TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DIALOG ECHAD , YAKHID


Karena selalu mengaitkan Asmaul Husna dalam menerangkan konteks ekhad dan yakhid maka saya akan paparkan perihal Asmaul Husna sesuai dengan kaidah Qur'an.
Allah memiliki nama2 sifat yg sebagian diperkenalkan kpd manusia, 2 Sifat utama yg berkenaan dengan Dzatnya diperkenalkan sifat rohman rohim, jika sehubungan dengan ciptaanNya sifat yg ditampakkan pertama adalah robbubiyat ( pencipta ) selanjutnya rohman rohim maalik ( Pengasih penyayang penguasa ).
dalam penulisan sifat2 Allah yg lebih dari 1 dlm sebuah kalimat tdk menggunakan kata sambung karena sifat2 tersebut diwujudkan secara bersamaan, demikian juga 99 nama Allah jika dibaca semua dalam sebuah kalimat tdk perlu huruf "wau" ( dan ) dlm penulisannya.
jadi bukan hanya ahad dan wahid saja yg tidak terpisahkan dalam konteks sifat Allah, tapi semua sifat Allah tidak terpisahkan, "maalikun ahadun wahidun " bisa disambung menjadi satu jika menyangkut sifat Allah.
itulah yg membedakan antara Allah dan makhluk. makhluk tidak bisa semua sifatnya menyatu, ahad untuk makhluk belum tentu wahid... tapi Ahad untuk Allah pasti wahid.
konteks tata bahasa arab mirip dengan bahasa ibrani.

seperti tampak dlm ul 6:4 yg anda tulis, itu mengisahkan sifat Echad Allah dan pasti Yakhid.

tapi saat anda mengutip kej 2:24 yg sehubungan dengan manusia jelas sekali sifat ekhad itu tampak,
tapi apakah menjadi Yakhid ( satu2nya ) ? jawabnya tentu tidak.

karena laki2 dan perempuan menikah itu mereka benar bersatu menjadi satu keluarga ( echad )
tapi mereka bukan satu2nya orang yg menikah dan bukan satu2nya keluarga yg ada didunia ini.
demikian juga sebaliknya kej 22:2 ambillah anakmu yg tunggal ( yakhid ) , anak tersebut anak tunggal
Abraham dari salah satu istrinya, tapi bukan echad karena abraham memiliki anak lebih dari 1 ( tidak echad )

dari gambaran ini jelas bahwa anda memberikan contoh2 ayat yg tidak menunjukkan "ke unikan" sama sekali,
jelas sekali Echad Yakhid Allah bersifat absolut mutlak dan bukan Gabungan atau koloni, coba Anda cari ayat2
dlm bahasa Ibrani yg bisa menunjukkan bahwa Echad Yakhid Allah bukan absolut mutlak

terima kasih
___________
Maaf bos berikut adalah bukti KEUNIKAN ALLAH....(KEUNIKAN ALLAH TIDAK ADA TANDINGANNYA BOS....JANGAN DISAMAKAN DENGAN PENGANALOGIAN ABRAHAM DAN ISHAK)...

TIDAK PERNAH DITULISKAN DALAM TEKS IBRANI ALLAH ITU YAKHID....SEMUA TERTULIS ALLAH ITU ECHAD(UL 6:4=>ESA(ECHAD);MAL 2:15=>ALLAH YANG ESA=>ECHAD)....TETAPI DALAM KE ECHAD-AN-NYA TERDAPAT KEUNIKAN ALLAH....APA BUKTI TEKS IBRANI YANG MENYATAKAN BAHWA ALLAH ITU ECHAD BUKAN YAKHID...BANYAK BOS...
MAL 2:10 ....Bukankah SATU(ECHAD BUKAN YAKHID) Allah menciptakan kita? ...BUKANKAH ALLAH YANG ECHAD MENCIPTAKAN KITA...ITU MENURUT MAL 2:10....

DAN DALAM KE ECHAD,AN ALLAH ADA KEUNIKAN ALLAH....YAKHID....BUKAN BERARTI KEABSOLUTAN MUTLAK....TETAPI BERSIFAT KEUNIKAN ALLAH...TIDAK ADA YANG ALLAH SEPERTI DIA DI JAGAD RAYA INI....

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: 'Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; TIDAK ADA ALLAH SELAIN DARI PADA-KU.

Ulangan 32:39  Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia(ANI HU). TIDAK ADA ALLAH KECUALI AKU.

Mzm. 113:5 Siapakah seperti TUHAN, Allah kita,...

DALAM 3 AYAT DIATAS MENUNJUKKAN TIDAK ADA SIAPAPUN YANG SEPERTI DIA....INI YANG DIMAKSUD KEUNIKAN DARI ALLAH...SATU YANG ECHAD DAN TIDAK ADA YANG SEPERTI DIA(MONOGENES)...

MAKA DARI ITU TERTULIS...

1Taw. 16:26 Sebab SEGALA allah bangsa-bangsa(SELAIN YHVH) adalah BERHALA, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.


MAKA DARI ITU YHVH adalah satu(ECHAD YANG UNIK)....ATAU ECHAD YANG YAKHID(UNIK)...HAL ITU JUGA TERCERMIN DALAM AKIDAH QURAN :

Q 112:1 :
[Transliteration]  Qul huwa Allahu AHADUN(EKHAD/ESA)
[Indonesian]  Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,

KEAHAD-AN DARI ALLAH YANG UNIK TERCERMIN DALAM SURAT BERIKUT...
Q 112:4 :
[Transliteration]  Walam yakun lahu kufuwan AHADUN
[Indonesian]  dan TIDAK ADA SEORANGPUN yang SETARA dengan Dia".
CUKUP JELAS DALAM SURAT AL-IKLAS 4 DITULISKAN....TIDAK ADA SEORANGPUN(=AHADUN) YANG SETARA DENGAN DIA(ALLAH)....

Tidak ada SESUATUPUN yang SERUPA dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Q 42:11
MEMANG TIDAK ADA SESUATUPUN YANG SERUPA DENGAN DIA...KARENA ALLAH ITU ROH ADANYA...(YOH 4:24)...
ROH MANUSIA(ROH MALAIKAT/IBLIS,DST) TIDAK AKAN PERNAH SAMA / MENANDINGI ROH ALLAH....
ROH ALLAH MAHA SEGALANYA...ROH MANUSIA(ROH CIPTAAN) TIDAK MAHA SEGALANYA.....

ADAKAH AYATNYA DALAM QURAN BAHWA ALLAH ITU ZAT?ADAKAH AYATNYA ALLAH ITU BUKAN ROH DALAM QURAN DAN HADIS?
JIKA TIDAK ADA MENGAPA ANDA KATAKAN BAHWA ALLAH BUKAN KESATUAN MULTI KOMPLEKS PADAHAL SECARA NYATA QURAN MENYATAKAN
Q 112:1+Q 112:4 =>ALLAH ITU AHAD(EKHAD=KESATUAN YANG WAHID=SATU/UNIK)??

JIKA ANDA MENGATAKAN...
seperti tampak dlm ul 6:4 yg anda tulis, itu mengisahkan sifat Echad Allah dan pasti Yakhid.

BISA ANDA TUNJUKKAN AYATNYA BAHWA ALLAH ITU YAKHID DALAM AKIDAH IBRANI??SEBUT 1 AYAT AJA KALO ADA BOS.....SAYA YAKIN TIDAK ADA AYATNYA....ALLAH YANG ESA DALAM AKIDAH IBRANI ADALAH ECHAD/AHAD/AHADDUN/AHADDIN...

MENURUT SAYA AHAD YANG WAHID BUKAN BERARTI SATU ABSOLUT...KARENA AHAD ITU SENDIRI BERMAKNA SATU KESATUAN DARI HAL YANG KOMPLEKS(CONTOH DALAM QURAN DITULISKAN SEORANG MANUSIA ITU DIKAITKAN DENGAN AHAD BUKAN WAHID....karena MANUSIA dimensinya KOMPLEKS...CONTOH : "Walatajidannahum ahrasa alnnasi AAala hayatin wamina allatheena ashrakoo yawaddu AHADUHUM(=MASING-MASING MEREKA=ONE OF) law yuAAammaru alfa sanatin wama huwa bimuzahzihihi mina alAAathabi an yuAAammara waAllahu baseerun bima yaAAmaloona"(Q 2:96)...."Wala tuminoo illa liman tabiAAa deenakum qul inna alhuda huda Allahi an yuta AHADUN(=SESEORANG) mithla ma ooteetum aw yuhajjookum AAinda rabbikum qul inna alfadla biyadi Allahi yuteehi man yashao waAllahu wasiAAun AAaleemun"(Q 3:73))
...DALAM QURAN SENDIRI AHAD ITU BERMAKNA ONE OF....BUKAN SATU YANG ABSOLUT...)....SEDANG WAHID JIKA DIKAITKAN DENGAN AHAD TIDAK MERUPAKAN SATU ABSOLUT LAGI....BISAKAH ANDA TUNJUKKAN KATA AHAD DI QURAN ITU SATU YANG ABSOLUT?SEORANG DARI SEKELOMPOK ORANG (ONE OF=AHAD DALAM QURAN)...JADI DARI MANA AHAD YANG WAHID ITU SATU ABSOLUT??


TERIMA KASIH...SILAHKAN BOS...
_____

kej 22:2 ambillah anakmu yg tunggal ( yakhid ) , anak tersebut anak tunggal
Abraham dari salah satu istrinya, tapi bukan echad karena abraham memiliki anak lebih dari 1 ( tidak echad )
___________
ANAK YANG TUNGGAL TERSEBUT KARENA HANYA ISHAK-LAH YANG DIAKUI SEBAGAI ANAK PERJANJIAN YANG BOLEH HIDUP DI HADAPAN ALLAH...(KEJADIAN 17:18-19)


KEJ 17:18 Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!"

KEJ 17:19 Tetapi Allah berfirman: "TIDAK, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang KEKAL UNTUK KETURUNANNYA(KETURUNAN ISHAK).=>KARENA ISMAEL DITOLAK HIDUP DIHADAPAN-NYA....


>ANDA MENULISKAN=>TUNGGAL BUKAN ECHAD KARENA ABRAHAM PY ANAK LEBIH DARI 1?TENTU TIDAK...JUSTRU DALAM HAKIM-HAKIM 11:34

HAKIM-HAKIM 11:34 Ketika Yefta pulang ke Mizpa ke rumahnya, tampaklah anaknya perempuan keluar menyongsong dia dengan memukul rebana serta menari-nari. Dialah anaknya yang TUNGGAL(YAKHID); selain dari dia tidak ada anaknya laki-laki atau perempuan.

YEFTA HANYA PY PUTRI SEMATA WAYANG(PERHATIKAN KATA=>...selain dari dia tidak ada anaknya laki-laki atau perempuan...DALAM HAKIM-HAKIM 11:34).....DIKATAKAN JUGA ANAKNYA YANG YAKHID....

JADI TUNGGAL/YAKHID YANG MELEKAT DALAM DIRI ISHAK KARENA HANYA ISHAK SATU-SATUNYA ANAK ABRAHAM YANG DIAKUI ALLAH SEBAGAI ANAK PERJANJIAN...YANG BOLEH HIDUP DIHADAPAN ALLAH....ISMAEL SELAMANYA DIBUANG DARI HADAPAN-NYA....TETAPI KARENA DOA ABRAHAM MAKA ALLAH AKAN MENJADIKAN ISMAEL BANGSA YANG BESAR....SPT SKR....

JADI YAKHID / KEUNIKAN MERUJUK PADA SATU PRIBADI....SPT ALLAH DI DALAM KE ECHAD-AN-NYA.....TERDAPAT PRIBADI ALLAH YANG UNIK....(MONOGENES)....
____________

Satrio Pinandito1:06am Aug 9

saya yakin, QS 1:1 bismillahirrohmaanirrohyiim
bismi terdiri atas 2 kata ba dan ism, ba artinya ' dengan ' , ism artinya ' nama / sifat. kata ini menunjuk kepada Allah, nama wujud Tuhan dan kepada Ar-rahman dan Ar-rahim, keduanya nama sifat Allah.
Allah adalah nama Sang Maha Agung, kata2 kata yg suka ditulis para muslim adalah Dzat bukan zat, merujuk dari bentuk tata bahasa arab bahwa Allah adalah ism dzat yaitu tidak diambil dari akar kata yg lain, dan tidak pernah dipakai sebagai keterangan atau sifat, jd secara tata bahasa dan bentuk kata, kata Allah bersifat tunggal mutlak.
kata Dzat itu mengacu pada arti ' wujud Tuhan ' dan kata zat mengacu pada ' wujud makhluk '.
wujud Tuhan atau Dzat Ilah hanya bisa dikenali manusia dari sifat2Nya karena mustahil manusia memiliki kemampuan untuk mengetahui secara penuh tentang Dzat Allah, sedangkan pengetahuan tentang zat yg ada di alam semesta saja manusia tidak mampu.
_____________
Jawab :
Maaf sebelumnya saya meminta anda menuliskan FOOT NOTE Q 1:1 bukan??mari kita lihat bersama FOOT NOTE dari Q 1:1 ...
Q 1:1 tertulis SBB menurut QURAN digital yang saya miliki...:
1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1].
[1] Maksudnya: saya memulai membaca al-Fatihah ini dengan menyebut nama Allah. Setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan sebagainya. "Allah IALAH NAMA ZAT" yang Maha Suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang ar Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya. 

CUKUP JELAS TERTULIS DALAM PEMAHAMAN ISLAM ALLAH ADALAH NAMA ZAT YANG MAHA SUCI...DST....

Dan ALLAH itu ZAT menginspirasi KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA...

zat Ar n 1 wujud; hakikat (Allah): -- Allah; =>CUKUP jelas ZAT itu didefinisikan WUJUD/HAKIKAT ALLAH.....

http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

TIDAK ADA 1 AYATPUN DI QURAN MENULISKAN ALLAH ITU DZAT....LALU ATAS DASAR DALIL APA ANDA BERKATA ALLAH ITU DZAT/SUBSTANSI?

Dalam pemahaman QURAN cukup jelas ALLAH itu ZAT bukan DZAT....dalil 

Yunus 32(Q 10:32)=>32. Maka (Zat yang demikian) itulah Allah Tuhan kamu yang sebenarnya; maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka bagaimanakah kamu dipalingkan (dari kebenaran)? 

Q 57:3 
3. Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin[1452]; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

[1452]. Yang dimaksud dengan: Yang Awal ialah, yang telah ada sebelum segala sesuatu ada, Yang Akhir ialah yang tetap ada setelah segala sesuatu musnah, Yang Zhahir ialah, Yang nyata adanya karena banyak bukti- buktinya dan Yang Bathin ialah yang tak dapat digambarkan hikmat ZAT-Nya oleh akal.

CUKUP JELAS DITULISKAN...Yang Bathin ialah yang tak dapat digambarkan hikmat ZAT-Nya oleh akal......

TIDAK ADA 1 AYATPUN QURAN MENYATAKAN ALLAH ITU DZAT....LALU DARI MANA ANDA BERKATA ALLAH ITU DZAT?

AR-RAHMAN 27
27. Dan tetap kekal Dzat(=>WAJHU=WAJAH BUKAN DZAT...) Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.=>JIKA ANDA MAU JUJUR DAN MEMBACA TEKS ASLI AR-RAHMAN 27 CUKUP JELAS DITULISKAN WAJHU ITU WAJAH...DALAM SEMUA TERJEMAHAN INGGRIS WAJHU DIARTIKAN WAJAH/PRIBADI ALLAH....


[Yusuf Ali]But will abide (forever) the FACE of thy Lord― full of Majesty, Bounty and Honour.
[Mohsin Khan] And the FACE of your Lord full of Majesty and Honour will remain forever.
[Pickthal]There remaineth but the Countenance(WAJAH) of thy Lord of Might and Glory.=>http://translate.google.co.id/?hl=id&tab=wT#en/id/%20Countenance%20
[Shakir]And there will endure for ever the PERSON(=PRIBADI) of your Lord, the Lord of glory and honor.
[Transliteration] Wayabqa WAJHU(=WAJAH) rabbika thoo aljalali waalikrami

http://www.guidedways.com/chapter_display.php?chapter=55&translator=6&mac=&otherTranslations%5B%5D=2&otherTranslations%5B%5D=5&otherTranslations%5B%5D=4&otherTranslations%5B%5D=3


YUNUS 3. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat)(=>DZAT DALAM TANDA KURUNG ARTINYA SECARA GRAMATIKAL ARABIAH TIDAK ADA TEKS DZAT DISITU SHG DALAM TANDA KURUNG) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? 

JADI DARIMANA ATAS DASAR DALIL APA ANDA BERKATA ALLAH ITU DZAT???PADAHAL SEMUA ASPEK QURAN DAN AKIDAH ISLAM TERTULIS ALLAH ITU ZAT....DIMANA ZAT ITU SENDIRI DIARTIKAN DALAM KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA SEBAGAI WUJUD/HAKIKAT ALLAH...JIKA MENURUT ANDA DZAT DAN ZAT ITU BERBEDA....MENGAPA QURAN MENGABURKAN KESAN DZAT DAN ZAT ITU BERBEDA?JUSTRU TERLIHAT MENYAMAKAN ANTARA DZAT DAN ZAT.....

SILAHKAN MENANGGAPI BOS.....
___________
Setelah saya telusuri ternyata WAHID dalam QURAN bisa bermakna JAMAK(SEKUMPULAN/KESATUAN)....


Al-Maeda [5:48] ...SATU UMAT(ommatan wahidatan)...

Yunus [10:19] Manusia dahulunya hanyalah SATU UMAT(ommatan wahidatan)...

Hud [11:118] ....UMAT YANG SATU,...(ommatan wahidatan)

An-Nahl [16:93] ...kamu satu umat... (ommatan wahidatan)

Ash-Shura [42:8] ...mereka satu umat....(ommatan wahidatan)

Az-Zukhruf [43:33] ...manusia menjadi UMAT YANG SATU...(UMAT YANG SATU=>ommatan wahidatan)...

ALLAH YANG ESA tertulis sbb :




Surah Al Faatihah disebut juga “Wahidah Sab’atun” atau ada juga penulisan dengan“Sab’un Wahidun”.
Apakah “Wahidah” bentuk singular ?!
Katakanlah Allah itu Ahad := Allah itu singular dan tiada duanya.
so…
Allah wahdah (QS 40:12)
billahi wahdah (QS 40:84)
Rabbaka fil Qur’ani wahdah (QS 17:46)… Al Qur’an singular dan tiada duanya.
Kembali ke (QS 42:8) =
Ja’alaHUM artinya dijadikan MEREKA
umatan “wahidatan” artinya “satu umat”, “satu kaum”, “satu keselarasan”, “satu golongan”… 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar