TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENGULAS PENDAPAT PENJAGA KITABULLAH

Jujur gue ketawa ama TULISAN PENJAGA KITABULLAH.... https://www.facebook.com/groups/PenjagaKitabullah/permalink/438687729543108/?notif_t=like
Soal QS 13:31 berbunyi:
Dan "sekiranya"(BISA YA BISA TIDAK=>MEMBUKTIKAN KERAGUAN alloh swt dalam berfirman) ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quran itulah dia). Sebenarnya segala urusan itu adalah kepunyaan Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa seandainya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
Penjaga KITABULLAH menjawab :
"SEKIRANYA" itu hanyalah perumpamamaan , Allah menunjukkan begitu hebatnya arti dari pentingnya AlQuran. Makanya Allah berfirman disitu dg kata-kata "SEKIRANYA", dan bukan kepastian.

___________________
JAWAB :

Kata SEKIRANYA memiliki DEFINISI sbb:
http://www.artikata.com/arti-368660-kiranya.html



adv
1. agaknya; rupanya: saya sangka orang baik, ~ dia pengkhianat;
source: kbbi3
2. semoga; mudah-mudahan (untuk menyatakan harapan): ~ Tuhan menyertai kita sekalian;
source: kbbi3
3. sekiranya;
Bisa sepadan dengan KIRANYA...Bisa juga "pengandaian"...(http://www.artikata.com/arti-368663-sekiranya.html)
adv
1. seandainya; jikalau: ~ buku ini bisa menggembirakan hatinya, aku akan memberikannya dng senang hati
source: kbbi3
p
2. seandainya; jika
============
"SEKIRANYA ADA" adalah BENTUK PENGANDAIAN...memang tepat demikian....tetapi apakah yang dijadikan OBJEK PENGANDAIAN itu BISA BERSIFAT BENAR MUTLAK?Karena dalam Q 13:31 yang menjadi OBJEK PENGANDAIAN adalah FIRMAN Allah....Memang dalam ALKITAB banyak sekali pengandaian/perumpamaan....tetapi dalam ALKITAB tidak pernah FIRMAN Allah jadi OBJEK PENGANDAIAN....Diri ALLAH tidak pernah dijadikan OBJEK PENGANDAIAN....KARENA Ia sempurna adanya tidak boleh dijadikan OBJEK PENGANDAIAN(Mat. 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah SEMPURNA.")
Contoh : Mat. 17:20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar BIJI SESAWIsaja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

 Jadi dalam PERUMPAMAAN ITU Tuhan Yesus ingin mengajarkan pentingnya memiliki IMAN ...shg manusia bisa kelak memiliki KODRAT ILAHI(2 Ptr 1:4;Ibr 11:1-6) saat manusia itu memiliki IMAN sebesar biji sesawi....yang dicari TUHAN bukan memindahkan GUNUNG tetapi IMAN itu sendiri....(Luk 18:8... Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?")=>TUHAN TIDAK PERNAH MENANYAKAN : adakah Ia mendapati GUNUNG yang dipindahkan olehmu di bumi? ...tetapi yang IA tanyakan =>Luk 18:8... adakah Ia mendapati iman di bumi?...=>FOKUSNYA TUHAN itu IMAN manusia bukan MEMINDAHKAN GUNUNG....itulah PENGAJARAN-PENGAJARAN PERUMPAMAAN DALAM ALKITAB.....OBJEK selalu CIPTAAN....
>Mengapa ada PERUMPAMAAN dalam ALKITAB? Salah satu alasannya adalah untuk menunjukkan KESEMPURNAAN hanya MILIK ALLAH...sedang ciptaan-Nya wajib mengejar KESEMPURNAAN Allah itu sendiri(Mat 5:48)....shg ciptaan-Nya selalu menjadi OBJEK PERUMPAMAAN....
FIRMAN-NYA SENANTIASA BERNILAI KEBENARAN SAMPAI SELAMA-LAMANYA:
Mzm. 119:160 Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.
FIRMAN-NYA DAPAT MENGUDUSKAN :
 Yoh. 17:17  Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Jadi jika diri ALLAH yakni pernyataan ALLAH(FIRMAN) dimasukkan dalam OBJEK PERUMPAMAAN....apakah berarti ANDA SEDANG MERAGUKAN KE-VALID-AN FIRMAN ALLAH? Karena nanti dalam sebuah PERUMPAMAAN akan dihasilkan BISA YA DAN BISA TIDAK.....Objek PERUMPAMAAN Q 13:31 adalah FIRMAN itu sendiri....
____________
Sanggahan :

Ardian Sahira Zulfiqar 
Prendlah yang full keraguan:
─►Matius 27/46,Mark 15/25.Yohanes 19/14.Lukas tak ada nulis apa apa.

______________ 
Jawab : http://www.sarapanpagi.org/49-ayat-ayat-tuhan-yang-ragu-ragu-dalam-alkitab-vt701.html

Kata KIRA-KIRA disitu bukan berarti TUHAN TIDAK TAHU akan JAM.Tetapi HIKMAT dari ALLAH kepada MANUSIA soal PERHITUNGAN WAKTU.....belum secanggih sekarang.....[SUMBER HIKMAT dan PENGETAHUAN MANUSIA hanya berasal dari DIA saja=>Ams. 2:6 Karena Tuhanlah yang MEMBERIKAN HIKMAT, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.]

Perhitungan "panjang" JUGA BELUM DALAM satuan baku(centi meter,meter) spt sekarang di kitab anda :


>QS 37:146-147
Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu.
Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih.


Atau yang berikut ini.

> QS 53:8 - 9
Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi.
maka jadilah dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi).

______________
Sanggahan ID AMOR :

Bilangan 12:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "SEKIRANYA ayahnya meludahi mukanya, tidakkah ia mendapat malu selama tujuh hari? Biarlah dia selama tujuh hari dikucilkan ke luar tempat perkemahan, kemudian bolehlah ia diterima kembali.=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki JIKA ADA SEORANG NABI ditengah-tengah mereka jangan mengatai NABI TERSEBUT....SEBAB ITU KEKEJIAN BAGI TUHAN(Mzm. 105:15 "Jangan mengusik orang-orang yang Kuurapi, dan jangan berbuat jahat kepada nabi-nabi-Ku!")

Baca juga Kitab Yesaya 48:17-18 48:17 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh. 48:18 SEKIRANYA engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,"=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki manusia memperhatikan PERINTAH-PERINTAH-Nya

"Baca juga Kitab Yeremia 23:21-22 23:21 "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat. 23:22 SEKIRANYA mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari perbuatan-perbuatannya yang jahat."=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki manusia memperhatikan perkataan NABI

"baca juga ayat lanjutannya Kitab Yeremia 23:23-24 23:23 Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga? 23:24 SEKIRANYA ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN."=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki manusia mendekat pada-Nya,sekalipun Ia dekat....tetapi saat manusia menjauhi-Nya....bersembunyi terhadap diri-Nya....Ia tetap dapat MELIHAT KITA....

"Baca ayat lainnya juga yaitu Kitab Maleakhi 1:10-11 1:10 SEKIRANYA ada di antara kamu yang mau menutup pintu, supaya jangan kamu menyalakan api di mezbah-Ku dengan percuma. Aku tidak suka kepada kamu, firman TUHAN semesta alam, dan Aku tidak berkenan menerima persembahan dari tanganmu.(=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki manusia tidak menyia-nyiakan MEZBAH-Nya/KASIH KARUNIA-Nya) 1:11 Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam."  
________________
Pertanayaan :
"==Terkait tuntutannya terkait Qs 13:31 == GUNUNG MANA YANG HANCUR AKIBAT PEMBACAAN AYAT QURAN? maka TUNTUTAN semacam ini sama halnya TUNTUTAN jawaban tentang 1.AYAH Siapa yang diludahi dalam Kitab Bilangan 12:14? 2.SIAPA yang menyembunyikan diri dari persembunyian dari Allah terkait Kitab Yeremia 23:23-24? ==Terkait SARAN PENUTUP POSTINGANYA == jadi kalau ia menutup statusnya dengan saran : =SARAN : YAKINKAN DULU alloh swt dalam berfirman sebelum anda berdakwah kepada UMAT NASRANI...== saran Amor kalau IA BERNALAR WARAS, maka yakinkan dahulu bahwa anda MEMILIKI PENGETAHUAN YANG tentang ALKITAB sebelum MENGGUGAT AL QUR"AN dan hendak memperbandingkan dengan Alkitab. karena tindakan semacam ini HANYA PAMER KEBODOHAN. kalau ia tidak mau PAMER KEBODOHAN YANG BERULANG ULANG, maka tindakan tersebut JUSTRU PAMER KETIDAK WARASAN"

__________1.AYAH Siapa yang diludahi dalam Kitab Bilangan 12:14? =>anda salah tulis bos....Bil 12:14 adalah PERINTAH ALLAH kepada AYAH MIRYAM untuk meludahinya....bukan AYAH MIRYAM DILUDAHI....baca Alkitab yang bener bos.....(DI dan ME itu 2 hal yang beda jauh)
________
Jawab :
Baca selengkapnya Bil 12:1-15 :
12:1    Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.
12:2    Kata mereka: "Sungguhkah TUHAN berfirman dengan perantaraan Musa saja? Bukankah dengan perantaraan kita juga Ia berfirman?" Dan kedengaranlah hal itu kepada TUHAN.
12:3    Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.
12:4    Lalu berfirmanlah TUHAN dengan tiba-tiba kepada Musa, Harun dan Miryam: "Keluarlah kamu bertiga ke Kemah Pertemuan." Maka keluarlah mereka bertiga.
12:5    Lalu turunlah TUHAN dalam tiang awan, dan berdiri di pintu kemah itu, lalu memanggil Harun dan Miryam; maka tampillah mereka keduanya.
12:6    Lalu berfirmanlah Ia: "Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi.
12:7    Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku.
12:8    Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"
12:9    Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap mereka, lalu pergilah Ia.
12:10    Dan ketika awan telah naik dari atas kemah, maka tampaklah Miryam kena kusta, putih seperti salju; ketika Harun berpaling kepada Miryam, maka dilihatnya, bahwa dia kena kusta!
12:11    Lalu kata Harun kepada Musa: "Ah tuanku, janganlah kiranya timpakan kepada kami dosa ini, yang kami perbuat dalam kebodohan kami.
12:12    Janganlah kiranya dibiarkan dia sebagai anak gugur, yang pada waktu keluar dari kandungan ibunya sudah setengah busuk dagingnya."
12:13    Lalu berserulah Musa kepada TUHAN: "Ya Allah, sembuhkanlah kiranya dia."
12:14    Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sekiranya ayahnya meludahi mukanya, tidakkah ia mendapat malu selama tujuh hari? Biarlah dia selama tujuh hari dikucilkan ke luar tempat perkemahan, kemudian bolehlah ia diterima kembali."
12:15    Jadi dikucilkanlah Miryam ke luar tempat perkemahan tujuh hari lamanya, dan bangsa itu tidak berangkat sebelum Miryam diterima kembali.


Bilangan 12:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "SEKIRANYA ayahnya MEludahi(=>jelas MELUDAHI bukan DILUDAHI) mukanya(muka MIRYAM), tidakkah ia mendapat malu selama tujuh hari? Biarlah dia selama tujuh hari dikucilkan ke luar tempat perkemahan, kemudian bolehlah ia diterima kembali.=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki JIKA ADA SEORANG NABI ditengah-tengah mereka jangan mengatai NABI TERSEBUT....SEBAB ITU KEKEJIAN BAGI TUHAN(Mzm. 105:15 "Jangan mengusik orang-orang yang Kuurapi, dan jangan berbuat jahat kepada nabi-nabi-Ku!")...JADI Hal itu adalah PENGANDAIAN ALLAH sebagai SUBJEK....dan Ayah MIRYAM sebagai OBJEK....dalam SUATU KALIMAT PERUMPAMAAN....ISINYA PERUMPAMAAN ITU ADALAH NASIHAT Allah KEPADA MIRYAM.
____________
2.SIAPA yang menyembunyikan diri dari persembunyian dari Allah terkait Kitab Yeremia 23:23-24?
___________
Jawab :
"baca juga ayat lanjutannya Kitab Yeremia 23:23-24 23:23 Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga? 23:24 SEKIRANYA ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN."=>Hasrat-Nya : Ia menghendaki manusia mendekat pada-Nya,sekalipun Ia dekat....tetapi saat manusia menjauhi-Nya....bersembunyi terhadap diri-Nya....Ia tetap dapat MELIHAT KITA....(SEBAB IA MAHA HADIR => Mzm. 139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?)=>JADI PERUMPAMAAN INI BERISI WEJANGAN DARI ALLAH kepada MANUSIA....yang mana PERUMPAMAAN disini SANGAT DEKAT DENGAN HARAPAN/HASRAT ALLAH kepada MANUSIA....agar tidak menjauhi-Nya....
NB : SUBJEK perumpamaan ayat di atas adalah TUHAN.....OBJEK ADALAH MANUSIA.....
______________

Jawaban GLOBAL thd semua dakwaan ID AMOR:
Apa Bos ID AMOR tidak baca tulisan saya?Bahwa memang ada kata SEKIRANYA dalam ALKITAB tetapi memiliki sudut pandang BAHWA Pencipta mengingini bahwa CIPTAAN-Nya menjadi seperti yang dimaui hati-Nya....dan sebaliknya....Ciptaan boleh berharap kepada SANG PENCIPTA....SUBJEK ayat yang anda kutip adalah TUHAN,OBJEK adalah CIPTAAN(manusia)....so apakah salah TUHAN menghendaki suatu yang baik terjadi dalam diri manusia?...jadi setiap kata SEKIRANYA dalam ayat yang anda tulis.....terkandung HASRAT ILAHI didalam pernyataan ALLAH tersebut....yang memberikan dampak baik dalam kehidupan manusia.....(Apakah BUMI TERBELAH/GUNUNG GOYAH memberi dampak baik?)

Dalam KAMUS BAHASA INDONESIA....kata SEKIRANYA bisa bermakna HARAPAN....

  http://www.artikata.com/arti-368660-kiranya.html


adv
1. agaknya; rupanya: saya sangka orang baik, ~ dia pengkhianat;
source: kbbi3
2. semoga; mudah-mudahan (untuk menyatakan harapan): ~ Tuhan menyertai kita sekalian;
source: kbbi3
3. sekiranya;=>jelas KIRANYA bisa sepadan/berpadanan dengan SEKIRANYA...

dalam KAMUS DIATAS "SEKIRANYA" BISA SEPADAN DENGAN KIRANYA.....jadi kata KIRANYA bisa berpadanan....kata => "sekiranya"....yang anda tuliskan semua itu adalah HARAPAN SANG PENCIPTA kepada CIPTAAN-Nya....bukan ALLAH BERGANTUNG pada MANUSIA....tetapi IA SENANTIASA berkehendak agar MANUSIA bisa menjadi seperti diri-Nya(Mat. 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah SEMPURNA.")

Manakah BUKTI KAMUS BAHASA INDONESIA kata SEKIRANYA tidak BOLEH MENGANDUNG HARAPAN....HARAPAN disini bukan berarti ALLAH BERGANTUNG PADA MANUSIA....tetapi Ia menghendaki manusia menjadi seperti yang Ia kehendaki....(Mat 5:48,dst...byk ayatnya)....

Silahkan pembaca mencermati..... 



 DALAM QS 13:31 berbunyi:
Dan "sekiranya"(BISA YA BISA TIDAK=>MEMBUKTIKAN KERAGUAN alloh swt dalam berfirman) ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quran itulah dia)....

JELAS SUBJEK ADALAH TUHAN MENYAMPAIKAN FIRMAN.....DAN OBJEK ADALAH QURAN(BACAAN-BACAAN YANG KATANYA FIRMAN TUHAN)....


NB : Jika anda(ID AMOR) merasa PALING BERHIKMAT dan PAHAM ALKITAB...PERTANYAAN SAYA :
silahkan anda tunjukkan
>mana dalilnya di ALKITAB =>yang mana TUHAN sebagai SUBJEK DAN OBJEK dalam sebuah KALIMAT pengandaian....=>SAMPAI KIAMAT GA BAKAL KETEMU BOS....

_______________
   
Id Amor mentioned you in a comment.
Id wrote: "Transformasi Indonesia==>NB : Jika anda(ID AMOR) merasa PALING BERHIKMAT dan PAHAM ALKITAB...PERTANYAAN SAYA :
silahkan anda tunjukkan
>mana dalilnya di ALKITAB =>yang mana TUHAN sebagai SUBJEK DAN OBJEK dalam sebuah KALIMAT pengandaian....=>SAMPAI KIAMAT GA BAKAL KETEMU BOS....

Respon AMor :

Bagaimana menurut TI yang meyakini Yesus sebagai Tuhan ,apa tidak pernah baca ayat ini?

YOH 15:22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!

YOH 15:23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku."

Yoh. 15:24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku."

=========
JAWAB :
Mari kita tinjau Yoh 15:22-24 kalimat per kalimat kita tentukan SUBJEK dan OBJEK kalimat tersebut :
Suatu KALIMAT diakhir tanda baca titik,tanda seru,tanda tanya.=>http://id.wikipedia.org/wiki/Kalimat
=>kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. (.), tanda tanya (?) dan tanda seru (!).

Dalam Yoh 15:22 ada 2 kalimat :
YOH 15:22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!  

 Kalimat 1 : Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa.  =>Adalah KALIMAT PENGANDAIAN


Kalimat 2 :
Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!    =>Bukan kalimat pengandaian

Jadi yang kita bahas KALIMAT 1 : Subjek => AKU(Yesus), OBJEK=>Mereka(Orang ISRAEL)

 Dalam Yoh 15:23 ada 1 KALIMAT :YOH 15:23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku." => Bukan Kalimat PENGANDAIAN

Dalam Yoh 15:24 ada 2 Kalimat :Yoh. 15:24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku."

Kalimat 1 : Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. =>KALIMAT "Pengandaian"

Kalimat 2 : Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku." =>BUKAN PENGANDAIAN

Jadi yang kita bahas KALIMAT 1 : Subjek => AKU(Yesus), OBJEK=>Mereka(Orang ISRAEL)

Anda tentu paham pertanyaan dan tantangan yang saya maksud
>mana dalilnya di ALKITAB =>yang mana TUHAN sebagai SUBJEK DAN OBJEK dalam sebuah KALIMAT pengandaian....=>SAMPAI KIAMAT GA BAKAL KETEMU BOS....

 DALAM QS 13:31 berbunyi:
Dan "sekiranya"(BISA YA BISA TIDAK=>MEMBUKTIKAN KERAGUAN alloh swt dalam berfirman) ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quran itulah dia)....

JELAS SUBJEK ADALAH TUHAN MENYAMPAIKAN FIRMAN.....DAN OBJEK ADALAH QURAN(BACAAN-BACAAN YANG KATANYA FIRMAN TUHAN)....

  
Jadi HAL YANG ID AMOR nyatakan TIDAK MEMENUHI HAL yang saya minta....ok bos? 
___________
Id Amor adi HAL YANG ID AMOR nyatakan TIDAK MEMENUHI HAL yang saya minta....ok bos?

respon Amor :|

nggak nyadar kalau anda disodorkan ayat untuk MEMBONGKAR STANDAR GANDA DAN Mengungkap KETIDAK WARASAN KAMU dalam memahami Qs 13:31?
___________
JAWAB :
TUJUAN KALIMAT PENGANDAIAN : http://www.sekolahoke.com/2012/12/Pengertian-Conditional-Sentence.html
Pengandaian terjadi karena beberapa sebab. Pertama, keinginan atau harapan yang ingin tercapai. Kedua, keinginan yang tidak terjadi karena sesuatu. Ketiga, penyesalan terhadap sesuatu yang telah terjadi.

Read more at: http://www.sekolahoke.com/2012/12/Pengertian-Conditional-Sentence.html
Copyright Sekolahoke.com - Belajar Bahasa Inggris Online di sekolahoke.com yuk! Klik aja http://www.sekolahoke.com/ Under Common Share Alike Atribution

Pengandaian terjadi karena beberapa sebab.
>PERTAMA, keinginan atau harapan yang ingin tercapai. (Jika kamu bekerja keras, kamu akan dapat banyak uang.)

Jika kamu bekerja keras, kamu akan dapat banyak uang.

Read more at: http://www.sekolahoke.com/2012/12/Pengertian-Conditional-Sentence.html
Copyright Sekolahoke.com - Belajar Bahasa Inggris Online di sekolahoke.com yuk! Klik aja http://www.sekolahoke.com/ Under Common Share Alike Atribution
CONTOH KALIMAT :  Jika SAYA bekerja keras, SAYA akan dapat banyak uang. =>KALIMAT INI BISA DIUCAPKAN OLEH SAYA....YANG MANA SAYA MENGHARAPKAN BAHWA SAYA BISA MENDAPATKAN BANYAK UANG.


>KEDUA, keinginan yang tidak terjadi karena sesuatu.(Jika tidak hujan kemarin, aku bisa belanja. Sayangnya hujan.)=>KALIMAT INI MENYATAKAN BAHWA ADA KEJADIAN DILUAR JANGKAUAN KEMAMPUAN KITA YANG MENYEBABKAN SUATU HAL TIDAK TERJADI....=>TIDAK JADI BELANJA KARENA TERJADI HUJAN....KEJADIAN HUJAN DILUAR JANGKAUAN MANUSIA....
  
>KETIGA, penyesalan terhadap sesuatu yang telah terjadi.(Jika waktu itu aku belajar giat, aku akan lulus ujian.Tapi aku tidak belajar giat)=>PENYESALAN TERHADAP DIRI SENDIRI YANG MANA DIANDAIKAN DIRI SENDIRI BELAJAR GIAT BISA LULUS UJIAN.....

MENURUT ANDA KALIMAT DALAM Q 13:31 YANG MENGANDUNG PENGANDAIAN ADALAH SBB:
DALAM QS 13:31 berbunyi:
Dan "SEKIRANYA" ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quran itulah dia)....


MARI KITA ANALISIS AYAT INI :
CONTOH KALIMAT YANG SERUPA DENGAN HAL DIATAS :
SEKIRANYA ADA SUATU BACAAN YANG DENGAN BACAAN ITU MANUSIA BISA TERHIBUR KARENANYA,(TENTULAH TULISAN SAYA ITULAH DIA)



MARI KITA ANALISIS HAL YANG SERUPA DENGAN Q 13:31 ITU MASUK PENGANDAIAN YANG SPT APA:
>Jika saya seorang PENULIS BUKU yang terkenal....maka PERNYATAAN TERSEBUT adalah PERNYATAAN HAL PERTAMA =>YAKNI HARAPAN SAYA YANG INGIN SAYA CAPAI sebagai SEORANG PENULIS.

>Jika saya seorang TEKNISI bukan PENULIS....maka PERNYATAAN TERSEBUT adalah PERNYATAAN suatu KEINGINAN/IMPIAN yang tidak akan tercapai KARENA DISEBABKAN OLEH SAYA SENDIRI bukan seorang PENULIS.

Sampai disini kiranya anda semua paham.....

DALAM AYAT Q 13:31 JELAS DIBACAKAN OLEH ALLAH SENDIRI...
Dan "SEKIRANYA" ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quran itulah dia)....

Mari kita analisis ayat tersebut (AYAT DIATAS dibacakan oleh ALLAH) :
>Jika ada BACAAN(KITAB SUCI) yang bisa menggoncangkan gunung,membelah bumi,orang mati dibangkitkan,tentulah ALQURAN itulah KITAB SUCINYA....=>Jadi PERNYATAAN INI ADALAH GABUNGAN dari POINT "PERTAMA" dan "KEDUA" ....pernyataan tersebut BERISI SUATU HARAPAN yang INGIN TERCAPAI....tetapi TIDAK PERNAH TERCAPAI DIKARENAKAN oleh karena alloh sendiri yang MUNGKIN BELUM/TIDAK DAPAT MENYATAKAN KEGENAPAN AKAN AYAT TERSEBUT.=>FAKTOR KEGENAPAN suatu pernyataan tersebut BERSUMBER DARI ALLAH sendiri....jika ALLAH tidak mengerjakan hal itu....maka dikatakan suatu pengandaian yang BERANDAI-ANDAI....INGIN TERCAPAI tetapi TIDAK AKAN TERCAPAI.....


Bgm dengan Yoh 15:22 dan Yoh 15:24 ...

Yoh 15:22 :
Kalimat 1 : Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa.

Yoh 15:24 :Kalimat 1 : Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa.

Sebelum kita bahas ayat tersebut mari kita lihat spt apakah KEHENDAK Allah karena jika ditafsirkan sepihak/sepenggal maka anda akan TIDAK MENEMUKAN SUATU GAMBARAN YANG UTUH.


Jawab :


Manusia tidak dapat mengusahakan KESELAMATAN sendiri....(Pengkotbah 1:14)=>USAHA MANUSIA spt USAHA menjaring ANGIN....mengapa?

Karena TIDAK ADA MANUSIA YANG BISA LUPUT DARI DOSA....(Q 53:32;Pengkotbah 7:20;1 Yoh 1:8)....Ketetapan ALLAH cukup jelas yang berbuat DOSA HARUS MATI(Yeh 18:4),demikian pula Q 2:81 =>KEKAL DI neraka....Yes 64:6 =>SEGALA KESALEHAN KITA itu spt KAIN KOTOR yang tidak bisa MENYELAMATKAN KITA....karena KESALEHAN itu KEWAJIBAN....jika tidak mengerjakan KESALEHAN kita sudah berbuat dosa.....



Maka dari itu KESELAMATAN dan PENEBUSAN datang dari ALLAH sendiri(http://tindonesia.blogspot.com/2013/01/kesepahaman-keselamatan-datang-dari-nya.html)....JURUSELAMAT/MESIAS. tergenapi dalam TUHAN YESUS => http://www.sarapanpagi.org/nubuat-pl-tentang-mesias-terpenuhi-dalam-diri-yesus-kristus-vt2217-40.html#p12315

Maka dari itu BANGSA ISRAEL menanti-nantikan MESIAS/JURUSELAMAT :

Tidak ada JURUSELAMAT selain dari ALLAH sendiri(Yes 43:11)...dan TUHAN YESUS adalah JURUSELAMAT yang NUZUL KE DUNIA(Luk 2:11)...

Ia datang untuk MENGERJAKAN TUGAS yang ditentukan oleh Allah yang mengutus diri-Nya(Yoh 10:17-18=>memberikan Nyawa-Nya untuk menerima kembali;menjadi TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG=>Mat 20:28;Mrk 10:45)(Ia datang karena ALLAH sendiri mengutus DIA=>Yoh 7:28;Yoh 8:42=>Ia datang KELUAR DARI DIRI ALLAH...Konfirm Mat 1:20 EK PNEUMATOS HAGION...=>inti ayat Mat 1:20 adalah anak yang dikandung maria ADALAH ROH KUDUS....)....=>SEBAB ALLAH BERTINDAK SESUAI DENGAN nama-Nya :
Yeh. 20:14    Tetapi Aku bertindak karena nama-Ku....
>>NAMA-NYA SATU-SATUNYA(MAHA) PENEBUS DAN JURUSELAMAT MANUSIA(YES 63:16;YES 43:11)

 
JADI IA SENDIRI YANG AKAN DATANG MENEBUS DAN MENYELAMATKAN MANUSIA....

Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,

Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]

Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….

YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,"
maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka
 
YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAH yang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.
[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]
Dalam KeMAHA KUATAN-Nya dan KEMAHA KUASAAN-Nya....Ia tetap adalah JURUSELAMAT dan PENEBUS...

Yes 49:26 ....bahwa Aku, TUHAN(Adonay), adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub." 

Yes 60:16 .....bahwa Akulah, TUHAN(Adonay), Juruselamatmu, dan Penebusmu, Yang Mahakuasa, Allah Yakub.

Karena Ia satu-satu-Nya Juruselamat dan Penebus kita sejak dahulu kala :

Yes 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Yes 63:16 ....nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala.
KARENA SESAMA CIPTAAN TIDAK BISA MENYELAMATKAN SESAMANYA...(YEH 18:20;IBR 10:4)
SESUAI DENGAN NUBUATAN YANG ADA TENTANG DIRI-NYA(Yes. 7:14(IMANUEL HARUS TERLAHIR DARI SEORANG PERAWAN);YES 9:5-6(SEORANG PUTRA TERLAHIR SEBAGAI ALLAH YANG PERKASA,BAPA YANG KEKAL)

Tetapi MILIK KEPUNYAAN-Nya tidak menerima DIA(Yoh. 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.)=>Untuk memahami silahkan baca  : http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/ironismengumbar-tantangan-untuk-pamer.html

Para nabi menyelidiki KESELAMATAN yang datang dari-Nya : 1 Ptr 1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.

Bgm dengan Yoh 15:22 dan Yoh 15:24 ...

Yoh 15:22 :
Kalimat 1 : Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa.
Yoh 15:24 :Kalimat 1 : Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa.

Jadi dalam ayat tersebut di artikan bahwa...MEMANG DARI KEHENDAK ALLAH sendiri untuk datang NUZUL MENJADI JURUSELAMAT MENEBUS DOSA MANUSIA...karena Nama-Nya adalah PENEBUS MANUSIA SEJAK DAHULU KALA(Yes 63:16)....Ia bertindak sesuai dengan nama-Nya(Yeh 20:14)...tetapi milik KEPUNYAAN-Nya menolak DIA....Sehingga dikatakan :

YOH 9:41 Jawab Yesus kepada mereka: "SEKIRANYA KAMU(ORANG FARISI/AHLI TAURAT/SEMUA YANG MENOLAK TUHAN YESUS) BUTA, KAMU TIDAK BERDOSA, tetapi karena KAMU BERKATA: KAMI MELIHAT, maka TETAPLAH DOSAMU."

JADI Yoh 15:22;Yoh 15:24 PENGANDAIAN PADA KALIMAT 1 ingin menyatakan bahwa KESELAMATAN tidak MENCAPAI MEREKA KARENA 1 ALASAN yakni : "MEREKA SENDIRILAH yang menolak SANG PENYELAMAT ITU SENDIRI untuk menjadi TUHAN DAN JURUSELAMAT di hidup mereka"....TUHAN TIDAK PERNAH BERHASRAT mereka tinggal dalam DOSA....tetapi KARENA KEDEGILAN hati MEREKA(Mrk. 16:14)....SEHINGGA IA tidak BISA MELIHAT SANG PENYELAMAT yang dijanjikan itu telah datang....tetapi BEBERAPA ORANG SAMARIA bisa melihat SANG JURUSELAMAT YANG dijanjikan itu(Yoh 4:42) dan juga para murid....dan juga PERNYATAAN SIMEON…=>LUK 2:30 sebab MATAKU TELAH MELIHAT KESELAMATAN YANG DARI PADA-MU,=>KESELAMATAN DARIPADA ALLAH HARUS SAMPAI KE UJUNG BUMI….=>YES 49:6 => … supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
JADI TUJUAN PENGANDAIAN Yoh 15:22;Yoh 15:24 adalah sesuai dengan Point KEDUA, keinginan yang tidak terjadi karena sesuatu...apakah sesuatu itu?yakni ORANG-ORANG YANG DISELAMATKAN itu MENOLAK UNTUK MENERIMA SANG JURUSELAMAT yang telah HADIR ke DUNIA....hanya SEBAGIAN ORANG SAJA yang menerima-Nya yang tidak akan dihukum(Yoh 3:18;Yoh 3:36)....mereka yang menolak-Nya akan mati dalam dosanya(Yoh 8:24)....Tetapi ALLAH tidak pernah menghendaki kebinasaan mereka....Shg Yoh 15:22;Yoh 15:24 adalah PENGANDAIAN yang ISINYA TEGURAN bagi MEREKA YANG MENOLAK TUHAN YESUS...


SECARA SUBSTANSI Pengandaian dalam Q 13:31 berbeda dengan PENGANDAIAN Yoh 15:22;Yoh 15:24=>KARENA PENGANDAIAN Yoh 15:22;Yoh 15:24 adalah SUATU KEINGINAN YANG TIDAK TERJADI =>YANG TIDAK TERJADI ADALAH KESELAMATAN atas mereka(yg mnolak SANG JURUSELAMAT)....justru yang terjadi sebaliknya DOSA TETAP ada pada MEREKA(Konfirm Yoh 9:41;Yoh 8:24;dst....)=>KORELASIKAN dengan Yoh 15:22-24 secara utuh....dikarenakan MEREKA sendiri menolak SANG PENYELAMAT itu(BUKAN ALLAH GAGAL...tetapi MANUSIA DIBERI KEHENDAK BEBAS...disitulah TERLETAK KEADILAN ALLAH...).....sedang SUBSTANSI Q 13:31 letak KEINGINAN yang tidak terjadi dikarenakan ALLAH sendiri yang BERANDAI-ANDAI ....terlihat jelas dalam KALIMAT sbb : Q 13:31 ....
, (tentulah Al Quran itulah dia)....=>alloh swt terlihat berharap agar ada ayat Quran yang mengguncang GUNUNG,membelah bumi,dst....

Jika kita melihat PENJELASAN SAYA DIATAS....SAYA TIDAK MELETAKKAN STANDAR GANDA....JUSTRU ANDA YANG SALAH MEMAHAMI KONSEP "PENGANDAIAN" itu sendiri bos ID AMOR....

KALIMAT PENGANDAIAN DALAM Q 13:31 SUBJEK(Allah) itu yang mengatakan Firman(Q 13:31) YANG MENENTUKAN OBJEK(QURAN)=>Yang penentuan QURAN berada PADA SUBJEK itu sendiri=>JADI SUBJEK TERLIBAT SECARA PENUH DALAM PENGANDAIAN.....bisa tidak QURAN mewujudkan.....dan dikunci dengan KALIMAT pengharapan yang tidak tercapai pada AKHIR kalimat pengandaian.....

Q 13:31 ...., (tentulah Al Quran itulah dia)....

JADI ISINYA HARAPAN YANG TIDAK TERCAPAI.....ADALAH HARAPAN KOSONG....HAMPA itulah Q 13:31.....
________

SEDANG TUJUAN PENGANDAIAN Yoh 15:22;Yoh 15:24 adalah sesuai dengan Point KEDUA, keinginan yang tidak terjadi karena sesuatu...apakah sesuatu itu?yakni ORANG-ORANG YANG DISELAMATKAN itu MENOLAK UNTUK MENERIMA SANG JURUSELAMAT yang telah HADIR ke DUNIA....hanya SEBAGIAN ORANG SAJA yang menerima-Nya yang tidak akan dihukum(Yoh 3:18;Yoh 3:36)....mereka yang menolak-Nya akan mati dalam dosanya(Yoh 8:24)....Tetapi ALLAH tidak pernah menghendaki kebinasaan merekaTetapi ALLAH tidak pernah menghendaki kebinasaan mereka(Yoh 6:40-41)=>shg Ia datang memberi hidup dalam KELIMPAHAN(Yoh 10:10)..yakni KELIMPAHAN HIDUP KEKAL(Yoh 10:28)=>Siapa yang ada di dalam DIA(TUHAN YESUS) tidak akan mati sampai selama-lamanya(Yoh 11:25-26)....Shg Yoh 15:22;Yoh 15:24 adalah PENGANDAIAN yang ISINYA TEGURAN bagi MEREKA YANG MENOLAK TUHAN YESUS...

TETAPI SAAT MEREKA MENERIMA TUHAN YESUS....maka KESELAMATAN yang akan mereka TERIMA....jadi ISINYA PENGANDAIAN TERSEBUT ADALAH NASEHAT....untuk MEREKA yang MENOLAK TUHAN YESUS.....ISI PENGANDAIAN YANG TUHAN YESUS ajarkan SELALU ADALAH SUATU NASEHAT dan PENGAJARAN......

BEDA DENGAN QURAN....yang berandai-andai menggoncangkan gunung....membelah bumi.....dst...





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar