TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Ketuhanan Isa Al-Masih Berdasarkan Alkitab dan Al-Quran

Mari kita mempelajari dan meneliti tentang Ketuhanan Isa Al-Masih berdasarkan Alkitab dan yang dinyatakan dalam Al-Quran. Al-Quran mengenal martabat dan sifat-sifat Isa yang menempatkan Dia lebih tinggi dari semua manusia. Sifat-sifat itu telah diwujudkan dalam gaya hidup dan perilaku maupun dalam khotbah dan pribadiNya. Jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang disebut dalam Al-Quran baik para nabi maupun rasul termasuk Muhammad sendiri, maka kita tidak akan menemukan satupun dari sifat-sifat istimewa yang diberikan kepada Isa ini di dalam hidup mereka. Seperti proses kelahirannya yang ajaib yaitu lahir dari seorang Perawan (Sura 19:16-34; 3:47; Injil, Matius 1:23),

Isa Al-Masih menyatakan kekekalan-Nya
Juga di dalam Alktab Isa sendiri telah mengatakan bahwa “Aku (Isa) sudah ada sebelum Abraham” (Injil, Rasul Yohanes 8:54-59), artinya Isa kekal. Isa menerima pengakuan Rasul Petrus, bahwa Isa adalah ‘Anak Allah’ ( Injil, Matius 16:13-17). Bukan berarti anak secara jasmani tetapi dalam arti kiasan, Anak Allah artinya sama dengan Firman Allah atau Kalimat Allah (Injil, Sura Ibrani 1:1-3). Seperti dalam Al-Quran hanya Isa saja yang diberi gelar “Kalimat Allah”(Sura 3:35, 39; 4:171).

Isa Al-Masih suci dan dapat mengampuni dosa
Hanya Allah dapat mengampuni dosa. Dalam Alkitab mengatakan Isa berkuasa mengampuni dosa (Injil, Markus 2:5-12). Ia datang ke dunia untuk mencari orang yang berdosa dan memberi keselamatan kepada orang yang percaya kepadaNya. Isa Al-Masih mengatakan bahwa Ia turun dari surga dan sudah ada sebelum dunia ada. Dari pernyataan ini kita dapat mengetahui bahwa Isa adalah Allah, karena hanya Allah-lah yang berasal dari surga dan sudah ada sebelum segala sesuatu ada karena Allah adalah kekal (Injil, Rasul Yohanes 3:13; 17:5). Dalam Al-Quran dinyatakan bahwa Isa disebut “seorang anak laki-laki yang suci” (19:19) - bandingkan dengan Adam yang berdosa, Sura 7:22,23; Abraham minta dosanya diampuni, Sura 26:82; Musa minta dosanya diampuni, Sura 28:16; Yunus berdosa, Sura 37:42; Muhammad minta diampuni, Sura 47:19; 48:2 - artinya hanya Isa saja yang tanpa dosa dan karena itu Isa tak perlu minta pengampunan. Isa adalah perantara yang dekat dengan Allah (Surat Ali Imran 45) dan hanya Isa saja sekarang sudah pasti berada di sorga ( Sura 3:55).

Isa Al-Masih tidak menolak penyembahan
Melalui penerimaan penyembahan. Isa disembah sebagai Allah. Ia tidak menolak penyembahan terhadap diriNya,  karena memang satu-satunya yang layak disembah adalah Allah.Waktu masih bayi Isa sudah disembah (Injil, Matius 2:11). Ketika Dia membuat suatu pengakuan atau mujizat-mujizat ada orang yang menyembah Dia dan Dia tidak pernah menolak atau menghalangi orang yang menyembah-Nya (Injil, Matius 14:33; 28:9).

Isa Al-Masih berkuasa mencipta dan maha tahu
Melalui sifat-sifat Ilahi dan otoritas-Nya. Isa sebagai pencipta. Kalimat Allah mempunyai kuasa untuk menciptakan dan memberi hidup. Isa adalah pencipta segala sesuatu (Injil, Rasul Yohanes 1:1-3; Sura Kolose 1:16; Sura Efesus 3:9). Allah adalah Firman Pencipta, jadi Kalimat Allah adalah satu pribadi dengan Allah. Di dalam Al-Quran dikatakan Isa menciptakan burung dari tanah (Sura Al-Maidah 110), tetapi hal ini tidak dinyatakan dalam Alkitab.Selain Allah tidak ada yang bisa menciptakan seekor lalat pun… .. (Qs .
22: 73 ). Isa bisa menciptakan burung…… (Qs . AL-MAIDAH 110).

Q 22:73 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ۚ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ
[Transliteration] Ya ayyuha alnnasu duriba mathalun faistamiAAoo lahu inna allatheena tadAAoona min dooni Allahi lan yakhluqoo thubaban walawi ijtamaAAoo lahu wain yaslubuhumu alththubabu shayan la yastanqithoohu minhu daAAufa alttalibu waalmatloobu
 [Indonesian] Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.  (KEKUASAAN MENCIPTA HANYA ALLAH SAJA YANG BISA...MANUSIA TIDAK DAPAT MENCIPTAKAN...ISA DAPAT MENCIPTAKAN BURUNG SEJAK KECIL....)

Isa mengetahui semua orang sampai kedalaman hatinya, karena manusia diciptakan oleh Dia dan sudah dipersiapkan sebelum kelahirannya. Isa Maha Tahu (Injil, Rasul Yohanes 1:47-48; Matius 9:3-4). Isa menjelaskan tanda-tanda kesudahan dunia (Injil, Matius 24:3-33).ISA TAHU KAPAN KIAMAT DUNIA(LUKAS 21:20-27). Keistimewaan inipun dalam Al-quran dinyatakan yaitu Isa memberi pengetahuan tentang hari khiamat (Sura 43:61), Isa dijadikan oleh Allah “suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami”(Sura 19:21)..Isa Almasih adalah Alfa dan Omega(Qs . 57:3) Hanya pada Allah pengetahuan Hari Kiamat … .( Qs. 31:43 ).Isa mengetahui Hari Kiamat … . .(Qs .43 :61) .Kesimpulannya: ISA adalah Tuhan/ Allah.

Isa Al-Masih mempunyai kuasa Ilahi
Dikatakan juga bahwa Isa Maha Kuasa (Injil, Kisah Para Rasul 3:6). Mujizat-mujizatNya menguatkan kebenaran ini. Memang diakui bahwa ada nabi-nabi lain yang juga melakukan mujizat, tetapi mereka melakukannya dengan memohon kuasa Allah melalui doa. Tetapi Isa tidak, Ia melakukan ini karena sifat keilahianNya berkuasa melakukan mujizat. Juga perlu dinyatakan di sini bahwa murid-murid Isa melakukan berbagai mujizat dalam nama Isa Al-Masih. Mujizat-mujizat Isa ( Sura 3:39; 5:114)

Isa Al-Masih akan menghakimi segala bangsa
Isa akan menghakimi segala bangsa (Injil, Rasul Yohanes 5:22-23b). Ia akan datang kembali sebagai hakim pada hari kiamat  (Sura 43:69). Isa akan membangkitkan semua orang yang mati (Injil, Rasul Yohanes 6:40). Setiap orang yang percaya kepadaNya akan diberi hidup yang kekal.  Dan karena hanya Allah yang bisa memberikan hidup kekal,  jadi Isa tidak lain adalah Allah itu sendiri.

Injil menyatakan bahwa Isa Al-Masih bukan hanya seorang manusia biasa, juga dinyatakan dalam Al-Quran. Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia, datang ke dunia untuk membebaskan kita dari dosa, neraka, dan iblis.  Isa Al-Masih walaupun memiliki sifat Allah, tidak mempertahankan hal tersebut, tetapi sebaliknya Dia mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia (Injil, Sura Filipi 2:6-7).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Hamba Allah mengatakan...

Nabi adam as lebih hebat daripada nabi isa as..kl mau muliakan nabi isa as, seharusnya anda tahu, bagaimana nabi isa as beribadah, perbuatan dan semua yang dilakukan nabi isa as..kan lucu sekali, kalau anda sendiri gak tahu rincian perbuatan rasul nabi isa as...coba anda bisa buktikan gak?, setiap ucapan dan perbuatan nabi dan rasul pasti ada rahasia dibalik semua itu..coba buktikan?, berfikirlah anda dirumah supaya anda tidak menyesal ununtuk masa depan anda..terima kasih

Hamba Allah mengatakan...

yang kedua bos...kamu buka situs isa dan islam tentang mengenai itu..situs ini gak mengakui bahwa isa bukan tuhan, justru anda bertolak belakang dengan situs isa dan islam..tujuan situs itu adalah ingin mengelabui ummat islam bahwa pernyataan alquran adalah salah dan alquranlah yang menuduh agama kristen seolah2 alquran yang salah..simaklah pernyataan situs ini:
Kami sedih bila membaca Surah 5:116-117. Belum pernah ada orang Kristen mempercayai atau menerima ajaran yang tertulis dalam Al-Quran ini, yaitu “Allah berfirman, Hai Isa putera Maryam adakah kamu mengatakan kepada manusia, ‘Jadikanlah aku (Isa) dan ibuku (Maryam) dua orang tuhan selain Allah’ “. Ajaran ini adalah hujat. Dari mana datangnya ajaran semacam ini? Yang jelas ini bukan ajaran Kristen atau Alkitab!
ini suatu kebodohan anda dan situs isa dan islam..
membuktikan alquran adalah wahyu Allah tidak akan berubah pernyataan apapun, walaupun meskipun pernyataan itu dihapus akidah mereka..tetaplah alquran akan berlaku sampai yaumul qiyamah..terima kasih

TRANSFORMASI INDONESIA mengatakan...

Nabi adam as lebih hebat daripada nabi isa as..kl mau muliakan nabi isa as, seharusnya anda tahu, bagaimana nabi isa as beribadah, perbuatan dan semua yang dilakukan nabi isa as..kan lucu sekali, kalau anda sendiri gak tahu rincian perbuatan rasul nabi isa as...coba anda bisa buktikan gak?, setiap ucapan dan perbuatan nabi dan rasul pasti ada rahasia dibalik semua itu..coba buktikan?
____________________________
Jawab : jelas ada RAHASIA di BALIK ISA....KARENA HANYA ISA SAJALAH Yang BERSUBSTANSI ILAHI.....

shg MUHAMMAD berkata ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU....(Isa sesungguhnya ROH ALLAH dan FIRMAN ALLAH)....lebih hebat mana ISA dan ADAM?ADAM tak pernah dikatakan sebagai FIRMAN ALLAH dan ROH ALLAH...

ADAMPUN tak pernah BERKUASA DI DUNIA DAN AKHIRAT....justru sebaliknya Q 3:45 sangat jelas dituliskan ISA BERKUASA DI DUNIA DAN AKHIRAT.....

Coba HAMBA ALLAH renungkan itu di rumah anda....mana yang lebih berkuasa ISA atau ADAM silahkan....

TRANSFORMASI INDONESIA mengatakan...

Hamba Allah mengatakan...
yang kedua bos...kamu buka situs isa dan islam tentang mengenai itu..situs ini gak mengakui bahwa isa bukan tuhan, justru anda bertolak belakang dengan situs isa dan islam..tujuan situs itu adalah ingin mengelabui ummat islam bahwa pernyataan alquran adalah salah dan alquranlah yang menuduh agama kristen seolah2 alquran yang salah..simaklah pernyataan situs ini:
Kami sedih bila membaca Surah 5:116-117. Belum pernah ada orang Kristen mempercayai atau menerima ajaran yang tertulis dalam Al-Quran ini, yaitu “Allah berfirman, Hai Isa putera Maryam adakah kamu mengatakan kepada manusia, ‘Jadikanlah aku (Isa) dan ibuku (Maryam) dua orang tuhan selain Allah’ “.
________________________
JAWAB : HAL INI DIKATAKAN ISA KARENA SAAT ITU IA NUZUL KE DUNIA....MENGOSONGKAN DIRI-NYA(FILIPI 2:6-8)....

PERNAHKAH ANDA BACA TULISAN SAYA SBB:
http://tindonesia.blogspot.com/2012/09/dialog-allah-boleh-atau-tidak-nuzul-ke.html

Coba renungkan tulisan saya tersebut kawan....sayapun telah merenungkan BETAPA HEBATNYA ISA dibandingkan ADAM....ISA seutuhnya tanpa dosa....bahkan jasadnya diangkat ke hadirat-Nya(Q 3:55;Q 4:158)...jasad adam di kuburan bos....

Jadi saya rasa berdasar perenungan saya yang mendalam.....ISA JAUH LEBIH HEBAT DARI ADAM....

Jika anda tertarik berdialog dengan saya akan hal ini kawan....silahkan anda tinggalkan AKUN FB....atau EMAIL ANDA....kita akan lanjutkan diskusi ini dengan saya pribadi.....lewat INBOX....ok....

MARI KITA ADU KEPAHAMAN soal ISA....maukah HAMBA ALLAH?jika anda berkenan silahkan tulis AKUN FB/EMAIL ANDA....kita dialog lebih lanjut via inbox.....

Lurusi mengatakan...

Cerita Yesus dalam kristen, kaya cerita mitologi Yunani. Yaitu manusia anak dewa. Sehingga dia manusia setengah dewa. Diantaranya adalah mitololgi tentang Herakles atau lebih dikenal dengan nama Hercules.
Herkules adalah anak dewa Zeus dan Alkmene. Ia merupakan pahlawan terbesar Yunani. Ia selalu berusaha membantu masyarakat Yunani dalam menghadapi kesulitan yang diakibatkan oleh monster ataupun ulah dari raja dan penguasa yang jalim. Sebagai anak Dewa, Herkules mempunya Kekuatan super, kecerdikan, keberanian yg luar biasa.
Sebagai anak Tuhan seharusnya Yesus mempunyai kekuatan yg luar biasa melebihi Herkeles. Namun nyatanya ia tdk berdaya ditiang gantungan dan berteriak memanggil Tuhan, sebagaimana Surat Matius pasal 27 ayat 44, yg berbunyi: “ Maka sekira-kira pukul tiga berserulah Yesus dengan suara yang nyaring katanya: ‘Eli, Eli, lama sabaktani’ artinya: “Ya Tuhan apakah sebabnya Engkau meninggalkan aku”
Ia juga tdk dpt melindungi murid-muridnya yg lari tunggang langgang dari kejaran tentara romawi. Ia tidak mampu mengalahkan tentara romawi. Dimana kehebatan anak Tuhan Yang Maha Kuasa? Mengapa Ia tdk mampu melakukan hal2 luar biasa seperti yg pernah dilakukan Nabi Musa AS, membelah lautan saat menyelamatkan umatnya dari kejaran raja Firaun.
Kemudian surat Matius pasal 27 ayat 44 tsb diatas tdk mungkin itu firman Tuhan (ayat injil). Kapan Yesus menyampaikan ayat tsb dan disampaikan pada muridnya yg mana.
Jadi dari segi logika, cerita yg lbh masuk akal adalah cerita Herkules anak dewa yg perkasa, dibandingkan Yesus anak Tuhan yg tdk berdaya (walau sama2 cuma cerita mitologi).

Poskan Komentar