TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Hikmah IDUL ADHA.....

HIKMAH IDUL ADHA MENURUT KRISTEN.....

HIKMAHNYA ADALAH PERLU KORBAN PENGGANTI dari ISMAIL/ISHAK TERSEBUT.......DALAM Q 37:107 jelas......=> "Dan +Kami(ALLAH)+ TEBUS anak itu dengan seekor sembelihan yang besar" (mulia).=>ALLAH PERLU MENEBUS ANAK YANG AKAN DISEMBELIH. DENGAN KORBAN YANG MULIA(BESAR).....ANAK YANG AKAN BINASA TIDAK JADI BINASA....ITULAH NILAI HIKMAH IDUL ADHA.........KONFIRM Q 9:111 =>ALLAH MEMBELI/MENEBUS NYAWA UMAT ISLAM....

JADI HIKMAH QURAN IDUL ADHA.....ADALAH PERLU KORBAN PENGGANTI.....YANG LEBIH SEMPURNA.....AGAR ANAK ITU PERLAMBANG MANUSIA TIDAK BINASA DISEMBELIH.......Q 37:107 JELAS BAHWA TIDAK ADA ANAK MANUSIA YANG DISEMBELIH.....TAPI DIGANTIKAN.....ALLAH SENDIRI BERSABDA.....DAN KAMI TEBUS.........dengan seekor sembelihan yang besar" (mulia)......=>KORBAN YANG MULIA(BESAR) ADALAH TUHAN YESUS....BACA IBRANI 9-10 DIATAS.....

Qurban IDUL ADHA (Q.S. ash-Shaffat: 102 – 107).(Q.S. al-Kautsar: 2).

Korban BICARA SOAL PENEBUSAN....=> Quran SURAT ash-Shaffat 37:107 Dan Kami tebus.....=>Konfirm Q 9:111 Allah MEMBELI/MENEBUS NYAWA....=>JADI SEBENARNYA KORBAN itu bicara PENEBUSAN.....

Anak pewarisan dan keturunan kenabian tidak diberikan kepada Ismael, melainkan kepada Ishak. Dan secara bersamaan "garis kenabian dan kitab" ini dikonfirmasikan oleh Al~Qur'an :

* Qs 29:27
Dan Kami anugrahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Yakub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

* Qs 19:49
Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Yakub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi.

"Agama Ibrahim yang benar dan lurus", termasuk Kalimat Tauhid yang kekal yang pernah ditegakkan oleh Ibrahim dan adiknya di Mekah, ternyata sama-sekali tidak dikenal oleh masyarakat pra-Islam disana. Mengapa referensi Allah bisa hilang ditempat yang paling diberkahi ? ( Qs 2 :125; 6:161; 3:95; 43:28; 14:35-37,40 dll.)

Atas kisah Anak-Kurban ini, Islam menegakkan ritual sedekah (kambing kurban atau lainnya) kepada orang miskin pada Hari Raya Haji. Ayat yang mendasarinya sesungguhnya berkonsepkan penebusan, bukan sedekahan :

* Qs 37:107
"Dan +Kami(ALLAH)+ tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar" (mulia).

http://tindonesia.blogspot.com/...

SANGAT JELAS DALAM SURAT AL-MAIDAH 45 DAN UL 19:21 ADA KESEPAHAMAN :

>[Al Maa-idah:45] =>..... jiwa(NYAWA) dibalas dengan jiwa(NYAWA)....
>Ulangan 19:21 =>....nyawa ganti nyawa....
Dosa = Hutang, Dosa upahnya maut(ROMA 6:23a;YEH 18:4;YEH 18:20), artinya Dosa harus dibayar dengan Nyawa. NYAWA GANTI NYAWA!

>"Dan dalam qishaash itu ADA (jaminan kelangsungan) HIDUP BAGIMU, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa" (QS Al-Baqarah:179) =>DALAM QISAS ITULAH TERDAPAT JAMINAN KELANGSUNGAN HIDUP DI DUNIA DAN AKHIRAT BAGIMU.....MAKA DARI ITU HADIS MENGKONFIRMASI ADA "PENEBUSAN" YANG DAPAT MEMBERIKAN KESELAMATAN SBB:

Hadist Sahih Muslim 4969 Kitab 50: Taubat
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Sayibah telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari Thalhah bin Yahya dari Abu Burdah dari Abu Musa dia berkata: " Rasullullah 'alaihi wasallam telah bersabda:
"Pada hari kiamat kelak Allah Swt akan menyerahkan seorang Yahudi ataupun seorang Nasrani kepada setiap orang Muslim. Kemudian Allah Swt akan berkata: "Inilah PENEBUSMU DARI SIKSA API NERAKA." =>HARUS ADA PENEBUSAN DARI SIKSA API NERAKA

MENGAPA DALAM QISAS ada Jaminan KELANGSUNGAN HIDUP??karena ALLAH perlu MEMBAYAR/MENEBUS/MEMBELI orang MU'MIN untuk memasukkan orang MU'MIN ke SURGA ...At-Taubah [9:111]Sesungguhnya Allah telah MEMBELI/MENEBUS dari orang-orang mu'min, DIRI dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. .....=>JADI DALAM ISLAM PENEBUSAN ITU SEBENARNYA ADA .....TAPI "TIDAK" DIAKUI......=> الله افتدى =>secara ARABIAH tertulis ALLAH MENEBUS....cek QURAN anda At-TAUBAH 9:111 ....

ALLAH BERTINDAK OLEH KARENA NAMA-NYA....
>>Yeh. 20:14 Tetapi Aku bertindak karena nama-Ku....

>>NAMA-NYA SATU-SATUNYA(MAHA) PENEBUS DAN JURUSELAMAT MANUSIA(YES 63:16;YES 43:11)
Ia satu-satu-Nya Juruselamat dan Penebus kita sejak dahulu kala :

>>Yes 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.(Konfirm HOSEA 13:4)

IA SEBAGAI JURUSELAMAT......IA BERHASRAT MENYELAMATKAN UMAT-NYA BUKAN DENGAN PASUKAN,DST...
HOSEA 1:7 Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan MENYELAMATKAN MEREKA demi TUHAN, Allah mereka. Aku akan MENYELAMATKAN mereka BUKAN DENGAN PANAH atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda."

MELAINKAN MENEBUS UMAT-NYA :
Yes 63:16 ....nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala.

Yesaya 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Yesaya 45:15 Allah Israel, ==>> JURUSELAMAT.
Yesaya 45:21 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan ==>>JURUSELAMAT, tidak ada yang lain kecuali Aku! (Yes. 63:8 dan Hosea 13:4)

DALIL-NYA NYATA dan TEGAS bahwa:
Yesaya 43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: ''Janganlah takut, sebab Aku telah ==>>MENEBUS engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan ==>>PENEBUS ISRAEL, TUHAN semesta alam: ''Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku. (Silahkan lihat dan baca dalil2 yang lainnya menyatakan TEGAS bahwa ALLAH itu PENEBUS..!! Yesaya 47:4, 48:17, 49:7, 49:26, 54:5, 60:16, 63:16 Yeremia 50:34)

MAKA DARI ITU ALLAH SENDIRI BERFIRMAN :
YES 43:25 Aku, AKULAH DIA[ANI HU] yang MENGHAPUS DOSA pemberontakanmu oleh karena AKU SENDIRI, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Yer. 33:8 Aku(ELOHIM) akan MENTAHIRKAN mereka dari SEGALA KESALAHAN yang mereka lakukan dengan BERDOSA terhadap Aku(ELOHIM), dan Aku(ELOHIM) akan MENGAMPUNI SEGALA KESALAHAN yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

Mzm. 107:2 Biarlah itu dikatakan ORANG-ORANG yang DITEBUS TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,

Yes. 62:12 Orang akan menyebutkan mereka "BANGSA KUDUS ", "ORANG-ORANG TEBUSAN TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".[SUATU BANGSA DIKATAKAN KUDUS HANYA ADA 1 CARA YAKNI DITEBUS DAN DIKUDUSKAN OLEH TUHAN SENDIRI…..KONFIRM… YES 43:25…. Yer. 33:8…]

Mikha. 4:10……. engkau akan DITEBUS oleh TUHAN ….

YES 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia[TUHAN] menjadi JURUSELAMAT mereka

YES 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkan IA(TUHAN) SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA; DIALAH yang MENEBUS MEREKA dalam KASIH-Nya dan BELAS KASIHAN-Nya. Ia[TUHAN] mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

[JELAS SEKALI YES 63:9 => JURUSELAMAT ITU BUKANLAH SEORANG DUTA/UTUSAN,MELAINKAN IA/TUHAN SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA]

Namun kebanyakan Muslim tidak tahu bahwa Allah sengaja mendesign peristiwa ini secara istimewa dan bermakna untuk perlambangan penebusan bagi umat manusia lewat Anak Domba Allah (Yesus). Karena, kisah ini awalnya seperti teka-teki yang amat membingungkan. Bagaimana mungkin Allah yang benci akan 'pengorbanan-anak' yang dilakukan oleh orang-orang kafir, justru diminta sendiri oleh Allah? (Reff. Imamat 18:21).

Ternyata inilah perlambangan/ perumpamaan yang ingin disampaikan Allah kepada umatNya (lihat Hosea 12:11):

* Manusia berdosa, dilambangkan Ishak yang memikul beban kayu (Kejadian 22:6)
* Dihukum mati, dilambangkan oleh Allah yang menuntut kematian Ishak, manusia berdosa (Kejadian 22:2), menuurt hukum keadilanNya : "upah dosa adalah maut".
* Penebusan lewat penyaliban Yesus, yang adalah Anak Domba Allah seperti yang disaksikan oleh Nabi Yahya (Yohanes 1:29). Dilambangkan dengan penyembelihan seekor anak domba jantan sebagai tebusan dari Allah kepada manusia berdosa (Kejadian 22:13), bukan penyembelihan kambing untuk sedekahan kepada manusia.

* Hosea 12:11
Aku berbicara kepada para nabi dan banyak kali memberi penglihatan dan memberi perumpamaan dengan perantaraan para nabi.

* Kejadian 22:2,6,13
22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." 22:6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama. 22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

* Yohanes 1:29
"Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia." =>Konfirm 1 Yoh 2:2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia....dst....

JADI SELAMA KORBAN YANG MULIA(Q 37:107) BELUM ANDA TEMUKAN......MAKA ANDA DIWAJIBKAN UNTUK MEMOHON JALAN YANG LURUS(Q 1:6)DAN TIAP TAHUN ANDA AKAN TERUS MENCARI KORBAN YANG MULIA ITU....(Q 37:107)......KARENA JIKA TIDAK....MAKA ANDA YANG AKAN DIKORBANKAN UNTUK DOSA-DOSA ANDA DI NERAKA.....

ITULAH PEMAHAMAN ORANG KRISTEN THD (Q.S. ash-Shaffat: 102 – 107).......PEMAHAMAN +"ORANG KRISTEN"+ JAUH LEBIH DALAM BOS....

KORBAN BESAR DALAM Q 37:107 ADALAH KORBAN yang MULIA......tidak ada KORBAN YANG MULIA/SEMPURNA selain KORBAN KRISTUS(Ibr 10:1-10)....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar