TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KAJIAN ILMIAH Alkitabiah

Keakuratan Alkitab secara ILMIAH....


Tak satupun penemuan ilmiah yang bisa membuktikan ketidakbenaran pernyataan-pernyataan yang tertulis dalam Alkitab. Bahkan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang semakin menunjukkan keakuratan pernyataan-pernyataan itu.

ASTRONOMI...

-  Alkitab menyatakan bahwa bumi itu bulat lebih dari 2.200 tahun sebelum abad ke 15 dimana penjelajahan dilakukan untuk membuktikan bahwa bumi itu tidak datar. (Yesaya 40:22). “Dia yang bertahta di atas bulatan bumi…” Bahasa Ibrani menerjemahkannya sebagai ‘lingkaran’ yang maksud sebenarnya dalam ayat ini dalah ‘bulatan.’
Ayub 26:7 berkata:  “Allah menggantungkan bumi pada kehampaan.”

- Alkitab mencatat BUMI memiliki 4 penjuru(4 MATA ANGIN) :
Yes 11:12;Mat 24:31;Mrk 13:27;
Wahyu 7:1  ...keempat penjuru bumi.

Alkitab tidak mengatakan bumi mempunyai 4 sudut, Yesaya 11:12 menyatakan tanda dari suatu tempat yang ditentukan dari arah mata angin.

Zaman dahulu, manusia belum tahu bahwa bumi itu bulat dan berputar. Tetapi mereka bisa memilih arah mata angin yang benar, sehingga arah utara dan selatan tepat menunjuk ke kutub utara dan selatan. Ini tentu bukan kebetulan. Mereka memberi nama timur untuk arah terbitnya matahari. Arah terbitnya matahari sendiri bergeser dari bulan ke bulan, dan berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Mereka harus menentukan arah timur rata-rata. Maka, otomatis bagian barat berada di arah yang berlawanan, yaitu tempat tenggelamnya matahari, rata-rata. Utara dan selatan adalah arah menyilang sempurna dari garis barat ke timur.

Kemudian, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Manusia sadar bahwa bukan matahari yang bergerak mengelilingi bumi, melainkan bumilah yang berbentuk bulat dan berputar; maka kita jadi sadar juga: sumbu putar bumi memanjang dari utara ke selatan. Dan di ujungnya terdapatlah dua kutub: kutub utara dan kutub selatan. Tentu ada beda antara utara-selatan dan barat-timur. Jika kita pergi ke arah utara atau selatan, kita akan berhenti di kutub utara atau selatan. Tetapi jika kita pergi ke barat atau timur, kita akan mengelilingi bumi hingga kita kembali ke titik semula.


* Yeremia 16:19 LAI TB, Ya TUHAN, kekuatanku dan bentengku, tempat pelarianku pada hari kesesakan! Kepada-Mu akan datang bangsa-bangsa dari ujung bumi serta berkata: "Sungguh, nenek moyang kami hanya memiliki dewa penipu, dewa kesia-siaan yang satu pun tiada berguna.KJV, O LORD, my strength, and my fortress, and my refuge in the day of affliction, the Gentiles shall come unto thee from the ends of the earth, and shall say, Surely our fathers have inherited lies, vanity, and things wherein there is no profit.Hebrew, 
יְהוָה עֻזִּי וּמָעֻזִּי וּמְנוּסִי בְּיֹום צָרָה אֵלֶיךָ גֹּויִם יָבֹאוּ מֵאַפְסֵי־אָרֶץ וְיֹאמְרוּ אַךְ־שֶׁקֶר נָחֲלוּ אֲבֹותֵינוּ הֶבֶל וְאֵין־בָּם מֹועִיל׃
Translit., YAHOVAH UZI UMA'UZI UMENUSI BEYOM TSARA 'ELEYKHA GOYIM YAVO'U ME'AFSEY-'ARETS VEYOMRU 'AKH-SYEKER NAKHALU 'AVOTEYNU HEVEL VE'EIN-BAM MO'IL


"Ujung bumi" dalam ayat diatas adalah dengan pengertian ekstrimitas. Pada umumnya istilah "ujung bumi" adalah dengan pengertian 'titik terjauh' dan tentu saja tidak dalam makna bumi mempunyai 4 sudut.


* Ulangan 28:49LAI TB, TUHAN akan mendatangkan kepadamu suatu bangsa dari jauh, dari UJUNG BUMI, seperti rajawali yang datang menyambar; suatu bangsa yang bahasanya engkau tidak mengerti, KJV, The LORD shall bring a nation against thee from far, from the end of the earth, as swift as the eagle flieth; a nation whose tongue thou shalt not understand;Hebrew, 
יִשָּׂא יְהוָה עָלֶיךָ גֹּוי מֵרָחֹוק מִקְצֵה הָאָרֶץ כַּאֲשֶׁר יִדְאֶה הַנָּשֶׁר גֹּוי אֲשֶׁר לֹא־תִשְׁמַע לְשֹׁנֹו׃
Translit., YISA' YEHOVAH 'ALEYKHA GOY MERAKHOQ MIQTSEH HA'ARETS KA'ASYER YID'EH HANASYER GOY 'ASYER LO'-TISYMA' LESYONO


* Yesaya 42:10LAI TB, Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. KJV, Sing unto the LORD a new song, and his praise from the end of the earth, ye that go down to the sea, and all that is therein; the isles, and the inhabitants thereof.Hebrew, 
שִׁירוּ לַיהוָה שִׁיר חָדָשׁ תְּהִלָּתֹו מִקְצֵה הָאָרֶץ יֹורְדֵי הַיָּם וּמְלֹאֹו אִיִּים וְיֹשְׁבֵיהֶם׃
Translit., SYÎRU LAYHOVAH SYIR KHADASY TEHILATO MIQTSEH HA'ARETS YOREDEY HAYAM UMELO'O 'IYIM VEYOSYEVEYHEM

Suatu bukti yang sudah terbukti sejak zaman dahulu, adanya "4 arah mata angin" ini memungkinkan manusia menentukan letak suatu tempat/ daerah. Umat Muslim-pun mengenal 4 arah mata angin, ini penting untuk menentukan arah Kiblat :



Arah mata angin dipakai umat manusia sejak zaman dahulu kalau untuk menandai letak suatu tempat.

Kalau frasa "Keempat penjuru bumi" dalam Alkitab yang dalam pengertian "4 mata agin" dituduhkan sebagai bumi memiliki sudut. Sekarang bandingkan dalam penentuan arah Kiblat diatas juga dalam pengertian bumi mempunyai sudut?

-  Sebelum ada penemuan teleskop, Ptolemy menetapkan jumlah bintang sebanyak 1.056; Tycho Brahe 777, dan Kepley menghitung 1.005. Hitungan ini tampak konyol untuk orang yang hidup di abad 20, tetapi 600 tahunn SM, nabi Yeremia menyatakan bahwa bintang-bintang itu tidaklah terhitung jumlahnya, ketika ia menulis “bintang-bintang di langit tak terhitung jumlahnya” (Yeremia 33:22).

Kej. 22:17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut...=>banyaknya bintang spt PASIR di tepi laut....tak akan pernah terhitung jumlahnya.....amaaaat banyak....

Kej. 26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit...


SAINS dlm alkitab : Ilmu Tentang Siklus AIR:
Yesaya 55:10  Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,

Adalah Suatu Kebenaran bahwa:
Hujan dan Salju Turun dari LANGIT...dan Tidak Kembali ke Langit...

Mungkin bagi org yg sulit Menganalisa, akan mengatakan: Bagaimana mungkin Hujan Tidak kembali ke LANGIT...

Nah... di sini dibutuhkan ANALISA dengan baik.
-SALJU Tidak Pernah Kembali ke LANGIT sebagai SALJU.
-HUJAN, Tidak Pernah Kembali Ke Langit sebagai Hujan.
Melainkan...Salju dan Hujan Kembali Ke langit dlm Bentuk Embun.

Apa Istimewanya?
Istimewanya bagi manusia adalah Salju dan Hujan Ketika TURUN dari Langit, Tidak kembali Ke langit sebagai Salju dan Hujan melainkan sebagai Embun.

Lalu bagaimana Salju Bisa Menjadi EMbun?
Disini Letak Keistimewaan Pengetahuan ini.
-Alkitab mengatakan bahwa SALJU meleleh dan Hujan akan MENGAIRI BUMI....sangat Tepat. 
-Alkitab mengatakan bahwa Aliran Salju yg Meleleh dan Hujan akan Membuat Bumi SUBUR...TEPAT sekali...coba anda bayangkan di daerah ARAB sana yg CUrah Hujannya sangat KURANG...wuuuuuhhhh Kebanyakan GURUN, gak banyak Tanaman...karena GAK SUBUR...Coba anda lihat ISRAEL...subur BANGAT...bahkan Mangganya, Pisangnya...wueeeenaaak tenan...beda ame mangga harum manis..yg namanya doang manis..rasanya: Aseeeem.
--Alkitab mengatakan bahwa Aliran Salju yg Meleleh dan Huja Menumbuhkan Tumbuhan....Tepat BANGAT...didaerah Konservasi Padang Rumput di afrika, kalo musim KEMARAU, Rumput jg Kering, ada yang mati Total ada yg mati daunnya saja...tapi PAS MUSIM HUJAN,..wuiiiiihhhh dalam beberapa HARI saja, tanh yg tadinya KERING berubah jadi HIJAU karena Tumbuh tanaman rumput2an.
-Alkitab mengatakan bahwa Turunnya Salju dan Hujan akan memberikan Benih...Betul...kalo GAK ada HUJAN, Gak BAKALAN bisa Menghasilkan BENIH untuk di TABUR Musim Berikutnya...
--Alkitab mengatakan bahwa Turunnya Salju dan Hujan akan memberikan Roti kepada yg mau MAKAN....Benar...kalo gak ADA hujan seluruh BUMI, maka GAK ada Musim Menanam. Kalo gak MENANAM, maka GAK ada HASIL PANEN...kalo gak ada Hasil Panen, maka Bagaimana mau MAKAN.

Inilah sebuah SIKLUS atau MATA RANTAI yg MELIBATKAN KUASA TUHAN sehingga Menjadi KENYATAAN ALAM yg Merupakan Bagian PENTING untuk Dijadikan PENGETAHUAN...

SAMPAI saat ini, SELURUH bangsa, BERUSAHA untuk MEMBUAT atau Membeli SATELIT supaya dapat MENGETAHUI kapan Musim Hujan dan Kapan Turun Salju....Luar biasa.

 >>Ilmu Tentang Penamaan BINATANG...
dalam hal ini saya kurang Jelas istilahnya apa namun yg JELAS...DARI sebuah BUKU yg ada di DUNIA ini, Riwayat PENAMAAN atau Pemberian NAMA bagi Binatang itu TERNYATA Bermula dari ALKITAB.
-Kejadian 1:19  Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.20  Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Contoh:
-ULAR..ternyata jika ADAM tidak memberi nama KEPADA Binatang, maka Entah apa yg akan di SEBUTKAN kepada Ular dalam Pasal 3.

Dan mungkin, jika ADAM tidak memberi nama kepada TERNAK maka kita akan sulit memisahkan TERNAK dan Binatang LIAR....

Waduh...benarkah itu sebagai sebuah PENGETAHUAN?
-Bagi saya Ya itu pengetahuan.

Silahkan Rekan Kristen menambahkan Ilmu apa lagi yg terdapat dalam alkitab.


>> Bidang Kedokteran:
-Tercatat dalam Alkitab bahwa Perempuan akan MERASAKAN Kesakitan pada SAAT Melahirkan:
Kejadian 3:16  Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

Sampai saat ini, TAK ADA satupun Wanita yg Pernah Melahirkan YANG Mengakui bahwa MEREKA TIDAK SAKIT wakti melahirkan....
Semuanya PASTI mengatakan SAKIT...semuanya pasti bilang bahwa Mengandung itu adalah dengan "Susah Payah"....

Tak ada yg DAPAT Membantah KENYATAAN bahwa Melahirkan itu, MENIMBULKAN Rasa SAKIT....

>> Ilmu Tentang Musik 
Dalam alkitab kita bisa menemukan alat musik apa yang ditemukan sejak awal.
Musik, merupakan kejadian yg sulit diukur tanpa Alat modern namun dapat Dirasakan dan di Nikmati dengan Indra kita.
Musik menjadi Terapi, musik m enjadi Inspirasi, musik membawa ketenangan dll.
Ternyata Alat musik TERTENTU ditemukan PERTAMA kali dalam alkitab.
Contoh:
-SULING dan KECAPI
Kejadian 4:21  Nama adiknya ialah Yubal; dialah yang menjadi bapa semua orang yang memainkan kecapi dan suling.

Wuih...canggih amat...
Suling adalah musik yang di tiup lalu memainkan nadanya lewat lubang tertentu...
Suling Berbunyi, karena terjadi Resonansi dalam lubang itu yg menimbulkan Frekwensi tertentu sehingga berbunyi.

Itulah CIKAL BAKALnya bagaimana manusia mengenal Suling dan memainkannya.

Kecapi adalah alat musik yg di petik. Pada Tegangan tali tertentu serta Tekanan pada posisi tali-nya akan menimbulkan Suara yg Merdu....

Semuanya itu ditemukan dan dimainkan pertama KALI-nya dan ditulis dalam ALKITAB.


>> Ilmu Tentang Hitungan WAKTU.
Dalam Kitab KEJADIAN, diungkapkan bahwa Waktu itu ditentukan KETETAPANNYA.
Contohnya: Siang dan Malam
-Kejadian 1:14  Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
-Kejadian 1:16  Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.

Hari dan Tahun memiliki MASA TERTENTU. Kita ambil saja TAHUN.
Tahun berpatokan pada Jumlah HARI dalam hitungan Panjang sampai Ratusan.

DAlam HAl ini ALKITAB sangat Tepat Menuliskan bahwa Benda-benda PENERANG pada Cakrawala akan MENJADI Penentu bagi suatu TANDA Waktu.
Bahkan di JELASKAN bahwa ternyata MASA2 itu TETAP adanya contoh: Masa Musim Dingin dan Musim Panas serta Musim SEMI dan Musim GUGUR....ini TETAP sifatnya.

Juga bahwa Benda PENERANG, menjadi Tanda yang MENUNJUKKAN HARI-HARI.
-Menurut saya, SEANDAINYA Tuhan Tidak MENCIPTAKAN Benda Penerang itu, MAKA kita TAKKAN mengenal HARI Pertama sampai Tujuh atau lebih modernnya hari Senin sampai Minggu.
Dan..sifat dari HARI inipun TETAP yakni: Ada Siang dan Malam ada Pagi dan Petang dll.

Bagaimana dengan TAHUN?
- Ya...dalam bagian awal alkitab TELAH menentukan bahwa Benda Penerang akan MENENTUKAN yg Namanya TAHUN.
Tahun, ditentukan dari Jumlah HARI.Jika Tidak ada HARI, maka Tidak akan ada TAHUN.

Wow..

Yang luar biasanya lagi bahwa Benda Penerang ini menjadi tanda bagi Pagi/siang dan Malam. Bagaimana Caranya?
Wah...luar biasa.
Benda Penerang BESAR Terbit maka muncullah TERANG/Siang, Benda Penerang Besar Terbenam muncullah Malam.

Wah luar biasa...
Dalam Dunia Modern, Manusia  sudah MAMPU menentukan SKALA Waktu yg Lebih KECIL misalnya Jam,Menit dan Detik...Namun Patokannya adalah HARI.


**ILMU FISIKA**


Orang muda dari Italia yang luar biasa adalah EvangelistaTorricelli. Ia meninggal pada umur dua puluh tahun. Ia pergi kepada Galileo di Florence dan Gelileo sangat terkesan dengan anak muda ini. Tahun 1643 Torricelli menemukan barometer untuk mengukur kekuatan udara. Tidak ada seorangpun yang memikirkan bahwa udara memiliki berat atau kekuatan sampai Torricelli menemukan barometer ini, kecuali Alkitab. Dalam Ayub 28:25 dijelaskan bahwa udara memiliki berat atau kekuatan.

>>Tentang DIMENSI.
Dimensi memiliki berbagai Bentuk atau Type.
Dalam dunia matematika, Dimensi merupakan bagian yg sangat Penting.
Saya NGGAK tahu Sejak KAPAN manusia Mengenal Ukuran-Ukuran, namun dalam hal ini, Manusia Kuno dalam Alkitab telah mempraktekkan yg namanya Dimensi Ruang.
Dimensi Ruang dapat ditentukan berdasarkan Bentuknya.
Jika Bentuk Bulat, Lonjong dll maka mungkin menggunakan DImensi Keliling untuk menyatakan Luasnya...artinya mengukur luas dengan Formulanya.

Yang saya mau Kemukakan di sini adalah Dimensi Ruang Yang Terbentuk dari Panjang, Lebar, dan TINGGI.
Contoh:
Kejadian 6:15  Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.

Nuh adalah manusia dijaman Purbakala...namun TUHAN memberikan kepadanya suatu Ukuran YANG sampai Saat ini Ukuran itu menjadi SUATU PATOKAN untuk RUANG BANGUN pada sebuah arsitektur...
Mengapa saya katakan demikian karna:
-Apa jadinya sebuah kapal kalau TIDAK Punya Panjang?
-Apa jadinya sebuah kapal kalau TIDAK Punya Lebar?
-Apa jadinya sebuah kapal kalau TIDAK Punya Tinggi?

Namun begitu Hebatnya Tuhan Memberi Pengetahuan itu sehingga PANJANG, LEBAR, TINGGI sehingga manusia dapat merancang sebuah Bangunan..Dan itulah yang TUHAN berikan kepada NUH...

Woooowww...apa jadinya KALAU manusia TIDAK Mengenal PANJANG, LEBAR dan TINGGI....

Wiiiihhh...pasti orang lain akan Sirik melihat hal ini.


**CYTOLOGY**

Paulus adalah ahli cytology. Dalam 1 Korintus 15:39, ia berkata, “Bukan semua daging sama: daging manusia lain dari pada daging binatang, lain dari pada daging burung, lain dari pada daging ikan.”

**ANTHROPOLOGI**

Dalam anthropologi, segala sesuatu yang kita pelajari adalah tentang asal usul manusia yang persis sama dengan yang telah dituliskan dalam Alkitab. Allah menjadikan berbagai spesies yang berbeda, dan mereka tidak bisa saling menyeberang ke spesies lainnya. 
Anda tidak akan pernah melihat semak duri berubah menjadi pohon jeruk. Anda tidak akan pernah melihatnya. Dan Anda tidak akan pernah melihat kuda berubah menjadi sapi, atau kucing menjadi anjing.
Setiap makluk dijadikan menurut spesiesnya masing-masing, dan tidak pernah ada bukti, atau bahkan tidak akan pernah ada, bahwa mereka bisa berubah menjadi jenis mahkluk yang lain. Menurut Alkitab, mereka semua tetap menjadi menurut jenisnya masing-masing,  dan salah satunya adalah manusia.
Dalam setiap pelayanan pemberkatan nikah, saya selalu melakukan hal yang sama. Ketika Allah menjadikan yang pertama seorang laki-laki dan menempatkannya di Taman Eden, Ia berkata: “Tidak baik manusia hidup sendiri.”
Ketika Ia menciptakan cakrawala yang penuh dengan bintang bertebaran, Ia berfirman: “Semua itu baik.” Ketika Ia menjadikan bumi yang indah dengan tumbuh-tumbuhan menghijau, Ia berfirman: “Semua itu sangat baik.” Namun ketika ia melihat manusia itu sendirian, bahkan di Taman Eden itu, Ia berfirman: “Tidak baik.”
Dan Ia menciptakan baginya seorang perempuan, dan ini adalah ciptaan terakhir Allah. Dan Ia membawa perempuan itu kepada manusia dan berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku” karena ia diambil dari tulang rusuknya. Dan Tuhan Allah berfirman: “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

**COSMOGONY**


Dalam dunia cosmogony, salah satu hal yang mengherankan bagi saya adalah apa yang ada dalam buku Sir James Jeans yang berjudul   “The Wider Aspects of Cosmogony. “ Dan dalam buku ini, ia dengan terus terang berkata bahwa alam semesta   ini bagaikan jam besar yang sedang bergoyang, dan lama kelamaan akan runtuh atau jatuh.
Dalam buku itu ia berkata, “penyusutan energi adalah penghancuran berbagai unit ke dalam unit-unit yang lebih sederhana, dan itu menyusutkan energi dan sedang hancur ke dalam komponen-komponen yang lebih sederhana seperti gasoline, atau uranium atau radium." 
Itu adalah ilmu pengetahuan terbaik yang dikatakan pada hari ini. Dan itu identik dengan apa yang telah dikatakan dalam Mazmur 102:25-26, yang dikutip dalam Ibrani 1:10-12: "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu. Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian; seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan”   Itu lah apa yang dikatakan oleh Alkitab.

**ARKEOLOGIA**


Pikirkanlah beberapa contoh berikut ini dari sekian banyak penemuan arkeologis yang meneguhkan keakuratan Alkitab. Yang pertama adalah catatan tentang peristitiva:• Tembok kuil Amun meneguhkan serangan raia Mesir, Sisak, terhadap Israel dalam 1 Raja-raja 14:25-26.
• Prasasti Mesa meneguhkan perlawanan Moab terhadap Israel yang dicatat dalam 2 Raja-raja 3:4-27.
• Tembok Istana Sargon II meneguhkan kekalahan Asdod yang dicatat dalam Yesaya 20:1.
• Catatan tentang pemberian jatah makanan yang berlangsung di Babilonia meneguhkan penangkapan Yoyakin yang dicatat dalam 2 Raja-raja 24:15-16; 25:27-30.
• Pembebasan tawanan Yehuda oleh Koresy Agung (mendukung Ezra 1:1-4) diteguhkan oleh Cyrus Cylinder.Pikirkan juga bagaimana arkeologi telah meneguhkan tempat-tempat berlangsungnya berbagai kejadian yang dicatat dalam Alkitab:
• kuil Baal di Sikhem
• kolam Gibeon, Hesybon dan Samaria
• terowongan air di bawah Yerusalem yang digali Raja Hizkia
• istana Raja Belsyazar yang megah di Babilonia
• istana Susan yang megah (dengan kenangan kepada Ester dan Mordekhai)
• pendirian sinagoga di Kapernaum

Pikirkan beberapa tokoh yang diteguhkan oleh arkeologi sehingga Alkitab dan penemuan arkeologis bersesuaian:
• Yehu
• Hazael
• Sargon II
• Esar-haddon
• Merodakh-Baladan
• Darius I
• Herodes Agripa I
• Pilatus
• Kayafas

**EMBRIOLOGI**

EMBRIOLOGI VERSI KRISTEN…

Buah kandungan adalah REWARD dari Tuhan….
Mzm 127:3 Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.

Mazmur 139:13-16 => 
(139:13) Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.
(139:14) Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
(139:15) Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
(139:16) mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.
Jelas sekali dituliskan….Dialah(Tuhan) yang membentuk buah pinggang manusia dan menenun manusia dalam kandungan.

Konfirm dengan Firman Tuhan berikut…
Yes 44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan;

Yes 49:5 Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan 
Ayb 31:15 Bukankah Ia, yang membuat aku dalam kandungan, membuat orang itu juga? Bukankah satu juga yang membentuk kami dalam rahim?

(Mzm 139:14-16)Kejadian manusia itu sungguh dahsyat dan ajaib;ajaib apa yang Dia buat. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi(manusia dijadikan ditempat tersembunyi), dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah(=manusia kejadiannya direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah…) ,bahkan mata-Mu(mata Tuhan) melihat selagi aku(manusia) bakal anak(embrio)…

Apa bukti mata Tuhan melihat manusia sejak embrio…?

Buktinya adalah Tuhan telah mengenal manusia sejak dari kandungan….

Yer 1:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau dan sebelum engkau keluar dari kandungan….

Dan Tuhan tahu bahwa manusia itu berlaku keji(PEMBERONTAK TERHADAP TUHAN) sejak dalam rahim…

Yes 48:8 Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya, juga telingamu tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat sekeji-kejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau: PEMBERONTAK SEJAK DARI KANDUNGAN.

BAHKAN SEJAK DALAM KANDUNGAN TUHAN KENAL ADA MANUSIA YANG TELAH SESAT…

MZM 58:3(58-4) Sejak lahir orang-orang fasik telah menyimpang, sejak darikandungan pendusta-pendusta telah sesat.

Tuhan yang membuat manusia keluar dari kandungan…

Mzm 22:9(22-10) Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; Engkau yang membuat aku aman pada dada ibuku.

Mzm 71:6 Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan, Engkau telah mengeluarkan aku dari perut ibuku; Engkau yang selalu kupuji-puji.

Sejak dalam kandungan Dialah Tuhan manusia…..

Mzm 22:10 (22-11) Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.

DAN SEJAK DARI KANDUNGAN IA TELAH MENETAPKAN MANUSIA-MANUSIA YANG BEROLEH KARUNIA UNTUK DAPAT MENGENAL SUARA PENCIPTANYA SPT APA….

YES 49:1 Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah MEMANGGIL aku(MANUSIA) sejak dari KANDUNGAN telah menyebut NAMAKU SEJAK DARI PERUT IBUKU.

GAL 1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,


Kesimpulan dari editor: Dr. W.A. Criswell akhirnya benar-benar membuktikan dalam khotbahnya atau dalam bab ini, bahwa jika Anda mencoba untuk memikirkan bahwa Alkitab penuh kesalahan berhubungan dengan ilmu pengetahuan, maka Anda akan memiliki tugas atau pekerjaan rumah yang berat untuk membuktikannya. Namun jika Anda berpikir bahwa ilmu pengetahuan yang sejati tidak bertentangan, dan bahkan menguatkan kebenaran Alkitab, Anda didukung oleh banyak pihak, bahkan dukungan dari ilmu pengetahuan itu sendiri untuk membuktikan kebenarannya. Jadi Anda memiliki tugas atau pekerjaan yang jauh amat ringan.(SUMBER : http://www.wacriswell-indo.org/bible%207.htm )


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

adli pitter mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
adli pitter mengatakan...

Haha terbukti alkitab ayat nya tdk sempurna krn masih membutuhkan kata penjelasan dr pengalisa sehingga baru bisa sampai ke arti yg sebenarnya, misal air memberikan roti, jelas ini ngawur dan firman ini tdk sempurna krn tdk ada satu air pun yg bisa membuat roti..firman itu akan sempurna bila dinyatakan : Allahlah yg menurunkan air dan air itu menyuburkan tumbuh2an atau tanaman, buah2an yg dpt digunakan manusia utk membuat roti... jadi tdk ada kalimat yg menggantung yg berakibat salah makna, tdk bisakah tuhan menyampaikan informasi secara benar dlm alkitab?
begitu juga tentang embrio tdk ada diceritakan secara jelas dlm alkitab
Klo soal pencipta semua agama yakin embrio diciptakan manusia..jadi tdk ada ayat ilmiah dalam alkitab.?alkitab kelihatan ilmiah krn penjelasan anda bukan krn ayat yg disampaikan alkitab.. alkitab jelas tdk ilmiah bunyi jk dilihat dr bunyi firman itu .karena analisa anda yg ilmiah bukan yg tertulis dlm alkitab..misalnya di atas bulatan bumi justru ayat ini mengambarkan alkitab menyatakan bumi tdk bulat krn kalau bulat tdk ada bagian atas atau bawah dr permukaan bumi krn seluruh permukaan bumi langit adalah bagian atas, di china bagian atas adalah langit di atas china, di atlantik utara dan selatan bagian atasnya langit di atas wilayah itu .bayangkan Klo tuhan bersemyam di atas bumi mk tubuh allah melingkar bumi seperti ular krn seluruh langit bagian atas dr seluruh permukaan bumi

adli pitter mengatakan...

Haha terbukti alkitab ayat nya tdk sempurna krn masih membutuhkan kata penjelasan dr pengalisa sehingga baru bisa sampai ke arti yg sebenarnya, misal air memberikan roti, jelas ini ngawur dan firman ini tdk sempurna krn tdk ada satu air pun yg bisa membuat roti..firman itu akan sempurna bila dinyatakan : Allahlah yg menurunkan air dan air itu menyuburkan tumbuh2an atau tanaman, buah2an yg dpt digunakan manusia utk membuat roti... jadi tdk ada kalimat yg menggantung yg berakibat salah makna, tdk bisakah tuhan menyampaikan informasi secara benar dlm alkitab?
begitu juga tentang embrio tdk ada diceritakan secara jelas dlm alkitab
Klo soal pencipta semua agama yakin embrio diciptakan manusia..jadi tdk ada ayat ilmiah dalam alkitab.?alkitab kelihatan ilmiah krn penjelasan anda bukan krn ayat yg disampaikan alkitab.. alkitab jelas tdk ilmiah bunyi jk dilihat dr bunyi firman itu .karena analisa anda yg ilmiah bukan yg tertulis dlm alkitab..misalnya di atas bulatan bumi justru ayat ini mengambarkan alkitab menyatakan bumi tdk bulat krn kalau bulat tdk ada bagian atas atau bawah dr permukaan bumi krn seluruh permukaan bumi langit adalah bagian atas, di china bagian atas adalah langit di atas china, di atlantik utara dan selatan bagian atasnya langit di atas wilayah itu .bayangkan Klo tuhan bersemyam di atas bumi mk tubuh allah melingkar bumi seperti ular krn seluruh langit bagian atas dr seluruh permukaan bumi

Poskan Komentar