TRANSFORMASI INDONESIA. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengapa TAURAT masih dipelajari dan tercatat dalam ALKITAB Kristen....

Wahyu Cokro Buono8:32am Mar 1
MUSTAHIL KRISTEN PENGHUJAT BISA MENJAWAB

1 Korintus 15 TB

56* Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.

klo menurut ayat di atas knp kitab PL masih di pelajari kristen ga DI HANGUSKAN SEPERTI HANGUSNYA KITAB BARNABAS

SILAHKAN TANGGAPI
______________
Jawab :
Maaf menurut KAMI SURAT-SURAT DI ALKITAB DISUSUN BERDASAR ILHAM ROH....
2Tes. 2:2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.

SEBAB...
2Ptr. 1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

DAN TULISAN-TULISAN TERSEBUT DIILHAMKAN LANGSUNG OLEH ALLAH LEWAT ROH KUDUS-NYA...
1Taw. 28:19 Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN...

DAN SEGALA TULISAN YANG DIILHAMKAN OLEH ALLAH BERMANFAAT ...
2Tim. 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.(Mzm. 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.)=>Firman-Nya membersihkan=>(Yoh. 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.)


Karena FIRMAN TUHAN PASTI BERMANFAAT....menurut kami FIRMAN TUHAN itu TETAP untuk selama-lamanya....
Yes. 40:8    Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi FIRMAN Allah kita TETAP UNTUK SELAMA-LAMANYA."

1Ptr. 1:25    tetapi FIRMAN Tuhan TETAP UNTUK SELAMA-LAMANYA." Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.


 Jadi semua yang Ia kerjakan termasuk dalam hal BERFIRMAN(TAURAT)....pasti punya ALASAN(Yeh 14:23....kamu akan mengetahui bahwa bukan tanpa alasan Kuperbuat segala sesuatu yang Kuperbuat atas Yerusalem, demikianlah firman Tuhan ALLAH.")....

APA ALASAN TAURAT DITURUNKAN?(Mengurung manusia....agar Ia dapat menyatakan KASIH-Nya yang KEKAL...dalam KEMURAHAN dan KASIH KARUNIA-Nya=>Yoh 1:17 => Taurat datang oleh MUSA,Kasih KARUNIA datang oleh Tuhan Yesus)
Gal. 3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.

 Rm. 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.

Manusia memiliki TABIAT DOSA(Sifat LIAR dalam diri manusia=>Kej 6:5;Kej 8:21;shg tanpa WAHYU/HUKUM menjadi liarlah manusia=>Ams. 29:18    Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.=>berbahagialah orang yang berpegang pada HUKUM)

SEHINGGA KITA SEKARANG....
Rm. 7:6  Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

DAN TAURAT ADA AGAR KITA MENGENAL DOSA...
Rm. 7:7    Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!"(Konfirm Roma 3:20)

Taurat memang BISA MEMBENARKAN manusia...


HUKUM TAURAT ITU bisa membenarkan manusia karena HUKUM TAURAT BENAR,KUDUS,BAIK...

ROMA 7:12 Jadi hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah kudus, benar dan baik.

SHG HUKUM TAURAT DAPAT MEMBENARKAN MANUSIA.....

ROMA 2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi ORANG YANG MELAKUKAN HUKUM TAURATLAH yang akan dibenarkan.

MAKA DARI ITU AJARAN RASUL PAULUS MENEGUHKAN TAURAT.......RASUL PAULUS TIDAK PERNAH MENYALAHKAN TAURAT....SEBAB TAURAT ITU SEMPURNA ADANYA(Mzm. 19:7 (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna...=>HUKUM KASIH ADA DI TAURAT=>UL 6:5;IM 19:18=>INILAH INTI SEMUA TAURAT DAN KITAB PARA NABI....)

Rm. 3:31 Jika demikian, ADAKAH KAMI(RASUL PAULUS TERMASUK) MEMBATALKAN HUKUM TAURAT karena iman? SAMA SEKALI TIDAK! Sebaliknya,  KAMI(=RASUL PAULUS TERMASUK) MENEGUHKANNYA.(Roma 13:10 =>Kasih ADALAH KEGENAPAN TAURAT...dan inilah DASAR AJARAN RASUL PAULUS...sama seperti DASAR AJARAN TUHAN YESUS)

RASUL PAULUS MENEGUHKAN TAURAT...

Tetapi manusia tidak pernah bisa dibenarkan karena mengerjakan TAURAT(Roma 3:20
Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.)
MENGAPA Karena MANUSIA itu daging(Kej 6:3)(Mat. 26:41;Mrk. 14:38    ...roh memang penurut, tetapi daging lemah." ),shg senantiasa DIKUASAI keinginan DAGING(Kej 6:5 =>KECENDERUNGAN hatinya melakukan KEJAHATAN SEMATA-MATA)...so maka dari itu TUHAN BERKATA manusia SEMUA INGKAR terhadap TAURAT(Yer 31:32;Yoh 7:19 =>TAK ADA SEORANGPUN manusia MENGERJAKAN TAURAT)....

 Baca selengkapnya disini soal PERJANJIAN BARU dan PERJANJIAN LAMA...
http://tindonesia.blogspot.com/2012/07/menjawab-fitnah-rasul-paulus-meniadakan.html

Intinya PERJANJIAN BARU menggenapkan PERJANJIAN LAMA BERDASAR ATAS KASIH KARUNIA ILAHI....(Sebab 1Yoh. 4:19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.)....
 

SEMAKIN MANUSIA DIKASIHI...SEMAKIN BERLIMPAH KASIH KARUNIA....SEMAKIN MANUSIA MENGGENAPI TAURAT....

LUK 7:47    Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."


Rm. 5:20   Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, 
JADI SEMAKIN TAURAT DITAMBAH-TAMBAH....AGAR MANUSIA SEMAKIN DIKASIHI DAN MENGASIHI ALLAH.....(LUK 7:47;ROMA 5:20)

KESIMPULAN :
MENGAPA TAURAT TETAP ADA DI ALKITAB?AGAR MANUSIA KRISTEN SADAR....BAHWA HANYA KASIH KARUNIA ALLAH SEMATA MANUSIA BISA SELAMAT.....SEHARUSNYA KITA BINASA.....KARENA SETELAH MENGENAL DOSA,MAKA MANUSIA(KITA) TAK MUNGKIN BISA LUPUT DARI DOSA(PENGKOTBAH 7:20;1 YOH 1:8)....MAKA KASIH KARUNIA-NYA ITU MENYELAMATKAN MANUSIA(KITA).....SO SEYOGYANYA KITA MEMBALAS KASIH KARUNIA-NYA....ITULAH INTI KEGENAPAN TAURAT(ROMA 13:10)....JADI KITA DAPAT MENGASIHI ALLAH KARENA ALLAH TERLEBIH DAHULU MENGASIHI KITA DENGAN KASIH YANG KEKAL(1 YOH 4:19;YER 31:3;YOH 3:16).TANPA KASIH ALLAH TERSEBUT KITA TIDAK AKAN BISA MENGASIHI ALLAH.....TANPA KASIH-NYA YANG KEKAL SEMUA HANYA BERSIFAT SEBUAH LITURGI(IBADAH AGAMAWI)=>OBEY THE RULE TO FIND GOD.....TERLIHAT BENAR....TETAPI ITU ADALAH USAHA MANUSIA UNTUK MENEMUKAN ALLAH.....BEDA DENGAN KEKRISTENAN....FOUND BY GOD OBEY HIM SELF(ROMA 8:14,DST...)

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar