TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Memahami Perjanjian TAURAT...(DIALOG DENGAN PAK SHAHIL TALIB).....

MEMAHAMI Hukum TAURAT ....

PENDAHULUAN...

MEMAHAMI AKAR MASALAH.....
>>Mari kita tarik PELAJARAN DARI BAGAIMANA IBLIS MENGHANCURKAN ADAM....YANG DIRUSAK OLEH IBLIS SEBENARNYA ADALAH
"TRUST"(PERCAYA) manusia kepada ALLAHnya.....DENGAN JALAN memunculkan PERSPEKTIF BARU yang MELAWAN PERSPEKTIF Allah terhadap MANUSIA.....
Ams. 3:19 Dengan hikmat(WISDOM) TUHAN telah meletakkan dasar bumi, dengan pengertian(UNDERSTANDING) ditetapkan-Nya langit,

1 Yohanes 4:8 ....God Is AGAPE.....

KEGAIRAHAN(HASRAT) AGAPE itu KUAT seperti MAUT.....
Kidung Agung 8:6--Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Sehingga...
Maz 33:5 ...bumi penuh dengan KASIH SETIA(UNFAILING LOVE) TUHAN.(Maz 119:64)...
POSISI ADAM SEMULA DIMATA ALLAH => Lukas 3:38 .....ADAM BIN ALLAH (ADAM ANAK ALLAH)....
DIBERI KEPERCAYAAN/DIPERCAYA oleh TUHAN BERKUASA SEPERTI Dia....
dengan demikian TERJALIN SUATU TRUST antara ALLAH dan manusia....
Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
HAMPIR SAMA SEPERTI ALLAH...(Konfirm Kejadian 9:6;Zakaria 12:8)
Maz 8:6 Namun Engkau telah membuatnya HAMPIR SAMA seperti Allah, dan telah memahkotainya DENGAN KEMULIAAN DAN HORMAT.
POSISI tersebut yang ingin dirusak iblis....PERHATIKAN AYAT SBB :

PERHATIKAN PERINGATAN ALLAH :
Kejadian 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
Kejadian 2:17 tetapi pohon PENGETAHUAN TENTANG YANG BAIK DAN YANG JAHAT itu, JANGANLAH kaumakan buahnya, sebab PADA HARI ENGKAU MEMAKANNYA, pastilah ENGKAU MATI."

IBLIS MEMUTAR BALIKKAN hal tersebut sbb :
Kejadian 3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali KAMU TIDAK AKAN MATI,
Kejadian 3:5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan KAMU AKAN MENJADI SEPERTI ALLAH, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

SEOLAH MANUSIA itu BELUM SEPERTI ALLAH.....JADI POSISI MANUSIA sedang ingin dicuri oleh IBLIS.....

JADI JELAS Iblis ingin MANUSIA MENJADI LALAI(Yer. 48:10) akan TUGAS DAN KEWAJIBAN.....DENGAN SUATU IMING-IMING STATUS yang lebih baik....MENJADI SEPERTI ALLAH....IMING-IMING STATUS yang lebih baik dari IBLIS inilah YANG MENCOBA MERUSAK SALING PERCAYA(KEPERCAYAAN) ANTARA ADAM DAN ALLAH.....PADAHAL ALLAH TELAH MEMPERCAYAKAN STATUS ILAHI yang SEMPURNA itu kepada ADAM dengan menempatkan ADAM DI TAMAN EDEN.....
Umat-Nya binasa karena......=> Hosea 4:6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah.....

DOSA MENIMBULKAN BEBAN HUKUMAN yang MENGHAMBAT KINERJA DAN PRODUKTIFITAS.....(Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua BEBAN dan DOSA yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.)

>>>>HUKUMAN ADAM....
Kejadian 3:17    Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan BERSUSAH PAYAH engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:Kejadian 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;Kejadian 3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."=>PRODUKTIFITAS MENGHIDUPI DIRI DAN KELUARGA DIHAMBAT karena BEBAN HUKUMAN akibat dosa adam.....

>>>>HUKUMAN HAWA...
Kejadian 3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat SANGAT BANYAK; dengan KESAKITAN engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu." =>PRODUKTIFITAS MELAHIRKAN GENERASI PENERUS menjadi DIHAMBAT karena BEBAN HUKUMAN akibat dosa hawa.....

HUKUMAN TERSEBUT MEMBAWA PEMISAHAN ANTARA ALLAH DAN MANUSIA(Kejadian 3:23-24).....
Kejadian 3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
Kejadian 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

DIJELASKAN DALAM Yesaya 59:1-2 ...
ADA PEMISAH ANTARA manusia dengan ALLAH...
Yesaya 59:1 Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;
Yesaya 59:2  tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

HASRAT-Nya menempatkan ADAM DI TAMAN EDEN ADALAH SBB.....
BERHASRAT UNTUK TINGGAL diantara umat-Nya.....menjadi TARGET-Nya....
Kel. 29:45 Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan Aku akan menjadi Allah mereka.
1Raj. 6:13 .....bahwa Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umat-Ku Israel."
Yeh 43:9 ....Aku(TUHAN) akan diam di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya.

MASALAH YANG DIHADAPI adalah....Amos 3:3....

Amos 3:3 Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?TIDAK MUNGKIN 2 pribadi dapat bersama-sama tanpa ADA SALING KEPERCAYAAN YANG TERJALIN.....MAKA DARI ITU ALLAH SENANTIASA BERHASRAT MENJALIN HUBUNGAN KEMBALI DENGAN MANUSIA melalui SUATU PERJANJIAN....

MAKA DARI ITU....
2Taw. 16:9 Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan."

Mzm. 11:4 TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia.

Mzm.39:6(39-7)Ia(MANUSIA) hanyalah bayangan yang berlalu! Ia hanya mempeributkan yang sia-sia dan menimbun, tetapi tidak tahu, siapa yang meraupnya nanti.

Mzm.78:39 Ia(ALLAH) ingat bahwa mereka(MANUSIA) itu daging, angin yang berlalu, yang tidak akan kembali.

Wahyu 3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu:lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun.Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Maka dari itu....

Mzm. 37:24 apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. =>JIKA MANUSIA JATUH maka TUHAN akan MENOPANG TANGANnya....

Ia mengasihi kita dengan KASIH YANG KEKAL.....
Yeremia 31:3 Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

Maz 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan PERJANJIAN-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

MENOPANG TANGAN MANUSIA dengan PERJANJIAN....
Kej 6:8 Tetapi Nuh mendapat "KASIH KARUNIA" di mata TUHAN.
Kej 6:9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya;

dan Nuh itu hidup BERGAUL DENGAN Allah.

LEWAT Nabi NUH ada SUATU PERJANJIAN ANTARA ALLAH dan MANUSIA bahwa SEMUA MANUSIA TIDAK AKAN DIBINASAKAN LAGI...

Kej 9:8    Berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anaknya yang bersama-sama dengan dia:
Kej 9:9    "Sesungguhnya Aku mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu,
Kej 9:10 dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi.
Kej 9:11 Maka Kuadakan PERJANJIAN-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi."
Kej. 9:13 Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.
Kej. 9:17 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Inilah tanda PERJANJIAN yang Kuadakan antara Aku dan SEGALA MAKHLUK yang ada di bumi."

PERJANJIAN KEPADA ABRAHAM DAN KETURUNANNYA.....dst.....SEMUA DIIKAT OLEH SEBUAH PERJANJIAN.....AGAR IBLIS TIDAK LAGI MENCURI , MEMBUNUH , MEMBINASAKAN.....

SEBAB Hosea 2:4 Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi ORANG YANG BENAR itu akan HIDUP OLEH PERCAYANYA.

PERJANJIAN-Nya KEPADA ABRAHAM....
Kej 15:5 Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."Kej 15:6 Lalu PERCAYALAH Abram kepada TUHAN, maka TUHAN MEMPERHITUNGKAN HAL itu kepadanya SEBAGAI KEBENARAN.

Kej. 15:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan PERJANJIAN dengan Abram serta berfirman: "Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

Kej. 17:2 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak."
Kej. 17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu TURUN-TEMURUN menjadi PERJANJIAN YANG KEKAL, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

PERJANJIAN TUHAN BERLANJUT.....
Kel 24:1 Berfirmanlah Ia kepada Musa: "Naiklah menghadap TUHAN, engkau dan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel dan sujudlah kamu menyembah dari jauh.
Kel 24:2 Hanya Musa sendirilah yang mendekat kepada TUHAN, tetapi mereka itu tidak boleh mendekat, dan bangsa itu tidak boleh naik bersama-sama dengan dia."
Kel 24:3 Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman TUHAN dan segala peraturan itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: "Segala firman yang telah diucapkan TUHAN itu, akan kami lakukan."
Kel 24:4 Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.
Kel 24:5 Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan kepada TUHAN.
Kel 24:6 Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu.
Kel 24:7 Diambilnyalah KITAB PERJANJIAN itu, lalu DIBACAKANNYA dengan DIDENGAR oleh bangsa itu dan mereka berkata: "Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan."

PERLU DIPAHAMI....

Yesaya 33:22 Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita.

Yesaya 33:22 ........TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita;......

TAURAT DITURUNKAN OLEH ALLAH secara langsung oleh JARI TANGAN-Nya....kepada Musa....
Kel. 31:18  Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, LOH BATU, yang DITULISI oleh JARI ALLAH.

ALLAH SAAT MENURUNKAN HUKUM SIFATNYA SELALU UNIVERSAL.....TERMASUK HUKUM TAURAT...

UL 29:14-15 TERTULIS....BAHWA HUKUM TAURAT DIIKATKAN KEPADA SEMUA YANG HADIR DAN TIDAK HADIR PADA MASA ITU...

UL 29:14 "Bukan" HANYA DENGAN KAMU SAJA aku mengikat perjanjian dan sumpah janji ini,
UL 29:15 tetapi dengan SETIAP ORANG yang ada di sini pada hari ini bersama-sama dengan kita, yang berdiri di hadapan TUHAN, Allah kita, dan juga dengan SETIAP ORANG YANG TIDAK ADA DI SINI PADA HARI INI bersama-sama dengan kita.=>JADI TAURAT DIIKATKAN PADA SEMUA MANUSIA YANG HADIR MAUPUN YANG TIDAK HADIR....

Banyak BANGSA menggabungkan diri kepada BANGSA ISRAEL(Yes 56:6-7):
Yes 56:6 Dan orang-orang asing(NON ISRAEL) yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,
Yes 56:7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku.

BANGSA NEGRI NON ISRAELPUN AKAN BERBAKTI KEPADA ALLAH ISRAEL...HUKUM TAURAT BOLEH DIANUT OLEH NON YAHUDI....
Ezr.6:21 Orang-orang Israel yang pulang dari pembuangan memakannya dan demikian juga setiap orang yang memisahkan diri dari kenajisan bangsa-bangsa negeri itu lalu menggabungkan diri kepada mereka, untuk berbakti kepada TUHAN, Allah Israel.
Yes.14:1 Sebab TUHAN akan menyayangi Yakub dan akan memilih Israel sekali lagi dan akan membiarkan mereka tinggal di tanah mereka, maka ORANG ASING akan MENGGABUNGKAN DIRI kepada mereka dan akan berpadu dengan kaum keturunan Yakub.

Hukum TAURAT BOLEH DIANUT oleh NON YAHUDI...
Rm. 2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut
 hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
Rm. 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati
mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

TETAPI PERJANJIAN TAURAT BUKAN UNTUK BANGSA NON YAHUDI...
Keluaran 34:12 Berawas-awaslah, janganlah kauadakan perjanjian dengan penduduk negeri yang kaudatangi itu, supaya jangan mereka menjadi jerat bagimu di tengah-tengahmu.
Kel.23:32 Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka.

CONTOH KONKRIT :
Raja KORESH tunduk juga pada ALLAH ISRAEL....
2Taw. 36:23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!"(NAAMAN,KORNELIUS...dst...)

SEORANG PERWIRA BERNAMA KORNELIUS....
Kis 10:1 Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.
Kis 10:2 Ia saleh, ia serta SEISI RUMAHNYA TAKUT AKAN ALLAH dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan SENANTIASA berdoa kepada Allah.
Tuhan berhasrat PADA AKHIRNYA ada BANGSA NON ISRAEL menggabungkan diri kepada umat-Nya.

Kel. 34:27 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah Kuadakan perjanjian dengan engkau dan dengan Israel."

Im. 26:42 maka Aku akan mengingat PERJANJIAN-Ku dengan Yakub; juga perjanjian dengan Ishak dan perjanjian-Ku dengan Abrahampun akan Kuingat dan negeri itu akan Kuingat juga.

1Taw. 16:17 diadakan-Nya bagi Yakub menjadi ketetapan, bagi Israel menjadi PERJANJIAN KEKAL,
Mzm. 105:10 diadakan-Nya hal itu menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi PERJANJIAN KEKAL bagi Israel,

Mzm. 12:6(12-7)Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.

Yosua 21:45 Dari SEGALA YANG BAIK yang DIJANJIKAN TUHAN kepada kaum Israel, TIDAK ADA YANG TIDAK DIPENUHI; SEMUANYA TERPENUHI.

Mzm. 89:34(89-35) Aku tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar dari bibir-Ku tidak akan Kuubah.(Bilangan 23:19 Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?=>ALLAH TIDAK DAPAT BERDUSTA=>DUSTA TIDAK PERNAH KELUAR DARI KEBENARAN....1 Yoh 2:21 ..... TIDAK ADA DUSTA yang BERASAL dari KEBENARAN.)

DASAR FIRMAN TUHAN ADALAH KEBENARAN SAMPAI SELAMA-LAMANYA...
Mzm. 119:160 DASAR FIRMAN-Mu adalah KEBENARAN dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah UNTUK SELAMA-LAMANYA.
Yes. 40:8    Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi FIRMAN Allah kita TETAP UNTUK SELAMA-LAMANYA."(1Ptr. 1:25 tetapi FIRMAN Tuhan TETAP UNTUK SELAMA-LAMANYA." Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.)
Yoh. 17:17    Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; FIRMAN-Mu adalah KEBENARAN.
Karena FIRMAN-Nya tidak dapat KEMBALI DENGAN SIA-SIA....
Yesaya 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia TIDAK AKAN KEMBALI kepada-Ku DENGAN SIA-SIA, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

FIRMAN itulah YANG MENOPANG KEHIDUPAN....
Ibrani 1:3 .... menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan......
Ulangan 8:3 ...bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.(Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.")

SEHINGGA....
Mzm. 19:7 (19-8) TAURAT TUHAN itu SEMPURNA, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. =>SEMPURNA KARENA TIDAK DAPAT KEMBALI DENGAN SIA-SIA.....(Yesaya 55:11)

TUHAN Allah mengharapkan KEKUDUSAN Umat-Nya....
Im. 19:2  "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.
Im. 20:7  Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.
Im. 20:26  Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.

Ul. 6:25 Dan kita akan MENJADI BENAR, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita."
Ul. 10:12 "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,
Yos. 22:5 Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, yakni mengasihi TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, "BERPAUT" pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan SEGENAP HATIMU dan dengan SEGENAP JIWAMU."

Apa salah satu ciri orang yang BERPAUT HATI-Nya kepada TUHAN?Yakni mengasihi TUHAN ALLAH dengan SEGENAP HATI,JIWA dan dengan SEGENAP KEKUATAN.
Ul. 6:5  Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.

DAMPAKnya yang BERPAUT KEPADA TUHAN....sbb :
Mazmur 91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
Mazmur 91:15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan MENYERTAI DIA dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.
Mazmur 91:16 Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku."

AKAN DIPERLIHATKAN kepadanya KESELAMATAN DARI PADA TUHAN....Maz 91:16....akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku."....

KESELAMATAN itulah yang dinanti-nantikan....
Kej. 49:18 Aku menanti-nantikan keselamatan yang dari pada-Mu, ya TUHAN.

Mengapa demikian?KARENA KECENDERUNGAN HATI kita adalah melakukan kejahatan semata-mata.....Kejadian 6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,

MAKA DARI ITU ROH ALLAH UNDUR(Kejadian 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia....)
ADA PEMISAH ANTARA manusia dengan ALLAH...Yesaya 59:2 tetapi yang merupakan PEMISAH antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu,....

MAKA DARI ITU Tuhan berfirman bahwa PERJANJIAN PERTAMA TELAH DIINGKARI....yang ingkar adalah manusia(TELAH TERJADI WANPRESTASI dari pihak manusia)......SEHINGGA Perlu diadakan SUATU PERJANJIAN BARU....
Yeremia 31:31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,
Yeremia 31:32 BUKAN SEPERTI PERJANJIAN YANG TELAH KUADAKAN DENGAN NENEK MOYANG MEREKA pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; PERJANJIAN-KU itu TELAH MEREKA INGKARI(MANUSIA WANPRESTASI terhadap PERJANJIAN KEKAL yakni HUKUM TAURAT), meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.=>(Konfirm Yoh 7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun TIDAK SEORANGPUN di ANTARA KAMU yang MELAKUKAN hukum Taurat itu......)
Yeremia 31:33 Tetapi beginilah PERJANJIAN yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku(ALLAH) AKAN MENARUH TAURAT-KU DALAM BATIN MEREKA dan MENULISKANNYA DALAM HATI MEREKA; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
Yeremia 31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

JADI Ia akan memberikan SUATU HATI YANG BARU....
Yehezkiel 11:19 Aku(TUHAN) akan MEMBERIKAN MEREKA HATI YANG LAIN dan ROH YANG BARU di dalam batin mereka; juga Aku AKAN MENJAUHKAN dari TUBUH  MEREKA HATI YANG KERAS dan MEMBERIKAN MEREKA HATI YANG TAAT,
Yehezkiel 11:20 supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.
Diperjelas Yehezkiel 36:26-28.....
Yehezkiel 36:26 Kamu akan Kuberikan HATI YANG BARU, dan ROH YANG BARU di dalam BATINMU dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
TARGET-Nya akan TERCAPAI...
Yehezkiel 36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.
Yehezkiel 36:28 Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu.

Manusia butuh SUATU PERJANJIAN DAMAI....PERJANJIAN KASIH KARUNIA....suatu PERJANJIAN KEKAL....
Yeh. 37:26 Aku akan mengadakan PERJANJIAN DAMAI dengan mereka, dan itu AKAN MENJADI PERJANJIAN YANG KEKAL dengan mereka. Aku akan memberkati mereka dan membuat mereka banyak dan MEMBERIKAN tempat kudus-Ku di TENGAH-TENGAH MEREKA UNTUK SELAMA-LAMANYA. =>Pencapaian TARGET-Nya diperjelas dengan DIADAKAN-Nya SUATU PERJANJIAN BARU yakni PERJANJIAN DAMAI yang sifatnya PERJANJIAN KEKAL SAMPAI SELAMA-LAMANYA.....
TARGET-Nya AKAN tercapai...
Yeh 37:27 TEMPAT KEDIAMAN-Kupun AKAN ADA PADA mereka dan Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
Yeh 37:28  Maka bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, MENGUDUSKAN Israel(UMAT-Nya), pada waktu tempat kudus-Ku berada di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya."

SAAT ITULAH IA AKAN SENANTIASA BERBUAT BAIK kepada KITA dengan SEGENAP HATI-Nya dan SEGENAP JIWA-Nya....
Yer. 32:41 Aku akan bergirang karena mereka UNTUK BERBUAT BAIK KEPADA MEREKA(UMAT-Nya) dan Aku akan MEMBUAT MEREKA TUMBUH di negeri ini DENGAN KESETIAAN, DENGAN SEGENAP HATI-Ku dan DENGAN SEGENAP JIWA-KU.

DIALAH YANG MENEBUS MANUSIA...dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya..
Yesaya 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat mereka
Yesaya 63:9 dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang MENEBUS mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

Ia menyelamatkan BUKAN DENGAN PEDANG .....
Hosea 1:7 Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan mereka demi TUHAN, Allah mereka. Aku akan menyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda."

Sebab KESELAMATAN-Nya AKAN ada diantara BANGSA-BANGSA...
MZM 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan KESELAMATAN-Mu di antara SEGALA BANGSA.
Bahkan SAMPAI KE UJUNG BUMI => Yes 49:6 .....supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."...
RUMAH-Nya akan disebut RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA....
Yes 56:6 Dan ORANG-ORANG ASING(NON ISRAEL) yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,
YES 56:7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut RUMAH DOA BAGI SEGALA BANGSA.

YANG DULUNYA BUKAN UMAT AKAN MENJADI UMAT-Nya juga...
Hosea 1:10 Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."
>>Konfirm Roma 9:26 Dan di tempat, di mana akan dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," di sana akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."

MEMBENTUK SUATU UMAT TEBUSAN-Nya suatu BANGSA KUDUS(UMAT TEBUSAN TUHAN) : Yesaya 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "bangsa kudus", "orang-orang tebusan TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".

HANYA PADA ALLAH-lah SUMBER HAYAT :
Mzm. 36:9(36-10) Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang.

>>Janji ALLAH akan TERBUKA SUATU SUMBER YANG MEMBASUH  DOSA ....
Zakaria 13:1 "Pada waktu itu AKAN TERBUKA SUATU SUMBER bagi keluarga Daud dan bagi penduduk Yerusalem untuk MEMBASUH DOSA dan kecemaran.

DIMUNCULKAN oleh-Nya PRIBADI YANG DIURAPI(MESIAS/ALMASIH) yang MENGAKHIRI DOSA...
Daniel 9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk MENGAKHIRI DOSA, untuk MENGHAPUSKAN KESALAHAN, untuk MENDATANGKAN KEADILAN YANG KEKAL, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
Daniel 9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada KEDATANGAN SEORANG YANG DIURAPI, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
Daniel 9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.

Yang DIURAPI(ALMASIH/MESIAS) akan membawa PEMBEBASAN....
Yesaya 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah MENGURAPI aku(ALMASIH/MESIAS); Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan KABAR BAIK(INJIL) kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

Yesaya 61:2 untuk memberitakan TAHUN RAHMAT TUHAN.....

Kata Injil berasal dari kata "ευαγγελιον - euaggelion" (Yunani) artinya adalah kabar baik . Kata 'injil' merupakan Arabisasi untuk kata Yunani "ευαγγελιον - euaggelion" .

Kata Yunani "ευαγγελιον - euaggelion" dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan "Gospel".
Gospel = Good News = Kabar Baik = ευαγγελιον - euaggelion

Kata 'gospel' berasal dari Old English 'godspel', sedangkan kata 'godspel' sendiri berasal dari kata 'goodspel' yang berarti 'good news' -kata ini lah yang bermakna sama dengan kata Yunani "ευαγγελιον - euaggelion".

'Godspel' terbentuk akibat 'kesalahan' penulisan dan asosiasi sehingga satu karakter 'o' hilang dari kata 'goodspel'. Asosiasi kata 'godspel' terjadi untuk menyebut 'kabar atau kotbah atau text yang memberitakan kabar dari Tuhan (God) tsb' yang pada perkembangan akhirnya karakter 'd' ikut lenyap sehingga terbentuklah kata 'gospel'

Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda(VIRGIN) mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.(Matius 1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita.)

Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, RAJA DAMAI. =>KEDATANGAN-Nya sebagai RAJA DAMAI....MEMBAWA SUATU PERJANJIAN DAMAI yang KEKAL.....

Suatu PERJANJIAN KASIH KARUNIA(PERJANJIAN DAMAI) yang KEKAL datang oleh TUHAN YESUS....yang membawa manusia pada KEBENARAN dari ALLAH...
Yoh 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi KASIH KARUNIA dan KEBENARAN DATANG OLEH YESUS KRISTUS.

KESIMPULAN SEGMEN 1 :
>>>Manusia ADAM JATUH DALAM DOSA menyeret manusia lainnya TERKURUNG DALAM KUASA DOSA karena ADAM KURANG MEMAHAMI STATUSnya di mata TUHAN...MAKA TUHAN yang berhasrat SENANTIASA BERADA BERSAMA DENGAN Umat-Nya....ingin MEMBANGUN kembali "TRUST"(SALING PERCAYA) agar MANUSIA DAN ALLAH dapat BERSAMA-SAMA kembali....DIAWALI PERJANJIAN ALLAH TIDAK AKAN MENURUNKAN AIR BAH/KEBINASAAN FISIK kepada SELURUH UMAT MANUSIA(TIDAK BERKEHENDAK MEMUSNAHKAN SELURUH UMAT MANUSIA)....melainkan MEMILIH SUATU UMAT yang ditentukan oleh-Nya.....untuk mengikat SUATU PERJANJIAN KEKAL turun-temurun.....PERJANJIAN KEKAL TERSEBUT ADALAH PERJANJIAN TAURAT.....

DALAM PRAKTEKNYA umat ALLAH yakni BANGSA ISRAEL melakukan WANPRESTASI(MENGINGKARI) perjanjian yang telah dibuatnya dengan ALLAH di atas GUNUNG HOREB bersama MUSA....Maka ALLAH berinisiatif MENGIKAT KEMBALI UMAT-Nya ....yang mana UMAT-Nya bukan saja bangsa ISRAEL melainkan SELURUH Umat manusia YANG MAU BERLINDUNG PADA SUATU PERJANJIAN DAMAI/KASIH KARUNIA yang dibawa oleh SANG RAJA DAMAI yakni ISA ALMASIH(TUHAN YESUS KRISTUS).....dengan MENDATANGKAN TAHUN RAHMAT TUHAN KE ATAS MUKA BUMI.....untuk MENGAKHIRI DOSA, untuk MENGHAPUSKAN KESALAHAN, untuk MENDATANGKAN KEADILAN YANG KEKAL....Amin..

APA ITU KEADILAN YANG KEKAL??
MENJALANKAN KEWAJIBAN yang ILAHI(GREATEST COMMANDMENT) ...
Dari PIHAK MANUSIA => Ulangan 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan SEGENAP HATImu dan dengan SEGENAP JIWAmu dan dengan SEGENAP KEKUATANmu.
Dari PIHAK ALLAH => Yer. 32:41Aku akan bergirang karena mereka UNTUK BERBUAT BAIK KEPADA MEREKA dan Aku akan membuat mereka tumbuh di negeri ini dengan kesetiaan, dengan SEGENAP HATI-Ku dan dengan SEGENAP JIWA-Ku.

Saat itulah KEMAH KEDIAMAN ALLAH ADA DIANTARA MANUSIA...
Wahyu 21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, KEMAH ALLAH ADA DI TENGAH-TENGAH MANUSIA dan Ia AKAN DIAM BERSAMA-SAMA dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.
=====
AKAN BERSAMBUNG KE SEGMEN BERIKUTNYA yakni MEMAHAMI PERJANJIAN KASIH KARUNIA/DAMAI(=INJIL=KABAR GEMBIRA).....
=====
LALU AKAN BERSAMBUNG KE TOPIK selanjutnya yakni MEMAHAMI POSISI TAURAT DAN INJIL dimata QURAN sebenarnya....
=====
JADI TOTAL ADA 3 SEGMEN PEMBAHASAN.....

NB : DALAM PENYUSUNAN....SABAR.....ini untuk menanggapi PAK SHAHIL TALIB.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar