TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENJAWAB DAKWAAN MUSLIM SAYS DAN BANG SUMIN ....

http://tindonesia.blogspot.com/2013/08/dakwaan-muslim-says.html

http://tindonesia.blogspot.com/2013/08/dakwaan-muslim-says.html

PENDAHULUAN sebelum menjawab SOAL DAKWAAN :

Berikut adalah PENJELASAN SOAL Kata ESA itu sendiri dalam PANDANGAN ARAB dan YAHUDI :

Perlu dipahami kita bersama ECHAD dan YAKHID yang ada dalam diri ALLAH....

'EKHAD DAN YAKHID, AHAD DAN WAHID, ESA DAN TUNGGAL

Baik kata Ibrani " אחד - 'EKHAD", "esa","pertama", "satu", maupun " יחיד -YAKHID" "tunggal", "satu-satunya(UNIK)","tunggal", "saja", "hanya", "sendiri",berasal dari akar kata induk " ח - KHET" dan " ד -DALET".Aksara KHET dalam tulisan proto-sinaistik -- Ibrani Kuno -- merupakan gambar"tembok" atau "dinding"; sedangkan aksara DALET, IbraniKuno: DAL, merupakan gambar "pintu".

Gabungan kedua aksara yang merupakan simbol itu bermakna "kesatuan".Tembok atau dinding memisahkan bagian dalam dari bagian luar kemah atau rumah.Hanya melalui pintu, seseorang dapat masuk atau keluar, thus bagian luar danbagian dalam dipersatukan oleh pintu.

Gabungan aksara " ח - KHET" dan " ד -DALET", yaitu "חד - KHAD" , baik dalam bahasa Ibrani maupun Aram, diterjemahkan menjadi"satu".
Yehezkiel 33:30,
LAI TB, Dan engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenaiengkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu (KHAD)sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yangdifirmankan oleh TUHAN!
Note:
"satu sama lain" diterjemahkan dari kata " חד את־אחד ; KHAD'ET-'AKHAD", harfiah "satu kepada satu".
APA itu EKHAD?
Kata " אֶחָד - 'EKHAD" dari kata אָחַד - 'AKHAD,(Arab: 'AHAD), "esa", adalah kata " חד - KHAD" yangdibubuhi aksara 'ALEF di mukanya. Aksara " א - 'ALEF" dalam bahasaIbrani Kuno merupakan gambar kepala kerbau yang melambangkan kekuatan,kekuasaan, kepemimpinan.

" אחד - 'EKHAD" adalah KESATUAN DARI YANG JAMAK/KOMPLEKS,seorang manusia adalah kesatuan dari tubuh, nafas, jiwa, pikiran, perasaan(1 Tesalonika 5:23.... roh, jiwa dan tubuhmu....NKJV .... spirit and soul and body ...).Suatu keluarga adalah kesatuan dari ayah, ibu, anak. Suatu pohon adalahkesatuan dari akar, batang, cabang, dahan, ranting, daun. Inilah makna kata 'EKHADyang diterjemahkan menjadi "esa", "pertama","satu", yaitu kesatuan yang kompleks, bukan kesatuan yang absolut.

Jadi POSISI Seorang Manusia itu JAMAK yang KOMPLEKS atas DIMENSI-DIMENSI :
Shg Quran dan Tanakh Ibrani senantiasa KONSISTEN mendeskripsikan kata SEORANG/SATU Manusia(ECHAD/AHAD). Bukti sbb :
>Yos. 12:9 Raja negeri Yerikho, satu(ECHAD); raja negeri Ai, di sebelah Betel, satu(ECHAD)
>Surat 2:102 ....seorangpun(AHADIN)....dst....=>setiap kata "seorang" dalam akidah QURAN tertulis AHAD.(KARENA UNTUK MENGGAMBARKAN DIMENSI KOMPLEKS "MANUSIA".)

Apa bukti ALLAH dapat dalam bentuk JAMAK(AHAD) dalam QURAN?

Jamak ahad adalah ahaduuna أحدون, dan Aahadحد آ

--------------
Q 112:1 Qul huwa Allahu ahad(un), yg artinya adalah:"Say: He, Allah, is one of."

SANGAT JELAS ESA DISITU DIMAKSUDKAN AHADDUN....

<a>http://guidedways.com/chapter_display.php?chapter=112&translator=6&mac=&show_arabic=1</a> =>CEK DISINI...

Sura AL-Iklas 112:1 => قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ =>Qul huwa Allahu ahadun
ALLAHU AHADUN =>berarti AL-AHAD ada juga dalam DIRI ALLAH di ISLAM....

APA itu YAKHID?

Kata " יָחִיד - YAKHID" (Arab: WAHID),"tunggal", berasal dari kata יָחַד - YAKHAD, yaitu kata " חד -KHAD" yang dibubuhi aksara YOD di mukanya. Dalam bahasa Ibrani Kuno,aksara YOD merupakan gambar telapak tangan yang menggenggam. Kata" יחד - YAKHAD ini pun berarti "satu", "kesatuan"namun dalam makna "satu dalam genggaman" yaitu "satu yangabsolut" (hanya).
Kata " יחד - YAKHAD juga ditemukan dalam Mazmur 86:11("bulatkanlah") dan Yesaya 14:20 ("bersama-sama").

" יחד - YAKHAD adalah " חד - KHAD" dalam genggaman tangan,diterjemahkan dengan "satu-satunya", "tunggal","hanya", "saja", "sebatang kara", seringdihubungkan dengan anak "tunggal".

Jika " אחד - 'EKHAD" merujuk kepada kesatuan yang kompleks, maka" יחיד - YAKHID" berhubungan dengan kesatuan yang absolut.

Kejadian 22:2
LAI-TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal (YAKHID) itu, yangengkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia disana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakankepadamu."

MENGAPA Ishak disebut ANAK yang TUNGGAL?Karena ANAK ABRAHAM yang benar-benardari ISTRI yang SAH yakni SARA adalah ISHAK dan ISHAK sajalah yang berhakdikatakan MENERIMA JANJI-JANJI ALLAH(dikenal dengan ISTILAH ANAK PERJANJIAN).

Jadi TUNGGAL(YAKHID/WAHID) berarti BERASAL DARI SATU SUBSTANSI yangSATU-SATU-Nya(yang UNIK).

BERDASAR ANALISIS diatas maka dapat disimpulkan :

HAKEKAT ALLAH yang ESA(AL-AHAD dan AL-WAHID) adalah ECHAD yang YAKHID danJUGA YAKHID yang ECHAD....Apa maksudnya?

Maksudnya :
1. ALLAH ADALAH ECHAD yang YAKHID berarti ALLAH itu MEMILIKI DIMENSI MULTIKOMPLEKS yang WAHID ="monogenous/ monogenês"=tidak ada yang serupa dengan DZAT-Nya

2. ALLAH ADALAH YAKHID yang EKHAD berarti ALLAH memilki DZAT yang MULTIKOMPLEKS SATU-SATU-NYA("monogenous/ monogenês") yang tidak dimiliki OLEH CIPTAAN-Nya yang mana DZAT itu HANYA dimiliki DIMENSI KOMPLEKS Allah dalam ke-EKHAD-an-Nya.


Allah MEMILIKI HAKEKAT(DIMENSI MULTI KOMPLEKS termaktub dalam Ayub 11:7-9)dinyatakan BAHWA HAKEKAT ALLAH tersebut TIDAK BISA DICERNA oleh AKALmanusia.Karena JIKA HAKEKAT Allah bisa dicerna oleh AKAL(SEPERTI SEONGGOK X YANG TIDAK KOMPLEKS),maka HAKEKAT ALLAH tidak LAGI MAHA.
BERIKUT ADALAH Bukti Allah memiliki HAKEKAT/DIMENSI MULTI KOMPLEKS sbb:
BUKTI 1:
Kejadian1:1
LAI TB,Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
KJV, Inthe beginning God created the heaven and the earth.
Hebrew,
בְּרֵאשִׁיתבָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃
Translit,BERE'SYIT {pada mulanya} BARA' {Dia menciptakan} 'ELOHIM {Allah} 'ET HASYAMAYIM{langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}
KataAllah dalam bahasa Ibrani " אלהים - 'ELOHÎM" menggunakan bentuk JAMAK(BENTUK TUNGGAL kata ALLAH adalah EL)tetapi dengan kata kerja tunggal (singular) : " ברא - BARA'", hal inisaja sudah menyiratkan keesaan Allah yang serba kompleks.

ELOHIM(EL dalam BENTUK JAMAK) BARA(MENCIPTAKAN bentuk TUNGGAL)...DALAM PENCIPTAAN JELAS melibatkan ROH ALLAH(ROHULLAH) dan FIRMAN ALLAH(KALIMATULLAH) :
Bukti :
>ROH ALLAH(ROHULLAH) terlibat dalam PENCIPTAAN :

Kejadian 1:2 ...ROH ALLAH....(Ayub 33:4 Roh Allah TELAH MEMBUAT aku(manusia), dan NAFAS YANG MAHAKUASA MEMBUAT AKU HIDUP.=>NAFAS ALLAH membuat MANUSIA HIDUP=>Konfirm Kejadian 2:7 ...TUHAN .....menghembuskan NAFAS HIDUP....)

>FIRMAN ALLAH(KALIMATULLAH) terlibat dalam PENCIPTAAN :

Kejadian 1:3 BERFIRMANLAH ALLAH(ELOHIM) : JADILAH TERANG LALU TERANG itu JADI(KUN Terang FAYA KUN Terang)=>Konfirm Maz 33:9
Sebab Dia BERFIRMAN, maka SEMUANYA JADI; Dia memberi perintah, maka SEMUANYA ADA.

Karena EL dapat berbentuk JAMAK yakni ELOHIM tetapi senantiasa disematkan kata KERJA TUNGGAL,maka Quran dan TANAKH Ibrani mendeskripsikan ALLAH berfirman dengan kata ganti KAMI dalam QURAN(Al-A’raf 7:11 “Sesungguhnya KAMI(NAHNU/NAHWU=>JAMAK) telah menciptakan.....),KITA dalam ALKITAB(Arabiah=>NAHNU/NAHWU=>JAMAK)(Kej 1:26....KITA[NAHNU/NAHWU=>JAMAK]......)=>kata KITA dan KAMI dalam BAHASA ARAB adalah "NAHNU".

JADI KATA "NAHNU/NAHWU" DALAM QURAN DAN ALKITAB SENANTIASA MENGISYARATKAN BAHWA DALAM PENCIPTAAN ALLAH MELIBATKAN "ROH-NYA" DAN "FIRMAN-NYA".

BUKTI 2:
Ayub 11:7 Dapatkah engkau memahami HAKEKAT(THINGS=DIMENSI KOMPLEKS)ALLAH, menyelami batas-batas kekuasaan Yang Mahakuasa?
NKJV "Can you search out the deep THINGS(=DIMENSIKOMPLEKS) OF GOD? Can you find out the limits of the Almighty?
BERDASAR ANALISIS DIATAS yang perlu kita pahami juga bahwa....
Hanya pada TUHAN SAJALAH SumberHAYAT :
Mzm. 36:9(36-10)TB Sebab pada-MU(TUHAN) ada SUMBER HAYAT,di dalam terang-Mu kami melihat terang.
Mzm. 36:9(36-10) FAYH Karena ENGKAULAH(TUHAN)SUMBER HIDUPTerang kami berasal dari Terang-Mu.

Sang SUMBER HIDUP itu ROH :
Yohanes 4:24
"Allah itu Roh ..."
TR, "πνευμα ο θεος …"
Translit. Interlinear, "pneuma {Roh} ho{(itu)} theos {Allah} …"

2 Korintus 3:18 =>
TB... .Tuhan yang adalah Roh....
KJV =>...the Spirit of the Lord...
Translit Interlinear, ....kuriou {Tuhan}pneumatos {Roh (yaitu Roh)}...

BUKTISUMBER HIDUP ADALAH ALLAH : Ayub 33:4 Roh Allah TELAH MEMBUAT aku(manusia), dan NAFASYANG MAHAKUASA MEMBUAT AKU HIDUP.=>KEHIDUPAN bersumber dari PANCARANROH-Nya(NAFAS ALLAH)....KEHIDUPAN senantiasa MEMANCAR KELUAR.....

DAHULU ROH ALLAH DIKARUNIAKAN DALAM HATI DAN BATIN ADAM(MANUSIA)....(Kej 2:7 => ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan NAFAS hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.)
Konfirm Yes 63:11 ....Dia yang menaruh Roh Kudus-Nyadalam hati mereka;

Tetapi ROH ALLAH itu UNDUR dari KEHIDUPAN MANUSIA(KETURUNAN ADAM) :
Kej 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanyatinggal di dalam manusia,...
Jelas ROH ALLAH undur dari diri manusia....mengapa?Karena MANUSIA Adam telahJATUH DALAM DOSA...(Kej 2:16-17 cukup jelas....ENGKAU AKAN"MATI"....)=>MATI itu berarti KETERPISAHAN dengan SANG SUMBERHAYAT....Yes 59:2 tetapi yang merupakan PEMISAH ANTARA KAMU(MANUSIA) danAllahmu IALAH SEGALA KEJAHATANMU, dan yang membuat Dia menyembunyikan diriterhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Jika mau dibaca lengkap Yes 63:10-11 jelas ROH ALLAH merasa didukakan oleh DOSAMANUSIA...shg KLIMAKS-Nya Roh Allah undur(Kej 6:3)....

Yesaya 63:10-11
63:10 LAI TB, Tetapi mereka memberontak dan MENDUKAKAN Roh Kudus-Nya; maka Iaberubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

63:11 LAI TB, Lalu teringatlah mereka kepadazaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawamereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Dimanakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;

Bahwa mendukakan Roh Kudus adalah mendukakanAllah dapat dibandingkan dengan Mazmur 78:8, 40, 49, 56; 95:9-11; Yehezkiel6:9; Kisah Para Rasul 7:51

Apakah benar pandangan bangsa YAHUDI BAHWA ROHALLAH=ROH KUDUS?mari kita lihat FAKTA selanjutnya...

Yeh 36:27 ROH-KU akan Kuberikan diam di dalam batinmu ....=>Roh Allah akantinggal dalam batin manusia...

Yes 63:11 ....Dia yang menaruh ROH KUDUS-NYA dalam hatimereka;=>Dia(TUHAN)menaruh ROH KUDUS-Nya dalam hati mereka....jadi yangdimaksud disini RUACH QODESH itu ROH ALLAH....

Konfirm dengan Ef 3:16 => .....Roh-Nya di dalam batinmu,....

3 ayat di atas KONFIRM bahwa ROH KUDUS(RUACH QODESH)=ROH ALLAH....

Apa itu batin menurut KAMUS?
ba·tin n 1 sesuatu yg terdapat di dl hati;sesuatu yg menyangkut jiwa (perasaan hati dsb)...

Konfirm juga...1 Tes 4:8 .... Roh-Nya(PNEUMA/RUACH) yang kudus(QODESH)...

Suatu yang terdapat dalam hati manusia itulah batin....jadi ROH KUDUS/ROH ALLAHdiletakkan dalam HATI/BATIN manusia..

Sehingga berdasar pemahaman YAHUDI....Rasul PAULUS berkata...

Ef. 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah =>ROH KUDUS ALLAH=>ROHALLAH itulah ROH KUDUS....jadi ROH KUDUS itu ALLAH sendiri....bukan JIBRIL....

Ef 4:30  the Holy Spirit of God, (New International Version (©1984))
Ef 4:30 God's Holy Spirit (New LivingTranslation (©2007))
Ef 4:30  the Holy Spirit of God,(NewAmerican Standard Bible (©1995))

http://interlinearbible.org/ephesians/4-30.htm
>>> τὸ(to)πνεῦμα(pneuma)τὸ(to)ἅγιον(hagion)τοῦ(tou)θεοῦ(theou)
----
Jadi jelas ROH KUDUS itu adalah ROH ALLAH....
----
AKIBAT KEJATUHAN ADAM ....MAKA MANUSIA DILIPUTI OLEH TABIAT DOSA(SIFAT DOSADALAM ISLAM JELAS Q 2:81 =>MELIPUTI MANUSIA/MEMPERHAMBA MANUSIA=>KONFIRMYOH 8:44)....

BUKTI MANUSIA DIPERHAMBA DOSA :

=>KEJADIAN 6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar dibumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatansemata-mata(KONFIRM Mzm. 51:5    (51-7) ....dalam dosaaku dikandung ibuku.)
** KONFIRM :
>>PENGKOTBAH 7:20 Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yangberbuat baik dan tak pernah berbuat dosa!
>>1 YOH 1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kitamenipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

UPAH DOSA ADALAH MAUT (ROMA 6:23a;YEH 18:4...Dan ORANG YANG BERBUAT DOSA, ituyang HARUS MATI...;YEH 18:20)

PERLU DIINGAT JUGA BAHWA TUHAN BERSABDA :
Ams. 3:19  Dengan HIKMAT TUHAN telah MELETAKKAN DASAR BUMI, denganPENGERTIAN ditetapkan-Nya langit,

Mzm. 33:11 tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nyaturun-temurun.=>DENGAN PENGERTIAN DAN HIKMAT ARTINYA IA MEMILIKIRANCANGAN/BLUE PRINT PENCIPTAAN YANG ITU SIFATNYA TETAP SELAMA-LAMANYA....

JADI SEBELUM MENCIPTAKAN BUMI....ALLAH TELAH MEMILIKI BLUE PRINT JAGADRAYA........DENGAN PENUH HIKMAT DAN PENGERTIAN IA MENJADIKAN SEGALA YANG ADA DIBUMI.......BUKTI :

MAZMUR 139:16 ...dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akandibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

PENGKOTBAH 3:14-15 :
PENGKOTBAH 3:14 Aku tahu bahwa SEGALA SESUATU yang DILAKUKAN ALLAH akanTETAP ADA untuk selamanya; itu TAK DAPAT DITAMBAH dan TAK DAPAT DIKURANGI;Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia.

PENGKOTBAH 3:15 Yang SEKARANG ADA DULU SUDAH ADA, dan yang AKAN ADA SUDAH LAMA ADA; dan Allah mencari yang sudah lalu.

KONFIRM :
IBRANI 11:3 ....APA YANG KITA LIHAT TELAH TERJADI DARI APA YANG TIDAK DAPAT KITA LIHAT.

JADI ALLAH SENDIRI MENETAPKAN SEGALA HAL SEBELUM SEMUA ITU KITA LIHAT....

APA YANG MENJADI KETETAPAN ALLAH?
Inilah KEHENDAK BAPA : (MAZMUR35:27...."TUHAN itu besar, Dia MENGINGINKAN KESELAMATAN hamba-Nya!")=>SUMBERSEJATI MENGINGINKAN KESELAMATAN HAMBA-NYA.....
SUMBER SEJATI MENGHENDAKI KEHIDUPAN BENAR-BENAR SEMPURNA DALAM MANUSIA => UL 30:6 ...SUPAYA ENGKAU HIDUP.

KEHENDAK BAPA yakni MEMBUAT MANUSIA itu BENAR-BENAR HIDUP di DALAM DIA yang ADALAH KASIH(1 Yoh 4:8 ...GOD is AGAPE..)....dengan JALAN MEMENUHI DUNIA inidengan KASIH SETIA-Nya(LOYAL LOVE/UNFAILLING LOVE)
:
MAZ 33:5 .....BUMI PENUH dengan KASIH SETIA(LOYAL LOVE;UNFAILLING LOVE)TUHAN.(KONFIRM MAZ 119:64 Bumi penuh dengan kasih setia-Mu....)

PERLU DIINGAT SUMBER HAYAT ITU HANYA ALLAH SENDIRI.....Mzm.36:9(36-10)  =>KEHIDUPAN DAN TERANG MANUSIA BERSUMBER DARI ALLAH ITUSENDIRI....

BAGAIMANA BUMI BISA PENUH DENGAN KASIH SETIA(LOYAL LOVE/UNFAILING LOVE)ALLAH?DENGAN JALAN MEMUNCULKAN "SUMBER" YANG MAMPUMENOPANG KELEMAHAN MANUSIA....YAKNI "DOSA" DAN "KECEMARAN"....

SUMBER yang BENAR MAMPU MENGHAPUS DOSA DAN KECEMARAN....
Za. 13:1 "Pada waktu itu AKAN "TERBUKA" SUATUSUMBER bagi keluarga "Daud" dan bagi penduduk Yerusalemuntuk MEMBASUH "DOSA" dan "KECEMARAN".

Dalam Zakaria 13:1 tertulis jelas "AKAN" TERBUKASUATU SUMBER bagi keluarga DAUD ......untuk MEMBASUH DOSA danKECEMARAN.=>Firman ini menyatakan AKAN HADIRNYA sosok MESIAS/JURUSELAMATyang akan menyelamatkan UMAT-Nya dari DOSA DAN PELANGGARAN

SUMBER yang MUNCUL TERSEBUT AKAN MEMBASUH DOSA DAN KECEMARAN :

YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSApemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Akutidak mengingat-ingat dosamu.

Yer. 33:8 Aku(ELOHIM) akan MENTAHIRKAN mereka dariSEGALA KESALAHAN yang mereka lakukan dengan BERDOSAterhadap Aku(ELOHIM), dan Aku(ELOHIM) akan MENGAMPUNI SEGALA KESALAHANyang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yangditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,

Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ","ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari","kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYAADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES43:25…. Yer. 33:8…]

Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….

YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anakyang tidak akan berlaku curang," maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMATmereka
YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN,melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAHyang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN]mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.
[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANGDUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]..

BERDASAR ANALISIS DIATAS JELAS ALLAH SENDIRI YANG MENJADI SUMBER BAGI KELUARGA DAUD UNTUK MEMBASUH DOSA DAN KECEMARAN...

Apakah PARA NABI TIDAK "MEMBUTUHKAN/MEMERLUKAN" KESELAMATAN DARITUHAN? PERLU...Apa buktinya :

Zaman DAHULU dinyatakan sbb :
Kej. 49:18 Aku menanti-nantikan KESELAMATAN yang dari pada-Mu, ya TUHAN.

MUSA MENYATAKAN KESELAMATAN SEJATI DATANGNYA DARI TUHAN :
Kel. 14:13 Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut,berdirilah tetap dan lihatlah KESELAMATAN dari TUHAN...

MENGAPA DEMIKIAN?KARENA TUHAN ITU ADALAH KESELAMATAN : HAK 6:24 .....TUHAN itukeselamatan.

KESELAMATAN ITU DIMOHONKAN OLEH RAJA DAUD...
Mzm. 60:5 (60-7) Supaya terluput orang-orang yang Kaucintai, BERIKANLAHKESELAMATAN dengan tangan kanan-Mu dan jawablah kami!

Mzm. 85:7(85-8) Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya TUHAN, danBERIKANLAH kepada kami KESELAMATAN dari pada-Mu!

ORANG YANG TIDAK PERCAYA KEPADA ALLAH....TIDAK AKAN MEMPERCAYAI KESELAMATAN ITUDATANG-NYA DARI ALLAH SAJA....
Mzm. 78:22 sebab mereka TIDAK PERCAYA kepada Allah, dan TIDAK YAKIN akankeselamatan dari pada-Nya.

KESELAMATAN DARI-NYA SANGAT DIRINDUKAN :
Mzm. 119:81 Habis jiwaku merindukan keselamatan dari pada-Mu....
Mzm. 119:123 Mataku sangat merindukan keselamatan dari pada-Mu ...

BUKAN HANYA SANGAT DIRINDUKAN....TETAPI JUGA KESELAMATAN DARI-NYA DINANTIKAN...
Mzm. 119:166 Aku MENANTIKAN KESELAMATAN dari pada-Mu, ya TUHAN....Mzm.119:174 Aku RINDU kepada KESELAMATAN dari pada-Mu, ya TUHAN, ....

PARA NABI MENYELIDIKI SENDIRI DATANGNYA KESELAMATAN DARI-NYA :
1 PETRUS 1:10 Keselamatan itulah yang DISELIDIKI dan DITELITI olehNABI-NABI, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.

ALLAH ADALAH KESELAMATAN KITA....HARI DEMI HARI Ia BERHASRAT MENANGGUNG BAGIKITA.....
Mzm. 68:19 (68-20) Terpujilah Tuhan! Hari demi hari Ia menanggungbagi kitaALLAH ADALAH KESELAMATAN kita.
Saat dalam PENINDASAN,Ia akan mendatangkan KESELAMATAN YANG AKAN MELINDUNGIKITA:
Mzm. 69:29 (69-30) Tetapi aku ini TERTINDAS dan KESAKITAN, KESELAMATAN daripada-Mu, ya Allah, kiranya melindungi aku!
Raja DAUD PUN BERDOA KEPADA TUHAN, AGAR DITUNJUKKAN JALAN YANG LURUS, MENUJUSUMBER KESELAMATAN....SUMBER YANG AKAN  MEMBASUH "DOSA" dan "KECEMARAN"
Mazmur 27:11 Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dantuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku.
MAZMUR 27:12 Janganlah menyerahkan aku kepada nafsu lawanku, sebab telahbangkit menyerang aku saksi-saksi dusta, dan orang-orang yang bernafaskankelaliman.
Mazmur 86:11 Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN,supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akannama-Mu.
Mazmur 139:23 Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dankenallah pikiran-pikiranku;
Mazmur 139:24 lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah akudi jalan yang kekal!

DAUD JUGA MEMOHON DIBUKAKAN KESELAMATAN...
Mzm. 118:19 BUKAKANLAH aku(DAUD) PINTU GERBANG KEBENARAN,AKU HENDAK MASUK ke DALAMNYA(PINTU KEBENARAN), hendak mengucap syukur kepadaTUHAN.
Semua manusia yang MENCARI TUHAN akan BERSUKACITA DAN AKAN MENCINTAI KESELAMATANDARI PADA-NYA:
Mzm. 70:4 (70-5) Biarlah bergirang dan bersukacita karena Engkau semua orangyang mencari Engkau; biarlah mereka yang MENCINTAI "keselamatan" daripada-Mu selalu berkata: "Allah itu besar!"
Shg MANUSIA DAPAT BERKATA "ALLAH ITU BESAR!"....SEBABOLEH KEBESARAN TUHAN SAJALAH MAKA IA TIDAKMENGHASRATKAN MANUSIA BINASA...MELAINKAN IA BERHASRAT MANUSIA BEROLEH HIDUPKEKAL....
MAZMUR 35:27 Biarlah bersorak-sorai dan bersukacita orang-orang yang inginmelihat aku DIBENARKAN! Biarlah mereka tetap berkata: "TUHAN itu besar, Dia MENGINGINKAN KESELAMATAN hamba-Nya!"..=>MANUSIADISELAMATKAN OLEH-NYA BERARTI DIBENARKAN OLEH-NYA....DIBENARKAN BERARTIDITUTUPI PELANGGARANNYA=>Mzm. 32:1 Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialahorang yang diampuni pelanggarannya, yang DOSANYADITUTUPI!(MAKA DARI ITU KESELAMATAN DINANTIKAN =>Kej. 49:18 Aku"menanti-nantikan keselamatan" yang dari pada-Mu, ya TUHAN.)
MAKA DARI ITU DATANGNYA KESELAMATAN HANYA DARI ALLAH SAJA YANGMELINDUNGI KITA...
Mzm. 69:29(69-30)....keselamatan dari pada-Mu, ya Allah, kiranya melindungiaku!(KONFIRM
Mzm. 119:81;Mzm. 78:22;Mzm. 119:123;DST...KESELAMATAN ITULAH YANG DISELIDIKIDAN DITELITI OLEH NABI-NABI =>1 PETRUS 1:10)

KESELAMATAN YANG DARI TUHAN MENJANGKAU SELURUH BUMI :
1. Yes 49:6 .....supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujungbumi."...
2. MZM 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan KESELAMATAN-Mu diantara SEGALA BANGSA.

SEHINGGA RUMAH-NYA DISEBUT RUMAH DOA SEGALA BANGSA :
Yes 56:6 Dan ORANG-ORANG ASING(NON ISRAEL) yang menggabungkan diri kepadaTUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadihamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya,dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,
YES 56:7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaandi rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dankorban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebabrumah-Ku akan disebut RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA.
Dalam KeMAHA KUATAN-Nya dan KEMAHA KUASAAN-Nya....Ia tetap adalah TUHAN SANGJURUSELAMAT dan SANG PENEBUS...
Yes 49:26 ....bahwa Aku, TUHAN(Adonay), adalah Juruselamatmu dan Penebusmu,Yang Mahakuat, Allah Yakub."
Yes 60:16 .....bahwa Akulah, TUHAN(Adonay), Juruselamatmu, dan Penebusmu,Yang Mahakuasa, Allah Yakub.

ALLAH BERTINDAK OLEH KARENA NAMA-NYA....Yeh. 20:14 Tetapi Aku bertindak karena nama-Ku.... 
>>NAMA-NYA SATU-SATUNYA(MAHA) PENEBUS DAN JURUSELAMAT MANUSIA(YES63:16;YES 43:11)
 Ia satu-satu-Nya Juruselamat dan Penebus kita sejak dahulu kala :
Yes 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain daripada-Ku.(Konfirm HOSEA 13:4 )
Yes 63:16 ....nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala.
Yesaya 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.Yesaya 45:15 Allah Israel, ==>> JURUSELAMAT.
Yesaya 45:21 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah merekaberunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala,dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yanglain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan==>>JURUSELAMAT, tidak ada yang lain kecuali Aku! (Yes. 63:8 dan Hosea13:4)
DALIL-NYA NYATA dan TEGAS bahwa:
Yesaya 43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau,hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: ''Janganlah takut, sebab Akutelah ==>>MENEBUS engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu,engkau ini kepunyaan-Ku.
Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan ==>>PENEBUS ISRAEL, TUHANsemesta alam: ''Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak adaAllah selain dari pada-Ku. (Silahkan lihat dan baca dalil2 yang lainnyamenyatakan TEGAS bahwa ALLAH itu PENEBUS..!! Yesaya 47:4, 48:17, 49:7, 49:26,54:5, 60:16, 63:16 Yeremia 50:34)
KEGENAPAN ZAKARIA 13:1 ......"AKAN" TERBUKA SUATUSUMBER bagi keluarga DAUD ......untuk MEMBASUH DOSA dan KECEMARAN :
Konfirm pada kehadiran-Nya di dunia :
Ia berasal dari SUMBER YANG SAMA....IA MUNCUL / KELUAR DARI SUMBER Kehidupanitu sendiri :
IA(SANG SUMBER HAYAT DIMUNCULKAN) TURUN DARI SORGA...
Yoh. 6:38 Sebab Aku(ISA) telah turun dari sorga....
IA(SANG SUMBER HAYAT DIMUNCULKAN YAKNI SANG FIRMAN=>YES 55:11=>FIRMAN DAPAT KELUAR DARI DIRI ALLAH) KELUAR DARI ALLAH...
YOH 8:42...sebab Aku(ISA) KELUAR(NUZUL) dan datang DARI ALLAH...(Konfirm Mat1:20 EK[Of=ADALAH] PNEUMATOS HAGION....yang dikandung maria ADALAH ROHKUDUS....)=>KEGENAPAN DARI Yes 7:14Sebab itu Tuhan sendirilah yang akanmemberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan mudamengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akanmenamakan Dia Imanuel.[Konfirm Mat 1:23];Yes 9:5Sebab seoranganak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untukkita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanyadisebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, RajaDamai.....
(Mat 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakanDia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosamereka.")=>YOH 1:29 ..."Lihatlah Anak domba Allah, yangmenghapus dosa dunia.=>1 YOH 2:2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segaladosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk DOSASELURUH DUNIA.)
SUMBER YANG AKAN MEMBASUH DOSA DAN KECEMARAN MENJAWAB PERNYATAAN RAJA DAUD :
SEMUA PERMINTAAN RAJA DAUD TERJAWAB DALAM PRIBADI TUHAN YESUS :
Permintaan RAJA DAUD :
1.Mazmur 86:11 Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu,(Maz 27:11)
2.Mazmur 139:24 tuntunlah aku di jalan yang kekal!
3. Mzm. 118:19 BUKAKANLAH aku(DAUD) PINTU GERBANG KEBENARAN,AKU HENDAK MASUK ke DALAMNYA(PINTU KEBENARAN), hendak mengucap syukur kepadaTUHAN.
JAWABAN SUMBER YANG AKAN DATANG YAKNI MESIAS :
YOH 14:6 .....AKULAH(TUHAN YESUS) JALAN,KEBENARAN DAN HIDUP TIDAKADA SEORANGPUN YANG DATANG KEPADA BAPA,KALAU TIDAK MELALUI AKU....
Yoh. 10:9 AKULAH PINTU; barangsiapa MASUK MELALUIAKU(TUHAN YESUS), IA AKAN "SELAMAT" dan iaakan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

MAKA DARI ITU SANG SUMBER ITU BERKATA :
Mat. 13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya BANYAK NABIDAN ORANG BENAR ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya,dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.
Luk. 10:24 Karena Aku berkata kepada kamu: BANYAK NABI DANRAJA(RAJA DAUD) ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan inginmendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya."
ALLAH ADALAH SUMBER AIR KEHIDUPAN[Yer. 2:13....Aku[TUHAN],SUMBER AIR YANG HIDUP...]
>Sang SUMBER YANG AKAN DIMUNCULKAN YAKNI SANG JURUSELAMAT/MESIAS...YAKNISUMBER AIR hidup AKAN MEMUNCULKAN SUMBER AIR HIDUP pada manusia....MEMANCARSAMPAI KEPADA HIDUP YANG KEKAL......Yoh.4:14 tetapi barangsiapa MINUM AIR yang akan Kuberikan kepadanya, ia TIDAK AKANHAUS untuk SELAMA-LAMANYA. Sebaliknya air yang AKAN Kuberikan kepadanya, AKANMENJADI MATA AIR di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepadahidup yang kekal."
(KONFIRMASI PERNYATAAN SIMEON BAHWA KESELAMATAN ITU TELAH DATANG…=>LUK2:30 sebab MATAKU TELAH MELIHAT KESELAMATAN YANG DARI PADA-MU,=>KESELAMATANDARIPADA ALLAH HARUS SAMPAI KE UJUNG BUMI….=>YES 49:6 => … supayakeselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.")
SUMBER YANG AKAN MEMBASUH DOSA dan KECEMARAN MEMBERITAKAN TAHUN RAHMATTUHAN TELAH DATANG ATAS DUNIA(YES 61:1-2;LUK 4:18-22)

SUMBER BAGI KELUARGA DAUD(Zakaria 13:1)....berarti SUMBER TERSEBUT ADALAHSEORANG ANAK MANUSIA.....(Yes 7:14;Yes 9:5;Mat 1:21-23)
Siapakah ANAK MANUSIA?
Daniel 7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datangdengan awan-awan dari langit seorang seperti ANAK MANUSIA;datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
Daniel 7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaansebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdikepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akanlenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.(KonfirmKejadian 49:9-10 => Kej 49:9 Yehuda adalah seperti anak singa: setelahmenerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap danberbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang beranimembangunkannya?Kej 49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dariYehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yangberhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.)

JADI seorang ANAK MANUSIA berarti Ia adalah RAJA yang BERKUASA atasBANGSA-BANGSA....BUKTI => Mat. 12:21 Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akanberharap."[NB : pada-Nyalah(=>SUMBER BAGI KELUARGA DAUD YAKNI SANGFIRMAN/JURUSELAMAT/AL-MASIH)]
KENUZULAN SANG SUMBER yang DIMUNCULKAN oleh ALLAH....memiliki 2 GELAR....
1. ANAK TUNGGAL ALLAH =>ANAK ALLAH(YOH3:16;YOH 1:14;YOH 1:18)....Kata "Tunggal",Yunani "monogenous/ monogenês", berasal dari kata μονος -monos, tunggal, hanya, dan γινομαι - ginomai,menjadi.
Menurut leksikon Yunani : single of its kind (unique), only .Maka pengertiannya dalam bahasa Indonesia adalah "yang tunggal; yang unik, yang khas/ khusus; yang tiada taranya".  DENGAN MENYATAKANDIRI-NYA ADALAH ANAK TUNGGAL ALLAH....ANAK ALLAH YANG UNIK/SATU-SATUNYA....(YOH5:18 ....
karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dandengan demikian MENYAMAKAN DIRI-NYA DENGAN ALLAH.)=>Sehingga TUHAN YESUSMENGATAKAN....AKU DAN BAPA SATU ADANYA(YOH 10:30) =>SATU SUBSTANSIADANYA....SHG DIKATAKAN ...."AKU"(TUHAN YESUS) DI DALAM"BAPA","BAPA" DI DALAM "AKU"(TUHAN YESUS)=>(YOH 10:38;YOH 14:10;YOH 14:11)
2. ANAK MANUSIA =>ANAK MANUSIA ADALAH SISI MANUSIA DARI TUHAN YESUS.....SISIINILAH YANG MENJADI PENGGENAP TAURAT....(MAT 5:17 =>KARENA YANG INGKARTERHADAP TAURAT ADALAH MANUSIA =>YER 31:32;YOH 7:19).....TETAPI GELAR ANAKMANUSIA DALAM DIRI TUHAN YESUS DISERTAI DENGAN KEILAHIAN....BUKTI =>(Mat.12:8;Mrk. 2:28;Luk. 6:5) =>ANAK MANUSIA ADALAH ADONAY/KURIOS ATASSABAT....=>JADI SISI ANAK MANUSIA YANG MELEKAT DALAM DIRI TUHAN YESUS ITUMEMILIKI SUBSTANSI KEILAHIAN....yang MANA SUBSTANSI ILAHI itu telah DINUBUATKANDALAM KITAB(DANIEL 7:13-14;Yesaya 9:5 =>SEORANG PUTRA disebut ALLAH YANG PERKASA[ELGIBOR];BAPA YANG KEKAL....)

>ANAK MANUSIA artinya Ia masuk dalam DIMENSI MANUSIA....INKARNASI(ALLAH MEMANIFESTASIKAN DIRI-NYA) DALAM DIMENSI MANUSIA ...
Bukti :
PERJANJIAN LAMA : => Kej. 18:1 Kemudian TUHAN MENAMPAKKAN diri kepada Abraham ....dst...byk dalilnya....ditulis satu-satu kebanyakan.....

PERJANJIAN BARU : PENGGENAPAN Zakaria 13:1....Yes 9:5;Yes 7:14...IA adalah IMANUEL(ALLAH BESERTA KITA=>Mat 1:21-23)...dst....
1 Timotius 3:16 
Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam RUPA MANUSIA(INKARNASI), dibenarkan dalam Roh....
KJV, And without controversy great is the mystery of godliness: God was manifested in the flesh (INKARNASI)....
Vulgata, et manifeste magnum est pietatis sacramentum quodmanifestatum est in carne (INKARNASI)...
Translit. interlinear, .....ephanerôthê {Dia dinyatakan} en {dalam} sarki {daging} ......
LAI menterjemahkan "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia", sedangkan naskah Textus Receptus menulis 'θεος εφανερωθη εν σαρκι - theos ephanerôthê en sarki', harfiah : "Allah - Dia dinyatakan - dalam - daging".
Yohanes menganggap tiap penyangkalan bahwa Yesus Kristus ‘telah datang sebagai manusia’ (1 Yohanes 4:2; 2 Yohanes 7) telah berasal dari roh-antikristus. Paulus mengatakan bahwa, Kristus membuat karunia perdamaian-Nya ‘di dalam tubuh jasmaniNya’ (Kolose 1:22, bandingkan dengan Efesus 2:15), dan bahwa dengan mengutus anakNya ‘dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa’ Allah ‘telah menjatuhkan hukuman atas dosa dalam tubuh’ (Roma 8:3).


Petrus berkata tentang Kristus yang mati untuk kita ‘dalam keadaanNya sebagai manusia’
(σαρκι - sarki, kasus datif dari σαρξ - sarx) :

1 Petrus 3:18 ...Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia.....
Translit. interlienar,.....thanatôtheis {(Ia yang) telah dibunuh} men {disatu pihak} sarki {secara jasmani (-Nya)...

1 Petrus 4:1 Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, Translit. interlinear, christou {Kristus} oun {karena itu} pathontos {telah menderita} huper {untuk} hêmôn {kamu} sarki {secara jasmani (daging)}

MEMANG DIMENSI ALLAH SEJATI BELUM BISA KITA SELAMI SECARA PASTI....TETAPI DALAM AKIDAH YAHUDI ALLAH BISA MENYATAKAN EKSISTENSI-NYA PADA MANUSIA( Kej. 18:1 Kemudian TUHAN MENAMPAKKAN diri;=>YOH 1:18 ....MENYATAKAN DIRI-NYA...)....

Apakah ALLAH yang NUZUL senantiasa TERIKAT/DIBATASI DALAM DIMENSI MANUSIA saat berada dalam DUNIA?
Tidak,ADA KALANYA Ia dapat MENEMBUS DIMENSI ILAHI....

Bukti Dalam SEKEJAP Isa dapat BERUBAH RUPA menembus DIMENSI ELIA DAN MUSA :

Mrk 9:2 .... Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka,.....(Konfirm : Mat 17:2;Luk 9:29)
Mrk. 9:4 Maka nampaklah kepada mereka ELIA bersama dengan MUSA, keduanya sedang berbicara dengan Yesus.(Konfirm : Mat 17:3;Luk 9:30) => PENGGENAPAN yang tertulis dalam ZAKARIA 14:4 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"

NB : TIDAK ADA SEORANGPUN NABI di DUNIA DAPAT BERUBAH RUPA dan MENEMBUS DIMENSI ILAHI spt Isa....

Apa bukti ALLAH dapat KENOSIS menjadi manusia ?

PERJANJIAN LAMA : Dalam PERIKOP HOSEA 11 jelas dituliskan KASIH TUHAN mengalahkan KEDEGILAN HATI BANGSA ISRAEL.....
Hos 11:1 ....dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.(Penggenapan Mat. 2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.)

Hos 11:2 Makin Kupanggil mereka, makin pergi mereka itu dari hadapan-Ku;.....(Konfirm Yoh. 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.)

Hos 11:3 ....mengangkat mereka di tangan-Ku, ......bahwa Aku menyembuhkan mereka. (Konfirm Mrk 7:37 Mereka takjub dan tercengang dan berkata: "Ia(TUHAN YESUS) menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata.")

MARI KITA TELITI LEBIH DALAM Hosea 11:4...

 HOSEA 11:4 Aku(ALLAH) MENARIK MEREKA dengan TALI KESETIAAN, dengan IKATAN KASIH. Bagi mereka Aku seperti orang yang MENGANGKAT KUK dari tulang rahang mereka; Aku MEMBUNGKUK kepada mereka untuk memberi mereka makan.

JELAS DITULISKAN Hosea 11:4......AKU(TUHAN) MEMBUNGKUK.....

 Filipi 2:6-8

2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
KJV, Who, being in the form of God, thought it not robbery to be equal with God:
TR, ος εν μορφη θεου υπαρχων ουχ αρπαγμον ηγησατο το ειναι ισα θεω
Translit Interlinear, hos {yang} en {dalam} morphê {rupa/sifat} theou {Allah} huparchôn {walaupun adalah} oukh {tidak} arpagmon {suatu rampasan/ sesuatu yang dipertahankan} êgêsato {menganggap} to {hal} einai {menjadi} hisa {yang setara} theô {dengan Allah}

2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
KJV, But made himself of no reputation, and took upon him the form of a servant, and was made in the likeness of men:
TR, αλλ εαυτον εκενωσεν μορφην δουλου λαβων εν ομοιωματι ανθρωπων γενομενος
Translit Interlinear, all {melainkan} heauton {diriNya sendiri} ekenôsen {telah mengosongkan} morphên {rupa} doulou {seorang hamba} labôn {mengambil} hen {dalam} homoiômati {kesamaan} anthrôpôn {(dengan) manusia} genomenos {menjadi}

2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
KJV, And being found in fashion as a man, he humbled himself, and became obedient unto death, even the death of the cross.
TR, και σχηματι ευρεθεις ως ανθρωπος εταπεινωσεν εαυτον γενομενος υπηκοος μεχρι θανατου θανατου δε σταυρου
Translit Interlinear, kai {dan} skhêmati {dalam wujud} euretheis {ditemui} hôs {sebagai} anthrôpos {manusia} etapeinôsen {ia telah merendahkan} eauton {diriNya} genomenos {menjadi} hupêkoos {taat} mekhri {sampai} thanatou {kematian} thanatou {kematian} de {yaitu} staurou {(di) kayu salib}

Kata "KENOSIS" (mengosongkan diri) berasal dari kata Yunani <a>κενοω - Kenoô</a>, menurut Leksikon Yunani :

1. to empty, make empty :
of Christ, he laid aside equality with or the form of God
2. to make void :
deprive of force, render vain, useless, of no effect
3. to make void :
cause a thing to be seen to be empty, hollow, false 



Kata lain yang menarik terdapat di ayat 8, εταπεινωσεν - etapeinôsen" (ia telah merendahkan, membungkuk) dari kata ταπεινοω - tapeinoô, leksikon Yunani :

To make low, bring low
a. to level, reduce to a plain
b. metaph. to bring into a humble condition, reduce to meaner circumstances
1. to assign a lower rank or place to
2. to abase
3. to be ranked below others who are honoured or rewarded
4. to humble or abase myself by humble living
c. to lower, depress
5. of one's soul bring down one's pride
6. to have a modest opinion of one's self
7. to behave in an unassuming manner
8. devoid of all haughtiness 



Dalam buku "Jesus I Never Knew", Philip Yancey, menjelaskan makna εταπεινωσεν - etapeinôsen", keadaan kenosis Yesus Kristus, dengan bagus sekali. Ia menjabarkannya dengan "Allah telah membungkuk begitu rendah sampai menjadi salah satu makhluk merayap dan merangkak". Ini adalah cara lain untuk mengungkapkan arti inkarnasi (harfiah : menjadi-daging).

Peristiwa Allah yang "telah membungkuk begitu rendah" diungkapkan dengan bahasa teologis yang sudah kita kenal, yaitu "pengosongan diri" (kenosis) : "Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, ... telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia" (Filipi 2: 6-8 ).

Dengan kata lain, Allah yang begitu absolute kuasanya, tinggi, kudus, tak terbatas, kekal dan transenden memasuki dan menjadi bagian dari dunia yang terbatas, fana, rendah, immanen,dst. Allah yang adalah "Super" menjadi "minor"; Dia yang mengatasi segalanya mau terikat dan di bawah aturan dan hukum-hukum alam yang terbatas.

Ungkapan "Allah MEMBUNGKUK begitu rendah, mengosongkan diriNya (kenosis)" merupakan bahasa religius yang revolusioner. Ungkapan ini hanya ada dalam Kristianitas. Allah yang begitu besar yang begitu berbeda dengan mahkluk ciptaan-Nya, telah bersedia datang menjadi serupa dengan ciptaanNya untuk misi penyelamatan umat ciptaanNya.

SEDARI SEMULA ALLAH BERKEHENDAK MEMILIKI IKATAN DENGAN MANUSIA BUKTI SBB:
HOSEA 1:10 ...akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup." =>IKATAN ANAK DAN BAPA...
HOSEA 2:16 (2-15) Maka pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, engkau akan memanggil Aku(ALLAH): Suamiku.....=>IKATAN SUAMI ISTRI.....(MEMPELAI SURGAWI)....

ADA BEBERAPA PERISTIWA YANG MENYERTAI AKU(TUHAN ALLAH) MEMBUNGKUK DALAM AYAT HOSEA 11:4....

1. Aku(TUHAN ALLAH) MENARIK MEREKA dengan TALI KESETIAAN, dengan IKATAN KASIH. (Yoh. 13:34 Aku memberikan PERINTAH BARU kepada kamu, yaitu supaya kamu SALING MENGASIHI; sama seperti Aku(ADONAY) telah MENGASIHI KAMU demikian pula kamu harus saling mengasihi.=>Yoh 17:23 ....Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.)
Yoh. 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan MENARIK SEMUA ORANG datang kepada-Ku."
BAPA sendiri yang menarik Manusia datang kepada-Nya(Yoh 6:44)

2. Bagi mereka Aku(TUHAN ALLAH) seperti orang yang MENGANGKAT KUK dari tulang rahang mereka...(Mat 11:29-30 =>Kuk YANG DIPASANG oleh-Nya ENAK...yakni KUK APA?KUK KASIH...=>Mat 22:36-40...Konfirm Yoh 13:34)

3. Aku(TUHAN ALLAH) MEMBUNGKUK(KENOSIS/MENGOSONGKAN DIRI) kepada mereka untuk MEMBERI MEREKA MAKAN.(ALASAN TUHAN ALLAH MEMBUNGKUK ADALAH MEMBERI MANUSIA MAKAN)...
Padanya ADA MAKANAN YANG TIDAK DIKENAL MANUSIA...
Yoh. 4:32 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."
MAKANAN yang TIDAK KITA KENAL adalah sbb....
Yoh. 6:35    Kata Yesus kepada mereka: "Akulah ROTI HIDUP; barangsiapa datang kepada-Ku, ia TIDAK AKAN LAPAR LAGI, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.(Itulah TUGAS dari BAPA=>Yoh 10:17-18....sebagai IKATAN KASIH antara ALLAH dan MANUSIA....TIDAK ADA KASIH yang LEBIH BESAR DARI BERKORBAN NYAWA=>Yoh. 15:13 Tidak ada KASIH YANG LEBIH BESAR dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

KARENA IA KENOSIS MENJADI MANUSIA......MAKA IA BERHAK MENYATAKAN SBB:
Mat. 24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."
Mrk. 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.

DALAM ISLAM JELAS ALLAH SEMPAT BELUM MENGETAHUI SEBAGAI UJIAN KEPADA MANUSIA...JADI MAT 24:36;MRK 13:32 SIFATNYA SEBAGAI UJIAN KEPADA MANUSIA......

Q 9:16 TERTULIS.... ALLAH BELUM MENGETAHUI.....HAL TERSEBUT SEBAGAI UJIAN.....

SEBAB KEDATANGAN-NYA KELAK SPT PENCURI.....JIKA TAHU KAPAN AKAN DATANG PENCURI....MAKA MANUSIA BERSIAP-SIAP....

.....Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan." Lukas 12:39-40.


Yesus berkata, "Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya." (Wahyu 16;15).

Kembali, Dia katakan, "Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu." (Wahyu 3:3).


"Karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam." (I Tesalonika 5:2).
"Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia." (Matius 24: 37), membuat jelas bahwa kedatanganNya adalah nampak, nyata dan "menghancurkan" seperti air bah yang membanjiri bumi.
"Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya. Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran. Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia." (II Petrus 3:11-14)

ADAKAH IMAN DIBUMI SAAT KEDATANGAN-NYA KE DUA KALI?
LUK 18:8 ...Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

JADI JELAS SIFATNYA MERAHASIAKAN KEDATANGAN-NYA YANG KE 2 KALI SEBAGAI PENCURI MAKSUDNYA DITEKANKAN elemen "kejutan" yang dimaksud. Sedangkan peristiwa kedatanagn Tuhan Yesus sendiri, seperti rasul Petrus katakan, akan disertai kejadian alam yang sangat dahsyat, yang sudah pasti diketahui orang banyak. Dengan demikian istilah 'pencuri' bukanlah menggambarkan  cara Tuhan yang mengambil milik kepunyaan-Nya dengan 'diam-diam' dan 'rahasia', tetapi adalah 'waktunya yang TIDAK diketahui' yang ditekankan di sini.
SEMUANYA ITU UNTUK MENGUJI KEIMANAN MANUSIA......

JADI DALAM DIRI TUHAN YESUS ADA 2 SEBUTAN YANG TIDAK BISA DIPISAHKAN ...YAKNI ANAK TUNGGAL ALLAH(ANAK ALLAH)+ANAK MANUSIA....=>DAPAT DISIMPULKAN"TUHAN YESUS" ADALAH "ANAK MANUSIA ILAHI" =>ANAK MANUSIAYANG MEMILIKI SUBSTANSI ILAHI....(MAT 1:20 =>IA KELUAR DARI ROH ALLAH/ROHKUDUS)
SEMUA NUBUATAN PARA NABI KONFIRM DENGAN PERNYATAAN TUHAN YESUS MENGENAI KEDATANGAN-NYA KE DUNIA SBB:

Zakaria 13:1 jelas dituliskan AKAN MUNCUL SUMBER BAGI KELUARGA DAUD yang MEMBASUH DOSA dan KECEMARAN ....JADI SUMBER ITU HARUS MEMILIKI OTORITAS MEMBASUH DOSA/MENGAMPUNI DOSA.....KONFIRM DENGAN KEHADIRAN SANG FIRMAN SBB:

MISI TUHAN YESUS...DATANG UNTUK MENEBUS DOSA..MELALUI PERNYATAAN DIA SENDIRI...

Mat. 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk 

memberikan nyawa-Nya menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."


Mrk. 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk

memberikan nyawa-Nya menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."


Luk. 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan MENYELAMATKAN YANG HILANG."


Mat. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, DARAH PERJANJIAN, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk PENGAMPUNAN DOSA.


Mrk. 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "INILAH DARAH-KU, DARAH PERJANJIAN, yang ditumpahkan BAGI BANYAK ORANG.


DIA BERKUASA MENGAMPUNI DOSA.....

Mat. 9:6    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia BERKUASA MENGAMPUNI DOSA"* --lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:/"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

Mrk. 2:10    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia 
BERKUASA MENGAMPUNI DOSA" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:

Luk. 5:24    Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia 
BERKUASA MENGAMPUNI DOSA"* --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:/"Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

 Dalam Mat. 8:3 ; Mrk. 1:41  ; Luk. 5:13. Sangat jelas IA BERKUASA MENTAHIRKAN MANUSIA...MEMBERSIHKAN MANUSIA DARI DOSA...TANPA IZIN dari ALLAH....tetapi IA SENDIRI YANG BERKEHENDAK.....JADILAH .....MAKA SEKETIKA ITU JUGA JADILAH....
Mat. 8:3    Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "AKU MAU, JADILAH engkau TAHIR." SEKETIKA ITU JUGA TAHIRLAH orang itu dari pada kustanya.(MRK 1:41;LUK 5:13)

DALAM HAL DIATAS TIDAK TERTULIS ALLAH MAU JADILAH.....TETAPI AKU MAU, JADILAH....TEPAT SPT AYAT YANG TERTULIS DALAM QURAN....BAHWA JIKA ALLAH BERKEHENDAK CUKUP BERKATA JADILAH....MAKA JADILAH ITU.....
Q 2:117 ...Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "JADILAH!" Lalu JADILAH ia.(KUN FAYA KUN)...=>KALIMATULLAH (KUN FAYA KUN) MELEKAT DALAM DIRI ISA.....BUKAN HASIL MINTA IZIN SIAPA-SIAPA....

Isa fa innahu Rohullah wa kalimatuhu, “Sesungguhnya Isa itu Rohullah dan KalimatNya”. Kuasa “kun faya kun” (jadilah, maka jadi!) yang melekat dalam diri Isa — bukan hasil minta izin siapa-siapa –jelas-jelas diperlihatkan Yesus secara detail dalam Injil, lihat misalnya Matius 8:2-3, dimana Yesus sendiri yang mau bermujizat dan “Jadilah!”:

Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu stjud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “AKU MAU, JADILAH (!) ENGKAU TAHIR(=>MAKA JADILAH SI KUSTA TAHIR).” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

BAGAIMANA TEBUSAN YANG DIMAKSUD??
YAKNI NYAWA GANTI NYAWA....
>"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kamu QISHASH....[Al Baqarah:178]

MENGAPA DIWAJIBKAN BAGI MANUSIA QISAS? MENURUT AKIDAH ISLAM DALAM HUKUM QISAS ITULAH SAJA YANG MAMPU MEMBERIKAN "JAMINAN KESELAMATAN".

DALIL : [Al Maa-idah:45] => "Dan Kami tetapkan atas mereka di dalamnya (Taurat) bahwa JIWA(NYAWA) dibalas dengan JIWA(NYAWA), mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka pun ada Qisasnya.(Ulangan 19:21 LAI TB, Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, sebab berlaku: nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti 

tangan, kaki ganti kaki.)


SANGAT JELAS DALAM SURAT AL-MAIDAH 45 DAN UL 19:21 ADA KESEPAHAMAN :

>[Al Maa-idah:45] =>..... jiwa(NYAWA) dibalas dengan jiwa(NYAWA)....
>Ulangan 19:21 =>....nyawa ganti nyawa....
Dosa = Hutang, Dosa upahnya maut(ROMA 6:23a;YEH 18:4;YEH 18:20), artinya Dosa harus dibayar dengan Nyawa. NYAWA GANTI NYAWA!


>"Dan dalam qishaash itu ADA (jaminan kelangsungan) HIDUP BAGIMU, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa" (QS Al-Baqarah:179) =>DALAM QISAS ITULAH TERDAPAT JAMINAN KELANGSUNGAN HIDUP DI DUNIA DAN AKHIRAT BAGIMU.....


MAKA DARI ITU HADIS MENGKONFIRMASI ADA "PENEBUSAN" YANG DAPAT MEMBERIKAN KESELAMATAN   SBB: 


Hadist Sahih Muslim 4969 Kitab 50: Taubat

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Sayibah telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari Thalhah bin Yahya dari Abu Burdah dari Abu Musa dia berkata: " Rasullullah 'alaihi wasallam telah bersabda:

"Pada hari kiamat kelak Allah Swt akan menyerahkan seorang Yahudi ataupun seorang Nasrani kepada setiap orang Muslim. Kemudian Allah Swt akan berkata: "Inilah PENEBUSMU DARI SIKSA API NERAKA." =>HARUS ADA PENEBUSAN DARI SIKSA API NERAKATETAPI SAYANGNYA QURAN MENYATAKAN MANUSIA TIDAK BISA MENANGGUNG KESALAHAN/DOSA SESAMANYA :  SURAT Fatir [35:18]  Dan orang yang berdosa tidak akan MEMIKUL DOSA orang lain .(KONFIRM Al-Anaam [6:164] ; Al-Isra [17:15] ;Az-Zumar [39:7] ;An-Najm [53:38] )=>KONFIRM JUGA YEH 18:20;IBR 10:4=>CIPTAAN TIDAK BISA MENEBUS DOSA SESAMANYA....KARENA NAPI TIDAK BISA BEBASIN NAPI....JIKA HAL ITU TERJADI MAKA SAMA-SAMA BURONAN....KARENA BUKAN KEBEBASAN YANG SESUNGGUHNYA....(JADI PENEBUSAN NYAWA GANTI NYAWA DIKENAL DALAM AKIDAH ISLAM....TETAPI BUKAN CIPTAAN MENEBUS CIPTAAN AGAR BISA LUPUT DARI SIKSA NERAKA...MELAINKAN KESELAMATAN ITU DATANG-NYA DARI ALLAH PENCIPTA LANGIT DAN BUMI).DALIL SBB :

KESELAMATAN DARI ALLAH SAJA YANG MELINDUNGI KITA...

Mzm. 69:29(69-30)....keselamatan dari pada-Mu, ya Allah, kiranya melindungi aku!(KONFIRM
Mzm. 119:81;Mzm. 78:22;Mzm. 119:123;DST...KESELAMATAN ITULAH YANG DISELIDIKI DAN DITELITI OLEH NABI-NABI =>1 PETRUS 1:10)

KONFIRM YESAYA 53:5
Tetapi dia TERTIKAM oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; GANJARAN yang MENDATANGKAN KESELAMATAN bagi kita ditimpakan kepadanya.....(GANJARAN DOSA MAUT=>ROMA 6:23a;YEH 18:4;YEH 18:20)=>Konfirm Yoh 10:17-18....

SAAT IA(SANG FIRMAN) KEMBALI KEPADA BAPA....MAKA IA MENGUTUS PENGHIBUR....YANG KELUAR DARI BAPA....DIUTUS DALAM NAMA-NYA(NAMA YESUS)...UNTUK KEMBALI KE POSISI-NYA SEMULA(Yes 63:11..Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;....;=>Yeh 36:27)....

>>Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus(RUAKH QODESH/PNEUMA HAGION), yang akan diutus olehBapa dalam nama-Ku....
>>Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapadatang, yaitu Roh Kebenaran yang KELUAR DARI Bapa, Ia akan bersaksi tentangAku.

KJV,
But when the Comforter is come, whom I will send unto you from the Father,even the Spirit of truth, which proceedeth from the Father, he shall testify ofme:

ORTHJBC, But when the Melitz Yosher comes, whom I will send to you from HaAv,the Ruach Hakodesh, the Ruach HaEmes, who proceeds from HaAv,that one will gives solemn edut about me.

TR, οταν δε ελθη ο παρακλητος ον εγω πεμψω υμιν παρα του πατρος το πνευμα τηςαληθειας ο παρα του πατρος εκπορευεται εκεινος μαρτυρησει περι εμου

Translit interlinear, HOTAN {ketika} DE {tetapi} ELTHÊ {Dia datang} HOPARAKLÊTOS {Penghibur itu} HON {yang} EGÔ {Aku} PEMPSÔ {akan mengutus} HUMIN{kepada kalian} PARA {dari} TOU PATROS {Bapa} TO PNEUMA {Roh} TÊS ALÊTHEIAS{Kebenaran} HO {yang} PARA {dari} TOU PATROS {Bapa} EKPOREUETAI {Dia keluar}EKEINOS {Dia inilah} MARTURÊSEI {akan bersaksi} PERI {tentang} EMOU {Aku}

ROH itu AKAN DIAM DI DALAM KAMU....(Yoh 14:17 ...Roh Kebenaran......sebab Ia menyertai kamu dan akan DIAM DI DALAM kamu.)=>PENGGENAPAN : Yeh 36:27 ROH-KU akan Kuberikan diam di dalam batinmu ....=>Roh Allah akantinggal dalam batin(HATI) manusia...

JADI PRINSIP TRINITAS: Allah Bapa,Putra dan Roh itu serentak ada-"coexistence" (ada dalam waktu yg bersamaan=>Kej 1:1-3 =>Ada secara BERSAMA-SAMA...dst...masih banyak dalil...) dan saling huni-"coinherence"(Yoh 10:38;Yoh 14:10;Yoh 14:11 =>...Aku(TUHAN YESUS)di dalam BAPA dan BAPA di dalam AKU(TUHAN YESUS) dan juga CO-EQUAL(SEHAKEKAT)=>Yoh10:30;Yoh 17:22(tertulis HEN ESMEN=>SATU FAKTANYA berbicaraKESEHAKEKATAN).Allah adalah satu dalam essens(DZAT/SUBSTANSI) dan tiga dalampekerjaan/pergerakan.Bapa sumbernya,Putra wujudnya,Roh yang beroperasi.

JADI TRINITAS sbb :
>BAPA => SANG SUMBER (THE EXISTANCE of GOD)

>SANG ANAK => The WORD of GOD(Devine WISDOM of GOD)=>Firman-Nya ALLAH =>PERKATAAN bersumber dari Pikiran.....jadi SANG FIRMAN itu sama dengan PIKIRAN-Nya ALLAH itu sendiri.....

>ROH KUDUS => The DEVINE LIFE of GOD(HAYATULLAH)=>HIDUP-Nya ALLAH

MENGAPA TRINITAS DIKATAKAN CO-EQUAL(SATU HAKEKAT)?KARENA BERASAL DARI SUMBER YANG SAMA....YAKNI SAMA-SAMA KELUAR DARI DIRI BAPA ITU SENDIRI....

1. SANG FIRMAN KELUAR DARI DIRI BAPA :
BUKTI :YOH 8:42...sebab Aku(ISA) KELUAR(NUZUL) dan datang DARI ALLAH...(Konfirm Mat1:20 EK[Of=ADALAH] PNEUMATOS HAGION....yang dikandung maria ADALAH ROHKUDUS....)=>PENGGENAPAN DARI YESAYA 55:11 demikianlah FIRMAN-KU yang KELUAR dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi IA(FIRMAN-KU) akan MELAKSANAKAN apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.
KONFIRM KENUZULAN ISA dalam AN-NISA 171 => WA(DAN) ROOHUN(ROH) MIN(DARI) HU(ALLAH)....;Q 66:12 Terjemahan MALAYSIA => ....Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari Ruh Kami,..Q 21:91 Terjemahan INDONESIA => Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya Ruh dari Kami ..

Jadi JELAS SANG FIRMAN(ISA ALMASIH) itu dalam AKIDAH QURAN dan ALKITAB KELUAR DARI ROH ALLAH sendiri.....Shg Isa memiliki KESEHAKEKATAN dengan ALLAH ....maka muhammad bersabda => ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU....(dan disematkan GELAR Al- dan Ar- spt pada diri ALLAH(ASMAUL HUSNA=>Asmaul artinya nama2 atau julukan2. Husna artinya baik.)....apa artinya AL-Masih?AL-(SATU-SATU-Nya) MASIH(Yang diurapi/JURUSELAMAT/MESIAS)....tepat seperti Yes 43:11 TUHAN itu satu-satunya JURUSELAMAT.....karena Isa itu NUZUL dari KALAM ALLAH....shg dikatakan ISA itu JURUSELAMAT(Luk 2:11;Yoh 4:42 Dia benar-benar JURUSELAMAT DUNIA)
2. ROH KUDUS/ROH ALLAH KELUAR DARI DIRI BAPA :
BUKTI :
Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapadatang, yaitu Roh Kebenaran yang KELUAR DARI Bapa, Ia akan bersaksi tentangAku.[YOH 14:26...Penghibur, yaitu Roh Kudus(RUAKH QODESH/PNEUMA HAGION)]
Shg jelas Mat 28:19 DOKTRIN TRINITAS mengisyaratkan ALLAH yang ECHAD/ESA :

Matius 28:19
LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,

Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan non kristiani dipandang seolah-olah 3 person atau bahkan politeisme (3 allah).
Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan ‘ONOMA’ bentuk tunggal, bukan dengan ‘ONOMATA’ bentuk jamak.

Text bahasa aslinya adalah demikian :

Textus Receptus (TR) : πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
Translit interlinear, poreuthentes {pergilah} oun {karena itu} mathêteusate {jadikanlah murid (-Ku)} panta {semua} ta ethnê {bangsa-bangsa} baptizontes {kalian baptiskanlah} autous {mereka} eis {di dalam} to onoma {nama, noun - accusative singular neuter} tou patros {Bapa} kai {dan} tou huiou {Putera} kai {dan} tou hagiou {Kudus} pneumatos {Roh}


Perubahan bentuk kata "ονομα - ONOMA" :

Tunggal:
Nominatif, ονομα - ONOMA
Genitif, ονοματος - 'ONOMATOS
Datif, ονοματι - 'ONOMATI'
Akusatif, ονομα - ONOMA


Jamak:
Nominatif, ονοματα - ONOMATA
Genitif, ονοματων - ONOMATÔN
Datif, ονομασιν - ONOMASIN'
Akusatif, ονοματα - ONOMATA

Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah "nama".

JADI KESIMPULAN SAMAKAH TUHAN ORANG KRISTEN DAN ISLAM?
SAMA.....BUKTI => Q 29:46 tertulis jelas TUHAN KITA sebenarnya SAMA.....

SEMOGA PAHAM....

NB: HAL DIATAS PENDAHULUAN URAIAN yang AKAN DIBAWA MASUK KE dalam PEMBAHASAN PER POINT ....TULISAN DIATAS BELUM FINAL.....harap sabar....

------------------------


DAKWAN :
MATIUS:
4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

MARKUS:
12:28. Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?"
12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

LUKAS:
4:8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
----------
JAWABAN : SUMBER PENAFSIRAN MAT 4:10;MARKUS 12:32;LUK 4:8 =>KATA "DIA"...

>SIAPAKAH DIA YANG DIMAKSUD DALAM PERNYATAAN 3 INJIL TERSEBUT....



----------

YOHANES:
12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku.

17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

20:17 Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.
-------------
JAWABAN :


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar