TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Menjawab Matius 21:42-43....

DAKWAAN :
Kejadian 49: 1, 10 dan Matius 21: 42-43, nabi tersebut keturunan nabi Ismail.
------------
JAWABAN :


* Kejadian 49:1-10
49:1 Kemudian Yakub memanggil anak-anaknya dan berkata: "Datanglah berkumpul, supaya kuberitahukan kepadamu, apa yang akan kamu alami di kemudian hari.
49:2 Berhimpunlah kamu dan dengarlah, ya anak-anak Yakub, dengarlah kepada Israel, ayahmu.
49:3 Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan.
49:4 Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama, sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. Dia telah menaiki petiduranku!
49:5 Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan.
49:6 Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu.
49:7 Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel.
49:8 Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu.
49:9 Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?
49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.


Ayat diatas adalah berkat bagi anak-anak Israel (Yakub), Ismael bukan salah satu anak dari Yakub, Kejadian 49:10 dengan jelas menyebut bahwa keturunan Yehuda memegang tongkat kerajaan. Yehuda adalah salah satu anak dari Yakub. Dalam Alkitab sama sekali tidak ada korelasi/ hubungan keturunan Yehuda dan Ismael.


Mengenai apa yang tertulis dalam Matius pasal 21. Saya akan menjelaskan dari sudut pandang iman Kristiani, ketimbang menanggapi klaim aneh-aneh seperti diatas.

Mari kita baca satu perikop supaya jelas :


* Matius 21:33-45 Perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur
21:33 "Dengarkanlah suatu perumpamaan yang lain. Adalah seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga di dalam kebun itu. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain.
21:34 Ketika hampir tiba musim petik, ia menyuruh hamba-hambanya kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima hasil yang menjadi bagiannya.
21:35 Tetapi penggarap-penggarap itu menangkap hamba-hambanya itu: mereka memukul yang seorang, membunuh yang lain dan melempari yang lain pula dengan batu.
21:36 Kemudian tuan itu menyuruh pula hamba-hamba yang lain, lebih banyak dari pada yang semula, tetapi mereka pun diperlakukan sama seperti kawan-kawan mereka.
21:37 Akhirnya ia menyuruh anaknya kepada mereka, katanya: Anakku akan mereka segani.
21:38 Tetapi ketika penggarap-penggarap itu melihat anaknya itu, mereka berkata seorang kepada yang lain: Ia adalah ahli waris, mari kita bunuh dia, supaya warisannya menjadi milik kita.
21:39 Mereka menangkapnya dan melemparkannya ke luar kebun anggur itu, lalu membunuhnya.
21:40 Maka apabila tuan kebun anggur itu datang, apakah yang akan dilakukannya dengan penggarap-penggarap itu?"
21:41 Kata mereka kepada-Nya: "Ia akan membinasakan orang-orang jahat itu dan kebun anggurnya akan disewakannya kepada penggarap-penggarap lain, yang akan menyerahkan hasilnya kepadanya pada waktunya."
21:42 Kata Yesus kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.
21:43 Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.
21:44 Dan barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk."
21:45 Ketika imam-imam kepala dan orang-orang Farisi mendengar perumpamaan-perumpamaan Yesus, mereka mengerti, bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya.
21:46 Dan mereka berusaha untuk menangkap Dia, tetapi mereka takut kepada orang banyak, karena orang banyak itu menganggap Dia nabi.


Matius 21:33-46 lihat Markus 12:1-12, Lukas 20:9-19, Perumpamaan mengenai para penggarap berkisar sekitar hukuman yang diberikan kepada para pemimpin agama dan politik Israel. Jelas bahwa perumpamaan ini mempunyai unsur-unsur alegoris, sebagaimana Israel diumpamakan seperti Kebun Anggur (bandingkan Yesaya 5:1-7; Mazmur 80:1-11), jelas kita baca di ayat 33 itu kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama.

Allah adalah pemilik kebun anggur itu; Ia menyerahkan milikNya kepada para pemimpin agama dan politik. Banyak hamba (para nabi) dikirim ke kebun anggur, tetapi semuanya mengalami nasip buruk (ayat 34-36). Pemilik mengharapkan bahwa paling sedikit anaknya (Yesus) akan diterima dengan rasa hormat. Nyatanya, Ia mengalami perlakuan yang lebih buruk, sampai dibunuh diluar kebun anggur (ayat 37-39). Ketika si pemilik sendiri datang, ia akan menghukum para penggarap dengan menghancurkan mereka (ayat 41) dan mengambil kembali kedudukan terhormat nereka dalam Kerajaan Allah (ayat 43). Kebun anggur akan disewakan kepada orang lain (Gereja/orang-orang percaya) dan umat Allah dalam Kristus akan menghasilkan buah yang melimpah. Penolakan para musuh (terhadap Yesus) adalah alasan dari penghukuman mereka. Dengan demikian, hal ini memenuhi Mazmur 118:22-23 (yang dikutip pada ayat 42).


* Mazmur 118:22-23
118:22 LAI TB, Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru.
KJV, The stone which the builders refused is become the head stone of the corner.
Hebrew,
אֶבֶן מָאֲסוּ הַבֹּונִים הָיְתָה לְרֹאשׁ פִּנָּה׃
Translit, EVEN MA'ASU' HABONIM HAITAH LEROSY PINAH

118:23 LAI TB, Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita
KJV, This is the LORD's doing; it is marvellous in our eyes.
Hebrew,
מֵאֵת יְהוָה הָיְתָה זֹּאת הִיא נִפְלָאת בְּעֵינֵינוּ׃
Translit, ME'ET YEHOVAH HAITAH ZOT HI' NIFLAT BE'EINEINU


Ayat 43 : Arti perumpamaan ini jelas; Kerajaan Allah akan diambil dari umat Allah (Israel) dan diberikan kepada umat Allah (orang-orang percaya), yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

Ayat 45 : Orang-orang percaya akan menemukan dalam perumpamaan ini sebagai suatu penjelasan mengenai penghancuran kota Yerusalem oleh orang-orang Roma pada tahun 70M dan suatu pembenaran dari klaim mereka sebagai umat Allah yang sejati. Musuh besar Yesus adalah para imam dan orang-orang Farisi - mengetahui bahwa perumpamaan ini ditukukan kepada mereka, tetapi karena mereka takut menahan Yesus karena orang banyak menganggap Dia sebagai seorang nabi (lihat Matius 21:11,26).

Sebagai penegasan perumpamaan (Matius 21:33-45) diatas :
Rasul Petrus berkata :
"Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan - yaitu kamu sendiri -, namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kisah 4:11-12) bandingkan dengan Roma 9:33, Efesus 2:20 dan 1 Petrus 2:7.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar