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!

Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD 'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".

APA itu EKHAD?
Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD, (Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasa Ibrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan.

" אחד - 'EKHAD" adalah KESATUAN DARI YANG JAMAK/KOMPLEKS, seorang manusia adalah kesatuan dari tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang, cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.

APA itu YAKHID?

Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID), "tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד - KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno, aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata " יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan" namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yang absolut" (hanya).
Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11 ("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").

" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan, diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal", "hanya", "saja", "sebatang kara", sering dihubungkan dengan anak "tunggal".

Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada kesatuan yang kompleks, maka " יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.

Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID) itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

POKOK BAHASAN :
>>Bagaimana ALLAH orang KRISTEN??

Menurut saya terserah diterima atau tidak...

ALLAH orang KRISTEN adalah ECHAD yang YAKHID(TUNGGAL YANG UNIK="monogenous/ monogenês"=tidak ada yang serupa dengan diri-Nya/SATU-SATUNYA) YAKHID(TUNGGAL YANG UNIK="monogenous/ monogenês"=tidak ada yang serupa dengan diri-Nya/SATU-SATUNYA) didalamNya ada  ke-ECHAD-an ALLAH(Bukan ALLAH yang 3..tetapi ALLAH yang ECHAD dimensi MULTI KOMPLEKS....) => jika Ia melakukan TEOFANI....=>saat itu didalam diriNya yang YAKHID tersebut terdapat seluruh KE-ECHAD-AN ALLAH....

Jadi jika diilustrasikan tepat seperti perkataan TUHAN YESUS....3x TUHAN YESUS menyatakan...

1. Yoh 10:38 ......bahwa Bapa(ECHAD/ELOHIM) di dalam Aku(YAKHID/MONOGENOUS/MONOGENES) dan Aku(YAKHID/MONOGENOUS/MONOGENES) di dalam Bapa(ECHAD/ELOHIM)."

2. Yoh 14:10 ....bahwa Aku(YAKHID/MONOGENOUS/MONOGENES) di dalam Bapa(ECHAD/ELOHIM) dan Bapa(ECHAD/ELOHIM) di dalam Aku(YAKHID/MONOGENOUS/MONOGENES)...

3. Yoh 14:11 ....bahwa Aku(YAKHID/MONOGENOUS/MONOGENES) di dalam Bapa(ECHAD/ELOHIM) dan Bapa(ECHAD/ELOHIM) di dalam Aku(YAKHID/MONOGENOUS/MONOGENES)....Dalam 3 perkataan TUHAN Yesus ini tergambar AL-ECHAD => AL-YAKHID(Dalam Kesatuan ALLAH terdapat Ketunggalan ALLAH yang UNIK=monogenous/ monogenês) dan dalam AL-YAKHID(Ketunggalan ALLAH yang UNIK=monogenous/ monogenês)=>AL-ECHAD(terdapat seluruh Ke-ECHAD-AN Allah)....

Dalam pemahaman perjanjian LAMA ALLAH yang ESA(tertulis EKHAD=Kesatuan yang MULTI KOMPLEKS)...Dalil perjanjian lama :
1. Shema Yisrael Yahweh Elohenu Yahweh Echad (Ul 6:4)
Hear O Israel, Yahweh Our God Yahweh is One.(UL 6:4)
2. Mal. 2:15 Bukankah Allah yang Esa(ECHAD)...

Kata Esa dalam bahasa Ibrani ditulis 'Ekhad' dan menjadi pegangan kepercayaan monotheisme dalam agama Yahudi. Apakah arti sebenarnya 'Ekhad' itu? Ekhad artinya 'satu,' dan sekalipun ini dipandang oleh orang yahudi sebagai tunggal, "EKHAD" dalam PL juga menyiratkan 'GABUNGAN JAMAK' seperti dalam sebutan

>>'keduanya menjadi satu daging' (Kej 2:24=>Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu(EKHAD=KESATUAN KOMPLEKS DALAM DIMENSI MANUSIA) daging.), 'menjadi satu bangsa(ONE OF)'

>>(Kej 34:16=>barulah kami akan memberikan gadis-gadis kami kepada kamu dan mengambil gadis-gadis kamu; maka kami akan tinggal padamu, dan kita akan MENJADI SATU BANGSA(ONE OF NATION).), dan

>>'seluruh jemaah itu bersama-sama (ekhad)' (Ezr 2:64=>Seluruh jemaah itu bersama-sama(=EKHAD) ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang,),' atau

>>gabungan menjadi satu papan' (Yeh 37:17=>Gabungkanlah keduanya menjadi satu(=>EKHAD) papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.).

Dalam bahasa Ibrani ada kata 'satu' yang lebih menyatakan 'tunggal yang mutlak' yaitu 'Yakhid' (Kej 22:2=>"Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID) itu...).Dari sini tersirat secara implisit adanya kejamakan dalam keesaan TUHAN. Kenyataan ini terbukti dalam diri filsuf Yahudi Maimonides, ketika menyusun '13 Pengakuan Iman'nya menggantikan Ekhad dengan Yakhid untuk menjelaskan hakekat Tuhan yang Esa.

Sekalipun dalam PL ungkapan Tritunggal tidak dinyatakan secara eksplisit, namun ada beberapa petunjuk yang mengarah kepada kejamakan pribadi dalam keesaan TUHAN.
Nama yang pertama digunakan dalam PL adalah 'Elohim' (Kej 1:1; dalam PL digunakan 2500X) yang berbentuk jamak (PLURAL MAJESTIC/JAMAK KEBESARAN) padahal dalam bahasa Ibrani ada bentuk tunggalnya 'Eloah' (Ul 32:15-17; Hab 3:3; dalam PL digunakan 250X).

DALAM PEMAHAMAN BAHASA IBRANI ELOHIM BENTUK PLURAL MAJESTIC(EKHAD=>ELOHIM)....ELOAH ADALAH BENTUK SINGULAR MAJESTIC(YAKHID =>ELOAH)....

BERDASAR PENDAPAT PARA PAKAR KATA ELOHIM(PLURAL MAJESTIC ADA 2500X TERDAPAT DALAM PL)
DIANTARANYA:

KEJ 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Hebrew,
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃
Translit, BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}"

Kata Allah dalam bahasa Ibrani " אלהים - 'ELOHÎM" menggunakan bentuk jamak tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : " ברא - BARA'", hal ini saja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.
BERDASAR PENDAPAT PARA PAKAR KATA ELOAH(SINGULAR MAJESTIC ADA DIGUNAKAN 250X DALAM PL DIANTARANYA :

Ul 32:15;17 => UL 32:15 =>Lalu menjadi gemuklah Yesyurun, dan menendang ke belakang, --bertambah gemuk engkau, gendut dan tambun--dan ia meninggalkan Allah(=ELOAH) yang telah menjadikan dia, ia memandang rendah gunung batu keselamatannya.

UL 32:17=>mereka mempersembahkan korban kepada roh-roh jahat yang bukan Allah(=ELOAH), kepada allah yang tidak mereka kenal, allah baru yang belum lama timbul, yang kepadanya nenek moyangmu tidak gentar.

Hab 3:3=>Allah(=>ELOAH) datang dari negeri Teman dan Yang Mahakudus dari pegunungan Paran. Sela. Keagungan-Nya menutupi segenap langit, dan bumipun penuh dengan pujian kepada-Nya.

Elohim juga berfirman dan menyebut diri-Nya dengan ungkapan jamak:

"Baiklah Kita menjadikan manusia(tunggal) menurut gambar dan rupa Kita(ECHAD)" (Kej 1:26),=>Hal penciptaan manusia itu adalah gambaran Yakhid serupa/segambar dengan SANG ELOHIM(ECHAD)....Bahkan diperjelas dalam Kej 3:22...
bahkan YHWH/Elohim juga menyebut: "Sesungguhnya manusia(yang tunggal/YAKHID) itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita(One of US/ECHAD)" (Kej 3:22)=>ECHAD bermakna ONE OF....
dan YHVH berfirman: "Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka" (Kej 11:7). Dalam Yes.6:8 juga disebutkan "Siapa akan pergi untuk Kita?" Contoh ini tidak eksplisit bercerita mengenai Tritunggal namun menyiratkan secara implisit bahwa ada ke jamakan dalam ke'Esa'an YHVH/Elohim.

****JADI DALAM PEMAHAMAN KRISTEN DI DALAM KE-EKHAD-AN ELOHIM TERDAPAT KE-YAKHID-AN(UNIK) DARI ELOHIM YAKNI ELOAH(=EKHAD YANG YAKHID).DI DALAM KE-YAKHID-AN ELOAH TERDAPAT SELURUH KE-EKHAD-AN ELOHIM(=YAKHID YANG EKHAD).

Tiga Pribadi Yang Tunggal(dinyatakan secara IMPLISIT dalam PL)

Pendapat pakar :
Dalam Perjanjian Lama (PL) memang ke'tiga'an Allah tidak terungkap secara eksplisit seperti dalam PB, namun secara implisit terlihat adanya dua pribadi lainnya yang khas (1)'Malak Yahweh' yang dibedakan dengan malaekat pada umumnya (Kej 16:7,13; 22:11-12; Kel 23:20-23)demikian juga dengan (2)'Ruach Elohim/Ha-Kodesh' (Kej 1:2;6:3; Ayb 33:4; Mzm 51:13;139:7; Yes 11:2), keduanya sering mempersentasikan YHWH sendiri.

Didalam KEKRISTENAN dikenal ISTILAH Teofani/Epifani....Apa itu TEOFANI?
Teofani berarti Allah menampakkan diri dengan tanda-tanda yang dapat dihayati oleh yang bersangkutan, sehingga ybs. sadar bahwa mereka berhadapan dengan Allah sendiri. Umpamanya, Allah menampakkan diri-Nya kepada Musa dalam nyala api yang keluar dari semak duri, Allah menampakkan diri kepada Israel di dalam tiang awan, dalam awan yang padat yang disertai guruh dan kilat di atas gunung Sinai, di dalam kemuliaan-Nya yang melalui Musa, menampakkan diri kepada Gideon sebagai malaikat Tuhan("Malak Yahweh"), dan seterusnya.
Ada 2 pribadi dalam TEOFANI :
1. Malak YAHWEH/Malak Ha'ELOHIM(tertulis dalam PL sbg =>Malaikat TUHAN;Malaikat Allah;SANG FIRMAN=YOH 1:1-3;14)...
>>Kejadian 22:11
LAI TB, Tetapi berserulah Malaikat TUHAN (Malak YHVH) dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan." =>cukup jelas Malak YHVH disahut oleh pernyataan ABRAHAM : Ya TUHAN...
Translit, VAYIQRA 'ELAV MALAKH YEHOVAH (YHVH baca Adonay) MIN-HASYAMAYIM VAYOMER 'AVRAHAM 'AVRAHAM VAYOMER HINENI
Catatan :
- Terjemahan LAI-TB menulis "Malaikat YHVH" dengan huruf kapital pada awalan kata.
- Terjemahan KJV dan NIV menulis "angel of the LORD" dengan huruf kecil awalan kata

>>Kejadian 31:11(=>PADA AYAT INI TERLIHAT JELAS MALAKH YHVH ITU BERFIRMAN .....KARENA MALAKH YHVH ADALAH SANG FIRMAN ITU SENDIRI...YOH 1:1;YOH 1:3;YOH 1:14)....
LAI TB, Dan Malaikat Allah(Malak Ha'ELOHIM) berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan!
Translit, VAYOMER 'ELAI MALAKH HA'ELOHIM BAKHALOM YA'AQOV VA'OMAR HINENI
Catatan :
- Terjemahan LAI-TB menulis "Malaikat Allah" dengan huruf kapital pada awalan kata.
- Terjemahan KJV dan NIV menulis "angel of God" huruf kecil awalan kata

LAI-TB menganggap penampakan/ kehadiran Malaikat kepada manusia dalam suatu kasus tertentu adalah suatu penampakan yang "khusus" yaitu "Teofani" dari Allah yang Esa yang mempunyai fungsi menyatakan diri kepada manusia dan sering menyatakan diri dalam bentuk malaikat ataupun rupa manusia.

Malak Yahweh sering menyatakan  diri sebagai manusia, Ia menemui Hagar (Kej 16) dan berkata atas Nama-Nya sendiri dan dipanggil 'El-Roi'. 'Ia bergumul dengan Yakub dan menyatakan diri sebagai Allah' (Kej 32:28-32). Bila pribadi pertama 'Bapa' tidak pernah menyatakan muka-Nya kepada manusia (Kel 33:20), Malak Yahweh sebagai pribadi kedua sering memimpin bani Israel sebagai figur Malaekat yang berotoritas mengidentifikasikan diri sebagai Yahweh dan bisa dilihat muka-Nya (band. Yoh 1:18), seperti 'Menahan Abraham membunuh anaknya Ishak' (Kel 14) dan 'Menampakkan Diri kepada Abraham' (Kej 17,18), 'Menyuruh Gideon' (Hak.6), 'Menubuatkan kelahiran Simson' (Hak 13), 'Menyuruh Elia ke gunung Horeb' (1Raj.19), dan 'Menyuruh Daud membangun Bait Allah di Yerusalem' (2Raj.19:35). Ia juga menyatakan diri sebagai 'Hakim pembela Israel' dari para musuh (Bil.22:22-35; 2Raj.19:35).=>Saat MALAKH YHVH menyatakan diri kepada MANUSIA....maka SURGA tidak KOSONG....tetapi masih ada ALLAH itu sendiri....sekalipun ALLAH menampakkan diri pada seseorang....tetapi KEILAHIAN ALLAH tidak dapat dibatasi oleh DIMENSI/RUANG/WAKTU....sehingga pada saat bersamaan dapat HADIR...karena IA MAHA HADIR....saat yang sama IA HADIR didepan seseorang...dan saat yang sama IA tetapi HADIR di SURGA itulah ke MAHA HADIR-AN Allah.....

DIDALAM ALKITAB...MALAIKAT DENGAN M HURUF BESAR DINYATAKAN SEBAGAI MALAIKAT PERJANJIAN(SANG FIRMAN MENURUT INJIL YOHANES =>YOH 1:1-3;14 LIHAT KEJADIAN 31:11)...

Mal. 3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! ++Malaikat PERJANJIAN++ yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia(MESIAS/MALAIKAT DENGAN M HURUF BESAR YAKNI KRISTUS) datang, firman TUHAN semesta alam.

JELAS SEKALI YESUS ITU ADALAH MALAIKAT DENGAN M HURUF BESAR...DAN DIKENAL SEBAGAI MALAIKAT PERJANJIAN.....Mat. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian...Mrk. 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian.....

KORELASIKAN DENGAN AYAT BERIKUT....

Za. 12:8 Pada waktu itu TUHAN akan melindungi penduduk Yerusalem, dan orang yang tersandung di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keluarga Daud akan menjadi seperti Allah, seperti ++Malaikat TUHAN(KRISTUS=>MALAK YHVH)++, yang mengepalai mereka.

keluarga Daud akan menjadi SEPERTI ALLAH...bagaimana bisa??dengan jalan menjadi SPT KRISTUS....=>seperti Malaikat TUHAN(Malak YHVH/KRISTUS)=>MALAIKAT PERJANJIAN....Mal 3:1

JELAS SEKALI MALAIKAT TUHAN => M HURUF BESAR....YANG MENJADI KEPALA ATAS KETURUNAN DAUD....DAN KRISTUS ADALAH KEPALA SEGALA SESUATU....BERARTI MANUSIA MEMANG DICIPTAKAN MENURUT KRISTUS....KRISTUS BENAR ADA SEJAK JAMAN DAHULU KALA....YAKNI SEBAGAI MALAIKAT PERJANJIAN(PERNYATAAN YANG SAMA DENGAN PERNYATAAN BERIKUT)...

Ef. 1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu,....

JADI KONFIRM SUDAH NUBUATAN ZA 12:8....BAHWA MANUSIA MEMANG DICIPTAKAN DARI SEMULA HARUS MENJADI SEPERTI KRISTUS...

2.RUACH ELOHIM/RUACH QODESH(ROH ALLAH/ROH KUDUS=>Yoh 4:24 =>Pneuma Ho Theos=>Allah itu ROH...)...
>Kej 1:2 =>..Roh Allah(Ruach ELOHIM) melayang-layang di atas permukaan air.
>Kej 6:3=>Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku(Ruach Elohim)...

Sekalipun dalam PL ada kesan bahwa 'ruach' adalah tenaga batin, 'Ruach Elohim' berarti 'Pribadi Roh'. Mengenai 'Roh Kudus' juga dijumpai banyak ayat dalam PL yang menunjukkan ke'Allah'an dan ke'pribadi'an-Nya. 'Roh Kudus hadir dalam awal Penciptaan' (Kej.1:2) dan juga 'Ia adalah pencipta' (Ayb 33:4), Ia juga secara aktif hadir pada Akhir Zaman (lihat kitab Wahyu).
Bukti Roh Kudus adalah PRIBADI ALLAH dalam PL :
>Roh Kudus dapat dilawan(kita dapat memberontak) dan didukakan(kita dapat mendukakan)=>berarti ROH KUDUS pribadi yang memiliki perasaan ...Yes 63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. =>RUACH QODESH/RUACH ELOHIM adalah SOSOK ILAHI yang memiliki perasaan dan kehendak...yang dapat dilawan dan didukakan....
Dan pemberontakan manusia terhadap ALLAH identik dengan pemberontakan manusia terhadap ROH KUDUS....Yes. 43:27 Bapa leluhurmu yang pertama(ADAM) sudah berdosa, dan jurubicaramu telahmemberontak terhadap Aku.
Dalam Yes 48:12-16 dan 63:7-14, ketiga pribadi disebutkan bersama.

Yes 48:12-16..
48:12 "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!>> Yes 48:12 konfirm dengan =>Yes. 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.>> Konfirm >>Why 22:16 "Aku, Yesus,=>Why 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."
48:13 Tangan-Ku juga meletakkan dasar bumi, dan tangan kanan-Ku membentangkan langit. Ketika Aku menyebut namanya, semuanya bermunculan.
48:14 Berhimpunlah kamu sekalian dan dengarlah! Siapakah di antara mereka memberitahukan semuanya ini? Dia yang dikasihi TUHAN akan melaksanakan kehendak TUHAN terhadap Babel dan menunjukkan kekuatan tangan TUHAN kepada orang Kasdim.
48:15 Aku, Akulah yang mengatakannya dan yang memanggil dia juga, Akulah yang mendatangkan dia, dan segala usahanya akan berhasil.
48:16 Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ." Dan sekarang, Tuhan ALLAH mengutus aku dengan Roh-Nya.

Yes 63:7-14...
63:7 Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar.
63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat mereka (63:9) dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan(Juruselamat dari ALLAH bukan duta/utusan=>BUKAN CIPTAAN;Karena CIPTAAN tidak dapat menanggung dosa sesamanya=>Yeh 18:20;Ibr 10:4), melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.
63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. 63:11 Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;
63:12 yang dengan tangan-Nya yang agung menyertai Musa di sebelah kanan; yang membelah air di depan mereka untuk membuat nama abadi bagi-Nya;
63:13 yang menuntun mereka melintasi samudera raya seperti kuda melintasi padang gurun? Mereka tidak pernah tersandung, 63:14 seperti ternak yang turun ke dalam lembah. Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu.

> Roh KUDUS dapat dihujat :
Mat. 12:31Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi HUJAT terhadap ROH KUDUS TIDAK AKAN DIAMPUNI.
Luk. 12:10 Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa MENGHUJAT ROH KUDUS, ia TIDAK AKAN DIAMPUNI.

MENGAPA HUJAT ROH KUDUS TIDAK DAPAT DIAMPUNI?KARENA MELAKUKAN DOSA KEKAL...
Mrk. 3:29 Tetapi apabila seorang MENGHUJAT ROH KUDUS, ia TIDAK MENDAPAT AMPUN SELAMA-LAMANYA, melainkan bersalah KARENA BERBUAT DOSA KEKAL."

>ROH KUDUS MEMILIKI KEHENDAK :
2Ptr. 1:21sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh DORONGAN/KEHENDAK Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah. KEHENDAK-NYA DAPAT DILAWAN...DAN HATI-NYA DIDUKAKAN....

>ROH ALLAH PEMBUAT KEHIDUPAN MANUSIA :
Ayb. 33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

>ROH ALLAH MEMBANTU MANUSIA BERDOA :Rm. 8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Rm. 8:27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

MENGHUJAT ROH KUDUS BERARTI MENGHUJAT SELURUH KEBERADAAN ALLAH ITU SENDIRI YANG ADALAH ROH ADANYA.....RUACH ELOHIM/RUACH QODESH...ATAU HA QODESH...KARENA ALLAH ITU ROH(YOH 4:24)...JIKA KITA MEMILIKI ROH ALLAH BERARTI TELAH MEMILIKI PIKIRAN KRISTUS....(1 KOR 2:10-16)

>Tritunggal dalam Perjanjian Baru

DASAR UTAMA TRINITAS YANG SECARA EKSPLISIT NYATA DI PERJANJIAN BARU ADALAH AYAT SBB:
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam NAMA(ONOMA=>TUNGGAL) Bapa dan Anak dan Roh Kudus" (Mat.28:19).

JIKA BAPA,ANAK DAN ROH KUDUS ADALAH JAMAK BUKAN ESA...MAKA AKAN DITULISKAN ONOMATA(NAMA-NAMA)DALAM MAT 28:19...TETAPI DALAM AKIDAH YAHUDI...DARI SEJAK DAHULU TUHAN ITU SUATU KESATUAN YANG ESA(ECHAD)...SEHINGGA DIKAITKAN BENTUK TUNGGAL DALAM KEILAHIAN TRINITAS...ITU SEJALAN DENGAN AKIDAH YAHUDI...KEJADIAN 1:1 =>ELOHIM(JAMAK) DIKAITKAN DENGAN BARA(TUNGGAL)....SUDAH DIBAHAS DIATAS....

Dalam Perjanjian Baru (PB) penyataan tentang ke'Tritunggal'an Allah lebih jelas. Dalam Pembaptisan Yesus kita melihat tiga saksi pembaptisan yaitu 'Bapa, Anak dan Roh' dan ini kemudian menjadi saksi pembaptisan dalam Perintah Memberitakan Injil dimana kita menjumpai ketiga Nama disebutkan sebagai tiga pribadi terpisah namun Esa: "Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." (Mat 3:16-17).


Rasul Paulus memberi salam dalam ke'Tritunggal'an Allah: "Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian." (2Kor 13:13; band. 1Kor 12:4-6)

Demikian juga Rasul Petrus menyebutkan: "Yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya." (1Ptr 1:2).
Ayat lain yang juga menyiratkan ke'Tritunggal'an Allah seperti a.l. penglihatan Stefanus mengenai 'Anak disebelah kanan Bapa di surga dan Roh Kudus yang mendampinginya di dunia' (Kis 7:55).

Mengenai 'Anak' sebagai Allah, dijumpai banyak ayat, dinubuatkan nabi Yesaya sebagai 'Allah Perkasa' (Yes 9:5) bernama 'Imanuel' (Yes 7:14, Allah menyertai kita, Mat 1:23). 'Yesus adalah Allah' bersama 'Bapa' sejak awal (Yoh 1:1,14; Kol 2:9), Ia menyebut diri sebagai 'Tuhan/ADONAY/KURIOS' (YOH 13:13,14),

>>'Yesus mengaku 'ego eimi'' yang adalah pengakuan Bapa (Yoh 8:58, band. Kel 3:14 [LXX]).

Yohanes 8:58 
LAI TB, Kata Yesus kepada mereka: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.'
KJV, Jesus said unto them, Verily, verily, I say unto you, Before Abraham was, I am.
TR, ειπεν αυτοις ο ιησους αμην αμην λεγω υμιν πριν αβρααμ γενεσθαι εγω ειμι
Translit. interlinear, eipen {berkata} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} amên {sesungguhnya} amên {sesungguhnya} legô {Aku berkata} humin {kepadamu} prin {sebelum} abraam {Abraham} genesthai {ada/ menjadi/ eksis (lahir)} egô {Aku} eimi {Ada}.=>"EGO EIMI(AKU ADA)" ADALAH PERNYATAAN ALLAH PADA MUSA DALAM KEL 3:14...

Yesus Kristus membuat pernyataan yang tegas dalam jawabnya, merujuk kepada keberadaan mutlak. Kedua kata kerja genesthai dari kata ginomai . Kata kerja 'genesthai', "ada", "menjadi", "eksis" ditulis dalam second aorist, mirip dengan simple past tense.

sedangkan "Aku telah ada", "egô eimi" , seharusnya "Aku ada" ditulis dalam bentuk Present Tense. Menurut kaidah tata bahasa, perbedaan kedua kata kerja ini menunjukkan bahwa Yesus Kristus itu 'timeless being'. "eimi", kata kerja to be yang juga bermakna ada, eksis, mengungkapkan perbedaan dan merujuk kepada kelebihagungan Kristus.

Kontras sekali antara genesthai dalam tense aorist (mirip dengan past tense Inggris) dengan eimi yang present tense. "egô eimi", "Aku ada" mencerminkan bahwa Yesus Kristus tidak terikat dengan waktu.

Keluaran 3:14
LAI TB, Firman Allah kepada Musa: AKU ADALAH AKU Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."
KJV, And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you.
Septuaginta (LXX), και ειπεν ο θεος προς μωυσην εγω ειμι ο ων και ειπεν ουτως ερεις τοις υιοις ισραηλ ο ων απεσταλκεν με προς υμας
Translit, KAI EIPEN HO THEOS PROS MÔUSÊN "EGÔ EIMI"(=AKU ADA) HO ÔN KAI EIPEN AUTÔS EREIS TOIS HUIOIS ISRAÊL HO ÔN APESTALKEN ME PROS HUMAS
Septuaginta (LXX) menerjemahkan "'EHEYEH 'ASYER 'EHEYEH" dengan "εγω ειμι ο ων ; egô eimi(AKU ADA) ho ôn", harfiah "AKU ADALAH YANG ADA" dalam bentuk Present Tense.
Baik Anak maupun Bapa disebut 'Alfa dan Omega' (Why 1:8;21:6;22:13) dan 'Awal dan Akhir' (Why 1:17;2:8;21:6;22:13). Keselamatan adalah dalam nama 'Bapa' (Yl.2:32) dan juga dalam nama 'Anak' (Kis 4:12).

BACA JUGA ARTIKEL SBB :
=> http://tindonesia.blogspot.com/2012/07/memahami-dan-mengenal-pribadi-yahwe-dan.html

DALAM PEMAHAMAN KRISTEN...HANYA ALLAH YANG ECHAD ITULAH YANG DAPAT MENGUTUS PRIBADI ALLAH YANG ECHAD MULTI KOMPLEKS TERSEBUT....

>PENGUTUSAN MALAK YHVH(SOSOK PERJANJIAN..PRIBADI JURUSELAMAT KASAT MATA) HANYA DILAKUKAN OLEH ALLAH SENDIRI(YES 63:8-9=>
YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,"maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkanIA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKADIALAH yang MENEBUS MEREKAdalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

Lanjut ke Yes 63:16 => Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "PENEBUS kami"(YHVH KESELAMATAN/JURUSELAMAT=YEHOSYUA) sejak dahulu kala.Nama Yesus dalam bahasa Ibrani adalah יהושוע - YEHOSYUA' atau YEHOSHUA', yõd - hê' - vâv - syïn - vâv - 'ayin, atau ישוע - YESYUA' atau YESHUA', yõd - syïn - vâv - 'ayin,

Kata יהושוע - YEHÕSYÛA' memang berasal dari dua kata Ibrani yaitu יהוה - YHVH (TUHAN) dan ישע - YÂSYA' (menyelamatkan). Jadi, nama Yesus berarti "YHVH (TUHAN) adalah keselamatan" atau "YHVH (TUHAN) menyelamatkan",

Makna kata יהושוע - YEHÕSYÛA' ini mirip dengan kata ישעיה - YESYA'YAH (nabi Yesaya) hanya kombinasinya terbalik yaitu ישע - YÂSYA' (menyelamatkan} dan יה - YÂH (TUHAN).

[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]

YES 63:16....nama-Mu ialah "PENEBUS kami" sejak dahulu kala.....YHVH PENEBUS/JURUSELAMAT ITULAH TUHAN YESUS....

Sebab hanya ALLAH saja satu-satunya JURUSELAMAT di JAGAD RAYA ini...

YES 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DARI PADA-Ku.(TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DIA[TUHAN])

HOSEA 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku,dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN dari AKU[TUHAN].

PENEBUSAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..

Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN(ADONAY/KURIOS), yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,

Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN(ADONAY/KURIOS)", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]

Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN(ADONAY/KURIOS) ….

BERARTI HANYA TUHAN YANG BERKUASA MENEBUS DOSA MANUSIA…..

>PENGUTUSAN ROH KUDUS OLEH PRIBADI TUHAN YESUS(MALAK YHVH/MALAIKAT PERJANJIAN...)
Yoh 14:26 - "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu".=>ROH KUDUS DIUTUS OLEH BAPA DALAM NAMA-KU(DALAM NAMA YESUS...
Yoh 15:26 - "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku".=>Roh KUDUS/RUACH ELOHIM juga keluar dari BAPA....
Yoh 17:3 - "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus".

Allah mengutus ALLAH sangat dimungkinkan dalam AKIDAH KRISTEN ...

Yes 55:11 => demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Sang Firman itu dapat keluar dari dalam diri ALLAH....konfirm dengan pernyataan TUHAN YESUS....

Ia adalah SOSOK yang NUZUL/TURUN dari SORGA....

Yoh  8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, AKU DARI ATAS; kamu dari dunia ini, AKU BUKAN DARI DUNIA INI.[ISA DATANG DARI ATAS...DARI SURGA...=>YOH 6:38]

YOH 6:38 Sebab AKU[ISA] TELAH TURUN DARI SORGA …
  
Yohanes 8:42
Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab AKU KELUAR(NUZUL) DAN DATANG DARI ALLAH. [AKU KELUAR DARI ALLAHBERARTI ISA ITU KARNASI KE DUNIA BERASAL DARI ALLAH SENDIRI]....Konfirm Yoh 1:1-3;Yoh 1:14

KARENA PRIBADI TUHAN YESUS ADALAH BERASAL DARI ALLAH SENDIRI...MAKA DARI ITU DIKATAKAN TUHAN YESUS ADALAH SOSOK MONOGENES/MONOGENOUS(Ketunggalan ALLAH yang UNIK=monogenous/ monogenês)....

Yohanes 3:16
LAI TB, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal(μονογενη;monogenê {yang tunggal/ yang unik}), supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

King James Version (KJV), For God so loved the world, that he gave his only begotten Son(μονογενη;monogenê {yang tunggal/ yang unik}), that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.

Yohanes 1:14
LAI TB, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa(μονογενους;monogenous {Yang Unik/ Yang Tunggal/(of an only begotten)}), penuh kasih karunia dan kebenaran.

KJV, And the Word was made flesh, and dwelt among us, and we beheld his glory, the glory as of theonly begotten of the Father(μονογενους;monogenous {Yang Unik/ Yang Tunggal/(of an only begotten)}), full of grace and truth.

RUACH ELOHIM dan MALAK YHVH sangat diidentikkan dalam pandangan PARA RASUL...Contoh : ROH KUDUS disebutkan sebaga PARAKLETOS(Penolong)....Naskah-naskah Yunani memuat kata παρακλητος - paraklêtos (Penolong, Penghibur, Pembela, Comforter, Counsellor, Advocate) "πνευμα το αγιον - pneuma to hagion" (Roh Kudus)....Roh TUHAN YESUS juga disebutkan sebagai penolong....Flp 1:19 =>...pertolongan Roh Yesus Kristus....

Barangsiapa memiliki ROH ALLAH dalam dirinya maka ia telah memiliki pikiran KRISTUS...
1 Kor 2:11-14;16
1 Kor 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam diaDemikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.
1 Kor 2:12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.(Konfirm Yoh 14:16-17=>14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.)
1 Kor 2:13 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh.
1 Kor 2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
1Kor. 2:16Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami(yang dikaruniai ROH ALLAH/RUACH ELOHIM) "memiliki" pikiran Kristus.

Jadi saat FIGUR ALLAH(MALAK YHVH/RUACH ELOHIM) diutus OLEH ELOHIM....maka seluruh KEPENUHAN ALLAH yang ECHAD mengikut SOSOK tersebut....cukup jelas dalam Kol 2:9 =>Sebab dalam Dialah(YESUS) berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,=>didalam Tuhan YESUS saat terutus ke dunia....berdiam seluruh KE ECHAD-AN ALLAH....

>>JADI HANYA ALLAH SENDIRI YANG DAPAT MENGUTUS ALLAH....BUKAN MANUSIA(CIPTAAN) MENGUTUS ALLAH....CUKUP JELAS ROH KUDUS DIUTUS OLEH TUHAN YESUS DALAM NAMA YESUS YANG ADALAH ALLAH.....

Mengenai 'Roh Kudus' juga dijumpai banyak ayat menunjukkan kepribadian dan ke'Allah'an-Nya. Mendustai 'Roh Kudus' adalah 'Mendustai Allah' (Kis 5:3-4), 'Ia Membangkitkan' (Rm 8:11). Roh Kudus (Roh Kebenaran) adalah 'Pribadi yang akan mendampingi umat beriman' (Yoh 14-16). 'Menghujat Roh tidak akan diampuni' (Luk 12:10, padahal Yesus karena dianggap 'menghujat Allah' maka disalibkan). 'Roh Kudus akan mengajar kita.(Luk 12:12), dan 'Roh Bapa akan berbicara dalam diri umat' (Mat 10:20). Sekalipun dalam ayat-ayat diatas seakan-akan hanya Bapa dan Anak yang terlibat sebagai Alfa/Awal dan Omega/Akhir, kita dapat melihat kehadiran Roh Kudus juga sejak Alfa/Awal (band. Yoh 1:1 dengan Kej 1:1-2) sampai Omega/Akhir di sorga (Why 14:13;22:17).


TUHAN(YAHWE) itu RAJA/ADONAY/TUAN diatas segala TUAN....

II Taw 16:31 Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah orang berkata di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja!"


Mzm 96:10 Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja!"....

AKIDAH ISLAM JUGA SAMA : ADONAY ITU RAJA...

Q114:1=> Qul aAAoothu birabbi alnnasi=> Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
Q 114 : 2 [Transliteration] Maliki alnnasi => Raja manusia. => The King of mankind...


Bagaimana dengan Pribadi TUHAN YESUS?

Lukas 22:30 bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam "Kerajaan-Ku"

Dimanakah Kerajaan Isa??

Yoh 18:36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi "Kerajaan-Ku" bukan dari sini."

Spt apakah ISA/YESUS itu?
Ia adalah SOSOK yang NUZUL/TURUN dari SORGA....

Yoh  8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, AKU DARI ATAS; kamu dari dunia ini, AKU BUKAN DARI DUNIA INI.[ISA DATANG DARI ATAS...DARI SURGA...=>YOH 6:38]

YOH 6:38 Sebab AKU[ISA] TELAH TURUN DARI SORGA …
  
Yohanes 8:42
Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab AKU KELUAR(NUZUL) DAN DATANG DARI ALLAH. [AKU KELUAR DARI ALLAH BERARTI ISA ITU KARNASI KE DUNIA BERASAL DARI ALLAH SENDIRI]


SPT APAKAH ISA NUZUL KE DALAM DUNIA?

MEMAHAMI PERNYATAAN NABI MUHAMMAD DALAM HADIS ANAS BIN MALIK HAL 72. ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU yang melekat dalam diri ISA....
BUKTI ONLINE http://125.164.221.44/hadisonline/hadis9/ HADIS SHAHIH BUKHARI NO.6956....عَلَيْكُمْ بِعِيسَى فَإِنَّهُ رُوحُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ  =>....IA(ISA) adalah Roh Allah(ROHULLAH) dan kalimah-Nya(KALIMATUHU)....'

>> ROHULLAH(GELAR ROH ALLAH yang melekat dalam diri ISA dari MUHAMMAD sbb:)

Mat 1:20 cukup jelas...
Translit interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.} =>NUZUL/OF HOLY SPIRIT...CUKUP JELAS....(HOLY SPIRIT=THEOS)

An-Nisa 171 =>Isa berasal dari TIUPAN RUH daripadaNya...bukan ROH CIPTAANNYA....RUH-NYA SENDIRI YANG MENUZULKAN ISA....
Konfirmasi Isa adalah berasal dari ROH ALLAH berdasar ayat dibawah ini...

Bahkan dalam Q 66:12 => Wamaryama ibnata AAimrana allatee ahsanatfarjaha fanafakhna feehi min roohinawasaddaqat bikalimati rabbiha wakutubihi wakanatmina alqaniteen =>tidak ada kata JIBRIL....

Sehingga dituliskan...Q 66:12 => ....Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari Ruh Kami,...=>Tidak mungkin ALLAH meniupkan JIBRIL KE RAHIM MARIA karena JIBRIL tetap ADA semasa ISA ADA....

Tidak mungkin ALLAH meniupkan JIBRIL ke RAHIM MARIA...karena SEMASA ISA hidup...JIBRIL bukan ISA...dan ISA BUKAN JIBRIL....

TIDAK ADA 1 KATAPUN YANG MENUNJUKKAN JIBRIL ITU ROHULLAH....Jadi JIBRIL tidak bergelar ROHULLAH...tidak ada tertulis JIBRIL itu ROHULLAH...tetapi GELAR ROHULLAH yang melekat dalal diri ISA adalah SBB :

Q 21:91 =>
Terjemahan INDONESIA => Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya Ruh dari Kami ..(Konfirm An Nisa 171 =>tiupan RUH DARIPADA-Nya...bukan RUH ciptaan-Nya...)

Terjemahan MALAYSIA => Dan (sebutkanlah peristiwa) perempuan(MARYAM( yang telah menjaga kehormatan dan kesuciannya; lalu Kami tiupkan padanya dari Roh Kami....

KAMI =>ALLAH.....
ROH KAMI =>ROH ALLAH....

Apakah ALLAH tidak dapat meniupkan RUH-Nya?Baca Konfirmasi ayat dibawah ini...

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh-Nya..(Al Ahqaf : 9) =>ALLAH dapat meniupkan ROH-Nya kepada MANUSIA....maka dari itu MALAIKAT dan IBLIS diperintahkan untuk SUJUD menghormati ADAM...karena ada ROH ALLAH yang dihembuskan dalam diri ADAM....

Tetapi MANUSIA ADAM tidak dapat dikatakan ROHULLAH...mengapa?karena SUBSTANSI ADAM dari SARIPATI TANAH(DEBU TANAH)...bukan berSUBSTANSI ROH ALLAH.....

RUH KAMI/RUH Nya/RUH ALLAH/RUH KUDUS itu lebih bersifat menunjukkan KESUCIAN dan "GEN" QUALITY ALLAH pada Ruh tsb.

>> KALIMATULLAH(GELAR FIRMAN ALLAH yang melekat dalam diri ISA dari MUHAMMAD SBB:)

Yoh 1:1 =>Firman itu ADALAH ALLAH....dan FIRMAN itu menjadi manusia(Yoh 1:14)=>Sehingga dikatakan ISA KALIMATULLAH....

sebuah hadis berkata....Kata Ibnu ‘Abbas r.a berkata.....‘Isa sebagai Firman Allah.

An-Nisa 171:

" .... KalimahNya yang Ia BERIKAN KEPADA MARYAM DENGAN TIUPAN RUH DARIPADANYA .... "

Kata "Al Qoha Ila Maryam" yang diartikan dengan Meniupkannya ke dalam rahim Maryam susunan kalimatnya berbentuk kata kerja transitif (fi'il muta'addi), yaitu kata kerja yang membutuhkan obyek penderita.

Pada ayat ini, subyeknya adalah "Allah".Kata kerjanya ialah "alqo" (melemparkan). Obyek penderitanya ialah "ha" (Kalimah).

Tepatnya: Allah [God] adalah Subject - Alqo adalah Verb - Kalimatullah adalah Object. Kalimatullah itu dijelmakan dalam Kemanusiaan Yesus, tapi Kalimatullah itu tetap melekat [Qodim] dalam diri Allah. Inilah KeMaha-Hadiran dan KeMaha-Kuasaan Allah. Umat Kristen menamakan Bayi Mesias itu Immanuel [Allah beserta kita].=>CUKUP JELAS KELAHIRAN ISA ADALAH PROSES NUZUL ROH ALLAH DAN FIRMAN ALLAH KE RAHIM MARIA....JIKA ADA YANG MAU NYANGKAL SILAHKAN...

Cermati TEKS BERIKUT...An-Nisa 171...

Allahi(SUBJEK=ALLAH) wakalimatuhu(KALIMAT berasal DARI DIRI-NYA;KALIMAT-NYA) alqaha(ALQO=meniupkan;Ha=K
ALIMAH=OBJEK PENDERITA) ila maryama(=OBYEK PENERIMA)
waroohun(ROH DARI sendiri-NYA)=>JADI YANG DITIUPKAN adalah KALIMAH beserta RUH-NYA yang menjelma menjadi manusia sempurna DALAM RAHIM MARIA.....BERDASAR ATAS ALLAHI WA KALIMATUHU DAN WA ROOHUN=>MAKA MUHAMMAD BERKATA ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU...=>WA KALIMATUHU(KALIMAT-NYA)...
WAROOHUN(ROH-NYA)...
min = dari
hu = kata ganti Allah

JADI WAROOHUN MINHU=>BERARTI BENAR-BENAR ROH BERASAL DARI ALLAH....

ILUSTRASI...

pisau dari besi = pisau besi (asal bahan)
parto dari tegal = parto tegal (asal lokasi)
jadi salah ya kalau ruh dari Allah = ruh Allah

artinya apa yaaa "Ruh dari Allah"
bahan atau asal lokasi
bahannya = sama dengan Allah
lokasinya = berasal dari Allah - bagian dari Allah

MENURUT AN-NISA 171 ISA ADALAH :

Isa Ibnu Maryam عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ = Isa Putra Maryam = Isa The son of Maria

Al Masihu(almaseehu) الْمَسِيحُُ = Yang Menyelamatkan = The Messiah / The Savior.

Kalimatuhu َكَلِمَتُهُُ Sang Firman = The Words =>KALIMATU(FIRMAN) HU(ALLAH)

Rohun-Minhu منهُ روح = Roh Allah = Allah’s Spirit (ROHUN=>ROH;MIN=>DARI/MILIK;HU=ALLAH)...

Rosulu allaihi رَسُولُ اللّهِ = Rasul Allah = Allah’s Messengers

Sehingga nama yang diberikan pada Isa Ibnu Maryam عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ , yaitu Al Masihu الْمَسِيحُُ adalah salah satu sifat mutlak milik Allah yang belum termaktub didalam 99 Amaul Husna yaitu Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menyelamatkan.

Kemudian ketiga nama yang lain dari Isa Ibnu Maryam عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ , Kalimatuhu َكَلِمَتُهُُ Sang Firman, bermakna bahwa Nabi Isa AS adalah wujud dari firman Allah, kemudian Rohun-Minhu منهُ روح Roh Allah, memberikan satu makna yang jelas bahwa Dia adalah wujud Roh Allah sendiri , kemudian last but not least, Rosulu allaihi رَسُولُ اللّهِ Rasul Allah, memberikan kejelasan bahwa Nabi Isa AS di jadikan di bumi melalui satu-satunya kelahiran dara perawan sebagai pembawa kabar dari Allah.

Saya yang faqir mencoba memberikan kesimpulan dari semua ini adalah Isa Ibnu Maryam عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ merupakan salah satu wujud asma’ul husna, wujud nyata dari sifat mutlak Menyelamatkan dari Allah, wujud nyata dari firman Allah, wujud nyata dari Roh Allah dan wujud nyata pembawa kabar keselamatan dari Allah.

Hal ini membuktikan bahwa sebagai umat kristiani tidaklah salah apabila bahwa saya mempunyai pemahaman bahwa Jesus kristus ialah Tuhan. Bahkan dalam Al-Quraan terlihat jelas bahwa, Isa = roh Allah, Isa = firman Allah , Isa = sang penyelamat Isa=Anak Maria Isa= Utusan Allah.
Artinya Yesus Kristus sungguh Allah sungguh manusia sungguh firman Allah sungguh Allah yang hidup. kalau disingkat Jesus Kristus sungguh Allah sungguh manusia. semua terbaca jelas dalam Quraan dan tegas.

Kalau kemudian penafsiran ditafsirkan berbeda oleh muslim itu urusan iman muslim yang memperkuat dugaan saya bahwa munculnya Islam merupakan percobaan kedua untuk meniadakan Ketuhanan Kristus setelah kegagalan Arianisme menghilangkan Ketuhanan Kristus. Posisi saya disini sama seperti John Of Damascus, melihat Islam sebagai kesesatan. Tetapi bukan berarti saya tidak menghargai Islam, saya tetap menghargai eksistensinya dan tetap memandang cinta dalam perbedaan2 kita ketika memandang Tuhan.

ALLAHI WAKALIMATUHU(KALIMAT-NYA SENDIRI...HIS WORD);WAROOHUN MINHU(ROH-NYA SENDIRI...A SPIRIT FROM HIM)...PAHAM?

bandingkan dengan konteks penciptaan Adam, siapapun dengan mudah akan mengerti bahwa ini adalah penciptaan, BUKAN inkarnasi. yg dibuat dari bahan tanah (debu) dan dihembuskan (diberikan) nafas.

dalam An-Nisa 171=>tidak dituliskan ROH CIPTAAN-Nya...tetapi ROH DARIPADANYA....sehingga karena ISA adalah berasal dari ROH-NYA...maka dikatakan ISA ZAKIYAH selamanya....dan jasadNya ada diatas ARSY(Q 3:55;Q 4:158)....sehingga hanya ISA saja yang terkemuka DUNIA dan AKHIRAT....(Q 3:45)....DAN DIALAH ALLAH itu sendiri yang menjadi HAKIM atas semua manusia....AMIN...

Jadi MUHAMMAD berkata ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU bukan ISENG...dan sampai detik ini umat ISLAM mengakui gelar ISA ADALAH ROH ALLAH dan FIRMAN ALLAH..yakni ALLAH itu sendiri.....


Hal tersebut juga terbukti oleh hal dibawah ini....
Q 2:117 ...Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "JADILAH!" Lalu JADILAH ia.(KUN FAYA KUN)...=>KALIMATULLAH (KUN FAYA KUN) MELEKAT DALAM DIRI ISA.....BUKAN HASIL MINTA IZIN SIAPA-SIAPA....

Isa fa innahu Rohullah wa kalimatuhu, “Sesungguhnya Isa itu Rohullah dan KalimatNya”. Kuasa “kun faya kun” (jadilah, maka jadi!) yang melekat dalam diri Isa — bukan hasil minta izin siapa-siapa –jelas-jelas diperlihatkan Yesus secara detail dalam Injil, lihat misalnya Matius 8:2-3, dimana Yesus sendiri yang mau bermujizat dan “Jadilah!”:
Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “AKU MAU, JADILAH (!) ENGKAU TAHIR(=>MAKA JADILAH SI KUSTA TAHIR).” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
Isa adalah Kalimatullah (Sang Firman), The Word incarnated, Firman Allah yang Ilahi turun (nuzul) masuk ke dunia menjadi manusia Yesus. Itu sebabnya setiap kalimat yang diucapkan Yesus adalah selalu Firman. Ia tidak usah menunggu, dan tidak pernah perlu mendengar bisikan firman dari Jibril atau siapapun, karena Ia sendiri adalah Sang Firman itu.

Karena Ia adalah SOSOK ALLAH yang NUZUL maka akan kembali ke tempat Ia berasal...
Yoh 6:62 Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

Dimana itu?TAHTA BAPA...itulah ASAL dari TUHAN YESUS....

Why 3:21b....sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
(TIDAK ADA SEORANGPUN manusia(CIPTAAN) DUDUK DIATAS TAHTA BAPA...)

Maka dari itu SEGALA KUASA di SURGA dan BUMI ADA pada TUHAN YESUS....SEGALA MILIK BAPA adalah MILIK TUHAN YESUS...

Yoh 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya....

Yoh. 17:10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku...

Mat 28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan SEGALA KUASA di sorga dan di bumi.

Sehingga dikatakan....DIALAH TUAN DIATAS SEGALA TUAN(TUHAN/ADONAY)....

1Tim. 6:15 yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.

Why. 17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja.

DIALAH SANG FIRMAN(YOH 1:1-3;YOH 1:14) TUAN DIATAS SEGALA TUAN DAN RAJA DIATAS SEGALA RAJA...DIALAH ADONAY....

WAHYU 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."

Why. 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

APAKAH BENAR SOSOK ISA/YESUS ADALAH TUAN DIATAS SEGELA TUAN =>TERKEMUKA DUNIA DAN AKHIRAT DALAM AKIDAH ISLAM?JAWABNYA YA...

SILAHKAN BACA Q 3:45 =>
"Idz qalatil malaikatu yaa Maryama innallaaha yubasyiruki bi kalimatim minhus muhul masihu 'isabnu Maryama wajihan fiddun-yaa wal akhirati wa minal muqarrabiin."
Ketika malaikat berkata, hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan Kalimah daripadaNya(KALIMATULLAH/SANG FIRMAN ITU TUHAN YESUS) namannya Al Masih putra Maryam, terkemuka di dunia dan di akhirat dan orang yang paling dekat pada Allah.
(Al Imran, 3:45)

MENGAPA DEMIKIAN?KARENA ISA DIANGKAT ALLAH DIATAS ARSY/HADIRAT-NYA...(Q 3:55;Q 4:158)....=>ISA KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL...(YOH 6:62)....
Q 3:55
Sahih International
[Mention] when Allah said, "O Jesus, indeed I will take you and RAISE YOU(ISA) TO MYSELF....

KONFIRM AYAT DIBAWAH INI...

Q 4:158
Sahih International
Rather, Allah RAISED HIM(ISA) TO HIMSELF.....

SEHINGGA DIKATAKAN BAHWA....

KOLOSE 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung...

KOLOSE 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu(YOH 1:3 =>Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.), yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

IBRANI 1:3 Ia(TUHAN YESUS) adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah...

Sehingga TUHAN YESUS berkata 3x diulang...berarti hal ini sangat penting....

Yoh 10:38 ....bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."...

Yoh 14:10....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku....

Yoh 14:11....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;...

Sehingga BAPA dipermuliakan HANYA di dalam ANAK....

Yoh 14:13....Bapa dipermuliakan di dalam Anak......

Karena BAPA di dalam ANAK(Saat TUHAN YESUS Nuzul ke dunia) dan ANAK di dalam BAPA(Saat TUHAN YESUS kembali ke tempat Ia berasal)....Maka dari itu dijelaskan pula bahwa.....

1. Nama Tuhan YESUS = NAMA BAPA(Yoh 17:11;Yoh 17:12 => ..nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku..)

2. MILIK TUHAN YESUS = MILIK BAPA(Yoh 16:15 =>SEGALA SESUATU yang Bapa punya, adalah Aku punya;KONFIRM YOH 17:10=>SEGALA milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku...)

3.Sifat TUHAN YESUS=BAPA(Yoh 14:7=>Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.;Yoh 8:19=>...Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."....)

4.Wujud TUHAN YESUS=BAPA(Yoh 14:9...Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;...;Yoh 14:7 => Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah MELIHAT DIA(BAPA).")

5.JIWA TUHAN YESUS=BAPA(YOH 14:10=>Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. =>KARENA YOH 10:38;YOH 14:10;YOH 14:11 =>bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.)

SEHINGGA TUHAN ALLAH MENGACU PADA 1 PRIBADI....YAKNI TUHAN YESUS...DALIL...

2 KOR 4:4 => yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

KOL 1:15 => Ia(TUHAN YESUS) adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

KOL 1:19 => Karena SELURUH kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia(TUHAN YESUS),

KOL 2:9 =>Sebab dalam Dialah(TUHAN YESUS) berdiam secara jasmaniah SELURUH kepenuhan ke-Allahan,

IBR 1:3 => Ia(TUHAN YESUS) adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah...

2 Kor 5:19 => NKJV that is, that GOD was in Christ reconciling the world to HIMSELF,...(KONFIRM YOH 14:10;YOH 14:11;YOH 10:38...bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa....)

KARENA DI DALAM DIA(TUHAN YESUS) TERDAPAT SELURUH KEPENUHAN ALLAH...MAKA RUACH ELOHIM=RUACH QODESH...DALAM ALKITAB JUGA DINAMAKAN ROH YESUS...ROH PENOLONG(ROH KUDUS) YANG DIJANJIKAN...FILIPI 1:19 ...pertolongan Roh Yesus Kristus....

KEHENDAK ROH YESUS TIDAK BERTENTANGAN DENGAN ROH ALLAH BUKTI SBB:

KIS 16:6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.

Kis. 16:7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

SEBAB ROH KUDUS MENYAMPAIKAN APA YANG DITERIMA-NYA DARI TUHAN YESUS...

Yoh. 16:14 Ia(ROH KUDUS) akan memuliakan Aku, sebab Ia(ROH KUDUS) akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

Yoh. 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia(ROH KUDUS) akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Siapakah BAPA?Bapa adalah ALLAH YANG ECHAD(Ul 6:4)...

BAPA adalah FIGUR yang menciptakan....dan itu JUGA ADALAH FIGUR TUHAN YESUS....sebab segala sesuatu diciptakan dengan FIRMAN(Maz 33:6-9)...

Ul 32:6 Demikianlah engkau mengadakan pembalasan terhadap TUHAN, hai bangsa yang bebal dan tidak bijaksana? Bukankah Ia(ALLAH) Bapamu yang mencipta engkau, yang menjadikan dan menegakkan engkau?

Mal 2:10 Bukankah kita sekalian mempunyai satu(ECHAD) bapa? Bukankah satu(ECHAD) Allah menciptakan kita? Lalu mengapa kita berkhianat satu sama lain dan dengan demikian menajiskan perjanjian nenek moyang kita?

Ia membentangkan segala-Nya seorang diri...

Yes. 44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? -- =>TIDAK ADA YANG MENDAMPINGI-Nya....BERARTI PENCIPTAAN MENGACU PADA 1 PRIBADI....YAKNI TUHAN SANG FIRMAN....

Alkitab mencatat ALLAH sebagai BAPA karena kerinduan HATI ALLAH memiliki HUBUNGAN KEKERABATAN dengan MANUSIA...terlihat dalam HOSEA 1:10 => Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."

Mal. 2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi!

Kis. 17:29 Karena kita berasal dari keturunan Allah,....

JADI Sebutan BAPA pada diri ALLAH adalah MENYATAKAN DIRI SEBAGAI HUBUNGAN ANTARA ORANG TUA BAGI MANUSIA...

APAKAH YESUS ADALAH BAPA?YA...

YES 9:6 (9-5) Sebab seorang ANAK TELAH LAHIR untuk kita, seorang PUTERA telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. =>ANAK(SANG PUTRA) TERSEBUT DISEBUTKAN DISEBUTKAN BAPA YANG KEKAL....

KONFIRM YES 63:8-9;
YES 63:16 => Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami"(YHVH SANG PENEBUS/JURUSELAMAT) sejak dahulu kala.


JADI CUKUP JELAS.....TUHAN YESUS ADALAH YAHWE ITU YANG ADALAH RAJA/ADONAY ...SEBAB POSISI KEBERADAAN SEMULA IA BERASAL DARI ALLAH ITU SENDIRI YANG NUZUL.....DAN IA KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL.....YAKNI TAHTA BAPA(WHY 3:21b;Q 3:55;Q 4:158)...Apakah yang duduk diatas TAHTA 2 orang atau 1 orang??Baca WAHYU 4:2 => Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, SEBUAH TAKHTA TERDIRI di SORGA, dan di TAKHTA itu DUDUK SEORANG.
JADI BUKAN KANAN ATAU KIRI....TETAPI HANYA SEORANG YANG DUDUK DIATAS TAHTA...JADI HANYA ADA 1 PENGUASA JAGAD RAYA YAKNI TUHAN YESUS(YUDAS 1:4)....


KESIMPULAN SAYA : TRINITAS BUKAN BERARTI ALLAH YANG 3 OKNUM(SI A,B,C)....TETAPI ALLAH YANG MEMILIKI KE-EKHAD-AN DALAM DIMENSI-NYA YANG SATU-SATU-NYA YANG TIDAK TERJANGKAU OLEH PEMIKIRAN MANUSIA.....DISEBUT BAPA KARENA ALLAH BERKEHENDAK MEMILIKI KEKERABATAN DENGAN MANUSIA...ALLAH BEGITU DALAM MENCINTAI MANUSIA(YER 31:3=>..Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu....)...SHG IA BERHASRAT MEMILIKI HUBUNGAN KEKERABATAN....DAN BAPA YANG ADALAH ROH(YOH 4:24)....DAPAT MENJELMA MENJADI MALAKH YHVH/RUACH ELOHIM......SAAT SOSOK RUACH ELOHIM/TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRI-NYA ....KELUAR DARI DIMENSI ROH-NYA ALLAH....MAKA IA DISERTAI SELURUH KEPENUHAN ALLAH.....KE KOMPLEKS-AN DIMENSI ALLAH DAPAT DIILUSTRASIKAN SEBAGAI KESATUAN YANG KOMPLEKS SPT DIRI MANUSIA
(>>1 YOH 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
>>1 YOH 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.)

_________
Pokok Bahasan selanjutnya...

http://www.facebook.com/notes/transformasi-indonesia/kupas-tuntas-trinitas-dalam-pandangan-islam/444740175546701

NB : Tulisan diatas belum tuntas....akan terus dilanjutkan pada hari-hari selanjutnya.....(1 bulan kedepan)....





ARTIKEL TERKAIT...

http://www.sarapanpagi.org/konsep-trinitas-bukti-ngawurnya-manusia-vt718.html

http://www.sarapanpagi.org/doktrin-trinitas-vt19.html

http://www.sarapanpagi.org/ajaran-tentang-tuhan-allah-vt24.html#p57

http://www.sarapanpagi.org/ajaran-tentang-tuhan-allah-vt24.html#p61

http://sarapanpagi.6.forumer.com/viewtopic.php?t=76

http://sarapanpagi.6.forumer.com/viewtopic.php?t=147

http://sarapanpagi.6.forumer.com/viewtopic.php?p=158#158
http://www.kumpulankotbah.com/theological-articles/tritunggal.html

http://www.sarapanpagi.org/ekhad-dan-yakhid-ahad-dan-wahid-esa-dan-tunggal-vt206.html

http://www.golgothaministry.org/orthodoxsyria/orthodoxsyria_02.htm

http://www.sarapanpagi.org/dua-ayat-paling-krusial-dalam-iman-kristen-ternyata-palsu-vt3443.html

http://www.sarapanpagi.org/tuhan-yang-esa-vt21.html#p45

http://www.sarapanpagi.org/keesaan-allah-dalam-perjanjian-lama-vt2912.html#p16400

http://www.sarapanpagi.org/ajaran-tentang-tuhan-allah-vt24.html#p56

http://www.isadanislam.com/isa-al-masih/isa-al-masih-dalam-al-quran

http://www.isadanislam.com/jalan-keselamatan/keselamatan-dalam-al-quran-dan-injil
http://www.isadanislam.com/isa-al-masih/injil-dan-al-quran-sepakat-isa-al-masih-ada-di-sorga

http://buktidansaksi.com/files/Resources/articles/Trinitas/Tuhan%2520Sendiri%2520Tidak%2520Tahu%2520Bahwa%2520Ia%2520Trinitas.pdf






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar