TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Apakah TUHAN YESUS membawa PERINTAH BARU ATAU TIDAK?

Apakah TUHAN YESUS membawa PERINTAH BARU ATAU TIDAK? Jawabnya Ya membawa PERINTAH BARU....

PERTAMA PERLU KITA PAHAMI JENIS-JENIS KASIH:
ADA 4 jenis kasih ....
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Four_Loves
1.Storge – affection(adalah ungkapan kasih kodrati,seperti antara orang tua kepada anak (namun ungkapan yang keempat ini jarang digunakan dalam karya tulis kuno). )
2.Phileo – friendship(adalah kasih antara sahabat/ saudara) => Bersyarat...
3.Eros – romance(adalah kasih yang menginginkan)
4.Agape – unconditional love(adalah kasih yang tak bersyarat)

Bukti : Yoh. 13:34 Aku(TUHAN) memberikan PERINTAH BARU kepada kamu, yaitu supaya KAMU SALING mengasihi(AGAPAO); sama seperti Aku telah mengasihi(AGAPAO) kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi(AGAPAO).

MEMAHAMI STANDAR KASIH ALLAH =>…Allah itu kasih(=AGAPE) … (1 Yohanes 4:16)=>AGAPE adalah STANDAR KASIH YANG SEMPURNA tanpa syarat....
TUHAN YESUS berharap manusia menjadi sempurna....
Mat. 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

MEMBANDINGKAN STANDAR KASIH ALLAH yang SEMPURNA DAN STANDAR KASIH TAURAT :
Matius 5:38-42,
5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. =>STANDAR KASIH TAURAT(UL 19:21;Kel. 21:24;Im. 24:20)...
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

JELAS DALAM MAT 5:38 =>STANDAR KASIH TAURAT(PHILEO)...; DALAM MAT 5:39-42 =>STANDAR KASIH AGAPE....

RUANG LINGKUP SESAMA DALAM IMAMAT 19:18 ADALAH SEBANGSA....
Imamat 19:18
Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang SEBANGSAMU, melainkan KASIHILAH SESAMAMU manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN. =>SESAMAMU DALAM PARADIGMA YAHUDI ADALAH SEBANGSAMU.....

STANDAR KASIH BARU YANG DIAJARKAN OLEH TUHAN YESUS JUGA DIBAHAS DALAM LUKAS 10:25-37 TERTULIS DEMIKIAN....
10:25    Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, APA YANG HARUS KUPERBUAT UNTUK MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL?"
10:26    Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang TERTULIS DALAM HUKUM TAURAT? Apa yang kaubaca di sana?"
10:27    Jawab orang itu: "KASIHILAH(=>menggunakan akar kata AGAPE) Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan KASIHILAH(=>menggunakan akar kata AGAPE) sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."(=>MATIUS 22:36-40)
10:28 Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; PERBUATLAH DEMIKIAN, maka engkau akan hidup."
10:29 Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan SIAPAKAH SESAMAKU MANUSIA?"=>NAH INI TUHAN YESUS PERJELAS....SETELAH DIJELASKAN JENIS KASIH....LALU RUANG LINGKUP JUGA PERLU DIPERJELAS....DALAM IMAMAT 19:18 RUANGLINGKUPNYA ADALAH SEBANGSA.....
10:30  Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari YERUSALEM(=BERARTI ORANG ITU ADALAH YAHUDI) ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.
10:31 Kebetulan ada SEORANG IMAM turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.
10:32 Demikian juga SEORANG LEWI datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.
10:33 Lalu datang SEORANG SAMARIA, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.
10:34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.
10:36 SIAPAKAH DI ANTARA KETIGA ORANG INI, menurut pendapatmu, ADALAH SESAMA MANUSIA dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?"
10:37 Jawab orang itu: "Orang yang telah MENUNJUKKAN BELAS KASIHAN kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

JADI STANDAR KASIH ORANG SAMARIA KEPADA ORANG YAHUDI YANG SEBENARNYA SALING BERMUSUHAN SEJAK JAMAN REHABEAM,YEROBEAM....INILAH YANG STANDAR KASIH YANG INGIN DIAJARKAN OLEH TUHAN YESUS.......(NB : SEJAK ISRAEL TERPECAH JAMAN REHAEBAM,YEROBEAM.....10 SUKU ISRAEL(DIKATAKAN ORANG SAMARIA);2 SUKU ISRAEL(DISEBUT ORANG YAHUDI) SALING BERMUSUHAN...)

HANYA HUKUM KASIH SAJALAH YANG TAK AKAN PERNAH LENYAP....
1 Korintus 13:8
Kasih(AGAPE) tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

1Kor. 13:10 Tetapi jika yang SEMPURNA(TIDAK BERKESUDAHAN) tiba, maka yang TIDAK SEMPURNA(YANG BISA BERAKHIR/BERHENTI) itu akan lenyap.

YANG TERBESAR ADALAH AGAPE....
1Kor. 13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih(AGAPE).

MEMAHAMI 2 JENIS KASIH AGAPE DAN PHILIEO...
Yoh 21:15-19. Di sana Yesus bertanya sebanyak tiga kali kepada Rasul Petrus, “Apakah engkau mengasihi Aku?” Pertanyaan Yesus yang pertama dan kedua menggunakan kata agape, Apakah engkau mengasihi (agapo) Aku? Namun Petrus selalu menjawabnya dengan, “….Engkau tahu bahwa aku mengasihi (philieo) Engkau”. Yang ketiga kalinya, Yesus bertanya, “Apakah engkau mangasihi (phileo) Aku?” Dan Petrus menjawab, “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi (phileo) Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” (Yoh 21:17)

YOH 21:15 LAI TB, Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi('AGAPAÔ') Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi('PHILEÔ') Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

Agaknya Tuhan Yesus memahami bahwa kasih Petrus kepada-Nya tidak akan sama besarnya dengan kasih-Nya (agape) kepada Petrus. Namun demikian, Kristus menerima pernyataan kasih dari Petrus yang sejujurnya ini, dan tetap mempercayakan penggembalaan kawanan domba-Nya kepada Petrus. Penerimaan Kristus akan diri Petrus apa adanya inilah yang justru mengubah Petrus, dan menumbuhkan kasih di dalam hatinya, sehingga kelak di akhir hidupnya, Petrus dapat membuktikan kasih yang besar kepada Kristus dengan kasih yang menyerupai kasih Kristus kepadanya. Rasul Petrus rela menyerahkan dirinya untuk dihukum mati oleh pihak penguasa Roma dengan disalibkan terbalik, demi membela imannya akan Kristus.

AGAPE PETRUS NYATAKAN PADA AKHIR HIDUPNYA DENGAN MATI DISALIBKAN TETAPI TIDAK SEPERTI KEMATIAN TUHAN YESUS....KARENA IA TIDAK MERASA LAYAK DISALIB SPT KRISTUS.....JUSTRU IA MEMINTA DISALIB TERBALIK.....BUKTI KASIH PHILIA DARI PETRUS TELAH BERUBAH MENJADI AGAPE.....

JADI STANDAR KASIH ILAHI ADALAH AGAPE(UNCONDITIONAL LOVE)=>TETAP MENGASIHI SEKALIPUN TIDAK DIKASIHI....BAHKAN DIMUSUHI....INILAH UNCONDITIONAL LOVE....=>MAT 5:38 =>STANDAR KASIH TAURAT(PHILEO)...; DALAM MAT 5:39-42 =>STANDAR KASIH AGAPE....

SEMOGA BISA MEMAHAMI PERBEDAAN HUKUM BARU YANG TUHAN YESUS BAWA KE DUNIA......

KESIMPULAN : STANDAR KASIH DALAM AKIDAH YAHUDI SANGAT JELAS BERSYARAT(CONDITIONAL LOVE=>PHILEO); SEDANG PERINTAH BARU YANG TUHAN YESUS AJARKAN(UNCONDITIONAL LOVE=>AGAPE).SEKALIPUN TUHAN YESUS DISIKSA....DISALIBKAN SAMPAI MATI......BAHASA KASIH AGAPE(UNCONDITIONAL LOVE) YANG DIBERIKAN KEPADA MANUSIA TETAP TERPANCAR DALAM PERNYATAAN SBB :
Luk. 23:34Yesus berkata: "Ya Bapa, AMPUNILAH MEREKA, sebab MEREKA TIDAK TAHU apa yang mereka perbuat." =>BAHASA KASIH AGAPE YANG TANPA SYARAT INILAH +"IKATAN KASIH"+ YANG DIBAWA OLEH TUHAN YESUS, DAPAT MENGHANCURKAN KEDEGILAN HATI UMAT-NYA(HOSEA 11:1-4).

IKATAN KASIH YANG BERSYARAT TIDAK DAPAT MENGHANCURKAN KEDEGILAN HATI MANUSIA....HANYA KASIH YANG TANPA SYARAT SAJALAH YANG BISA MENGHANCURKAN KEDEGILAN HATI MANUSIA.....

SEMOGA PAHAM.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar