TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SUDUT PANDANG Kristen soal WINE....

Pertanyaan si penuduh diatas mungkin bisa dibandingkan dengan keadaan2 yang tertulis di kitab sucinya sendiri, yaitu di Qs 5:90; Qs 2:219 yang dikontraskan dengan Qs 83:22-28, Qs 47:15. Dan teman muslim pasti juga akan ber-apology menjelaskan ayat2 yang tertulis tentang larangan meminum khamar ketika masih hidup di dunia ini dan disediakannya khamar yang mengalir di Surga nanti.

Demikian pula kami, di bawah ini kami akan menjelaskan "kesalah-pahaman" dari artikel yang ditulis di atas, sbb:

1. Bolehkah Minum Anggur (Wine)? :



Yesus Kristus minum wine :

Yesus Kristus dicatat dalam Injil akan kesediaan-Nya untuk makan dan minum bersama pemungut cukai dan orang-orang berdosa, yang menimbulkan dakwaan :

* Matius 9:9-13 Matius pemungut cukai mengikut Yesus
9:9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.
9:10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.
9:11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"
9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.
9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."



* Matius 11:19 LAI TB, Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."
KJV, The Son of man came eating and drinking, and they say, Behold a man gluttonous, and a winebibber, a friend of publicans and sinners. But wisdom is justified of her children.
TR, ηλθεν ο υιος του ανθρωπου εσθιων και πινων και λεγουσιν ιδου ανθρωπος φαγος και οινοποτης τελωνων φιλος και αμαρτωλων και εδικαιωθη η σοφια απο των τεκνων αυτης Translit Interlinear, êlthen {datang} ho huios {anak} tou anthrôpou {manusia} esthiôn {makan} kai {dan} pinôn {minum} kai {lalu} legousin {mereka berkata} idou {disini ada} anthrôpos {seorang} phagos {pelahap} kai {dan} oinopotês {peminum wine} telônôn {penagih-penagih pajak/cukai} philos {sahabat} kai {dan} hamartôlôn {(orang-orang) yang berdosa} kai {tetapi} edikaiôthê {dibenarkan} hê sophia {hikmat} apo {oleh} tôn teknôn {anak-anak} autês {nya}

Catatan :
οινοποτης - OINOPOTÊS, peminum wine, a winebibber. dari kata οινος – OINOS, wine, dan πινω - PINÔ, minum.

Jika Anda mengkaji ayat diatas, maka οινος – OINOS yang dimaksud tentu saja wine yang beralkohol, jika tidak, untuk apa orang-orang Farisi mencemoohnya. Diatas, telah dijelaskan tentang makna μεθυω - METHUÔ (mabuk), bahwa wine yang diubahkan Yesus Kristus di Kana bisa menyebabkan μεθυω - METHUÔ (mabuk).


Ada yang berpendapat bahwa Yesus itu tidak minum wine, berdasarkan ayat ini :

* Markus 15:23 LAI TB, Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Ia menolaknya.
KJV, And they gave him to drink wine mingled with myrrh: but he received it not.
TR, και εδιδουν αυτω πιειν εσμυρνισμενον οινον ο δε ουκ ελαβεν Translit, kai edidoun autô piein esmurnismenon oinon ho de ouk elaben

Catatan :
Kata, εσμυρνισμενον οινον - esmurnismenon oinon, wine bercampur mur, verb dalam bentuk perfect passive participle - accusative singular masculine, dari kata σμυρνιζω - SMURNIZÔ.

Penolakan Yesus meminum wine yang diberikan pada saat Ia disalib adalah sesuai dengan kebiasaan Yahudi, namun hal tersebut tidak didasarkan penolakan wine sebagai sesuatu yang memabukkan, melainkan disebabkan oleh ketetapan hati untuk mati dengan pikiran yang murni jernih.

Namun kemudian Ia menerima οξος - OXOS, sour-wine (anggur-asam / cuka) yang merupakan minumam biasa bagi pekerja di ladang dan bagi tentara dari kelas rendah :

* Markus 15:36 LAI TB, Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: "Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia."
KJV, And one ran and filled a spunge full of vinegar, and put it on a reed, and gave him to drink, saying, Let alone; let us see whether Elias will come to take him down.
TR, δραμων δε εις και γεμισας σπογγον οξους περιθεις τε καλαμω εποτιζεν αυτον λεγων αφετε ιδωμεν ει ερχεται ηλιας καθελειν αυτον Translit, dramôn de eis kai gemisas spoggon oxous peritheis te kalamô epotizen auton legôn aphete idômen ei erkhetai êlias kathelein auton

Penjelasan jawaban "bolehkah minum wine?", nanti silahkan baca uraian di bawah, di tentang PENGUASAAN DIRI.


2. Yesus Berbicara Mengenai Wine:

Sebelum ke pokok permasalahannya, mari kita pahami lebih dalam mengenai wine/ יין - YAYIN atau οινος – OINOS yang dicatat dalam Alkitab :

Wine adalah warisan dari kebudayaan kuno, sejak ditemukannya oleh Nabi Nuh menyebar kepada umat manusia lainnya. Adalah suatu kebiasaan di Mesir untuk menamakan produksi wine dengan nama-nama yang menggunakan asal tempat dimana wine-wine itu diproduksi. Yesaya merujuk pada nama tempat Sibma dimana ditempat tersebut terdapat perkebunan anggur yang tentunya memproduksi wine :

* Yesaya 16:8
Sebab kebun-kebun Hesybon dan pohon anggur Sibma telah merana; para penguasa bangsa-bangsa telah memotong pohon-pohon anggurnya yang terbaik, yang dahulu meluas sampai ke Yaezer dan merambat ke padang gurun; ranting-rantingnya berserak sampai ke seberang laut.


Yehezkiel menyebutkan wine yang terkenal di daerah Syria, yaitu dari Helbon dan Uzal :

* Yehezkiel 27:18-19
27:18 Damsyik berdagang dengan engkau karena banyaknya hasil-hasilmu, karena segala macam barangmu yang banyak. Anggur dari Helbon, bulu domba dari Sakhar,
27:19 dan anggur ditukarkan mereka ganti barang-barangmu; besi yang sudah dikerjakan dari Uzal, kayu teja dan tebu ada di antara barang-barang daganganmu.


Musim memetik anggur jatuh pada bulan yang ketujuh ("TISY'REI"), dan disebutkan berkaitan dengan Perayaan Pondok Daun/ Hari Raya Tabernakel ("SUKOT") :

* Imamat 23:34LAI TB, Katakanlah kepada orang Israel, begini: Pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh itu ada hari raya Pondok Daun bagi TUHAN tujuh hari lamanya.
KJV, Speak unto the children of Israel, saying, The fifteenth day of this seventh month shall be the feast of tabernacles for seven days unto the LORD.
Hebrew,
דַּבֵּר אֶל־בְּנֵי יִשְׂרָאֵל לֵאמֹר בַּחֲמִשָּׁה עָשָׂר יֹום לַחֹדֶשׁ הַשְּׁבִיעִי הַזֶּה חַג הַסֻּכֹּות שִׁבְעַת יָמִים לַיהֹוָה׃
Translit, DABER 'EL-BENEI YISRA'EL LE'MOR BAKHAMISYAH 'ASAR YOM LAKHODESY HASYEVI'I HAZEH KHAG HASUKOT SYIV'AT YAMIM LAYEHOVAH


Hari Raya ini dilangsungkan dalam musim gugur, pada waktu panen atau panen anggur, dan yang bertujuan bersyukur kepada Allah dengan mempersembahkan kepada-Nya sebuah keranjang penuh buah-buahan. Selanjutnya hari itu diberi nama Hari Raya Pondok Daun untuk mengenang pondok-pondok dari dedaunan yang menjadi tempat tinggal par pekerja selama pekerjaan panenan, serta pondok-pondok yang didirikan di Yerusalem selama tujuh hari pesta, lalu ditutup dengan hari ke delapan sebagai hari tambahan.


Pembuatan wine menurut kamus Interpreters Dictionary of the Bible. Buah-buah anggur yang dipanen, kemudian diperas (Reff. Mazmur 8, 81 dan 84; bandingkan Nehemia 13:15; Ayub 24:11; Yesaya 16:10). Tempat pemerasan atau pengirikan anggur ini mempunyai dua bahgian – tangki atas dan tangki bawah yang dihubungkan oleh satu saluran. Yang atas adalah dua kali lebih besar dan lebih tinggi dari yang bawah. Anggur-anggur diperas di tangki atas dan dikumpulkan dalam tangki bawah.

Pada zaman Romawi, tiga atau empat tangki dihubungkan oleh saluran-saluran. Peringkat pertama fermentasi bermula kira-kira enam hingga dua belas jam setelah pemerasan bermula di tangki bawah. Kemudian wain itu dimasukkan ke dalam tempayan-tempayan (Reff. Yeremia 13:12; 48:11) atau kantong-kantong kulit untuk fermentasi seterusnya dan penyimpanan. Itulah sebabnya kenapa Yesus Kristus mengatakan untuk tidak memasukkan wine-baru ke dalam kantong-kulit yang lama (Matius 9:17; Markus 2:22; Lukas 5:37-39).
Masalahnya adalah wine baru yang masih dalam proses fermentasi akan mengembang. Kantong kulit tersebut, apabila basah, mengembang bersama cairan wine yang mengembang itu. Kantong kulit wine yang lama telahpun melalui proses pengembangan itu dan tidak elastis lagi, karena dia sudah mengalami proses pengembangan. Oleh karena itu, wine-baru yang akan mengembang dan mengoyakkan kantong kulit wine yang lama.

Ketika Yesus Kristus membicarakan hal ini, tentulah Ia tidak berbicara tentang jus anggur atau sirup rasa anggur yang tidak berfermentasi/ beralkohol. Dia Yesus Kristus pasti merujuk kepada wine yang sedang berfermentasi dan yang sedang mengembang. Bandingkan dengan ayat dibawah ini :

* Ayub 32:18-19
32:18 Karena aku tumpat dengan kata-kata, semangat yang ada dalam diriku mendesak aku.
32:19 Sesungguhnya, batinku seperti anggur yang tidak mendapat jalan hawa, seperti kirbat baru yang akan meletup.


-----

Lebih dari satu kali Yesus Kristus memakai wine untuk melukiskan ajaranNya. Salah-satunya dalam Matius 9:17 dan Markus 2:22 menunjuk pada praktek menempatkan wine baru kedalam kantong kulit baru, dan menekankan ketidakmungkinan untuk melakukan yang lain :

* Matius 9:14-17
9:14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"
9:15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.


9:16 LAI TB, Tidak seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya.
KJV, No man putteth a piece of new cloth unto an old garment, for that which is put in to fill it up taketh from the garment, and the rent is made worse.
TR, ουδεις δε επιβαλλει επιβλημα ρακους αγναφου επι ιματιω παλαιω αιρει γαρ το πληρωμα αυτου απο του ιματιου και χειρον σχισμα γινεται Translit, oudeis de epiballei epiblêma rakous agnaphou epi imatiô palaiô airei gar to plêrôma autou apo tou imatiou kai kheiron skhisma ginetai

9:17 LAI TB, Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."
KJV, Neither do men put new wine into old bottles: else the bottles break, and the wine runneth out, and the bottles perish: but they put new wine into new bottles, and both are preserved.
TR, ουδε βαλλουσιν οινον νεον εις ασκους παλαιους ει δε μηγε ρηγνυνται οι ασκοι και ο οινος εκχειται και οι ασκοι απολουνται αλλα βαλλουσιν οινον νεον εις ασκους καινους και αμφοτερα συντηρουνται Translit Interlinear, oude {juga tidak} ballousin {mereka menaruh} oinon {wine} neon {baru} eis {kedalam} askous {kantong-kantong kulit} palaious {yang tua} ei de mêge {karena jika tidak demikian} rêgnuntai {dikoyakkan} hoi askoi {kantong-kantong kulit} kai {dan} ho {itu} oinos {wine} ekkheitai {tertumpah} kai {dan} hoi {itu} askoi {kantong-kantong kulit} apolountai {dihancurkan} alla {tetapi} ballousin {mereka menaruh} oinon {wine} neon {baru} eis {kedalam} askous {kantong-kantong kulit} kainous {baru} kai {dan} amphotera {kedua-duanya} suntêrountai {terpelihara}

ayat 16-17, Yesus Kristus menerangkan 2 perumpamaan yang menggambarkan pola hidup farisisme, yang banyak melakukan ibadah agamawi itu, yang tidak dapat digabungkan dengan pola hidup Kekristenan. Sepotong kain yang belum susut tidak boleh dijahit (ditambalkan) pada baju yang tua; apabila baju itu dicuci, maka kain baru itu akan menyusut/mengkerut (artinya akan menjadi lebih kecil), sehingga akan merobek/merusak baju itu.

Dan wine yang baru yang masih memuai (fermentif, beragi), tidak boleh diisikan kedalam kantong kulit yang tua, yang sudah menjadi keras dan tidak bisa lagi mengembang. Maka kantong-kantong tua itu jika diisi wine-baru akan menjadi robek yang disebabkan "kekuatan" wine yang masih sedang memuai itu.

Maksud Tuhan Yesus disini adalah jelas, bahwa pola hidup Kristianitas tidak dapat "dikurung" dalam peraturan-peraturan Yahudi. Dan Kekristenan haruslah dibentuk dalam suatu pola hidup yang baru. Sayang, kelompok Farisi itu tidak mau membuat perubahan-perubahan yang memang harus terjadi karenanya, sebalinya mereka dengan keras berpegang pada sistem yang padanya nafkah mereka bergantung (Lukas 5:39).

Pengajaran Yesus Kristus ini dapat juga dikenakan pada usaha-usaha dalam menggabungkan kehidupan Kekristenan dengan beberapa adat tua/ adat-adat leluhur. Dan Kekristenan tidak boleh digabung-gabung/ disinkretisasikan dengan macam-macam hal-hal yang berbau adat-istiadat.

Dengan demikian jelas bahwa wine baru itu menunjuk kepada bekerjanya ajaran baru Yesus Kristus yang hidup berkuasa, maka kantong kulit yang pecah dapat menunjuk baik pada bentuk-bentuk konvensional tertentu atau keseluruhan sistem Yudaisme/adat-istiadat manapun pada hati manusia, yang kesemuanya itu membutuhkan penataan kembali sesuai tantangan zaman baru yang telah datang.

Justru karena sifatnya yang memuai akibat fermentasi itulah, perumpamaan Wine ini digunakan, ini juga merujuk kepada pekerjaan Roh Kudus digunakan.
Proses fermentasi adalah gambaran apa yang sedang berlaku pada umat/ orang-orang percaya. Kita adalah hasil buah pohon anggur yaitu Tuhan Yesus Kristus (sebagai pokok anggur yang benar).


3. Pantang Minum Wine Dalam Tugas-tugas Tertentu :

Wine dan minuman keras dapat ditolak bila perlu, seperti umpamanya manakala seseorang mengambil bagian dalam pelayanan Imamat (Imamat 10:9), atau dalam hal orang Nazir selama masa Nazarnya (Bilangan 6:3).


a. Larangan-larangan meminum wine dalam masa tugas keimamatan :

* Imamat 10:9
"Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun.

* Yehezkiel 44:21
Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.

* Bilangan 6:3
maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering.


Yesaya mengutuk para gembala yang suka mendapatkan wine dan mengisi perut mereka dengan minuman keras, melupakan tugasnya sebagai gembala :

* Yesaya 56:11-12
56:11 anjing-anjing pelahap, yang tidak tahu kenyang. Dan orang-orang itulah gembala-gembala, yang tidak dapat mengerti! Mereka semua mengambil jalannya sendiri, masing-masing mengejar laba, tiada yang terkecuali.
56:12 "Datanglah," kata mereka, "aku akan mengambil anggur, baiklah kita minum arak banyak-banyak; besok akan sama seperti hari ini, dan lebih hebat lagi!"

* Yesaya 28:7
Tetapi orang-orang di sini pun pening karena anggur dan pusing karena arak. Baik imam maupun nabi pening karena arak, kacau oleh anggur; mereka pusing oleh arak, pening pada waktu melihat penglihatan, goyang pada waktu memberi keputusan.



b. Larangan minum wine bagi para Nazir pada masa Nazarnya :

Seorang Nazir, salah satu contohnya adalah Yohanes Pembabtis, ia tidak meminum wine karena ia adalah seorang nazir ; Ref : MITSVOT TENTANG NAZIR (orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada Tuhan), Mitsvot 588- 597

Seorang Nazir bisa mengakhiri masa kenazirannya; setelah nazarnya itu disempurnakan, orang nazir itu akan meminum YAYIN. Mesias bukan bukannya seorang nazir dan umat pilihan diberikan aturan keimamatan yang lebih tinggi. Namun, bagaimanapun, orang nazir itu akan meminum/boleh saja meminum YAYIN pada akhir nazarnya itu.


c. Dalam Kitab Amsal ada satu nasehat bahwa seorang raja yang memegang tanggung-jawab dalam pemerintahan untuk tidak minum wine :

* Amsal 31:4-7
31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
31:5 jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.


Perintah ini adalah ditujukan untuk mereka yang memegang kuasa pengadilan di bawah hukum agar tidak melupakan tanggung-jawab pengadilan yang disebabkan oleh minuman keras.


d. Orang-orang lain yang berpantang minum wine :

Selain para Nazir, ada juga yang mematangkan wine seperti yang dilakukan oleh orang-orang Rekhab adalah kasus yang berbeda, sebab pematangan mereka adalah terkait dengan upaya terus hidup mengembara dengan tinggal di tenda-tenda. Penolakan mereka terhadap wine bukan karena bahaya penyalahgunaannya, melainkan karena wine dan minuman keras menuntut penyediaan lahan kebun anggur, menanam benih, dan pembuatan rumah tinggal yang menetap :

* Yeremia 35:5-10
35:5 Di depan anggota-anggota kaum orang Rekhab itu aku meletakkan piala-piala penuh anggur dan cawan-cawan, lalu aku berkata kepada mereka: "Silakan minum anggur!"
35:6 Tetapi mereka menjawab: "Kami tidak minum anggur, sebab Yonadab bin Rekhab, bapa leluhur kami, telah memberi perintah kepada kami, katanya: Janganlah kamu atau anak-anakmu pun minum anggur sampai selama-lamanya;
35:7 janganlah kamu mendirikan rumah, janganlah kamu menabur benih; janganlah kamu membuat atau mempunyai kebun anggur, melainkan haruslah kamu diam di kemah-kemah selama hidupmu, supaya lama kamu hidup di tanah, di mana kamu tinggal sebagai orang asing!
35:8 Kami mentaati suara Yonadab bin Rekhab, bapa leluhur kami dalam segala apa yang diperintahkannya kepada kami, agar kami tidak minum anggur selama hidup kami, yakni kami sendiri, isteri kami, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan kami;
35:9 agar kami tidak mendirikan rumah-rumah untuk kami diami, tidak mempunyai kebun anggur atau ladang serta benih,
35:10 melainkan kami diam di kemah-kemah dan taat melakukan tepat seperti yang diperintahkan kepada kami oleh Yonadab, bapa leluhur kami.



3. Larangan Penyalahgunaan Wine :


Wine itu mirip dengan Uang, Wine bisa berguna bisa pula memabukkan. Demikian juga dengan uang, Uang bisa berguna bagi kemanusiaan, untuk berderma, untuk persembahan bagi pelayanan gerejawi, uang juga bisa menjadi semacam pil "ekstasi" yang memabukkan. Ada cukup bukti bahaya-bahaya penyalahgunaan minuman keras. Peringatan-peringatan dalam Kitab Amsal sangat jelas, dan dalam zaman Yesaya bahkan imam-imampun terjerat. Wine tidak dikutuk sebagai tanpa faedah, namun wine bagi orang-orang berdosa mendatangkan bahaya-bahaya tak terkendalikan.

Anggur mempunyai kebaikan dan juga keburukan. Menyalah-gunakan anggur amat ditentang keras dalam Alkitab. Kesederhanaan adalah kunci kepada sikap Alkitab terhadap wine. Kitab Amsal menuliskan nasehat-nasehat dan melarang penggunaan wine yang berlebih-lebihan:

* Amsal 20:1 LAI TB, Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.
KJV, Wine is a mocker, strong drink is raging: and whosoever is deceived thereby is not wise.
Hebrew,
לֵץ הַיַּין הֹמֶה שֵׁכָר וְכָל־שֹׁגֶה בֹּו לֹא יֶחְכָּם׃
Translit, LETS HAYA'IN HOME SYEKHAR VEKHAL-SYOGE BO LO YEKHKAM

Bandingkan dengan :

* Amsal 23:20-21
23:20 Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.
23:21 Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin, dan kantuk membuat orang berpakaian compang-camping.

* Amsal 23:31-35
23:31 Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,
23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.
23:35 Engkau akan berkata: "Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi."



1. Wine mempunyai 2 sifat, yaitu kegunaan dan bahayanya, ada manfaat dan kutuk yang diakibatkannya. Dalam Alkitab "wine" dipakai secara kiasan dalam arti baik maupun jelek :

A. Dalam arti yang baik :

Wine atau minuman yang mengandung alkohol bisa berguna bagi kesehatan pada kadar tertentu (tidak berlebih), apabila Anda minum obat batuk, itupun mengandung alkohol, atau dengan pertimbangan cuaca dingin atau alasan kesehatan. Paulus mendorong Timotius untuk meminum wine sedikit, karena wine mengandung daya medis :

* 1 Timotius 5:23 LAI TB, Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
KJV, Drink no longer water, but use a little wine for thy stomach's sake and thine often infirmities.
TR, μηκετι υδροποτει αλλ οινω ολιγω χρω δια τον στομαχον σου και τας πυκνας σου ασθενειας Translit, mêketi udropotei all oinô oligô khrô dia ton stomakhon sou kai tas puknas sou astheneias

Bandingkan penggunaannya dalam bentuk yang berbeda dalam cerita orang Samaria yang murah hati.

* Lukas 10:30-37
10:30 Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.
10:31 Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.
10:32 Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.
10:33 Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.


10:34 LAI TB, Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
KJV, And went to him, and bound up his wounds, pouring in oil and wine, and set him on his own beast, and brought him to an inn, and took care of him.
TR, και προσελθων κατεδησεν τα τραυματα αυτου επιχεων ελαιον και οινον επιβιβασας δε αυτον επι το ιδιον κτηνος ηγαγεν αυτον εις πανδοχειον και επεμεληθη αυτου Translit, kai proselthôn katedêsen ta traumata autou epikheôn elaion kai oinon epibibasas de auton epi to idion ktênos êgagen auton eis pandocheion kai epemelêthê autou

10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.
10:36 Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?"
10:37 Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"


Dalam Amsal 31:6-7 menjelaskan salah satu aspek positif minuman keras jika digunakan dengan betul. Ia dapat melegakan penderitaan badan serta tekanan mental. Dalam ayat ini tidak disarankan untuk menggunakan minuman keras untuk suka-suka maupun tanpa tujuan tertentu. Walau bagaimanapun, dalam Alkitab, keburukan penyalahgunaan minuman keras adalah melebihi daripada kebaikannya.

* Amsal 31:6-7
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.



Wine dapat menyukakan hati manusia :

* Mazmur 104:15LAI TB, dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.
KJV, And wine that maketh glad the heart of man, and oil to make his face to shine, and bread which strengtheneth man's heart.
Hebrew,
וְיַיִן ׀ יְשַׂמַּח לְבַב־אֱנֹושׁ לְהַצְהִיל פָּנִים מִשָּׁמֶן וְלֶחֶם לְבַב־אֱנֹושׁ יִסְעָד׃
Translit, VEYAYIN YESAMAKH LEVAV-'ENO'OSY LEHATSYIL PANIM MISYAMEN VELEKHEM LEVAV-'ENO'OSY YISAD

Juga dalam keterangan yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai Wine sebagai lambang berkat.

B. Arti yang jelek :

Terdapat beberapa kali dalam kitab Wahyu, untuk melukiskan penduduk bumi sebagai yang telah 'dimabukkan' oleh persundalan Babel (Wahyu 17:2), Sedangkan bumi sendiri mabuk dengan darah mereka (Wahyu 17:6).

* Wahyu 17:2-6
17:2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."
17:6 Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.


Jika disalahgunakan (penggunaannya yang tidak bijaksana/ menjadi mabuk) bisa menyebabkan pikiran yang keliru :

* Yesaya 28:7LAI TB, Tetapi orang-orang di sini pun pening karena anggur dan pusing karena arak. Baik imam maupun nabi pening karena arak, kacau oleh anggur; mereka pusing oleh arak, pening pada waktu melihat penglihatan, goyang pada waktu memberi keputusan.
KJV, But they also have erred through wine, and through strong drink are out of the way; the priest and the prophet have erred through strong drink, they are swallowed up of wine, they are out of the way through strong drink; they err in vision, they stumble in judgment.
Hebrew,
וְגַם־אֵלֶּה בַּיַּיִן שָׁגוּ וּבַשֵּׁכָר תָּעוּ כֹּהֵן וְנָבִיא שָׁגוּ בַשֵּׁכָר נִבְלְעוּ מִן־הַיַּיִן תָּעוּ מִן־הַשֵּׁכָר שָׁגוּ בָּרֹאֶה פָּקוּ פְּלִילִיָּה׃
Translit, VEGAM-'ELEH BAYAYIN SYAGU UVASYEKHAR TA'U KOHEN VENAVI SHAGU VASYEKHAR NIVLE'U MIN-HAYAYIN TA'U MIN-HASYEKHAR SYAGU BARO'E PAKU PELILIYA

Rasul Paulus mendorong pembacanya untuk memenuhi panggilan Roh (Efesus 5:18 ) berlawanan dengan mereka yang telah mabuk wine :

* Efesus 5:18
Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,


Hal-hal yang berkenaan dengan wine ini, dengan menimbang ayat-ayat yang ditampilkan disini sebelumnya -- minum wine diperbolehkan -- tapi mabuk tidak diperbolehkan. Maka perlu disini pengendalian diri dari masing-masing kita dalam memperlakukan hal-hal yang bisa memabukkan. Dibawah ini contoh-contoh ayat lainnya :

* Amsal 23:20
Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.

* Amsal 23:31-35
23:31 Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,
23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.
23:35 Engkau akan berkata: "Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi."

* Yesaya 5:11-13
5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
5:12 Kecapi dan gambus, rebana dan suling, serta anggur terdapat dalam perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya dan pekerjaan TUHAN tidak dilihatnya.
5:13 Sebab itu umat-Ku harus pergi ke dalam pembuangan, oleh sebab mereka tidak mengerti apa-apa; orang-orang yang mulia akan mati kelaparan, dan khalayak ramai akan menderita kehausan.

* Lukas 21:34
Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

* Roma 13:13
Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati."

* 1 Korintus 5:11
Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama.

* 1 Korintus 6:10
pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.


Kiranya menjadi jelas, yang dipermasalahkan bukan jenis minuman ber-alkohol tetapi masalah "mabuk". Seseorang yang membiarkan dirinya mabuk menunjukkan ia tidak dapat menguasai dirinya.

Dalam surat-surat penggembalaannya, Paulus menuliskan bahaya-bahaya dari pemakaian wine yang secara berlebihan; para pejabat yang dengan cara apapaun mengemban tigas pimpinan dalam Jemaat Kristen, baik laki-laki maupun perempuan, secara khusus diperingatkan mengenai kesalahan itu, yang tidak akan cocok dengan tugas mereka (1 Timotius 3:8; Titus 2:3). Kesalahan itu teristimewa tidak patut dalam gereja, sebab benar bahwa mabuk adalah pertanda umum sikap tidak peduli terhadap hal-hal yang rohani, dan pertanda sikap tak acuh terhadap kedatangan Kristus yang kedua kali (Roma 13:3), dan hal itu harus lebih disesalkan khususnya di meja Tuhan, sebab menyatakan bukan saja roh yang sama sekali tidak peduli kepada Allah, tetapi roh yang sangat sembrono terhadap persekutuan Kristen (1 Korintus 11:21).


Kemabukan itu membahayakan :

Wine bertujuan untuk menjadikan seseorang itu riang gembira tanpa menjadikannya mabuk, sebab kemabukan akan membahayakan bagi dirinya sendiri. Silahkan kaji ayat ini, Amnon mengalami bahaya akibat kemabukannya :

* 2 Samuel 13:28
Lalu Absalom memerintahkan orang-orangnya, demikian: "Perhatikan! Apabila hati Amnon menjadi gembira karena anggur, dan aku berkata kepadamu: Paranglah Amnon, maka haruslah kamu membunuh dia. Jangan takut. Bukankah aku yang memerintahkannya



4. penguasaan Diri :

Wine sering menjadi pro-kontra sebagai minuman yang haram atau tidak haram. Namun, pada banyak bagian dalam Alkitab menyatakan bahwa wine tidak bermakna jahat, namun mabuk oleh wine itulah yang dilarang. Karena kemabukan adalah tanda bahwa seseorang itu tidak bisa mengendalikan diri/ menguasai diri. Penguasaan diri adalah salah satu ciri BUAH ROH :

* Galatia 5:22-25
5:22 LAI TB, Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
KJV, But the fruit of the Spirit is love, joy, peace, longsuffering, gentleness, goodness, faith,
TR, hο δε καρπος του πνευματος εστιν αγαπη χαρα ειρηνη μακροθυμια χρηστοτης αγαθωσυνη πιστις
Translit Interlinear, ho de {tetapi} karpos {buah} tou pneumatos {Roh} estin {adalah} agapê {kasih} khara {sukacita} eirênê {damai-sejahtera} makrothumia {kesabaran} khrêstotês {kemurahan hati} agathôsunê {kebaikan hati} pistis {kesetiaan}

5:23 LAI TB, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
KJV, Meekness, temperance: against such there is no law.
TR, πραοτης εγκρατεια κατα των τοιουτων ουκ εστιν νομος
Translit Interlinear, praotês {kelemah-lembutan} egkrateia {penguasaan diri} kata {nenentang} tôn {hal-hal} toioutôn {demikian} ouk {tidak} estin {ada} nomos {hukum}

5:24 LAI TB, Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
KJV, And they that are Christ's have crucified the flesh with the affections and lusts.
TR, οι δε του χριστου την σαρκα εσταυρωσαν συν τοις παθημασιν και ταις επιθυμιαις
Translit Interlinear, hoi {orang-orang yang} de {adapun} tou christou {dari Kristus} tên sarka {tubuh/daging} estaurôsan {telah menyalibkan} sun {bersama dengan} tois pathêmasin {hawa-nafsu2} kai {dan} tais epithumiais {nafsu2 jahatnya}

5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
KJV, If we live in the Spirit, let us also walk in the Spirit.
TR, ει ζωμεν πνευματι πνευματι και στοιχωμεν
Interlinear, ei {jika} zômen {kita hidup} pneumati {dalam Roh} pneumati {Roh} kai {juga} stoikhômen {mengikuti}

Penguasaan-diri, Yunani, εγκρατεια - egkrateia (baca: 'engkratia') secara konseptual bermakna mampu memiliki kuasa atau otoritas untuk mengarahkan, memerintah atau melarang diri sendiri terutama terhadap nafsu, keinginan besar, kegemaran, amarah, hasrat, emosi, kecanduan, egoisme dll.

Dalam bahasa Yunani sehari-hari kata εγκρατεια - egkrateia ini dipakai untuk mengungkapkan kebajikan raja yang tidak pernah membiarkan kepentingan pribadinya mempengaruhi jalannya pemerintahan. Kebajikan ini membuatnya dapat mengendalikan diri sehingga pantas untuk menjadi pelayan bagi sesamanya. Kadang pengendalian diri tampak tidak menyenangkan dan perlu dilakukan dengan terpaksa karena menghindarkan kita dari hal-hal yang enak, nyaman dan menyenangkan. Namun sesungguhnya pengendalian diri adalah kebajikan yang memampukan kita untuk mengatasi banyak tantangan, mengalahkan kebiasaan buruk, untuk memaksimalkan keefektifan kita sebagai anak-anak Allah yang gemar melayani pekerjaanNya. Selanjutnya mari kita baca 2 macam nasehat dibawah ini :

* Amsal 16:32
Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.


* Amsal 25:28
Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.


Ada banyak hal yang membuat manusia tidak bisa menguasai dirinya, salah satu contoh yang sering kita temui adalah, ketidak-mampuan menguasai diri terhadap hal-hal seksual seperti contoh dibawah ini :

* Kisah 24:25LAI TB, Tetapi ketika Paulus berbicara tentang kebenaran, penguasaan diri dan penghakiman yang akan datang, Feliks menjadi takut dan berkata: "Cukuplah dahulu dan pergilah sekarang; apabila ada kesempatan baik, aku akan menyuruh memanggil engkau."
KJV, And as he reasoned of righteousness, temperance, and judgment to come, Felix trembled, and answered, Go thy way for this time; when I have a convenient season, I will call for thee.
TR, διαλεγομενου δε αυτου περι δικαιοσυνης και εγκρατειας και του κριματος του μελλοντος εσεσθαι εμφοβος γενομενος ο φηλιξ απεκριθη το νυν εχον πορευου καιρον δε μεταλαβων μετακαλεσομαι σε
Translit Interlinear, dialegomenou {ketika berbicara} de {tetapi} autou {dia} peri {tentang} dikaiosunês {keadilan} kai {dan} egkrateias {penguasaan diri} kai {dan} tou krimatos {penghakiman} tou {yang} mellontos {akan datang} esesthai emphobos {menjadi takut} genomenos {karena menjadi} ho phêlix {Feliks} apekrithê {menjawab} to nun {sekarang ini} ekhon poreuou {pergilah} kairon {waktu} de {tetapi} metalabôn {ada} metakalesomai {aku akan memanggil kemari} se {engkau}

Pada saat Paulus membicarakan "penguasaan diri", Feliks didampingi oleh seorang pezina, maka hubungannya dengan hidup-ketidaksopanan serta-merta kentara, dan ayat ini berhubungan dengan :

* 1 Korintus 7:9LAI TB, Tetapi kalau mereka tidak dapat menguasai diri, baiklah mereka kawin. Sebab lebih baik kawin dari pada hangus karena hawa nafsu.
KJV, But if they cannot contain, let them marry: for it is better to marry than to burn.
TR, ει δε ουκ εγκρατευονται γαμησατωσαν κρεισσον γαρ εστιν γαμησαι η πυρουσθαι
Translit Interlinear, ei {jika} de {tetapi} ouk {mereka tidak} egkrateuontai {menguasai diri} gamêsatôsan {hendaklah mereka menikah} kreisson {lebih baik} gar {sebab} estin {itu adalah} gamêsai {menikah} hê purousthai {terbakar (dengan hawa-nafsu)}

Hal lain yang manusia juga seringkai sulit menguasai diri adalah dalam hal uang. Tuhan Yesus Kristus juga pernah menyinggung "hal mamon". Uang dan harta juga seringkali membuat seseorang tidak dapat menguasai diri (baca Lukas 16:10-11).
Kita dapat menjadi tuan atas diri kita sendiri. Kita semua adalah milik Tuhan dan Dia telah menunjuk kita untuk menjadi penjaga bagi diri kita sendiri, kehidupan, talenta, keinginan, dan tindakan kita. Allah menghendaki kita agar mampu mengatur diri sendiri secara bijaksana. Inilah yang dimaksud dengan pengendalian diri. Pengertian penguasaan-diri, dan disiplin yang tidak hanya sekadar mengikuti keinginan hati, digunakan Paulus ketika memberi gambaran tentang atlit yang mendisiplinkan tubuhnya :

* 1 Korintus 9:25-27
9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.



Rohlah yang menguasai segala keinginan dan kegemaran akan kesenangan :

* Efesus 5:18 LAI TB, Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
KJV, And be not drunk with wine, wherein is excess; but be filled with the Spirit;
TR, και μη μεθυσκεσθε οινω εν ω εστιν ασωτια αλλα πληρουσθε εν πνευματι
Translit Interlinear, kai {dan} mê {janganlah} methuskesthe {kamu bermabuk-mabukan} oinô {dengan anggur} en hô {didalamnya} estin {ada} hasôtia {kecerobohan} alla {sebaliknya} plêrousthe {penuhilah} en {oleh} pneumati {Roh}


Seorang yang mampu menguasai dirinya akan memperoleh upahnya :

* 1 Korintus 9:25 LAI TB, Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
KJV, And every man that striveth for the mastery is temperate in all things. Now they do it to obtain a corruptible crown; but we an incorruptible.
TR, πας δε ο αγωνιζομενος παντα εγκρατευεται εκεινοι μεν ουν ινα φθαρτον στεφανον λαβωσιν ημεις δε αφθαρτον
Translit Interlinear, pas {tiap-tiap} de {lalu} ho {orang yang} agônizomenos {bertanding} panta {(dalam) segala hal} egkrateuetai {menguasai diri} ekeinoi {(orang2) itu (berjuang)} men oun {kini memang} hina {supaya} phtharton {yang fana} stephanon {mahkota} labôsin {mereka mendapat} hêmeis {kita (mendapat)} de {tetapi} aphtharton {yang tidak fana}


Dalam banyak bagian di Alkitab menulis bahwa wine adalah tanda-berkat. Maka pengendalian diri terhadap berkat itulah yang terpenting, sebagaimana uang bisa menjadi berkat bagi kita dan pelayanan kepada Tuhan, namun uang sering juga bisa memabukkan.


5. Penutup :

Tidak ada larangan untuk menikmati secara sederhana atau seimbang mengenai wine ini. Namun Nasehat Alkitab jelas, bahwa Alkitab terus-menerus memberikan nasehat baik dan buruknya tentang wine ini. Wine dan minuman keras berguna bagi perjamuan-perjamuan atau perayaan di hadapan Tuhan pada hari-hari raya tertentu, juga kegunaannya untuk kesehatan pada kadar tertentu. Alkitab dengan jelas menyatakan kegunaan Wine maupun keburukannya karena sifatnya yang bisa memabukkan.

Ada faedah dari Wine, namun ada juga akibat yang buruk dari konsumsi Wine yang berlebihan. Apakah 2 hal ini bertentangan? Tidak!.
Ada banyak hal-hal lain yang bisa disalah-gunakan selain Wine ini, salah satu contohnya adalah uang, Yesus Kristus mengetahui kuasa kejahatan yang ada di dalam mamon (uang) tetapi para pelayan Tuhan dapat memanfaatkannya untuk pekerjaan Tuhan seperti yang dijelaskan dalam Artikel di perumpamaan-bendahara-yang-tidak-jujur-vt466.html .

Jadi yang menjadi pokok masalah itu bukan masalah minuman alkohol-tidak beralkohol, atau uang yang bisa membuat manusia lupa diri. Bukan masalah boleh atau tidak boleh. Tetapi yang paling penting adalah bagaimanakah murid-murid Kristus mampu mengendalikan diri terhadap hal-hal yang bisa memabukkan. Baik itu berupa minuman Wine, ataupun hal-hal lain misalnya Seks, Uang/ Kekayaan, Kekuasaan, Kehormatan, Kepandaian, dan lain-lain.



Blessings,
BP

SUMBER => http://www.sarapanpagi.org/115-aneh-ada-ibadah-wajib-minum-alkohol-vt3629.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar