TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

menjawab sangkalan keilahian TUHAN YESUS oleh Bos PK...


"DALIL YESUS BUKANLAH "BAPA"



YESUS TIDAK BISA BERBUAT APA-APA, SEDANG BAPA BISA


Yohanes 5


(30) Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

___________
Jawab :

Penghakiman Allah adalah penghakiman yang sempurna. Hanya Allah saja yang suci, dan karena itu hanya Dia saja yang mengetahui ukuran yang benar untuk menghakimi orang. Hanya Allah saja yang secara sempurna mengasihi, dan hanya Dia saja yang melakukan penghakiman dengan belas kasih. Di dalam belas kasih itulah semua penghakiman yang benar dilakukan. Hanya Allah saja yang MENGETAHUI secara sempurna dan penuh, dan penghakiman itu bisa disebut sempurna apabila semua HAL YANG BERSANGKUTAN dengan itu dipertimbangkan. Pertimbangan Yesus sebagai yang berhak menghakimi didasarkan pada pengakuan bahwa di dalam diri-Nya terdapat pikiran Allah(KEILAHIAN ALLAH) yang sempurna. Yesus tidak menghakimi berdasarkan motivasi manusiawi yang mungkin sulit dihindarkan. Yesus melakukan penghakiman dengan kesucian, kasih dan simpati Allah yang sempurna.

SEBAB APA SAJA YANG DIKERJAKAN TUHAN YESUS ADALAH BAPA LAKUKAN DIDALAM DIRI TUHAN YESUS....


YOH 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.


HAL AKU DI DALAM BAPA,DAN BAPA DI DALAM AKU....3X DITULISKAN...




Yoh 10:38 ....bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."...

Yoh 14:10....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku....


Yoh 14:11....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;...


Sehingga BAPA dipermuliakan HANYA di dalam ANAK....


Yoh 14:13....Bapa DIPERMULIAKAN di DALAM ANAK......


SEHINGGA KEMULIAAN ISA ITU SAMA DENGAN KEMULIAAN BAPA-NYA...


Yohanes 13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia. 


Matius 16:27 

Sebab Anak Manusia AKAN DATANG DALAM KEMULIAAN BAPA-NYA diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.=>SAAT ITU ISA BERKUASA MEMERINTAH MALAIKAT-MALAIKAT-NYA=>Mat. 13:41 Anak Manusia akan MENYURUH MALAIKAT-MALAIKAT-NYA dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahat`n dari dalam Kerajaan-Nya.(=>KERAJAAN-NYA=KERAJAAN TUHAN YESUS...LUK 22:30 => ...KERAJAAN-KU...;YOH 18:36 JAWAB YESUS : "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini....)

YOH 17:5 ...permuliakanlah Aku PADA-Mu sendiri(PADA ALLAH) dengan KEMULIAAN yang "Kumiliki" di hadirat-Mu SEBELUM DUNIA ADA.


KARENA KESEHAKEKATAN TERSEBUT MAKA ISA BERKUASA MENJADI HAKIM ATAS MANUSIA....

Yoh. 5:22 Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah MENYERAHKAN PENGHAKIMAN itu SELURUHNYA kepada Anak,


HANYA ADONAY SENDIRILAH YANG BERHAK MENGHAKIMI MANUSIA...

Mzm. 96:13 di hadapan TUHAN, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi.

ADAKAH MUSA/MUHAMMAD DAPAT MENGHAKIMI MANUSIA DAN MEMILIKI OTORITAS MELEMPAR MANUSIA KENERAKA DALAM KONTEKS MEMBINASAKAN?


COBA DIBACA SBB:

Mat. 16:27 Sebab Anak Manusia AKAN DATANG dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.


MAT 25:31 "Apabila Anak Manusia(TUHAN YESUS) datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.


MAT 25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,


Mat. 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: ENYAHLAH dari HADAPAN-KU(HADAPAN ANAK MANUSIA=>TUHAN YESUS), hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.


SEHINGGA DITULISKAN..


Yohanes 10:30 
LAI TB, Aku dan Bapa adalah satu. 

Yohanes 1:3

LAI TB, Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Kolose 1:17 =>"Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia."


SEGALA SESUATU ADA DI DALAM DIA(TUHAN YESUS)....IA ADA TERLEBIH DAHULU....DAN KEBERADAAN-NYA TIDAK DICIPTAKAN....

JADI MENGAPA DITULISKAN YOH 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri.....=>
KARENA IA DAN BAPA ADALAH SATU ADANYA(KESATUAN YANG ECHAD=Yoh 10:38;YOH 14:10;YOH 14:11)...BAPA YANG DIDALAM DIRI TUHAN YESUSLAH YANG MENGERJAKAN SEGALA SESUATUNYA....MAKA DARI ITU IA BERKUASA ATAS SEGALANYA TERMASUK MENGHAKIMI DAN MEMBINASAKAN CIPTAAN KEKAL DI NERAKA....(Mat. 25:41)....
____________
YESUS TIDAK TAHU KAPAN KIAMAT , SEDANG BAPA TAHU
Matius 24

(36) Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."

________
JAWAB :

SUDAH DIJAWAB DI LINK DIBWH INI :

http://tindonesia.blogspot.com/2012/06/bagaimana-menjawab-pertanyaan-yang.html


Apakah Tuhan Yesus tidak MAHA TAHU?Hanya Allah yang tahu tentang hari Kiamat.....

187. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."(Q 7:187)

26. Katakanlah: "Sesungguhnya ilmu (tentang hari kiamat itu) hanya pada sisi Allah. Dan sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan." (Q 67:26)

Ilmu tentang hari Kiamat hanya ALLAH yang tahu....Jika Isa memberitahukan pengetahuan yang benar tentang hari kiamat,berarti Isa itu Tuhan dong...krn yang hanya tahu tentang Kiamat itu Tuhan???Dan Isa memberitahu pengetahuan yang benar tentang Kiamat....kalo Isa tidak tahu mana mungkin memberitahu??nah Isa tahu tentang Kiamat itulah yang membuktikan Isa itu TUHAN...krn dg jelas tertulis...


Isa memberikan pengetahuan yang benar tentang Kiamat....

61. Dan sesungguhnya Isa itu BENAR-BENAR(SECARA AKURAT 100%) memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.=>TIDAK TERTULIS ADA KECUALINYA....=>BERARTI SEMUA HAL TTG HARI KIAMAT YESUS TAHU SECARA BENAR-BENAR+100%AKURAT DAN DISAMPAIKAN DENGAN BENAR/TEPAT/AKURAT 100%.....=>TIDAK ADA KATA KECUALI KAPAN ISA TIDAK TAHU...TIDAK TERTULIS DEMIKIAN DALAM Q 43:61....SO BAGAIMANA DENGAN MUHAMMAD ADAKAH AYATNYA IA MEMBERI PENGETAHUAN YANG BENAR 100% TTG KIAMAT?PADAHAL TIDAK ADA SEORANGPUN YANG MEMILIKI ILMU TERSEBUT(Q 7:187) (Q 43:61) =>BENAR-BENAR MEMBERIKAN PENGETAHUAN BERARTI ISA BENAR-BENAR MEMILIKI PENGETAHUAN TTG KIAMAT YANG SEHARUSNYA HANYA DIMILIKI OLEH ALLAH....KARENA MEMANG DIALAH ALLAH...



TERJEMAHAN SEBENARNYA 
 = Dan sesungguhnya Isa itu memiliki pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu denganNya dan ikutilah Inilah jalan yang berdiri tegak. (Q 43:61)

 Proses analisa surah ini sebagai berikut: 

وَإِنَّهُ Wainnahu = Dan Dia = And He = ISA  

لَعِلْمٌ laAAilmun = memiliki pengetahuan = Have Knowlage 

لِّلسَّاعَةِ lilssaAAati = tentang waktu / kiamat = about time / end of time 

فَلَا fala = karena itu jangan = so do not 

تَمْتَرُنَّ tamtarunna = ragu / bertengkar = doubt/argue 

بِهَا biha = dengan dia = with him 

وَاتَّبِعُونِ waittabiAAooni = dan ikutlah = and followed 

هَذَا hatha = inilah = this is 

صِرَاطٌ siratun = sebuah jalan = the path 

مُّسْتَقِيمٌ mustaqeemun = berdiri tegak = upright 

CUKUP JELAS DIKATAKAN. DALAM Q 43:61...ISA MEMILIKI PENGETAHUAN TTG KIAMAT....END OF TIME....TANPA ADA KECUALINYA.....

لَعِلْمٌ laAAilmun = memiliki pengetahuan = Have Knowlage 

لِّلسَّاعَةِ lilssaAAati = tentang waktu / kiamat = about time / end of time 

CUKUP JELAS DINYATAKAN Q 43:61 BAHWA ISA MEMILIKI PENGETAHUAN TTG KIAMAT TERSEBUT TANPA ADA KECUALINYA.....


Karena Tuhan Yesus saat Ia datang bukan dalam kapasitas 100% ALLAH saja...tetapi di dalam diriNya ada sisi 100% MANUSIA...karena yang ingkar terhadap HUKUM TAURAT itu manusia(Yer 31:32=>Konfirm dengan Yoh 7:19=>..Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu...)Maka dari itu Tuhan Yesus berkata diri-Nya datang untuk menggenapi TAURAT(Mat 5:17)..Manusia tidak dapat menggenapi/melakukan dengan SEMPURNA TAURAT...karena SEMUA manusia telah jatuh dalam DOSA(Roma 3:23)....sehingga....tidak ada orang SALEH yang tidak pernah berbuat dosa(Pengkotbah 7:20)....Karena FIRMAN ALLAH tidak boleh kembali dengan SIA-SIA(Yes 55:11)dan Firman ALLAH BOLEH GAGAL(Roma 9:6) ...maka ALLAH SENDIRILAH yang turun untuk menggenapi semua yang DIFIRMANKAN....(Yeh 12:25 => .....Aku akan mengucapkan suatu firman dan Aku akan menggenapinya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.")...maka dari itu ALLAH NUZUL(YOH 8:42 =>...sebab Aku keluar(=NUZUL) dan datang dari Allah.) ke RAHIM Maria....cukup jelas dalam Matius 1:20 =>TUHAN YESUS itu NUZUL DENGAN ROH KUDUS....dituliskan OF HOLY SPIRIT...berarti benar-benar ROH ALLAH yang NUZUL....hal itu KONFIRM dengan An-NISA 171 => TIUPAN RUH DARIPADA-NYA....bukan RUH CIPTAAN-Nya....SHG IA SUCI ZAKIYAH SELAMANYA....TIDAK TERSENTUH SETAN....SEJAK BAYINYA....

Karena Tuhan YESUS masih berada dalam KAPASITAS sebagai UTUSAN(MANUSIA)...maka dalam hal menyampaikan ajaran-Nya tentang AKHIR ZAMAN....Ia tidak dapat berterus terang....karena jika Ia berterus terang....berarti Ia menghapus sisi manusia yang ada di dalam diriNya....Ia sendiri berkata...

Yoh 16:25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu....

ADA SAATNYA IA AKAN BERTERUS TERANG MEMBERITAKAN HAL-HAL SURGAWI....SAAT ITU IA TELAH MASUK/KEMBALI DALAM KEADAAN-NYA SEMULA(YOH 6:62=>IA AKAN KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL=>....Yoh. 6:38 Sebab Aku(YESUS) telah turun dari sorga...=>DAN KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL...YAKNI TAHTA BAPA=>WAHYU 3:21b....)....BUKANKAH MESIAS HARUS MENDERITA SEMUANYA ITU...Luk. 24:26 Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?")...

TETAPI SETIDAKNYA PENGETAHUAN TTG KAPAN HARI-NYA ...IA DAPAT MENCERITAKAN SECARA TEGAS....TETAPI MASIH MEMPERHATIKAN POSISINYA SEBAGAI 100% MANUSIA SAAT ITU....

BISA DIBACA PADA LUKAS 21:20-27....

LUK  21:20 "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.
LUK  21:21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,
LUK  21:22 sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis.
LUK  21:23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,
LUK  21:24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."
LUK  21:25 "Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.
LUK  21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.

SETELAH SEMUA KRONOLOGI DIATAS IA SEBUTKAN....LALU DIAKHIRI DENGAN PERKATAAN DIBAWAH INI....
LUK 21:27 PADA WAKTU ITU orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.=>TERLIHAT JELAS IA SEBENARNYA TAHU PERSIS DAN MEMILIKI PENGETAHUAN YANG BENAR-BENAR TTG KIAMAT....TETAPI UNTUK PERSISNYA YANG TAHU KAPAN HAL TERSEBUT TERJADI ADALAH BAPA(=>JIWA) YANG ADA DIDALAM YESUS(YOH 14:10-11;YOH 10:38=>AKU DI DALAM BAPA;BAPA DI DALAM AKU{YESUS}=>DAN BAPA INILAH YANG MERUPAKAN JIWA DARI YESUS YANG MEMBUAT YESUS MELAKUKAN SEMUA YANG JIWA(BAPA) KEHENDAKI...YOH 14:10=>Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.=>APA YANG TUHAN YESUS KATAKAN ITU BAPA LAKUKAN DI DALAM YESUS....Jadi Tuhan Yesus berkata sesuatu hal itu Bapa yang lakukan di dalam YESUS...begitu pula mengenai KEDATANGAN-Nya ke dua kali....itu sepenuhnya terletak dari komando BAPA yang ada di dalam diriNya....tepat seperti anda akan minum....anda sendiri tidak akan tahu kapan lagi anda akan minum....anda pasti akan minum jika dikomando oleh JIWA anda...dan tubuh hanya melakukan KOMANDO dari jiwa anda.....)

CONTOH SEDERHANA: 
MISALNYA SI X DALAM MENENTUKAN KAPAN IA HARUS MINUM AIR,TENTU DIKOMANDOI OLEH JIWA DARI SI X....KALO SI X DITANYA....KAPAN PERSISNYA ANDA AKAN MINUM AIR LAGI SETELAH SEKARANG ANDA MINUM AIR?TENTU SI X BERKATA....SAYA TIDAK TAHU PERSISNYA....TERGANTUNG KOMANDO DARI JIWA SAYA(SI X)....Apakah JIWA si X dan si X beda HAKEKAT?tentu tidak....begitu pula dengan BAPA dan TUHAN YESUS.....HAKEKAT TIDAK BERBEDA....SATU ADANYA....BAPA DI DALAM YESUS DAN YESUSPUN ADA DI DALAM BAPA.....KARENA BERASAL DARI SUBSTANSI YANG SAMA....

JADI JELAS SEKALI TUHAN YESUS SEBENARNYA IA TAHU KAPAN IA DATANG...TETAPI IA MASIH INGAT POSISINYA SEBAGAI 100% MANUSIA DAN 100% ALLAH....=>MASIH ADA SISI 100% MANUSIA...SHG IA MENYAMPAIKAN TIDAK TERLALU TEGAS PADA WAKTU ITU KAPAN WAKTU PERSISNYA....TETAPI SETIDAKNYA PERKATAN DIATAS DAPAT MELUKISKAN BAHWA TUHAN YESUS SEBENARNYA TAHU KAPAN KIAMAT...TETAPI IA TIDAK MAU MEMBERI TAHU SECARA PERSIS...KARENA IA BELUM KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL....IA BELUM DIMULIAKAN....

JADI Q 43:61 KONFIRM DENGAN LUK 21:20-27 =>BAHWA YESUS TAHU KAPAN KIAMAT...KARENA IA MEMBERI PENGETAHUAN YANG BENAR TENTANG ILMU KIAMAT...=>TANPA ADA KECUALINYA DI Q 43:61....JADI IA BENAR-BENAR MEMBERITAHUKAN PENGETAHUAN TTG KIAMAT SECARA BENAR...AKURAT.....TETAPI UNTUK MENGUNGKAP SECARA PERSISNYA IA BELUM DAPAT PERSIS MEMBERITAHUKAN....KARENA POSISINYA SAAT ITU BUKAN SEBAGAI 100% ALLAH SAJA....MASIH ADA SISI 100% MANUSIA DIDALAM DIRI-NYA WAKTU ITU....



_______

======================

http://www.sarapanpagi.org/45-argumen-allah-bukan-yesus-vt3297.html

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA, SEBAGAI BERIKUT


YESUS BUKANLAH BAPA


1. Yesus dan Bapa adalah dua Pribadi, bukan satu pribadi; berdasarkan Yoh. 8:17-18.

_________
 Yohanes 8:17

8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;
8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."

Tanggapan Sarapan pagi Biblika sedikit tambahan dari saya:

Seperti dijelaskan di atas, Allah bukan manusia, Ia sama sekali berbeda dengan manusia. Allah itu multi kompleks. Sang Firman nuzul sebagai manusia ke bumi, bukan berarti kemudian di Surga tidak ada Allah. Allah yang mengutus Sang Firman ini adalah Bapa, Sang Firman itu melaksanakan apa yang diutus Bapa. Olehnya Sang Pengutus inilah yang bersaksi kepada Yang Diutus. Yesus dalam ayat di atas sedang merujuk suatu hukum yang yang berlaku di kalangan Yahudi yaitu, Hukum Dwiganda Saksi

Yohanes 8:14, Yesus menjawab jawaban Dia sendiri adalah cukup sebagai suatu kesaksian. Dia menyadari benar kuasa-Nya sendiri, sehingga tidak perlu ada saksi lain diajukan di depan orang-orang Yahudi itu. Yesus berkata dalam kenyataan sesungguhnya bahwa Dia telah mempunyai saksi kedua, dan saksi kedua itu adalah Bapa. Bapa sebagai pihak Yang Mengutus memberi kesaksian atas otoritas yang tertinggi kepada Yesus dapat dilihat dalam berbagai hal di bawah ini: 

Dalam Yoh 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.....=>PERHATIKAN HAL BERIKUT YOH 14:10....Apa yang Aku(TUHAN YESUS) KATAKAN kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang DIAM DI DALAM AKU(YOH 10:38;YOH 14:10;YOH 14:11=>TUHAN YESUS DI DALAM BAPA,DAN BAPA DI DALAM TUHAN YESUS), Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya....

1. Kesaksian Bapa ada dalam kata-kata Yesus. Tidak ada seorang pun dapat berkata-kata dengan hikmat kecuali Allah memberikannya pengetahuan.
2. Kesaksian Bapa adalah perbuatan-perbuatan Yesus. Tidak ada seorang pun dapat berbuat perkara-perkara yang demikian, kecuali Allah bertindak melalui dia.
3. Kesaksian Bapa ada di dalam akibat tindakan Yesus pada manusia. Dia mengerjakan perubahan dalam diri manusia yang jelas tidak mungkin dapat dikerjakan oleh kuasa manusia.
4. Kesaksian Bapa nampak dalam reaksi orang terhadap Yesus.

Sang Firman, sebagai Anak dalam masa Inkarnasi, Yesus Kristus berada di level lebih rendah, tetapi sebagai Allah, Dia memiliki hakekat yang sama dengan Bapa. Yesus Kristus pernah brkata "Bapa lebih besar daripada Aku" (Yohanes 14:28). "Lebih besar" di sini berbicara tentang 'ranking' dan "kondisi"(SAAT IA NUZUL KE DUNIA IA SEJENAK LEBIH RENDAH KEDUDUKAN-NYA DARI ALLAH=>Ibr. 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus=>KONFIRM IBR 2:7;FILIPI 2:6-7 (FLP 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,Flp. 2:7=>melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia)....KARENA MEMANG IA MEMILIKI SISI MANUSIA DALAM DIRI-NYA SAAT ITU), bukan tentang dzat atau hakekat ('nature')(DZAT/NATURE TUHAN YESUS ADALAH ROH ALLAH ITU SENDIRI=>MAT 1:20...FIRMAN YANG NUZUL=>YOH 1:1;3;14). Kita pun lebih rendah ketimbang orang tua kita dari segi 'ranking', namun kita dengan orang tua kita sama-sama memiliki hakekat "manusia". Namun demikian "ilustrasi kita dan orang-tua" hanyalah sebuah ilustrasi, bukan berarti dalam penjelasan saya ini mengarahkan kepada sesuatu pemikiran Politeisme, saya tidak mau kemudian kita berdebat pada bentuk ilustrasinya. Allah mempunyai kepribadian yang Kompleks yang diluar nalar manusia, saat ini Ia dapat berada di samping saya, mendengarkan doa saya, pada saat yang sama Ia berada di tempat lain mendengarkan doa/ memberikan mujizat atas doa orang-orang lain yang berseru kepadaNya.

Allah itu Maha dalam kepribadianNya dan sangat pribadi dalam keMaha-anNya. Kita hanya dapat memahami Allah sejauh yang dapat kita pahami, kita mengenal Allah dan menggambarkan Allah secara manusiawi ('anthropomorf'), namun tentu saja Ia lebih dari yang dapat kita jabarkan dengan kata-kata. Ini ada contoh yang baik ; Raja Daud memaparkan pemahamannya terhadap Allah hanya sejauh yang bisa dipahaminya. Dan itu didapatkan dari pengalaman persekutuannya dengan Tuhan :

* Mazmur 139:1-24
139:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;
139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.
139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.
139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.
139:5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku.
139:6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.
139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
139:8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.
139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,
139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.
139:11 Jika aku berkata: "Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,"
139:12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.
139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.
139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.
139:17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!
139:18 Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau.
139:19 Sekiranya Engkau mematikan orang fasik, ya Allah, sehingga menjauh dari padaku penumpah-penumpah darah,
139:20 yang berkata-kata dusta terhadap Engkau, dan melawan Engkau dengan sia-sia.
139:21 Masakan aku tidak membenci orang-orang yang membenci Engkau, ya TUHAN, dan tidak merasa jemu kepada orang-orang yang bangkit melawan Engkau?
139:22 Aku sama sekali membenci mereka, mereka menjadi musuhku.
139:23 Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;
139:24 lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!

Pada dasarnya Allah adalah misteri tetapi sekaligus pribadi yang mudah diketahui dan dikenal. Pengetahuan dan pengenalan kita akan Allah itu terjadi sejauh Allah itu sendiri menyatakan diri-Nya kepada manusia. Jadi kalaupun manusia bisa mengetahui dan mengenal Allah karena Allah sendirilah yang memperkenalkan diri-Nya kepada manusia. Mustahil manusia mengetahui Allah dari daya pikirannya yang terbatas, karena Allah itu adalah tak terbatas dibandingkan dengan akal manusia yang sangat terbatas.

_______

2. Yesus tidak pernah menyebut dirinya Allah, bahkan dia menyebut Bapa sebagai Allah dan satu-satunya Allah yang telah mengutus dia. Lihat Yoh. 17:3.]

__________
JAWAB :


MEMAHAMI YOH 17:3 ..

MARI KITA CERMATI DENGAN DETAIL YOH 17:3...

Yohanes 17:3. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 


 bahwa KeEsaan Allah adalah Esa yang multikompleks, Allah bukan manusia, Allah juga bukan seonggok batu. Hakekat Allah itu diluar pemikiran manusia, kita hanya bisa menjabarkannya sebatas kapasitas tempurung otak kita. Allah itu ber-otoritas, Ketika Allah memutuskan Ia menjelma ke bumi sebagai manusia, bukan berarti ada bagian dari diriNya yang berkurang atau bahkan hilang. 

Mengenai Yesus diutus, tidak ada yang aneh bahwa Yesus Kristus yang kami imani adalah Allah, dapat diutus Bapa yang adalah Allah. 
Bapa mengutus Yesus Kristus sama halnya Allah mengutus Sang Firman, jadi bisa diartikan Allah mengutus Allah (baca selengkapnya Injil Yohanes pasal 1). 

Bandingkan dengan : 

* Yesaya 55:11 
LAI TB, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 
KJV, So shall my word be that goeth forth out of my mouth: it shall not return unto me void, but it shall accomplish that which I please, and it shall prosper in the thing whereto I sent it. 
Hebrew, 
כֵּן יִהְיֶה דְבָרִי אֲשֶׁר יֵצֵא מִפִּי לֹא־יָשׁוּב אֵלַי רֵיקָם כִּי אִם־עָשָׂה אֶת־אֲשֶׁר חָפַצְתִּי וְהִצְלִיחַ אֲשֶׁר שְׁלַחְתִּיו׃ 
Translit interlinear, KEN {demikian} YIHYEH {ia akan menjadi} DEVARI {firman-Ku} 'ASYER {yang} YETSE' {ia keluar} MIPI {dari mulut-Ku} LO'-YASYUV {tidak ia akan kembali} 'ELAY {kepada-Ku} REYQAM {sia-sia} KI {bahwa} 'IM-'ASAH {ia akan melaksanakan} 'ET-'ASYER {yang} KHAFATSTI {Aku berkenan} VEHITSLIAKH {dan ia berhasil} 'ASYER {yang} SYELAKHTIV {Aku utus kepadanya} 

Perhatikan bahwa "firman-Ku" itu selanjutnya menggunakan kata ganti orang ketiga. Selanjutnya perhatikan kata שלחתיו - SYELAKHTIV. Kata ini berasal dari kata שלח - SYALAKH, "mengutus", seperti Nuh "mengutus" seekor burung gagak dan merpati saat air bah, Tuhan "mengutus" malaikat-Nya (Kejadian 24:7), dan ini salah satu ayat populer dengan kata שלח - SYALAKH. 


* Keluaran 3:14 
LAI TB, Firman Allah kepada Musa: AKU ADALAH AKU Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus (SYALAKH) aku kepadamu." 
KJV, And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you. 
Hebrew, 
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־מֹשֶׁה אֶהְיֶה אֲשֶׁר אֶהְיֶה וַיֹּאמֶר כֹּה תֹאמַר לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶהְיֶה שְׁלָחַנִי אֲלֵיכֶם׃ 
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} 'EL-MOSYEH {kepada Musa} 'EHEYEH {Aku akan ada} 'ASYER {yang} 'EHEYEH {Aku akan ada} VAYO'MER {dan Dia berfirman} KOH {demikian} TO'MAR {engkau harus berkata} LIVENEI {kepada anak-anak} YISERA'EL {Israel} 'EHEYEH {Aku akan ada} SYELAKHANI {mengutus aku} 'ALEYKHEM {ke atas kalian} 

Bukankah Allah dapat "mengutus" firman-Nya seperti Yesaya 55:11 di atas?

Yesus Kristus "diutus" Bapa, datang ke dunia dalam daging (inkarnasi) untuk melakukan misi penyelamatan bagi umat manusia, sama sekali tidak mengecilkan Hakikat Yesus sebagai Allah.

APAKAH HIDUP YANG KEKAL ITU??ADA 2 POINT DALAM YOH 17:3...

1.MEREKA MENGENAL ENGKAU,SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR

2.DAN MENGENAL YESUS KRISTUS YANG TELAH ENGKAU UTUS.

YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA UNTUK UMAT ISLAM...JIKA YESUS KRISTUS ITU UTUSAN BIASA....SPT MUSA...
MENGAPA KOK PENGENALAN AKAN YDSUS KRISTUS DIKATEGORIKAN SEBAGAI JALAN MENUJU HIDUP YANG KEKAL?? =>BACA YOH 8:19=>.. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.";YOH 14:7=>.Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."=>SEKARANG INI KAMU MENGENAL DIA DAN KAMU TELAH MELIHAT DIA....MELIHAT ALLAH ITU SENDIRI...KONFIRM YOH 14:9-10...
JELAS SEKALI POINT KE 2 DIKATAKAN...MENGENAL YESUS KRISUS YANG TELAH ENGKAU UTUS....

JAWABANNYA HANYA 1 ..YAKNI YESUS KRISTUS ITU SEHAKEKAT DENGAN ALLAH ITU SENDIRI...BANYAK BUKTI DI ALKITAB YESUS SELALU MENGKAITKAN PENGENALAN AKAN ALLAH
ITU SAMA DENGAN PENGENALAN AKAN DIRINYA.....BUKTI...

>> YOH 16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.(MEREKA TIDAK MENGENAL BAIK BAPA MAUPUN AKU)

>> MAT 11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan TIDAK SEORANGPUN mengenal Anak selain Bapa, dan TIDAK SEORANGPUN mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 
(TIDAK SEORANGPUN MENGENAL ANAK SELAIN BAPA,DAN TIDAK SEORANGPUN MENGENAL BAPA SELAIN ANAK...DAN ORANG YANG KEPADANYA ANAK ITU BERKENAN MENYATAKANNYA..)

JADI PENGENALAN AKAN BAPA HANYA DAPAT MELALUI ANAK....KARENA DENGAN ANAK MENYATAKAN BAPA KEPADA SESEORANG MAKA ORANG TERSEBUT DAPAT MENGENAL ALLAH SECARA BENAR....DAN ITULAH HIDUP YANG KEKAL....BUKAN SEKEDAR IBADAH/MENYEMBAH ALLAH HIDUP YANG KEKAL....TETAPI MENGENAL ALLAH....MELALUI TUHAN YESUS....

SHG DITULISKAN...

YOH 8:19=>.. Jikalau sekiranya kamu mdngenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.";

YOH 14:7=>.Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."=>SEKARANG INI KAMU MENGENAL DIA DAN KAMU TELAH MELIHAT DIA....MELIHAT ALLAH ITU SENDIRI...KONFIRM YOH 14:9-10...


FLASH BACK SEBENTAR APAKAH YANG DIKEHENDAKI OLEH ALLAH SEBENARNYA???YAKNI PENGENALAN AKAN DIA...

Hos. 4:6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau
(UMAT-KU BINASA KARENA TIDAK MENGENAL ALLAH...)

Hos. 6:6 Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.
(IA[THEOS] LEBIH SUKA MANUSIA MELAKUKAN PENGENALAN AKAN DIRI-NYA DIBANDINGKAN DENGAN KORBAN BAKARAN...)

JADI PENGENALAN AKAN TUHAN ITU HAL YANG UTAMA MELEBIHI KORBAN BAKARAN(IBADAH/PENYEMBAHAN)...DAN UMAT-NYA BINASA KARENA TIDAK MENGENAL ALLAH....

MENURUT RASUL PAULUS ALLAH ITU ESA...[I KOR 8:4 => ...tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."...]

DAN MENURUT RASUL PAULUS ALLAH ITU TAK NAMPAK...DIMENSINYA TIDAK KASAT MATA...KRN ALLAH ITU ROH[YOH 4:24=THEOS O PNEUMA..]...

1Tim. 1:17 ... Allah yang kekal, yang TAK NAMPAK, YANG ESA! Amin.[ALLAH YANG ESA...DAN TAK NAMPAK...MENGAPA KRN ALLAH ITU ROH{THEOS O PNEUMA=YOH 4:24}]

KOLOSE 1:15 Ia(TUHAN YESUS) adalah gambar Allah yang tidak kelihatan,...[IA ADALAH GAMBAR ALLAH YANG TIDAK KELIHATAN..]

BAGAIMANA MANUSIA BISA MENGENAL SUATU PRIBADI YANG TAK NAMPAK DENGAN BENAR??MENGENAL TEMAN DEKETNYA SENDIRI TERKADANG SUSAH...APALAGI MENGENAL YANG TIDAK KASAT MATA???

MAKANYA ITU JALAN SATU-SATUNYA...SOLUSINYA ADALAH...IA DATANG SENDIRI...MENGUTUS DIRI-NYA SENDIRI..MENJELMA MENJADI MANUSIA MENEBUS UMAT MANUSIA DARI PEMBERONTAKAN TERHADAP DIRINYA....[YES 63:8-9;YES 63:16]

TEORI KE-SE-HAKEKATAN TUHAN YESUS DAN ALLAH(YOH 10:30=>AKU DAN BAPA SATU ADANYA) INILAH YANG DAPAT MEMBANTU MANUSIA MENGENAL THEOS DENGAN BENAR....SHG TUHAN YESUS BERKATA...

YOH 8:19=>.. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.";

YOH 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." 
(SEKIRANYA KAMU MENGENAL AKU,PASTI KAMU JUGA MENGENAL BAPA-KU...)

TANTANGAN:
>>ADAKAH MANUSIA SPT MUSA/MUHAMMAD BERKATA...JIKA KAMU MENGENAL AKU...KAMU KENAL JUGA DIA[THEOS]???

JADI YOH 17:3 => HIDUP YANG KEKAL ITU MENGENAL ALLAH,DAN MENGENAL YESUS....[YESUS YANG ADALAH UTUSAN....TETAPI SEHAKEKAT DENGAN ALLAH...YOH 12:45=>YG DIUTUS SAMA DENGAN YG MENGUTUS]
[SEKIRANYA MENGENAL ALLAH YANG TIDAK KASAT MATA TERLALU SULIT KRN ALLAH ITU ROH{YOH 4:24}....MAKA KITA DAPAT MENGENAL DIA MELALUI YESUS YANG ADALAH PERWUJUDAN ALLAH YANG KASAT MATA....]

IBRANI 1:3 Ia adalah cahaya kemtliaan Allah dan gambar wujud Allah =>YESUS ADALAH GAMBAR DAN WUJUD ALLAH...

KOLOSE 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan,...[IA ADALAH GAMBAR ALLAH YANG TIDAK KELIHATAN..]

ISA BERKATA...

[YOH 14:7...Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia...]

JADI HIDUP YANG KEKAL ADALAH MENGENAL ALLAH MELALUI TUHAN YESUS SECARA PRIBADI.....
_______________
3. Yesus adalah yang diurapi Allah berdasarkan Kis. 10:38. Apakah yang diurapi itu sama dengan yang mengurapi? Dan Roh Kudus sebagai �minyak�, apakah sama dengan yang mengurapi dan yang diurapi?
__________
JAWAB :

* Kisah 10:38
yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia. 

Roh Kudus yang sangat dekat dengan Kristus yang hampir tak dapat dipisahkan. Paulus bicara tentang 'Roh Kristus', 'Roh Allah', 'Roh Kudus' dan 'Roh' tanpa perbedaan:

* Roma 8:9
LAI TB, Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
KJV, But ye are not in the flesh, but in the Spirit, if so be that the Spirit of God dwell in you. Now if any man have not the Spirit of Christ, he is none of his. 
TR, υμεις δε ουκ εστε εν σαρκι αλλ εν πνευματι ειπερ πνευμα θεου οικει εν υμιν ει δε τις πνευμα χριστου ουκ εχει ουτος ουκ εστιν αυτου
Translit Interlinear, humeis {kamu} de {tetapi} ouk {tidak} este {adalah} en {dalam} sarki {daging} all {melainkan} en {dalam} pneumati {Roh} eiper {jika memang} pneuma {Roh} theou {Allah} oikei {diam/ tinggal} en {dalam} humin {kamu} ei {jika} de {tetapi} tis {ada orang} pneuma {Roh} khristou {Kristus} ouk {tidak} ekhei {mempunyai} houtos {(orang) ini} ouk {tidak} estin {termasuk/ adalah} autou {dari-Nya}

PENOLONG / PARAKLETOS YAITU ROH KUDUS=ROH KRISTUS....

Yoh. 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

Yoh. 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus,


FILIPI 1:19 .....pertolongan Roh Yesus Kristus.

KIS 16:6 ......Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.

KIS 16:7 ....tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

bandingkan :

* 2 Korintus 3:18
LAI TB, Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.
KJV, But we all, with open face beholding as in a glass the glory of the Lord, are changed into the same image from glory to glory, even as by the Spirit of the Lord.
TR, ημεις δε παντες ανακεκαλυμμενω προσωπω την δοξαν κυριου κατοπτριζομενοι την αυτην εικονα μεταμορφουμεθα απο δοξης εις δοξαν καθαπερ απο κυριου πνευματος
Translit Interlinear, hêmeis {kita} de {adapun} pantes {semua} anakekalummenô {(yang) telah disingkap} prosôpô {dengan muka} tên doxan {cahaya terang (lebih besar)} kuriou {Tuhan} katoptrizomenoi {(yang) memantulkan/ (seperti) melihat dalam cermin/ merenungkan} tên autên {sama} eikona {rupa (seperti Tuhan)} metamorphoumetha {kita sedang diubah (menjadi)} apo {dari} doxês {cahaya terang} eis {ke} doxan {cahaya terang} kathaper {(yang) dama seperti} apo {dari} kuriou {Tuhan} pneumatos {(yaitu) Roh }


Roma 1:4
LAI TB, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita. 

Ibrani 9:14
LAI TB, betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. 

Bandingkan pula dengan ayat yang menulis Kelahiran Yesus yang berasal dari Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah: 

* Matius 1:20
LAI TB, Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
LAI TL, Tetapi sedang ia berpikir demikian, kelihatanlah padanya di dalam mimpi seorang malaekat Tuhan, yang berkata, "Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau kuatir menerima Maryam itu menjadi isterimu, karena kandungannya itu terbitnya daripada Rohulkudus. 
KSI, Tetapi sementara ia memikirkan hal itu, malaikat Tuhan memperlihatkan diri kepadanya dalam mimpi. Malaikat itu berkata, "Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut menerima Maryam sebagai istrimu, karena anak yang ada dalam kandungannya itu berasal dari Ruh Allah.
KJV ,But while he thought on these things, behold, the angel of the LORD appeared unto him in a dream, saying, Joseph, thou son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife: for that which is conceived in her is of the Holy Ghost. 
TR, ταυτα δε αυτου ενθυμηθεντος ιδου αγγελος κυριου κατ οναρ εφανη αυτω λεγων ιωσηφ υιος δαβιδ μη φοβηθης παραλαβειν μαριαμ την γυναικα σου το γαρ εν αυτη γεννηθεν εκ πνευματος εστιν αγιου
Translit interlinear, tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} autou {dia} enthumêthentos {ketika memikirkan,} idou {perhatikanlah,} aggelos {Malaikat} kuriou {Tuhan} kat {didalam} honar {mimpi} ephanê {menampakkan dii} autô {kepada dia,} legôn {berkata,} iôsêph {Yusuf,} huios {anak (keturunan)} dabid {Daud} mê {janganlah} phobêthês {engkau merasa trakut} paralabein {untuk mengambil} mariam {Maria} tên gunaika {sebagai isteri} sou {mu,} to {(Anak yang)} gar {sebab} hen {didalam} autê {dia} gennêthen {terjadi/ dilahirkan} ek {of, berasal dari, keluar dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}

"Yesus lahir dari Roh Kudus," terjemahan ini agaknya sedikit kurang mengena, bandingkan dengan bahasa Inggris mempunyai kata yang sepadan : "gennêthen ek pneumatos estin hagiou" ; is begotten of the Holy Spirit;

Interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.}

Maka, secara kontekstual Matius1:20 mempunyai pengertian bahwa "anak yang di dalam kandungannya adalah Roh Kudus"

Hakikat Allah itu kompleks, pada saat Yesus dibabtis oleh Yohanes Pembabtis, Ketiganya nongol di depan umat ciptaanNya :

* Matius 3:16-17
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
__________
4. Yesus adalah Rasul dan Imam Besar berdasarkan Ibrani 3:1. Yesus sebagai Rasul yang diutus dan sebagai Imam besar tidak bisa menjadi Allah. Yesus adalah Rasul yang setia sebagaimana Musa, seorang manusia biasa yang dipilih Allah untuk menjadi Rasul. Lihat Ibr. 3:2; Yoh. 5:36.
________
JAWAB :
Yohanes 5:36 
Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.


Yesus menempatkan kesaksian yang lebih tinggi daripada kesaksian Yohanes Pembabtis. Sebab Sang Anak sendiri yang diutus memberi kesaksian. Pengenai pengutusan, bukan berarti menempatkan bahwa Yesus kurang daripada Allah. Karena Allah dapan mengutus Allah untuk suatu misi tertentu seperti yang telah dijelaskan pada Tanggapan YOH 17:3


Mengenai Ibrani 3:1, bandingkan tanggapan 3 di ATAS , bahwa kelahiran Yesus Kristus yang adalah Roh Kudus[MAT 1:20], tidak menempatkan Yesus sebagaimana Musa seorang manusia biasa.

* Ibrani 3:1 
LAI TB, Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,
KJV, Wherefore, holy brethren, partakers of the heavenly calling, consider the Apostle and High Priest of our profession, Christ Jesus; 
TR, οθεν αδελφοι αγιοι κλησεως επουρανιου μετοχοι κατανοησατε τον αποστολον και αρχιερεα της ομολογιας ημων χριστον ιησουν
Translit interlinear, hothen {sebab itu} adelphoi {hai saudara2} hagioi {yang kudus} klêseôs {(dalam) panggilan} epouraniou {surgawi} metokhoi {yg ikut serta} katanoêsate {perhatikanlah dg baik2} ton apostolon {Rasul} kai {dan} arkhierea {Imam Besar} tês homologias {dari isi pengakuan} hêmôn {kita} khriston {(yaitu) Kristus} iêsoun {Yesus}

Ibrani 3:1 diatas memiliki struktur kalimat yang dimaksud dalam Aturan Tata Bahasa Yunani yang dikenal dengan istilah "Granville Sharp's Rule", bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/granville-sharp-s-rule-vt2199.html

* Titus 2:13
LAI TB, dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, =>HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DUNIA(YES 43:11=>
Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. DAN ITULAH TUHAN YESUS =>YOH 4:42...Dialah(TUHAN YESUSLAH) benar-benar Juruselamat dunia...)...
KJV, Looking for that blessed hope, and the glorious appearing of the great God and our Saviour Jesus Christ;
TR, προσδεχομενοι την μακαριαν ελπιδα και επιφανειαν της δοξης του μεγαλου θεου και σωτηρος ημων ιησου χριστου
Translit interlinear, prosdekhomenoi {nantikan} tên makarian {yg penuh berkat} elpida {harapan} kai {dan} epiphaneian {penampakan} tês doxês {kemuliaan} tou {dari} megalou theou {Allah yang besar} kai {dan} sôtêros {Juruselamat} hêmôn {kita} iêsou khristou {Yesus Kristus}

Jikalau dalam Ibrani 3:1 si penuduh dapat memahami bahwa Yesus Kristus adalah Rasul dan Nabi, seharusnya si penuduh dapat memahami pula dalam Alkitab kita banyak tertulis bahwa Yesus Kristus adalah Allah (conton: Titus 2:13 ini)

Dari kaidah tata bahasa Yunani Titus 2:13 dan Ibrani 3:1 merujuk kepada pribadi yang sama.

Sekarang kembali kepada persoalan Ibrani 3:1, Yesus Kristus memiliki banyak gelar, di antaranya "Nabi".( Matius 21:11, Lukas 7:16, Yohanes 9:17) dan Rasul, bahkan Hamba, namun apakah hal-hal tersebut akan mengecilkan bahwa Ia adalah Allah? Tidak!

Yang biasa dipersoalkan adalah keadaan dimana Yesus inkarnasi, yang memang pada saat ini Ia sedang mengosongkan diri. Ketika Yesus datang ke dunia dalam wujud manusia, Yesus berada dalam batasan-batasan inkarnasi sehingga posisi Bapa saat itu adalah lebih besar. Yesus dalam status inkarnasi di dunia ini yang memang lebih rendah. Namun ketika Yesus naik ke surga maka Yesus yang adalah Allah itu sendiri kembali dalam pada eksistensiNya yang hakiki :

* Ibrani 2:9
Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

* Filipi 2:5-11
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!


Dalam Ibrani pasal 3 perhatikanlah ayat 3-6:

* Ibrani 3:1-6
3:1 Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,
3:2 yang setia kepada Dia yang telah menetapkan-Nya, sebagaimana Musa pun setia dalam segenap rumah-Nya.
3:3 Sebab Ia dipandang layak mendapat kemuliaan lebih besar dari pada Musa, sama seperti ahli bangunan lebih dihormati dari pada rumah yang dibangunnya.
3:4 Sebab setiap rumah dibangun oleh seorang ahli bangunan, tetapi ahli bangunan segala sesuatu ialah Allah.
3:5 Dan Musa memang setia dalam segenap rumah Allah sebagai pelayan untuk memberi kesaksian tentang apa yang akan diberitakan kemudian,
3:6 tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan yang kita megahkan.

Ibrani Pasal 3:1-6 secara keseluruhan menyatakan Kristus lebih tinggi dari Musa. Ayat 3-5 memakai kiasan tentang "rumah." Dimana perbedaan antara Kristus dengan Musa? Kristus membangun rumah; Musa melayani di rumah itu. Dengan cara yang sama, perjanjian yang lama diperhadapkan secara sekilas dengan perjanjian yang baru. Akan tetapi, yang ditekankan adalah kesetiaan. Di dalam kedudukan yang tanpa tandingan, Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya (Ayat 6).
"Rumah-Nya ialah kita", mengacu kepada orang-orang percaya, himpunan orang-orang yang telah ditebus oleh Allah, yang imannya adalah iman yang berkesinambungan. Iman mereka dinyatakan dalam tindakan mereka yang teguh berpegang pada kepercayaan.

Kitab Ibrani justru banyak menuliskan keunggulan Kristus, sebagai Nabi, sebagai Rasul,sebagai Imam, dan lebih Unggul dari Malaikat, karena Dia adalah Allah sendiri....


________
5. Yesus adalah penyampai pesan Allah Yang Esa kepada manusia berdasar 1 Tim. 2:5.

____________
JAWAB :


1 Timotius 2:5 
LAI TB, Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, 
KJV, For there is one God, and one mediator between God and men, the man Christ Jesus; 
TR, εις γαρ θεος εις και μεσιτης θεου και ανθρωπων ανθρωπος χριστος ιησους 
Translit Interlinear, heis {esa} gar {karena} theos {Allah} heis {esa} kai {pula} mesitês {pengantara (pendamai)} theou {(diantara) Allah} kai {dan} anthrôpôn {manusia} anthrôpos {(yaitu) manusia} khristos {Kristus} iêsous {Yesus}

Penyebutan Yesus sebagai "Pengantara yang Esa" bersifat eksklusif dan hanya dapat dipakai oleh satu pihak saja. Justru inilah pernyataan yang paling tajam dan paling tegas mengenai keilahian manusia Kristus. Juga tercakup di dalam ide mengenai Pengantara yang Esa itu bahwa Dia pastilah Allah (Ibrani 7:22, 8:6; 9:15; 12:24). Oknum inilah yang menyerahkan diriNya sebagai tebusan bagi banyak orang. Penyebutan "Pengantara yang Esa" menandakan suatu paralelisme, sebagai Allah satu-satunya, Dia bertindak langsung dan dengan satu cara juga terhadap semua orang (lihat Roma 3:29; 30, 10:12). Allah inkarnasi sebagai Yesus Kristus, kemanusiaan-Nya sebagai pengantara yang satu-satunya antara Allah dengan manusia, menambahkan bukti-bukti bahwa keselamatan disediakan Allah dalam Dia sendiri untuk semua manusia.

PENGANTARA YANG ESA ITU DAPAT MENYELAMATKAN SEMUA ORANG DENGAN SEMPURNA....
IBR 7:25 Karena itu Ia(TUHAN YESUS) sanggup juga MENYELAMATKAN dengan SEMPURNA semua orang....

KARENA DIALAH ALLAH ITU SENDIRI....HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DUNIA(YES 43:11=>Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. DAN ITULAH TUHAN YESUS =>YOH 4:42...Dialah(TUHAN YESUSLAH) benar-benar Juruselamat dunia...

Jikalau oleh si penuduh ayat di 1 Timotius 2:5 itu dipandang sebagai Yesus "bukan Allah," kita harus melihat pihak lain Rasul Paulus sebagai sang penulis Kitab jelas menulis bahwa Yesus Kristus adalah Allah (lihat Titus 2:13, 2 Tesalonika 1:12). Rasul Paulus tentu tidak menuliskan hal-hal yang bertentangan, setiap tulisannya akan mempertegaskan satu sama lain bahwa Yesus Kristus adalah Allah, sebagaimana yang dituliskan juga dalam:

* 2 Tesalonika 1:12
LAI TB, sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus.
KJV, That the name of our Lord Jesus Christ may be glorified in you, and ye in him, according to the grace of our God and the Lord Jesus Christ.
TR, οπως ενδοξασθη το ονομα του κυριου ημων ιησου χριστου εν υμιν και υμεις εν αυτω κατα την χαριν του θεου ημων και κυριου ιησου χριστου
Translit interlinear, hopôs {sehingga} endoxasthê {dimuliakan} to onoma {nama} tou kuriou {Tuhan} hêmôn {kita} iêsou {Yesus} khristou {Kristus} en {di dalam} humin {kalian} kai {dan} humeis {kalian} en {di dalam} autô {Dia} kata {menurut} tên kharin {anugerah} tou theou {Allah} hêmôn {kita} kai {dan/ juga} kuriou {Tuhan} iêsou {Yesus} khristou {Kristus} 

________
6. Yesus adalah pembela orang beriman, maka ia berbeda dengan Allah, yang kepada Allah ia mengutarakan pembelaannya atas orang-orang beriman. Dan Yesus sebagai yang mati tentu berbeda dengan Allah. Lihat Roma 8:34.

7. �Kepala� Yesus adalah Allah, maka Yesus berbeda dengan Allah. Jika Yesus sama dengan Allah, maka semua perempuan = semua laki-laki = Yesus = Allah. berarti kita semua adalah Allah. Lihat 1 Korintus 11: 3.


8. Yesus adalah milik Allah. Yang Memiliki tentu berbeda dengan yang dimiliki. Lihat 1 Kor. 3:23.


9. Yesus berkata bahwa Bapanya lebih besar dari siapa pun. Dan Bapa lebih besar dari Anak. Maka Yesus bukan Allah. Lihat Yoh. 10:29; 14:28.


10. Yesus menolak untuk disebut atau disamakan dengan Allah berdasarkan Mat. 19:17, untuk lebih jelas lagi, lihat versi Inggris dari Alkitab. Itu pun kalau Anda percaya kepada Alkitab versi Inggris.


11. Yesus menyebut Bapa sebagai Allah berdasarkan Yohanes 20: 16. Maka Yesus bukanlah Allah, mana mungkin Yesus adalah Allah sedangkan dia menyebut Bapa sebagai Allahnya, yang dia sembah, dan sebagai Allah Kristian. Bapa itulah -dan bukannya Yesus- Allah Kristian.


12. Allah itu tidak mati dan tidak tampak (1 Tim. 6:16; Yoh. 4:24), sedangkan Yesus adalah mati dan terlihat oleh manusia (Lukas 24:39).


13. Hanya ada satu Allah, tetapi manusia menjadikan yang lain sebagai allah. Lihat 1 Kor. 8:5-6. Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, � dan satu tuan (lord) saja, yaitu Yesus. [1Kor. 8:6]


14. Kekuasaan Yesus adalah pemberian, bukan dari dirinya sendiri. Lihat Mat. 28:18; 9:8. Yesus hanya manusia yang diberi kuasa. Keajaiban dan mukjizat Yesus adalah dari Allah, sebagaimana Yohanes juga telah mendapatkan keajaiban dan kekuatan dari Allah, bukan dari dirinya sendiri. Lihat Matius 21:23-27,12:28; Mark. 11: 27-33; Luk. 20:1-8; Yohanes 14:10..


15. Yesus melakukan keajaiban-keajaiban dengan Nama Bapa, bukan dengan kekuatannya sendiri. Lihat Yohanes 10:25.


16. Doktrin yang diajarkan Yesus bukanlah berasal darinya, tetapi doktrin dari Allah yang mengutus dia. Yesus hanyalah utusan Allah yang mengajarkan doktrin dari Allah. Lihat Yohanes 7:16-17.


17. Yesus hanya mengikuti instruksi dari Bapa. Lihat Yohanes 8:28. Yesus hanya pesuruh Allah.


18. Hidup dan kuasa Yesus adalah pemberian Bapa. Yohanes 5:26-27.


19. Pengetahuan Yesus bergantung pada Bapa. Lihat Yohanes 5:19-20.


20. Yesus tidak menyeru manusia agar menghormatinya, tetapi agar menghormati Bapa. Lihat Yohanes 8: 49-50.


21. Yesus bukanlah Allah/Bapa. Sebab Yesus berkata: �Jikalau aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikit pun tidak ada artinya. Bapakulah yang memuliakan aku, yang mana kamu berkata: Dia adalah Allah kami.�. Lihat Yohanes 8:54. Yesus tidak merasa pantas untuk mengangkat dirinya. Akab tetapi dia tahu bahwa Bapa telah memilih dia. Yesus tidak mungkin Allah. Sebab Allah pantas untuk mengangkat dan mengagungkan dirinya sendiri.


22. Yesus tahu bahwa ia datang bukan atas kehendaknya sendiri, dia adalah milik Allah, datang dari Allah dan kepada Allah ia akan kembali. Kita juga demikian, kita semua adalah milik Allah, dalam kekuasaan Allah, kita datang dari Allah, dan akan kembali kepada Allah untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kita. Lihat Yohanes 8:42; 7:28; 13:3. Adapun orang-orang durhaka dan ingkar, mereka adalah pengikut-pengikut Iblis. Mereka adalah anak-anak Iblis. Mereka adalah partai Iblis. Bukan partai Allah.


23. Yesus menyangkal bahwa ia memiliki kemahakuasaan. Dia berkata: �Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri.� [Yoh. 5:30]


24. Yesus menyangkal bahwa ia memiliki kemahatahuan. Dia berkata: Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan anak pun tidak, hanya Bapa sendiri. [Matius 24: 36; Markus 13:32].


25. Yesus pernah dicobai Iblis (Mat. 4:1; Ibr. 2:18; 4:15), sedangkan Allah tidak mungkin dicobai Iblis. �Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat.� [Yakobus 1:13]


26. Yesus adalah manusia dan anak manusia (Kis. 2:22 dan Luk. 22: 69). Sedangkan �Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta. Bukan anak manusia, sehingga ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?� [Bilangan 23: 19]

27. Yesus berdarah-daging (Lukas 24:39). Sedangkan Allah itu Roh/Spirit (Yohanes 4:24)


28. Yesus berubah, tumbuh (2:52). Sedangkan Allah tidak berubah. �Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.� [Yakobus 1:17]


29. Yesus tidak kekal, Yesus nampak, Yesus mati (1 Korintus 15:3). Yesus bukan Allah. �Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.� [1 Timotius 1:17] (Berdasar Yeremiah 10:10 Yahweh adalah Raja segala zaman, bukan Yesus)


30. Yesus merasakan letih (Yohanes 4:6). Seangkan �Tuhan Ialah Allah Kekal Yang Menciptakan bumi dari ujung ke ujung. Ia tidak menjadi lelah dan tidak lesu.� [Yesaya 40: 28]


31. Dalam Lukas 6:12 dikatakan bahwa Yesus berdoa kepada Allah. Jika Yesus itu Allah mengapa ia harus berdoa semalaman. Jika Yesus itu Allah, dia cukup berbuat apa yang dia kehendaki. Maka nyatalah bahwa Yesus bukan Allah. Yesus berdoa kepada Allah dan takluk kepada Kehendak Allah.


32. Yesus mengucapkan syukur kepada Bapa yang telah mendengarkan dia. Bapa, aku mengucap syukur kepadaMu, karena Engkau telah mendengarkan Aku [Yohanes 11:41] Jika Yesus adalah Allah, mengapa ia bersyukur kepada Bapa? Dan mengapa Yesus ingin agar mereka percaya bahwa Bapalah yang telah mengutus Yesus? Maka ini menunjukkan, bahwa Yesus tidak pernah berkata kepada orang Israel bahwa dirinya adalah Allah. Dia justeru berkata bahwa dia adalah utusan Allah, akan tetapi orang Israel tidak semuanya percaya bahwa Yesus adalah utusan Allah.


33. Dalam Matius 9:2,3,8 kita dapat melihat bahwa orang Israel membedakan antara Yesus dan Allah. Dan orang-orang memandang kagum akan mukjizat serta memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa kepada Yesus, seorang manusia.


34. Dalam Yohanes pasal 17, Yesus menunjukkan bahwa Bapa adalah satu-satunya Allah yang benar, adapun Yesus hanyalah utusan Allah [ayat 3], Yesus adalah pengemban tugas dari Allah [ayat 4], orang Israel yang beriman menuruti firman Bapa, bukan perkataan Yesus [ayat 6], semua yang diberikan kepada Yesus berasal dari Bapa, bukan dari dirinya sendiri [ayat 7], Yesus hanya menyampaikan firman Allah kepada orang Israel, dan orang Israel yang beriman telah percaya bahwa Bapalah yang telah mengutus Yesus [ayat 8]. Adapun kata-kata �supaya mereka menjadi satu sama seperti kita,� maksudnya adalah bahwa �mereka menjadi satu kesaksian yaitu sama-sama mengakui bahwa Bapa adalah satu-satunya Allah yang benar, dan Yesus adalah utusan Allah,� bukannya �agar mereka sama menjadi Allah� [ayat 11, 21,23]. Yesus juga meminta kepada Bapa, agar setelah Yesus meninggalkan mereka, Bapa berkenan untuk menjaga mereka agar tetap dalam keimanan yang lurus. Sebab selama Yesus masih di dunia, mereka adalah tanggungjawab Yesus karena Bapa telah menyerahkan mereka kepada Yesus, tapi kini Yesus akan pergi dari dunia kepada Bapa. Maka Yesus mengem-balikan mereka kepada Bapa untuk dijaga.


35. Dalam Matius 26:39 ditunjukkan bahwa Yesus menyerah kepada kehendak Bapa. Dia berbuat bukan dengan kehendaknya sendiri, tetapi dengan kehendak Bapa. Jika Yesus adalah Allah, maka dia bebas untuk memilih sesuai apa yang dikehendakinya, bukan takluk kepada kehendak Bapa.


36. Dalam Matius 27:45 dikatakan bahwa Yesus berteriak, �Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku?� Dapatkah orang seperti ini disebut Allah yang sebenarnya? Dapatkah orang yang menyeru selain dirinya [yaitu Bapa] sebagai Allahnya disebut Allah Yang Mahatinggi? Jika Yesus itu Allah yang sebenarnya, mengapa ia memanggil Bapa sebagai Allahnya? Bukankah hanya ada satu Allah yang benar?


37. Yesus tidak pernah menunaikan pemujaan kepada dirinya sendiri, sang anak, tidak pula kepada roh kudus, tetapi ia menunaikannya kepada Bapa.


38. Yesus tidak pernah menyuruh pengikutnya untuk berbakti kepada dirinya atau kepada roh kudus, tetapi kepada Bapa semata, �Jika kamu berdoa katakanlah, �Bapa dikuduskanlah nama-Mu.�� [Lukas 11:2] �Penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa.� [Yohanes 4:23]


39. Bukanlah kebiasaan para apostle untuk menunaikan kebaktian kepada Kristus, akan tetapi kepada Bapa.


40. Bahkan Paulus berkata, �syukur kepada Allah, yang memberi kami kemenangan melalui tuan kami, Yesus Kristus,� 1 Kor.15:57. Dalam ayat ini Paulus membedakan antara Bapa sebagai Allah dan Yesus sebagai the lord [tuan, bukan Tuhan]. Lihat pula pembedaan ini dalam Filipi 2:11. Dan ingat kata lord yang disandangkan kepada Yesus bukan berarti Tuhan, melainkan tuan. Sebab penguasa sesungguhnya adalah Bapa, bahkan Yesus berada dalam kekuasaan Bapa. Bapa adalah Tuhan semesta alam, Tuhan langit dan bumi, Tuhan kita dan Yesus. Bapa adalah Tuhan Yang sesungguhnya.


41. Allah mengkaruniakan wahyu kepada Yesus, maka Yesus bukanlah Allah, lihat Wahyu 1:1.


42. Jika kita membuka Ibrani 2:9, maka kita akan bertanya, mungkinkah Yesus itu Allah? Jika Yesus itu Allah, bagaimana ia bisa lebih rendah dari malaikat?


43. Dalam Matius 12:18 kita dapat melihat bahwa Yesus adalah hamba Allah. Hamba Allah tidak mungkin sama dengan Allah yang dia sembah.


44. Dalam Yohanes 8:29 kita dapat melihat bahwa Yesus adalah utusan Allah, dan Allah selalu menyertainya dan tidak meninggalkannya sendiri, dan Yesus berbuat sesuai apa yang disenangi/diridoi Allah.


45. Dalam Lukas 2:52 kita dapat melihat bahwa Yesus bertambah besar hikmatnya, berarti ia berubah, sedangkan Allah itu kekal, tidak berubah. Dan Yesus makin disenangi Allah dan manusia. Disini jelas terdapat perbedaan antara Allah Yang menyenangi Yesus, dan Yesus yang disenangi Allah. Allah tidak sama dengan Yesus."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

tonwsh mengatakan...

Sangat disayangkan pak TI, jawaban tentang John 10:30 sudah banyak di media internet, Aku (Yesus) dan Bapa (Allah Bapa) adalah dalam pengartian metafor artinya TIDAK secara letterlijk sepert halnya HOT DOG sosis dan rotinya menjadi satu ..... TAPI arti dan maksudnya adalah bahwa APA yang dikatakan ALLAH Bapa ya sama seperti APA yang dikatakan YESUS

Poskan Komentar