Pertanyaan si penuduh diatas mungkin bisa dibandingkan dengan keadaan2
yang tertulis di kitab sucinya sendiri, yaitu di Qs 5:90; Qs 2:219 yang
dikontraskan dengan Qs 83:22-28, Qs 47:15. Dan teman muslim pasti juga
akan ber-apology menjelaskan ayat2 yang tertulis tentang larangan
meminum khamar ketika masih hidup di dunia ini dan disediakannya khamar
yang mengalir di Surga nanti.
Demikian pula kami, di bawah ini kami akan menjelaskan "kesalah-pahaman" dari artikel yang ditulis di atas, sbb:
1. Bolehkah Minum Anggur (Wine)? :
Yesus Kristus minum wine :
Yesus
Kristus dicatat dalam Injil akan kesediaan-Nya untuk makan dan minum
bersama pemungut cukai dan orang-orang berdosa, yang menimbulkan dakwaan
:
* Matius 9:9-13 Matius pemungut cukai mengikut Yesus
9:9
Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius
duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka
berdirilah Matius lalu mengikut Dia.
9:10 Kemudian ketika Yesus makan
di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan
makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.
9:11 Pada waktu
orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid
Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan
orang berdosa?"
9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.
9:13
Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah
belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk
memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
* Matius 11:19 LAI TB, Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."
KJV, The Son of man came eating and drinking, and they say, Behold a man gluttonous, and a winebibber, a friend of publicans and sinners. But wisdom is justified of her children.
TR, ηλθεν
ο υιος του ανθρωπου εσθιων και πινων και λεγουσιν ιδου ανθρωπος φαγος
και οινοποτης τελωνων φιλος και αμαρτωλων και εδικαιωθη η σοφια απο των
τεκνων αυτης Translit Interlinear, êlthen
{datang} ho huios {anak} tou anthrôpou {manusia} esthiôn {makan} kai
{dan} pinôn {minum} kai {lalu} legousin {mereka berkata} idou {disini
ada} anthrôpos {seorang} phagos {pelahap} kai {dan} oinopotês {peminum wine}
telônôn {penagih-penagih pajak/cukai} philos {sahabat} kai {dan}
hamartôlôn {(orang-orang) yang berdosa} kai {tetapi} edikaiôthê
{dibenarkan} hê sophia {hikmat} apo {oleh} tôn teknôn {anak-anak} autês
{nya}
Catatan :
οινοποτης - OINOPOTÊS, peminum wine, a winebibber. dari kata οινος – OINOS, wine, dan πινω - PINÔ, minum.
Jika Anda mengkaji ayat diatas, maka οινος – OINOS yang dimaksud tentu saja wine yang beralkohol, jika tidak, untuk apa orang-orang Farisi mencemoohnya. Diatas, telah dijelaskan tentang makna μεθυω - METHUÔ (mabuk), bahwa wine yang diubahkan Yesus Kristus di Kana bisa menyebabkan μεθυω - METHUÔ (mabuk).
Ada yang berpendapat bahwa Yesus itu tidak minum wine, berdasarkan ayat ini :
* Markus 15:23 LAI TB, Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Ia menolaknya.
KJV, And they gave him to drink wine mingled with myrrh: but he received it not.
TR, και εδιδουν αυτω πιειν εσμυρνισμενον οινον ο δε ουκ ελαβεν Translit, kai edidoun autô piein esmurnismenon oinon ho de ouk elaben
Catatan :
Kata, εσμυρνισμενον οινον - esmurnismenon oinon, wine bercampur mur, verb dalam bentuk perfect passive participle - accusative singular masculine, dari kata σμυρνιζω - SMURNIZÔ.
Penolakan Yesus meminum wine yang diberikan pada saat Ia disalib adalah sesuai dengan kebiasaan Yahudi, namun hal tersebut tidak didasarkan penolakan wine sebagai sesuatu yang memabukkan, melainkan disebabkan oleh ketetapan hati untuk mati dengan pikiran yang murni jernih.
Namun kemudian Ia menerima οξος - OXOS, sour-wine (anggur-asam / cuka) yang merupakan minumam biasa bagi pekerja di ladang dan bagi tentara dari kelas rendah :
* Markus 15:36 LAI TB, Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam
lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta
berkata: "Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk
menurunkan Dia."
KJV, And one ran and filled a spunge full of vinegar, and put it on a reed, and gave him to drink, saying, Let alone; let us see whether Elias will come to take him down.
TR, δραμων δε εις και γεμισας σπογγον οξους περιθεις τε καλαμω εποτιζεν αυτον λεγων αφετε ιδωμεν ει ερχεται ηλιας καθελειν αυτον Translit, dramôn de eis kai gemisas spoggon oxous peritheis te kalamô epotizen auton legôn aphete idômen ei erkhetai êlias kathelein auton
Penjelasan jawaban "bolehkah minum wine?", nanti silahkan baca uraian di bawah, di tentang PENGUASAAN DIRI.
2. Yesus Berbicara Mengenai Wine:
Sebelum ke pokok permasalahannya, mari kita pahami lebih dalam mengenai wine/ יין - YAYIN atau οινος – OINOS yang dicatat dalam Alkitab :
Wine
adalah warisan dari kebudayaan kuno, sejak ditemukannya oleh Nabi Nuh
menyebar kepada umat manusia lainnya. Adalah suatu kebiasaan di Mesir
untuk menamakan produksi wine dengan nama-nama yang menggunakan asal
tempat dimana wine-wine itu diproduksi. Yesaya merujuk pada nama tempat
Sibma dimana ditempat tersebut terdapat perkebunan anggur yang tentunya
memproduksi wine :
* Yesaya 16:8
Sebab
kebun-kebun Hesybon dan pohon anggur Sibma telah merana; para penguasa
bangsa-bangsa telah memotong pohon-pohon anggurnya yang terbaik, yang
dahulu meluas sampai ke Yaezer dan merambat ke padang gurun;
ranting-rantingnya berserak sampai ke seberang laut.
Yehezkiel menyebutkan wine yang terkenal di daerah Syria, yaitu dari Helbon dan Uzal :
* Yehezkiel 27:18-19
27:18 Damsyik berdagang dengan engkau karena banyaknya hasil-hasilmu, karena segala macam barangmu yang banyak. Anggur dari Helbon, bulu domba dari Sakhar,
27:19 dan anggur ditukarkan mereka ganti barang-barangmu; besi yang sudah dikerjakan dari Uzal, kayu teja dan tebu ada di antara barang-barang daganganmu.
Musim memetik anggur jatuh pada bulan yang ketujuh ("TISY'REI"), dan disebutkan berkaitan dengan Perayaan Pondok Daun/ Hari Raya Tabernakel ("SUKOT") :
* Imamat 23:34LAI TB, Katakanlah
kepada orang Israel, begini: Pada hari yang kelima belas bulan yang
ketujuh itu ada hari raya Pondok Daun bagi TUHAN tujuh hari lamanya.
KJV, Speak
unto the children of Israel, saying, The fifteenth day of this seventh
month shall be the feast of tabernacles for seven days unto the LORD.
Hebrew,
דַּבֵּר
אֶל־בְּנֵי יִשְׂרָאֵל לֵאמֹר בַּחֲמִשָּׁה עָשָׂר יֹום לַחֹדֶשׁ
הַשְּׁבִיעִי הַזֶּה חַג הַסֻּכֹּות שִׁבְעַת יָמִים לַיהֹוָה׃ Translit, DABER 'EL-BENEI YISRA'EL LE'MOR BAKHAMISYAH 'ASAR YOM LAKHODESY HASYEVI'I HAZEH KHAG HASUKOT SYIV'AT YAMIM LAYEHOVAH
Hari
Raya ini dilangsungkan dalam musim gugur, pada waktu panen atau panen
anggur, dan yang bertujuan bersyukur kepada Allah dengan mempersembahkan
kepada-Nya sebuah keranjang penuh buah-buahan. Selanjutnya hari itu
diberi nama Hari Raya Pondok Daun untuk mengenang pondok-pondok dari
dedaunan yang menjadi tempat tinggal par pekerja selama pekerjaan
panenan, serta pondok-pondok yang didirikan di Yerusalem selama tujuh
hari pesta, lalu ditutup dengan hari ke delapan sebagai hari tambahan.
Pembuatan wine menurut kamus Interpreters Dictionary of the Bible.
Buah-buah anggur yang dipanen, kemudian diperas (Reff. Mazmur 8, 81 dan
84; bandingkan Nehemia 13:15; Ayub 24:11; Yesaya 16:10). Tempat
pemerasan atau pengirikan anggur ini mempunyai dua bahgian – tangki atas
dan tangki bawah yang dihubungkan oleh satu saluran. Yang atas adalah
dua kali lebih besar dan lebih tinggi dari yang bawah. Anggur-anggur
diperas di tangki atas dan dikumpulkan dalam tangki bawah.
Pada
zaman Romawi, tiga atau empat tangki dihubungkan oleh saluran-saluran.
Peringkat pertama fermentasi bermula kira-kira enam hingga dua belas jam
setelah pemerasan bermula di tangki bawah. Kemudian wain itu dimasukkan
ke dalam tempayan-tempayan (Reff. Yeremia 13:12; 48:11) atau
kantong-kantong kulit untuk fermentasi seterusnya dan penyimpanan.
Itulah sebabnya kenapa Yesus Kristus mengatakan untuk tidak memasukkan wine-baru ke dalam kantong-kulit yang lama (Matius 9:17; Markus 2:22; Lukas 5:37-39).
Masalahnya adalah wine baru yang masih dalam proses fermentasi akan mengembang. Kantong kulit tersebut, apabila basah, mengembang bersama cairan wine
yang mengembang itu. Kantong kulit wine yang lama telahpun melalui
proses pengembangan itu dan tidak elastis lagi, karena dia sudah
mengalami proses pengembangan. Oleh karena itu, wine-baru yang akan mengembang dan mengoyakkan kantong kulit wine yang lama.
Ketika
Yesus Kristus membicarakan hal ini, tentulah Ia tidak berbicara tentang
jus anggur atau sirup rasa anggur yang tidak berfermentasi/ beralkohol.
Dia Yesus Kristus pasti merujuk kepada wine yang sedang berfermentasi
dan yang sedang mengembang. Bandingkan dengan ayat dibawah ini :
* Ayub 32:18-19
32:18 Karena aku tumpat dengan kata-kata, semangat yang ada dalam diriku mendesak aku.
32:19 Sesungguhnya, batinku seperti anggur yang tidak mendapat jalan hawa, seperti kirbat baru yang akan meletup.
-----
Lebih
dari satu kali Yesus Kristus memakai wine untuk melukiskan ajaranNya.
Salah-satunya dalam Matius 9:17 dan Markus 2:22 menunjuk pada praktek
menempatkan wine baru kedalam kantong kulit baru, dan menekankan
ketidakmungkinan untuk melakukan yang lain :
* Matius 9:14-17
9:14
Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata:
"Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"
9:15
Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki
berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan
datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka
akan berpuasa.
9:16 LAI TB, Tidak
seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang
tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu
makin besarlah koyaknya.
KJV, No
man putteth a piece of new cloth unto an old garment, for that which is
put in to fill it up taketh from the garment, and the rent is made
worse.
TR, ουδεις δε επιβαλλει
επιβλημα ρακους αγναφου επι ιματιω παλαιω αιρει γαρ το πληρωμα αυτου απο
του ιματιου και χειρον σχισμα γινεται Translit,
oudeis de epiballei epiblêma rakous agnaphou epi imatiô palaiô airei
gar to plêrôma autou apo tou imatiou kai kheiron skhisma ginetai
9:17 LAI TB, Begitu
pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua,
karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang
dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang
dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah
kedua-duanya."
KJV, Neither do men
put new wine into old bottles: else the bottles break, and the wine
runneth out, and the bottles perish: but they put new wine into new
bottles, and both are preserved.
TR,
ουδε βαλλουσιν οινον νεον εις ασκους παλαιους ει δε μηγε ρηγνυνται οι
ασκοι και ο οινος εκχειται και οι ασκοι απολουνται αλλα βαλλουσιν οινον
νεον εις ασκους καινους και αμφοτερα συντηρουνται Translit Interlinear, oude {juga tidak} ballousin {mereka menaruh} oinon {wine} neon {baru}
eis {kedalam} askous {kantong-kantong kulit} palaious {yang tua} ei de
mêge {karena jika tidak demikian} rêgnuntai {dikoyakkan} hoi askoi
{kantong-kantong kulit} kai {dan} ho {itu} oinos {wine} ekkheitai
{tertumpah} kai {dan} hoi {itu} askoi {kantong-kantong kulit} apolountai
{dihancurkan} alla {tetapi} ballousin {mereka menaruh} oinon {wine} neon {baru} eis {kedalam} askous {kantong-kantong kulit} kainous {baru} kai {dan} amphotera {kedua-duanya} suntêrountai {terpelihara}
ayat 16-17,
Yesus Kristus menerangkan 2 perumpamaan yang menggambarkan pola hidup
farisisme, yang banyak melakukan ibadah agamawi itu, yang tidak dapat
digabungkan dengan pola hidup Kekristenan. Sepotong kain yang belum
susut tidak boleh dijahit (ditambalkan) pada baju yang tua; apabila baju
itu dicuci, maka kain baru itu akan menyusut/mengkerut (artinya akan
menjadi lebih kecil), sehingga akan merobek/merusak baju itu.
Dan wine yang baru
yang masih memuai (fermentif, beragi), tidak boleh diisikan kedalam
kantong kulit yang tua, yang sudah menjadi keras dan tidak bisa lagi
mengembang. Maka kantong-kantong tua itu jika diisi wine-baru akan menjadi robek yang disebabkan "kekuatan" wine yang masih sedang memuai itu.
Maksud
Tuhan Yesus disini adalah jelas, bahwa pola hidup Kristianitas tidak
dapat "dikurung" dalam peraturan-peraturan Yahudi. Dan Kekristenan
haruslah dibentuk dalam suatu pola hidup yang baru. Sayang, kelompok
Farisi itu tidak mau membuat perubahan-perubahan yang memang harus
terjadi karenanya, sebalinya mereka dengan keras berpegang pada sistem
yang padanya nafkah mereka bergantung (Lukas 5:39).
Pengajaran
Yesus Kristus ini dapat juga dikenakan pada usaha-usaha dalam
menggabungkan kehidupan Kekristenan dengan beberapa adat tua/ adat-adat
leluhur. Dan Kekristenan tidak boleh digabung-gabung/ disinkretisasikan
dengan macam-macam hal-hal yang berbau adat-istiadat.
Dengan demikian jelas bahwa wine baru
itu menunjuk kepada bekerjanya ajaran baru Yesus Kristus yang hidup
berkuasa, maka kantong kulit yang pecah dapat menunjuk baik pada
bentuk-bentuk konvensional tertentu atau keseluruhan sistem
Yudaisme/adat-istiadat manapun pada hati manusia, yang kesemuanya itu
membutuhkan penataan kembali sesuai tantangan zaman baru yang telah
datang.
Justru karena sifatnya yang memuai akibat fermentasi itulah, perumpamaan Wine ini digunakan, ini juga merujuk kepada pekerjaan Roh Kudus digunakan.
Proses
fermentasi adalah gambaran apa yang sedang berlaku pada umat/
orang-orang percaya. Kita adalah hasil buah pohon anggur yaitu Tuhan
Yesus Kristus (sebagai pokok anggur yang benar).
3. Pantang Minum Wine Dalam Tugas-tugas Tertentu :
Wine
dan minuman keras dapat ditolak bila perlu, seperti umpamanya manakala
seseorang mengambil bagian dalam pelayanan Imamat (Imamat 10:9), atau
dalam hal orang Nazir selama masa Nazarnya (Bilangan 6:3).
a. Larangan-larangan meminum wine dalam masa tugas keimamatan :
* Imamat 10:9
"Janganlah
engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila
kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah
suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun.
* Yehezkiel 44:21
Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam.
* Bilangan 6:3
maka
haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan,
jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan
meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan
memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering.
Yesaya
mengutuk para gembala yang suka mendapatkan wine dan mengisi perut
mereka dengan minuman keras, melupakan tugasnya sebagai gembala :
* Yesaya 56:11-12
56:11
anjing-anjing pelahap, yang tidak tahu kenyang. Dan orang-orang itulah
gembala-gembala, yang tidak dapat mengerti! Mereka semua mengambil
jalannya sendiri, masing-masing mengejar laba, tiada yang terkecuali.
56:12
"Datanglah," kata mereka, "aku akan mengambil anggur, baiklah kita
minum arak banyak-banyak; besok akan sama seperti hari ini, dan lebih
hebat lagi!"
* Yesaya 28:7
Tetapi
orang-orang di sini pun pening karena anggur dan pusing karena arak.
Baik imam maupun nabi pening karena arak, kacau oleh anggur; mereka
pusing oleh arak, pening pada waktu melihat penglihatan, goyang pada
waktu memberi keputusan.
b. Larangan minum wine bagi para Nazir pada masa Nazarnya :
Seorang Nazir, salah satu contohnya adalah Yohanes Pembabtis, ia tidak meminum wine karena ia adalah seorang nazir ; Ref : MITSVOT TENTANG NAZIR (orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada Tuhan), Mitsvot 588- 597
Seorang Nazir bisa mengakhiri masa kenazirannya; setelah nazarnya itu disempurnakan, orang nazir itu akan meminum YAYIN.
Mesias bukan bukannya seorang nazir dan umat pilihan diberikan aturan
keimamatan yang lebih tinggi. Namun, bagaimanapun, orang nazir itu akan
meminum/boleh saja meminum YAYIN pada akhir nazarnya itu.
c.
Dalam Kitab Amsal ada satu nasehat bahwa seorang raja yang memegang
tanggung-jawab dalam pemerintahan untuk tidak minum wine :
* Amsal 31:4-7
31:4
Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja
meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
31:5 jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.
Perintah
ini adalah ditujukan untuk mereka yang memegang kuasa pengadilan di
bawah hukum agar tidak melupakan tanggung-jawab pengadilan yang
disebabkan oleh minuman keras.
d. Orang-orang lain yang berpantang minum wine :
Selain
para Nazir, ada juga yang mematangkan wine seperti yang dilakukan oleh
orang-orang Rekhab adalah kasus yang berbeda, sebab pematangan mereka
adalah terkait dengan upaya terus hidup mengembara dengan tinggal di
tenda-tenda. Penolakan mereka terhadap wine bukan karena bahaya
penyalahgunaannya, melainkan karena wine dan minuman keras menuntut
penyediaan lahan kebun anggur, menanam benih, dan pembuatan rumah
tinggal yang menetap :
* Yeremia 35:5-10
35:5
Di depan anggota-anggota kaum orang Rekhab itu aku meletakkan
piala-piala penuh anggur dan cawan-cawan, lalu aku berkata kepada
mereka: "Silakan minum anggur!"
35:6 Tetapi mereka menjawab: "Kami
tidak minum anggur, sebab Yonadab bin Rekhab, bapa leluhur kami, telah
memberi perintah kepada kami, katanya: Janganlah kamu atau anak-anakmu
pun minum anggur sampai selama-lamanya;
35:7 janganlah kamu
mendirikan rumah, janganlah kamu menabur benih; janganlah kamu membuat
atau mempunyai kebun anggur, melainkan haruslah kamu diam di kemah-kemah
selama hidupmu, supaya lama kamu hidup di tanah, di mana kamu tinggal
sebagai orang asing!
35:8 Kami mentaati suara Yonadab bin Rekhab,
bapa leluhur kami dalam segala apa yang diperintahkannya kepada kami,
agar kami tidak minum anggur selama hidup kami, yakni kami sendiri,
isteri kami, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan kami;
35:9 agar kami tidak mendirikan rumah-rumah untuk kami diami, tidak mempunyai kebun anggur atau ladang serta benih,
35:10
melainkan kami diam di kemah-kemah dan taat melakukan tepat seperti
yang diperintahkan kepada kami oleh Yonadab, bapa leluhur kami.
3. Larangan Penyalahgunaan Wine :
Wine
itu mirip dengan Uang, Wine bisa berguna bisa pula memabukkan. Demikian
juga dengan uang, Uang bisa berguna bagi kemanusiaan, untuk berderma,
untuk persembahan bagi pelayanan gerejawi, uang juga bisa menjadi
semacam pil "ekstasi" yang memabukkan. Ada cukup bukti bahaya-bahaya
penyalahgunaan minuman keras. Peringatan-peringatan dalam Kitab Amsal
sangat jelas, dan dalam zaman Yesaya bahkan imam-imampun terjerat. Wine
tidak dikutuk sebagai tanpa faedah, namun wine bagi orang-orang berdosa
mendatangkan bahaya-bahaya tak terkendalikan.
Anggur mempunyai
kebaikan dan juga keburukan. Menyalah-gunakan anggur amat ditentang
keras dalam Alkitab. Kesederhanaan adalah kunci kepada sikap Alkitab
terhadap wine. Kitab Amsal menuliskan nasehat-nasehat dan melarang
penggunaan wine yang berlebih-lebihan:
* Amsal 20:1 LAI TB, Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.
KJV, Wine is a mocker, strong drink is raging: and whosoever is deceived thereby is not wise.
Hebrew,
לֵץ הַיַּין הֹמֶה שֵׁכָר וְכָל־שֹׁגֶה בֹּו לֹא יֶחְכָּם׃ Translit, LETS HAYA'IN HOME SYEKHAR VEKHAL-SYOGE BO LO YEKHKAM
Bandingkan dengan :
* Amsal 23:20-21
23:20 Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.
23:21 Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin, dan kantuk membuat orang berpakaian compang-camping.
* Amsal 23:31-35
23:31 Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,
23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.
23:35
Engkau akan berkata: "Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit.
Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan
mencari anggur lagi."
1.
Wine mempunyai 2 sifat, yaitu kegunaan dan bahayanya, ada manfaat dan
kutuk yang diakibatkannya. Dalam Alkitab "wine" dipakai secara kiasan
dalam arti baik maupun jelek :
A. Dalam arti yang baik :
Wine
atau minuman yang mengandung alkohol bisa berguna bagi kesehatan pada
kadar tertentu (tidak berlebih), apabila Anda minum obat batuk, itupun
mengandung alkohol, atau dengan pertimbangan cuaca dingin atau alasan
kesehatan. Paulus mendorong Timotius untuk meminum wine sedikit, karena wine mengandung daya medis :
* 1 Timotius 5:23 LAI TB, Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
KJV, Drink no longer water, but use a little wine for thy stomach's sake and thine often infirmities.
TR, μηκετι υδροποτει αλλ οινω ολιγω χρω δια τον στομαχον σου και τας πυκνας σου ασθενειας Translit, mêketi udropotei all oinô oligô khrô dia ton stomakhon sou kai tas puknas sou astheneias
Bandingkan penggunaannya dalam bentuk yang berbeda dalam cerita orang Samaria yang murah hati.
* Lukas 10:30-37
10:30
Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia
jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya
habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi
meninggalkannya setengah mati.
10:31 Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.
10:32 Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.
10:33
Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat
itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas
kasihan.
10:34 LAI TB, Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
KJV, And went to him, and bound up his wounds, pouring in oil and wine, and set him on his own beast, and brought him to an inn, and took care of him.
TR,
και προσελθων κατεδησεν τα τραυματα αυτου επιχεων ελαιον και οινον
επιβιβασας δε αυτον επι το ιδιον κτηνος ηγαγεν αυτον εις πανδοχειον και
επεμεληθη αυτου Translit, kai proselthôn katedêsen ta traumata autou epikheôn elaion kai oinon epibibasas de auton epi to idion ktênos êgagen auton eis pandocheion kai epemelêthê autou
10:35
Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan
itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku
akan menggantinya, waktu aku kembali.
10:36 Siapakah di antara ketiga
orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang
jatuh ke tangan penyamun itu?"
10:37 Jawab orang itu: "Orang yang
telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya:
"Pergilah, dan perbuatlah demikian!"
Dalam Amsal 31:6-7
menjelaskan salah satu aspek positif minuman keras jika digunakan dengan
betul. Ia dapat melegakan penderitaan badan serta tekanan mental. Dalam
ayat ini tidak disarankan untuk menggunakan minuman keras untuk
suka-suka maupun tanpa tujuan tertentu. Walau bagaimanapun, dalam
Alkitab, keburukan penyalahgunaan minuman keras adalah melebihi daripada
kebaikannya.
* Amsal 31:6-7
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.
Wine dapat menyukakan hati manusia :
* Mazmur 104:15LAI TB, dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.
KJV, And wine that maketh glad the heart of man, and oil to make his face to shine, and bread which strengtheneth man's heart.
Hebrew,
וְיַיִן ׀ יְשַׂמַּח לְבַב־אֱנֹושׁ לְהַצְהִיל פָּנִים מִשָּׁמֶן וְלֶחֶם לְבַב־אֱנֹושׁ יִסְעָד׃ Translit, VEYAYIN YESAMAKH LEVAV-'ENO'OSY LEHATSYIL PANIM MISYAMEN VELEKHEM LEVAV-'ENO'OSY YISAD
Juga dalam keterangan yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai Wine sebagai lambang berkat.
B. Arti yang jelek :
Terdapat
beberapa kali dalam kitab Wahyu, untuk melukiskan penduduk bumi sebagai
yang telah 'dimabukkan' oleh persundalan Babel (Wahyu 17:2), Sedangkan
bumi sendiri mabuk dengan darah mereka (Wahyu 17:6).
* Wahyu 17:2-6
17:2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."
17:6
Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan
darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.
Jika disalahgunakan (penggunaannya yang tidak bijaksana/ menjadi mabuk) bisa menyebabkan pikiran yang keliru :
* Yesaya 28:7LAI TB, Tetapi
orang-orang di sini pun pening karena anggur dan pusing karena arak.
Baik imam maupun nabi pening karena arak, kacau oleh anggur; mereka
pusing oleh arak, pening pada waktu melihat penglihatan, goyang pada
waktu memberi keputusan.
KJV, But
they also have erred through wine, and through strong drink are out of
the way; the priest and the prophet have erred through strong drink,
they are swallowed up of wine, they are out of the way through strong
drink; they err in vision, they stumble in judgment.
Hebrew,
וְגַם־אֵלֶּה
בַּיַּיִן שָׁגוּ וּבַשֵּׁכָר תָּעוּ כֹּהֵן וְנָבִיא שָׁגוּ בַשֵּׁכָר
נִבְלְעוּ מִן־הַיַּיִן תָּעוּ מִן־הַשֵּׁכָר שָׁגוּ בָּרֹאֶה פָּקוּ
פְּלִילִיָּה׃ Translit, VEGAM-'ELEH BAYAYIN SYAGU UVASYEKHAR TA'U KOHEN VENAVI SHAGU VASYEKHAR NIVLE'U MIN-HAYAYIN TA'U MIN-HASYEKHAR SYAGU BARO'E PAKU PELILIYA
Rasul Paulus mendorong pembacanya untuk memenuhi panggilan Roh (Efesus 5:18 ) berlawanan dengan mereka yang telah mabuk wine :
* Efesus 5:18
Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
Hal-hal
yang berkenaan dengan wine ini, dengan menimbang ayat-ayat yang
ditampilkan disini sebelumnya -- minum wine diperbolehkan -- tapi mabuk
tidak diperbolehkan. Maka perlu disini pengendalian diri dari
masing-masing kita dalam memperlakukan hal-hal yang bisa memabukkan.
Dibawah ini contoh-contoh ayat lainnya :
* Amsal 23:20
Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.
* Amsal 23:31-35
23:31 Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,
23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.
23:35
Engkau akan berkata: "Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit.
Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan
mencari anggur lagi."
* Yesaya 5:11-13
5:11
Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras,
dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
5:12
Kecapi dan gambus, rebana dan suling, serta anggur terdapat dalam
perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya
dan pekerjaan TUHAN tidak dilihatnya.
5:13 Sebab itu umat-Ku harus
pergi ke dalam pembuangan, oleh sebab mereka tidak mengerti apa-apa;
orang-orang yang mulia akan mati kelaparan, dan khalayak ramai akan
menderita kehausan.
* Lukas 21:34
Jagalah
dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta
kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan
tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
* Roma 13:13
Marilah
kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta
pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam
perselisihan dan iri hati."
* 1 Korintus 5:11
Tetapi
yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan
orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul,
kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang
yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama.
* 1 Korintus 6:10
pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Kiranya
menjadi jelas, yang dipermasalahkan bukan jenis minuman ber-alkohol
tetapi masalah "mabuk". Seseorang yang membiarkan dirinya mabuk
menunjukkan ia tidak dapat menguasai dirinya.
Dalam surat-surat
penggembalaannya, Paulus menuliskan bahaya-bahaya dari pemakaian wine
yang secara berlebihan; para pejabat yang dengan cara apapaun mengemban
tigas pimpinan dalam Jemaat Kristen, baik laki-laki maupun perempuan,
secara khusus diperingatkan mengenai kesalahan itu, yang tidak akan
cocok dengan tugas mereka (1 Timotius 3:8; Titus 2:3). Kesalahan itu
teristimewa tidak patut dalam gereja, sebab benar bahwa mabuk adalah
pertanda umum sikap tidak peduli terhadap hal-hal yang rohani, dan
pertanda sikap tak acuh terhadap kedatangan Kristus yang kedua kali
(Roma 13:3), dan hal itu harus lebih disesalkan khususnya di meja Tuhan,
sebab menyatakan bukan saja roh yang sama sekali tidak peduli kepada
Allah, tetapi roh yang sangat sembrono terhadap persekutuan Kristen (1
Korintus 11:21).
Kemabukan itu membahayakan :
Wine
bertujuan untuk menjadikan seseorang itu riang gembira tanpa
menjadikannya mabuk, sebab kemabukan akan membahayakan bagi dirinya
sendiri. Silahkan kaji ayat ini, Amnon mengalami bahaya akibat
kemabukannya :
* 2 Samuel 13:28
Lalu
Absalom memerintahkan orang-orangnya, demikian: "Perhatikan! Apabila
hati Amnon menjadi gembira karena anggur, dan aku berkata kepadamu:
Paranglah Amnon, maka haruslah kamu membunuh dia. Jangan takut. Bukankah
aku yang memerintahkannya
4. penguasaan Diri :
Wine
sering menjadi pro-kontra sebagai minuman yang haram atau tidak haram.
Namun, pada banyak bagian dalam Alkitab menyatakan bahwa wine tidak bermakna jahat, namun mabuk oleh wine itulah yang dilarang. Karena kemabukan adalah tanda bahwa seseorang itu tidak bisa mengendalikan diri/ menguasai diri. Penguasaan diri adalah salah satu ciri BUAH ROH :
* Galatia 5:22-25
5:22 LAI TB, Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
KJV, But the fruit of the Spirit is love, joy, peace, longsuffering, gentleness, goodness, faith,
TR, hο δε καρπος του πνευματος εστιν αγαπη χαρα ειρηνη μακροθυμια χρηστοτης αγαθωσυνη πιστις
Translit Interlinear, ho
de {tetapi} karpos {buah} tou pneumatos {Roh} estin {adalah} agapê
{kasih} khara {sukacita} eirênê {damai-sejahtera} makrothumia
{kesabaran} khrêstotês {kemurahan hati} agathôsunê {kebaikan hati}
pistis {kesetiaan}
5:23 LAI TB, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
KJV, Meekness, temperance: against such there is no law.
TR, πραοτης εγκρατεια κατα των τοιουτων ουκ εστιν νομος
Translit Interlinear, praotês {kelemah-lembutan} egkrateia {penguasaan diri} kata {nenentang} tôn {hal-hal} toioutôn {demikian} ouk {tidak} estin {ada} nomos {hukum}
5:24 LAI TB, Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
KJV, And they that are Christ's have crucified the flesh with the affections and lusts.
TR, οι δε του χριστου την σαρκα εσταυρωσαν συν τοις παθημασιν και ταις επιθυμιαις
Translit Interlinear, hoi
{orang-orang yang} de {adapun} tou christou {dari Kristus} tên sarka
{tubuh/daging} estaurôsan {telah menyalibkan} sun {bersama dengan} tois
pathêmasin {hawa-nafsu2} kai {dan} tais epithumiais {nafsu2 jahatnya}
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
KJV, If we live in the Spirit, let us also walk in the Spirit.
TR, ει ζωμεν πνευματι πνευματι και στοιχωμεν
Interlinear, ei {jika} zômen {kita hidup} pneumati {dalam Roh} pneumati {Roh} kai {juga} stoikhômen {mengikuti}
Penguasaan-diri, Yunani, εγκρατεια - egkrateia (baca: 'engkratia')
secara konseptual bermakna mampu memiliki kuasa atau otoritas untuk
mengarahkan, memerintah atau melarang diri sendiri terutama terhadap
nafsu, keinginan besar, kegemaran, amarah, hasrat, emosi, kecanduan,
egoisme dll.
Dalam bahasa Yunani sehari-hari kata εγκρατεια - egkrateia
ini dipakai untuk mengungkapkan kebajikan raja yang tidak pernah
membiarkan kepentingan pribadinya mempengaruhi jalannya pemerintahan.
Kebajikan ini membuatnya dapat mengendalikan diri sehingga pantas untuk
menjadi pelayan bagi sesamanya. Kadang pengendalian diri tampak tidak
menyenangkan dan perlu dilakukan dengan terpaksa karena menghindarkan
kita dari hal-hal yang enak, nyaman dan menyenangkan. Namun sesungguhnya
pengendalian diri adalah kebajikan yang memampukan kita untuk mengatasi
banyak tantangan, mengalahkan kebiasaan buruk, untuk memaksimalkan
keefektifan kita sebagai anak-anak Allah yang gemar melayani
pekerjaanNya. Selanjutnya mari kita baca 2 macam nasehat dibawah ini :
* Amsal 16:32
Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.
* Amsal 25:28
Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.
Ada
banyak hal yang membuat manusia tidak bisa menguasai dirinya, salah
satu contoh yang sering kita temui adalah, ketidak-mampuan menguasai
diri terhadap hal-hal seksual seperti contoh dibawah ini :
* Kisah 24:25LAI TB, Tetapi ketika Paulus berbicara tentang kebenaran, penguasaan diri
dan penghakiman yang akan datang, Feliks menjadi takut dan berkata:
"Cukuplah dahulu dan pergilah sekarang; apabila ada kesempatan baik, aku
akan menyuruh memanggil engkau."
KJV, And as he reasoned of righteousness, temperance,
and judgment to come, Felix trembled, and answered, Go thy way for this
time; when I have a convenient season, I will call for thee.
TR, διαλεγομενου δε αυτου περι δικαιοσυνης και εγκρατειας
και του κριματος του μελλοντος εσεσθαι εμφοβος γενομενος ο φηλιξ
απεκριθη το νυν εχον πορευου καιρον δε μεταλαβων μετακαλεσομαι σε
Translit Interlinear, dialegomenou {ketika berbicara} de {tetapi} autou {dia} peri {tentang} dikaiosunês {keadilan} kai {dan} egkrateias
{penguasaan diri} kai {dan} tou krimatos {penghakiman} tou {yang}
mellontos {akan datang} esesthai emphobos {menjadi takut} genomenos
{karena menjadi} ho phêlix {Feliks} apekrithê {menjawab} to nun
{sekarang ini} ekhon poreuou {pergilah} kairon {waktu} de {tetapi}
metalabôn {ada} metakalesomai {aku akan memanggil kemari} se {engkau}
Pada
saat Paulus membicarakan "penguasaan diri", Feliks didampingi oleh
seorang pezina, maka hubungannya dengan hidup-ketidaksopanan serta-merta
kentara, dan ayat ini berhubungan dengan :
* 1 Korintus 7:9LAI TB, Tetapi kalau mereka tidak dapat menguasai diri, baiklah mereka kawin. Sebab lebih baik kawin dari pada hangus karena hawa nafsu.
KJV, But if they cannot contain, let them marry: for it is better to marry than to burn.
TR, ει δε ουκ εγκρατευονται γαμησατωσαν κρεισσον γαρ εστιν γαμησαι η πυρουσθαι
Translit Interlinear, ei {jika} de {tetapi} ouk {mereka tidak} egkrateuontai
{menguasai diri} gamêsatôsan {hendaklah mereka menikah} kreisson {lebih
baik} gar {sebab} estin {itu adalah} gamêsai {menikah} hê purousthai
{terbakar (dengan hawa-nafsu)}
Hal lain yang manusia juga seringkai sulit menguasai diri adalah dalam hal uang.
Tuhan Yesus Kristus juga pernah menyinggung "hal mamon". Uang dan harta
juga seringkali membuat seseorang tidak dapat menguasai diri (baca
Lukas 16:10-11).
Kita dapat menjadi tuan atas diri kita sendiri.
Kita semua adalah milik Tuhan dan Dia telah menunjuk kita untuk menjadi
penjaga bagi diri kita sendiri, kehidupan, talenta, keinginan, dan
tindakan kita. Allah menghendaki kita agar mampu mengatur diri sendiri
secara bijaksana. Inilah yang dimaksud dengan pengendalian diri.
Pengertian penguasaan-diri, dan disiplin yang tidak hanya sekadar
mengikuti keinginan hati, digunakan Paulus ketika memberi gambaran
tentang atlit yang mendisiplinkan tubuhnya :
* 1 Korintus 9:25-27
9:24
Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta
turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah?
Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
9:27
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah
memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.
Rohlah yang menguasai segala keinginan dan kegemaran akan kesenangan :
* Efesus 5:18 LAI TB, Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
KJV, And be not drunk with wine, wherein is excess; but be filled with the Spirit;
TR, και μη μεθυσκεσθε οινω εν ω εστιν ασωτια αλλα πληρουσθε εν πνευματι
Translit Interlinear, kai
{dan} mê {janganlah} methuskesthe {kamu bermabuk-mabukan} oinô {dengan
anggur} en hô {didalamnya} estin {ada} hasôtia {kecerobohan} alla
{sebaliknya} plêrousthe {penuhilah} en {oleh} pneumati {Roh}
Seorang yang mampu menguasai dirinya akan memperoleh upahnya :
* 1 Korintus 9:25 LAI TB, Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya
dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu
mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang
abadi.
KJV, And every man that striveth for the mastery is temperate in all things. Now they do it to obtain a corruptible crown; but we an incorruptible.
TR, πας δε ο αγωνιζομενος παντα εγκρατευεται εκεινοι μεν ουν ινα φθαρτον στεφανον λαβωσιν ημεις δε αφθαρτον
Translit Interlinear, pas {tiap-tiap} de {lalu} ho {orang yang} agônizomenos {bertanding} panta {(dalam) segala hal} egkrateuetai
{menguasai diri} ekeinoi {(orang2) itu (berjuang)} men oun {kini
memang} hina {supaya} phtharton {yang fana} stephanon {mahkota} labôsin
{mereka mendapat} hêmeis {kita (mendapat)} de {tetapi} aphtharton {yang
tidak fana}
Dalam banyak bagian di Alkitab menulis bahwa wine adalah tanda-berkat. Maka pengendalian diri
terhadap berkat itulah yang terpenting, sebagaimana uang bisa menjadi
berkat bagi kita dan pelayanan kepada Tuhan, namun uang sering juga bisa
memabukkan.
5. Penutup :
Tidak ada larangan untuk menikmati secara sederhana atau seimbang mengenai wine ini. Namun Nasehat Alkitab jelas, bahwa Alkitab terus-menerus memberikan nasehat baik dan buruknya tentang wine ini. Wine
dan minuman keras berguna bagi perjamuan-perjamuan atau perayaan di
hadapan Tuhan pada hari-hari raya tertentu, juga kegunaannya untuk
kesehatan pada kadar tertentu. Alkitab dengan jelas menyatakan kegunaan Wine maupun keburukannya karena sifatnya yang bisa memabukkan.
Ada faedah dari Wine, namun ada juga akibat yang buruk dari konsumsi Wine yang berlebihan. Apakah 2 hal ini bertentangan? Tidak!.
Ada banyak hal-hal lain yang bisa disalah-gunakan selain Wine ini, salah satu contohnya adalah uang,
Yesus Kristus mengetahui kuasa kejahatan yang ada di dalam mamon (uang)
tetapi para pelayan Tuhan dapat memanfaatkannya untuk pekerjaan Tuhan
seperti yang dijelaskan dalam Artikel di perumpamaan-bendahara-yang-tidak-jujur-vt466.html .
Jadi
yang menjadi pokok masalah itu bukan masalah minuman alkohol-tidak
beralkohol, atau uang yang bisa membuat manusia lupa diri. Bukan masalah
boleh atau tidak boleh. Tetapi yang paling penting adalah bagaimanakah
murid-murid Kristus mampu mengendalikan diri terhadap hal-hal yang bisa
memabukkan. Baik itu berupa minuman Wine, ataupun hal-hal lain misalnya Seks, Uang/ Kekayaan, Kekuasaan, Kehormatan, Kepandaian, dan lain-lain.
Blessings,
BP
SUMBER => http://www.sarapanpagi.org/115-aneh-ada-ibadah-wajib-minum-alkohol-vt3629.html
SUDUT PANDANG Kristen soal WINE....
21.41 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar