TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Lembu SAPI Vs Hajar ASWAD....penghapus dosa...

Bang Sumin8:00pm Sep 21


Transformasi Indonesia = ANDA MENGATAKAN: ""saya heran umat islam dengan menyentuh HAJAR ASWAD dosanya diampuni"".

TANGGAPAN SAYA:
SAYA HERAN DENGAN KRISTEN....DAGING LEMBU/DOMBA KOQ BISA MENEBUS DOSA....SILAHKAN LIHAT DI ALKITAB ANDA BERIJUT INI:

Imamat 4
4:20 Beginilah harus diperbuatnya dengan lembu jantan itu: seperti yang diperbuatnya dengan lembu jantan korban penghapus dosa, demikianlah harus diperbuatnya dengan lembu itu. Dengan demikian imam itu mengadakan pendamaian bagi mereka, sehingga mereka menerima pengampunan.

Imamat 4
4:26 Tetapi segala lemak harus dibakarnya di atas mezbah, seperti juga lemak korban keselamatan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya, sehingga ia menerima pengampunan.

DENGAN MEMBAKAR DAGING SAPI DAN LEMAKNYA DAPAT MENGAMPUNI DOSA MENURUT ALKITAB ANDA !! AYO!! APA KOMENTAR ANDA ???? APA BEDANYA HAJAR ASWAD SAMA DAGING SAPI??? SILAHKAN DI JELASKAN BRO....SESUAI KONTES
___________
Jawab :

JIKA DIBACA SECARA UTUH Korban Penghapusan Dosa (Imamat 4:1-35) ; "darah"
 
PENGAMPUNAN dalam Hk.QISAS YANG DIANUT OLEH ISLAM JUGA....

NERACA(QS 21:47;QS 7:9;QS 23:102)....NERACA INI SEBENARNYA INGIN MENJELASKAN BAHWA DALAM AKIDAH ISLAM MENGANUT HUKUM QISAS....

Q 21:47 Kami akan memasang TIMBANGAN YANG TEPAT...Kami(ALLAH) sebagai pembuat PERHITUNGAN.

PERHITUNGAN APA YANG DIMAKSUD?
DALAM ISLAM DIKENAL QISAS ....ALLAH SANGAT MENEGAKKAN PERHITUNGAN NYAWA GANTI NYAWA....

Qisas (bahasa arab: قصاص) adalah istilah dalam hukum islam yang berarti pembalasan (memberi hukuman yang setimpal), mirip dengan istilah "hutang NYAWA dibayar NYAWA". .... 

>"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kamu QISHASH....[Al Baqarah:178]

>"Dan Kami tetapkan atas mereka di dalamnya (Taurat) bahwa JIWA(NYAWA) dibalas dengan JIWA(NYAWA), mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka pun ada Qisasnya. ... [Al Maa-idah:45]

>"Dan dalam qishaash itu ADA (jaminan kelangsungan) HIDUP BAGIMU, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa" (QS Al-Baqarah:179)

LEX TALIONIS
Selain mengenal Dosa = Hutang. Orang-orang Yahudi sejak Perjanjian Lama telah mengenal Hukum Pembalasan setimpal (Lex Talionis)

* Ulangan 19:21 LAI TB, Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, sebab berlaku: nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki. 

KESEPAHAMAN QURAN DAN TAURAT TTG QISAS....
>[Al Maa-idah:45] =>..... jiwa(NYAWA) dibalas dengan jiwa(NYAWA)....
>Ulangan 19:21 =>....nyawa ganti nyawa....
Dosa = Hutang, Dosa upahnya maut(ROMA 6:23a;YEH 18:4;YEH 18:20), artinya Dosa harus dibayar dengan Nyawa. NYAWA GANTI NXAWA!


>>Dan DALAM QISHAASH itu ADA (jaminan kelangsungan) HIDUP BAGIMU..(QS Al-Baqarah:179)
DALAM QISAS ITU ADA HIDUP BAGIMU(Q 2:179)....HIDUP SPT APA YANG DIMAKSUD?ADA KESELAMATAN DALAM QISAS....

KESELAMATAN NYAWA ANDA dibayar dengan NYAWA....



Ketentuan Korban penghapusan dosa/kesalahan/pelanggaran keseluruhannya adalah dengan "menumpahkan darah". Dalam Imamat dicatatat macam-macam korban sbb :
- Korban bakaran (Imamat 1:1-17); darah
- Korban Sajian (Imamat 2:1-16) ; tepung/ minyak
- Korban Kedamaian/keselamatan (Imamat 3:1-17) ; darah
- Korban Penghapusan Dosa (Imamat 4:1-35) ; darah
- Korban Pelanggaran (Imamat 5:1-13) ; darah, (orang miskin boleh memakai tepung dibakar diatas korban "darah" binatang orang lain). 
- Korban penebus salah (Imamat 5:14-19; 6:1-7) ; darah 

Kejadian 50:17LAI TB, Beginilah harus kamu katakan kepada Yusuf: Ampunilah (NÂSÂ') kiranya kesalahan saudara-saudaramu dan dosa mereka, sebab mereka telah berbuat jahat kepadamu. Maka sekarang, ampunilah (NÂSÂ') kiranya kesalahan yang dibuat hamba-hamba Allah ayahmu." Lalu menangislah Yusuf, ketika orang berkata demikian kepadanya. KJV, So shall ye say unto Joseph, Forgive, I pray thee now, the trespass of thy brethren, and their sin; for they did unto thee evil: and now, we pray thee, forgive the trespass of the servants of the God of thy father. And Joseph wept when they spake unto him.Hebrew, 
כֹּה־תֹאמְרוּ לְיֹוסֵף אָנָּא שָׂא נָא פֶּשַׁע אַחֶיךָ וְחַטָּאתָם כִּי־רָעָה גְמָלוּךָ וְעַתָּה שָׂא נָא לְפֶשַׁע עַבְדֵי אֱלֹהֵי אָבִיךָ וַיֵּבְךְּ יֹוסֵף בְּדַבְּרָם אֵלָיו׃
Translit, KOH-TO'MRÛ LEYÔSÊF 'ÂNÂ' SÂ' NÂ' PESYA' 'AKHEYKHA VEKHATÂ'TÂM KÎ-RÂ'ÂH GEMÂLÛKHA VE'ATÂH SÂ' NÂ' LEFESYA' 'AVDÊY 'ELOHÊY 'ÂVÎKHA VAYÊVEKH YÔSÊF BEDABERÂM 'ÊLÂV

Kata נשא - NÂSÂ' berarti membawa, menggambarkan secara hidup dosa diangkat dari si pendosa lalu dibawa jauh.


Imamat 4:20LAI TB, Beginilah harus diperbuatnya dengan lembu jantan itu: seperti yang diperbuatnya dengan lembu jantan korban penghapus dosa, demikianlah harus diperbuatnya dengan lembu itu. Dengan demikian imam itu mengadakan pendamaian (KÂFAR) bagi mereka, sehingga mereka menerima pengampunan (SÂLAKH). KJV, And he shall do with the bullock as he did with the bullock for a sin offering, so shall he do with this: and the priest shall make an atonement for them, and it shall be forgiven them.Hebrew, 
וְעָשָׂה לַפָּר כַּאֲשֶׁר עָשָׂה לְפַר הַחַטָּאת כֵּן יַעֲשֶׂה־לֹּו וְכִפֶּר עֲלֵהֶם הַכֹּהֵן וְנִסְלַח לָהֶם׃
Translit, VE'ÂSÂH LAPÂR KA'ASYER 'ÂSÂH LEFAR HAKHATÂ'T KÊN YA'ASEH-LÔ VEKHIPER 'ALÊHEM HAKOHÊN VENISLAKH LÂHEM



Imamat 4
4:26 Tetapi segala lemak harus dibakarnya di atas mezbah, seperti juga lemak korban keselamatan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian (KÂFAR) bagi orang itu karena dosanya, sehingga ia menerima pengampunan (SÂLAKH) .

סלח - SÂLAKH berarti mengampuniכפר - KÂFAR berarti penebusan dan סלח - SÂLAKH senantiasa dipakai mengenai pengampunan ilahi, נשא - NÂSÂ' dikenakan juga kepada pengampunan insani.


PENGAMPUNAN HANYA ADA MELALUI NYAWA GANTI NYAWA...
Imamat 17:11
Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku(ALLAH) TELAH MEMBERIKAN DARAH ITU KEPADAMU di atas mezbah untuk mengadakan PENDAMAIAN bagi NYAWAMU, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.
&nbsp: =>DARAH MENDAMAIKAN DENGAN PERANTARAAN NYAWA....

Ibrani 9:22, LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan TANPA PENUMPAHAN DARAH(NYAWA) TIDAK ADA PENGAMPUNAN.

DENGAN KATA LAIN PENGAMPUNAN ILAHI HANYA TERDAPAT MELALUI KORBAN NYAWA....SEBAB DALAM AKIDAH HK.QISAS NYAWA DIBAYAR NYAWA....DALAM HUKUM QISAS ADA HIDUP/KESELAMATAN BAGIMU =>DALAM QISHAASH itu ADA (jaminan kelangsungan) HIDUP BAGIMU..(QS Al-Baqarah:179)


KESELAMATAN NYAWA ANDA DIGANTI NYAWA-NYA DALAM KRISTUS(YES 53:3-5)=>.... analogi untuk Yesus Kristus yang menanggalkan jubah keilahianNya dan turun ke dunia menjadi manusia demi untuk membayar harga MAUT di kayu salib, yang tidak sanggub dibayar oleh si pendosa sendiri yang sudah terhukum mati. Yesus telah mengatakannya secara lurus, tanpa usah tafsiran, bahwa  ‘Anak Manusia (Yesus) datang untuk memberikan nyawaNya menjadi TEBUSAN(nyawa) bagi banyak orang’ (Markus 10:45).

KARENA CUKUP JELAS HUKUMAN UNTUK DOSA ADALAH KEMATIAN(MAUT)=>YEH 18:4;YEH 18:20;ROMA 6:23a...=>SUATU KETENTUAN YANG TIDAK BISA DIUBAH SEENAKNYA OLEH ALLAH...KARENA IA MAHA ADIL...MAHA MENUNTUT...

Mazmur 116:5 
LAI TB, TUHAN adalah pengasih dan ADIL, Allah kita penyayang.

MAUT ITULAH YANG DITANGGUNG OLEH-NYA(YES 53:3-5)...JADI KONSEP PENEBUSAN DOSA JUGA MEMPERHITUNGKAN DOGMA QISAS ITU SENDIRI....ARTINYA ALLAH TIDAK BISA SEENAKNYA MENGABAIKAN DOSA/KESALAHAN.....ITU TERGAMBAR JELAS DALAM METODA NERACA...ALLAH BENAR-BENAR MEMPERHITUNGKAN KESALAHAN DAN DOSA MANUSIA....DOSA DAN PELANGGARAN TIDAK BISA DIGANTIKAN DENGAN AMAL SALEH....KARENA PASTI AKAN SELALU TIDAK SEBANDING....

SHG DITULISKAN ...

The Living Bible untuk 
>1 Yohanes 2:2, (dalam bahasa Indonesia) sbb : "Dialah yang MENANGGUNG HUKUMAN ALLAH karena dosa kita, dan membawa kita kepada persekutuan dengan Allah." 


>1 Yohanes 2:2 
LAI TB, Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.


>Yohanes 1:29 
LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. 


>1 Yohanes 4:10
LAI TB, Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. 


BF Westcott dalam buktnya, The Epistle of St John, p 44 menulis : 

Kristus sendiri menjadi Pendamaian tersebut (perhatikan bentuk waktu kini)/ "Kristus dikatakan merupakan "Pendamaian" dan bukan hanya "Pengantara" (seperti gelar kepada Sang Juruselamat, 1 Yohanes 4:14), untuk menekankan pandangan bahwa Ia sendiri yang menjadi Kurban Pendamaian dan juga Sang Imam (bandingkan Roma 3:25). Seorang Pengantara dapat memakai sarana pendamaian yang diluar diriNya. Namun Allah karena kasihNya mengorbankan diriNya sendiri sebagai Pendamaian itu. 

Pendamaian adalah untuk segala dosa kita. Kata "untuk" (Yunani, "περι – peri"), berkenaan dengan bukan 'demi dosa kita' saja tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. Menandakan bahwa tidak ada batas untuk pelunasan yang adalah Kristus sendiri dalam hubungan dengan dosa dunia (Yunani, κοσμος – kosmos), seperti dalam Yohanes 3:16 yang berarti seluruh umat manusia. 

YOH 3:16=> Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.  ADALAH PERWUJUDAN YER 31:3 =>...Aku(ALLAH) mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

2 Kor 5:19 => NKJV that is, that GOD was in Christ reconciling the world to HIMSELF,…=>TUHAN YESUS MENDAMAIKAN DUNIA INI DENGAN DIRI-NYA SENDIRI…(KONFIRM YOH 14:10;YOH 14:11;YOH 10:38…bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa….)

Perlu dipahali bahwa pandangan bahwa Tuhan Yesus Kristus menebus dosa-dosa seluruh manusia yang tak terbatas (Unlimited) atau yang diberi istilah pandangan general atonement bukanlah orang-orang universalis atat yang berpendirian bahwa pada saat terakhir semua orang akan selamat. Penebusan adalah "universal" dalam lingkup dan tujuannya tetapi terbatas (limited) dalam aplikasinya. Yaitu kepada mereka yang percaya kepadaNya.terjemahan The Living Bible untuk 1 Yohanes 2:2, (dalam bahasa Indonesia) sbb : "Dialah yang MENANGGUNG HUKUMAN ALLAH karena dosa kita, dan membaw` kita kepada persekutuan dengan Allah." JADI DENGAN  PENEBUSAN HUKUMAN ALLAH MASIH DIPERHITUNGKAN....TETAPI HUKUMAN ITU DITANGGUNG OLEH-NYA(YES 53:3-5)


Kematian kurban itu sudah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama dalam Yesaya 52:13 sampai dengan Yesaya 53:1-12 dengan judul perikop HAMBA TUHAN yang MENDERITA. Dituliskan tentang kedatangan seorang Hamba yang akan berkorban, dinubuatkan sejak awal bahwa Ia akan menderita, dihina, dianiaya dan mati sebagai korban tebusan bagi umat yang seharusnya dihukum mati karena dosa-dosanya. 

Ia sendiri berkata dalam :

> Lukas 24:26 
LAI TB, Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?
KJV, Ought not Christ to have suffered these things, and to enter into his glory?
TR, ουχι ταυτα εδει παθειν τον χριστον και εισελθειν εις την δοξαν αυτου
Translit, oukhi tauta edei pathein ton khriston kai eiselthein eis tên doxan autou


Jadi, berlainan dengan martir, kematian Yesus tidak ada hubungannya dengan emosi, kebencian atau karena iming-iming mendapat upah surgawi malainkan justru bertujuan membayar harga tebusan yang dapat langsung menyelamatkan jiwa umatNya. Dan kematian-kurban ini dinyatakan dalam perkataan Yesus sendiri :


> Yohanes 10:11,17-18
10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya
10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.
10:18 Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.

Ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, mereka malu akan ketelanjangannya, dan mereka menutup auratnya dengan daun-daunan :(KEJADIAN 3)


Lihat, Adam dan Hawa dikala itu masih dalam kenaifan budaya alam flora dan fauna. Keduanya tentu tidak bisa memahami apa itu ‘kematian kurban’. Maka, Tuhan harus mengkomunikasikannya secara bertahap dalam konsepsi, dengan ilustrasi, dan ‘perlambangan darah’ yang harus ditumpahkan sebagai kurban penebus dosa. Dan sejak itu, Tuhan terus berjanji kepada manusia akan hal-hal yang sama dari zaman-ke-zaman lewat nabi-nabiNya.


1. KISAH ZAMAN ADAM


Simaklah kitab Kejadian 3:15 dimana Tuhan berkata kepada iblis dalam ungkapan yang visioner, dan karenanya harus dipahami secara visioner pula :


* Kejadian 3:15
LAI TB, Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.
KJV, And I will put enmity between thee and the woman, and between thy seed and her seed; it shall bruise thy head, and thou shalt bruise his heel.
Hebrew,
וְאֵיבָה ׀ אָשִׁית בֵּֽינְךָ וּבֵין הָֽאִשָּׁה וּבֵין זַרְעֲךָ וּבֵין זַרְעָהּ הוּא יְשׁוּפְךָ רֹאשׁ וְאַתָּה תְּשׁוּפֶנּוּ עָקֵֽב׃ ס
Translit, VE'EIVAH ASYIT BENKHA UVE'IN HAISHAH UVE'IN ZARAKHA UVE'IN ZARAH HU YESHUFKHA ROSY VE'ATAH TESYUFENU AQEV

Keturunannya (akhirnya Yesus), akan meremukkan kepalamu (mengalahkan total), dan engkau akan meremukan tumitnya (melukainya).

Tampak sejak awal di Taman Eden, kepada Adam dan Hawa, telah dijanjikan Tuhan akan datangnya satu sosok Mesias yang akan menyelamatkan keturunannya dengan mengalahkan kuasa iblis (meremukkan kepalanya), namun dengan pengorbanan fisiknya (berdarah, remuk tumitnya).

Tidak cukup janji di mulut, Tuhan masih melanjutkannya dengan ujud-tindakan, yang tentu masih bersifat perlambangan visioner yang jauh ke depan :


CAWAT KULIT DARI TUHAN :


* Kejadian 3:21
LAI TB, Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka
KJV, Unto Adam also and to his wife did the LORD God make coats of skins, and clothed them
Hebrew,
וַיַּעַשׂ יְהוָה אֱלֹהִים לְאָדָם וּלְאִשְׁתֹּו כָּתְנֹות עֹור וַיַּלְבִּשֵֽׁם׃ פ
Translit, VAYA'ASYO YEHOVAH 'ELOHIM LE'ADAM 'ULEISYITO KATNOT 'OR VAYALBISYEM


Tampak bahwa Tuhan melakukan sebuah penganugerahan kasih kepada Adam dan hawa dengan membuatkan cawat kulit binatang untuk menutupi ketelanjangan (dosa) mereka. Tuhan sendirilah yang berinisiatif menggantikan cawat daun-daunan yang dibuat oleh Adam dan Hawa bagi diri mereka (Kejadian 15:7), dikala Ia baru “terluka hatiNya” oleh dosa pelanggaran Adam! Bukankah itu meripakan suatu demonstrasi kasih Tuhan yang luar biasa besar?.

Tuhan tidak berkenan dengan cawat dari daun itu, karena hal yang amat prinsip. Cawat daun ‘made-in Adam-Hawa’ itu tidak absah dimata Tuhan karena itu lambang usaha diri manusia untuk menutupi ketelanjangan dosa mereka.
Manusia tidak bisa mengusahakannya, dengan amal apapun! Keadilan dan kekudusan Tuhan tidak membiarkan suatu dosa/kejahatan untuk dihapus oleh 1000 pahala. Satu kejahatan perkosaan misalnya, tetap harus dihukum, sekalipun si pemerkosa telah mendermakan bangunan 1000 rumah ibadah!

Cawat daun-daun penutup itu hanya maya, khayalan manusia yang tidak bertahan dan sia-sia. Hanya cawat kulit “made-in Tuhan” yang secara hakiki mampu menutup/ menebus dosa manusia!

Kulit binatang muncul dari penyembelihan binatang. Ada kematian berdarah disini yang diperkenalkan Tuhan untuk pertama kalinya, yaitu suatu simbol ‘korban-darah’ untuk “cawat penutup dosa”.

Korban darah binatang ini telah memvisualisasikan sebuah analogi konsep kematian & penebusan yang dirancang Tuhan demi menyelamatkan Adam-Hawa serta keturunannya.
Hukum Musa berkata “Nyawa makhluk ada dalam darahnya… dan tanpa penumpahan daran (korban) tak ada pengampunan” (Imamat 17:11, Ibrani 9:22). Sebab penutupan/ penghapusan dosa manusia tidak bisa dilakukan oleh ‘cawat daun usaha sendiri manusia’ melainkan hanya oleh kasih-karunia Tuhan lewat kematian Sang Mesias sebagai korban penebusan.

JADI NYAWA HARUS DIBAYAR DENGAN NYAWA....ITULAH KESELAMATAN YANG ADA DALAM HUKUM QISAS....
==========================================
PERTANYAAN BALIK : APA KAITAN HUKUM QISAS YANG MENYELAMATKAN DALAM AKIDAH ISLAM DENGAN BATU HAJAR ASWAD YANG MENGHAPUS DOSA?
SADARLAH!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar