TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DISKUSI DENGAN BOS ZAIN...


                
Zain Hamid          2:51am Apr 23
tentang ayat nasakh yg anada kutib itu bukan gagal tapi i penuh dengan pelajaran pelajaran contoh saya mau deberi suami saya 1juta rupiah tapi suami saya urungkan memberi 1juta rupiah tapi diberi 1juta usd apa suami saya salah apa saya protes? gito
anda yg main2 dgn keselamatan
anda berada dijalan pauluis yg bengkok saya berada yg keselamatan yg lurus yaitu jl yesus yg lurus i love yuo tuhan ALLAH RASUL yess udan
roh kudus /JIBRIL
_________
ZAIN HAMID BERKATA =>
tentang ayat nasakh yg anada kutib itu bukan gagal tapi i penuh dengan pelajaran pelajaran contoh saya mau deberi suami saya 1juta rupiah tapi suami saya urungkan memberi 1juta rupiah tapi diberi 1juta usd apa suami saya salah apa saya protes? gito
======
JAWAB :
TUHAN SEJATI TIDAK PERNAH MENASAKH(Mzm. 89:34 (89-35) Aku(TUHAN) tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar dari bibir-Ku TIDAK AKAN KUUBAH.)…DAN TIDAK PERNAH HENDAK MENGGANTIKAN HUKUM TAURAT YANG TELAH IA FIRMANKAN TETAPI MENEGUHKANNYA DALAM HATI MANUSIA(YER 31:31-34) DIDALAM PROSES PENEGUHAN TERSEBUT BERLAKU HUKUM KASIH KARUNIA…MANUSIA YANG TIDAK MAMPU DAN TIDAK LAYAK DIANGGAP TIDAK BERSALAH…OLEH KARENA PENGORBANAN KRISTUS….KARENA JIKA ALLAH MENJILAT PERKATAAN MAKA ALLAH AKAN DIKATAKAN PERNAH GAGAL DALAM BERFIRMAN….PAHAMI KONSEP INI DENGAN BAIK DAN BENAR…..

MENGAPA DEMIKIAN?KARENA PERJANJIAN TAURAT ADALAH SUATU PERJANJIAN KEKAL YANG TIDAK BOLEH TERLUPAKAN….
PERJANJIAN TAURAT DIKATAKAN SUATU PERJANJIAN KEKAL…

>> YEH 16:60 Tetapi Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan engkau pada masa mudamu dan Aku akan meneguhkan bagimu PERJANJIAN YANG KEKAL.

>> YER 50:5 mereka menanyakan jalan ke Sion, ke sanalah mereka terarah: Marilah kita menggabungkan diri kepada TUHAN, bergabung dalam suatu PERJANJIAN KEKAL yang tidak dapat 
dilupakan!

PERJANJIAN TAURAT ADALAH SUATU PERJANJIAN KEKAL YANG TIDAK DAPAT DILUPAKAN…..SO APALAGI DI NASAKH OLEH QURAN….SUNGGUH IRONIS SEKALI….APAKAH TUHAN BERUBAH SIFAT??TENTU TIDAK….TIDAK ADA PERTUKARAN BAYANGAN DALAM DIRI-NYA(YAK 1:17=>… pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.),DIA BUKAN PRIBADI YANG PLIN-PLAN…..

(Ayb. 23:13Tetapi Ia tidak pernah berubah--siapa dapat menghalangi Dia? Apa yang dikehendaki-Nya, dilaksanakan-Nya juga.)=>ALLAH TIDAK PERNAH BERUBAH….

MENGENAI CONTOH YANG ANDA TULISKAN TERLIHAT ANDA TIDAK PAHAM APA ITU FIRMAN DAN APA ITU PERKATAAAN MANUSIA=>COBA ANDA KORELASIKAN CONTOH YANG ANDA PAPARKAN DENGAN FIRMAN ALLAH…SAYA KIRA CONTOH ANDA TIDAK SESUAI BOS….PERKATAAN ALLAH BUKAN HAL PEMBERIAN…TETAPI SUATU KETETAPAN KEKAL…YANG TIDAK BISA DIPERNGARUHI OLEH KURS…SEDANG RUPIAH DAN DOLLAR SEKALIPUN NOMINAL SAMA…TETAPI DIPENGARUHI OLEH KURS…APAKAH FIRMAN ALLAH ANDA SAMAKAN DENGAN KURS?INI JUSTRU PEMIKIRAN YANG IRONIS SEKALI…TERLIHAT SANGAT JELAS ANDA BERMAIN-MAIN DENGAN PILIHAN KESELAMATAN HIDUP ANDA…..KARENA MEMANG DALAM ALQURAN HAL TERSEBUT SANGAT RANCU…DAPAT ANDA BACA DI Q 2:106 => ALLAH TERLIHAT DIPERBOLEHKAN MENJILAT PERKATAAN INI SUNGGUH IRONIS SEKALI….
HAL PERTAMA YANG PERLU KITA SADARI SEBAGAI MANUSIA...
SIAPAKAH MANUSIA ITU SENDIRI DI MATA ALLAH(SEBELUM JATUH DALAM DOSA):
MANUSIA PADA MULANYA DICIPTAKAN MENURUT GAMBAR DAN RUPA ALLAH :
KEJADIAN 1:26-27 TERTULIS :
1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita(THEOS) menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
1:27 Maka Allah(ELOHIM) menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
MANUSIA DICIPTAKAN SEPERTI ALLAH....
MAZMUR 8:4-5 MENULISKAN..
8:4 (8-5) apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
8:5 (8-6) Namun Engkau telah membuatnya hampir SAMA SEPERTI ALLAH, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.
QURAN JUGA MENGISYARATKAN HAL YANG SAMA...BAHWA ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA MENURUT FITRAH ALLAH...Q 30:30...fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. ....

Spt apakah Fitrah Allah itu??ZAKIYAH SUCI SEUTUHNYA...ITULAH FITRAH ALLAH....

Mat 5:48 Karena itu HARUSLAH KAMU(=MANUSIA) SEMPURNA, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

1Ptr. 1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus...

FITRAH ALLAH ITU JELAS SEKALI SEMPURNA DAN KUDUS ADANYA....MANUSIA PERTAMA ADAM DICIPTAKAN SEMPURNA DAN KUDUS ADANYA....
BUKTI :(ROH ALLAH MAU BERSEMAYAM DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA)
YES 63:11...Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;....
ROH ALLAH YANG BERSEMAYAM DALM HATI DAN BATIN MANUSIA ITU UNDUR SEJAK MANUSIA JATUH DALAM DOSA...KEJADIAN 6:3 => ...ELOHIM BERFIRMAN => "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging....
FITRAH INILAH YANG INGIN DIKEMBALIKAN OLEH KORBAN KRISTUS....
Yoh. 14:17 yaitu Roh Kebenaran(ROH KUDUS/ROH ALLAH). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan AKAN DIAM DI DALAM KAMU.(SEHINGGA SETIAP MANUSIA YANG DIBAWAH PIMPINAN ROH ALLAH DIKATAKAN ANAK-ANAK ALLAH=>ROMA 8:14;HOSEA 1:10=>TUHAN BERHASRAT MENJADIKAN MANUSIA BUKAN LAGI UMAT-NYA TETAPI ANAK-ANAK ALLAH YANG HIDUP....MELALUI ROH KUDUS-NYA YANG BERSEMAYAM LAGI DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA=>INILAH YANG MEMBAWA MANUSIA KEPADA FITRAH ALLAH SEJATI....HANYA ROH ALLAH SAJA YANG DAPAT MEMBUAT MANUSIA KEMBALI MEMILIKI FITRAH ALLAH DALAM HIDUPNYA....)
SHG MANUSIA DAPAT MEMILIKI PIKIRAN ALLAH...DAN MANUSIA MEMILIKI NATURE ALLAH ITU SENDIRI....YANG ADALAH SEMPURNA DAN SUCI ADANYA....
LALU APA BEDANYA SUBSTANSI PERJANJIAN LAMA DAN BARU….
SUBSTANSINYA SAMA….ADA DIDALAM TAURAT TETAPI TITIK BERATNYA ADALAH PADA HUKUM KASIH KARUNIA……
JADI JELAS TAURAT ITU SUATU PERJANJIAN ANTARA ALLAH DAN MANUSIA….JADI YANG WAJIB MENEPATI PERJANJIAN ITU ADALAH ALLAH DAN MANUSIA….
PERJANJIAN TAURAT DIKATAKAN SUATU PERJANJIAN KEKAL…
YEH 16:60 Tetapi Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan engkau pada masa mudamu dan Aku akan meneguhkan bagimu PERJANJIAN YANG KEKAL.
YER 50:5 mereka menanyakan jalan ke Sion, ke sanalah mereka terarah: Marilah kita menggabungkan diri kepada TUHAN, bergabung dalam suatu PERJANJIAN KEKAL yang tidak dapat dilupakan!
Saya pernah berdiskusi dengan umat Islam di EdyPriyatno Wordpress…..bernama BOS MANDRA kalo ente cari di sono ada…..Bos Mandra berkata…Taurat disempurnakan krn manusia LUPA TAURAT…buset….jelas sekali Yer 50:5 =>…Suatu PERJANJIAN KEKAL yang TIDAK DAPAT DILUPAKAN!...JADI ANEH-ANEH AJA BOS MANDRA BERKATA QURAN MENYEMPURNAKAN TAURAT KRN MANUSIA LUPA AKAN TAURAT…INI JELAS PERNYATAAN YANG MENGADA-ADA…SPT BOS ID AMOR…HEHEHHE….
PERJANJIAN ITU TIDAK DINASAKH…
MZM 89:34 (89-35) Aku tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar daribibir-Ku tidak akan Kuubah.
TETAPI DITEGUHKAN…BACA YER 31:31-34 =>PERJANJIAN DITEGUHKAN DENGAN DIUKIR DALAM HATI DAN BATIN MANUSIA…DALAM KASIH….(UL 6:5;IMAMAT 19:18)
DAN RASUL PAULUS JUGA TIDAK MENGUBAH PERJANJIAN ITU…MALAH MENEGUHKANNYA…
ROMA 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.
MENEGUHKAN DALAM KASIH…SEBAB KASIHLAH KEGENAPAN TAURAT…
ROMA 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.
DENGAN KASIH MANUSIA TIDAK BERBUAT JAHAT, BAIK ITU TERHADAP SESAMA MAUPUN ALLAH….JADI KASIHLAH KEGENAPAN TAURAT….KASIH YANG AGAPE…..KASIH ITU SENDIRI ADA DALAM TAURAT….
MENGAPA ALLAH MENURUNKAN TAURAT??
TANPA HUKUM DARI ALLAH,MAKA MANUSIA MENJADI LIAR….(ANDA TENTU TAHU KISAH SODOM DAN GOMORA)
AMS 29:18 Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat.
HUKUM TAURAT DAPAT MENGURUNG MANUSIA UNTUK TIDAK MENJADI LIAR….MANUSIA TIDAK BISA BERBUAT SEMAU-MAUNYA…
GAL 3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa…(ROMA 7:6=>TAURAT MENGURUNG MANUSIA)
UNTUK APA ALLAH MELAKUKAN DEMIKIAN?
ROMA 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.
SEBAB…SEMAKIN MANUSIA DIKASIHI OLEH ALLAH…SEMAKIN BESAR PULA IA BERBUAT KASIH…
LUK 7:47 => Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."
SEMAKIN MANUSIA BANYAK BERBUAT KASIH…MAKA SEMAKIN BESAR PULA MANUSIA MENGGENAPI TAURAT…ROMA 13:10….
DAN KRN ALLAH PADA AKHIRNYA INGIN MANUSIA ITU SEMPURNA SEPERTI DIA…TUJUAN AKHIR DARI TAURAT ADALAH ALLAH MENGHENDAKI MANUSIA ITU SEMPURNA ADANYA…..SPT HUKUM TAURAT ITU SEMPURNA ADANYA…(MZM 19:7 (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna,…)
MAT 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

DAN RASUL PETRUS MERESPONI HAL DIATAS…DENGAN BERKATA…
I PETRUS 1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus….BAGAIMANA BISA HIDUP KUDUS?ROMA 12:2 =>MEMPERBAHARUI HATI DAN BATIN DARI HARI KE SEHARI…DAN TERUS MAU BELAJAR (YES 1:17)….

ALLAH MENGENAL MANUSIA SEJAK BAKAL ANAK/JANIN…. (MZM 139:16/Q 53:32)=>MANUSIA MEMILIKI SPIRIT PEMBERONTAKAN TERHADAP ALLAH….SHG ALLAH BERKATA…MANUSIA TELAH INGKAR KEPADA HUKUM TAURAT…

YER 31:32 =>… perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari,…(UNTUK LEBIH JELAS BACA YER 31:31-34)

SIAPAKAH MEREKA DISINI??MANUSIA YANG TELAH INGKAR TERHADAP TAURAT….
TETAPI APAKAH ALLAH MEMBIARKAN SAJA HUKUM TAURAT TERUS DIINGKARI??JIKA DEMIKIAN…MAKA ALLAH SUATU SAAT BISA DICAP PERNAH GAGAL DALAM BERFIRMAN DONG YE???PADAHAL YES 55:11 DAN ROMA 9:6 =>JELAS AYAT TERSEBUT INGIN MENJELASKAN BAHWA FIRMAN ALLAH TIDAK MUNGKIN GAGAL…..SEKALIPUN MANUSIA GAGAL…TETAPI FIRMAN ALLAH TIDAK MUNGKIN GAGAL…..
DAN DIJELASKAN YER 31:32 =>MANUSIA TIDAK DAPAT MENGGENAPI TAURAT….
SHG TUHAN MERASA PERLU UNTUK DATANG MENGGENAPI TAURAT…
SEBAB APA YANG IA YANG TELAH IA FIRMANKAN….IA PULA YANG HARUS MENGGENAPKAN JIKA MANUSIA TIDAK DAPAT….KRN KETERBATASAN MANUSIA…YEH 12:25…

APA YANG DIFIRMANKAN ITU HARUS TERLAKSANA...

YEH 12:25...Aku akan mengucapkan suatu firman dan Aku akan menggenapinya, demikianlah firman Tuhan ALLAH."..

MELIHAT SUBSTANSI HUKUM KASIH....ADAKAH HUKUM KASIH YANG YESUS KEMUKAKAN ITU SUATU YANG BARU YANG TIDAK TERDAPAT DI TAURAT??

HUKUM KASIH YANG TUHAN YESUS KEMUKAKAN ITU ADA DIDALAM TAURAT...
TETAPI JENIS KASIH YANG DITAURAT ITU BERSYARAT(MAT 5:43. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
)...BUKAN AGAPE...TETAPI KASIH YANG KRISTUS AJARKAN AGAPE....(MAT 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.)

KARENA DIDALAM KASIH AGAPE ITULAH TERGENAPI SELURUH KITAB TAURAT DAN PARA NABI.....HAL ITU DIAMINI OLEH AHLI TAURAT...

MARKUS 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu....TEPAT SEKALI GURU BENAR KATA-MU ITU....

MARI KITA LIHAT PERCAKAPAN AHLI TAURAT BERIKUT...

MAT 22:36-40...PERCAKAPAN DENGAN AHLI TAURAT...

MAT 22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

DIAWALI DENGAN GURU HUKUM MANAKAH YANG TERUTAMA DALAM TAURAT???APAKAH INI KEBETULAN??TENTU TIDAK...KRN AHLI TAURAT TAHU BAHWA
YESUS ADALAH PENGGENAP TAURAT...MAT 5:17....TETAPI BUKAN PRIBADINYA SAJA PENGGENAP TAURAT...TETAPI AJARAN-NYA JUGA PENGGENAPAN TERHADAP TAURAT...
APA ITU?KASIH YANG AGAPE....

TUHAN YESUS MENJAWAB....

MAT 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

APAKAH HUKUM ITU TIDAK ADA DI TAURAT??ADA BOS...

UL 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu(AKAL BUDIMU).

LALU ...
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

APAKAH HUKUM KEDUA TIDAK ADA DITAURAT???ADA BOS...

IMAMAT 19:18 Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang SEBANGSAMU,melainkan KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI; Akulah TUHAN.

PENGERTIAN SESAMAMU MANUSIA DI TAURAT ADALAH ORANG SEBANGSAMU....TETAPI DALAM MAT 22:39 =>TIDAK ADA KATA ORANG SEBANGSAMU SAJA..TETAPI SEMUA MANUSIA....

JADI KASIH KARUNIA YANG TURUN DARI TUHAN YESUS....TIDAKLAH MENASAKH TAURAT....TETAPI AJARAN KASIH KARUNIA MENGGENAPI TAURAT....

DENGAN MENGUTAMAKAN 2 HUKUM DIATAS...BERARTI MANUSIA TELAH MELAKUKAN SEMUA TAURAT DAN KITAB PARA NABI....AHLI TAURAT YANG PAKARNYA TAURATPUN BERKATA...

MARKUS 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu....TEPAT SEKALI GURU BENAR KATA-MU ITU....

JADI AHLI TAURAT YANG PAKARNYA TAURAT MEMBENARKAN TEORI ISA...BAHWA DALAM KASIH KARUNIA BERGANTUNG SEMUA KITAB TAURAT DAN PARA NABI...
JADI YOH 1:17 CUKUP JELAS....BAHWA KASIH KARUNIA ADALAH KEMAMPUAN DARI ROH ALLAH UNTUK MEMAMPUKAN MANUSIA MENGASIHI ALLAH DAN SESAMA...GUNA MEMUSNAHKAN SPIRIT
PEMBERONTAKAN YANG BERCOKOL DALAM DIRI MANUSIA SEJAK ADAM JATUH DALAM DOSA...DENGAN MANUSIA DIKASIHI ALLAH SECARA SEMPURNA...MAKA MANUSIA AKAN SECARA SEMPURNA JUGA MENGASIHI ALLAH DAN SESAMA...
INILAH HARAPAN TUHAN....(MAT 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.")

KESEMPURNAAN ADA DIDALAM KASIH AGAPE....
PAULUS BERKATA...MANUSIA HARUS MENGENAKAN YANG BARU...YAKNI KASIH AGAPE...

II KOR 5:4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan,
karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.

SEBAB YANG FANA...YAKNI KASIH BERSYARAT ITU AKAN DITELAN OLEH SUATU YANG ABADI...YAKNI KASIH TANPA SYARAT DARI ALLAH...
HUKUM KASIH TIDAK PERLU DIAJARKAN...TETAPI DENGAN DIKASIHI ALLAH SECARA SEMPURNA MAKA MANUSIA DAPAT MENGASIHI ALLAH SECARA SEMPURNA..
SEMAKIN BESAR MANUSIA DIKASIHI...SEMAKIN BESAR PULA MANUSIA MELAKUKAN KASIH....DENGAN KASIH YANG SEMACAM ITU MAKA MANUSIA TIDAK BERBUAT JAHAT...DENGAN DEMIKIAN TAURAT DAN KITAB PARA NABI TERGENAPI...

ROMA 13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

AJARAN KRISTEN BUKANLAH PENGGANTI TAURAT...TETAPI PENGGENAP TAURAT...
PENGGENAPAN TAURAT JUGA TERSIRAT DALAM YER 31:31-34 =>MANUSIA INGKAR TERHADAP HUKUM KRN KETIDAK MAMPUAN MANUSIA MELAKUKAN TAURAT...
MAKA DARI ITU ALLAH MEMAMPUKAN MANUSIA UNTUK MENGASIHI ALLAH DAN MANUSIA MENURUT UKURAN ALLAH...SHG TERGENAPILAH TUNTUTAN KESEMPURNAAN ALLAH DALAM DIRI MANUSIA....

YER 31:31-34
31:31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,

31:32 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari,
meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.

31:33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah
firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka;
maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan:
Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN,
sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."
PERJANJIAN BARU YANG TUHAN INGINI ADALAH MENYEMPURNAKAN TAURAT YANG TIDAK DAPAT DILAKUKAN MANUSIA...YAKNI KASIH KARUNIA...
BAGAIMANA CARANYA?=>YER 31:33... Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka..

APA YANG DITULISKAN???HUKUM KASIH....MAT 22:36-40...YANG TIDAK BERSYARAT....
DALAM KASIH INILAH TERDAPAT KEGENAPAN TAURAT...ROMA 13:10...
PERJANJIAN BARU DIADAKAN KRN KETIDAK MAMPUAN MANUSIA MELAKSANAKAN TAURAT(YER 31:32=>perjanjian-Ku itu telah mereka(MANUSIA) ingkari)...KRN SPIRIT PEMBERONTAKAN YANG BERAKAR DALAM DIRI MANUSIA...
SEJAK ADAM JATUH DALAM DOSA(KEJADIAN 6:5)...
JADI TAURAT BENAR-BENAR TELAH SEMPURNA...TETAPI PELAKUNYA TIDAK SEMPURNA...JUSTRU DENGAN ADANYA KASIH KARUNIA DARI ALLAH...MEMBUAT MANUSIA BISA MELAKUKAN TAURAT DENGAN SEMPURNA...DALAM KASIH ALLAH...
APAKAH KESEMPURNAAN TAURAT....KASIH AGAPE....DALAM KASIH ITU TERDAPAT PENGGENAPAN TAURAT DAN KITAB PARA NABI(ROMA 13:10)....DAN ITU DIBENARKAN OLEH AHLI TAURAT....
___________

ZAIN BERKATA…
anda berada dijalan pauluis yg bengkok saya berada yg keselamatan yg lurus yaitu jl yesus yg lurus i love yuo tuhan ALLAH RASUL yess udan
JAWAB :
UMAT ISLAM SELALU BERKATA DIALAH JALAN YANG LURUS…PADAHAL AYAT Q 1:6 =>TUNJUKILAH KAMI JALAN YANG LURUS=>ISLAM MEMOHON DITUNJUKI JALAN YANG LURUS….SO ANEH BUKAN???

APA BUKTI BAHWA ISLAM BUKAN JALAN YANG LURUS?KARENA DALAM ISLAM SANGAT RANCU PEMAHAMAN FIRMAN/QODIM DAN PERKATAAN MANUSIA…..MENURUT ISLAM TIDAK ADA BEDANYA ANTARA FIRMAN DAN PERKATAAN FANA…..APALAGI CONTOH DIATAS YANG ANDA TULISKAN…..FIRMAN DIPERSAMAKAN DENGAN MATA UANG YANG TERPENGARUHI OLEH KURS….SUNGGUH IRONIS SEKALI…INI MENCERMINKAN ANDA TIDAK PAHAM APA ITU FIRMAN…..
MENURUT ISLAM SAH-SAH SAJA FIRMAN DIJILAT….WOW SUNGGUH IRONIS….JIKA ANDA MENCINTAI YESUS ANDA TENTU MENERIMA SEMUA PERKATAAN TUHAN YESUS……TERMASUK PERNYATAAN AKULAH DIA(ANI HU) AKULAH ALLAH=>YOH 8:24….SO ANDA TIDAK DAPAT DIKATAKAN MENCINTAI TUHAN YESUS SELAMA ADA PERKATAAN YANG TIDAK DAPAT ANDA TERIMA….
____________
Zain Hamid          3:11am Apr 23
tuhan ALLAH rasul yesus dan roh kudus tiga pribadi yg berbeda
JAWAB :
APAKAH BAPA,PUTRA DAN ROH KUDUS 3 PRIBADI YANG BERBEDA??SUNGGUH IRONIS BOS ANDA DALAM MENCERMATI TEKS ALKITAB…
Matius 28:19
LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:
NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,
Bapa dan Anak dan Roh Kudus, oleh kalangan non kristiani dipandang seolah-olah 3 person atau bahkan politeisme (3 allah).
Tetapi di dalam Alkitab bahasa asli ditulis dengan ‘ONOMA’ bentuk tunggal, bukan dengan ‘ONOMATA’ bentuk jamak.
Text bahasa aslinya adalah demikian :
Textus Receptus (TR) : πορευθεντες ουν μαθητευσατε παντα τα εθνη βαπτιζοντες αυτους εις το ονομα του πατρος και του υιου και του αγιου πνευματος
Translit interlinear, poreuthentes {pergilah} oun {karena itu} mathêteusate {jadikanlah murid (-Ku)} panta {semua} ta ethnê {bangsa-bangsa} baptizontes {kalian baptiskanlah} autous {mereka} eis {di dalam} to onoma {nama, noun - accusative singular neuter} tou patros {Bapa} kai {dan} tou huiou {Putera} kai {dan} tou hagiou {Kudus} pneumatos {Roh}


Perubahan bentuk kata "ονομα - ONOMA" :
Tunggal:
Nominatif, ονομα - ONOMA
Genitif, ονοματος - 'ONOMATOS
Datif, ονοματι - 'ONOMATI'
Akusatif, ονομα - ONOMA
Jamak:
Nominatif, ονοματα - ONOMATA
Genitif, ονοματων - ONOMATÔN
Datif, ονομασιν - ONOMASIN'
Akusatif, ονοματα - ONOMATA
Bapa, Anak, dan Roh Kudus, masing-masing bukanlah "nama".Jika Bapa,Anak,dan Roh Kudus itu adalah masing-masing nama maka akan disebutkan nama-nama(ONOMATA).
JIKA BAPA ANAK DAN ROH KUDUS JAMAK ARTINYA 3 PRIBADI MAKA KATA YANG DIGUNAKAN BUKAN ONOMA….TETAPI ONOMATA….SPT CONTOH DIBAWAH INI…
1Taw. 9:44 Azel mempunyai enam orang anak dan inilah NAMA-NAMA(ONOMATA) mereka: Azrikam, Bokhru, Ismael, Searya, Obaja dan Hanan.
Alkitab selalu Konsisten Ajarkan THEOS itu ESA....
Taurat Ajarkan =>
Ul. 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
Mal.2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh?
Isa Ajarkan =>
Mrk. 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
Yoh. 5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
Rasul Paulus Ajarkan =>
1Kor. 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan TIDAK ADA ALLAH LAIN dari pada ALLAH YANG ESA."

Rasul Paulus jelas berkata => ...tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa....
Rasul Yohanes ajarkan =>
I Yoh 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
I Yoh 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.
(Penjabaran/penjelasan thd ajaran Rasul Yohanes ada dibawah....)
Yudas ajarkan =>
Yud. 1:25 ALLAH YANG ESA, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.
PERTANYAAN UNTUK ANDA…
Bahkan Paulus yang dicap sebagai Bapak Penyesat "Tritunggal", tetap menegaskan bahwa Allah itu Esa : "Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, YANG ESA! Amin.(1 Timotius 1:17). 


Karena tuduhan "3 Tuhan" yang tritheist itu tidak kena-mengena sedikitpun (!) dengan Kristianitas, maka sebaiknya kita kembalikan kepada teman Muslim yang empunya tuduhan untuk menjawab pertanyaan yang ditimbulkannya sendiri : 

"Ahli Kitab (Kristen & Yahudi) yang manakah yang dituduh menyembah TUHAN ITU TIGA?, siapakah tuhan-tuhan yang tiga itu? Dan Tuhan manakah yang dituduh ber-Anak karena ber-istri?"
_________________
Zain Hamid          5:18am Apr 23
Matius" pasal 5 ayat 9.
AW: Baik. Dalam pasal dan ayat itu menyebutkan: "Berbahagialah segala orang yang mendamaikan orang, karena mereka itu akan disebut anak-anak Allah."
BM: Berdasarkan ayat tersebut yang dimaksudkan " Anak Allah" itu ialah orang yang dihormati seperti Nabi. Kalau Yesus dianggap anak Allah, maka semua orang yang mendamaikan manusia pun menjadi anak-anak Allah juga. Jadi bukan Yesus saja Anak allah tetapi ada terlalu banyak.
AW: Dalam "Yohanes" pasal 14 ayat 9 disebutkan "Siapa yang sudah tampak Aku, ia sudah tampak Bapa," dan di ayat 10 disebutkan: "tiadakah engkau percaya bahwa aku ini didalam Bapa, dan Bapapun didalam Aku? Segala perkataan yang aku ini katakan kepadamu, bukanlah Aku katakan dengan kehendak sendiri, melainkan Bapa itu yang tinggal didalam Aku. Ia mengadakan segala perbuatan itu."
BM: Baiklah. Silahkan saudara periksa "Yohanes" pasal 17 ayat 23.

"Aku di dalam mereka itu, dan Engkau didalam Aku; supaya mereka itu sempurna di dalam persekutuan."
_____________
JAWAB :
Yohanes 3:16
LAI TB, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 
King James Version (KJV), For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life. 
TR, 
ουτως γαρ ηγαπησεν ο θεος τον κοσμον ωστε τον υιον αυτου τον μονογενη εδωκεν ινα πας ο πιστευων εις αυτον μη αποληται αλλ εχη ζωην αιωνιον
Translit Interlinear, 
houtôs {demikian} gar {karena} êgapêsen {mengasihi} ho theos {Allah} ton kosmon {manusia di dunia} hôste {sehingga} ton huion{anak} autou ton monogenê {yang tunggal/ yang unik} edôken {Ia telah memberikan} hina {supaya} pas {setiap (orang yang)} ho pisteuôn {percaya} eis {kepada} auton {Dia} mê {tidak} apolêtai {menjadi binasa} all {melainkan} ekhê {beroleh} zôên {hidup} aiônion {kekal}


Bandingkan dengan ayat ini :


* Yohanes 1:14 
LAI TB, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. 
KJV, 
And the Word was made flesh, and dwelt among us, and we beheld his glory, the glory as of the only begotten of the Father, full of grace and truth. 
TR, 
και ο λογος σαρξ εγενετο και εσκηνωσεν εν ημιν και εθεασαμεθα την δοξαν αυτου δοξαν ως μονογενουςπαρα πατρος πληρης χαριτος και αληθειας 
Interlinear, 
kai {adapun} ho {itu} logos {Firman} sarx {manusia (yang berdaging)} egeneto {menjadi,} kai {dan} eskênôsen {berdiam} en {diantara} êmin {kita,} kai {(bahkan)} etheasametha tên {kita melihat} doxan {kemuliaan} autou {-Nya} hôs {SEBAGAI} monogenous {Yang Unik/ Yang Tunggal/(of an only begotten)} para {dari} patros {Bapa} plêrês {penuh} charitos {anugerah} kai {DAN} alêtheias {kebenaran} 


* Yohanes 1:18 
LAI TB, Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
KJV, 
No man hath seen God at any time, the only begotten Son, which is in the bosom of the Father, he hath declared him. 
TR, 
θεον ουδεις εωρακεν πωποτε ο μονογενης υιος ο ων εις τον κολπον του πατρος εκεινος εξηγησατο
Translit Interlinear, 
theon {Allah} oudeis {tidak satupun} heôraken {melihat} pôpote {pernah} ho monogenês{Yang Tunggal} theos {Allah} huios {Anak} ho {yang} hôn {ada} eis {di} ton kolpon {pangkuan/pelukan} tou patros {Bapa} ekeinos {Dia itu} exêgêsato {menyatakanNya} 


Kata "Tunggal", Yunani 
"monogenous/ monogenês", berasal dari kata μονος - monos, tunggal, hanya, dan γινομαι - ginomai, menjadi.
Menurut leksikon Yunani : single of its kind (unique), only . Maka pengertiannya dalam bahasa Indonesia adalah "yang tunggal; yang unik, yang khas/ khusus; yang tiada taranya". Maksud gelar "Tunggal" disini adalah Yesus "berbeda" dengan gelar anak-anak Allah yang disandang oleh manusia lainnya. Sebab Yesus yang asali bukanlah ciptaan, melainkan Ia adalah Allah sendiri yang inkarnasi ke dunia, lahir dengan meminjam rahim seorang perawan, dan kelahiranNya ini bukan akibat proses pembuahan/ perkawinan perempuan dan laki-laki. melainkan Ia lahir secara khusus dari Roh Kudus :
VERSI ALQURAN DAN HADIS MENJELASKAN…
1.LANDASAN HADITS
PERKATAAN Muhammad sendiri yang mengatakan: "Isa faa innahu Rohullah wa Kalimatuhu'- (Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Firman-Nya). (Hadits Anas bin Malik--Mutiara Hadits halaman 353).
Terjemahan:
Kata Ibnu ‘Abbas r.a.: Yahya dan ‘Isa adalah saudara sepupu dari pihak ibu, dan ibu Yahya pernah berkata kepada Maryam: “Aku mendapati bahwa bayi yang ada dalam perutku bersujud kepada bayi yang ada di perutmu”. Yahya sudah membenarkan ‘Isa sejak dalam kandungan ibunya, dan dialah orang yang paling awal menyaksikan kebenaran ‘Isa, yaitu ‘Isa sebagai Firman Allah.
2.LANDASAN QURAN
Perhatikan penggalan kalimat Quran Q 4:171 =
" .... Sesungguhnya Al-Masih, Isa putera Maryam itu, tidak lain melainkan utusan Allah dan KALIMAHNYA yang Ia [Allah] BERIKAN KEPADA MARYAM DENGAN TIUPAN RUH DARIPADA-NYA [Allah]."
Apakah tersirat bahwa Isa diciptakan dalam kandungan Maria ? Tidak!! Tapi Kalimatullah itu dikandung oleh Maria dengan Kuasa Rohullah.
Kata "Al Qoha Ila Maryam" yang diartikan dengan Meniupkannya ke dalam rahim Maryam susunan kalimatnya berbentuk kata kerja transitif (fi'il muta'addi), yaitu kata kerja yang membutuhkan obyek penderita.
Pada ayat ini, subyeknya adalah "Allah".Kata kerjanya ialah "alqo" (melemparkan). Obyek penderitanya ialah "ha" (Kalimah).
Tepatnya: Allah [God] adalah Subject - Alqo adalah Verb - Kalimatullah adalah Object. Kalimatullah itu dijelmakan dalam Kemanusiaan Yesus, tapi Kalimatullah itu tetap melekat [Qodim] dalam diri Allah. Inilah KeMaha-Hadiran dan KeMaha-Kuasaan Allah. Umat Kristen menamakan Bayi Mesias itu Immanuel [Allah beserta kita].
bandingkan dengan konteks penciptaan Adam, siapapun dengan mudah akan mengerti bahwa ini adalah penciptaan, BUKAN inkarnasi. yg dibuat dari bahan tanah (debu) dan dihembuskan (diberikan) nafas.
Sedangkan An-Nisa 171:
" .... KalimahNya yang Ia BERIKAN KEPADA MARYAM DENGAN TIUPAN RUH DARIPADANYA .... "
Kalau Anda mau jujur, nats An-Nisa 171 adalah INKARNASI/NUZUL Kalimatullah dalam Kemanusiaan Isa Al Masih, sama sekali BUKAN penciptaan!
KONFIRMASI ALKITAB MENGENAI KELAHIRAN YESUS…BENAR-BENAR DIKANDUNG DARI ROH KUDUS ITU SENDIRI….YANG ADALAH ROH ALLAH…
Matius 1:20
LAI TB, Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
LAI TL, Tetapi sedang ia berpikir demikian, kelihatanlah padanya di dalam mimpi seorang malaekat Tuhan, yang berkata, “Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau kuatir menerima Maryam itu menjadi isterimu, karena kandungannya itu terbitnya daripada Rohulkudus.
KSI, Tetapi sementara ia memikirkan hal itu, malaikat Tuhan memperlihatkan diri kepadanya dalam mimpi. Malaikat itu berkata, “Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut menerima Maryam sebagai istrimu, karena anak yang ada dalam kandungannya itu berasal dari Ruh Allah.
KJV : But while he thought on these things, behold, the angel of the LORD appeared unto him in a dream, saying, Joseph, thou son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife: for that which is conceived in her is of the Holy Ghost.
TR, ταυτα δε αυτου ενθυμηθεντος ιδου αγγελος κυριου κατ οναρ εφανη αυτω λεγων ιωσηφ υιος δαβιδ μη φοβηθης παραλαβειν μαριαμ την γυναικα σου το γαρ εν αυτη γεννηθεν εκ πνευματος εστιν αγιου
Translit interlinear, tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} autou {dia} enthumêthentos {ketika memikirkan,} idou {perhatikanlah,} aggelos {Malaikat} kuriou {Tuhan} kat {didalam} honar {mimpi} ephanê {menampakkan dii} autô {kepada dia,} legôn {berkata,} iôsêph {Yusuf,} huios {anak (keturunan)} dabid {Daud} mê {janganlah} phobêthês {engkau merasa trakut} paralabein {untuk mengambil} mariam {Maria} tên gunaika {sebagai isteri} sou {mu,} to {(Anak yang)} gar {sebab} hen {didalam} autê {dia} gennêthen {terjadi/ dilahirkan} ek {of, berasal dari, keluar dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}
Kelahiran Yesus berasal dari Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah.
Bahasa Inggris mempunyai kata yang sepadan : “gennêthen ek pneumatos estin hagiou”
Translit interlinear : gennêthen {IS BEGOTTEN} ek {OF} pneumatos {[THE] SPIRIT} estin {IS} hagiou {HOLY.}
is begotten of the Holy Spirit; “of” bukan “from” artinya yang dalam kandungan anak dara Maria itu adalah Roh Kudus sendiri, bukan ‘pemberian dari’ Roh Kudus.
Maka, secara kontekstual Matius1:20 mempunyai pengertian bahwa “anak yang di dalam kandungannya adalah Roh Kudus”
Alkitab bicara tentang ‘Roh Kristus’, ‘Roh Allah’, ‘Roh Kudus’ dan ‘Roh’ tanpa perbedaan sampai ungkapan yang sangat sulit ‘Tuhan yang adalah Roh’
JADI IA MURNI BAHAN DASARNYA ADALAH ROH KUDUS(SHG IA ZAKIYAH SELAMANYA=Q 19:19=ALQURAN TIDAK MENYATAKAN ISA SUCI ZAKIYAH HANYA SAAT BAYI SAJA…GA ADA AYATNYA DIALQURAN MENYATAKAN DEMIKIAN)…BUKAN TANAH SPT MANUSIA….BUKAN OVUM/SPERMA

KelahiranNya yang "unik" ini berkaitan dengan gelar 
"ho monogenes huios", "Sang Anak yang tunggal" ("Yang Unik/Yang satu-satunya/ Yang tiada taranya").    
Anak Tunggal Bapa / Yang Tunggal dari Bapa yang dimaksudkan dalam Yohanes 1:14 adalah sebutan bagi Yesus yang adalah Allah itu datang ke bumi sebagai manusia. Kekhususan gelar "Anak Tunggal Allah" sebagai kekhususan pribadi Yesus yang adalah Sang Firman yang 'nuzul' dalam wujud manusia. Di dalam kemanusiaan Yesus telah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, artinya, bahwa seluruh hakekat Allah dinyatakan di dalam diri Yesus. 

* Kolose 2:9
LAI TB, Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, 
TR Trabslit, 
hoti en autô katoikei pan to plêrôma tês theotêtos sômatikôs 

Di dalam diri Yesus itulah Allah menyatakan atau memperkenalkan diri-Nya secara sempurna. Oleh karena itu maka Yesus juga disebut "cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah", sehingga barangsiapa telah melihat Yesus, ia telah melihat Bapa : 


* Yohanes 14:9 
... "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" ... 

TR Translit, 
ho heôrakôs eme heôraken ton patera 


*Ibrani 1:3 
LAI TB, Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi 
TR Translit, 
hos hôn apaugasma tês doxês kai kharaktêr tês hupostaseôs autou pherôn te ta panta tô rêmati tês dunameôs autou di heautou katharismon poiêsamenos tôn hamartiôn hêmôn ekathisen en dexia tês megalôsunês en hupsêlois 

Itulah yang membedakan istilah "Anak Tunggal Allah" (
monogenes) dengan istilah "anak-anak Allah" yang diberikan kepada manusia biasa. Perlu dicatat bahwa iman Kristiani tidak pernah memandang istilah "Anak Allah" itu berarti Allah sebagai makhluk biologis, kawin, kemudian mempunyai anak. Penggelaran "Anak Allah" diberikan setelah Dia dibabtis di sungai Yordan:

* Matius 3:16-17 
3:16 Sesudah dibabtis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun keatasNya, 
3:17 Lalu terdengarlah suara dari Sorga yang mengatakan: "Inilah Anakku yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan. 


Yesus disebut Anak Allah 
"huios theou" (bentuk tunggal). Anak Allah bukan berarti bahwa Allah itu seperti seorang perempuan beranak. "Anak Allah" adalah gelar yang diberikan untuk menunjukkan keakraban hubungan. Yesus dan Bapa memiliki "satu" hakikat, tidak berarti bahwa kedua-duanya itu identik. 

* Lukas 1:35 
LAI TB, Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 
KJV, 
And the angel answered and said unto her, The Holy Ghost shall come upon thee, and the power of the Highest shall overshadow thee: therefore also that holy thing which shall be born of thee shall be called the Son of God. 
TR, 
και αποκριθεις ο αγγελος ειπεν αυτη πνευμα αγιον επελευσεται επι σε και δυναμις υψιστου επισκιασει σοι διο και το γεννωμενον αγιον κληθησεται υιος θεου
Translit Interlinear, 
kai {lalu} apokritheis {menjawab} ho {itu} aggelos {malaikat} eipen {berkata} autê {kepadanya, pneuma {Roh} hagion {Kudus} epeleusetai {akan datang} epi {atas} se {engkau,} kai {dan} dunamis {kuasa} upsistou {Yang Mahatinggi} episkiasei {akan menaungi} soi {engkau;} dio {karena itu} kai {juga} to {yang} gennômenon {dilahirkan} hagion {Kudus} klêthêsetai {akan dipanggil} huios {Anak} theou {Allah}

MAKA DARI ITU...SEKALIPUN MANUSIA DISEBUTKAN ANAK-ANAK ALLAH....SEBELUM KRISTUS....TIDAK ADA SEORANGPUN MEMANGGIL ALLAH DENGAN SEBUTAN BAPA........KARENA SUBSTANSI MANUSIA DAN ALLAH ITU JAUH BERBEDA….MANUSIA DARI DEBU TANAH…SEDANG TUHAN YESUS DARI ROH ALLAH ITU SENDIRI 100%...SHG MANUSIA SEBELUM DILAYAKKAN OLEH KORBAN TUHAN YESUS…MANUSIA TIDAK ADA SEORANGPUN MEMANGGIL ALLAH DENGAN SEBUTAN BAPA….

JIKA SEORANG MENYATAKAN ALLAH ITU BAPA...MAKA DENGAN KATA LAIN ANDA SEDANG BERKATA ANDA ITU SEHAKEKAT DENGAN ALLAH....

Yoh. 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

JELAS SEKALI DITULISKAN.... Ia(TUHAN YESUS) mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah....

HANYA 1 PRIBADI DI DUNIA INI YANG PERTAMA KALI MENYEBUT ALLAH DENGAN SEBUTAN BAPA....DAN YANG DIALAH TUHAN YESUS...ALLAH SENDIRI....

ALLAH SENDIRI INGIN MEMILIKI HUBUNGAN KEKERABATAN DENGAN MANUSIA SPT BAPA DAN ANAK(HOSEA 1:10 CUKUP JELAS...),DAN HUBUNGAN INI HANYA MELALUI TUHAN YESUS....
______________

Zain Hamid          5:31am Apr 23

Bangsa Yahudi/Israel mempunyai keyakinan bahwa Juru Selamat
Dunia adalah keturunan Ibrahim dan juga keturunan Daud, hal
ini berarti Juru Selamat Dunia adalah keturunan Ibrahim dari
garis Ishak bukan dari garis Ismail. Tetapi ternyata
keyakinan itu sendiri disangkal oleh Yesus sendiri.

Ketika orang-orang Farisi sedang berkumpul, Yesus bertanya
kepada mereka, kata-Nya: "Apakah pendapatmu tentang Mesias
(Juru Selamat)?" "Anak siapakah Dia?" Kata mereka
kepada-Nya: "Anak Daud." Kata Yesus kepada mereka: "Jika
demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut
Dia Tuhan-nya, ketika ia berkata: Tuhan telah berfirman
kepada Tuhan-ku: duduklah di sebelah kanan-Ku sampai
musuh-musuh-Mu kutaruh dibawah kaki-Mu. Jadi jika Daud
menyebut Dia Tuhannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"
Tidak ada seorangpun yang berani menanyakan sesuatu
kepada-Nya" (Mateus 22: 41-46).
JAWAB :
APA MAKNA MATIUS 22:41-46?
Matius 1:1 
LAI TB, 
Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.
KJV, 
The book of the generation of Jesus Christ, the son of David, the son of Abraham. 
TR, 
βιβλος γενεσεως ιησου χριστου υιου δαβιδ υιου αβρααμ 
Translit, 
biblos geneseôs iêsou christou huiou dabid huiou abraam
Versus

* Matius 22:45 
Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" 

* Markus 12:37 
Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat. 

* Lukas 20:44 
Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?
Tidak ada kontradiksi sama sekali pada ayat-ayat diatas :



MESIAS ANAK DAUD :


Matius 1:1, sebutan 'Anak Daud' diberikan kepada Yesus yang berarti Yesus adalah keturunan Daud. Matius menetapkan bahwa Yesus adalah keturunan Daud yang sah dengan merunut garis keturunan Yusuf yang berasal dari keluarga Daud. Walaupun Yesus dikandung oleh Roh Kudus, secara resmi (hukum Yahudi) Ia tetap dicatat sebagai anak Yusuf, secara hukum Yahudi -- bukan secara darah-daging -- Yusuf adalah ayah dari Yesus Kristus. Dan menurut hukum pula adalah anak Daud dalam pengertian 'keturunan Daud' dari anaknya yang bernama Salomo. Sedangkan, silsilah yang disajikan oleh Lukas merunut garis keturunan Yesus melalui kaum pria dalam garis keturunan Maria (yang juga dari keturunan Daud dari anaknya yang bernama Nathan). Lukas menekankan bahwa Yesus adalah anak kandung Maria. Dengan demikian para penulis kitab Injil menegaskan bahwa Yesus berhak menjadi Mesias baik secara hukum maupun secara biologis.

Bagi para pembaca masa kini, Matius agaknya telah memilih suatu cara yang luar biasa untuk memulai kitab Injilnya; Daftar silsilah yang panjang ini agaknya membosankan bagi orang lain. Tetapi bagi orang Yahudi cara itu adalah cara yang biasa dan yang paling menarik, dan merupakan cara yang penting untuk memulai ceritera kehidupan seseorang. 

Orang-orang Yahudi sangat tertarik kepada silsilah-silsilah. Bahkan Matius menyebut kitab yang ditulisnya itu dengan nama BUKU SILSILAH YESUS KRISTUS. Hal ini bagi orang Yahudi merupakan suatu ungkapan yang biasa. Dan hal itu juga merupakan catatan garis keturunan seseorang dengan beberapa kalimat penjelasannya. Di dalam Perjanjian Lama sering ditemukan DAFTAR-DAFTAR SILSILAH ATAU KETURUNAN dari orang-orang yang terkenal. Ketika Yesefus menulis otobiografinya, iapun mulai dengan asal-usulnya sendiri, yang menurutnya ia temukan di dalam kitab catatan umum. 

Alasan dari minat orang Yahudi terhadap asal-usul seseorang itu ialah, bahwa mereka dapat menemukan kemurnian garis keturunan seseorang. Dan hal itu merupakan hal yang sangat penting bagi mereka. Kalau di dalam garis keturunan itu ditemukan adanya campuran darah dari orang lain, maka orang yang bersangkutan akan kehilangan haknya untuk disebut sebagai Yahudi dan sebagai anggota umat Allah. Seorang imam umpamanya, mempunyai kewajiban untuk menunjukkan catatan asal-usul yang bermula dari Harun terus sampai kepada dirinya sendiri tanpa putus-putus. Kalau ia menikah, maka harus menunjukkan garis asal-usul paling sedikit lima generasi yang lampau. 

Hal ini mungkin tidak terlalu menarik kita. Tetapi bagi orang Yahudi hal itu merupakan hal yang sangat penting, karena asal-usul Yesus dapat ditelusuri kembali kepada Abraham. Daftar asal-usul itu juga dimaksudkan untuk membuktikan, bahwa Yesus adalah benar-benar Anak Daud. Dengan merujuk kepada Anak Daud, Matius dan Lukas membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah MESIAS yang dijanjikan.

-----

Mengapa garis silsilah untuk Yesus Kristus Sang Mesias itu ketika lahir sebagai manusia begitu penting, dan ini perlu disampaikan oleh Matius dan Lukas. Sebab kedatangan Kristus adalah pemenuhan nubuat bahwa Mesias itu akan lahir dari keturunan Daud. Kita berbalik ke belakang ke seribu tahun sebelum kelahiran Kristus, bahkan sebelum itu, janji itu telah diberikan bahwa Kristus akan dari suku Yehuda dan dari keturunan Daud. Ketika Bayi itu lahir di Betlehem merupakan verifikasi dari janji-janji itu : 


Mesias keturunan Daud : 

* Yesaya 11:1-16 RAJA DAMAI AKAN DATANG 
11:1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. 
11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; 
11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. 
11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik. 
11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang. 
11:6 Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. 
11:7 Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. 
11:8 Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak. 
11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya. 
11:10 Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia. 
11:11 Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam, di Sinear, di Hamat dan di pulau-pulau di laut. 
11:12 Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi. 
11:13 Kecemburuan Efraim akan berlalu, dan yang menyesakkan Yehuda akan lenyap. Efraim tidak akan cemburu lagi kepada Yehuda, dan Yehuda tidak akan menyesakkan Efraim lagi. 
11:14 Tetapi mereka akan terbang ke barat, ke atas lereng gunung Filistin, bersama-sama mereka akan menjarah bani Timur; mereka akan merampas Edom dan Moab, dan orang Amon akan patuh kepada mereka. 
11:15 TUHAN akan mengeringkan teluk Mesir dengan nafas-Nya yang menghanguskan, serta mengacungkan tangan-Nya terhadap sungai Efrat dan memukulnya pecah menjadi tujuh batang air, sehingga orang dapat melaluinya dengan berkasut. 
11:16 Maka akan ada jalan raya bagi sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur, seperti yang telah ada untuk Israel dahulu, pada waktu mereka keluar dari tanah Mesir. 


Catatan : Isai adalah Ayah dari Daud 

* Yeremia 23:5-8 
23:5 Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. 
23:6 Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN--keadilan kita. 
23:7 Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa orang tidak lagi mengatakan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, 
23:8 melainkan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun dan membawa pulang keturunan kaum Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah menceraiberaikan mereka!, maka mereka akan tinggal di tanahnya sendiri." 



Mesias lahir dari suku Yehuda : 

* Kejadian 49:10 
Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. 

* Ulangan 18:15 
Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan. 

* Ulangan 18:18-19 
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. 
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban. 

* Kejadian 17:19 
17:19 Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. 


Yehuda adalah anak dari Yakub bin Ishak bin Abraham (dari ibu yang bernama Sara). 


JADI : 

Kedua silsilah dalam (Matius 1:1 dan Lukas 3:31) secara manusiawi membuktikan bahwa Yesus adalah keturunan Daud, suku Yehuda. 




MESIAS TUAN-NYA DAUD


Sekarang mengenai ayat-ayat yang dituduhkan kontradiksi dengan Matius 1:1 kita harus melihat konteks apa yang tertulis Matius 22:45; Markus 12:37; Lukas 20:44. Mari kita lihat selengkapnya sbb :


* MATIUS 22:41-46 Hubungan antara Yesus dan Daud
22:41 Ketika orang-orang Farisi sedang berkumpul, Yesus bertanya kepada mereka, kata-Nya:
22:42 "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud."
22:43 Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:
22:44 TUHAN telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" 
22:46 Tidak ada seorang pun yang dapat menjawab-Nya, dan sejak hari itu tidak ada seorang pun juga yang berani menanyakan sesuatu kepada-Nya.



Mesias, lihat Markus 12:35-37; Lukas 20:41-44. 
Yesus bertanya mengenai pandangan orang Farisi terhadap Mesias. Mereka menjawab secara benar bahwa Mesias adalah anak Daud (ayat 42). 

Pertanyaan Yesus lebih lanjut dalam ayat 43-44 mengandaikan bahwa (sebagaimana yang diyakini orang-orang Yahudi pada zaman-Nya). Daud adalah penulis Kitab Mazmur, dibawah ilham Roh yang berisikan pernyataan kenabian mengenai masa depan (nubuat). Dalam Mazmur 110:1, Daud menunjuk kepada Mesias sebagai "Tuanku" :


* Mazmur 110:1 
LAI TB, 
Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu." 
KJV, 
The LORD said unto my Lord, Sit thou at my right hand, until I make thine enemies thy footstool. 
Hebrew, 

לְדָוִד מִזְמֹור נְאֻם יְהוָה ׀ לַֽאדֹנִי שֵׁב לִֽימִינִי עַד־אָשִׁית אֹיְבֶיךָ הֲדֹם לְרַגְלֶֽיךָ׃
Translit, LEDAVID MIZMOR NE'UM YEHOVAH LE'ADONI SYEV LIMINI 'AD-'ASYIT OIVEIKHA HADOM LERAGLEIKHA 


Mesias di satu pihak dinubuatkan sebagai keturunan dari Daud, namun dipihak lain Daud sendiri menyebut keturunannya itu "Tuanku". Agaknya inilah yang susah dipahami oleh para ahli Taurat.

Jelas menurut Mazmur 110:1 Sang Mesias itu kedudukannya lebih tinggi daripada Daud, sehingga sebutan "Anak Daud" bukanlah sebutan yang layak untuk Mesias (lihat ayat 45). 

Tetapi atas pertanyaan Yesus pada ayat 45 ini tidak bisa dijawab oleh orang-orang Farisi itu. Namun kami sebagai orang percaya, bisa mengerti dan faham akan konteks yang dipertanyakan Yesus itu. Bahwa Sang Mesias yang lahir dari Roh Allah, Dia adalah Allah yang "kenosis" atau "merendahkan diriNya" mengambil rupa seorang hamba dan menjadi serupa dengan manusia (Filipi 2:6-8 ), lahir dari anak dara Maria seorang keturunan dari Daud melalui Natan (Lukas 3:31), sehingga Ia-pun disebut "Anak Daud" (Keturunan Daud) :


* Matius 1:20
LAI TB, 
Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
KJV, 
But while he thought on these things, behold, the angel of the LORD appeared unto him in a dream, saying, Joseph, thou son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife: for that which is conceived in her is of the Holy Ghost. 
TR, 
ταυτα δε αυτου ενθυμηθεντος ιδου αγγελος κυριου κατ οναρ εφανη αυτω λεγων ιωσηφ υιος δαβιδ μη φοβηθης παραλαβειν μαριαμ την γυναικα σου το γαρ εν αυτη γεννηθεν εκ πνευματος εστιν αγιου
Interlinear, 
tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} autou {dia} enthumêthentos {ketika memikirkan,} idou {perhatikanlah,} aggelos {Malaikat} kuriou {Tuhan} kat {didalam} honar {mimpi} ephanê {menampakkan dii} autô {kepada dia,} legôn {berkata,} iôsêph {Yusuf,} huios {anak (keturunan)} dabid {Daud} mê {janganlah} phobêthês {engkau merasa trakut} paralabein {untuk mengambil} mariam {Maria} tên gunaika {sebagai isteri} sou {mu,} to {(Anak yang)} gar {sebab} hen {didalam} autê {dia} gennêthen {terjadi/ dilahirkan} ek {dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}


* Lukas 1:35 
LAI TB, 
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 
KJV, 
And the angel answered and said unto her, The Holy Ghost shall come upon thee, and the power of the Highest shall overshadow thee: therefore also that holy thing which shall be born of thee shall be called the Son of God. 
TR, 
και αποκριθεις ο αγγελος ειπεν αυτη πνευμα αγιον επελευσεται επι σε και δυναμις υψιστου επισκιασει σοι διο και το γεννωμενον αγιον κληθησεται υιος θεου
Interlinear, 
kai {lalu} apokritheis {menjawab} ho {itu} aggelos {malaikat} eipen {berkata} autê {kepadanya, pneuma {Roh} hagion {Kudus} epeleusetai {akan datang} epi {atas} se {engkau,} kai {dan} dunamis {kuasa} hupsistou {Yang Mahatinggi} episkiasei {akan menaungi} soi {engkau;} dio {karena itu} kai {juga} to {yang} gennômenon {dilahirkan} hagion {Kudus} klêthêsetai {akan dipanggil} huios {Anak} theou {Allah}


Demikianlah, kami umat Kristiani bisa menjawab apa yang ditanyakan Yesus Kristus mengenai status Sang Mesias kepada para Ahli Taurat : 
Bahwa Sang Mesias itu yang adalah Allah sendiri, telah merendahkan diriNya lahir melalui kandungan anak dara Maria, sehingga dalam hal ini Sang Mesias bisa disebut Anak/ keturunan Daud dan sekaligus bisa disebut Tuan-nya Daud.

APAKAH TUHAN YESUS TIDAK PERNAH MENYATAKAN DIRINYA MESIAS?PERNAH…
YOH 4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa MESIAS(JURUSELAMAT) akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami."
YOH 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia[AKULAH MESIAS YANG AKAN DATANG], yang sedang berkata-kata dengan engkau."
HAL DIATAS TERULANG LAGI…
YOH 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata: "Percayakah engkau kepada Anak Manusia?"=>PERCAYAKAH ENGKAU KEPADA ANAK MANUSIA??PERCAYAKAH ENGKAU BAHWA YESUS ITU MESIAS?
YOH 9:36 Jawabnya: "Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya."
YOH 9:37 Kata Yesus kepadanya: "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"
YOH 9:38 Katanya: "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.
BERARTI TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRINYA BENAR-BENAR MESIAS…..
KARENA TUHAN YESUS MESIAS/JURUSELAMAT….MAKA MISI-NYA DATANG KE DUNIA ADALAH SBB:
BERIKUT ADALAH MISI TUHAN YESUS...DATANG UNTUK MENEBUS DOSA..MELALUI PERNYATAAN DIA SENDIRI...

Mat. 20:28 sama seperti Anak Manusia  datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk 
memberikan NYAWA-NYA menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."

Mrk. 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk
memberikan NYAWA-NYA menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."

Luk. 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan MENYELAMATKAN YANG HILANG."

Mat. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk PENGAMPUNAN DOSA.

Mrk. 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan BAGI BANYAK ORANG.
KONSEP KESELAMATAN YANG DITAWARKAN BUKAN HANYA UNTUK BANGSA ISRAEL SAJA…SEBAB…
MZM 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan KESELAMATAN-Mu di antara SEGALA BANGSA.
KESELAMATAN-NYA ADA DIANTARA SEGALA BANGSA...ARTINYA BANGSA-BANGSA...

BAHKAN KESELAMATANNYA AKAN SAMPAI KE UJUNG BUMI…
YES 49:6 =>… keselamatan yang dari pada-Ku(DARI PADA ALLAH) sampai ke ujung bumi."
KONSEP KESALAMATAN YANG ISA TAWARKAN...
Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam DUNIA bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
Yoh 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya.
DENGAN JELAS DITULISKAN 2X.....AKU DATANG BUKAN UNTUK MENGHAKIMI DUNIA...MELAINKAN UNTUK MENYELAMATKANNYA...MENYELAMATKAN SIAPA??DUNIA INI....BUKAN HANYA BANGSA ISRAEL...!!KRN TIDAK ADA AYATNYA....AKU DATANG HANYA UNTUK MENYELAMATKAN BANGSA ISRAEL!!!
PERLU ANDA KETAHUI SEBELUMNYA….
PERTAMA PERLU DILURUSKAN TUHAN MENGKLAIM DIRI-NYA SATU-SATUNYA JURUSELAMAT...

YES 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DARI PADA-Ku.(TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DIA[TUHAN])

HOSEA 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku,dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN dari AKU[TUHAN].

KONSEP PENEBUSAN DOSA ADA DI DALAM PERJANJIAN LAMA…PENEBUSAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..

Mzm. 107:2Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,

Yes. 62:12Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "orang-orang TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]

Mi. 4:10……. engkau[MANUSIA] akan DITEBUS oleh TUHAN ….

BERARTI HANYA TUHAN YANG BERKUASA MENEBUS DOSA MANUSIA…..karena hanya Tuhan ALLAH sajalah yang mampu menguduskan dan menyucikan manusia dari DOSA dan PEMBERONTAKAN terhadap ALLAH…
DALAM MELAKUKAN PROSES "PENEBUSAN" IA TIDAK MENGUTUS DUTA/UTUSAN...TETAPI DIRI-NYA SENDIRI....DALIL DIBAWAH...

JANJI DATANGNYA JURUSELAMAT =>YES 63:9 =>SEKALIGUS PEMBUKTIAN BAHWA IA DALAM MELAKUKAN PROSES PENEBUSAN TIDAK PERNAH MEMERINTAHKAN DUTA/UTUSAN...IA MENGUTUS DIRI-NYA SENDIRI.....

YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,"maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAH yang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]
YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSA pemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Yer. 33:8 Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

PEMBERONTAKAN TERHADAP ALLAH IDENTIK DENGAN PEMBERONTAKAN TERHADP ROH KUDUS...

YES 63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka,dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

AKULAH DIA YANG MENGHAPUS DOSA PEMBERONTAKANMU....OLEH KARENA AKU SENDIRI......

DENGAN CARA MENEBUS DOSA MANUSIA....DIA SENDIRILAH YANG MENEBUS DOSA MANUSIA...[YES 43:25].

JADI JIKA ADA MANUSIA BIASA DARI DEBU TANAH MENGKLAIM DIRINYA JURUSELAMAT ITU OMONG KOSONG....LAH WONG MANUSIA TIDAK DAPAT MENYUCIKAN DIRINYA SENDIRI....APALAGI MENEBUS DOSA ORANG LAIN....BACA YEH 18:20 =>MANUSIA TIDAK DAPAT MENANGGUNG DOSA SESAMANYA....HANYA ALLAH SAJA YANG DAPAT MENANGGUNG DOSA UMAT MANUSIA....




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar