TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Apakah karena tidak berbapa maka TUHAN YESUS itu TUHAN ALLAH?


Pontius Pilatus9:48am Jul 24

Tahu gak sih......, orang kristiani apa artinya...... "RASUL".......???
Rasul yang diberi Tuhan mukjizat......., langsung rasul itu dianggap tuhan.......??!!!

Adam tidak mempunyai ayah dan ibu......., kenapa Adam tidak dipertuhankan.......???

Mampu gak Yesus membela lautan luas dan dalam seperti mukjizat nabi Musa yang diberikan Tuhan kepadanya........
Kenapa nabi Musa tidak dipertuhankan........???

Melkisedek tidak mempunyai silsilah, tidak beribu dan tidak mempunyai bapak, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan........
Kenapa Melkisedek tidak dipertuhankan..........???

Menurut umat kristen......, Apa sebenarnya persyaratan yang harus dipenuhi oleh seseorang sehingga layak dijadikan tuhan........???

Apakah Yesus sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sehingga umat kristen menyembahnya sebagai tuhan..........???

Apakah karena tidak berbapa maka TUHAN YESUS itu TUHAN ALLAH?Adam tidak berbapa...bukan ALLAH....Melkisedek tidak berbapa bukan ALLAH...
__________________
Jawab: Pengkajian dimulai dari MELKISEDEK...



 Kejadian 14:18LAI TB, Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi."KJV, And Melchizedek king of Salem brought forth bread and wine: and he was the priest of the most high God.Hebrew, 
וּמַלְכִּי־צֶדֶק מֶלֶךְ שָׁלֵם הֹוצִיא לֶחֶם וָיָיִן וְהוּא כֹהֵן לְאֵל עֶלְיֹֽון׃
Translit, ÛMALKÎ-TSEDEQ MELEKH SYÂLÊM HÔTSÎ' LEKHEM VÂYÂYIN VEHÛ' KHOHÊN LE'ÊL 'ELYÔN 


Melkisedek adalah manusia biasa, Ibrani " מלכי צדק ; MALKÎ-TSEDEQ dari kata " מלך – MELEKH" (raja) dan " צדק – TSEDEQ" (kebenaran) artinya "Sedek ialah raja (-ku)" atau, seperti dalam Ibrani 7:2, "raja kebenaran"


Dia raja Salem (mungkin kota Yerusalem) dan imam "Allah yang Mahatinggi" ( אל עליון - 'ÊL ELYÔN), yang menyongsong Abram sekembalinya dari perang melawan Kedorlaomer dan sekutu-sekutunya. Melkisedek memberi Abram roti dan anggur, memberkati dia dalam Nama Allah Yang Mahatinggi, dan menerima dari Abram sepersepuluh rampasan dari tangan musuh. Apa yang dilakukan Melkisedek ini adalah ciri khas pekerjaan seorang Imam. Kemudian Abram menolak tawaran raja Sodom, bahwa semua rampasan perang itu menjadi milik Abram kecuali dari tawanan yang sudah dilepaskan, lalu bersumpah demi Allah Yang Mahatinggi bahwa tidak akan dibiarkannya satu orang pun membanggakan diri dengan berkata, bahwa dialah yang membuat Abram kaya. Peristiwa ini barangkali terjadi pada pertengahan Zaman Perunggu. 


Selanjutnya Ibrani 7:3 menulis bahwa : 


Ibrani 7:3LAI TB, Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya. - KJV, Without father, without mother, without descent, having neither beginning of days, nor end of life; but made like unto the Son of God; abideth a priest continually.TR, απατωρ αμητωρ αγενεαλογητος μητε αρχην ημερων μητε ζωης τελος εχων αφωμοιωμενος δε τω υιω του θεου μενει ιερευς εις το διηνεκεςTranslit interlinear, apatôr {tidak berbapa} amêtôr {tidak beribu} agenealogêtos {tidak bersilsilah} mête {tidak juga} arkhên {awal} hêmerôn {hari} mête {tidak juga} zôês {hidup} telos {akhir} ekhôn {memiliki} aphômoiômenos {dijadikan sama} de {tetapi} tô huiô {Anak} tou theou {Allah} menei {tetap} hiereus {imam} eis {sampai} to diênekes {terus-menerus} 

Ayat diatas ini tidak berarti bahwa Melkisedek benar-benar tidak mempunyai ayah dan ibu atau tidak mempunyai kerabat atau bahwa ia seorang malaikat. Ayat ini hanyalah menunjukkan bahwa Alkitab tidak mencantumkan daftar keturunannya dan tidak mengatakan apa-apa mengenai awal dan akhir hidupnya, oleh karena itulah Melkisedek "disamakan seperti" Anak Allah. 


Ungkapan Yunani "απατωρ – APATÔR" atau "tidak berbapa" biasanya ditujukan kepada seseorang yang tidak memiliki ayah, kehilangan ayahnya atau seorang "yatim", seseorang yang lahir setelah kematian ayahnya sehingga ayahnya tidak dikenal, demikian pula halnya dengan "αμητωρ - AMÊTÔR", "tidak beribu". Seorang filsuf Yunani, Philo menulis bahwa Sara, istri Abraham (Ibrahim) adalah "αμητωρ - AMÊTÔR" karena ibunya tidak ditulis dalam Alkitab. 


Ungkapan "tidak bersilsilah", Yunani "αγενεαλογητος - AGENEALOGÊTOS" dari "α - a" (partikel negatif yang berarti "tidak") dan "γενεαλογεω - GENEALOGEÔ", harfiah menghitung dari bawah ke atas diterjemahkan "keturunan" atau "silsilah". Kata "γενεαλογεω - GENEALOGEÔ" sendiri berasal dari kata "γενεα - GENEA" (generasi, angkatan) dan "λογος - LOGOS" (perkataan, firman). 


Herbert Weir Smyth, 'A Greek Grammar for Colleges' memberi definisi bahwa "αγενεαλογητος - AGENEALOGÊTOS" adalah 'one whose descent there is no record of', "seseorang yang silsilah/keturunannya tidak dicatat"


Maka, Melkisedek hanyalah manusia biasa yang mempunyai bapak dan ibu, hanya saja silsilahnya tidak dicatat. 


Ibrani 7:3 LAI TB, Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia "dijadikan sama" dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya. KJV, Without father, without mother, without descent, having neither beginning of days, nor end of life; but made like unto the Son of God; abideth a priest continually. TR Translit., apatôr amêtôr agenealogêtos mête archên êmerôn mête zôês telos ekhôn aphômoiômenos de tô huiô tou theou menei hiereus eis to diênekes 


Ungkapan "dijadikan sama", bandingkan terjemahan Ibraninya (HABRIT HAKHADASYA) untuk ungkapan "dijadikan sama" sbb: 

"BELO'-AV BELO'-EM BELO' YAKHAS VE'EYN LO HAYAMIM VE'AF LO' QETS VEDOMEH LEVEN-HA'ELOHIM HU' 'OMED KOHEN LE'OLAM" 

Note: 
'VEDOMEH', "diserupakan", "dijadikan seperti", "disamakan" adalah kata kerja Ibrani 'DAMAH', "serupa", "seperti" (bandingkan dengan Mazmur 89:7, 102:7, 144:4, Kidung Agung 1:9, 2:9, 17, 7:7, 8:14, Yesaya 14:14, 40:18, 25, 46:5, dan lain-lain). 

* Yesaya 40:18 LAI TB, Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia? 
Hebrew Translit., VE'EL-MI TEDAMEYUN 'EL UMAH-DEMUT TA'ARKHU LO 

"Ia dijadikan sama dengan Anak Allah", 'aphômoiômenos de tô huiô tou theou 
"Dijadikan sama", bukan berarti 2 pribadi itu identik. 
Subjek adalah Melkisedek, "dijadikan sama" ini diibaratkan dengan 'photocopy'. 

Penulis membandingkan tokoh Perjanjian Lama Melkisedek dengan Yesus Kristus untuk menjelaskan bahwakeimaman Melkisedek adalah typology keimaman Kristus. Namun Melkisedek tidak identik dengan Yesus Kristus.

Ada beberapa typology lain yang menggambarkan pelayanan Yesus di Perjanjian Lama, Misalnya : 

Musa --> Ulangan 18:15-18 ungkapan '(seorang nabi) sama seperti aku' mengandung arti, typology pelayanan Musa menggambarkan pelayanan Yesus. Tetapi Musa tidak sama dengan Yesus. 

_____________________________
Penciptaan Adam....



Al-Hijr [15:28]=>  Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

Al-Hijr [15:29] => Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah MENIUPKAN KE DALAMNYA RUH-KU, maka tunduklah KAMU(=SEGALA CIPTAAN ALLAH=>MALAIKAT DAN IBLIS) kepadanya dengan bersujud .=>JELAS SEKALI DALAM ISLAM DITULISKAN BAHWA RUH ALLAH JUGA DITIUPKAN KE DALAM DIRI ADAM….SEHINGGA ADAM ITU HIDUP….,MAKA UNTUK MENGHORMATI RUH ALLAH TERSEBUT DALAM ADAM…MAKA SEGALA MAKHLUK DIMINTA UNTUK SUJUD MENGHORMATI ADAM….

Al-Hijr [15:30]  => Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama,
Al-Hijr [15:31]  => kecuali iblis. Ia enggan ikut bersama-sama (malaikat) yang sujud itu.
Al-Hijr [15:32] => Allah berfirman: "Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?"
Al-Hijr [15:33] => Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk".
CUKUP JELAS ADAM DARI TANAH LIAT KERING...DIHEMBUSI RUH-NYA....SEDANG ISA BERBEDA....
___________
HAL KEJADIAN ISA ITU SERUPA SPT ADAM....TETAPI TIDAK SAMA....SERUPA DALAM HAL APA?TIDAK BERBAPA,TIDAK BERIBU....TETAPI SUBSTANSI TUHAN YESUS DAN ADAM JAUH BERBEDA....



SUDAH SERING SAYA JABARKAN SPT APA SUBSTANSI TUHAN YESUS DALAM AKIDAH ISLAM DAN KRISTEN....


MEMAHAMI SUBSTANSI TUHAN YESUS...MENURUT AKIDAH ISLAM DAN KRISTEN..


Memahami PERKATAAN MUHAMMAD =>ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU yang melekat dalam diri ISA....

>> ROHULLAH(GELAR ROH ALLAH yang melekat dalam diri ISA dari MUHAMMAD sbb:)

Mat 1:20 cukup jelas...
Translit interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.} =>NUZUL/OF HOLY SPIRIT...CUKUP JELAS....(HOLY SPIRIT=THEOS)

An-Nisa 171 =>Isa berasal dari TIUPAN RUH daripadaNya...bukan ROH CIPTAANNYA....RUH-NYA SENDIRI YANG MENUZULKAN ISA....

Konfirmasi Isa adalah berasal dari ROH ALLAH berdasar ayat dibawah ini...

Bahkan dalam Q 66:12 => Wamaryama ibnata AAimrana allatee ahsanatfarjaha fanafakhna feehi min roohinawasaddaqat bikalimati rabbiha wakutubihi wakanatmina alqaniteen =>tidak ada kata JIBRIL....

Sehingga dituliskan...Q 66:12 => ....Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari Ruh Kami,...=>Tidak mungkin ALLAH meniupkan JIBRIL KE RAHIM MARIA karena JIBRIL tetap ADA semasa ISA ADA....

Tidak mungkin ALLAH meniupkan JIBRIL ke RAHIM MARIA...karena SEMASA ISA hidup...JIBRIL bukan ISA...dan ISA BUKAN JIBRIL....

TIDAK ADA 1 KATAPUN YANG MENUNJUKKAN JIBRIL ITU ROHULLAH....Jadi JIBRIL tidak bergelar ROHULLAH...tidak ada tertulis JIBRIL itu ROHULLAH...tetapi GELAR ROHULLAH yang melekat dalal diri ISA adalah SBB :

Q 21:91 =>
Terjemahan INDONESIA => Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya Ruh dari Kami ..(Konfirm An Nisa 171 =>tiupan RUH DARIPADA-Nya...bukan RUH ciptaan-Nya...)

Terjemahan MALAYSIA => Dan (sebutkanlah peristiwa) perempuan(MARYAM( yang telah menjaga kehormatan dan kesuciannya; lalu Kami tiupkan padanya dari Roh Kami....

KAMI =>ALLAH.....
ROH KAMI =>ROH ALLAH....

Apakah ALLAH tidak dapat meniupkan RUH-Nya?Baca Konfirmasi ayat dibawah ini...


Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh-Nya..(Al Ahqaf : 9) =>ALLAH dapat meniupkan ROH-Nya kepada MANUSIA....maka dari itu MALAIKAT dan IBLIS diperintahkan untuk SUJUD menghormati ADAM...karena ada ROH ALLAH yang dihembuskan dalam diri ADAM....

Tetapi MANUSIA ADAM tidak dapat dikatakan ROHULLAH...mengapa?karena SUBSTANSI ADAM dari SARIPATI TANAH(DEBU TANAH)...bukan berSUBSTANSI ROH ALLAH.....

RUH KAMI/RUH Nya/RUH ALLAH/RUH KUDUS itu lebih bersifat menunjukkan KESUCIAN dan "GEN" QUALITY ALLAH pada Ruh tsb.



>> KALIMATULLAH(GELAR FIRMAN ALLAH yang melekat dalam diri ISA dari MUHAMMAD SBB:)

Yoh 1:1 =>Firman itu ADALAH ALLAH....dan FIRMAN itu menjadi manusia(Yoh 1:14)=>Sehingga dikatakan ISA KALIMATULLAH....

sebuah hadis berkata....Kata Ibnu ‘Abbas r.a berkata.....‘Isa sebagai Firman Allah.

An-Nisa 171:

" .... KalimahNya yang Ia BERIKAN KEPADA MARYAM DENGAN TIUPAN RUH DARIPADANYA .... "
Kata "Al Qoha Ila Maryam" yang diartikan dengan Meniupkannya ke dalam rahim Maryam susunan kalimatnya berbentuk kata kerja transitif (fi'il muta'addi), yaitu kata kerja yang membutuhkan obyek penderita.

Pada ayat ini, subyeknya adalah "Allah".Kata kerjanya ialah "alqo" (melemparkan). Obyek penderitanya ialah "ha" (Kalimah).

Tepatnya: Allah [God] adalah Subject - Alqo adalah Verb - Kalimatullah adalah Object. Kalimatullah itu dijelmakan dalam Kemanusiaan Yesus, tapi Kalimatullah itu tetap melekat [Qodim] dalam diri Allah. Inilah KeMaha-Hadiran dan KeMaha-Kuasaan Allah. Umat Kristen menamakan Bayi Mesias itu Immanuel [Allah beserta kita].=>CUKUP JELAS KELAHIRAN ISA ADALAH PROSES NUZUL ROH ALLAH DAN FIRMAN ALLAH KE RAHIM MARIA....JIKA ADA YANG MAU NYANGKAL SILAHKAN...

bandingkan dengan konteks penciptaan Adam, siapapun dengan mudah akan mengerti bahwa ini adalah penciptaan, BUKAN inkarnasi. yg dibuat dari bahan tanah (debu) dan dihembuskan (diberikan) nafas.

dalam An-Nisa 171=>tidak dituliskan ROH CIPTAAN-Nya...tetapi ROH DARIPADANYA....sehingga karena ISA adalah berasal dari ROH-NYA...maka dikatakan ISA ZAKIYAH selamanya....dan jasadNya ada diatas ARSY(Q 3:55;Q 4:158)....sehingga hanya ISA saja yang terkemuka DUNIA dan AKHIRAT....(Q 3:45)....DAN DIALAH ALLAH itu sendiri yang menjadi HAKIM atas semua manusia....AMIN...

Jadi MUHAMMAD berkata ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU bukan ISENG...dan sampai detik ini umat ISLAM mengakui gelar ISA ADALAH ROH ALLAH dan FIRMAN ALLAH..yakni ALLAH itu sendiri..... 



Hal tersebut juga terbukti oleh hal dibawah ini....
Q 2:117 ...Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "JADILAH!" Lalu JADILAH ia.(KUN FAYA KUN)...=>KALIMATULLAH (KUN FAYA KUN) MELEKAT DALAM DIRI ISA.....BUKAN HASIL MINTA IZIN SIAPA-SIAPA....

Isa fa innahu Rohullah wa kalimatuhu, “Sesungguhnya Isa itu Rohullah dan KalimatNya”. Kuasa “kun faya kun” (jadilah, maka jadi!) yang melekat dalam diri Isa — bukan hasil minta izin siapa-siapa –jelas-jelas diperlihatkan Yesus secara detail dalam Injil, lihat misalnya Matius 8:2-3, dimana Yesus sendiri yang mau bermujizat dan “Jadilah!”:
Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “AKU MAU, JADILAH (!) ENGKAU TAHIR(=>MAKA JADILAH SI KUSTA TAHIR).” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. 
Isa adalah Kalimatullah (Sang Firman), The Word incarnated, Firman Allah yang Ilahi turun (nuzul) masuk ke dunia menjadi manusia Yesus. Itu sebabnya setiap kalimat yang diucapkan Yesus adalah selalu Firman. Ia tidak usah menunggu, dan tidak pernah perlu mendengar bisikan firman dari Jibril atau siapapun, karena Ia sendiri adalah Sang Firman itu.


MENGINGAT SUBSTANSI TUHAN YESUS SPT ITU MAKA KONSEKWENSI WAJIB :


1.DALAM AKIDAH ISLAM ISA ADALAH SOSOK ZAKIYAH SEJAK LAHIR SELAMA-LAMANYA...DAN JASADNYA ADA DI ATAS ARSY(Q 19:19 =>ZAKIYAH TANPA BATAS;Q 3:55+Q 4:158 =>ISA DIANGKAT KEPADA ALLAH ITU SENDIRI..YAITU DIATAS ARSY...)

2. KARENA ISA DUDUN DIATAS ARSY(TAHTA BAPA=>WHY 3:21b) MAKA =>DALAM AKIDAH ISLAM ISA ADALAH TERKEMUKA DUNIA DAN AKHIRAT(Q 3:45)=>SEHARUSNYA YANG TERKEMUKA DUNIA DAN AKHIRAT HANYA ALLAH SEMATA...DAN ITU TURUN KEPADA TUHAN YESUS....


3.KARENA IA PUNYA OTORITAS ILAHI SEPENUHNYA...MAKA IA AKAN DATANG MENJADI HAKIM ATAS SEMUA MANUSIA....IA SENDIRI TIDAK AKAN DIHAKIMI....TETAPI MENGHAKIMI SEMUA MANUSIA....DAN MEMASUKKAN MANUSIA KE NERAKA/SURGA(WHY 20:12-15)


4.KARENA IA PUNYA OTORITAS ILAHI SEPENUHNYA MAKA....YOH 16:15 SEGALA YANG BAPA PUNYAI TUHAN YESUS MILIKI....SEHINGGA DIKATAKAN ILMU TTG KIAMAT YANG SEHARUSNYA HANYA DIMILIKI OLEH ALLAH...ITU JUGA DIMILIKI OLEH ISA....=>BUKTI KESAMAAN PEMILIKAN ANTARA ALLAH DAN ISA SBB:....

61. Dan sesungguhnya Isa itu BENAR-BENAR(SECARA AKURAT 100%) memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.=>TIDAK TERTULIS ADA KECUALINYA....=>BERARTI SEMUA HAL TTG HARI KIAMAT YESUS TAHU SECARA BENAR-BENAR+100%AKURAT DAN DISAMPAIKAN DENGAN BENAR/TEPAT/AKURAT 100%.....=>TIDAK ADA KATA KECUALI KAPAN ISA TIDAK TAHU...TIDAK TERTULIS DEMIKIAN DALAM Q 43:61....SO BAGAIMANA DENGAN MUHAMMAD ADAKAH AYATNYA IA MEMBERI PENGETAHUAN YANG BENAR 100% TTG KIAMAT?PADAHAL TIDAK ADA SEORANGPUN YANG MEMILIKI ILMU TERSEBUT(Q 7:187) (Q 43:61) 

TERJEMAHAN SEBENARNYA 
 = Dan sesungguhnya Isa itu memiliki pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu denganNya dan ikutilah Inilah jalan yang berdiri tegak. (Q 43:61)

 > membahas khusus mengenai صِرَاطٌ مُّسْتَقِيمٌ siratun mustaqeemun, terutama Surah Az Zukhruf ayat 61.

 Proses analisa surah ini sebagai berikut: 

وَإِنَّهُ Wainnahu = Dan Dia = And He = ISA  

لَعِلْمٌ laAAilmun = memiliki pengetahuan = Have Knowlage 

لِّلسَّاعَةِ lilssaAAati = tentang waktu / kiamat = about time / end of time 

فَلَا fala = karena itu jangan = so do not 

تَمْتَرُنَّ tamtarunna = ragu / bertengkar = doubt/argue 

بِهَا biha = dengan dia = with him 

وَاتَّبِعُونِ waittabiAAooni = dan ikutlah = and followed 

هَذَا hatha = inilah = this is 

صِرَاطٌ siratun = sebuah jalan = the path 

مُّسْتَقِيمٌ mustaqeemun = berdiri tegak = upright 
____________
TIDAK ADA SEORANGPUN(SPT MUSA/MUHAMMAD) YANG BERANI BERKATA BAHWA IA MEMILIKI HAL YANG SAMA DENGAN ALLAH MILIKI KECUALI TUHAN YESUS SENDIRI...DAN ITU TERLIHAT DALAM PERNYATAAN-NYA SENDIRI SOAL PENGETAHUAN TTG KIAMAT YANG SEHARUSNYA HANYA DIMILIKI OLEH ALLAH SENDIRI....JIKA DIRUNUT BUKTI KE OTENTIKAN TUHAN YESUS ITU ALLAH SENDIRI.....SANGAT BANYAK....HAL DIATAS BELUM TERBANTAHKAN.....SEMOGA ANDA TERMASUK ORANG BERFIKIR....TIDAK ADA AYATNYA DALAM QURAN DAN HADIS BAHWA ALLAH TIDAK BOLEH NUZUL MENJADI MANUSIA....TIDAK ADA....


Artikel terkait :
http://www.sarapanpagi.org/adam-vs-yesus-v2-melkisedek-vt1615.html

1. KENOSIS – MENGOSONGKAN DIRI, di http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=1774#1774

2. KRISTOLOGI : INKARNASI (PENJELMAAN), di http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=133#133

3. TANGGAPAN ATAS TUDUHAN TENTANG INKARNASI YESUS KRISTUS, dihttp://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=134#134

4. YESUS KRISTUS SANG FIRMAN, di http://www.sarapanpagi.org/yesus-kristu ... vt585.html

5. ANAK TUNGGAL ALLAH – ANAK-ANAK ALLAH, di http://www.sarapanpagi.org/anak-tunggal ... vt734.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar