TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DOSA DAN PENGUDUSAN DOSA.....

PEMBAHASAN DOSA DAN PENGAMPUNAN DOSA
[Written By Transformasi Indonesia]
 
Apakah pandangan Alkitab tentang DOSA WARIS.Apakah Itu Dosa Waris....??

PEMAHAMAN DOSA WARIS DARI KACAMATA KRISTEN....

Bagaimana manusia itu dapat memiliki Dosa Waris???Dari mana Dosa Waris itu?...dari Adam dan Hawa....spt apa turunnya??

Hal Penciptaan Manusia...=>

Kej 2:7    ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya;demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

YES 63:11 .............. Di manakah Dia yang menaruh ROH KUDUS-Nya dalam hati mereka;

Saat Tuhan menghembuskan nafas hidup ke dalam diri manusia bernama Adam,manusia itu dihembusi juga Roh Allah didalam dirinya.Shg Citra dan Gambar Allah melekat didalam diri manusia karena memiliki ROh Allah.Saat manusia didalam kekuasaan Roh Allah 100% di Surga...Manusia tidak dapat melakukan hal dosa atau tidak dapat melukai hati Tuhan.....krn ada Roh Allah yang selalu menuntun manusia untuk melakukan apa yang berkenan kepada Tuhan...


Tuhan berkata =

Kej 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

Kej 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya,pastilah ENGKAU MATI."

Mati dalam hal apa???Dalam Hal Roh...

Saat Adam terpisah diusir dari taman eden itu adalah awal dari perpisahan manusia dengan Tuhan....Puncaknya adalah pernyataan Tuhan dibawah ini....

Kej 6:3    Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging,tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."


ROH TUHAN tidak akan lagi tinggal di dalam manusia...artinya manusia itu hidup menurut daging/keinginan diriNya sendiri....

Bukti Bahwa Tuhan sadar sepenuhnya bahwa manusia yang telah jatuh dalam dosa itu tidak lagi hidup menurut tuntunan Roh-Nya...maka Tuhan berkata...

Kej 6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,
(Hal yg dilakukan manusia itu kecenderungannya kejahatan semata-mata)

Bahkan dipertegas...

Kejadian 8:21
LAI TB, Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia,sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.

Dipertegas oleh Kej 8:21 manusia itu dapat melakukan dosa sejak kecilnya...mengapa??krn manusia telah hidup dibawah TABIAT DOSA....artinya dibawah pengaruh HAWA NAFSU DAGING...

Harap bedakan antara "TABIAT" berdosa dengan "PERBUATAN" dosa.
Bayi yang baru dilahirkan tidak akan berbuat dosa tetapi ia sudah berada dalam "keadaan" atau "tabiat" dosa.

Contoh KASUS sederhana UNTUK MEMAHAMI [TABIAT DOSA],

1. siapa yang mengajar seorang anak berbohong?

2. Atau kumpulkan bayi-bayi yang sudah bisa merangkak atau berjalan, letakkan di suatu tempat dan berikan pula sesuatu – katakanlah mainan --yang menarik perhatian mereka. Apakah yang mereka perbuat? Pasti bakal terjadi perebutan mainan, dan pasti bakal ada yang menangis karena kagakkebagian. Apakah yang menyebabkan semua ini?

Sejak kecil aja udah berebut, apalagi kalo udah gede...

Banyak pakar yang menyelidiki bahwa seorang anak berbohong tanpa diajar atau tanpa pengaruh lingkungannya. Demikian pula seorang anak kecil dapat saja merampas mainan temannya tanpa diajar oleh orang tuanya, melainkan atas dorongan di dalam dirinya sendiri. Inilah "TABIAT DOSA".

Inilah yang menurut kalangan Kristiani disebut sebagai "DOSA ASAL", "DOSA WARIS", "DOSA TURUNAN" atau apa saja istilahnya, untuk membedakannya dengan "perbuatan dosa".

Ciri manusia itu adalah daging dan terikat didalam daging adalah hal berikut...

Roma 7:19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki,yaitu YANG JAHAT, yang AKU PERBUAT.

Roma 7:21 Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik,
YANG JAHAT ITU ADA PADAKU.


Didalam kehidupan ini ada 2 Tuan didalam manusia...
1. Tuhan
2. Iblis dan Keinginan daging...

Yohanes 8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap ORANG yang BERBUAT DOSA, adalah HAMBA DOSA.

Jadi saat manusia memperhambakan diri kepada hawa nafsu daging...maka dosa yang ia lakukan....

Rekan-rekan Ismael sering "menuduh" bahwa konsep dosa asal, dosa waris, atau apa pun namanya, berasal dari rasul Paulus.

Tuduhan itu jelas tidak tepat karena ternyata ide tentang dosa asal itu ada di dalam Perjanjian Lama.

>>Ayub 15:14
LAI TB, Masakan manusia bersih, masakan benar yang lahir dari perempuan?
Translit, MAH-'ENOSY KI-YIZKEH VEKHI-YITSDAQ YELUD 'ISYAH


>>Mazmur 51:5 (Tehillim 51:7)
LAI Terjemahan Baru (TB), Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
King James Version (KJV), Behold, I was shapen in iniquity; and in sin did my mother conceive me.

Translit Interlinear, HEN-BE'AVON {lihatlah dalam kesalahan} KHOLALTI {aku dilahirkan} 'UVEKHETE' {dan dalam dosa} YEKHEMATNI {ia mengandungku} 'IMI {ibuku}


UVEKHETE' YEKHEMATNI 'IMI", "dalam dosa aku dikandung ibuku", ia menggunakan 'paralelisme' Ibrani dengan menggunakan dua kata 'AVON dan KHET/ KHATE. Paralelisme Ibrani senantiasa mengumandangkan ide kesejajaran, bukan mempertentangkan atau membedakan antara "kesalahan" dan "dosa" karena kedua kata ini ibarat dua sisi mata uang.

1 Yohanes 5:17
LAI TB, Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.
KJV, All unrighteousness is sin: and there is a sin not unto death.

Bandingkan dengan terjemahan ini :

LAI TL, Adapun tiap-tiap kesalahan itu dosa; maka ada suatu dosa tiada membawa mati.
The Orthodox Jewish Brit Chadasha, Kol avon is chet, and there is chet not leading to mavet.


Jadi , jika Daud menulis, 'UVEKHETE' YEKHEMATNI 'IMI", "dalam dosa aku dikandung ibuku",
ditinjau kata yang digunakan oleh The Orthodox Jewish Brit Chadasha (Perjanjian Baru Yahudi Ortodoks) dan dihubungkan dengan Perjanjian Baru Yunani,maka kata "DOSA(ASAL)", Yunani hamartia bersinonim dengan kata Ibrani KHET/ KHATE.

Ayat-ayat paralel lainnya:

Mazmur 58:4
LAI TB, Sejak lahir orang-orang fasik telah menyimpang, sejak dari kandungan pendusta-pendusta telah sesat.

Ayub 15:14
LAI TB, Masakan manusia bersih, masakan benar yang lahir dari perempuan?
KJV, What is man, that he should be clean? and he which is born of a woman, that he should be righteous?

Yohanes 3:6
LAI TB, Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.


Memang benar setiap orang berdosa sendiri-sendiri, dan bukan ditambahkan kepada dirinya segepok dosanya orang lain. Walau begitu, untuk setiap dosa yang dilakukan siapa saja, maka ada orang-orang yang disekelilingnya yang ikut terluka (ikut ter-imbas kutuk). Bila suami berdosa, maka istri dan keluarganya ikut terluka. Bila anak-anak berdosa, orang tua ikut bersedih. Jika pemimpin bangsa berdosa, seluruh bangsa kena getahnya. Dan kini bertambah jelas lagi, bila agamawan berdosa sebagai teroris, maka seluruh dunia terganggu rasa damai-sejahteranya.

Jadi, sangat jelas bahwa dosa itu bertabiat menjalarkan akibatnya ke seluruh peradaban manusia.

Gambaran kiasannya mirip seperti yang di-sinis-kan oleh seorang filsuf :

"Saya merupakan produk dunia. Saya yang belum berbuat dosa, tetapi terlahir di dunia dosa,erimbasi sebuah Firdaus yang hilang (the lost Paradise). Dan sejak lahir, saya terwaris dunia-kesakitan, dunia kesedihan, dan dunia kematian, yang tidak seharusnya menjadi dunia fitrahku". Sejak dilahirkan, kita semua mengalami "kutukan" yang sama, baik itu kutukan insani (yang berkaitan dengan emosional-sosial-fisikal), maupun kutukan rohani(berkaitan dengan relasinya dengan Allah=Kej 6:3=Roh-Nya meninggalkan manusia KARENA TABIAT DOSA yang melekat erat dengan manusia..Kej 6:5).

Shg tepat Rasul Paulus berkata...

DOSA MASUK OLEH 1 ORANG...


Rm. 5:12 Sebab itu, sama seperti DOSA TELAH MASUK KE DALAM DUNIA OLEH SATU ORANG,dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah MAUT ITU TELAH MENJALAR KEPADA SEMUA ORANG,karena SEMUA ORANG TELAH BERBUAT DOSA.

Roma 6:23 Sebab UPAH DOSA IALAH MAUT....

Roma 5:19 Jadi sama seperti oleh KETIDAKTAAATAN SATU ORANG SEMUA ORANG TELAH MENJADI ORANG BERDOSA,


AKIBATNYA SEMUA ORANG TELAH BERBUAT DOSA....MAKA TELAH KEHILANGAN KEMULIAAN ALLAH....

ROMA 3:23 Karena SEMUA ORANG TELAH BERBUAT DOSA dan telah KEHILANGAN KEMULIAAN ALLAH,

PENGKOTBAH 7:20 Sesungguhnya, DI BUMI TIDAK ADA ORANG YANG SALEH: yang berbuat baik dan TAK PERNAH BERBUAT DOSA![KONFIRM I YOH 1:8=>SEORANG YANG MENGATAKAN DIRINYA SUCI SESUNGGUHNYA ORANG TERSEBUT MENIPU DIRINYA SENDIRI]

JADI APA ITU DOSA WARIS??TABIAT DOSA YANG MELEKAT DALAM DIRI MANUSIA KRN DOSA YANG DIBAWA OLEH ADAM....
DIMANA ADAM TELAH KEHILANGAN ROH ALLAH...KRN HATINYA DILIPUTI OLEH KECENDERUNGAN MELAKUKAN KEJAHATAN SEMATA(KEJADIAN 6:5)

APAKAH DOSA WARIS TIDAK ADA DI AJARAN ISLAM???ADA....

Haits Shahih Bukhari jilid III hal 208 ayat 1493
Semua anak adam yang lahir sudah di sentuh setan, kecuali Isa Putera Maryam”..

Hadis Shahih Bukhari no. 1493 setidak-tidaknya juga menyiratkan adanya kultur dosa ketika dikatakan bahwa setiap anak Adam akan disentuh oleh setan ketika lahirnya (kecuali Maryam dan Anaknya). Dan tentulah sentuhan setan itu berkaitan atau berkonotasi dosa (kultur dosa). Bahkan para ahli dari kalangan Islam sulit mengelak kultur dosa ini ketika dihadapkan kepada kemestian masuk ke neraka bagi setiap orang (termasuk bayi tak berdosa), seperti yang tertulis dalam Al~Qur'an dibawh ini :


* Qs 19:71
Dan tidak ada seorang pun dari padamu, melainkan MENDATANGI NERAKA itu. Hal itu BAGI TUHANMU adalah SUATU KEMESTIAN YANG SUDAH DITETAPKAN.
http://quran.al-islam.com/Targama/DispT ... a=71&t=ind

MENGAPA SEMUA ORANG HARUS MENDATANGI NERAKA?

KARENA Alquran berkata...

Q 53:32
Transliteration
Allatheena yajtaniboona kaba-iraal-ithmi walfawahisha illa allamama innarabbaka wasiAAu almaghfirati huwa aAAlamu bikum ithanshaakum mina al-ardi wa-ith antum ajinnatun feebutooni ommahatikum fala tuzakkoo anfusakumhuwa aAAlamu bimani ittaqa

Sahih International
Those who avoid the major sins and immoralities, only [committing] slight ones. Indeed, your Lord is vast in forgiveness. He was most knowing of you when He produced you from the earth and when you were fetuses in the wombs of your mothers. So do not claim yourselves to be pure; He is most knowing of who fears Him.

Indonesian
(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu maha luas ampunan-Nya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.

Dijelaskan ketika kamu masih janin di dalam perut Ibumu jangan menyebut dirimu suci...Artinya tidak ada yang suci dari manusia....hanya Tuhan saja yang suci....

Mengapa??KARENA sejak lahir manusia mempunyai kapasitas yang cukup untuk melakukan dosa...bahkan banyak dosa yang dapat dilakukan manusia sejak kecil tanpa ada yang mengajarkan mereka untuk berbuat dosa....Karena mereka telah berpisah dengan Allah....sehingga yang ia lakukan adalah keinginan daging semata.....

KESIMPULAN DOSA WARIS ITU BUKAN DOSA YANG DITURUNKAN...ATAU KITA MENANGGUNG DOSA DARI ORANG LAIN....TETAPI MENANGGUNG DOSA KITA SENDIRI...KARENA KITA SEDARI KECIL SUDAH MEMILIKI POTENSI YANG BESAR UNTUK DAPAT MELAKUKAN DOSA TANPA ADA YANG MENGAJARKAN BAGAIMANA KITA BERBUAT DOSA...JUSTRU KITA BUTUH PETUNJUK UNTUK MELAKUKAN HAL BAIK BUKAN???

JADI DOSA WARIS ADALAH TABIAT DOSA YANG MELEKAT DAN SEHAKEKAT DENGAN MANUSIA SEJAK MANUSIA JATUH DALAM DOSA....DITANDAI DENGAN UNDURNYA ROH ALLAH YANG SUCI(KEJ 6:3)...

ROH ALLAH UNDUR KARENA TIDAK DAPAT BERSATU DENGAN TABIAT DOSA YANG ADA DIDALAM MANUSIA...

APA BUKTI MANUSIA MEMILIKI TABIAT DOSA? => KEJADIAN 6:5 => ...segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata...(BAHKAN SEJAK KECILNYA...KEJ 8:21)

________________________________
SEORANG MUSLIM YANG KETAKUTAN TERHADAP DOSA WARIS BERKATA=>

@Ryan Hendra Hidayat
Jika anda berkata =>dosa waris sudah ditebus oleh datangnya yesus berarti dosa waris itu sekarang sudah tidak ada lagi bukan.

umat islam tak perlu ragu...DOSA WARIS SUDAH TIDAK ADA LAGI SETELAH DITURUNKANNYA NABI ISA ALMASIH.

LINK =

http://www.facebook.com/topic.php?topic=22070&post=351346&uid=190811565117#!/topic.php?uid=137187549638189&topic=563&post=6963#post6963

_________
TANGGAPAN SAYA THD PERNYATAAN UMAT ISLAM DIATAS...

MELALUI PERNYATAAN REKAN MUSLIM DIATAS TERLIHAT BAHWA IA KETAKUTAN AKAN DOSA WARIS....DAN MENYATAKAN BAHWA DOSA WARIS TIDAK ADA...

NAH MASALAHNYA JELAS SEKALI ISA BERKATA...

PREMIS 1=>ISA DARI SURGA....BUKAN DARI DUNIA...
YOH 8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas;
kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.(ISA MENYATAKAN IA DARI SURGA...)


PREMIS 2=>DARI SURGA DI ATAS SEMUANYA...BERKUASA...SBG TUHAN...

YOH 3:31 Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi,
termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi.
Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.(SIAPA YANG DATANG DARI SORGA ADALAH DI ATAS SEMUANYA..ARTINYA BERKUASA = BERARTI IA TUHAN...)

KESIMPULAN => APAKAH ANDA PERCAYA DIA TUHAN???

KRN ANDA(UMAT ISLAM) TIDAK PERCAYA...

YHWH MENYATAKAN PRIBADINYA ADALAH....ANI HU(AKULAH DIA)....UL32:39

UL 32:39. Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA(ANI HU). TIDAK ADA ALLAH KECUALI AKU.
Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah
yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.

YES 52:6 Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa AKULAH DIA[ANI HU] yang berbicara, ya Aku!

YESHUA MENGKLAIM DIRINYA....AKULAH DIA(ANI HU=YHWH)....

YOH 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU;
sebab jikalau kamu TIDAK PERCAYA, bahwa AKULAH DIA(ANI HU), KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU."

JIKA ANDA TIDAK MEMPERCAYAI DIA SEBAGAI....AKULAH DIA...TIDAK ADA ALLAH KECUALI DIA...MAKA ANDA TETAP DI DALAM DOSA ANDA....

DAN UMAT ISLAM TIDAK MENERIMA KONSEP PENEBUSAN ISA DIKAYU SALIB...DENGAN BERKATA DIGANTIKAN OLEH YUDAS YANG DISALIB...NAH BAGAIMANA ANDA BISA
MENERIMA PRINSIP PENYELAMATAN ISA...KALO YANG DISALIB SAJA BEDA???
MENURUT KRISTEN => YESUS..
MENURUT ISLAM => YUDAS...
__________________________________

MARI KITA BAHAS APA ITU KESELAMATAN....

Pengertian “ Keselamatan “ didefinisikan : Memperoleh pembebasan atau bisa juga perlindungan
dari suatu bahaya yang mengancam Jiwa atau bisa juga dari Kebinasaan ( Kematian ).

Dalam Lingkup agama makna keselamatan diatas dapat diperoleh dengan berbagai macam penafsiran
dan mungkin berbeda-beda pemahaman yang intinya sama yaitu Manusia memperoleh pembebasan dari
hukuman dan mendapatkan kehidupan kekal.

Inti dari Bagaimana cara memperoleh “ Keselamatan “ ini dimaknai sangat berbeda antara Agama
Islam dengan Agama Kristen.
__________________________
KESELAMATAN VERSI ISLAM.....

A. PAHALA MEMBAYAR DOSA....

Agama Islam memaknai Keselamatan manusia merupakan hasil upaya manusia dalam menghasilkan
amalan-amalan yang diperbuat dari manusia itu sendiri yang pada akhirnya oleh Allah akan
ditentukan ( Istilahnya “ Ditimbang “ ) menurut standart Allah apakah manusia itu dalam
kehidupan dunianya melakukan amalan-amalan yang bertentangan dengan perintah Allah ( Dosa )
atau amalan-amalan yang sesuai dengan perintah Allah ( Pahala ).

Masing-masing hasil amalan sebagai upaya manusia melakukan perintah ( Pahala ) dan menghindari
larangan Allah ( menghindari Dosa ) inilah yang menentukan keselamatannya yaitu Sorga atau
Neraka.

Saya tidak akan berpanjang lebar membahas konsep keselamatan Agama Islam kerana saya yakin
Umat islam lebih memahaminya dari saya ( Mereka yg berhak menjelaskannya ).

B. DIBAYAR DI NERAKA....Q 19:71 => SETELAH DIPANGGANG...DIANGKAT DAN DISELAMATKAN...Q 19:72...

TETAPI MAAF MENURUT ISA LUK 16:26 => ANTARA SURGA DAN NERAKA ADA SUATU JURANG PEMISAH YANG TIDAK AKAN
TERSEBRANGI OLEH SIAPAPUN...INGAT Q 43:61 => ISA MEMBERI PENGETAHUAN YANG BENAR TENTANG KIAMAT....

2 VERSI INI MANA YANG MENURUT UMAT ISLAM BENAR GUE KAGAK TAU.....YA SAYA HARAP ADA UMAT ISLAM YANG MENJELASKAN HAL INI...
____________
KONSEP KESELAMATAN MENURUT KRISTEN DAN BANGSA ISRAEL...

PERTAMA PERLU DILURUSKAN TUHAN MENGKLAIM DIRI-NYA SATU-SATUNYA JURUSELAMAT...

YES 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DARI PADA-Ku.(TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN DIA[TUHAN])

HOSEA 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku,
dan TIDAK ADA JURUSELAMAT SELAIN dari AKU[TUHAN].

BERIKUT RANGKAIAN KONFIRMASI PENYELAMATAN YANG DILAKUKAN ISA....

PREMIS 1 => DALAM MELAKUKAN PROSES PENYELAMATAN IA TIDAK MENGUTUS DUTA/UTUSAN...TETAPI DIRI-NYA SENDIRI....DALIL DIBAWAH...

JANJI DATANGNYA JURUSELAMAT =>YES 63:9 =>SEKALIGUS PEMBUKTIAN BAHWA IA DALAM MELAKUKAN PROSES KE-MESIAS-ANNYA TIDAK PERNAH
MEMERINTAHKAN DUTA/UTUSAN...IA MENGUTUS DIRI-NYA SENDIRI.....

YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,"
maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAH yang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.
[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]

KONSEP PENEBUSAN DOSA ADA DI DALAM PERJANJIAN LAMA…PENEBUSAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..
Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,
Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]
Mi. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….
BERARTI HANYA TUHAN YANG BERKUASA MENEBUS DOSA MANUSIA…..

PREMIS 2 => DIALAH SENDIRI YANG MENGHAPUS DOSA PEMBERONTAKAN...MENJADI SALAH SATU KARYA PENYELAMATAN YANG DILAKUKANNYA...TETAPI BANGSA ISRAEL TIDAK PAHAM....DALIL DIBAWAH...

BAGAIMANA DIA BERLAKU SBG JURUSELAMAT MENURUT KITAB NABI YESAYA...

YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSA pemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

YEREMIA 33:8 AKU[ALLAH/THEOS] AKAN MENTAHIRKAN MEREKA DARI SEGALA KESALAHAN YANG MEREKA LAKUKAN DENGAN BERDOSA TERHADAP AKU[ALLAH/THEOS], dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

PEMBERONTAKAN TERHADAP ALLAH IDENTIK DENGAN PEMBERONTAKAN TERHADP ROH KUDUS...

YES 63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan ROH KUDUS-NYA; maka Ia berubah menjadi musuh mereka,dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

AKULAH DIA YANG MENGHAPUS DOSA PEMBERONTAKANMU....OLEH KARENA AKU SENDIRI......

DENGAN CARA MENEBUS DOSA MANUSIA....DIA SENDIRILAH YANG MENEBUS DOSA MANUSIA...YES 43:25 & YER 33:8....APAKAH ISA MENJALANKAN PROSES PENEBUSAN DOSA?

PREMIS 3=> PENEBUSAN DOSA HANYA DAPAT DILAKUKAN LEWAT DARAH....DALAM DARAH ANDA PENDAMAIAN ANTARA ALLAH DAN MANUSIA.....DALIL DIBAWAH....

KITA KORELASIKAN DENGAN BAGAIMANA ALLAH MENGHAPUS DOSA MANUSIA.....HANYA DENGAN 1 CARA...LEWAT DARAH ADA PENDAMAIAN ANTARA MANUSIA DAN TUHAN...

IMAMAT 17:11 Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, KARENA DARAH MENGADAKAN PENDAMAIAN DENGAN PERANTARAAN NYAWA.(PENDAMAIAN ANTARA ALLAH DAN MANUSIA DENGAN PERANTARAAN NYAWA)

KONFIRM DENGAN

IBRANI 9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan
TANPA PENUMPAHAN DARAH TIDAK ADA PENGAMPUNAN. =>TANPA DARAH TIDAK ADA PENGAMPUNAN DOSA...KONFIRM DENGAN IMAMAT 17:11

IBRANI 10:4 Sebab TIDAK MUNGKIN DARAH LEMBU JANTAN atau DARAH DOMBA JANTAN MENGHAPUSKAN DOSA. (MEMBUTUHKAN SUATU DARAH BENAR-BENAR LAYAK UNTUK MENYUCIKAN DOSA...SEMUA YANG TERJADI DAHULU ADALAH GAMBARAN AKAN DATANGNYA JURUSELAMAT YANG MENEBUS DENGAN DARAH....)

SHG TEPAT ISA MELAKUKAN MISI PENYELEMATAN LEWAT PENEBUSAN DOSA MELALUI DARAH-NYA.....

BERIKUT ADALAH MISI TUHAN YESUS...DATANG UNTUK MENEBUS DOSA..MELALUI PERNYATAAN DIA SENDIRI...

Mat. 20:28 sama seperti Anak Manusia  datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk 
memberikan NYAWA-NYA menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."

Mrk. 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk
memberikan NYAWA-NYA menjadi TEBUSAN bagi banyak orang."

Luk. 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan MENYELAMATKAN YANG HILANG."

Mat. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk PENGAMPUNAN DOSA.

Mrk. 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan BAGI BANYAK ORANG.

SHG TEPAT SURAT IBRANI BERKATA.....

IBRANI 9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.

IBRANI 9:26 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya.

IBRANI 9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,

IBRANI 9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang.Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

___________________________
KESIMPULAN DARI SEMUA PREMIS...

DAN INI YANG MENJADI KESIMPULAN....

SEHINGGA TEPAT ISA BERKATA...

YOH 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa AKULAH DIA,(ANI HU) kamu akan mati dalam dosamu."

YHWH BERKATA...AKULAH DIA...

UL 32:39. Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA.(ANI HU) Tidak ada Allah kecuali Aku.

(JIKALAU KAMU TIDAK PERCAYA BAHWA AKULAH DIA YANG MERUPAKAN ALLAH SENDIRI YANG MELAKUKAN MISI PENEBUSAN DOSA MANUSIA...MAKA KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU...)

APAKAH KONSEP KESELAMATAN DITAWARKAN KEPADA BANGSA ISRAEL SAJA?

Mat 20:19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."

Luk 18:32 Sebab Ia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi,

SIAPAKAH BANGSA YANG TIDAK MENGENAL ALLAH...APAKAH ISRAEL??

HOSEA 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN,.....engkau(ISRAEL) tidak mengenal allah kecuali Aku, ...
(ISRAEL HANYA MENGENAL DIA SEBAGAI TUHAN...)

AMOS 3:2 "Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi,sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu.
(HANYA KAUM ISRAEL-LAH YANG DIKENAL SECARA PRIBADI OLEH TUHAN...)

JADI ISRAEL DAN ALLAH SALING MENGENAL.....BANGSA-BANGSA YANG TIDAK MENGENAL ALLAH..BERARTI BANGSA DI LUAR ISRAEL....

MARI KITA LIHAT APA KATA PEMAZMUR....

MZM 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan KESELAMATAN-Mu di antara SEGALA BANGSA.

KESELAMATAN-NYA ADA DIANTARA SEGALA BANGSA...ARTINYA BANGSA-BANGSA...

KONSEP KESALAMATAN YANG ISA TAWARKAN...

Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam DUNIA bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Yoh 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi DUNIA, melainkan untuk menyelamatkannya.

DENGAN JELAS DITULISKAN 2X.....AKU DATANG BUKAN UNTUK MENGHAKIMI DUNIA...MELAINKAN UNTUK MENYELAMATKANNYA...MENYELAMATKAN SIAPA??DUNIA INI....BUKAN HANYA BANGSA ISRAEL...!!KRN TIDAK ADA AYATNYA....AKU DATANG HANYA UNTUK MENYELAMATKAN BANGSA ISRAEL!!!

MELALUI APA KONSEP PENYELEMATAN ISA??KONSEP PENEBUSAN ISA ITU DENGAN DARAH-NYA SENDIRI.....(IMAMAT 17:11 =>TIDAK ADA PENEBUSAN DOSA TANPA DARAH...KONFIRM....IBRANI 9:22)

Mat 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Mrk 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

ISA DATANG UNTUK MEMBERIKAN NYAWA-NYA MENJADI TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG......BUKAN ISRAEL SAJA...

TUHAN ITU GEMBALA...

MZM 23:1 Mazmur Daud. ++TUHAN adalah gembalaku,++ takkan kekurangan aku.

TUHAN ITU GEMBALA....LALU APAKAH ISA JUGA GEMBALA??

YESHUA : YOH 10:11,16

YOH 10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

YOH 10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
(ADA LAGI PADA-KU DOMBA-DOMBA LAIN...SIAPAKAH DOMBA LAIN YANG DIMAKSUD????DOMBA YANG BUKAN DARI KANDANG INI...BERARTI DOMBA ITU BUKAN DARI BANGSA ISRAEL BUKAN???NAH ITULAH YANG DIMAKSUD BAHWA ISA DATANG BUKAN HANYA UNTUK BANGSA ISRAEL...TETAPI UNTUK SEMUA MANUSIA...)

Shg tepat Isa berkata =>

Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku

KESIMPULAN SEMUA TULISAN DIATAS ADALAH...

YOH 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa KAMU(BANGSA-BANGSA/DUNIA) akan mati dalam dosamu;
sebab jikalau KAMU(BANGSA-BANGSA/DUNIA) tidak percaya, bahwa AKULAH DIA,(ANI HU) kamu akan mati dalam dosamu."

YHWH BERKATA...AKULAH DIA...

UL 32:39. Lihatlah sekarang, bahwa Aku, AKULAH DIA.(ANI HU) Tidak ada Allah kecuali Aku.

(JIKALAU KAMU(BANGSA-BANGSA/DUNIA) TIDAK PERCAYA BAHWA AKULAH DIA YANG MERUPAKAN ALLAH SENDIRI YANG MELAKUKAN MISI PENEBUSAN DOSA MANUSIA...MAKA KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU...)

SHG RASUL PAULUS BERKATA...

RM 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

KESELAMATAN JUGA TERJADI UNTUK BANGSA LAIN...

LUK 13:29 Dan orang akan datang dari TIMUR dan BARAT dan dari UTARA dan SELATAN dan mereka
akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah.(BANGSA-BANGSA DARI TIMUR,BARAT,UTARA,SELATAN...DUDUN MAKAN DI DALAM KERAJAAN ALLAH...)

LUK 13:30 Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir."

Wahyu 19:5. Maka kedengaranlah suatu suara dari takhta itu: "Pujilah Allah kita, hai kamu semua
hamba-Nya, kamu yang takut akan Dia, baik kecil maupun besar!"

Wahyu 19:6 Lalu aku mendengar seperti suara HIMPUNAN BESAR ORANG BANYAK, seperti DESAU AIR BAH
dan seperti DERU GURUH, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita,
Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.


PEMAPARAN KESELAMATAN SECARA ANALOGI DAN DALIL...

Inilah analogi untuk Yesus Kristus yang menanggalkan jubah keilahianNya dan turun ke dunia
menjadi manusia demi untuk membayar harga MAUT di kayu salib, yang tidak sanggub dibayar oleh
si pendosa sendiri yang sudah terhukum mati. Yesus telah mengatakannya secara lurus,
tanpa usah tafsiran, bahwa ‘Anak Manusia (Yesus) datang untuk memberikan nyawaNya menjadi
tebusan (nyawa) bagi banyak orang’ (Markus 10:45).

Maka hak-qisas (hukum pembalasan yang setimpal) terhadap hutang nyawa, kini dipenuhi dalam
kematian Yesus bagi manusia : “nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan
ganti tangan… luka ganti luka, bengkak ganti bengkak” (Keluaran 21:24). Demi menebus kematian
Anda dan saya!

Krn tuntutan Hukum Taurat yang adalah maut....telah ditanggung lewat kematian Kristus disalib...

Roma 8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging,
 TELAH DILAKUKAN OLEH ALLAH[YESAYA 63:8-9]. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging,yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman
atas dosa di dalam daging,

Jadi tepat Rasul Paulus berkata...

Roma 5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu,
maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah
kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

Roma 5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman,
demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.

Roma 5:19 Jadi sama seperti oleh KETIDAKTAAATAN SATU orang SEMUA orang telah menjadi orang
berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

DOSA MASUK OLEH KETIDAKTAAATAN 1 ORANG....DOSA DITEBUS OLEH 1 PRIBADI JUGA.....

_________________
SETELAH KITA MENERIMA KESELAMATAN....MAKA

RASUL PAULUS BERKATA...

Rm. 6:22 Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada
pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.


RASUL PETRUS BERKATA....

1Ptr. 3:18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk
orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah;
_____________

NB : POKOK BAHASAN INI AKAN SAYA UPDATE JIKA ADA BEBERAPA HAL YANG PERLU SAYA TAMBAHKAN....

     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

yanno mengatakan...

Wahyu :
22:9 Tetapi ia berkata kepadaku: "Jangan berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama seperti engkau dan saudara-saudaramu, para nabi dan semua mereka yang menuruti segala perkataan kitab ini. Sembahlah Allah!"

Yesus juga menyembah Allah :

Matius :
26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Allah , jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

Jika Yesus saja menyembah Allah Tuhannya lalu kenapa anda tidak melakukannya ?

TRANSFORMASI INDONESIA mengatakan...

TRIMA KASIH YANO....

WAHYU 22:9 => COBA ANDA CERMATI....tertulis ia dalam huruf kecil....siapakah ia yang dimaksud????malaikat...jika Ia huruf besar dimaksud adalah Yesus itu sendiri....

Mari kita cermati kitab Wahyu...penulisan Ia dalam huruf besar itu yang dimaksud adalah Tuhan Yesus...

Wahyu 5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda,
yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga ++Ia++ dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."

Wahyu 21:4 Dan ++Ia++ akan menghapus segala air mata dari mata mereka,

(Ia dalam Wahyu 5:5;Wahyu 21:4,dst.. ditulis huruf besar...itu menunjukkan Ia yang dimaksud adalah Tuhan Yesus...)

Sedang kalo huruf kecil itu adalah bukan Tuhan Yesus...krn didalam Kitab Wahyu...Yohanes juga didampingi oleh malaikat....

JIKA MEMANG TUHAN YESUS TIDAK MAU DISEMBAH SEHARUSNYA IA MELARANG ORANG-ORANG MENYEMBAH DIA???

APAKAH YESUS PERNAH MELARANG ORANG-ORANG MENYEMBAHNYA??

INGAT BANGSA YAHUDI/ISRAEL...ANTI MENYEMBAH MANUSIA...RAJA NEBUKADNEZAR-PUN TIDAK DISEMBAH OLEH SADRAKH,MESAKH,ABEDNEGO...

TRANSFORMASI INDONESIA mengatakan...

JIKA YESUS BUKAN TUHAN MENGAPA IA DISEMBAH???

Sekarang, bila Yesus harus memerintahkan orang-orang se-zamanNya untuk sujud-menyembah Dia, maka sesungguhnya tidak ada signifikansinya sama sekali. Namun demikian dapat kita temukan dalam bukti-bukti Alkitabiah, bahwa meskipun Yesus tidak minta disembah, namun Ia tidak pernah menolak/melarang orang menyembahNya.

* Wahyu 1:17-18
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.


* Matius 28:17
"Ketika melihat Dia mereka MENYEMBAH-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu."


* Markus 5:6
"Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu MENYEMBAH-Nya,"

* MATIUS 14:33
Dan orang-orang yang ada di perahu MENYEMBAH Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau ANAK ALLAH."

* Lukas 24:52
"Mereka sujud MENYEMBAH kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita."


* Yohanes 9:38
"Katanya: 'Aku percaya, Tuhan!' Lalu ia sujud MENYEMBAH-Nya."
(MASIH BANYAK AYAT DI ALKITAB DIMANA YESUS DISEMBAH DALAM KAPASITAS SEBAGAI TUHAN DAN ALLAH....TETAPI APAKAH DIA MEMINTA UNTUK DISEMBAH...TIDAK..MENGAPA....??
Yoh. 5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.
DIA TIDAK MEMERLUKAN HORMAT DARI MANUSIA...TETAPI NALURI MANUSIA JIKA BERTEMU DENGAN SANG KHALIK PASTI SUJUD MENYEMBAHNYA..)

TRANSFORMASI INDONESIA mengatakan...

Bahkan Yesus sejak mulanya hadir di dunia sudah menerima penyembahan, ayat dibawah ini menulis kali-pertama Ia disembah :

* Matius 2:2, 11
2:2 LAI TB, dan bertanya-tanya: 'Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.
KJV, Saying, Where is he that is born King of the Jews? for we have seen his star in the east, and are come to worship him.
TR, λεγοντες που εστιν ο τεχθεις βασιλευς των ιουδαιων ειδομεν γαρ αυτου τον αστερα εν τη ανατολη και ηλθομεν προσκυνησαι αυτω
Translit Interlinear, legontes {berkata} pou {dimanakah} estin ho {Dia yang} techtheis {telah dilahirkan} basileus {(menjadi) Raja} tôn {orang-orang} ioudaiôn {Yahudi?} eidomen {kami telah melihat} gar {karena} autou {Nya} ton astera {Bintang} en {di} tê anatolê {timur} kai {dan} êlthomen {datang} proskunêsai {untuk menyembah} autô {Dia}

2:11 LAI TB, Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.
KJV, And when they were come into the house, they saw the young child with Mary his mother, and fell down, and worshipped him: and when they had opened their treasures, they presented unto him gifts; gold, and frankincense and myrrh.
TR, και ελθοντες εις την οικιαν ευρον το παιδιον μετα μαριας της μητρος αυτου και πεσοντες προσεκυνησαν αυτω και ανοιξαντες τους θησαυρους αυτων προσηνεγκαν αυτω δωρα χρυσον και λιβανον και σμυρναν
Translit Interlinear, kai {lalu} elthontes {pergi} eis {kedalam} tên {itu} oikian {rumah} euron {mereka melihat} to {itu} paidion {bayi} meta {bersama} marias {maria} tês mêtros {ibu} autou {Nya} kai {dan} pesontes {setelah sujud} prosekunêsan {mereka menyembah} autô {Dia} kai {lalu} anoixantes {setelah membuka} tous thêsaurous {kotak-kotak harta} autôn {mereka} prosênegkan {mereka menyembahkan} autô {kepada Dia} dôra {pemberian} khruson {hemas} kai {dan} libanon {kemenyan} kai {dan} smurnan {mur}


προσκυνησαι - proskunêsai" dan προσεκυνησαν - prosekunêsan kata dasarnya adalah προσκυνεω - proskuneô, "menyembah"

Yesus tidak perlu minta orang untuk menyembahNya, apalagi kepada orang-orang yang tidak percaya kepadaNya (seperti contohnya para Ahli Taurat/ kaum Farisi dizamanNya), karena orang-orang yang demikian tetap tak akan sujud-menyembah Yesus sebelum mereka percaya.

Sementara orang-orang yang percaya, memang sudah menyembah Yesus sebagai konsekwensi kepercayaan mereka kepada ketuhananNya. Sehingga bukanlah hal yang perlu bagi Yesus meminta orang yahudi untuk sujud-menyembah Dia. Itu tidak berguna sama-sekali. Malahan jadi aneh, seperti orang gila-hormat dan bodoh. Kebodohan mana akan mengundang resiko politik dan social dikala itu (dari musush-musuh Yesus) yang akan langsung mengancam kelangsungan misi penginjilanNya.

προσκυνεω - proskuneo (sembah-sujud), kepada Bapa atau Anak?

Disini, logika dan tuntutan "sembahlah Aku" dari orang-orang yang skeptis seharusnya dijungkir-balikkan 180 derajat.

TRANSFORMASI INDONESIA mengatakan...

Lihat, Yesus tidak pernah meliciki musuh-musuhNya, apalagi murid-muridNya. Dia tidak berlagak mengutarakan suatu rahasia Allah, atau sebaliknya menyembunyikan secara tidak benar. Ia mengajar kita


* Matius 5:37
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.


Untuk sesuatu yang perlu diketahui oleh pengikutNya, namun yang tidak dikenal oleh kapasitas manusia, Yesus selalu terus terang berkata apa-adanya kepada murid-muridNya :


* Yohanes 14:2
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.


Jadi, dalam kasus diatas, bila Yesus benar hanya seorang Guru atau Nabi dan bukan Tuhan, maka Ia pasti dan harus berteriak lantang : "Aku bukan Tuhan, jangan sembah Aku". Bahkan teriakan ini harus dilakukan segera dan berulang-ulang demi mencegah jangan ada seorangpun yang sampai memper-tuhan-kan dan menyembah diriNya. Karena dosa ini adalah dosa yang amat serius (yang diperingatkan secara khusus), ketimbang dosa yang tidak menyembah Tuhan karena ia tahu itu Tuhannya!.

Bagaimanapun Yesus dan BapaNya, harus bertanggung-jawab atas "keterlanjuran" pen-tuhan-an Yesus akibat dari kehebatan mujizat yang ditampilkanNya. Bahkan Maria tidak akan tinggal diam atas kesesatan manusia karena kasus Anaknya.

Poskan Komentar