TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bagaimana menjawab pertanyaan Apakah Yesus lebih kecil dari BAPA?


Dakwaan umat Islam...Sbb:
“Yesus lebih kecil daripada Tuhan.” Yohanes 10:29

“Bapa lebih besar dari pada Yesus.” Yohanes 14:28

“Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan.” Markus 16:19, Roma 8:4

“Yesus berdiri di sebelah kanan Tuhan.” Kisah Para Rasul 7:56
Dakwaan diatas sangat memojokkan umat KRISTEN...seolah Yesus sebelah kanan ALLAH berarti Yesus BUKAN ALLAH?Apakah demikian?Mari kita bahas....
______________________
Jawab : (Berikut TULISAN SARAPAN PAGI Biblika...Tulisan BUNG BP...)

YESUS DI SEBELAH KANAN ALLAH

* Markus 14:61-62
14:61 LAI TB, Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?"
KJV, But he held his peace, and answered nothing. Again the high priest asked him, and said unto him, Art thou the Christ, the Son of the Blessed?
TR, ο δε εσιωπα και ουδεν απεκρινατο παλιν ο αρχιερευς επηρωτα αυτον και λεγει αυτω συ ει ο χριστος ο υιος του ευλογητου
Translit. Interlinear, ho de {tetapi} esiôpa {tetap diam} kai {dan} ouden {sama sekali tidak} apekrinato {menajwab} palin {lagi} ho arkhiereus {imam besar} epêrôta {bertanya} auton {Dia} kai {dan} legei {berkata} autô {kepadanya} su {Engkau} ei {adalah} ho khristos {Mesiaa} ho huios {Anak} tou {dari} eulogêtou {Yang Terpuji}

14:62 LAI TB, Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."
KJV, And Jesus said, I am: and ye shall see the Son of man sitting on the right hand of power, and coming in the clouds of heaven.
TR, ο δε ιησους ειπεν εγω ειμι και οψεσθε τον υιον του ανθρωπου καθημενον εκ δεξιων της δυναμεως και ερχομενον μετα των νεφελων του ουρανου
Translit. Interlinear, ho de {lalu} iêsous {Yesus} eipen {berkata} egô eimi {Akulah Dia} kai {dan} opsesthe {kamu akan melihat} ton huion {Anak} tou anthrôpou {Manusia} kathêmenon {duduk} ek {di} dexiôn {kanan} tês dunameôs {Yang Mahakuasa} kai {dan} erkhomenon {datang} meta {dengan} tôn nephelôn {awan-awan} tou ouranou {di langit}


Bandingkan dengan Matius 26:63-64; Lukas 22:67-70

Imam Besar, dalam pengadilan terhadap Yesus di Mahkamah Agama bertanya kepada Yesus "apakah Ia Anak Allah (ia menggunakan istilah 'Yang Terpuji' sebagai pengganti Nama Allah). Sebab dalam pemahaman orang Yahudi, Mesias telah ditetapkan untuk disebut sebagai Anak Allah (Mazmur 2:7, Mazmur 89:27). Yesus tidak bermaksud secara spontan menyebut diriNya adalah Mesias, tetapi menjawab pertanyaan Imam Besar itu, Ia menjawab "Akulah Dia" (Yunani, εγω ειμι - egô eimi). Dalam sidang tersebut, jawaban yang diberikan Yesus dinyatakan sebagai "penghujatan". Secara jelas Markus menulis εγω ειμι - egô eimi. Ucapan εγω ειμι - egô eimi Yunani (Ibrani אֲנִי־הוּא - ANI HU , Aku ada, Akulah Dia, I Am), mempunyai muatan yang lebih dalam, karena kata ini bisa bermakna "kata ilahian" (bisa anda baca di
http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=99#99
).

Matius dan Lukas mengerti JawabanNya dengan mengacu pada tulisan mereka "engkau telah mengatakannya" (Matius 26:64) atau "Kamu sendiri mengatakannya bahwa Akulah ('egô eimi') Anak Allah" (Lukas 22:70). Dengan demikian Yesus menjawab pertanyaan Imam Besar, dimana alternative jawaban selain "Ya" adalah menjawab dengan kata-kata yang dipakai oleh Imam Besar itu sendiri. Dan selanjutnya Yesus menjawab "dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit.". Yang mengacu pada pemahaman Yahudi tentang "Mesias" dari Kitab :


* Mazmur 110:1
LAI TB, Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu."
KJV, The LORD said unto my Lord, Sit thou at my right hand, until I make thine enemies thy footstool.
Hebrew,
לְדָוִד מִזְמֹור נְאֻם יְהוָה ׀ לַֽאדֹנִי שֵׁב לִֽימִינִי עַד־אָשִׁית אֹיְבֶיךָ הֲדֹם לְרַגְלֶֽיךָ׃
Translit, LEDAVID MIZMOR NE'UM YEHOVAH LE'ADONI SYEV LIMINI AD-ASYIT OIVEIKHA HADOM LERAGLEIKHA


"Duduk di sebelah kanan" adalah suatu ungkapan alegoris. Kata "kanan" sering digunakan oleh orang-orang Yahudi sebagai simbol kekuasaan. Ungkapan "disebelah kanan" (kenapa tidak disebelah kiri, belakang atau depan) adalah : "Diam dalam Kerajaan Sorga" (bahasa Tradisi Yahudi, mengkiaskan sisi kanan adalah kebaikan atau kemuliaan ). Maka "Duduk di sebelah kanan Allah" dalam ayat-ayat diatas adalah lambang dari kekuasaan Yesus sebagai pemegang otoritas keallahan sejati.


LATAR BELAKANG PENGHAYATAN YAHUDI :


Kata "kanan" dalam penghayatan Yahudi dipakai dalam mengungkapkan kebaikan atau kemuliaan, kita kaji ayat-ayat dibawah ini :


* Keluaran 15:6
LAI TB, Tangan kanan-Mu, TUHAN, mulia karena kekuasaan-Mu, tangan kanan-Mu, TUHAN, menghancurkan musuh.
KJV, Thy right hand, O LORD, is become glorious in power: thy right hand, O LORD, hath dashed in pieces the enemy.
Hebrew,
יְמִינְךָ יְהוָה נֶאְדָּרִי בַּכֹּחַ יְמִינְךָ יְהוָה תִּרְעַץ אֹויֵב׃
Translit, YEMINKHA YEHOVAH (baca ADONAY) NEDARI BAKO'AKH YEMINKHA YEHOVAH TIR'ATS 'OYEF


* Keluaran 15:12
LAI TB, "Engkau mengulurkan tangan kanan-Mu; bumipun menelan mereka."
KJV, Thou stretchedst out thy right hand, the earth swallowed them.
Hebrew,
נָטִיתָ יְמִינְךָ תִּבְלָעֵמֹו אָרֶץ׃
Translit, NATITA YEMINKHA TIVLA'EMO 'ARETS


* Ulangan 33:2
LAI TB, Berkatalah ia: "TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala."
KJV, And he said, The LORD came from Sinai, and rose up from Seir unto them; he shined forth from mount Paran, and he came with ten thousands of saints: from his right hand went a fiery law for them.
Hebrew,
וַיֹּאמַר יְהוָה מִסִּינַי בָּא וְזָרַח מִשֵּׂעִיר לָמֹו הֹופִיעַ מֵהַר פָּארָן וְאָתָה מֵרִבְבֹת קֹדֶשׁ מִימִינֹו [אֵשְׁדָּת כ] (אֵשׁ ק) (דָּת ק) לָמֹו׃
Translit, VAYOMAR YEHOVAH MISINAY BA VEZARAKH MISE'IR LAMO HOFI'A MEHAR PARAN VE'ATAH MERIV'VOT QODESY MIMINO ESYDAT LAMO


Kita dapat melacak latar belakang teologinya dari penghayatan Yudaisme tentang Allah dan Messias-Nya yang akan datang. Dalam pengharapan mesianik Yahudi, salah satu gelar Mesias (Ibrani משיח - MASYIAKH; Yunani χριστος - KHRISTOS) akan datang adalah אדני - 'ADONAY (Ibrani) atau κυριος – KURIOS (Yunani), "Tu(h)an".

Sebagaimana disebutkan dalam Mazmur 110:1 yang berbunyi: "NE'UM YHVH LE'ADONI SYEV LIMINI"
Yakni : "Firman YHVH (TUHAN) kepada ADONAI (Tuanku), "Duduk-lah di sebelah kanan-Ku."

Menghubungkan Mazmur 110 dengan Mesias tidak hanya tradisi Kristen, tetapi sudah diawali lebih dulu oleh tulisan-tulisan para rabbi (ulama Yahudi) sebelum zaman Yesus ataupun zaman sesudahnya. Misalnya, seperti ungkapan Rabbi Yodan yang mengajar atas nama rabbi Ahan bar Haninan, bahwa YHVH sendiri yang memanggil Mesias sebagai אדני - 'ADONAY dan akan menempatkan Mesias di sebelah kanan-Nya.

Tafsiran ini selain dijumpai Yalkut Shimoni (Tehilim 110), tercatat juga dalam Nedarim 32b dan Sanhedrin 108b.
Pemahaman Yahudi inilah yang melatarbelakangi khotbah Petrus dalam Kisah Para Rasul 2:36 bahwa Allah sendirilah yang telah menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus. "Tuhan" di sini bukan dalam makna ilah selain Allah, melainkan sebagai rabbi (Penguasa) sesuai dengan pengharapan Yahudi.


Bagaimanakah makna lebih lanjut gelar אדני - 'ADONAY bagi Mesias tersebut?

Tradisi Yahudi tidak berani mengeja Nama Diri (ismu dzat, "proper name") Allah dalam bahasa Ibrani: יהוה (transiterasi: YEHOVAH baca ADONAY). Sebagai gantinya, mereka tetap membiarkan empat huruf suci itu dalam Taurat dengan membacanya HA-SYEM (Sang Nama) atau membacanya dengan ADONAY (Yunani: KURIOS ; Aram: MARA; Arab: RABB atau Inggris: LORD).

Pada akhirnya Allah sendiri memberikan gelar itu kepada Yesus sebagai Mesias, Firman-Nya sendiri yang nuzul ke dunia. Karena itu Yesus telah bersabda:
"Segala kuasa di surga maupun di bumi telah dilimpahkan kepada-Ku" (Matius 28:20).


Makna pelimpahan kekuasaan dalam Matius 28:20 ini, sekalipun tidak persis sama, sejajar dengan ungkapan Alquran: (Q.s. ali Imran 3:45, "Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat ").
http://quran.al-islam.com/Targama/DispT ... a=45&t=ind


Penerapan gelar ADONAY bagi Sang Mesias berarti melalui Mesias-Nya Allah menyatakan keTuhanan-Nya. Dalam makna itulah, Yesus bi-idzinillah (dengan izin Allah) bergelar "Tuhan (RABBI/ADONAI) dan Mesias (AL-MASIH/ MASYIAKH)" (lihat, Kisah Para Rasul 2:11).

Gelar yang menurut harapan mesianik Yahudi akan diterapkan bagi Raja Mesias ini juga berhubungan erat dengan ungkapan "duduk di sebelah kanan Allah".

Mengapa? Ungkapan simbolik ini muncul dalam kaitan dengan pola bangunan Bait Suci (Ibrani: Beyt hammiqdash di mana istana raja-raja keturunan Raja Daud berada di sebelah selatan ruang Mahakudus (devir) Bait Allah yang menghadap ke timur. Ini berarti istana Daud berada "di sebelah kanan" ruang mahakudus yang melambangkan kehadiran Allah.

Jadi, firman "SYEV LIMINI" (duduklah di sebelah kanan-Ku), dalam Mazmur 110:1 bermakna bahwa kekuasaan yang diberikan kepada Raja Mesias itu kekal selama-lamanya. Maksudnya, Allah menghendaki takhta raja Mesias itu kekal selamanya.

Kata disini 'kanan' tidak bermakna harfiah, Jadi jangan terjebak kata-kata. Istilah (dalam bahasa kiasan) dalam masyarakat pun kita ada istilah "Tangan Kanan" yang artinya: "Kepercayaan" --> 'dia itu tangan-kanan owner perusahaan ini', artinya dia itu adalah orang kepercayaan.
Dalam bahasa Inggris ada pula istilah "Invisible Hand" yang artinya: bantuan atau pertolongan secara kasat mata atau mujizat.


Ayat-ayat lain dalam Perjanjian Baru, yang menyatakan Yesus "disebelah kanan", sebagai berikut :


* Kolose 3:1
LAI TB, Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
KJV, If ye then be risen with Christ, seek those things which are above, where Christ sitteth on the right hand of God.
TR, ει ουν συνηγερθητε τω χριστω τα ανω ζητειτε ου ο χριστος εστιν εν δεξια του θεου καθημενος
Translit. Interlinear, ei {jika} oun {karena itu} sunêgerthête {kamu dibangkitlan bersama} tô khristô {dengan Kristus} ta {hal-hal} anô {yang diatas} zêteite {carilah} hou {dimana} ho khristos {Kristus} estin en {di} dexia {kanan} tou theou {Allah} kathêmenos {duduk}


* Ibrani 1:3
LAI TB, Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
KJV, Who being the brightness of his glory, and the express image of his person, and upholding all things by the word of his power, when he had by himself purged our sins, sat down on the right hand of the Majesty on high:
TR, ος ων απαυγασμα της δοξης και χαρακτηρ της υποστασεως αυτου φερων τε τα παντα τω ρηματι της δυναμεως αυτου δι εαυτου καθαρισμον ποιησαμενος των αμαρτιων ημων εκαθισεν εν δεξια της μεγαλωσυνης εν υψηλοις
Translit. Interlinear, hos {yang} ôn {adalah} apaugasma {cahaya/ pantulan} tês doxês {dari kemuliaan} kai {dan} kharaktêr {gambar yang persis} tês hupostaseôs {dari hakikat} autou {-Nya} pherôn {menopang} te {dan} ta panta {segala} tô rêmati {dengan sabda} tês dunameôs {yang penuh kuasa} autou {-Nya} di {oleh} eautou {(diriNya sendiri)} katharismon {penghapusan} poiêsamenos {setelah mengadakan} tôn hamartiôn {dosa-dosa} hêmôn {kita} ekathisen {duduk} en {di} dexia {kanan} tês megalôsunês {Yang Mahabesar} en hupsêlois {di(surga) yang tinggu}


* Ibrani 8:1
LAI TB, Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga,
KJV, Now of the things which we have spoken this is the sum: We have such an high priest, who is set on the right hand of the throne of the Majesty in the heavens;
TR, κεφαλαιον δε επι τοις λεγομενοις τοιουτον εχομεν αρχιερεα ος εκαθισεν εν δεξια του θρονου της μεγαλωσυνης εν τοις ουρανοις
Translit. Interlinear, kephalaion {inti} de {apapun} epi {berdasarkan} tois {hal-hal yang} legomenois {dikatakan} toiouton {demikian} ekhomen {kita mempunyai} arkhierea {Imam Besar} hos {yang} ekathisen {duduk} en {di} dexia {sebelah kanan} tou thronou {takhta} tês megalôsunês {Yang Mahabesar} en tois ouranois {di surga}


* Ibrani 10:12
LAI TB, Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,
KJV, But this man, after he had offered one sacrifice for sins for ever, sat down on the right hand of God;
TR, αυτος δε μιαν υπερ αμαρτιων προσενεγκας θυσιαν εις το διηνεκες εκαθισεν εν δεξια του θεου
Translit. Interlinear, autos {(Imam) ini} de mian huper {di lain pihak hanya satu} hamartiôn {menghapus dosa-dosa} prosenegkas {telah mempersembahkan} thusian {kurban} eis to diênekes {untuk selama-lamanya} ekathisen {duduk} en dexia {di sebelah kanan} tou theou {Allah}


* Ibrani 12:2
LAI TB, Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.
KJV, Looking unto Jesus the author and finisher of our faith; who for the joy that was set before him endured the cross, despising the shame, and is set down at the right hand of the throne of God.
TR, αφορωντες εις τον της πιστεως αρχηγον και τελειωτην ιησουν ος αντι της προκειμενης αυτω χαρας υπεμεινεν σταυρον αισχυνης καταφρονησας εν δεξια τε του θρονου του θεου εκαθισεν
Translit. Interlinear, aphorôntes {pandanglah} eis {kepada} ton tês pisteôs {dengan iman} arkhêgon {imam} kai {dan} teleiôtên {penyempurna} iêsoun {Yesus} hos {yang} anti {ganti/ untuk} tês {yang} prokeimenês {ada di depan/ ditentukan} autô {Dia/ bagi Dia} kharas {kebahagiaan} hupemeinen {tekun menanggung} stauron {salib} aiskhunês {pengalaman dipermalukan} kataphronêsas {(dengan) mengabaikan} en {di} dexia {sebelah kanan} te {dan} tou thronou {takhta} tou theou {Allah} ekathisen {telah duduk}


* I Petrus 3:22
LAI TB, yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.
KJV, Who is gone into heaven, and is on the right hand of God; angels and authorities and powers being made subject unto him.
TR, ος εστιν εν δεξια του θεου πορευθεις εις ουρανον υποταγεντων αυτω αγγελων και εξουσιων και δυναμεων
Translit. Interlinear, hos {yang} estin {berada} en {di} dexia {sebelah kanan} tou theou {Allah} poreutheis {telah pergi} eis ouranon {ke surga} hupotafentôn {tunduk} autô {kepadanya} aggelôn {malaikat-malaikat} kai {dan} exousiôn {penguasa-penguasa} kai {dan} dunameôn {kuasa-kuasa}


Karena Allah adalah ROH dalam Yohanes 4:24 Yesus berkata : Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Dengan wujud multidimensi dan Maha Hadir, dan bukan sosok fisik seperti kita sekarang ini, bahkan dalam Perjanjian Lama sering di gambarkan sebagai cahaya terang dan tidak bisa kita lihat dengan mata.

Maka ungkapan "Yesus duduk di sebelah kanan Allah" bukan berarti ada 2 allah, atau diartikan 'ada dua person yaitu Allah dan Yesus'. Ayat-ayat diatas sering dipakai sebagai penyerangan kepada iman Kristiani bahwa, iman Kristiani adalah politeisme.


LEBIH LANJUT TENTANG MAZMUR 110:1 ;


Daud menyebut Dia (Yesus) Tuannya (ADONAY), bagaimana mungkin Ia (Yesus) anaknya (Daud) pula?


Menjawab hal tersebut, kita kaji perikop dalam Matius 22:41-46 demikian :


* MATIUS 22:41-46 Hubungan antara Yesus dan Daud
22:41 Ketika orang-orang Farisi sedang berkumpul, Yesus bertanya kepada mereka, kata-Nya:
22:42 "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud."
22:43 Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:
22:44 TUHAN telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"
22:46 Tidak ada seorang pun yang dapat menjawab-Nya, dan sejak hari itu tidak ada seorang pun juga yang berani menanyakan sesuatu kepada-Nya.


Mesias, lihat Markus 12:35-37; Lukas 20:41-44.
Yesus bertanya mengenai pandangan orang Farisi terhadap Mesias. Mereka menjawab secara benar bahwa Mesias adalah anak Daud (ayat 42).

Pertanyaan Yesus lebih lanjut dalam ayat 43-44 mengandaikan bahwa (sebagaimana yang diyakini orang-orang Yahudi pada zaman-Nya). Daud adalah penulis Kitab Mazmur, dibawah ilham Roh yang berisikan pernyataan kenabian mengenai masa depan (nubuat). Dalam Mazmur 110:1, Daud menunjuk kepada Mesias sebagai "Tuanku". Maka jelas disini Sang Mesias itu kedudukannya lebih tinggi daripada Daud, sehingga sebutan "Anak Daud" bukanlah sebutan yang layak untuk Mesias (ayat 45).

Tetapi atas pertanyaan Yesus pada ayat 45 ini tidak bisa dijawab oleh orang-orang Farisi itu. Namun kita sebagai orang percaya, akhirnya bisa mengerti dan faham akan konteks yang dipertanyakan Yesus itu. Bahwa Sang Mesias yang lahir dari Roh Allah, Dia adalah Allah yang "kenosis" atau "merendahkan diriNya" mengambil rupa seorang hamba dan menjadi serupa dengan manusia (Filipi 2:6-8 ), lahir dari anak dara Maria seorang keturunan dari Daud melalui Natan (Lukas 3:31), sehingga Ia-pun disebut "Anak Daud" (Keturunan Daud).

Sehingga ketika Yesus kembali dalam kemuliaanNya, Ia digambarkan dalam ungkapkan alegoris sesuai pemahaman orang Yahudi "Kristus (Mesias) duduk di sebelah kanan Allah", yaitu Pribadi pemegang otoritas ke-Allah-an sejati.


Amin.


Blessings in Christ,
BP
July 7, 2006
Sumber : http://www.sarapanpagi.org/yesus-di-sebelah-kanan-allah-vt541.html
________________
Jelas sekali kesimpulan Bung BP =>
Sehingga kdtika Yesus kembali dalam kemuliaanNya, Ia digambarkan dalam ungkapkan alegoris sesuai pemahaman orang Yahudi "Kristus (Mesias) duduk di sebelah kanan Allah", yaitu Pribadi pemegang otoritas ke-Allah-an sejati.

___________
Apakah Tuhan YESUS lebih kecil dari BAPA?
Bung BP menuliskan sbb (http://www.sarapanpagi.org/tuhan-mengutus-tuhan-ada-tuhan-diatas-tuhan-vt3127.html)

Perlu kita pahami "makna Pengutusan" yang dilaksanakan Yesus Kristus :

Yohanes 5: 30-31
5:30 LAI TB, Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
KJV, I can of mine own self do nothing: as I hear, I judge: and my judgment is just; because I seek not mine own will, but the will of the Father which hath sent me.
TR, ου δυναμαι εγω ποιειν απ εμαυτου ουδεν καθως ακουω κρινω και η κρισις η εμη δικαια εστιν οτι ου ζητω το θελημα το εμον αλλα το θελημα του πεμψαντος με πατρος
Translit, ou dunamai egô poiein ap emautou ouden kathôs akouô krinô kai hê krisis hê emê dikaia estin hoti ou zêtô to thelêma to emon alla to thelêma tou pempsantos me patros


Dalam jabatanNya sebagai utusan, Yesus juga berperan sebagai Nabi


* Yohanes 17:3
Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.


Yesus mempunyai gelar Mesias, Raja, Iman dan Nabi dan hal tersebut tidak boleh dipisahkan.
Nabi = Utusan Allah

Yesus diutus?; mungkin ini agak ganjil bagi umat Muslim
Bagaimana Yesus yang adalah Tuhan itu diutus?

Ketika Yesus datang ke dunia dalam wujud manusia ada Yesus berada dalam batasan-batasan inkarnasi sehingga posisi Bapa saat itu adalah lebih besar (Yohanes 14:28). Apakah ayat ini berarti Yesus kurang daripada Tuhan?

Perlu kita pahami ayat ini dengan melihat latar belakangnya : Murid-murid meratap karena Yesus berkata bahwa Ia akan pergi. Dalam Yohanes 14:28 Yesus berkata 'Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku'. Ini artinya Yesus akan kembali ke kemuliaan yang adalah milik-Nya.

Dalam Yohanes 17:5 Yesus berkata 'Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada', yang artinya 'Bapa lebih besar dari Aku'.

Ketika Yesus datang ke dunia dalam wujud manusia ada Yesus berada dalam batasan-batasan inkarnasi sehingga posisi Bapa saat itu adalah lebih besar.

Yesus dalam status inkarnasi di dunia ini yang memang lebih rendah. Namun ketika Yesus naik KEMBALI ke surga(YOH 6:62) maka Yesus yang adalah Allah itu sendiri kembali dalam pada eksistensiNya yang hakiki :


* Ibrani 2:9
Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.=>Jelas sekali Ia sesaat(untuk waktu yang singkat) dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat....Yaitu YESUS......Ia KENOSIS sepenuhnya dalam rupa seorang HAMBA...KELUAR / NUZUL dari dalam diri ALLAH(Yoh 8:42)....untuk menyelamatkan anda dan saya....


* Filipi 2:5-11
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!


Ketika saya berkata 'Presiden Indonesia' lebih besar dari saya, tidak berarti dia punya sifat/esensi lebih besar dari saya. Ia lebih besar dalam kapasitas politik dan sambutan publik, tetapi ia tidak lebih daripada saya sebagai manusia.

Andaikata saya naik ke mimbar dan berkhotbah dan berkata 'Dengan sungguh sungguh saya menyatakan kepada Anda sekalian bahwa Bapa lebih besar daripada saya', itu adalah suatu perkataan yang agak konyol karena semua orang tahu dengan jelas.

Pernyataan ini akan menjadi bermakna jika yang dibandingkan adalah 2 pribadi yang setara, dalam hal ini Yesus dan Bapa. Dalam hal ini justru jelas bahwa Yesus adalah setara dengan Bapa.

Sekarang, kita pahami lebih jauh lagi :


ALLAH mengutus ALLAH


Bapa mengutus Yesus Kristus sama halnya Allah mengutus Sang Firman, jadi bisa diartikan Allah mengutus Allah (baca selengkapnya Injil Yohanes pasal 1).


Bandingkan dengan :

* Yesaya 55:11
LAI TB, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.
KJV, So shall my word be that goeth forth out of my mouth: it shall not return unto me void, but it shall accomplish that which I please, and it shall prosper in the thing whereto I sent it.
Hebrew,
כֵּן יִהְיֶה דְבָרִי אֲשֶׁר יֵצֵא מִפִּי לֹא־יָשׁוּב אֵלַי רֵיקָם כִּי אִם־עָשָׂה אֶת־אֲשֶׁר חָפַצְתִּי וְהִצְלִיחַ אֲשֶׁר שְׁלַחְתִּיו׃
Translit interlinear, KEN {demikian} YIHYEH {ia akan menjadi} DEVARI {firman-Ku} 'ASYER {yang} YETSE' {ia keluar} MIPI {dari mulut-Ku} LO'-YASYUV {tidak ia akan kembali} 'ELAY {kepada-Ku} REYQAM {sia-sia} KI {bahwa} 'IM-'ASAH {ia akan melaksanakan} 'ET-'ASYER {yang} KHAFATSTI {Aku berkenan} VEHITSLIAKH {dan ia berhasil} 'ASYER {yang} SYELAKHTIV {Aku utus kepadanya}


Perhatikan bahwa "firman-Ku" itu selanjutnya menggunakan kata ganti orang ketiga. Selanjutnya perhatikan kata שלחתיו - SYELAKHTIV. Kata ini berasal dari kata שלח - SYALAKH, "mengutus", seperti Nuh "mengutus" seekor burung gagak dan merpati saat air bah, Tuhan "mengutus" malaikat-Nya (Kejadian 24:7), dan ini salah satu ayat populer dengan kata שלח - SYALAKH.


* Keluaran 3:14
LAI TB, Firman Allah kepada Musa: AKU ADALAH AKU Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus (SYALAKH) aku kepadamu."
KJV, And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־מֹשֶׁה אֶהְיֶה אֲשֶׁר אֶהְיֶה וַיֹּאמֶר כֹּה תֹאמַר לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶהְיֶה שְׁלָחַנִי אֲלֵיכֶם׃
Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} 'EL-MOSYEH {kepada Musa} 'EHYEH {Aku akan ada} 'ASYER {yang} 'EHYEH {Aku akan ada} VAYO'MER {dan Dia berfirman} KOH {demikian} TO'MAR {engkau harus berkata} LIVENEY {kepada anak-anak} YISERA'EL {Israel} 'EHYEH {Aku akan ada} SYELAKHANI {mengutus aku} 'ALEYKHEM {ke atas kalian}


Bukankah Allah dapat "mengutus" firman-Nya seperti Yesaya 55:11 di atas?


Yesus Kristus "diutus" Bapa, datang ke dunia dalam daging (inkarnasi) untuk melakukan misi penyelamatan bagi umat manusia, sama sekali tidak mengecilkan Hakikat Yesus sebagai Allah.
_______________________
Dibawah ini adalah tambahan tulisan saya terhadap tulisan Bung BP sarapan pagi biblika......
Tambahan Tulisan saya.....cukup jelas Alkitab menuliskan....bahwa dimungkinkan bagi ALLAH bahwa Ia mengutus diri-Nya sendiri(Yes 55:11;Yes 63:8-9).....Alkitab menjelaskan ...Yesaya 44:6 “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku. =>Dialah yang terdahulu dan terkemudian....Bagaimana dengan TUHAN YESUS?
Why 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."Siapakah AKU..? =>Why 22:16 "Aku, Yesus,

 Jadi jelas Tuhan YESUS yang AWAL dan AKHIR...yang terdahulu dan terkemudian....Dialah Yang Awal ada dari segalanya....(Ibrani 1:3;Kolose 1:15=>Ia adalah GAMBAR dan WUJUD Allah yang adalah ROH)..... 

Spt apakah gambaran Alkitab mengenai TUHAN YESUS....
http://www.facebook.com/notes/transformasi-indonesia/bagaimana-menjawab-pertanyaan-yang-menyoroti-sisi-manusia-dari-tuhan-yesus-saat-/420014184685967 =>berdasarkan NOTE saya sebelumnya...cukup jelas BAHWA TUHAN YESUS adalah ROH ALLAH/ALLAH sendiri yang NUZUL ke dunia....Ia kenosis sepenuhnya....

Yohanes 10:30 dari segi kaidah bahasa Yunani, menyatakan bahwa Yesus dan Bapa memiliki satu Dzat, satu Hakekat yaitu Allah. Konteks kata satu εν - HEN untuk ayat diatas menunjukkan pernyataan Yesus adalah Allah, yang "satu" sama hakekat dengan Bapa yang dipertegas dengan pernyataan "εν εσμεν - hen esmen". Kata Yunani εσμεν - esmen dalam Yohanes 10:30 adalah "to be" dalam modus indikatif, pernyataan fakta.

APA BUKTI TUHAN YESUS DAN BAPA MEMILIKI SUBSTANSI/DZAT DAN HAKEKAT YANG SAMA?=>Tuhan Yesus adalah ROH ALLAH yang NUZUL....

Matius 1:20
LAI TB, Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
LAI TL, Tetapi sedang ia berpikir demikian, kelihatanlah padanya di dalam mimpi seorang malaekat Tuhan, yang berkata, “Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau kuatir menerima Maryam itu menjadi isterimu, karena kandungannya itu terbitnya daripada Rohulkudus.
KSI, Tetapi sementara ia memikirkan hal itu, malaikat Tuhan memperlihatkan diri kepadanya dalam mimpi. Malaikat itu berkata, “Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut menerima Maryam sebagai istrimu, karena anak yang ada dalam kandungannya itu berasal dari Ruh Allah.
KJV : But while he thought on these things, behold, the angel of the LORD appeared unto him in a dream, saying, Joseph, thou son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife: for that which is conceived in her is of the Holy Ghost.
TR, ταυτα δε αυτου ενθυμηθεντος ιδου αγγελος κυριου κατ οναρ εφανη αυτω λεγων ιωσηφ υιος δαβιδ μη φοβηθης παραλαβειν μαριαμ την γυναικα σου το γαρ εν αυτη γεννηθεν εκ πνευματος εστιν αγιου
Translit interlinear, tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} autou {dia} enthumêthentos {ketika memikirkan,} idou {perhatikanlah,} aggelos {Malaikat} kuriou {Tuhan} kat {didalam} honar {mimpi} ephanê {menampakkan dii} autô {kepada dia,} legôn {berkata,} iôsêph {Yusuf,} huios {anak (keturunan)} dabid {Daud} mê {janganlah} phobêthês {engkau merasa trakut} paralabein {untuk mengambil} mariam {Maria} tên gunaika {sebagai isteri} sou {mu,} to {(Anak yang)} gar {sebab} hen {didalam} autê {dia} gennêthen {terjadi/ dilahirkan} ek {of, berasal dari, keluar dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}

Kelahiran Yesus berasal dari Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah.

Bahasa Inggris mempunyai kata yang sepadan : “gennêthen ek pneumatos estin hagiou”
Translit interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.}

is begotten of the Holy Spirit; “of” bukan “from” artinya yang dalam kandungan anak dara Maria itu adalah Roh Kudus sendiri, bukan ‘pemberian dari’ Roh Kudus.

Maka, secara kontekstual Matius1:20 mempunyai pengertian bahwa “anak yang di dalam kandungannya adalah Roh Kudus”=>ek {of, berasal dari, keluar dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}

Alkitab bicara tentang ‘Roh Kristus’, ‘Roh Allah’, ‘Roh Kudus’ dan ‘Roh’ tanpa perbedaan sampai ungkapan yang sangat sulit ‘Tuhan yang adalah Roh’(YOH 4:24 =>PNEUMA{=Roh} HO{itu} THEOS{=Allah})

Sehingga Ia dikatakan KUDUS,ANAK ALLAH => Luk. 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut KUDUS,ANAK ALLAH.

Hal tersebut KONFIRM dengan pernyataan TUHAN YESUS sendiri bahwa DIRINYA =>TIME LESS BEING....

Yohanes 8:58
LAI TB, Kata Yesus kepada mereka: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi,Aku telah ada.'
KJV, Jesus said unto them, Verily, verily, I say unto you, Before Abraham was, I am.
TR, ειπεν αυτοις ο ιησους αμην αμην λεγω υμιν πριν αβρααμ γενεσθαι εγω ειμι
Translit. interlinear, eipen {berkata} autois {kepada mereka} ho iêsous {Yesus} amên {sesungguhnya} amên {sesungguhnya} legô {Aku berkata} humin {kepadamu} prin {sebelum} abraam {Abraham}genesthai {ada/ menjadi/ eksis (lahir)} egô {Aku} eimi {Ada}.

Yesus Kristus membuat pernyataan yang tegas dalam jawabnya, merujuk kepada keberadaan mutlak. Kedua kata kerja genesthai dari kata ginomai . Kata kerja 'genesthai', "ada", "menjadi", "eksis" ditulis dalam second aorist, mirip dengan simple past tense.

sedangkan "Aku telah ada", "egô eimi" , seharusnya "Aku ada" ditulis dalam bentuk Present Tense. Menurut kaidah tata bahasa, perbedaan kedua kata kerja ini menunjukkan bahwa Yesus Kristus itu 'timeless being'. "eimi", kata kerja to be yang juga bermakna ada, eksis, mengungkapkan perbedaan dan merujuk kepada kelebihagungan Kristus.

Kontras sekali antara genesthai dalam tense aorist (mirip dengan past tense Inggris) dengan eimi yang present tense. "egô eimi", "Aku ada" mencerminkan bahwa Yesus Kristus tidak terikat dengan waktu.

 Sehingga ALKITAB mencatat...

 YOH 6:38 Sebab AKU[TUHAN YESUS] TELAH TURUN DARI SORGA …[DI SORGA…SEBAB IA DATANG DARI SORGA]

Yoh  8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, AKU DARI ATAS; kamu dari dunia ini, AKU BUKAN DARI DUNIA INI.[TUHAN YESUS DATANG DARI ATAS...DARI SURGA...=>YOH 6:38]

Yoh 3:31 Siapa YANG DATANG DARI ATAS ADALAH DI ATAS SEMUANYA; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. SIAPA YANG DATANG DARI SORGA ADALAH DI ATAS SEMUANYA.
[SIAPA YANG DATANG DARI SORGA ADALAH DI ATAS SEMUANYA...ARTINYA YESUSLAH TUHAN YANG BERKUASA ATAS SEMUANYA...]=>ARTINYA TUHAN YESUS ADALAH ADONAY…TUHAN YESUSPENGUASA ATAS SEMUANYA….]

Sehingga cukup jelas Ia berkata...

Yohanes 8:42
Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab AKU KELUAR(NUZUL/INKARNASI) DAN DATANG DARI ALLAH. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.[AKU KELUAR(NUZUL) DARI ALLAH BERARTI ISA ITU KARNASI KE DUNIA BERASAL DARI ALLAH SENDIRI]

Karena Ia adalah PRIBADI yang NUZUL...maka Ia akan kembali ke tempat IA berasal...Apa buktinya bahwa Ia AKAN KEMBALI KE TEMPAT IA BERASAL....?Baca Yoh 6:62

Yoh 6:62 Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

Yohanes 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah MENYERAHKAN SEGALA SESUATU KEPADA-NYA dan bahwa IA DATANG DARI ALLAH dan KEMBALI KEPADA ALLAH.

Dimanakah persisnya?

Why 3:21b....sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.Sebab sedari semula Ia ada dipangkuan BAPA....Ia sehakekat dengan BAPA itu sendiri....Yoh. 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.Karena Ia adalah PRIBADI ALLAH yang NUZUL sehingga KONSEKWENSI LOGISNYA adalah SBB :
1. MILIK BAPA=MILIK YESUS(YOH 16:15;YOH 17:10)

Yoh. 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya;


Yoh. 17:10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku,

2. NAMA YESUS = NAMA BAPA(YOH 17:11;12)

YOH 17:11...nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku...

YOH 17:12 ...nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku...

3. SIFAT YESUS = SIFAT BAPA(YOH 14:7;YOH 8:19)

YOH 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

YOH 8:19 ...Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."

4. WUJUD BAPA = YESUS (YOH 14:9;YOH 12:45;YOH 14:7)

YOH 14:7 ....Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."...

YOH 12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

YOH 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

5. JIWA YESUS ADALAH BAPA(YOH 14:10)

YOH 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Mengapa saat ditaman GETSEMANI ,Ia hampir saja melawan kehendak ALLAH?
Karena saat itu Ia benar-benar NUZUL ke dunia....kenosis sepenuhnya kawan...sehingga Ia seolah-olah terpisah dari ALLAH sepenuhnya{SAAT IA NUZUL IA SEOLAH-OLAH TERPISAH DENGAN ALLAH dan SEOLAH-OLAH memiliki HIDUP sendiri-sendiri...(Yoh. 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.)....DAN SEMENTARA WAKTU IA SEOLAH LEBIH RENDAH DARI MALAIKAT-MALAIKAT=>Ibr. 2:7 Namun Engkau telah membuatnya(=YESUS=>Ibr 2:9) untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,=>Ibrani 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia....karena yang INGKAR terhadap TAURAT bukanlah ALLAH...tetapi manusia....so maka dari itu IA terpisah seutuhnya sementara....NUZUL menjadi manusia untuk menuruti TUNTUTAN TAURAT sepenuhnya....)
....jadi didalam diriNya terdapat sisi 100%manusia....yang dapat dicobai.....dan dapat memiliki kehendak daging.....bukankah tertulis Ia dicobai tetapi IA tidak berbuat dosa...nah saat Ia didunia Ia bisa dicobai....tetapi saat sekarang Ia berada di tempat Ia berasal....maka Ia tidak dapat dicobai oleh APAPUN JUGA KAWAN....so saat TUHAN YESUS berdoa demikian...karena saat itu Ia sedang dicobai dengan keinginan daging/manusia yang selalu berlawanan dengan kehendak THEOS......

Seolah-olah memiliki HIDUP sendiri-sendiri (Yoh 5:26)...tetapi SELURUH KEPENUHAN ILAHI selalu ada dalam DIRI YESUS(Yoh 10:38;Yoh 14:10;Yoh 14:11=>3x dituliskan Bapa di dalam YESUS;Yesus di dalam BAPA =>Konfirm Kol 2:9=>Bahwa di dalam YESUSlah terdapat SELURUH KEPENUHAN ALLAH=>shg Kol 1:15=>Ibr 1:3=>Ia adalah GAMBAR dan WUJUD ALLAH yang adalah ROH....)

Justru doa Tuhan Yesus di taman GETSEMANI seperti itu ingin menyatakan Ia itu memiliiki sisi 100%manusia yang dapat juga BERPELUANG yang sama dengan manusia pada umumnya untuk melawan KEHENDAK THEOS....tetapi Ingat sekalipun IA dicobai oleh rupa-rupa keinginan manusia....Ia tidak berbuat dosa...sekalipun kesempatan untuk berdosa sama dengan kita....tetapi Ia memiliih untuk TUNDUK kepada kehendak DIA yang mengutusNya(Ibr. 4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.)....tetapi saat Ia kembali ke tempat Ia berasal Ia tidak dapat dicobai oleh APAPUN...coba baca kitab Yakobus...(Yak. 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.)

So SAAT Ia kembali ke tempat IA BERASAL...maka IA kembali menjadi 100% ALLAH seutuhNya....tidak dicobai lagi oleh apapun juga....saat itulah Ia dapat berkata secara terus terang siapakah diriNya....tidak lagi dalam KIASAN....(Yoh. 16:25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.) Penjelasan saya terbukti dengan Yoh 20:28 =>saat TOMAS berkata....Ya TUHANKU dan ALLAHKU ..=>Tuhan Yesus tidak berkata....ngawur kamu tomas...tetapi Ia mengamini pernyataan TOMAS....berbahagialah MANUSIA yang tidak melihat namun percaya...BAHWA DIALAH TUHAN ALLAH(Yoh 20:29).... Pahami perlahan tulisan-tulisan tersebut....


Apa bukti lanjutan thd KEILAHIAN YESUS dalam SUDUT PANDANG para murid....Apakah TUHAN YESUS memiliki KEHENDAK/PIKIRAN/PERASAAN yang berbeda dengan BAPA?

> Saat Rasul Paulus dilarang untuk menyebrang ke Bitinia....

Kehendak ROH KUDUS/ROH ALLAH :
Kis 16:6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. 

Kehendak ROH YESUS/ROH ALLAH :
Kis. 16:7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka. 

Jadi kehendak YESUS dan ROH KUDUS itu sama......mengapa demikian??Karena TUGAS ROH KUDUS adalah menyampaikan yang diterima-Nya daripada YESUS dan YESUS itu adalah ALLAH sendiri....

Yoh. 16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebabIa(ROH KUDUS) akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Yoh. 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku." 

Apa bukti selanjutnya?Baca 1 Kor 2:10-16
1 Kor 2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. (2:11) Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. (2:12) Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. (2:13) Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. (2:14) Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. (2:15) Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. (2:16) Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus. 

Jelas sekali siapakah yang mengetahui ISI hati seseorang selain dari ROH orang itu sendiri..... =>1 Kor 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.=>Demikian PULA apa yang terdapat dalam diri ALLAH hanya ROH ALLAH saja yang mengetahuinya....saat ROH KUDUS/ROH ALLAH itu ada di hati manusia....maka manusia DAPAT dikatakan memiliki PIKIRAN KRISTUS/PIKIRAN ALLAH.....(1 Kor 2:16)....

Jadi KEHENDAK YESUS dan BAPA itu sama.....Apa yang terdapat dalam PERASAAN dan PIKIRAN KRISTUS itu pula yang ada di dalam BAPA.....,SAYA KIRA INI DAPAT MENJADI PEDOMAN/LANDASAN KITA BERSAMA........Shg menurut RASUL PAULUS.....Filipi 1:19 karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan PERTOLONGAN Roh Yesus Kristus. =>ROH YESUS KRISTUS itu juga PARAKLETOS....KARENA ROH KUDUS itu sama dengan ROH YESUS.... SO KESIMPULAN : APAKAH ROH YESUS/KEHENDAK YESUS ITU BERBEDA DENGAN KEHENDAK BAPA?=>TENTU SAMA....MAKA DARI ITU PENGENALAN AKAN YESUS DAPAT MEMBAWA MANUSIA KEPADA HIDUP YANG KEKAL(YOH 17:3)=>JIKA TUHAN YESUS HANYA UTUSAN BIASA SPT PARA NABI....TENTU PIKIRAN/PERASAANNYA BERBEDA DENGAN ALLAH.....TETAPI TUHAN YESUS SEORANG UTUSAN DIATAS SEGALA UTUSAN(KARENA YANG MENGUTUS SAMA DENGAN DIUTUS=>YOH 12:45).....MAKA DARI ITU MILIKILAH PIKIRAN KRISTUS(Flp. 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh PIKIRAN DAN PERASAAN yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,=>KARENA BARANGSIAPA MEMILIKI PIKIRAN KRISTUS MAKA IA MEMILIKI PIKIRAN ALLAH....)
_________
Mengapa TUHAN YESUS dibaptis?

berikut jawaban dari SEM ALDO...

Jawab:
1. YAHUSHUA memang TDK BERDOSA! bible tidak pernah mencatat 1 pun Dia pernah berdosa,
2. Pelaksanaan PEMBABTISANNYA adalah DALAM RANGKA PENETAPAN atau PELANTIKANNYA SEBAGAI IMAM BESAR [COHEN HAGADOL], baca Ibrani 2:17; 4:14-15.

3. pada Masa PL, seorang Imam HARUS DIPERSIAPKAN SEBELUM BERTUGAS, Mosheh/Musa HARUSLAH:
a. membasuh tubuh imam tersebut, Kel 30:21; Im8:6
b. mengurapi imam tersebut, Kel 30:30; Im8:12
c. meminta imam tersebut 7 hari TINGGAL di dalam Kemah Pertemuan untuk MENGHILANGKAN KEDAGINGANNYA, Im8:35
4. point #3 adalah GAMBARAN KEHADIRAN IMAM DI PB yaitu YAHUSHUA HAMASIAKH,
a. dibasuh tubuh---> DIBABTIS, Mat 3:13
b. diurapi -----------> turunnya Roh Kudus ke atas-NYA. Mat3:16
c. dihilangkan kedagingannta ----> BERPUASA DI PADANG GURUN, Mat4:1
***
jadi YAHUSHUA harus DIBABTIS untuk MENGGENAPI AGENDA SORGA BAHWA DIALAH IMAM BESAR, perantara manusia dan BAPA YAHWEH.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar