TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mat 10:5-6 Apakah bertentangan dengan Matius 28:19?Tentu tidak....

Menjawab Mat 10:5-6 dan Mat 28:19 apakah berbeda?

http://www.facebook.com/notes/transformasi-indonesia/menjawab-kesalahpahaman-umat-islambos-zain-hamid/430506543636731


Matius 10:5-6"Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: 'Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.'"

Di dalam perikop itu ditemukan permulaan dari pengutusan Yesus kepada para murid-Nya. Kata bahasa Yunani yang di sini diterjemahkan dengan "berpesan" (Alkitab Kabar Baik dalam bahasa sehari-hari menulisnya dengan 'mendapat petunjuk-petunjuk') adalah kata 'paragell├┤'. Kata ini sangat menarik. Di dalam bahasa Yunani kata itu mempunyai empat macam penggunaan:

(1) Kata itu adalah kata yang biasa dipakai di dalam ketentaraan, dalam arti memberi perintah atau komando.

Contoh:

* Kisah Para Rasul 23:22"Lalu kepala pasukan menyuruh anak muda itu pulang dan memerintahkan ('paragell├┤') kepadanya: 'Jangan katakan kepada siapapun juga, bahwa engkau telah memberitahukan hal ini kepadaku.'"


Dalam arti ini maka Yesus seolah-olah seperti seorang jenderal yang memerintahkan komandan-komandan-Nya pergi melakukan perintah; kepada mereka Yesus memberi pesan, sebelum mereka berangkat.

(2) Kata itu dipakai juga untuk memanggil teman untuk minta pertolongan. Di sini Yesus seolah-olah seperti seseorang yang mempunyai cita-cita tinggi, lalu memanggil teman-teman-Nya untuk menolongnya mewujudkan cita-cita tersebut.

(3) Kata itu dipakai untuk seorang guru yang memberikan aturan-aturan dan petunjuk-petunjuk kepada para muridnya. Di sini Yesus seolah-olah seperti seorang guru yang mengirimkan para murid-Nya ke dunia dan membekali mereka dengan ajaran dan pesan-pesan-Nya.

(4) Kata itu biasa dipakai dalam hubungan dengan perintah kerajaan. Di sini Yesus seolah-olah seperti seorang raja yang melepaskan para duta-Nya pergi ke dunia untuk menjalankan perintah-Nya dan berbicara bagi dan atas nama-Nya.

Perikop itu dimulai dengan suatu perintah yang sulit bagi setiap orang. Perikop itu mulai dengan melarang para murid untuk pergi ke kota-kota bangsa lain atau ke kota orang Samaria. Karena sulit dan anehnya perintah ini maka banyak orang yang berpendapat bahwa perintah itu mungkin bukan perintah Yesus. Larangan untuk pergi kepada orang lain dan suruhan untuk hanya memusatkan perhatian kepada orang Israel saja, nampak bertentangan dengan sikap Yesus sendiri. Ada orang yang berpendapat, bahwa perintah atau larangan seperti itu sebenarnya adalah buatan orang-orang Yahudi sendiri yang ingin agar Injil itu hanya bagi mereka saja. Orang-orang Yahudi inilah yang kemudian menaruh larangan atau perintah itu ke mulut Yesus dalam cerita ini. Mereka itu adalah orang-orang yang juga melawan Paulus, karena Paulus dengan keras ingin mengabarkan Injil kepada orang-orang non-Yahudi.

Menanggapi pandangan seperti di atas, perlu diingat beberapa hal. Kata-kata itu sebenarnya tidak terlalu aneh untuk Yesus. Kata-kata itu bukanlah ciptaan orang lain. Yesus sendirilah yang tentu telah mengucapkannya. Dan karena itu perlu ada penjelasan lebih lanjut.

Dapat dipastikan bahwa perintah itu bukanlah perintah yang tetap berlaku selama-lamanya. Di dalam kitab Injil sendiri ditemukan Yesus yang berbicara secara akrab dengan seorang wanita Samaria; bahwa Ia kemudian memperkenalkan diri-Nya kepada wanita itu. Ia juga menuturkan sebuah cerita kemanusiaan yang menarik kepadanya; Ia menyembuhkan seorang anak perempuan dari seorang wanita Tirus atau Sidon; dan Matius sendiri pada akhir kitab Injilnya menuturkan, bahwa Yesus mengutus orang-orang-Nya untuk pergi ke seluruh dunia untuk membawa Injil ke segala bangsa. Jadi penjelasannya bagaimana?

Pada waktu itu Yesus dan para murid-Nya sedang berada di daerah Galilea. Di situ Ia melarang para murid-Nya untuk pergi ke kota bangsa-bangsa lain. Artinya para murid tersebut tidak boleh pergi ke utara ke daerah Siria, tidak boleh ke timur ke daerah Dekapolis, dan tidak boleh ke selatan ke daerah Samaria. Jadi maksud dari perintah ini dalam kenyataannya adalah untuk membatasi wilayah perjalanan pertama para murid Yesus hanya di daerah Galilea saja. Untuk pembatasan itu ada tiga alasan yang penting:

(1) Di dalam rencana Allah orang-orang Yahudi mendapat tempat yang sangat khusus. Menurut keadilan Allah, mereka harus mendapatkan penawaran pertama terhadap Injil Memang benar bahwa mereka menolak Injil itu. Tetapi sejarah memang direncanakan begitu rupa, supaya mereka mendapat kesempatan yang pertama untuk menerima Injil itu.

(2) Kedua belas rasul Yesus belum dipersiapkan untuk memberitakan Injil ke luar negeri. Mereka tidak mengenal bangsa-bangsa luar; mereka belum memiliki pengetahuan serta cara-cara yang tepat untuk itu. Supaya Injil dapat dibawa kepada bangsa-bangsa lain, maka harus ada orang-orang seperti Paulus yang mempunyai perlengkapan yang memadai. Pemberitaan itu cenderung gagal kalau pemberitanya kurang mempunyai persiapan atau perlengkapan untuk tugas itu. Seorang pengkhotbah atau guru yang bijaksana akan mengakui keterbatasan dirinya; ia secara jelas juga akan tahu hal-hal yang cocok dikerjakannya dan hal-hal yang tidak cocok.

(3) Tetapi alasan utama dari perintah itu sebenarnya adalah yang berikut: setiap komandan yang bijaksana mengetahui bahwa ia harus membatasi sasaran. Ia harus mengarahkan serangannya pada satu titik pilihan yang jitu. Kalau ia menyebarkan kekuatan dan serangannya ke mana-mana sekali gus, maka ia akan menghambur-hamburkan kekuatannya dan menghadapi bahaya kegagalan. Makin kecil kekuatan yang dimiliki, maka makin terbatas pula sasaran yang harus dicapainya. Serangan yang diarahkan ke medan yang terlalu luas hanya akan membawa malapetaka diri sendiri saja. Yesus mengetahui hal seperti itu, sehingga Ia memusatkan wilayah jelajah pertamanya hanya ke daerah Galilea saja. Lagi pula Galilea, adalah satu-satunya daerah Palestina yang paling terbuka bagi Injil dan berita baru. Perintah Yesus itu jadinya adalah perintah sementara. Yesus adalah komandan yang bijaksana yang tidak mau menghambur-hamburkan kekuatan yang dimiliki-Nya. Dengan segala kecakapan-Nya Ia memusatkan tindakan-Nya hanya pada satu sasaran yang terbatas, agar bisa mencapai hasil yang setinggi-tingginya.

Jadi itulah keterangan yang bisa diperoleh tentang perintah Yesus yang seolah-olah nampak picik itu.

Urutan prioritas pengabaran Injil di era Yesus Kristus dan para rasul adalah pertama-tama orang Yahudi, kemudian orang Yunani. Prioritas ini terlebih-lebih berlaku bagi Yesus Kristus, yang tugas-Nya adalah memanggil umat Allah kepada pertobatan dan kepada pengenalan akan panggilan mereka melalui Mesias untuk membawa Injil kepada semua orang.

* Roma 1:16"Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani."

Konfirm => Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (PENGABARAN INJIL / SAKSI KRISTUS ADALAH DIMULAI DARI YERUSALEM,YUDEA,SAMARIA =>SAMPAI KE UJUNG BUMI...TERMASUK ORANG YUNANI)...

MAT 15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."(=>AYAT INI INGIN MENYATAKAN BAHWA IA JUGA SEORANG UTUSAN/NABI...DAN SEJAK JAMAN MUSA...PARA NABI/UTUSAN ALLAH RUANG LINGKUP KERJANYA HANYA DIKALANGAN BANGSA ISRAEL SAJA....KARENA ITU SUATU KETETAPAN DARI ALLAH...(BACA Hos. 12:13 (12-14) )

Menurut ALKITAB KITA BERBICARA KONTEKS SEORANG UTUSAN ALLAH/NABI ITU  wajib menjagai ISRAEL...

ADAKAH NABI YANG DIUTUS ALLAH DILUAR ISRAEL?SETIAP NABI YANG DIUTUS ALLAH PASTI MENJAGAI ISRAEL....MAKA DARI ITU DIUCAPKAN MAT 15:24...dalam KONTEKS Tuhan Yesus datang sebagai UTUSAN ALLAH...

Hos. 12:13 (12-14) Israel dituntun oleh TUHAN keluar dari Mesir dengan perantaraan seorang nabi, ya, ia dijaga oleh seorang nabi.

ISRAEL SEJAK KELUAR DARI MESIR DITUNTUT OLEH SEORANG NABI BERNAMA MUSA....DAN SELAMANYA DIJAGAI OLEH NABI-NABINYA....KARENA TUHAN YESUS SEBAGAI UTUSAN ALLAH/NABI ALLAH MAKA IA DIUTUS HANYA UNTUK ISRAEL....SPT NABI TERDAHULU...BUKAN BERARTI IA HANYA MENYELAMATKAN ISRAEL....

DALAM KONTEKS MAT 15:24 TIDAK TERTULIS IA HANYA MENEBUS/MENYELAMATKAN BANGSA ISRAEL....TETAPI MAT 15:24 LEBIH DIDASARKAN PADA PENGUTUSAN BAPA ATAS DIRI-NYA SEBAGAI SEORANG UTUSAN YANG MANA UTUSAN ALLAH SEJAK JAMAN MUSA TIDAK PERNAH KELUAR DARI ISRAEL.....IA SELALU MENJAGAI ISRAEL.....

TETAPI TIDAK SAMPAI DISITU....ADA AYAT-AYAT LAIN DALAM ALKITAB YANG MENYATAKAN KESELAMATAN DARI PADA ALLAH ITU HARUS SAMPAI KE UJUNG BUMI DAN AKAN ADA DIANTARA BANGSA-BANGSA,SHG RUMAH-NYA DINYATAKAN SEBAGAI RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA .....MAKA DARI ITU TUHAN YESUS BERPESAN....JADIKAN SELURUH BANGSA MURID-KU.....KARENA KESELAMATAN DARIPADA-NYA HARUS SAMPAI KE UJUNG BUMI.....

LANDASAN ALKITAB :
1. Yes 49:6 .....supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."...
2. MZM 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan KESELAMATAN-Mu di antara SEGALA BANGSA.
3. Yes 56:6 Dan ORANG-ORANG ASING(NON ISRAEL) yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku, YES 56:7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA.

KARENA LANDASAN DIATAS MAKA TUHAN YESUS BERKATA...

Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam DUNIA bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Yoh 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya.

DENGAN JELAS DITULISKAN 2X.....AKU DATANG BUKAN UNTUK MENGHAKIMI DUNIA...MELAINKAN UNTUK MENYELAMATKANNYA...MENYELAMATKAN SIAPA??DUNIA INI....BUKAN HANYA BANGSA ISRAEL...KRN TIDAK ADA AYATNYA....AKU DATANG HANYA UNTUK MENYELAMATKAN BANGSA ISRAEL...

SEHINGGA ...

KESELAMATAN JUGA TERJADI UNTUK BANGSA LAIN...

LUK 13:29 Dan orang akan datang dari TIMUR dan BARAT dan dari UTARA dan SELATAN dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah.(BANGSA-BANGSA DARI TIMUR,BARAT,UTARA,SELATAN...DUDUN MAKAN DI DALAM KERAJAAN ALLAH...) 

LUK 13:30 Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir." 

Wahyu 19:5. Maka kedengaranlah suatu suara dari takhta itu: "Pujilah Allah kita, hai kamu semua hamba-Nya, kamu yang takut akan Dia, baik kecil maupun besar!" 

Wahyu 19:6 Lalu aku mendengar seperti suara HIMPUNAN BESAR ORANG(=MANUSIA) BANYAK, seperti DESAU AIR BAH dan seperti DERU GURUH, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita,Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

JADI KESELAMATAN JUGA UNTUK BANGSA-BANGSA LAIN....SEGALA BANGSA BISA MENERIMA KESELAMATAN DARIPADA-NYA....

SEHINGGA ALKITAB CUKUP JELAS MENYATAKAN BAHWA IA DATANG UNTUK MENEBUS DOSA UMAT-NYA(UMATNYA BUKAN HANYA BANGSA ISRAEL SAJA)....

TUHAN YESUS TELAH DITENTUKAN OLEH ALLAH UNTUK MENYELAMATKAN UMAT-NYA DARI DOSA DAN PELANGGARAN MEREKA....
Mat. 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

SEHINGGA DIKATAKAN DIALAH PENEBUS DOSA DUNIA....
YOH 1:29..."Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia....

DAN DIKATAKAN IA ADALAH JURUSELAMAT DUNIA...KARENA DIALAH YANG MENGHAPUS DOSA DUNIA....
YOH 4:42....bahwa Dialah(TUHAN YESUSLAH) benar-benar Juruselamat dunia."

MENGAPA DEMIKIAN?KARENA ALLAH YANG KITA SEMBAH BUKAN ALLAH YANG PILIH KASIH...ALLAH TIDAK MEMBEDAKAN ORANG...
DALIL ...
KIS 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa ALLAH TIDAK MEMBEDAKAN ORANG.
KIS 10:35 Setiap ORANG DARI BANGSA MANAPUN yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.

HARAP DIINGAT TUHAN YESUS ADALAH NABI DIATAS SEGALA NABI....UTUSAN DIATAS SEGALA UTUSAN...MENGAPA?
KARENA YANG MENGUTUS DAN DIUTUS ITU SAMA....BACA YOH 12:45 => dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.....SANGAT JELAS BARANGSIAPA MELIHAT AKU(YESUS)TELAH MELIHAT DIA(ALLAH) YANG MENGUTUS AKU(YESUS)....

ALKITAB CUKUP JELAS MENGISYARATKAN BAHWA HANYA TUHAN ALLAH SAJALAH JURUSELAMAT DUNIA...

YES 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DARI PADA-Ku.(TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DIA[TUHAN])

HOSEA 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN dari AKU[TUHAN].

KONSEP PENEBUSAN DOSA ADA DI DALAM PERJANJIAN LAMA…PENEBUSAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..

Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,

Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]

Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….

BERARTI HANYA TUHAN YANG BERKUASA MENEBUS DOSA MANUSIA…..

YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSApemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. 

YEREMIA 33:8 AKU[ALLAH/THEOS] AKAN MENTAHIRKAN MEREKA DARI SEGALA KESALAHAN YANG MEREKA LAKUKAN DENGAN BERDOSA TERHADAP AKU[ALLAH/THEOS], dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

TUHAN TIDAK MENGUTUS CIPTAAN SPT MUSA/MUHAMMAD UNTUK MENEBUS DOSA MANUSIA....
YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka 

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKADIALAH yang MENEBUS MEREKA dalamKASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]

KARENA CIPTAAN TIDAK DAPAT MENEBUS DOSA SESAMANYA DENGAN TUNTAS...(YEH 18:20;IBRANI 10:4 CUKUP JELAS)...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tp Ternyata misi ke keTuhanan Yesus telah gagal untuk Kaum Israel. Trus siapa yg diatasx Yesus yg bisa meluruskan Keimanan Kaum Israel..... ???? klo tuhan saja gagal Gmn Dengan Pendeta...???

Poskan Komentar