TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Keilahian TUHAN YESUS berdasarkan Injil MATIUS,Markus,LUKAS,Yohanes...

Topik : Keilahian TUHAN YESUS dalam INJIL Matius,Markus,Lukas,Yohanes....(HAL INI MENJAWAB pertanyaan : MENGAPA TUHAN YESUS disembah sebagai TUHAN ALLAH?)

Maaf ini adalah CAKUPAN yang saya tuliskan LUAS bukan hanya seputar Injil saja...karena untuk memberikan pemahaman yang tepat tentang KEILAHIAN TUHAN YESUS....sebenarnya sudah banyak ayat yang pernah saya tuliskan....tetapi saya akan FOKUSKAN lebih banyak ke pernyataan INJIL tentang KEILAHIAN TUHAN YESUS....


Pertama-tama perlu dipahami bahwa ALLAH itu Echad dan ROH adanya ...


ALLAH ITU ADALAH ECHAD(UL 6:4 => Shema Yisrael Yahweh Elohenu Yahweh Echad)

APA itu EKHAD?
" אחד - 'EKHAD" adalah KESATUAN DARI YANG JAMAK/KOMPLEKS, SEORANG MANUSIA ADALAH KESATUAN(YOS 12:12 raja negeri Eglon, satu(EKHAD/ECHAD)..) dari tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan. Suatu keluarga adalah kesatuan dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalah kesatuan dari akar, batang, cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHAD yang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama", "satu", yaitu KESATUAN YANG KOMPLEKS, bukan kesatuan yang absolut.

Mana dalilnya EKHAD itu KESATUAN?


KEJADIAN 11:6 dan Ia berfirman: "Mereka ini SATU(EKHAD) BANGSA dengan SATU(EKHAD) BAHASA untuk semuanya. =>SATU BANGSA =>SATU KESATUAN BANGSA....DITULISKAN SATU=EKHAD....


DAN KESATUAN YANG EKHAD ITU ADA DALAM DIRI SUATU PRIBADI MANUSIA...


Yos. 12:12 raja negeri Eglon, satu(EKHAD/ECHAD); raja negeri Gezer, satu(EKHAD/ECHAD);=>CEK DI WWW.BIBLOS.COM


KARENA HAL YANG KESATUAN ITU DINYATAKAN ESA/EKHAD...MAKA ALLAH YANG ADALAH ROH(YOH 4:24) JUGA MERUPAKAN SUATU KESATUAN(EKHAD)...(UL 6:4;MRK 12:29)...


ALLAH ITU ROH ADANYA (YOH 4:24)...
Roh Kudus adalah Roh Allah, adalah Allah sendiri karena dzat Allah adalah roh:

Yohanes 4:24

"Allah itu Roh ..."
TR, "πνευμα ο θεος …"
Translit. Interlinear, "pneuma {Roh} ho {(itu)} theos zAllah} …"

2Kor. 3:17 Sebab Tuhan(ADONAY) adalah Roh(RUACH).....


 2 Korintus 3:18 =>

TB... .Tuhan yang adalah Roh....
KJV =>...the Spirit of the Lord...

Translit Interlinear, ....kuriou {Tuhan} pneumatos {Roh (yaitu Roh)}...


Roh Kudus adalah Roh Allah yang kudus; rujukan mengenai Roh Allah ini ada, ditulis mulai di pertama dalam Alkitab kita yaitu Kitab Kejadian :


Kejadian 1:2

LAI TB, Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah(RUACH ELOHIM) melayang-layang di atas permukaan air
KJV And the earth was without form, and void; and darkness was upon the face of the deep. And the Spirit of God moved upon the face of the waters.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
וְהָאָרֶץ הָיְתָה תֹהוּ וָבֹהוּ וְחֹשֶׁךְ עַל־פְּנֵי תְהֹום וְרוּחַ אֱלֹהִים מְרַחֶפֶת עַל־פְּנֵי הַמָּיִם׃
Translit, VEHA'ARETS HAITAH TOHU VAVOHU VEKHOSYEKH AL-PENEY TEHOM VERUAKH 'ELOHIM MERAKHEFET AL-PENEY HAMAYIM
ALLAH MENYATAKAN DIRINYA SEBAGAI ROH....HANYA ALLAH saja satu-satunya JURUSELAMAT DUNIA...Yes. 43:11Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.


Yesaya 44:6 
LAI TB, Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku. 

YES 44:6 Konfirm =>  Wahyu 1:17 
WHY 1:17 =>LAI TB, Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: 'Jangan takut! Aku adalah YANG AWAL DAN YANG AKHIR,'"

Yesaya 42:8
LAI TB, Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung. 

Yesaya 48:11
LAI TB, Aku akan melakukannya oleh karena Aku, ya oleh karena Aku sendiri, sebab masakan nama-Ku akan dinajiskan? Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain! 

YHVH tidak akan membagikan nama,hormat dan kemuliaan-Nya kepada yang lain. 
Yang mdnarik adalah perkataan-perkataan Yesus dan tindakan-tindakan-Nya membuat orang Yahudi abad pertama mengambil batu menuduh Yesus menghujat (menyamakan diri-Nya dengan TUHAN). 



KONSEP PENEBUSAN DOSA ADA DI DALAM PERJANJIAN LAMA…PENEBUSAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..


Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,


Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]


Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….


KARENA NAMA-NYA ADALAH "PENEBUS MANUSIA" SEJAK DAHULU KALA(YES 63:16 =>....Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kaminama-Mu ialah "PENEBUS KAMI"(YHVH SANG PENEBUS/JURUSELAMAT) sejak dahulu kala.) ....


BERARTI HANYA TUHAN YANG BERKUASA MENEBUS DOSA MANUSIA…..


KONFIRM...


YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSA pemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.


YEREMIA 33:8 AKU[ALLAH/THEOS] AKAN MENTAHIRKAN MEREKA DARI SEGALA KESALAHAN YANG MEREKA LAKUKAN DENGAN BERDOSA TERHADAP AKU[ALLAH/THEOS], dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.


YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,"

maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN(BUKAN CIPTAAN), melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAH yang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]
KONFIRM YES 63:16 =>....Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "PENEBUS KAMI"(YHVH SANG PENEBUS/JURUSELAMAT) sejak dahulu kala.

ROH ALLAH inilah YANG MENGKARNASIKAN TUHAN YESUS dalam RAHIM MARIA..


Mat 1:20 cukup jelas...

Translit interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.} =>NUZUL/OF HOLY SPIRIT...CUKUP JELAS....(HOLY SPIRIT=THEOS)

Yoh 1:1 =>Firman itu ADALAH ALLAH....dan FIRMAN itu menjadi manusia(Yoh 1:14)


Shg Ia adalah SOSOK yang NUZUL/TURUN dari SORGA....


Yoh  8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, AKU DARI ATAS; kamu dari dunia ini, AKU BUKAN DARI DUNIA INI.[ISA DATANG DARI ATAS...DARI SURGA...=>YOH 6:38]


Yoh. 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah TURUN[NUZUL] DARI SORGA, yaitu Anak Manusia.


Yoh. 6:33 Karena roti yang dari Allah ialah ROTI YANG TURUN DARI SORGA dan yang MEMBERI HIDUP KEPADA DUNIA."


YOH 6:38 Sebab AKU[ISA] TELAH TURUN(NUZUL) DARI SORGA …

  
TUHAN YESUSLAH ROTI HIDUP YANG MEMBERI KEHIDUPAN PADA DUNHA..

Yoh. 6:51 Akulah(YESUSLAH) ROTI HIDUP yang TELAH NUZUL/TURUN DARI SORGA. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."


Yohanes 8:42.....AKU(=TUHAN YESUS) KELUAR(NUZUL) DAN DATANG DARI ALLAH. [AKU KELUAR DARI ALLAH BERARTI ISA ITU KARNASI KE DUNIA BERASAL DARI ALLAH SENDIRI]...SHG PASTI TURUN DARI SORGA....DARI DIRI ALLAH SENDIRI...


Karena IA KELUAR DARI DIRI ALLAH...maka TUHAN YESUS DAN BAPA ADALAH SATU KESATUAN...Sehingga dikatakan dalam ....INJIL YOHANES 10:30 =>AKU DAN BAPA SATU FAKTANYA/ADANYA....(EGW KAI HO PATHR HEN ESMEN)HEN ESMEN =>SATU ADANYA/FAKTANYA....



**BUKTI KE-1 KEILAHIAN TUHAN YESUS : 

1. TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRI-NYA SAMA DENGAN YEHOVA...



Pernyataan keilahian Yesus sangat jelas di Yohanes 8:58 :

> Yohanes 8:58 
LAI TB, Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." 


Orang Yahudi tanpa ragu-ragu mengerti maksud perkataan ini. Mereka tahu bahwa Yesus tidak hanya menyatakan keberadaan-Nya sebelum Abraham, tetapi Yesus juga menyatakan sama dengan Tuhan. Ini menyebabkan mereka mengambil batu hendak melempari Yesus. 


Yesus Kristus membuat pernyataan yang tegas dalam jawabnya, merujuk kepada keberadaan mutlak. Kedua kata kerja γενεσθαι - genesthai dari kata γινομαι - ginomai . Kata kerja γενεσθαι - genesthai, "ada", "menjadi", "eksis" ditulis dalam second aorist, mirip dengan simple past tense.

sedangkan "Aku telah ada", "εγω ειμι - egô eimi" , seharusnya "Aku ada" ditulis dalam bentuk Present Tense. Menurut kaidah tata bahasa, perbedaan kedua kata kerja ini menunjukkan bahwa Yesus Kristus itu 'timeless being'. Kaya Yunani εγω - egô (Aku) dan ειμι - eimi, kata kerja to be yang juga bermakna ada, eksis, mengungkapkan perbedaan dan merujuk kepada kelebihagungan Kristus. 

Kontras sekali antara γενεσθαι - genesthai dalam tense aorist (mirip dengan past tense Inggris) dengan eimi yang present tense. "εγω ειμι - dgô eimi", "Aku ada" mencerminkan bahwa Yesus Kristus tidak terikat dengan waktu. 

Silahkan perhatikan ayat Yohanes 8:58 dalam The Orthodox Jewish Brit Chadasha (OrthJBC) :

"Rebbe, Melech HaMoshiach said to them, 'Omein, omein, I say to you, before Avraham came into being, Ani hu.'"

Note: 
Ungkapan Ibrani, אֲנִי־הוּא - ANI HU dalam Perjanjian Lama hanya digunakan oleh TUHAN Allah, tidak pernah digunakan oleh manusia.

DAN JUGA DITULISKAN...

Yohanes 10:30 
LAI TB, Aku dan Bapa adalah satu. 

Yohanes 1:3
LAI TB, Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Kolose 1:17 =>"Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia."


TUHAN YESUS berkata 3x diulang...berarti hal ini sangat penting....

Yoh 10:38 ....bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."...


Yoh 14:10....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku....


Yoh 14:11....bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;...


Sehingga BAPA dipermuliakan HANYA di dalam ANAK....


Yoh 14:13....Bapa DIPERMULIAKAN di DALAM ANAK......

SEHINGGA KEMULIAAN ISA ITU SAMA DENGAN KEMULIAAN BAPA-NYA...


Yohanes 13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia. 

Matius 16:27 
Sebab Anak Manusia AKAN DATANG DALAM KEMULIAAN BAPA-NYA diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.=>SAAT ITU ISA BERKUASA MEMERINTAH MALAIKAT-MALAIKAT-NYA=>Mat. 13:41 Anak Manusia akan MENYURUH MALAIKAT-MALAIKAT-NYA dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahat`n dari dalam Kerajaan-Nya.(=>KERAJAAN-NYA=KERAJAAN TUHAN YESUS...LUK 22:30 => ...KERAJAAN-KU...;YOH 18:36 JAWAB YESUS : "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini....)


YOH 17:5 ...permuliakanlah Aku PADA-Mu sendiri(PADA ALLAH) dengan KEMULIAAN yang "Kumiliki" di hadirat-Mu SEBELUM DUNIA ADA.


Yesus juga menyatakan bahwa Dia mempunya kuasa kehidupan, kuasa yang hanya dimiliki TUHAN saja.

>> Yohanes 5:21,25 
5:21 LAI TB, Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

5:25 LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup. 

Yesus mengatakan bahwa 'supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa' :


>> Yohanes 5:23 
LAI TB, supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia. 

BARANGSIAPA TIDAK MENGHORMATI TUHAN YESUS BERARTI TIDAK MENGHORMATI BAPA...


Dalam kategori yang sama Yesus mendorong murid-murid-Nya, "percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku" :

>> Yohanes 14:1 
LAI TB, "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

MANUSIA AKAN MEMANDANG KEMULIAAN ISA SAMA DENGAN BAPA YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA-NYA SEBELUM DUNIA ADA DAN DIJADIKAN(YOH 17:24)....

YOH 8:28 Maka kata Yesus: "Apabila KAMU TELAH MENINGGIKAN Anak Manusia(TUHAN YESUS), barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia(ANI HU)(=YESUSLAH ALLAH)....



Karena BAPA di dalam ANAK(Saat TUHAN YESUS Nuzul ke dunia) dan ANAK di dalam BAPA(Saat TUHAN YESUS kembali ke tempat Ia berasal)....Maka dari itu dijelaskan pula bahwa.....

1. Nama Tuhan YESUS = NAMA BAPA(Yoh 17:11;Yoh 17:12 => ..nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku..)


2. MILIK TUHAN YESUS = MILIK BAPA(Yoh 16:15 =>SEGALA SESUATU yang Bapa punya, adalah Aku punya;KONFIRM YOH 17:10=>SEGALA milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku...)


3.Sifat TUHAN YESUS=BAPA(Yoh 14:7=>Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.;Yoh 8:19=>...Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."....)


4.Wujud TUHAN YESUS=BAPA(Yoh 14:9...Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;...;Yoh 14:7 => Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah MELIHAT DIA(BAPA).")


5.JIWA TUHAN YESUS=BAPA(YOH 14:10=>Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. =>KARENA YOH 10:38;YOH 14:10;YOH 14:11 =>bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.)


SEHINGGA TUHAN ALLAH MENGACU PADA 1 PRIBADI....YAKNI TUHAN YESUS...DALIL...


2 KOR 4:4 => yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang KEMULIAAN KRISTUS, yang ADALAH GAMBARAN ALLAH.


KOL 1:15 => Ia(TUHAN YESUS) ADALAH GAMBAR ALLAH YANG TIDAK KELIHATAN, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,


KOL 1:19 => Karena SELURUH kepenuhan Allah berkenan DIAM DI DALAM DIA(TUHAN YESUS),


KOL 2:9 =>Sebab dalam Dialah(TUHAN YESUS) berdiam secara jasmaniah SELURUH kepenuhan ke-Allahan,


IBR 1:3 => Ia(TUHAN YESUS) adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah...


2 Kor 5:19 => NKJV that is, that GOD was in Christ reconciling the world to HIMSELF,...(KONFIRM YOH 14:10;YOH 14:11;YOH 10:38...bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa....)


Siapakah BAPA?Bapa adalah ALLAH YANG ECHAD(Ul 6:4)...


BAPA adalah FIGUR yang menciptakan....dan itu JUGA ADALAH FIGUR TUHAN YESUS....sebab segala sesuatu diciptakan dengan FIRMAN(Maz 33:6-9)...


Ul 32:6 Demikianlah engkau mengadakan pembalasan terhadap TUHAN, hai bangsa yang bebal dan tidak bijaksana? Bukankah Ia(ALLAH) Bapamu yang mencipta engkau, yang menjadikan dan menegakkan engkau?


Mal 2:10 Bukankah kita sekalian mempunyai satu(ECHAD) bapa? Bukankah satu(ECHAD) Allah menciptakan kita? Lalu mengapa kita berkhianat satu sama lain dan dengan demikian menajiskan perjanjian nenek moyang kita?


Ia membentangkan segala-Nya seorang diri...


Yes. 44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? -- =>TIDAK ADA YANG MENDAMPINGI-Nya....


MENGAPA Alkitab mencatat ALLAH sebagai BAPA? karena kerinduan HATI ALLAH memiliki HUBUNGAN KEKERABATAN dengan MANUSIA...terlihat dalam HOSEA 1:10 => Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak All`h yang hidup."


Mal. 2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi!


Kis. 17:29 Karena kita berasal dari keturunan Allah,....


JADI Sebutan BAPA pada diri ALLAH adalah MENYATAKAN DIRI SEBAGAI HUBUNGAN ANTARA ORANG TUA DAN ANAK-NYA BAGI MANUSIA...


APAKAH YESUS ADALAH BAPA?YA...


YES 9:6 (9-5) Sebab seorang ANAK TELAH LAHIR untuk kita, seorang PUTERA telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. =>ANAK(SANG PUTRA) TERSEBUT DISEBUTKAN BAPA YANG KEKAL....=>dituliskan dalam

Kej 21:33 ....nama TUHAN, Allah yang kekal.=>ALLAH YANG KEKAL....BAPA YANG KEKAL...

KONFIRM YES 63:8-9;

YES 63:16 => Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami"(YHVH SANG PENEBUS/JURUSELAMAT) sejak dahulu kala.

>>BERIKUT BEBERAPA HAL YANG MENARIK UNTUK KITA SIMAK DALAM INJIL TENTANG KEILAHIAN TUHAN YESUS LEWAT PERNYATAAN DIRI-NYA SENDIRI....LEWAT PERNYATAAN BERIKUT KITA DAPAT MEMAHAMI POSISI KEILAHIAN TUHAN YESUS....


>> TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRI-NYA : AKULAH DIA(ANI HU)...SEPERTI YEHOVA KATAKAN....


SHG AMAT TEPAT JIKA TUHAN YESUS MENYATAKAN AKULAH DIA(ANI HU)...AKULAH ALLAH....


YHWH BERKATA...AKULAH DIA[ANI HU]...


UL 32:39. Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA[ANI HU]. Tidak ada Allah kecuali Aku.


NABI YESAYA MENYAMPAIKAN FIRMAN TUHAN....(TUHAN ADALAH PENEBUS DOSA...)


YES 43:2 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSA pemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.


AKULAH DIA YANG MENGHAPUS DOSA PEMBERONTAKANMU....OLEH KARENA AKU SENDIRI......


PERNYATAAN YESAYA...


YES 52:6 .....bahwa AKULAH DIA[ANI HU] yang berbicara, ya Aku!


TUHAN YESUS MENYATAKAN HAL YANG SAMA...


MRK 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia,...


YOH 4:26 Kata Yesus kepadanya: "AKULAH DIA[ANI HU], yang sedang berkata-kata dengan engkau."

{YOH 4:25-26 => JELAS SEKALI YESUS BERKATA KEPADANYA...AKULAH DIA[MESIAS/JURUSELAMAT/ALLAH SENDIRI]....}

SUATU SAAT KITA AKAN MENINGGIKAN DIA....SAAT ITULAH KITA MENGETAHUI DIALAH ALLAH...


YOH 8:28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa AKULAH DIA,...


YOH 13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa AKULAH DIA.


Note:

Ungkapan Ibrani, "אֲנִי־הוּא - ANI HU" [AKULAH DIA] dalam Perjanjian Lama hanya digunakan oleh TUHAN Allah, tidak pernah digunakan oleh manusia.


***BUKTI KE-2 KEILAHIAN TUHAN YESUS :

>>2.TUHAN ALLAH ADALAH SATU-SATUNYA JURUSELAMAT....DAN SATU-SATUNYA PENEBUS MANUSIA.... TUHAN YESUS MENGKLAIM HAL YANG SAMA....BAHWA DIRI-NYA ADALAH MESIAS/JURUSELAMAT...


Pernyataan Yesus sebagai mesias yang dijanjikan....
Perjanjian Lama memberikan janji kedatangan mesias. Mesias berarti yang diurapi, seseor`ng yang diurapi Tuhan untuk melakukan penggenapan rencana keselamatan bagi umat manusia. Perjanjian Lama memberikan gambaran keilahian mesias. Ketika Yesus menyatakan bahwa Dia menggenapkan nubuat tentang mesias,  secara langsung menyatakan keilahian-Nya.


MEMAHAMI KORELASI ANTARA MESIAS(YANG DIURAPI) DENGAN JURUSELAMAT.....

PEMAHAMAN KATA MESIAS....


"Mesias", Ibrani מריח - MASYIAKH , Arab "MASIH" artinya "yang diurapi".


Isa Al-Masih menunjukkan bahwa Isa itu "Yang Diurapi" dalam urutan nabi-nabi dalam agama samawi lainnya, hanya Isa yang mempunyai gelar "Al-Masih". Kitab Suci umat Muslim memberi gelar mulis "Al-Masih" (Mesias/ Kristus) kepada sosok anak Mariam.


Saya membandingkan kata משיח - MASYIAKH dengan Al-Masih karena berasal dari rumpun bahasa yang sama.


Sebagai Anak Allah, Yesus Kristus adalah "Mesias" (Ibrani: משיח - MASYIAKH, "yang diurapi")


Matius 16:16, 

LAI TB, Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias(khristos {MESIAS}(, Anak Allah yang hidup!" 

Mesias dalam arti umum, adalah gelar yang diberikan kepada raja-raja Israel, juga kepada para imal-imam. Kata "Sang Mesias" (Ibrani, המשיח - HAMASYIAKH, dialek Asykenazik 'HAMOSTYIAKH') adalah HAMOSYIA'(Sang Penyelamat) atau "MOSYA'AH" (keselamatan).


GELAR MESIAS BAGI YESUS :


ישוע המשיח ; YESYUA HAMASYIAKH

ιησους χριστος - IÊSOUS KHRISTOS

Kata "Mesias" dalam bahasa Ibrani adalah משיח - MASYIAKH , bahasa Aram 'MESIHA' dan bahasa Arab'MASIH', artinya "YANG DIURAPI". 


Kata ini "Mesias" ditulis χριστος - khristos dalam bahasa Yunani, dari kata kerja χριω - khriô, "mengurapi". Kata ini adalah merupakan asal-muasal bentuk Indonesia 'Kristus'. 


Maka, nama "Kristus" adalah persamaan "Mesias" dalam bahasa Yunani, sehingga nama Yesus Kristus sungguh berarth "Yesus Sang Mesias", atau "Yesus yang Diurapi". 

Yesus memperkenalkan diriNya sebagai Mesias, yaitu sosok "Yang Diurapi" sekaligus menjelaskan apa maksud dari gelar Mesias tersebut. Melebihi nabi/rasul dan raja yang diurapi dengan minyak. Yesus diurapi dengan Roh Kudus! Ia mendemonstrasikanNya ketika Ia membaca Kitab Nabi Yesaya di dalam Rumah Ibadah Disitu Yesus memilih membaca Yesaya pasal 61 dim`na terdapat ayat-ayat istimewa yang menubuatkan tentang diriNya!.

YES 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah MENGURAPI AKU(MESIAS); Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,


YES 61:2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,


YES 61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.


KONFIRM DENGAN AYAT DIBAWAH INI...


 Lukas 4:16-21

4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah MENGURAPI AKU(MESIAS/YANG DIURAPI), untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan PEMBEBASAN kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan oranf-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata sdmua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kep`da-Nya.
4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." 

Disini gelar dan peran Sang Mesias dijelaskan sebagai pembebasan dosa manusia dengan semua akibat-akibatnya.SEJAK LAHIR TUHAN YESUR TELAH DITETAPKAN MENJADI PEMBEBAS BAGI UMAT-NYA DARI DOSA-DOSA DAN PELANGGARAN...


PERNYATAAAN MALAIKAT GABRIEL :

MAT 1:21 => Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan MENYELAMATKAN UMAT-NYA DARI DOSA MEREKA." 

YOH 1:29 =>..."Lihatlah Anak domba(TUHAN YESUS) Allah, yang menghapus dosa dunia.=>SEHINGGA DIA ADALAH PENGHAPUS DOSA DUNIA...


SEHINGGA DIKATAKAN BAHWA DIALAH JURUSELAMAT DUNIA...

AKULAH DIA DALAM KONTEKS YOH 4:25-26 ADALAH DALAM KONTEKS DIALAH JURUSELAMAT DUNIA....BACA SELANJUTNYA YOH 4:42....ORANG-ORANG SAMARIA ATAS PENGAKUAN DARI PEREMPUAN SAMARIA DALAM YOH 4:25-26 MEREKA SEMUA MENYATAKAN TUHAN YESUSLAH JURUSELAMAT DUNIA...

YOH 4:42 =>...Dialah(YESUSLAH) benar-benar Juruselamat dunia."


HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DI DUNIA INI....DIALAH ALLAH ITU SENDIRI(YES 43:11=>Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT selain dari pada-Ku.)


SEHINGGA TEPATLAH YOH 8:24;YOH 8:34-36 DITULISKAN...


SIAPA YANG TIDAK MEMPERCAYAI TUHAN YESUS ADALAH ANI HU....AKAN MATI DALAM DOSANYA...

YOH 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu." 


YOH 8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya SETIAP ORANG YANG BERBUAT DOSA, ADALAH HAMBA DOSA.


HANYA TUHAN YESUSLAH PEMERDEKA MANUSIA DARI PERHAMBAAN DOSA...


YOH 8:36 Jadi apabila Anak(TUHAN YESUS) itu MEMERDEKAKAN KAMU, KAMUPUN BENAR-BENAR MERDEKA."


DAN DALAM KONSEP PENEBUSAN DOSA TUHAN ALLAH TIDAK PERNAH MENGUTUS DUTA/UTUSAN..SEBAB CIPTAAN TIDAK DAPAT MENANGGUNG DOSA SESAMANYA(YEH 18:20;IBR 10:4)




Sebagai contoh Yesaya berbicara mengenai Mesias
‘Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.’ (Yesaya 9:5)

‘Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: “Lihat, itu Allahmu!”‘  (Yesaya 40:9)
Dalam Daniel 7:13-14 dikatakan,
‘Dalam penglihatanku pada malam itu, kulihat sesuatu yang seperti manusia. Ia datang dengan dikelilingi awan lalu pergi kepada Dia yang hidup kekal dan diperkenalkan kepadanya.
Ia diberi kehormatan dan kekuasaan sebagai raja, sehingga orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya akan bertahan selama-lamanya, pemerintahannya tidak akan digulingkan’.
Ayat ini yang dikutip Yesus ketika imam besar menanyakan apakah Dia mesias.
‘Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: “Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?”  
Jawab Yesus: “Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit.” ’(Markus 14:61-62).
Ketika Perjanjian Lama berbicara mengenai mesias, Perjanjian Lama juga berbicara mengenai keilahiannya. Ketika Yesus menyatakan Dia adalah kegenapan Perjanjian Lama mengenai mesias (Lukas 24:27,44; Matius 26:54), Yesus mengkaitkan diri-Nya sebagai Mesias yang menggenapkan apa yang telah tertulis di dalam Perjanjian Lama. Ini sekaligus menegaskan keilahian-Nya.
YES 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT selain dari pada-Ku.=>HANYA ADA 1 JURUSELAMAT DAN ITU ADALAH ALLAH SENDIRI...SEBAB MANUSIA TIDAK MUNGKIN MENEBUS SESAMA-NYA(YEH 18:20);TIDAK MUNGKIN CIPTAAN DAPAT MENEBUS DENGAN SEMPURNA(IBR 10:4)

Luk. 2:11 Hari ini telah lahir bagimu JURUSELAMAT, yaitu Kristus, TUHAN(ADONAY), di kota Daud.


YOH 4:42....Dialah benar-benar JURUSELAMAT DUNIA."

_____________
YES 63:16 .....Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "PENEBUS KAMI"(YHVH SANG PENEBUS/JURUSELAMAT) sejak dahulu kala.

DIA DATANG UNTUK MENEBUS/MENYALAMATKAN/MENGHAPUS DOSA MANUSIA....


YOH 1:29 ...."Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia....


Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam DUNIA bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.[YES 43:25 =>..... OLEH KARENA AKU SENDIRI]



Yoh 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya.

DENGAN JELAS DITULISKAN 2X.....AKU DATANG BUKAN UNTUK MENGHAKIMI DUNIA...MELAINKAN UNTUK MENYELAMATKANNYA...MENYELAMATKAN SIAPA??DUNIA INI.


Luk. 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan MENYELAMATKAN YANG HILANG."


***BUKTI KE-3 KEILAHIAN TUHAN YESUS :
3. PERKATAAN ALLAH ITU KEKAL SELAMA-LAMANYA....DAN PERKATAAN TUHAN YESUS JUGA KEKAL....

Yes. 40:8 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi FIRMAN ALLAH KITA TETAP UNTUK SELAMA-LAMANYA."
____
Mat. 24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi PERKATAAN-KU tidak akan berlalu.
Mrk. 13:31 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi PERKATAAN-KU tidak akan berlalu.
Luk. 21:33 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi PERKATAAN-KU tidak akan berlalu."

***BUKTI KE-4 KEILAHIAN TUHAN YESUS :
4. TUHAN ALLAH ADALAH SATU-SATUNYA GEMBALA MANUSIA....


Yesus mengatakan, ' Akulah gembala yang baik'(Yohanes 10:11), sedangkan Perjanjian Lama mengatakan, 'TUHAN (YHVH) adalah gembalaku' (Mazmur 23:1; Yehezkiel 34:31).


***BUKTI KE-5 KEILAHIAN TUHAN YESUS :
5.TUHAN ALLAH ADALAH TERANG DUNIA...


Yesus mengatakan, 'Akulah terang dunia' (Yohanes 8:12), Perjanjian Lama mengatakan ''TUHAN (YHVH) akan menjadi penerang abadi bagimu" (Yesaya 60:19).


***BUKTI KE-6 KEILAHIAN TUHAN YESUS :
6.TUHAN ALLAH ADALAH YANG AWAL DAN AKHIR...


Yesus mengatakan Dia adalah yang pertama dan yang akhir (Wahyu 1:17), sama seperti YHVH dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6).


***BUKTI KE-7 KEILAHIAN TUHAN YESUS :
7.TUHAN ALLAH ADALAH HAKIM....


Yesus menyatakan Dia adalah hakim atas segala bangsa (Yohanes 5:27; Matius 25:31), Perjanjian Lama mengatakan TUHAN (YHVH) adalah hakim segala bangsa (Yoel 3:12).


Yohanes 5:27

LAI TB, Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.

Yoel 3:12

LAI TB, Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru. Note: Kata "Aku" merujuk kepada YHVH (lihat ayat 11 sebelumnya)

PERBANDINGAN BAPA DAN TUHAN YESUS :

BAPA :
MAHA TAHU : 1 YOH 13:20
PENCIPTA : YES 64:8;YES 44:24
MAHA HADIR : 1 RAJA-RAJA 8:27
KEKAL : MZM 90:2
PEMBERI HIDUP : KEJ 2:7
MENGUDUSKAN : 1 TES 5:23
KASIH : 1Yoh. 4:16

TUHAN YESUS :

MAHA TAHU : YOH 16:30
PENCIPTA : YOH 1:3;KOL 1:15-17
MAHA HADIR : MAT 28:20;MAT 18:20
KEKAL : MIKHA 5:1-2;Yoh 8:58
PEMBERI HIDUP : YOH 1:30;YOH 5:21
MENGUDUSKAN : IBRANI 2:11
KASIH : EF 5:25

KARENA TUHAN YESUS ADALAH ALLAH YANG INKARNASI....MAKA DARI ITU TUHAN YESUS SENANTIASA MENYATAKAN DIRI-NYA SAMA DENGAN ALLAH....


YOH 5:18 ...Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.(YOH 10:30 =>RESPON YOH 10:33 =>...menyamakan diri-Mu dengan Allah.")


BERIKUT BEBERAPA PERNYATAAN TUHAN YESUS BAHWA DIRI-NYA ADALAH ALLAH ITU SENDIRI...


>>YOH 10:30 AKU DAN BAPA SATU ADANYA...(PENJABARAN DIATAS)


>>Mat 4:7 Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"

Saat Dia dicobai oleh Iblis...Isa berkata Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!Siapakah yang dimaksud oleh TUHAN YESUS??Bukankah SAAT ITU TUHAN YESUS sedang menyatakan diriNya kepada Iblis...Aku ini Tuhan,jangan cobai AKU...bukankah CUKUP JELAS MAKNA MAKSUD PERKATAAN TUHAN YESUS SPT ITU....

>>YOH 13:13-14 (2X DITULISKAN) =>AKULAH ADONAY(KURIOS)=>(YOH 13:13);AKU YANG ADALAH KURIOS(ADONAY)=>(YOH 13:14)....


>>TUHAN YESUS MENYATAKAN DIALAH ADONAY ATAS HARI SABAT...(3X)

Mat. 12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan[ADONAY/KURIOS] atas hari Sabat."

Mrk. 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan[ADONAY/KURIOS] atas hari Sabat."


Luk. 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan[ADONAY/KURIOS] atas hari Sabat."[TUAN ATAS HARI BERARTI DIALAH ADONAY/TUHAN ITU SENDIRI...]


>> TUHAN YESUS BERKUASA MENGHAPUS/MENGAMPUNI DOSA…


MATIUS 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"


MARKUS 2:10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"


LUKAS 5:24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"


LUK 7:48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."


MARKUS 2:7 =>…. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"


>> TUHAN YESUS BERKUASA MENTAHIRKAN MANUSIA….


Hal tersebut juga terbukti oleh hal dibawah ini....

Q 2:117 ...Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "JADILAH!" Lalu JADILAH ia.(KUN FAYA KUN)..=>jika TUHAN MAU CUKUP BERKATA JADILAH...maka JADILAH ia ...

MATIUS 8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "AKU MAU, JADILAH ENGKAU TAHIR." SEKETIKA itu juga TAHIRLAH orang itu dari pada kustanya.


MARKUS 1:41 Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "AKU MAU, JADILAH ENGKAU TAHIR."


MARKUS 1:42 SEKETIKA itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan IA menjadi TAHIR.


LUKAS 5:12. Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."


LUKAS 5:13 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "AKU MAU, JADILAH ENGKAU TAHIR." SEKETIKA itu juga lenyaplah penyakit kustanya.


TUHAN YESUS MAU ,JADILAH ENGKAU TAHIR...dan IA menjadi TAHIR....=>betapa berkuasa-NYA perkataan TUHAN YESUS...karena TUHAN YESUS BERKUASA maka....


DALAM KEKRISTENAN DIWAJIBKAN BERDOA DALAM NAMA YESUS...
TUHAN YESUS MENGABULKAN DOA...ORANG KRISTEN DISURUH BERDOA DALAM NAMA TUHAN YESUS....


MAKA DARI ITU TUHAN YESUS MENERIMA PENYEMBAHAN MANUSIA...
Di zaman Musa, Allah sendiri memerintahkan untuk "Jangan ada padamu allah lain dihadapanku" (Keluaran 20:3). Yang dituntut Allah kepada orang percaya bukanlah semata-mata "sembahlah Aku", tetapi penyembahan ekslusif yang tidak bersandingan dengan menyembah allah selainNya. Dalam penyembahan, Allah tidak mau dimadu ….Ia tidak mau ada tandingan atas diriNya….

ANDA PELAJARI KISAH SADRAKH,MESAKH,ABEDNEGO DIALKITAB...MEREKA DIPAKSA MENYEMBAH PATUNG NEBUKADNEZAR...TETAPI MENOLAKNYA....KARENA MEREKA TAHU BAHWA PENYEMBAHAN MANUSIA WAJIB HANYA KEPADA ALLAH.... KARENA ALLAH ADALAH ALLAH YANG CEMBURU....=>Kel. 20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu,....IA TIDAK MAU MANUSIA MENYEMBAH APAPUN SELAIN DIRI-NYA....


Sekarang, bila Yesus harus memerintahkan orang-orang se-zamanNya untuk sujud-menyembah Dia, maka sesungguhnya tidak ada signifikansinya sama sekali. Namun demikian dapat kita temukan dalam bukti-bukti Alkitabiah, bahwa meskipun Yesus tidak minta disembah, namun Ia tidak pernah menolak/melarang orang menyembahNya.


* Wahyu 1:17-18

1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. 

* Matius 28:17

"Ketika melihat Dia mereka MENYEMBAH-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu." 


* Markus 5:6

"Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu MENYEMBAH-Nya," 

* MATIUS 14:33

Dan orang-orang yang ada di perahu MENYEMBAH Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau ANAK ALLAH." 

* Lukas 24:52

"Mereka sujud MENYEMBAH kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita." 


* Yohanes 9:38

"Katanya: 'Aku percaya, Tuhan!' Lalu ia sujud MENYEMBAH-Nya." 

MASIH BANYAK AYAT DI ALKITAB YANG MANA MENUNJUKKAN TUHAN YESUS DISEMBAH DALAM KAPASITAS SEBAGAI TUHAN DAN ALLAH....TETAPI APAKAH DIA MEMINTA UNTUK DISEMBAH...TIDAK..MENGAPA....??


Yoh. 5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.


DIA TIDAK MEMERLUKAN HORMAT DARI MANUSIA...TETAPI NALURI MANUSIA JIKA BERTEMU DENGAN SANG KHALIK PASTI SUJUD MENYEMBAHNYA..(BUKTIKAN SENDIRI...JANGAN PERCAYA SEBELUM MEMBUKTIKAN BERTEMULAH DENGAN TUHAN YESUS...MAKA ANDA PASTI SUKA ATAU TIDAK PASTI AKAN SUJUD MENYEMBAH KEPADA-NYA DETIK IA MENGHAMPIRI ANDA...)


 BERDOA/BERKUMPUL/BERSEKUTU HARUS DALAM NAMA YESUS...

MAT 18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul DALAM NAMA-KU, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." (DIA MAHA HADIR...DIA HADIR KETIKA MANUSIA BERKUMPUL DALAM NAMA YESUS)


INILAH PERINTAH UNTUK MEMINTA DALAM NAMA YESUS...

Yoh. 14:13 dan apa juga yang KAMU MINTA DALAM NAMA-KU, AKU AKAN MELAKUKANNYA,

Yoh. 14:14 Jika KAMU MEMINTA SESUATU KEPADA-KU dalam NAMA-KU, AKU AKAN MELAKUKANNYA."(DIA MENGABULKAN DOA...JIKA KAMU MEMINTA SESUATU KEPADA-KU DALAM NAMA-KU,AKU AKAN MELAKUKANNYA....)


YOH 16:23. Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu DALAM NAMA-KU.


YOH 16:24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun DALAM NAMA-KU. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.


MENGUSIR SETAN DEMI NAMA YESUS...KRN NAMA YESUS BERKUASA...


Mrk. 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku,


BAHKAN ISA BERKATA...


Yoh. 16:26 Pada HARI ITU KAMU AKAN BERDOA DALAM NAMA-KU. Dan TIDAK AKU KATAKAN KEPADAMU,BAHWA AKU MEMINTA BAGIMU KEPADA BAPA.[HARI ITU MANUSIA AKAN BERDOA DALAM NAMA-NYA..DAN TIDAK LAGI YESUS MEMINTA KEPADA BAPA….TAPI YESUS YANG MENJAWAB DOA….]


=>Jadi jelas saat Ia masih menjalani Kenosis didunia ini Ia seolah lebih rendah dari Bapa(Isa berdoa kepada Bapa,dst....Kenosis inilah yang sering diserang umat islam...)...tetapi saat Ia kembali ke tempat Ia berasal (Yoh 6:62)....maka Ia memiliki KUASA sama dengan BAPA....krn Isa adalah Bapa sendiri.....


BETAPA BERKUASANYA NAMA YESUS…..


>>>>>TIDAK ADA 1 AYATPUN DALAM INJIL YANG MENYATAKAN TUHAN YESUS BUKAN ALLAH....TIDAK PERNAH TUHAN YESUS BERKATA AKU BUKAN ALLAH....TIDAK ADA 1 AYATPUN....


DALAM PEMAHAMAN PARA MURID YESUS ADALAH YHWH :
Yesus adalah YHWH dalam terjemahan HRV :


1 Korintus 12:3
"Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: 'Terkutuklah Yesus!' dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: 'YESUS ADALAH TUHAN', selain oleh Roh Kudus."


Roh Kudus (Ruach HaKodesh) yaitu Roh Allah-lah yang memberikan pengertian dan dorongan bagi seseorang untuk mengerti bahwa Yesus itu TUHAN. Paulus mengarahkan kembali pengertian ini dan dijelaskan dalam :


* 1 Korintus 15:45-47
15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
TR, ουτως και γεγραπται εγενετο ο πρωτος ανθρωπος αδαμ εις ψυχην ζωσαν ο εσχατος αδαμ εις πνευμα ζωοποιουν
Translit, outôs kai gegraptai egeneto ho prôtos anthrôpos adam eis psuchên zôsan ho eschatos adam eis pneuma zôopoioun

15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.
TR, αλλ ου πρωτον το πνευματικον αλλα το ψυχικον επειτα το πνευματικον
Translit, all ou prôton to pneumatikon alla to psuchikon epeita to pneumatikon

15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga. 
TR, ο πρωτος ανθρωπος εκ γης χοικος ο δευτερος ανθρωπος ο κυριος εξ ουρανου 
Translit, ho prôtos anthrôpos ek gês choikos o deuteros anthrôpos ho kurios ex ouranou
Menarik juga untuk kita bandingkan 2 terjemahan sbb :


King James Version,
15:45 And so it is written, The first man Adam was made a living soul; the last Adam was made a quickening spirit.
15:46 Howbeit that was not first which is spiritual, but that which is natural; and afterward that which is spiritual.
15:47 The first man is of the earth, earthy; the second man is the Lord from heaven. 

The Hebraic-Roots Version,
15:45 So it is also written, Adam, the first man, became a living nefesh; and the last Adam, a quickening spirit.
15:46 But the spiritual was not first but the natural and then the spiritual.
15:47 The first son of man was dust that was from the earth. The second man was "YHWH" from heaven.

Namun, bagaimanapun HRV adalah "terjemahan" bukan bahasa Asli dimana Kitab 1 Korintus ditulis, maka orang-orang mungkin bisa saja mempersoalkan terjemahannya. Selanjutnya dibawah ini akan kita kaji ayat-ayat lain secara tekstual yang menunjukkan bahwa Yesus menyatakan dirinya adalah YHVH.
______

dari surga pun Bapa memanggil Anak dengan sapaan, "Ya Allah" :

>>Ibrani 1:8
LAI TB, Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.
KJV, But unto the Son he saith, Thy throne, O God, is for ever and ever: a sceptre of righteousness is the sceptre of thy kingdom. 
TR, προς δε τον υιον ο θρονος σου ο θεος εις τον αιωνα του αιωνος ραβδος ευθυτητος η ραβδος της βασιλειας σου
Translit interlinear, pros {kepada} de {dan} ton huion {Anak itu} ho thronos {takhta} sou {-Mu} ho theos {ya Allah} eis {kepada} ton aiôna {kekal} tou {dari} aiônos {kekal} rabdos {tongkat (kekuasaan)} euthutêtos {kebenaran/keadilan} hê rabdos {tongkat (kekuasaan atas)} tês basileias {Kerajaan} sou {Mu}

___________
Bdk Ibrani 3:3-4
3:3 LAI TB, Sebab Ia dipandang layak mendapat kemuliaan lebih besar dari pada Musa, sama seperti ahli bangunan lebih dihormati dari pada rumah yang dibangunnya.
3:4 LAI TB, Sebab setiap rumah dibangun oleh seorang ahli bangunan, tetapi ahli bangunan segala sesuatu ialah Allah. 
Dia di sana adalah Yesus Kristus (Ibrani 3:1), Dia diibaratkan seperti ahli bangunan dan ahli bangunan itu adalah Allah.
_______________


Perhatikan ayat ini :

* Roma 9:5
LAI TB, Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!

Pada Kitab Roma 9:5, jelas menunjukkan kepada kita bahwa Ia (Sang Mesias/ Kristus) itu adalah Allah. Rasul Paulus, selaras dengan rasul-rasul lainnya mengimani dan mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah Allah :

> Filipi 2:6
LAI TB, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
KJV, Who, being in the form of God, thought it not robbery to be equal with God: 
TR, ος εν μορφη θεου υπαρχων ουχ αρπαγμον ηγησατο το ειναι ισα θεω 
Interlinear, hos {yang} en {dalam} morphê {rupa/sifat} theou {Allah} huparkhôn {walaupun adalah} oukh {tidak} arpagmon {suatu rampasan/sesuatu yang dipertahankan} êgêsato {menganggap} to {hal} einai {menjadi} isa {yang setara} theô {dengan Allah}

Yang walaupun dalam rupa Allah , hos en morphê theou.
Kata Yunani 'μορφη, morphê' adalah bentuk sebagaimana seseorang dilihat oleh mata jasmani, penampilan lahiriah. Sebelum mengkaji makna kata ini, ada baiknya kita tinjau beberapa kata yang mengandung makna yang hampir sama yaitu skhêma, dan idea-idea.

Kata Yunani 'σχημα, skhêma' adalah pola atau patron , pembentukan fisik yang digunakan untuk membanding sesuatu dengan seseorang.

Kita lihat tulisan-tulisan para rasul lainnya, saya berikan 2 contoh :

> 2 Petrus 1:1
LAI TB, Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

> 1 Yohanes 5:20
LAI TB, Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.

KESIMPULAN :
Jelas sekali, Yesus tanpa meninggalkan keraguan, menyatakan diri-Nya sejajar dengan Allah. Dan pernyataan-pernyataan yang dikutip dalam ayat-ayat diatas menunjukkan bahwa Yesus menyatakan diriNya adalah YHVH sendiri. 

UNTUK MEMPERJELAS BACA HAL BERIKUT...http://www.facebook.com/notes/transformasi-indonesia/memahami-dan-mengenal-pribadi-adonay-yaitu-yahwe-juruselamatyesus-kristus/442370912450294


NB : Tulisan diatas belum FINAL...masih dalam penyusunan....


Sumber : http://www.thisisreformed.org/artikel/sistematika_kristologi.pdf

http://www.gsjabatutulis.com/berita-dan-artikel/khotbah-gembala/113-khotbah/1199-saksi-tentang-keilahian-yesus-kristus-118
http://www.sarapanpagi.org/yesus-kristus-adalah-allah-vt35.html
http://kesalahanquran.wordpress.com/2012/03/19/keilahian-yesus-kristus/
http://www.pemudakristen.com/artikel/keilahian_yesus_kristus.php

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kok penjelasanya comot ayat bible markurs, petrus muter muter disimpulkan dengan pemikiran sendiri simple saja kasihkan satu ayat dimana jesus mengatakan secara jelas "SAYA TUHAN SEMBAHLAH AKU"? bukan implikasi kayak diatas buanyak tapi pembelaan keyakinan sendiri cape deh.....

Anonim mengatakan...

sekiranya yesus yg versi mengumbar pengakuan "aku tuhan sembahlah aku" atau ngaku2 "aku nabi dan rasul hormat sama aku"
terus ga punya mukjizat adikodrati akhirnya nyari2 "mujizat" dg ngaku mendapat "injil" yg di lempar dr langit, abis itu nyuruh umatnya membela pengakuan dirinya dg pedang utk memerangi org2 yg menentangnya. dan asoy geboy lg dibolehin sama tuhan buat kawinin cewek yg buuuaaanyaaak dg maksud "mulia" widiih... gokill keles..

kayaknya pengakuannya sebagai Nabi atau rasul sudah bs dipastikan dan dg meyakinkan bahkan syah dinyatakan PALSU!!!

syukurlah Yesus Sang Mesias ga kayak itu, yakni tukang ngumbar2 scra verbal (aku tuhan sembah aku atau aku nabi hormati aku). Justru penuh Kuasa (sanggup mbangkitkan org mati, meneduhkan badai), kedaulatan (menaklukkan setan dan iblis), Kasih (mengampuni wanita yg berzinah) kemuliaan (pristiwa perjumpaan elia dan musa dg Yesus di bukit), dan banyak pristiwa2 yg dicatat saksi2-Nya bhw diri-Nya adlh Tuhan yg sejati.

sesungguhnya siapa yg mengalami kuasa dan kedaulatan-Nya pasti akan tersungkur di hadapan-Nya dan ketahuilah aakan tiba saatnya pada akhir zaman Sang Junjungan Ilahi Yesus akan bersabda bahwa IA adalah yg alif dan Ya; Yg Awal dan Yg Akhir, dan segala yg di sorga dan yg di bumi dan yg ada di bawah bumi akan sujud menyembah Bapa Anak dan Rohkudus

Poskan Komentar